Forum Diskusi Pertemuan-10

Forum Diskusi Pertemuan-10

Forum Diskusi Pertemuan-10

Number of replies: 16
setelah menyimak paparan presentasi dari kelompok-6, silahkan diskusikan materi yang telah disampaikan melalui kolom diskusi di bawah ini! 
In reply to First post

Re: Forum Diskusi Pertemuan-10

by ARDIAN TRI FANANDI -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Baiklah rekan-rekan sekalian, kami dari kelompok 5 telah memaparkan materi pada ruang Zoom Meeting. Berdasarkan materi yang telah kelompok 5 sampaikan apabila masih ada yang kurang dipahami kami dari kelompok 5 akan membuka termin pertanyaan, kepada rekan-rekan yang ingin bertanya kami persilakan untuk menyebutkan nama, NPM, dan pertanyaannya.
Terima kasih.
In reply to ARDIAN TRI FANANDI

Re: Forum Diskusi Pertemuan-10

by VIRDA SANI AULIA -
Wa’alaikumsalam wr.wb
Izin bertanya
Nama : virda sani aulia
Npm : 2213053201
Sesuai dengan judul yang kalian bawakan
Apa si yang menjadi alasan mengapa perlu melakukan analisis kebutuhan media dan sumber belajar di SD sesuai bidang studi? Dan Bagaimana cara mengimplementasikan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam merencanakan media dan sumber belajar yang dibutuhkan di SD?
Terimakasih
In reply to VIRDA SANI AULIA

Re: Forum Diskusi Pertemuan-10

by CINDY DIAN LESTARI -
Izin menjawab pertanyaan saudari Virda,
Nama : Cindy Dian Lestari
NPM : 2113053042
Alasan mengapa pentingnya analisis yang di lakukan pada kebutuhan media dan sumber pembelajaran, Hal ini di latar belakangi karena adanya ragam jenis media serta sumber belajar, mulai dari jenis perbandingan nilai materi, hingga keunikan nya, maka dari itu ketika pendidik melakukan tindakan pertimbangan media serta sumber belajar mana yang tepat, hal ini mampu menghasilkan keberhasilan media/sumber belajar yang bisa di jadikan dalam proses pembelajaran dengan kemanfaatan nya yg sesuai materi pembelajaran, kurikulum, sampai kondisi siswa atau sekolah.
Untuk mengimplementasikan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif pada siswa dalam penggunaan media /sumber belajar, pendidik juga harus di sertai modifikasi strategi pembelajaran, sehingga dalam ruang proses pembelajaran tidak terlalu monoton yang mampu membuat menurunkan tingkat motivasi belajar siswa. Maka dalam hal ini keberadaan pendidik yang kreatif dan mampu mengikutsertakan siswa dalam argumen proses pembelajaran sangat penting untuk menghasilkan pembelajaran yang efektif.

Terimakasih
In reply to CINDY DIAN LESTARI

Re: Forum Diskusi Pertemuan-10

by Dinda Rahmawati -
Nama : Dinda Rahmawati
Npm : 2113053138

Izin menambahkan jawaban dari saudari Cindy, bahwa pada prinsipnya tujuan analisis kebutuhan adalah untuk mengidentifikasi topik dan media pembelajaran yang tepat dan relevan. Hal ini dilakukan untuk mengetahui penilaian peserta didik terhadap media pembelajaran yang digunakan serta harapan timbal balik peserta didik terhadap media pembelajaran yang akan dibuat.
In reply to ARDIAN TRI FANANDI

Re: Forum Diskusi Pertemuan-10

by Rania Zahra -
Wa’alaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Rania Zahra
NPM : 2113053264
Izin bertanya kepada kelompok penyaji dan / teman-teman sekalian

Media pembelajaran seperti apakah yang ideal untuk anak sekolah dasar jika didasarkan pada kelas rendah dan kelas tinggi agar dapat memunculkan keaktifan peserta didik untuk mencapai pembelajaran yg optimal?

Terimakasih
In reply to Rania Zahra

Re: Forum Diskusi Pertemuan-10

by RIZKA MARANTIKA -
Izin menjawab pertanyaan dari saudari Rania:
Nama: Rizka Marantika
Npm: 2113053053

Menurut saya, dalam memilih media guru harus memilih media yang tepat dan sesuai dengan karakteristik siswa dan tujuan pembelajaran agar tidak terjadi asal pilih penggunaan media belajar. Dengan menggunakan media pembelajaran yang tepat, dapat membantu guru untuk memperluas pengalaman belajar siswa melalui berbagai jenis media yang digunakan.

Dalam pemilihan media pembelajaran untuk anak kelas rendah yang tepat adalah media yang sederhana, konkret, menarik, dan mudah dipahami. Contoh media yang cocok untuk anak kelas rendah adalah gambar, foto, boneka, benda nyata, lagu, cerita, dan permainan. Kelebihan media ini adalah dapat menstimulasi minat dan motivasi belajar anak, mengembangkan imajinasi dan kreativitas anak, serta memperkaya pengalaman belajar anak. Kekurangan media ini adalah memerlukan persiapan yang matang dari guru, membutuhkan ruang yang cukup untuk penyimpanan dan penggunaan media, serta dapat menimbulkan kebisingan atau keributan jika tidak dikelola dengan baik.

Sedangkan dalam pemilihan media pembelajaran untuk anak kelas tinggi yang tepat adalah media yang lebih kompleks, abstrak, variatif, dan menantang. Contoh media yang cocok untuk anak kelas tinggi adalah film, video, komputer, internet, peta, grafik, diagram, dan proyek. Kelebihan media ini adalah dapat menyajikan informasi yang lebih banyak dan mendalam, mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan analitis anak, serta memfasilitasi pembelajaran mandiri dan kolaboratif anak. Kekurangan media ini adalah memerlukan biaya yang lebih besar untuk pengadaan dan pemeliharaan media, membutuhkan keterampilan teknis dari guru dan siswa untuk mengoperasikan media, serta dapat menimbulkan ketergantungan atau kecanduan jika tidak dibatasi penggunaannya.

Dengan pemilihan media yang tepat seperti ini maka terciptalah media yang ideal untuk anak sekolah dasar, dan akan sangat sesuai pada kelas rendah dan kelas tinggi agar dapat memunculkan keaktifan peserta didik dan tercapainya pembelajaran yang optimal.

Terimakasih
In reply to Rania Zahra

Re: Forum Diskusi Pertemuan-10

by Eka Septiana Putri -
Izin menambahkan jawaban dari Rizka terkait pertanyaan Rania
Nama : Eka Septiana Putri
Npm : 2113053085

Menurut saya media gambar merupakan contoh media pembelajaran yang cocok untuk anak SD tingkat rendah maupun tinggi. Karena media gambar akan membuat anak lebih kreatif dan imajinatif. Anak dapat mendapatkan visual dari materi secara jelas sehingga akan lebih mudah untuk dipahami.
Media visual seperti gambar membantu anak-anak untuk menghasilkan sesuatu. Hal itu karena gambar akan disimpan oleh otak kanan sedangkan teks akan disimpan menggunakan otak kiri yang sifatnya sementara. Contoh media gambar yang bisa digunakan untuk pembelajaran adalah foto, sketsa, poster, dan lukisan.

Mungkin itu saja tambahan dari saya, terimakasih.
In reply to ARDIAN TRI FANANDI

Re: Forum Diskusi Pertemuan-10

by HUDZAIFAH 2113053129 -
Izin bertanya kepada kelompok presentasi
Nama : Hudzaifah
NPM : 2113053129

Tolong berikan contoh hasil dari media yang telah diproduksi dengan pemikiran logis, kritis dan sistematis seperti yang telah dijelaskan pada zoom meeting dan bisa diterapkan di sekolah dasar.
In reply to HUDZAIFAH 2113053129

Re: Forum Diskusi Pertemuan-10

by ELIYA ROISSATUL KHUSNIA -
Nama : Eliya Roissatul Khusnia
NPM : 2113053249

izin mencoba menjawab pertanyaan dari saudari Hudzaifah.
pertama kita ketahui dulu apa itu logis, kritis dan sistematis.
Logis itu kan berarti masuk akal. Jadi, dalam memilih media pembelajaran guru itu harus melihat terlebih dahulu media tersebut masuk akal untuk digunakan oleh siswa sd atau tidak.
kemudian kritis itu berarti tidak cepat percaya. artinya dalam memilih media pembelajar guru itu harus berpikir secara kritis tidak mudah percaya, kemudian guru harus mencari tahu terlebih dahulu media tersebut pernah digunakan atau belum, jika sudah apa keunggulan dan kekurangannya.
Nah, jika melihat dari pengertian tersebut, maka contoh hasil dari media yang telah diproduksi dengan pemikiran logis, kritis, dan sistematis yang bisa diterapkan di sekolah dasar adalah media pembelajaran yang sederhana dan dapat digunakan sendiri oleh siswa SD.
Contohnya: Media grafik (dalam mata pelajaran matematika contohnya papan kepastian). dalam membuat media tersebut guru harus terlebih dahulu memikirkan apakah media itu dapat digunakan untuk siswa SD, kemudian apa kelebihan dan kekurangannya sulit untuk diimplementasikannya atau tidak. nah, papan kepastian ini contohnya bisa digunakan untuk siswa SD, mudah digunakan dan juga dapat mempermudah siswa SD memahami materi yang diajarkan juga.
papan kepastian:
Jika terdapat kesalahan dan kurang benar dari jawaban saya, saya mohon maaf yang sebesar besarnya.
In reply to ARDIAN TRI FANANDI

Re: Forum Diskusi Pertemuan-10

by BALQIS PUTRI ROSYADA -
Izin pertanyaan kepada kelompok 5
Nama : Balqis Putri Rosyada
Npm: 2113053091
Apakah dengan menganalisis kebutuhan media dan sumber belajar di SD sesuai dengan bidang studi dapat membantu kita sebagai seorang guru dalam menyiapkan dan menyediakan media dan sumber belajar?
Terima kasih
In reply to BALQIS PUTRI ROSYADA

Re: Forum Diskusi Pertemuan-10

by Ardila Yuliana Putri -
Nama : Ardila Yuliana Putri
Npm : 2113053226

Izin menjawab pertanyaan saudari balqis
Menurut saya menganalisis kebutuhan media dan sumber belajar di SD sesuai dengan bidang studi yang di tekuni dapat membantu kita sebagai seorang guru dalam menyiapkan media dan sumber belajar contohnya bidang studi matematika membutuhkan media real dan media visual contoh media real pada matematika yaitu permainan Lego permainan ini memudahkan dalam pembelajaran bangun ruang karena dapat membentuk beberapa bangunan. Contohnya lagi dalam media visual cocok untuk pembelajaran IPA untuk menunjukkan gambar hewan-hewan lalu bagaimana cara mengelompokkan hewan ke berbagai jenis makanannya. Manfaatnya agar siswa lebih mudah memahami pelajaran yang akan dipelajari dengan adanya media real siswa bisa melihat bendanya secara nyata dan bisa belajar dengan menggunakan media real itu. Kemudian bidang studi IPS membutuhkan media seperti peta, globe, dan gambar-gambar pahlawan, kemudian permainan untuk materi sejarah kerajaan Islam Indonesia agar pembelajaran lebih kreatif dan inovatif. Jadi seperti itu harus di sesuaikan dengan bidang studi karena disesuaikan dengan kebutuhan pemahaman siswa. Tujuan analisis kebutuhan sendiri adalah untuk mengidentifikasi topik dan media pembelajaran yang tepat dan relevan. Analisa kebutuhan dalam pengembangan media pembelajaran dilakukan untuk mengetahui penilaian peserta didik terhadap media pembelajaran yang digunakan dan harapan terhadap media pembelajaran yang nantinya akan dibuat.

Itu saja jawaban dari saya jika ada teman-teman yang ingin menambahkan atau menyanggah dipersilahkan

Terima kasih.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi Pertemuan-10

by AL ALAWIYAH NISSYA WATI -
Waalaikumussaalam Warahmatullahi Wabarakatuh

Nama : Al Alawiyah Nissya Wati
NPM : 2113053019

Izin bertanya noderator,bagaimana cara kita sebagai seorang guru walikelas di SD yang mengajarkan hampir semua mata pelajaran seperti IPA,IPS,Matematika dapat memilihkan media pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan mata pelajaran yang berbeda beda dan berikan contohnya?
Terimakasih
In reply to AL ALAWIYAH NISSYA WATI

Re: Forum Diskusi Pertemuan-10

by Alfina Damayanti -
Izin menjawab pertanyaan dari saudari Al-Alawiyah,

Nama : Alfina Damayanti
NPM : 2113053274

Kita sebagai guru harus memperhatikan apakah media yang digunakan sudah tepat sebagai sasaran pembelajaran. Sebagai contoh, media belajar yang digunakan untuk pembelajaran tatap muka tentu saja akan cukup berbeda dengan media pembelajaran daring.
Begitu pula media belajar untuk jenjang Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah. Tentu saja keduanya memiliki kebutuhan yang berbeda. Kebutuhan inilah yang perlu dipahami oleh pengajar, sehingga dapat memilih media belajar yang dirasa paling tepat untuk siswa. Selain itu, media yang digunakan juga harus relevan dengan materi dan tujuan pembelajaran. Sehingga, pembelajaran bisa lebih sesuai dengan kebutuhan siswa.

Contoh media pembelajaran yang cocok dan sering digunakan untuk siswa sekolah dasar yaitu media gambar, media gambar menjadi media yang terbilang paling murah dan mudah dicari. Gambar yang bisa tampilkan untuk mendukung pembelajaran, seperti foto, lukisan/gambar, dan sketsa. Media gambar ini memiliki tujuan utama untuk memvisualisasikan konsep yang ingin disampaikan kepada siswa, terlebih jika konsepnya abstrak.

Terimakasih