setelah menyimak paparan presentasi dari kelompok-6, silahkan diskusikan materi yang telah disampaikan melalui kolom diskusi di bawah ini!
Forum Diskusi Pertemuan-10
Nadia Ivana Agustin
2113053245
Izin bertanya bagaimana pemilihan media pembelajaran yang tepat agar dapat memunculkan keaktifan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran?
2113053245
Izin bertanya bagaimana pemilihan media pembelajaran yang tepat agar dapat memunculkan keaktifan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran?
Nama: Anggita Sari
NPM: 2113053134
izin menjawab Tips Memilih Media Belajar yang Tepat
1. Gunakan Media yang Jelas dan Rapi.
2. Tujuan penggunaan media belajar adalah untuk mendukung proses belajar Pastikan Media Belajar Cocok dengan Sasaran
3.Relevan dengan Materi yang Diajarkan
4. Pilih Media Belajar yang Praktis dan Luwes Pastikan Media Dapat Digunakan oleh Pengajar
NPM: 2113053134
izin menjawab Tips Memilih Media Belajar yang Tepat
1. Gunakan Media yang Jelas dan Rapi.
2. Tujuan penggunaan media belajar adalah untuk mendukung proses belajar Pastikan Media Belajar Cocok dengan Sasaran
3.Relevan dengan Materi yang Diajarkan
4. Pilih Media Belajar yang Praktis dan Luwes Pastikan Media Dapat Digunakan oleh Pengajar
Nama : Danti Oktarina
Npm : 2113053223
Izin bertanya, bagaimana proses pertimbangan pemilihan media yang sesuai dengan sasaran pembelajaran?
Npm : 2113053223
Izin bertanya, bagaimana proses pertimbangan pemilihan media yang sesuai dengan sasaran pembelajaran?
Nama: Elni arrahma
NPM: 2113053035
Izin menjawab pertanyaan dari Danti Oktarina,
Berkaitan dengan pemilihan media yang sesuai dengan sasaran pembelajaran ini, Azhar Arsyad (1997: 76-77) menyatakan bahwa kriteria memilih media diantaranya adalah:
1) sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.
2) tepat untuk mendukung isi pelajaran.
3) praktis, luwes, dan tahan
4) guru terampil menggunakannya
5) pengelompokan sasaran
6) mutu teknis.
NPM: 2113053035
Izin menjawab pertanyaan dari Danti Oktarina,
Berkaitan dengan pemilihan media yang sesuai dengan sasaran pembelajaran ini, Azhar Arsyad (1997: 76-77) menyatakan bahwa kriteria memilih media diantaranya adalah:
1) sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.
2) tepat untuk mendukung isi pelajaran.
3) praktis, luwes, dan tahan
4) guru terampil menggunakannya
5) pengelompokan sasaran
6) mutu teknis.
Nama : Iin Kurniawati
NPM : 2113053086
Kelas : 4H
Izin Bertanya Menurut kelompok kalian adakah kendala pendidik dalam pemilihan media pembelajaran jika ada bagaimana cara pendidik mengatasi kendala kendala tersebut?
NPM : 2113053086
Kelas : 4H
Izin Bertanya Menurut kelompok kalian adakah kendala pendidik dalam pemilihan media pembelajaran jika ada bagaimana cara pendidik mengatasi kendala kendala tersebut?
Nama : karina cahya utami
Kelas : 4H
Npm : 2113053217
Izin menjawab dari pertanyaan iin. Ada beberapa kendala yang terjadi saat pemilihan media pembelajaraan seperti tidak terfasilitasi dengan baik mengenai bahan ajar, kurang fahamnya pendidik mengenai media pembelajaran, serta tidak sesuainya antara profesi dengan gelarnya. Adapun cara mengatasi kendala tersebut untuk pendidik yang kurang paham mengenai media pembelajaran dapat Mengikuti Pelatihan,Sering Berlatih di Rumah, Jangan Malu Bertanya dengan pendidik lainnya yang lebih paham, Meningkatkan Kompetensi dan Kualitas Diri, Melakukan Kolaborasi dengan Guru Lain, dan Menggunakan Aplikasi Pendukung Pembelajaran. Untuk mengatasi masalah tidak terfasilitasi dengan baik mengenai bahan ajar guru mempunyai sikap kreatif ditunjukkan dengan kemampuan melihat masalah, mencari ide dan gagasan dalam pembelajaran ketrampilan sehingga dengan keterbatasan bahan ajar disekolah tidak menghambat pembelajaran dan pelajaran dapat diterima oleh siswa.
Kelas : 4H
Npm : 2113053217
Izin menjawab dari pertanyaan iin. Ada beberapa kendala yang terjadi saat pemilihan media pembelajaraan seperti tidak terfasilitasi dengan baik mengenai bahan ajar, kurang fahamnya pendidik mengenai media pembelajaran, serta tidak sesuainya antara profesi dengan gelarnya. Adapun cara mengatasi kendala tersebut untuk pendidik yang kurang paham mengenai media pembelajaran dapat Mengikuti Pelatihan,Sering Berlatih di Rumah, Jangan Malu Bertanya dengan pendidik lainnya yang lebih paham, Meningkatkan Kompetensi dan Kualitas Diri, Melakukan Kolaborasi dengan Guru Lain, dan Menggunakan Aplikasi Pendukung Pembelajaran. Untuk mengatasi masalah tidak terfasilitasi dengan baik mengenai bahan ajar guru mempunyai sikap kreatif ditunjukkan dengan kemampuan melihat masalah, mencari ide dan gagasan dalam pembelajaran ketrampilan sehingga dengan keterbatasan bahan ajar disekolah tidak menghambat pembelajaran dan pelajaran dapat diterima oleh siswa.
Alwan Naufal Akmaluddin
2113053192
Izin bertanya, Apa peranan analisis kebutuhan dalam pengembangan media pembelajaran?
2113053192
Izin bertanya, Apa peranan analisis kebutuhan dalam pengembangan media pembelajaran?
Nama : M Rizal Habib
NPM : 2113053135
Izin menjawab pertanyaan dari alwan Naufal, analisis kebutuhan media pembelajaran dilakukan sebelum suatu media pembelajaran tertentu dirancang dan dikembangkan. Pada prinsipnya tujuan analisis kebutuhan adalah untuk mengidentifikasi topik dan media pembelajaran yang tepat dan relevan.
NPM : 2113053135
Izin menjawab pertanyaan dari alwan Naufal, analisis kebutuhan media pembelajaran dilakukan sebelum suatu media pembelajaran tertentu dirancang dan dikembangkan. Pada prinsipnya tujuan analisis kebutuhan adalah untuk mengidentifikasi topik dan media pembelajaran yang tepat dan relevan.
Nama : Destia Rusmiati
Npm : 2113053068
Kelas : 4H
bahwasanya dalam pemilihan media pembelajaran harus memperhatikan beberapa faktor- faktor termasuk salah satunya yaitu faktor peserta didik, kemudian hal apa saja yang harus dipertimbangkan pendidik dalam memilih media pembelajaran agar sesuai dengan kebutuhan peserta didik tersebut?
Npm : 2113053068
Kelas : 4H
bahwasanya dalam pemilihan media pembelajaran harus memperhatikan beberapa faktor- faktor termasuk salah satunya yaitu faktor peserta didik, kemudian hal apa saja yang harus dipertimbangkan pendidik dalam memilih media pembelajaran agar sesuai dengan kebutuhan peserta didik tersebut?
Nama: Sarah Handayani
NPM: 2113053228
Kelas: 4H
Izin menjawab, tiap peserta didik memiliki potensi yang berbeda-beda. Peranan guru menentukan media yang proporsional. Kriteria khusus yang dapat digunakan untuk memilih media pembelajaran yang tepat dapat mempertimbangkan faktor acces, cost, technology, interactivity, organization, dan novelty (Action). Berikut penjelasan faktor, yaitu: 1) acces, artinya media yang diperlukan dapat tersedia, mudah, dan dapat dimanfaatkan peserta didik, 2) cost, artinya media yang akan dipilih atau digunakan, pembiayaannya dapat dijangkau, 3) technology, artinya media yang akan digunakan apakah teknologinya tersedia dan mudah menggunakannya, 4) interactivity, artinya media yang akan dipilih dapat memunculkan komunikasi dua arah atau interaktivitas, sehingga peserta didik akan terlibat aktif secara fisik, intelektual, dan mental, 5) organization, artinya dalam memilih media pembelajaran tersebut secara organisatoris mendapatkan dukungan dari pimpinan sekolah, dan 6) novelty, artinya media yang dipilih tersebut memiliki nilai kebaruan, sehingga memiliki daya tarik bagi peserta didik yang belajar.
NPM: 2113053228
Kelas: 4H
Izin menjawab, tiap peserta didik memiliki potensi yang berbeda-beda. Peranan guru menentukan media yang proporsional. Kriteria khusus yang dapat digunakan untuk memilih media pembelajaran yang tepat dapat mempertimbangkan faktor acces, cost, technology, interactivity, organization, dan novelty (Action). Berikut penjelasan faktor, yaitu: 1) acces, artinya media yang diperlukan dapat tersedia, mudah, dan dapat dimanfaatkan peserta didik, 2) cost, artinya media yang akan dipilih atau digunakan, pembiayaannya dapat dijangkau, 3) technology, artinya media yang akan digunakan apakah teknologinya tersedia dan mudah menggunakannya, 4) interactivity, artinya media yang akan dipilih dapat memunculkan komunikasi dua arah atau interaktivitas, sehingga peserta didik akan terlibat aktif secara fisik, intelektual, dan mental, 5) organization, artinya dalam memilih media pembelajaran tersebut secara organisatoris mendapatkan dukungan dari pimpinan sekolah, dan 6) novelty, artinya media yang dipilih tersebut memiliki nilai kebaruan, sehingga memiliki daya tarik bagi peserta didik yang belajar.