Silahkan kelompok 6 berdiskusi
halo kelompok 6
mana nih antusiasnya untuk kelas pagi ini..
kita bahas pendekatan realistik yuk..
Ayukk vir....
nah sebelumnya kita simak videonya dulu yukk..
yuk yuk yuk
Setelah mengamati video tersebut pendapat saya bahwa video tersebut guru telah menerapkan pendekatan realististik dalam pembelajaran seperti guru memberi contoh himpunan dan bukan himpunan pada hewan sehingga siswa lebih mudah dalam memahami konsep- konsep himpunan.
pada video guru telah menerapkan pendekatan realistik dengan memberi contoh himpunan dan bukan himpunan menggunakan LKS dimana objek nya berupa hewan yang ada di dunia nyata.
(1) Memahami masalah kontekstual
Pada langkah ini siswa diberi masalah kontekstual dan siswa diminta untuk memahami masalah kontekstual yang diberikan. Pada video pembelajaran tersebut terlihat bahwa guru memberikan permasalahan kepada siswa pada lembar kerja yang dibagikan dan siswa terlebih dahulu memahami permasalahan yang ada pada lembar kerja.
(2) Menjelaskan masalah kontekstual
Pada langkah ini guru menjelaskan situasi dan masalah dengan memberikan
petunjuk atau saran seperlunya terhadap bagian tertentu yang belum dipahami siswa. Pada video pembelajaran tersebut terlihat bahwa guru menginformasikan cara menyatakan himpunan melalui contoh dan aktivitas pada lembar kerja peserta didik.
(3) Menyelesaikan masalah kontekstual
Setelah memahami masalah, siswa menyelesaikan masalah kontekstual secara individual dengan cara mereka sendiri, dan menggunakan perlengkapan yang sudah mereka pilih sendiri. Sementara itu guru memotivasi siswa agar siswa bersemangat untuk menyelesaikan masalah kontekstual dengan cara mereka sendiri. Pada video pembelajaran tersebut peserta didik diminta untuk berdiskusi untuk menyelesaikan masalah dan menyatakan salah satu himpunan yang mendapat kartu warna dengan 3 cara.
(4) Membandingan dan mendiskusikan jawaban
Guru menyediakan waktu dan kesempatan kepada siswa untuk membandingkan jawaban soal secara berkelompok, untuk selanjutnya dibandingkan dan didiskusikan di kelas. Di sini siswa dilatih untuk belajar mengemukakan pendapat. Pada video pembelajaran tersebut ditunjukkan pada saat salah satu perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas.
(5) Menyimpulkan
Setelah selesai diskusi kelas, guru membimbing siswa untuk mengambil kesimpulan suatu konsep atau prinsip. Pada akhir kegiatan pembelajaran tersebut guru dan siswa bersama-sama mengambil kesimpulan terkait materi yang telah dipelajari.
Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa guru sudah menerapkan pendekatan realistik pada proses pembelajaran karena sudah memenuhi ke 5 langkah pendekatan realistik.
berkaitan dong, pendekatan realistik dan pendekatan pemecahan masalah memiliki kaitan yang erat. Keduanya fokus pada penggunaan masalah sehari-hari sebagai sumber inspirasi dalam pembelajaran dan pengembangan keterampilan siswa.
Pendekatan realistik mengajarkan siswa untuk memahami dunia yang kompleks dan terus berubah dengan menggunakan masalah-masalah dunia nyata dan studi kasus sebagai contoh. Siswa diajarkan untuk memahami cara menghadapi masalah dan berinteraksi dengan orang lain dalam kehidupan sehari-hari.
Sementara itu, pendekatan pemecahan masalah mengajarkan siswa untuk mengembangkan keterampilan kritis dan analitis dalam mengatasi masalah dengan cara yang sistematis dan terstruktur. Siswa dipandu untuk mengidentifikasi masalah, menganalisis informasi yang diperoleh, mengevaluasi opsi, dan memilih solusi terbaik.
Kedua pendekatan ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan siswa dalam menghadapi masalah dan menyelesaikannya dengan cara yang efektif dan efisien. Oleh karena itu, kedua pendekatan tersebut dapat digunakan secara bersamaan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang lebih baik
dilaksanakan dengan menempatkan realitas dan pengalaman siswa sebagai titik awal
pembelajaran. Nah, berdasarkan video yang sudah kita tonton tersebut materi himpunan merupakan salah satu materi yang mudah dikaitkan oleh peserta didik dengaan masalah di kehidupan sehari-hari. Contohnya, peserta didik akan cepat memahami konsep ketika mereka memang sudah tahu contoh benda di kehidupan nyata yang dijadikan objek pada himpunan, yang membuat mereka cepat membedakan mana yang bukan himpunan dan yang merupakan himpunan. Maka dapat dikatakan video tersebut memang sudah menerapkan pendekatan realistik dengan teknik pembelajaran yang mengikutsertakan peserta didiknya langsung ke dalam contoh himpunan itu sendiri.