Forum diskusi kelompok

Kelompok 6

Kelompok 6

by Hafid Alzain 2013021001 -
Number of replies: 17

Silahkan kelompok 6 berdiskusi

In reply to Hafid Alzain 2013021001

Re: Kelompok 6

by VIRA HIDAYATUNNISA 2113021033 -
assalamualaikum semuanyaa..
halo kelompok 6
mana nih antusiasnya untuk kelas pagi ini..
kita bahas pendekatan realistik yuk..
In reply to VIRA HIDAYATUNNISA 2113021033

Re: Kelompok 6

by Deswina Fitria Galuh 2113021081 -
Wa'alaikumussalam viraa..
Ayukk vir....
In reply to Deswina Fitria Galuh 2113021081

Re: Kelompok 6

by VIRA HIDAYATUNNISA 2113021033 -

nah sebelumnya kita simak videonya dulu yukk..


In reply to VIRA HIDAYATUNNISA 2113021033

Re: Kelompok 6

by Amelia Wulan Sari 2113021063 -
waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh
yuk yuk yuk
In reply to Amelia Wulan Sari 2113021063

Re: Kelompok 6

by VIRA HIDAYATUNNISA 2113021033 -
nahh bagaimana nih tanggapan teman-teman mengenai video diatas
In reply to VIRA HIDAYATUNNISA 2113021033

Re: Kelompok 6

by VIRA HIDAYATUNNISA 2113021033 -
jadi menurut kalian pendekatan relaistik itu pendekatan yang seperti apa sii
In reply to VIRA HIDAYATUNNISA 2113021033

Re: Kelompok 6

by Deswina Fitria Galuh 2113021081 -
Jadi pendekatan realistik adalah pendekatan pembelajaran yang menggunakan masalah sehari-hari sebagai sumber inspirasi dalam pembentukan konsep dan mengaplikasikan konsep-konsep tersebut.
Setelah mengamati video tersebut pendapat saya bahwa video tersebut guru telah menerapkan pendekatan realististik dalam pembelajaran seperti guru memberi contoh himpunan dan bukan himpunan pada hewan sehingga siswa lebih mudah dalam memahami konsep- konsep himpunan.
In reply to VIRA HIDAYATUNNISA 2113021033

Re: Kelompok 6

by Anggun Desti Fitriani 2113021013 -
Pendekatan Realistik atau yang dikenal dengan Realistic Mathematics Education (RME) adalah suatu jenis pendekatan yang berbasis pada konsep bahwa matematika adalah aktivitas manusia dan matematika yang harus dihubungkan secara nyata terhadap konteks kehidupan sehari-hari peserta didik sebagai suatu sumber pengembangan, peningkatan dan hal praktis yang aplikatif.

pada video guru telah menerapkan pendekatan realistik dengan memberi contoh himpunan dan bukan himpunan menggunakan LKS dimana objek nya berupa hewan yang ada di dunia nyata.
In reply to VIRA HIDAYATUNNISA 2113021033

Re: Kelompok 6

by Amelia Wulan Sari 2113021063 -
izin menambahkan juga, berdasarkan jurnal yang aku baca, langkah-langkah yang harus dilakukan dalam proses pembelajaran realistik menurut De Lange (Holisin, 2007, p. 47) adalah sebagai berikut:
(1) Memahami masalah kontekstual
Pada langkah ini siswa diberi masalah kontekstual dan siswa diminta untuk memahami masalah kontekstual yang diberikan. Pada video pembelajaran tersebut terlihat bahwa guru memberikan permasalahan kepada siswa pada lembar kerja yang dibagikan dan siswa terlebih dahulu memahami permasalahan yang ada pada lembar kerja.
 
(2) Menjelaskan masalah kontekstual
Pada langkah ini guru menjelaskan situasi dan masalah dengan memberikan
petunjuk atau saran seperlunya terhadap bagian tertentu yang belum dipahami siswa. Pada video pembelajaran tersebut terlihat bahwa guru menginformasikan cara menyatakan himpunan melalui contoh dan aktivitas pada lembar kerja peserta didik.

(3) Menyelesaikan masalah kontekstual
Setelah memahami masalah, siswa menyelesaikan masalah kontekstual secara individual dengan cara mereka sendiri, dan menggunakan perlengkapan yang sudah mereka pilih sendiri. Sementara itu guru memotivasi siswa agar siswa bersemangat untuk menyelesaikan masalah kontekstual dengan cara mereka sendiri. Pada video pembelajaran tersebut peserta didik diminta untuk berdiskusi untuk menyelesaikan masalah dan menyatakan salah satu himpunan yang mendapat kartu warna dengan 3 cara.

(4) Membandingan dan mendiskusikan jawaban
Guru menyediakan waktu dan kesempatan kepada siswa untuk membandingkan jawaban soal secara berkelompok, untuk selanjutnya dibandingkan dan didiskusikan di kelas. Di sini siswa dilatih untuk belajar mengemukakan pendapat. Pada video pembelajaran tersebut ditunjukkan pada saat salah satu perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas.

(5) Menyimpulkan
Setelah selesai diskusi kelas, guru membimbing siswa untuk mengambil kesimpulan suatu konsep atau prinsip. Pada akhir kegiatan pembelajaran tersebut guru dan siswa bersama-sama mengambil kesimpulan terkait materi yang telah dipelajari.

Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa guru sudah menerapkan pendekatan realistik pada proses pembelajaran karena sudah memenuhi ke 5 langkah pendekatan realistik.
In reply to VIRA HIDAYATUNNISA 2113021033

Re: Kelompok 6

by Anggun Desti Fitriani 2113021013 -
terlihat di video pembelajaran siswa merespon guru dan berdiskusi dengan excited, sehingga pembelajaran pada video tersebut berjalan lancar dan baik
In reply to Anggun Desti Fitriani 2113021013

Re: Kelompok 6

by VIRA HIDAYATUNNISA 2113021033 -
kalau pendekatan realistik adalah pendekatan yang menggunakan masalah sehari-hari sebagai sumber inspirasi dalam pembentukan konsep, lalu apakah ada kaitannya dengan pendekatan pemecahan masalah yang sebelumnya sudah kita pelajari?
In reply to VIRA HIDAYATUNNISA 2113021033

Re: Kelompok 6

by Anggun Desti Fitriani 2113021013 -

berkaitan dong, pendekatan realistik dan pendekatan pemecahan masalah memiliki kaitan yang erat. Keduanya fokus pada penggunaan masalah sehari-hari sebagai sumber inspirasi dalam pembelajaran dan pengembangan keterampilan siswa.

Pendekatan realistik mengajarkan siswa untuk memahami dunia yang kompleks dan terus berubah dengan menggunakan masalah-masalah dunia nyata dan studi kasus sebagai contoh. Siswa diajarkan untuk memahami cara menghadapi masalah dan berinteraksi dengan orang lain dalam kehidupan sehari-hari.

Sementara itu, pendekatan pemecahan masalah mengajarkan siswa untuk mengembangkan keterampilan kritis dan analitis dalam mengatasi masalah dengan cara yang sistematis dan terstruktur. Siswa dipandu untuk mengidentifikasi masalah, menganalisis informasi yang diperoleh, mengevaluasi opsi, dan memilih solusi terbaik.

Kedua pendekatan ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan siswa dalam menghadapi masalah dan menyelesaikannya dengan cara yang efektif dan efisien. Oleh karena itu, kedua pendekatan tersebut dapat digunakan secara bersamaan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang lebih baik 

In reply to Anggun Desti Fitriani 2113021013

Re: Kelompok 6

by VIRA HIDAYATUNNISA 2113021033 -
Menurut Zainurie (2007) matematika realistik adalah matematika sekolah yang
dilaksanakan dengan menempatkan realitas dan pengalaman siswa sebagai titik awal
pembelajaran. Nah, berdasarkan video yang sudah kita tonton tersebut materi himpunan merupakan salah satu materi yang mudah dikaitkan oleh peserta didik dengaan masalah di kehidupan sehari-hari. Contohnya, peserta didik akan cepat memahami konsep ketika mereka memang sudah tahu contoh benda di kehidupan nyata yang dijadikan objek pada himpunan, yang membuat mereka cepat membedakan mana yang bukan himpunan dan yang merupakan himpunan. Maka dapat dikatakan video tersebut memang sudah menerapkan pendekatan realistik dengan teknik pembelajaran yang mengikutsertakan peserta didiknya langsung ke dalam contoh himpunan itu sendiri.