Forum diskusi kelompok

Kelompok 3

Kelompok 3

Hafid Alzain 2013021001 གིས-
Number of replies: 20
In reply to Hafid Alzain 2013021001

Re: Kelompok 3

FARIS SUCI SENAILA 2113021069 གིས-
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Selamat pagi teman-teman Kelompok 3 yang beranggotakan :
1. Azzahra Nurmala Zellin 2053021004
2. Annisa Nur Efanti 2053021002
3. Puja Rosfarita 2113021041
4. Monalisa Masyiakh 2153021005
5. Faris Suci Senaila 2113021069

gimana nih kabarnya ?
udah siap diskusi belum ?
Hari ini kita akan menganalisis dari video pembelajarannya mengenai pendekatan realistik ya.
In reply to Hafid Alzain 2013021001

Re: Kelompok 3

FARIS SUCI SENAILA 2113021069 གིས-

kayanya udh pada semangat nih nah hari ini kita akan menganalisis mengenai pendekatan realistik video pembelajarannya dari pertemuan sebelumnya ya 

 

Tapi sebelum kita analisis video aku mau tanya kalian udah pada tau belum apa itu pendekatan realistik?

In reply to FARIS SUCI SENAILA 2113021069

Re: Kelompok 3

Puja Rosfarita 2113021041 གིས-
Berdasarkan jurnal online yang saya baca, Pendekatan Matematika Realistik adalah suatu pendekatan yang menempatkan realitas dan pengalaman siswa sebagai titik awal pembelajaran dimana siswa diberi kesempatan untuk mengkonstruksi sendiri pengetahuan matematika formalnya melalui masalah-masalah realitas yang ada.
In reply to FARIS SUCI SENAILA 2113021069

Re: Kelompok 3

Annisa Nur Efanti 2053021002 གིས-
Pendekatan Realistik atau yang dikenal dengan Realistic Mathematics Education (RME) adalah suatu jenis pendekatan yang berbasis pada konsep bahwa matematika adalah aktivitas manusia dan matematika yang harus dihubungkan secara nyata terhadap konteks kehidupan sehari-hari peserta didik sebagai suatu sumber pengembangan, peningkatan dan hal praktis yang aplikati
In reply to Hafid Alzain 2013021001

Re: Kelompok 3

FARIS SUCI SENAILA 2113021069 གིས-
Setelah itu, kalian udah tau belum apa saja prinsip pembelajaran matematika realistik?
In reply to FARIS SUCI SENAILA 2113021069

Re: Kelompok 3

Azzahra Nurmala Zellin 2053021004 གིས-
Menurut sumber yang saya baca prinsip pembelajaran matematika realistik ada 3

1) Guided reinvention/progressive mathematizing 

Guided reinvention artinya penemuan kembali dengan bimbingan sedangkan progressive mathematizing berarti proses matematisasi secara progresif.

2) Didactical phenomenology (fenomena didaktik)

Prinsip ini terkait dengan suatu gagasan fenomena didaktik, yang menghendaki bahwa di dalam menentukan suatu topik matematika untuk diajarkan dengan pendekatan PMR, didasarkan atas dua alasan, yaitu: (1) untuk mengungkapkan berbagai macam aplikasi suatu topik yang harus diantisipasi dalam pembelajaran dan (2) untuk dipertimbangkan pantas tidaknya suatu topik digunakan sebagai poin-poin untuk suatu proses matematisasi secara progresif (Gravemeijer, 1994: 90).

3) Self - developed models (model-model dibangun sendiri oleh siswa)

Prinsip yang ketiga adalah pengembangan model sendiri oleh siswa. Prinsip ini berfungsi untuk menjembatani jarak antara pengetahuan informal dengan pengetahuan formal (Gravemeijer, 1994: 91). Berdasarkan prinsip ini siswa hendaknya diberi kesempatan untuk mengembangkan caranya sendiri saat memecahkan masalah yang diberikan.
In reply to FARIS SUCI SENAILA 2113021069

Re: Kelompok 3

Puja Rosfarita 2113021041 གིས-
Menurut buku strategi pembelajaran matematika yg saya baca,
Menurut Suherman , dkk ( 2001 : 128 ) terdapat lima prinsip utama dalam kurikulum metematika realistik yaitu sebagai berikut : 
1. Didominasi oleh masalah - masalah dalam konteks , melayani dua hal sebagai sumber dan sebagai terapan konsep matematika ; 
2. Perhatian diberikan pada pengembangan model - model , situasi , skema dan simbol - simbol ;
3. Sumbangan dari para siswa , sehingga siswa dapat membuat pem belajaran menjadi konstruktif dan produktif , artinya siswa memproduk si sendiri dan mengkonstruksi sendiri ( yang mungkin berupa algoritma aturan atau aturan ) , sehingga dapat membimbing para siswa dari jenjang matematika informal menuju matematika formal ; 
4. Interaktif sebagai fitur dari proses pembelajaran matematika informal dan 
5. Interwinning (membuat jalinan) antar topik atau antar pokok bahasan atau antar untai.

In reply to Hafid Alzain 2013021001

Re: Kelompok 3

FARIS SUCI SENAILA 2113021069 གིས-
Oke jadi kesimpulannya,  secara umum menurut jurnal yang dibaca prinsip pembelajaran matematika realistik ada 3

1) Guided reinvention/progressive mathematizing 

Guided reinvention artinya penemuan kembali dengan bimbingan sedangkan progressive mathematizing berarti proses matematisasi secara progresif.

2) Didactical phenomenology (fenomena didaktik)

Prinsip ini terkait dengan suatu gagasan fenomena didaktik, yang menghendaki bahwa di dalam menentukan suatu topik matematika untuk diajarkan dengan pendekatan PMR, didasarkan atas dua alasan, yaitu: (1) untuk mengungkapkan berbagai macam aplikasi suatu topik yang harus diantisipasi dalam pembelajaran dan (2) untuk dipertimbangkan pantas tidaknya suatu topik digunakan sebagai poin-poin untuk suatu proses matematisasi secara progresif (Gravemeijer, 1994: 90).

3) Self - developed models (model-model dibangun sendiri oleh siswa)

Prinsip yang ketiga adalah pengembangan model sendiri oleh siswa. Prinsip ini berfungsi untuk menjembatani jarak antara pengetahuan informal dengan pengetahuan formal (Gravemeijer, 1994: 91). Berdasarkan prinsip ini siswa hendaknya diberi kesempatan untuk mengembangkan caranya sendiri saat memecahkan masalah yang diberikan.
In reply to Hafid Alzain 2013021001

Re: Kelompok 3

FARIS SUCI SENAILA 2113021069 གིས-
Selanjutnya, aku mau tanya nih, apa saja aktivitas dalam pembelajaran matematika realistik?
In reply to FARIS SUCI SENAILA 2113021069

Re: Kelompok 3

Puja Rosfarita 2113021041 གིས-
berdasarkan buku strategi pembelajaran matematika pendekatan matematika realistik ( PMR) memperhatikan lima aktivitas yaitu :
( 1 ) menggunakan masalah kontekstual ;
( 2 ) menggunakan model ;
( 3 ) menggunakan kontribusi dan produksi siswa ;
( 4 ) interaktif ; dan
( 5 ) terintegrasi dengan topik pembelajaran lainnya .
In reply to FARIS SUCI SENAILA 2113021069

Re: Kelompok 3

Annisa Nur Efanti 2053021002 གིས-
Menurut Gravemeijer (dalam Arrifadah,2004:14) disebutkan bahwa dari ketiga prinsip di atas, dioperasionalkan ke dalam lima aktivitas dasar dari pembelajaran matematika realistik, yaitu :
(1). Menggunakan masalah kontekstual.
Proses pembelajaran menggunakan PMR selalu diawali dengan masalah kontekstual, tidak dimulai dari sistem formal. Masalah kontekstual yang digunakan merupakan masalah sederhana yang dikenal oleh siswa. Masalah kontekstual dapat berupa realita atau sesuatu yang dapat dibayangkan oleh siswa.
(2). Menggunakan model.
Penggunaan model, skema, diagram, symbol dan sebagainya merupakan jembatan bagi siswa dari situasi konkrit menuju abstrak. Siswa diharapkan mengembangkan model sendiri.
(3). Menggunakan kontribusi siswa.
Dalam menyelesaikan masalah, siswa mempunyai kesempatan untuk menemukan cara pemecahan masalah dengan atau tanpa bantuan guru. Proses ini menunjukkan bahwa pemecahan masalah merupakan hasil konstruksi dan produksi siswa sendiri. Dengan kata lain, dalam PMR kontribusi siswa sangat diperhatikan.
(4). Terdapat interaksi.
Proses mengkonstruksi dan memproduksi pemecahan masalah tentu tidak dapat dilakukan sendiri. Untuk itu perlu interaksi baik antar siswa dengan guru, maupun siswa dengan siswa.
(5). Terdapat keterkaitan diantara bagian dari materi pelajaran.
Struktur dan konsep matematika saling berkaitan, oleh karena itu keterkaitan antar topik harus digali untuk mendukung pembelajaran yang lebih bermakna.
In reply to Hafid Alzain 2013021001

Re: Kelompok 3

FARIS SUCI SENAILA 2113021069 གིས-
Oke untuk selanjutnya kita analisis sebuah video pembelajarannya yang sudah di cantumkan link nya tadi. Apakah video tersebut sudah menerapkan PMR atau belum? Jika sudah alasannya mengapa??
In reply to FARIS SUCI SENAILA 2113021069

Re: Kelompok 3

Puja Rosfarita 2113021041 གིས-
Menurut saya video pembelajaran tersebut sudah menerapkan pendekatan realistik karena telah menerapkan karakteristik dari pendekatan realistik dalam pembelajarannya yg terdiri dari :
( 1 ) menggunakan masalah kontekstual ;
Guru memberikan masalah kontekstual terkait materi bangun datar
( 2 ) menggunakan model ;
Guru melakukan pembelajaran dengan menggunakan alat peraga untuk menjelaskan ke siswa.
( 3 ) menggunakan kontribusi dan produksi siswa ;
Siswa berkontribusi aktif dalam pembelajaran saat guru memperagakan model Bagun ruang
( 4 ) interaktif ; dan
Siswa melakukan diskusi dan tanya jawab tentang materi bangun datar
( 5 ) terintegrasi dengan topik pembelajaran lainnya
In reply to Puja Rosfarita 2113021041

Re: Kelompok 3

FARIS SUCI SENAILA 2113021069 གིས-
Saya setuju dengan jawaban mba puja. Jadi kesimpulannya video pembelajaran tersebut sudah menerapkan pendekatan realistik karena telah menerapkan aktivitas dari pendekatan realistik dalam pembelajarannya yang terdiri dari:
1. Menggunakan masalah kontekstual
Dalam video tersebut guru memberikan masalah kontekstual terkait materi bangun datar
2. Menggunakan model
Salam video guru sudah melakukan pembelajaran menggunakan alat peraga untuk menjelaskan kepada siswa
3. Menggunakan konstribusi dan produksi siswa
Dalam video tersebut siswa telah berkontribusi aktif dalam pembelajaran saat guru memperagakan model bangun ruang
4. Interaktif
Dalam video tersebut siswa telah melakukan kegiatan diskusi dan tanya jawab terkait materi bangun datar
5. Terintegrasi dengan topik pembelajaran lainnya
Dalam video tersebut sudah menggali topik yang berkaitan untuk mendukung pembelajaran yang lebih bermakna