Forum diskusi kelompok

Kelompok 2

Kelompok 2

by Hafid Alzain 2013021001 -
Number of replies: 12

Silahkan kelompok 2 berdiskusi

In reply to Hafid Alzain 2013021001

Re: Kelompok 2

by AULIA SENAWATI 2113021009 -
Assalamualaikum, hai selamat pagi kelompok 2!
Hari ini kita bakal analisis PMR yahh mentemen, sebelumnyaa aku mau tanya nihhh, menurut kalian PMR itu pendekatan yang bagaimana sihhh??
In reply to AULIA SENAWATI 2113021009

Re: Kelompok 2

by Jenita Eka Lishani_2113021039 -
Waalaikumsalam senaa
Menurut aku Pendekatan matematika realistik (PMR) adalah pendekatan matematika yang dilaksanakan dengan menempatkan realitas atau hal-hal nyata yang dapat diamati dan pengalaman siswa sebagai titik awal pembelajaran.
Kurang lebih seperti itu ...
In reply to AULIA SENAWATI 2113021009

Re: Kelompok 2

by AULIA NAMIRA SYAHPUTRI 2113021045 -
Waalaikumsalam, selamat pagii Senaaaa!

Kalau menurut aku, Pendekatan Matematika Realistik (PMR) itu suatu pendekatan dalam pembelajaran matematika yang menekankan pada penggunaan konteks dunia nyata untuk membangun pemahaman konsep matematika. Nah di PMR ini, matematika tidak hanya dipelajari sebagai serangkaian rumus dan aturan, tetapi juga sebagai alat untuk memecahkan masalah nyata. PMR juga bertujuan untuk membantu siswa mengembangkan keterampilan matematika yang lebih kuat dan juga meningkatkan motivasi mereka dalam belajar matematika. PMR ini mengajak siswa untuk memahami konteks masalah nyata lalu mengidentifikasi informasi matematika yang relevan untuk menyelesaikan masalah tersebut.
In reply to AULIA SENAWATI 2113021009

Re: Kelompok 2

by Fathiyah Mujahidah Arrohmah 2163021001 -
Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh, pagii senja

Menurut aku Pendekatan matematika realistis itu adalah suatu pendekatan yang menempatkan realistis dan pengalaman siswa sebagai titik awal pembelajaran, dimana siswa diberi kesempatan untuk mengkonstruksi kan sendiri pengetahuan matematika formalnya melalui masalah-masalah realitas yang ada.
In reply to AULIA SENAWATI 2113021009

Re: Kelompok 2

by AULIA SENAWATI 2113021009 -
So far pendapat kita semua sudah sesuai nih dengan pendapat ahli, yaitu bahwasannya PMR berpandangan bahwa matematika adalah kegiatan manusia. Eksplorasi ide, konsep, masalah nyata merupakan aktifitas kelas matematika (Soviawati, 2011). Oleh karena matematika merupakan aktifitas manusia, maka PMR berorientasi pada relevansi antara konsep matematika dengan konteks permasalahan di dunia nyata dan juga berorientasi pada siswa (Wardono & Mariani, 2018; Warsito, Nuraini, & Sukirwan, 2019).
In reply to Hafid Alzain 2013021001

Re: Kelompok 2

by AULIA SENAWATI 2113021009 -
Okay untuk selanjutnya kita bakal menganalisis sebuah video apakah video ini sudah menerapkan PMR atau belum, dan jika sudah apa alasannya, ayoo guys tulis opini kalian disertai pandangan ahli yahh
In reply to AULIA SENAWATI 2113021009

Re: Kelompok 2

by AULIA NAMIRA SYAHPUTRI 2113021045 -
Sudah, karena di video tersebut aktivitas pembelajaran dengan materi nilai pecahan uang sudah menggunakan masalah nyata, yakni mata uang indonesia. Yang pastinya hal ini digunakan dalam kehidupan sehari hari. Begitu pula dengan mengurutkan harga bahan makanan, hal ini merupakan masalah nyata dan dibawa ke dalam proses pembelajaran.

Sesuai dengan pandangan ahli yang tadi sudah kamu sebutkan Sen, bahwasannya PMR berpandangan bahwa matematika adalah kegiatan manusia. Eksplorasi ide, konsep, masalah nyata merupakan aktifitas kelas matematika (Soviawati, 2011). Maka dapat kita simpulkan bahwa video pembelajaran tersebut sudah menerapkan PMR.
In reply to AULIA NAMIRA SYAHPUTRI 2113021045

Re: Kelompok 2

by AULIA SENAWATI 2113021009 -
Aku setuju banget put, dengan penerapan pendekatan matematika realistik pada vidio ini, siswa akan lebih difokuskan dalam berpikir. Dan mereka juga dapat membayangkan harga2 benda pada buku halaman 71 itu, sehingga tidak hanya menghapal teori. Ini sesuai dengan apa yang disampaikan oleh Samosir (2022) dimana mereka bukan hanya mengetahui tentang teori-teori dasar saja akan tetapi, siswa akan dituntut untuk berpikir mampu membayangkan ataupun mengaitkan permasalahan matematika yang diberikan dengan kehidupan sehari-hari mereka.
In reply to AULIA SENAWATI 2113021009

Re: Kelompok 2

by Jenita Eka Lishani_2113021039 -
Okeey terimakasih sena, karena vidionya sudah dikirim di grup WA sejak tadi dan sudah aku liat juga. Aku langsung aja yaa. Kalo menurut aku udah menerapkan PMR sesuai dengan karakteristik PMR Menurut Treffers (dalam Zainurie, 2007), yaitu:
1. Menggunakan konteks dunia nyata
2. Menggunakan model-model (matematisasi)
3. Menggunakan produksi dan konstruksi
4. Menggunakan interaksi
5. Menggunakan keterkaitan (intertwinment)
In reply to AULIA SENAWATI 2113021009

Re: Kelompok 2

by Fathiyah Mujahidah Arrohmah 2163021001 -
Menurut aku udah sen, karena penerapan pembelajaran didalam vidio pembelajaran tersebut sudah sesuai dengan tahap berpikir siswa yg operasional konkrit, dimana guru dapat menghadirkan pembelajaran yang dekat
dengan kehidupan sehari-hari siswa, serta
guru dapat menghadirkan benda-benda
konkret sesuai pengalaman siswa.

Ini sesuai dengan Karakteristik PMR antara lain, 1)
menggunakan konteks dunia nyata, 2)
menggunakan model-model, 3) menggunakan produksi dan konstruksi, 4) menggunakan
interaktif, dan 5) menggunakan keterkaitan
(Treffers;1991dalam Setiani et al., 2015).