FORUM TANYA JAWAB BERDASARKAN VIDEO PRESENTASI

FORUM TANYA JAWAB BERDASARKAN VIDEO PRESENTASI

FORUM TANYA JAWAB BERDASARKAN VIDEO PRESENTASI

by Siska Meirita, S.Pd., M.Pd. -
Number of replies: 54

Setelah kita melakukan aktivitas mendengarkan presentasi melalui video, banyak pertanyaan yang muncul terkait dengan materi hari ini. Silakan kepada seluruh mahasiswa untuk menuliskan pertanyaan dan kelompok 7 terutama akan menjawab. Kelpmpok yang lain pun bisa membantu menjawab untuk menanggapi pertanyaan dari peserta diskusi baik  berupa sanggahan maupun persetujuan terhadap pernyataan yang muncul. . Terima kasih atas kerja samanya...semangat!

Catatan:Penilaian akan dicatat berdasarkan individu, bukan kelompok. Semakin banyak Anda ikut berkontribusi, semakin banyak pula poin nilai yang akan didapatkan. Silakan berdiskusi saat jam mata kuliah kita (akan dicatat sebagai keaktifan di permulaan), selanjutnya forum tetap akan dibuka sampai pukul 00.00 WIB malam nanti (diskusi sesi selanjutnya yang masih berlanjut dan akan dinilai sebagai penilaian  sesi terakhir). Semangat selalu selauruh mahasiswa. Terima kasih.


In reply to Siska Meirita, S.Pd., M.Pd.

Re: FORUM TANYA JAWAB BERDASARKAN VIDEO PRESENTASI

by Kerina Bakarudin -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, izin memperkenalkan diri
nama: Kerina Bakarudin
NPM: 2217051027

Saya ingin mengajukan pertanyaan terkait materi paragraf dari presentasi kelompok 7, berikut adalah pertanyaan saya:
pada penjelasan tentang struktur paragraf terdapat unsur kalimat pengembang langsung dan kalimat pengembang tak langsung, yang ingin saya tanyakan adalah bagaimana ciri kalimat pengembang langsung dan tak langsung dan bagaimana perbedaan di antara keduanya?

Terima kasih.
In reply to Kerina Bakarudin

Re: FORUM TANYA JAWAB BERDASARKAN VIDEO PRESENTASI

by Indah Kusuma Ningrum -
Sebelumnya izin memperkenalkan diri, saya Indah Kusuma Ningrum dengan NPM 2217051139 selaku anggota dari kelompok 7 akan menanggapi pertanyaan saudari Kerina dengan pertanyaan "Apa saja ciri kalimat pengembang langsung dan tak langsung, serta bagiamana cara membedakan antara keduanya?"

Berikut merupakan ciri Kalimat Pengembang Langsung (KPL): informasi yang diberikan berhubungan langsung dengan kalimat topik dan letaknya tepat setelah kalimat topik. Sedangkan ciri Kalimat Pengembang Tak Langsung (KPT) antara lain: informasi yang diberikan tidak berkaitan langsung dengan kalimat topik dan letaknya setelah Kalimat Pengembang Langsung.

Cara untuk membedakan antara KPL dan KPT dapat dilihat dari perbedaan yang mendasar antara KPL dan KPT yaitu KPL bertugas menjelaskan secara langsung gagasan utama dan kalimat topik, sedangkan KPT bertugas mengembangkan KPL.
In reply to Siska Meirita, S.Pd., M.Pd.

Re: FORUM TANYA JAWAB BERDASARKAN VIDEO PRESENTASI

by Dino Apriyanto -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, izin memperkenalkan diri
Nama: Dino Apriyanto
NPM: 2257051011

Setelah menonton video terkait materi paragraf dari kelompok 7, saya ingin mengajukan pertanyaan mengenai struktur paragraf. Dalam sebuah paragraf terdapat struktur paragraf yang terdiri dari Kalimat Topik (KT), Kalimat Pengembang Langsung (KPL), dan Kalimat Pengembang Tak Langsung (KPT). Pertanyaanya adalah
bagaimana menentukan kalimat topik, kalimat pengembang langsung, dan kalimat pengembang tak langsung dalam sebuah paragraf, serta berikan sebuah contoh paragraf yang memiliki struktur yang baik beserta penjelasannya.

Terima kasih.
In reply to Dino Apriyanto

Re: FORUM TANYA JAWAB BERDASARKAN VIDEO PRESENTASI

by Indah Kusuma Ningrum -
Saya, Indah Kusuma Ningrum dengan NPM 2217051139 akan menjawab pertanyaan yang diajukan oleh Saudara Dino mengenai cara menentuka kalimat topik, kalimat pengembang langsung dan kalimat pengembang tak langsung dalam sebuah paragraf, serta contoh paragraf yang memiliki struktur yang baik beserta penjelasannya.

Cara menentukan kalimat topik:
(1) identifikasi kata kunci: Baca paragraf dengan saksama dan cermat,
(2) identifikasi ide pokok.
(3) identifikasi pola: Perhatikan pola atau struktur dari paragraf, dan
(4) buatlah pertanyaan: Cobalah untuk membuat pertanyaan yang berkaitan dengan topik paragraf, kemudian gunakan jawaban dari pertanyaan tersebut sebagai kalimat topik.

Cara menentukan kalimat pengembang langsung:
(1) identifikasi ide utam atau topik dalam kaliamt topik,
(2) cari kata kunci yang terkait dengan topik pokok dalam kalimat topik,
(3) perhatikan kalimat-kalimat yang berada di antara kalimat topik dan kalimat penutup, dan
(4) perhatikan kata penghubung atau kata keterangan yang menghubungkan antara kalimat topik dan kalimat yang diduga sebagai kalimat pengembang langsung.

Cara menentukan kalimat pengembang tak langsung:
(1) perhatikan kalimat yang berada setelah kalimat pengembang langsung;
(2) identifikasi kalimat-kalimat yang berisi informasi yang tidak berkaitan langsung dengan kalimat topik;
(3) identifikasi kalimat-kalimat yang memberikan informasi yang bersifat detail dan spesifik mengenai sesuatu yang secara tidak langsung mendukung kalimat topik.

Sebelumnya, perlu disampaikan bahwa kalimat pengembang tak langsung tidak wajib dalam sebuah paragraf. Seandainya perlu ada kalimat pengembang tak langsung, tempatnya harus sesudah kalimat pengembang langsung.

Terdapat beberapa jenis struktur paragraf yang hierarkis, seperti yang tergambar pada diagram di bawah ini.

Struktur paragraf

Di sini saya akan mengambil contoh paragraf pada struktur (1).

Contoh paragraf
"Ruang lingkup manajemen operasi mencakup tiga aspek utama, yaitu perencanaan sistem produksi, sistem pengendalian produksi, dan sistem informasi produksi. Perencanaan sistem produksi meliputi perencanaan produk, perencanaan lokasi pabrik, perencanaan tata letak (lay out) pabrik,perencanaan lingkungan kerja, dan perencanaan standar produksi. Sistem pengendalian produksimeliputi pengendalian proses produksi, bahan, tenaga kerja, biaya, kualitas, dan pemeliharaan. Sementara itu, sistem informasi produksi meliputi struktur organisasi, produksi atas dasar pesanan, dan produksi massal (mass production)."

Penjelasan:

Penjelasan contoh paragraf
In reply to Siska Meirita, S.Pd., M.Pd.

Re: FORUM TANYA JAWAB BERDASARKAN VIDEO PRESENTASI

by Raihan Rifandi -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, izin memperkenalkan diri 
Nama: Raihan Rifandi
NPM: 2217015043

Seperti yang tertera pada video presentasi di atas yang menjelaskan bahwa, paragraf ineratif diawali dengan kalimat-kalimat penjelas sebagai pengantar kemudian diikuti gagasan utama dan ditambahkan lagi kalimat-kalimat penjelas untuk mempertegas informasi. Berdasarkan penjelasan tersebut, saya ingin mengajukan sebuah pertanyaan yaitu,

1. Bagaimana cara yang baik dan benar untuk menghubungkan antara kalimat pengantar dengan gagasan utama pada paragraf ineratif? Mohon sekiranya jawaban disertakan dengan contoh pengaplikasiannya agar saya dapat memahaminya dengan jelas.

Atas perhatian dan kesempatan bertanyanya saya ucapkan terima kasih.
In reply to Siska Meirita, S.Pd., M.Pd.

Re: FORUM TANYA JAWAB BERDASARKAN VIDEO PRESENTASI

by Reffa Hibatullah -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, izin memperkenalkan diri
Nama : Reffa Hibatullah
NPM : 2217051157

Izin bertanya mengenai materi paragraf dari video kelompok 7, pada bagian jenis paragraf berdasarkan letak gagasan utama yaitu jenis ide pokok menyebar.
Pada penjelasannya ide pokok menyebar adalah paragraf yang pikiran utamanya menyebar pada seluruh kalimat paragraf atau tersirat pada tiap kalimatnya. Dan pembaca diharapkan dapat menyimpulkan sendiri untuk memahami kalimat utamanya.

Pertanyaan saya adalah apakah mungkin akan terdapat 2 kesimpulan yang berbeda di antara 2 pembaca dalam menyimpulkan sendiri kalimat utama pada suatu paragraf, dan bagaimana cara kita tau bahwa kalimat utama yang telah kita simpulkan adalah benar?

Terima kasih.
In reply to Reffa Hibatullah

Re: FORUM TANYA JAWAB BERDASARKAN VIDEO PRESENTASI

by Muhammad Hafiz Zidane -
Walaikumussalam, izin memperkenalkan diri nama saya Muhammad Hafiz Zidane dengan NPM 2217051036 disini saya akan mencoba menjawab pertanyaan yg anda berikan
Ya, mungkin terdapat dua kesimpulan yang berbeda di antara dua pembaca dalam menyimpulkan kalimat utama pada suatu paragraf, terutama jika paragraf tersebut cukup kompleks dan memiliki beberapa ide atau informasi yang saling terkait.
Berikut adalah beberapa cara untuk memastikan bahwa kesimpulan yang kita simpulkan dari suatu paragraf benar. Pertama, kita harus memahami paragraf secara keseluruhan dan memperhatikan setiap detail dan gagasan yang terkandung dalam paragraf. Kemudian, carilah kalimat-kalimat yang menonjol dan memberikan informasi penting terkait dengan topik yang dibahas. Jika masih ada keraguan, kita dapat mencari referensi tambahan atau berkonsultasi dengan sumber yang lebih ahli terkait dengan topik yang dibahas.
In reply to Siska Meirita, S.Pd., M.Pd.

Re: FORUM TANYA JAWAB BERDASARKAN VIDEO PRESENTASI

by Angga Bagus Susilo -
Assalamulaiakum warrahmatullahi wabarakatuh

Izin memperkenalkan diri nama saya Angga Bagus Susilo dengan NPM 2217051064. Berdasarkan video presentasi yang dibawakan kelompok tujuh saya ingin bertanya. Bagaimana cara mengetahui bahwa suatu paragraf itu padu?

Sekian pertanyaan dari saya terima kasih.
In reply to Angga Bagus Susilo

Re: FORUM TANYA JAWAB BERDASARKAN VIDEO PRESENTASI

by Indah Kusuma Ningrum -
Sebelumnya izin memperkenalkan diri, saya Indah Kusuma Ningrum dengan NPM 2217051139 selaku anggota dari kelompok 7 akan menjawab pertanyaan dari saudara Angga mengenai bagaimana cara mengetahui bahwa suatu paragraf padu.

Dalam buku Seri Penyuluhan Bahasa Indonesia "PARAGRAF", disebutkan bahwa sebuah paragraf dikatakan memiliki kepaduan jika terdapat keserasian hubungan antarkalimat dalam paragraf tersebut. Kepaduan suatu paragraf berkaitan dengan keserasian antarkalimat yang membangun paragraf tersebut, yang dapat dibangun dengan menggunakan alat kohesi baik gramatikal maupun leksikal.

Alat kohesi gramatikal yang dapat digunakan untuk membangun paragraf yang padu antara lain adalah (1) kata transisi (konjungsi/ungkapan penghubung antarkalimat), (2) referensi (pengacuan), (3) paralelisme (kesejajaran struktur), dan (4) elipsis (pelesapan). Sementara itu, alat kohesi leksikal, antara lain, berupa (1) sinonim, (2) antonim, (3) hiponim, dan (4) repetisi (pengulangan).
In reply to Siska Meirita, S.Pd., M.Pd.

Re: FORUM TANYA JAWAB BERDASARKAN VIDEO PRESENTASI

by Dewi Nurhaliza -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, izin memperkenalkan diri
nama : Dewi Nurhaliza
NPM : 2217051057

Setelah menonton video terkait materi "Paragraf" yang disampaikan oleh kelompok 7. Saya ingin mengajukan pertanyaan mengenai kesimpulan suatu paragraf.
Kenapa kita harus memberikan kesimpulan yang memberikan kesan yang kuat untuk pembaca paragraf kita? Dan apakah perbedaan antara kesimpulan yang memberikan kesan yang kuat dan kesimpulan tidak yang memberikan kesan yang kuat?

Terima kasih.
In reply to Dewi Nurhaliza

Re: FORUM TANYA JAWAB BERDASARKAN VIDEO PRESENTASI

by Indah Kusuma Ningrum -
Saya, Indah Kusuma Ningrum dengan NPM 2217051139 akan menjawab pertanyaan yang diajukan oleh Saudari Dewi mengenai pentingnya memberikan kesimpulan yang memiliki kesan yang kuat untuk pembaca serta perbedaan antara kesimpulan yang kuat dan tidak kuat.

Memberikan kesimpulan yang memberikan kesan yang kuat pada paragraf kita sangat penting karena itu dapat memberikan kesan yang berbekas pada pembaca. Sebuah kesimpulan yang kuat dapat mengulang kembali ide utama yang telah dibahas dalam paragraf dan memberikan kesan yang positif pada pembaca. Sebaliknya, sebuah kesimpulan yang lemah dapat membuat pembaca merasa kurang terkesan dengan tulisan kita dan mungkin tidak terdorong untuk membaca lebih lanjut.

Perbedaan antara kesimpulan yang memberikan kesan yang kuat dan kesimpulan yang tidak memberikan kesan yang kuat terletak pada bagaimana kesimpulan tersebut memberikan penekanan pada ide utama dalam paragraf. Kesimpulan yang memberikan kesan yang kuat biasanya memberikan ringkasan yang jelas dan singkat dari ide-ide yang telah dibahas dalam paragraf, dan kemudian memberikan kesimpulan yang memberikan dampak atau makna yang penting bagi pembaca. Dalam kesimpulan yang kuat, pembaca dapat merasakan bahwa ada pesan yang penting yang ingin disampaikan oleh penulis.

Di sisi lain, kesimpulan yang tidak memberikan kesan yang kuat mungkin hanya memberikan rangkuman singkat dari ide-ide yang telah dibahas dalam paragraf, tanpa memberikan pesan yang penting atau memberikan dampak yang kuat pada pembaca. Ini mungkin membuat pembaca merasa bahwa paragraf tersebut hanya sebuah penjelasan yang membosankan dan kurang menarik.

Sebagai contoh, berikut adalah contoh kesimpulan yang tidak memberikan kesan yang kuat:

"Jadi, itu adalah beberapa manfaat dari berolahraga. Semoga informasi ini berguna bagi Anda."

Sedangkan contoh kesimpulan yang memberikan kesan yang kuat adalah:

"Olahraga memiliki manfaat yang tak terhitung bagi kesehatan fisik dan mental. Dengan mengambil langkah untuk berolahraga secara teratur, Anda dapat meningkatkan kualitas hidup Anda dan meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan."
In reply to Siska Meirita, S.Pd., M.Pd.

Re: FORUM TANYA JAWAB BERDASARKAN VIDEO PRESENTASI

by Ngasiroh Nurjayatri -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, sebelumnya izin memperkenalkan diri
Nama : Ngasiroh Nurjayatri
Npm : 2257051032

Saya ingin mengajukan pertanyaan terkait materi kelompok 7 tentang paragraf, dijelaskan bahwa kemampuan menulis paragraf yang baik dan efektif sangat penting dalam berbagai bidang, baik dalam bidang pendidikan maupun dalam dunia profesional, berikut pertanyaannya adalah:
Mengapa paragraf yang baik dan efektif sangat penting dalam berbagai bidang?

Terima kasih.
In reply to Ngasiroh Nurjayatri

Re: FORUM TANYA JAWAB BERDASARKAN VIDEO PRESENTASI

by Lira Septiyani -
Sebelumnya izin memperkenalkan diri, saya Lira Septiyani dengan NPM 2217051151. Izin menjawab pertanyaan tersebut, dalam menyusun paragraf yang baik, kalimat efektif sangat diperlukan agar gagasan yang disampaikan penulis dapat dipahami dengan baik oleh pembaca, baik di bidang pendidikan maupun bidang profesional.
In reply to Siska Meirita, S.Pd., M.Pd.

Re: FORUM TANYA JAWAB BERDASARKAN VIDEO PRESENTASI

by Evi Nur Rahma Wati -
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, izin memperkenalkan diri
Nama : Evi Nur Rahma Wati
NPM : 2217051010

Berdasarkan video presentasi dari kelompok 7, saya ingin bertanya pada bagian jenis paragraf berdasarkan letak gagasan utama. Pertanyaan saya adalah bagaimana contoh dari paragraf ineratif?

Terima kasih
In reply to Evi Nur Rahma Wati

Re: FORUM TANYA JAWAB BERDASARKAN VIDEO PRESENTASI

by Ulfa Anisa -
Sebelumnya izin memperkenalkan diri, saya Ulfa Anisa dengan NPM 2217051040. Disini saya izin menjawab pertanyaan dari saudari Evi Nur Rahma Wati yaitu, bagaimana contoh dari paragraf ineratif?
Seperti yang sudah dijelaskan oleh kelompok 7 yaitu pengertian dari paragraf ineratif adalah paragraf yang kalimat utamanya terletak di tengah-tengah paragraf. Paragraf ini diawali dengan kalimat-kalimat sebagai pengntar kemudian diikuti gagasan utama dan ditambahkan lagi kalimat-kalimat penjelas untuk menguatkan atau mempertegas informasi. Berikut bisa dijadikan contoh dari paragraf ineratif :
Manfaat madu untuk meningkatkan kesehatan tubuh memang tidak diragukan lagi. Ada banyak manfaat madu, di antaranya mempercepat penyembuhan luka, meredakan batuk, menambah stamina, serta menjaga kesehatan jantung dan pencernaan. Akan tetapi, mengkonsumsi madu tidak boleh berlebihan sebab makanan tersebut banyak mengandung kalori dan gula. Terlalu banyak kalori dan gula dapat menyebabkan diabetes dan gangguan pada sistem pencernaan.
In reply to Siska Meirita, S.Pd., M.Pd.

Re: FORUM TANYA JAWAB BERDASARKAN VIDEO PRESENTASI

by Farhan Dzaky Aldias -
Assalamualaikum, izin memperkenalkan diri nama saya Farhan Dzaky Aldias dengan NPM 2217051073.

Setelah menonton video yang membahas materi paragraf dari kelompok 7, saya memiliki pertanyaan yaitu apakah mungkin di dalam suatu paragraf memiliki dua atau lebih gagasan utama, dan jika mungkin bagaimana contoh dari paragraf tersebut ?

Terima kasih.
In reply to Farhan Dzaky Aldias

Re: FORUM TANYA JAWAB BERDASARKAN VIDEO PRESENTASI

by Muhammad Hafiz Zidane -
Walaikumussalam, izin memperkenalkan diri nama saya Muhammad Hafiz Zidane dengan NPM 2217051036 disini saya akan mencoba menjawab pertanyaan yg anda berikan
Ya, mungkin saja suatu paragraf memiliki dua atau lebih gagasan utama, asalkan gagasan-gagasan tersebut terkait dan saling mendukung satu sama lain. Namun, terlalu banyak gagasan utama yang tidak terkait dapat membuat paragraf menjadi tidak terstruktur dan sulit dipahami oleh pembaca.
Contoh paragraf yang memiliki dua gagasan utama yang terkait:
"Penggunaan internet semakin meluas di seluruh dunia, dan dengan itu muncul pula bahaya cybercrime. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk memahami risiko-risiko yang terkait dengan penggunaan internet dan mengambil langkah-langkah untuk melindungi data dan privasi kita. Namun, bukan hanya bahaya cybercrime saja yang perlu kita waspadai. Penggunaan internet juga dapat menyebabkan ketergantungan dan dampak negatif pada kesehatan mental kita, seperti gangguan tidur dan depresi. Oleh karena itu, kita perlu membatasi penggunaan internet dan mengambil waktu untuk beristirahat dan berinteraksi dengan dunia nyata."
Dalam paragraf di atas, terdapat dua gagasan utama yaitu "bahaya cybercrime" dan "dampak penggunaan internet pada kesehatan mental". Meskipun terdapat dua gagasan utama, keduanya terkait dan saling mendukung satu sama lain. Paragraf tersebut memberikan saran untuk mengambil langkah-langkah untuk melindungi data dan privasi kita dari cybercrime, serta membatasi penggunaan internet untuk menjaga kesehatan mental kita.
In reply to Siska Meirita, S.Pd., M.Pd.

Re: FORUM TANYA JAWAB BERDASARKAN VIDEO PRESENTASI

by Ivan Aditya -
assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh
izin memperkenalkan diri
Nama :Ivan Aditya
NPM :2217051147

saya ingin mengajukan pertanyaan terkait materi kelompok 7, yaitu materi "Paragraf".
Jika seorang penulis membuat sebuah buku tentang kebudayaan daerah dan memutuskan untuk menggunakan bahasa daerah pada setiap paragrafnya. Namun, beberapa paragraf memiliki panjang yang sangat berbeda-beda. Apakah hal tersebut melanggar aturan EYD?

sekian pertanyaan dari saya, terimakasih.
In reply to Ivan Aditya

Re: FORUM TANYA JAWAB BERDASARKAN VIDEO PRESENTASI

by Muhammad Hafiz Zidane -
Walaikumussalam, izin memperkenalkan diri nama saya Muhammad Hafiz Zidane dengan NPM 2217051036 disini saya akan mencoba menjawab pertanyaan yg anda berikan
Tidak, hal tersebut tidak melanggar aturan EYD (Ejaan Yang Disempurnakan) atau aturan tata bahasa lainnya. EYD hanya menetapkan aturan-aturan tertentu terkait dengan tata bahasa, ejaan, dan tanda baca dalam bahasa Indonesia yang resmi. Penggunaan bahasa daerah dalam buku tentang kebudayaan daerah tidak melanggar aturan EYD, asalkan ejaannya benar dan tidak menyimpang dari tata bahasa yang berlaku di daerah tersebut.
Sedangkan mengenai perbedaan panjang paragraf, hal tersebut juga bukanlah sebuah pelanggaran aturan EYD. Panjang paragraf dalam sebuah buku biasanya ditentukan oleh penulis berdasarkan konten yang ingin disampaikan, tidak terlalu dipengaruhi oleh aturan tata bahasa. Namun, perlu diingat bahwa paragraf yang terlalu panjang dapat membuat pembaca kehilangan fokus dan kesulitan memahami isi tulisan. Oleh karena itu, sebaiknya penulis memperhatikan panjang paragraf agar sesuai dengan konten dan mudah dipahami oleh pembaca.
In reply to Siska Meirita, S.Pd., M.Pd.

Re: FORUM TANYA JAWAB BERDASARKAN VIDEO PRESENTASI

by Awalinda Pangestuti -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
perkenalkan saya:

Nama : Awalinda Pangestuti
npm : 2217051088
Kelas : B

saya ingin mengajukan pertanyaan pada kelompok 7
pada vidio presentasi tersebut dijelaskan tentang materi paragraf, disana dijelaskan bahwa menulis paragraf yang baik dan efektif sangat penting, lalu yang menjadi pertanyaan saya adalah bagaimana cara mengembangkan sebuah paragraf? Apa saja strategi yang dapat digunakan untuk mengembangkan ide dalam sebuah paragraf?

sekian pertanyyan dari saya, sekian terimakasih
In reply to Awalinda Pangestuti

Re: FORUM TANYA JAWAB BERDASARKAN VIDEO PRESENTASI

by Indah Kusuma Ningrum -
Sebelumnya perkenalkan saya Indah Kusuma Ningrum dengan NPM 2217051139 izin menanggapi pertanyaan dari Saudari Awalinda mengenai cara mengembangkan sebuah paragraf serta strategi yang dapta digunakan untuk mengembangkan ide pokok dalam sebuah paragraf.

Langkah yang diperlukan untuk mengembangkan ide pokok menjadi paragraf sebenarnya sama dengan cara menemukan ide pokok paragraf. Mengutip dalam buku Bahasa Indonesia 1 yang ditulis oleh Yohanni Johns, Robyn Stokes langkah-langkah mengembangkan ide pokok menjadi paragraf adalah sebagai berikut.
1. Membaca secara ekstensif
Membaca ekstensif artinya membaca dengan jangkauan luas. Dalam hal ini, pembaca bukan hanya sekadar membaca, melainkan juga memahami isi keseluruhan dari bacaannya.
2. Menentukan ide pokok
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, ide pokok mengandung permasalahan utama yang dibahas dalam sajian bacaan. Dengan mengetahui ide pokok tersebut, pembaca dapat mengetahui pokok bacaan yang nantinya dapat dikembangkan dengan gaya penulisan yang lain.
3. Menyusun kerangka dan ringkasan
Kerangka dan ringkasan adalah cara penting yang harus dilakukan untuk dapat mengembangkan ide pokok menjadi paragraf. Kerangka disusun sedemikian rupa agar dapat menjadi satu kesatuan bacaan yang mudah dipahami. Sementara itu, ringkasan merupakan bentuk singkat yang didapatkan dari sebuah bacaan tanpa mengurangi ide pokoknya.

Berikut adalah beberapa strategi yang dapat digunakan untuk mengembangkan ide dalam sebuah paragraf:
1. Pilih topik yang sesuai dan berhubungan dengan tujuan penulisan. Pastikan topiknya menarik bagi pembaca dan mudah dipahami.
2. Buat outline atau kerangka paragraf sebelum mulai menulis. Pada bagian ini, tetapkan ide-ide utama dan sub-ide-ide yang akan dibahas dalam paragraf.
3. Gunakan contoh atau ilustrasi untuk menjelaskan gagasan utama dengan lebih baik dan membantu membuka pikiran pembaca. Contohnya bisa berupa cerita, perbandingan, analogi atau studi kasus.
4. Berikan bukti atau fakta yang mendukung gagasan utama dan sub ide yang dibahas dalam paragraf tersebut. Buktikan dengan data, statistik, kutipan dari sumber terpercaya atau temuan penelitian.
5. Ingatlah untuk memberikan interpretasi atau analisis terhadap fakta atau bukti yang disajikan agar pembaca dapat memahami hubungan antara gagasan dengan fakta atau bukti yang digunakan.
6. Gunakan kata penghubung atau kata transisi yang tepat untuk menghubungkan satu ide dengan ide lainnya dan membuat paragraf lebih kohesif. Beberapa konjungsi yang umum digunakan adalah "pertama", "di samping", "kemudian", "selanjutnya", dan "akhirnya".
7. Akhiri paragraf dengan kalimat penutup yang mengulangi gagasan utama bagian tersebut. Kalimat ini harus kuat dan jelas, serta mampu merangkum seluruh isi bacaan.
In reply to Siska Meirita, S.Pd., M.Pd.

Re: FORUM TANYA JAWAB BERDASARKAN VIDEO PRESENTASI

by Ulfa Anisa -
Assalamualaikum, izin memperkenalkan diri nama saya Ulfa Anisa dengan NPM 2217051040 dari kelas B. Setelah menonoton dan menyimak video presentasi dari kelompok 7, ada salah satu slide yang mejelaskan tentang jenis paragraf, salah satunya yaitu paragraf deskripsi. Pertanyaan dari saya yaitu, bagaimana contoh dari paragraf deskripsi tersebut?
Sekian pertanyaan dari saya, terima kasih.
In reply to Ulfa Anisa

Re: FORUM TANYA JAWAB BERDASARKAN VIDEO PRESENTASI

by Lira Septiyani -
Saya Lira Septiyani dengan NPM 2217051151, izin menjawab pertanyaan dari saudari Ulfa. Contoh dari paragraf deskripsi yaitu

Perjalanan menuju Pantai Buyutan sungguh mengasyikkan. Dari arah Pracimantoro, Wonogiri, kita menyusuri jalan yang sudah beraspal halus. Selama perjalanan kita bisa melihat area perkebunan warga. Tidak hanya itu, pemandangan bukit-bukit kars di kanan kiri jalan sungguh sangat memanjakan mata. Jalan yang berkelak-kelok membuat perjalanan tidak membosankan. Sesekali mobil harus mengalah dan menepi karena berpapasan dengan mobil lain dari arah berlawanan. Sesampai di Pantai Buyutan, mobil harus menuruni jalan dengan turunan tajam. Keahlian dan nyali cukup diuji di sini karena jalan menurun juga dilengkapi dengan belokan yang tajam. Namun, setelah sampai di bibir pantai semua terbayarkan. Hamparan laut selatan dan ombak yang berkejaran akan mengobati rasa lelah selama perjalanan.

Teks deskripsi ditulis untuk memberi suatu gambaran mengenai suatu objek agar pembaca seakan akan bisa melihat dan merasakannya langsung walaupun hanya membaca lewat tulisan.
In reply to Siska Meirita, S.Pd., M.Pd.

Re: FORUM TANYA JAWAB BERDASARKAN VIDEO PRESENTASI

by M Nurfaiz Satriani Azra -
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, izin memperkenalkan diri nama saya M Nurfaiz Satriani Azra dengan NPM 2217051001.

saya ingin mengajukan sebuah pertanyaan mengenai materi yang sudah disampaikan oleh kelompok 7, kira kira dalam penulisan paragraph untuk dapat dibilang suatu kaliamat supaya dikatakan sebagai sebuah paragraph berapakah minimalnya?


Terima kasih
In reply to M Nurfaiz Satriani Azra

Re: FORUM TANYA JAWAB BERDASARKAN VIDEO PRESENTASI

by Ulfa Anisa -
Izin memperkenalkan diri nama saya Ulfa Anisa dengan NPM 2217051040. Izin menjawab pertanyaan dari saudara Nurfaiz Satriani yaitu, berapakah minimal kalimat yang ada dalam sebuah paragraf?
Suatu paragraf minimal terdiri dari tiga kalimat.
In reply to Siska Meirita, S.Pd., M.Pd.

Re: FORUM TANYA JAWAB BERDASARKAN VIDEO PRESENTASI

by Rizki Mahesa -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, izin memperkenalkan diri
Nama: Rizki Mahesa
NPM: 2217051101

izin bertanya, pada jenis paragraf terdapat paragraf deskripsi, yang dimana penjelasan pada video tersebut, bahwa pada paragraf deskripsi berisi gambaran suatu objek yang dapat melibatkan kesan indera, apakah bisa diberikan contoh paragraf deskripsi yang memberikan kesan indera tersebut

terima kasih
In reply to Rizki Mahesa

Re: FORUM TANYA JAWAB BERDASARKAN VIDEO PRESENTASI

by Lira Septiyani -
Saya Lira Septiyani dengan NPM 2217051151, izin menjawab pertanyaan dari saudara Rizki. Salah satu ciri teks deskripsi adalah melibatkan kesan indra dengan maksud agar pembaca seakan dapat melihat dan merasakan langsung penggambaran objek yang dijabarkan oleh penulis. Contohnya seperti melibatkan indra penglihatan, pendengaran, pengucapan, penciuman, dan perabaan. Contoh paragrafnya :

Pantai Nusa Penida memiliki tata keindahan alam yang menarik, khususnya bagi wisatawan yang mendambakan suasana nyaman, tenang, jauh dari kebisingan kota. Pohon-pohonnya rindang. Bentangan lautnya luas. Bagi penyelam , Pantai Nusa Penida juga menawarkan keindahan ikan laut yang sedang berenang. Pemda Bali harus menata dan mengelola Pantai Nusa Penida sebagai tujuan wisata alternatif.
In reply to Rizki Mahesa

Re: FORUM TANYA JAWAB BERDASARKAN VIDEO PRESENTASI

by Indah Kusuma Ningrum -
Wa'alaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
Sebelumnya izin memperkenalkan diri, saya Indah Kusuma Ningrum dengan NPM 2217051139 selaku anggota dari kelompok 7 akan menjawab pertanyaan dari Saudara Rizki mengenai contoh paragraf deskriptif/deskripsi.

Berikut saya berikan contoh paragraf deskriptif yang dapat melibatkan kesan indera.

Contoh 1:
Ruangan berukuran 9m x 8m ini sungguh sangat nyaman ditempati. Sebuah sofa empuk berwarna putih dengan meja kayu berada di tengah ruangan. Sementara itu, rak buku berisi beberapa novel dan buku-buku ilmiah diletakkan mepet dengan dinding sebelah selatan bersanding dengan sebuah pot berisi pohon palem kecil yang seakan-akan menyatu
dengan tembok yang dicat dengan warna hijau muda. Di luar ruangan, terdapat sebuah kolam kecil berukuran 2,5m x 2m berisi beberapa ikan koi yang berseliweran. Suara gemericik air dari kolam menambah sejuknya suasana di ruang tamu milik Pak Toni ini.

Contoh 2:
Saat memasuki taman ini, hidungmu akan langsung disambut dengan aroma segar dari bunga-bunga yang mekar. Kau akan merasakan udara segar dan sejuk yang menyelimuti wajahmu saat berjalan di bawah naungan pohon-pohon rindang. Matamu akan terpesona dengan warna-warni bunga yang bertebaran di sepanjang taman, mulai dari mawar merah cerah hingga kembang sepatu berwarna-warni. Kau bisa merasakan lembutnya rumput di bawah kakimu ketika berjalan menyusuri lorong-lorong taman yang teratur dan indah. Dalam jarak dekat, kau bisa mendengar desiran air yang mengalir dari air mancur yang indah dan menyejukkan. Kesemuanya memberikan kesan indera yang membuatmu merasa seperti berada di alam yang penuh dengan keindahan.
In reply to Siska Meirita, S.Pd., M.Pd.

Re: FORUM TANYA JAWAB BERDASARKAN VIDEO PRESENTASI

by Intan Maghfirah -
Assallammualaikum warahmatullahi wabarakatuh, izin mempernalkan diri
Nama : Intan Maghfirah
NPM : 2257051015
Kelas : B

Setelah saya menonton video dari kelompok 7, saya ingin mengajukan pertanyaan
Mengapa paragraf yang baik itu harus jelas, terstruktur, serta memuat bukti atau argument yang mendukungnya?

sekian pertanyaan dari saya, terimakasih
In reply to Intan Maghfirah

Re: FORUM TANYA JAWAB BERDASARKAN VIDEO PRESENTASI

by Reffa Hibatullah -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Izin memperkenalkan diri nama saya Reffa Hibatullah dengan NPM 2217051157. Izin menjawab.

Mengapa paragraf yang baik itu harus jelas, terstruktur, serta memuat bukti atau argumen yang mendukung? 
Karena sebuah paragraf itu sendiri bertujuan untuk menyampaikan sebuah pesan atau ide yang dapat dipahami oleh pembaca. Jika paragraf tidak jelas dan tidak terstruktur maka pembaca akan kesulitan untuk memahami pesan yang disampaikan dari paragraf tersebut. Kemudian paragraf juga harus memuat bukti atau argumen yang mendukung sehingga pesan atau ide dari paragraf itu dapat dipercaya oleh pembaca.

Sekian jawaban yang dapat saya sampaikan, mohon maaf bila terdapat salah dalam penulisan. Terima kasih.
In reply to Siska Meirita, S.Pd., M.Pd.

Re: FORUM TANYA JAWAB BERDASARKAN VIDEO PRESENTASI

by Intan Purnama Sari -
Nama :Intan Purnama Sari
Npm: 2217051050
Kelas: B

Mengenai materi yang sudah dijelaskankan oleh kelompok 7 tentang Paragraf,ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan kepada kelompok 7 yaitu, Bagaimana caranya menyusun paragraf yang koheren dan terstruktur dengan baik dalam bahasa Indonesia,serta apa saja kiat-kiat yang perlu diperhatikan agar paragraf yang dibuat dapat disusun dengan baik dan mudah dipahami oleh pembaca? Mohon berikan contoh juga untuk memperjelas penjelasan.

Terimakasih.
In reply to Siska Meirita, S.Pd., M.Pd.

Re: FORUM TANYA JAWAB BERDASARKAN VIDEO PRESENTASI

by M. Abdul Adhim -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, izin memperkenalkan diri,
Nama : M. Abdul Adhim
NPM : 2217051030

Saya ingin bertanya terkait materi yang disampaikan oleh kelompok 7 yaitu Paragraf. Dalam video yang disampaikan dijelaskan berbagai macam jenis paragraf berdasarkan letak gagasan utama. Pertanyaan saya yaitu, apakah dalam suatu tulisan panjang seperti makalah, artikel, dll bisa terdapat lebih dari 1 jenis paragraf berdasarkan letak gagasan utamanya?

Sekian pertanyaan saya terima kasih, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
In reply to Siska Meirita, S.Pd., M.Pd.

Re: FORUM TANYA JAWAB BERDASARKAN VIDEO PRESENTASI

by Rica Lizania -
assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu, izin memperkenalkan diri
nama : rica lizania
npm : 2217051046

izin bertanya terkait materi paragraf dari vidio kelompok 7, yang dimana pada bagian paragraf eksposisi sudah dijelaskan mengenai pengertian, tujuan, sifat paragraf maupun sumbernya, namun disini saya ingin bertanya mengenai contoh dari paragraf eksposisi tersebut. apa saja contoh dari paragraf eksposisi tersebut? dan jelaskan secara rinci!

sekian pertanyaan dari saya trimakasih.
In reply to Rica Lizania

Re: FORUM TANYA JAWAB BERDASARKAN VIDEO PRESENTASI

by M. Abdul Adhim -

Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh.
Perkenalkan, saya M. Abdul Adhim dengan NPM 2217051030. Izin menjawab pertanyaan dari saudari Rica, yaitu apa saja contoh dari paragraf eksposisi.


Berdasarkan artikel yang saya baca, terdapat 7 macam pola paragraf eksposisi yaitu 
1. Paragraf Eksposisi Definisi. Yaitu paragraf yang bertujuan untuk menjelaskan pengertian dari suatu topik.
2. Paragraf Eksposisi Proses. Yaitu bertujuan untuk menjelaskan proses atau langkah-langkah
3. Paragraf Eksposisi Klarifikasi. Yaitu paragraf yang mengandung informasi suatu topik dengan pengelompokan beberapa kategori.
4. Paragraf Eksposisi Ilustrasi. Yaitu memberikan gambaran umum suatu topik yang dibandingkan dengan topik lain, yang memiliki kesamaan. 
5. Paragraf Eksposisi Perbandingan dan pertentangan. Yaitu membandingkan suatu topik dengan topik lain yang memiliki sifat berlawanan.
6.Paragraf Eksposisi Laporan atau Berita. Yaitu berisi informasi yang berasal dari hasil laporan suatu peristiwa.


----------------------------------------------------------
Contoh paragraf eksposisi proses tantang pertanian:

Pengaruh Kualitas Udara dengan Hasil Pertanian

Pencemaran udara paling banyak dikarenakan oleh asap kendaraan bermotor serta asap industri pabrik. Sekarang ini jumlah kendaraan bermotor makin bertambah serta terus-terusan bertambah bersamaan dengan perkembangan jumlah masyarakat. Pasti jumlah polusi dari sisa pembakaran di mesin juga akan bertambah di udara.

Pencemaran udara ini saat ini sudah jadi ancaman global yang mengakibatkan penambahan suhu bumi atau pemanasan global. Pastinya pemanasan global ini juga akan meneror semua kehidupan makhluk hidup di bumi karna pemanasan global tidak cuma juga akan mencairkan semua susunan es di kutub utara serta kutub selatan tetapi akan mengakibatkan terjadinya perubahan iklim. Perubahan iklim ini pasti akan begitu punya pengaruh di beberapa bagian terlebih di bagian pertanian serta peternakan. Diluar itu, pencemaran udara ini telah terang juga akan mengganggu kesehatan. Tentunya radikal bebas yang mencemari udara juga akan turut terhirup masuk dalam badan. Pada batas spesifik, tumpukan radikal bebas didalam badan ini juga akan menyebabkan penyakit serius misalnya kanker.


Untuk lebih lengkap mengenai contoh-contohnya, dapat dilihat pada artikel berikut,
https://smpislampapb.sch.id/jenis-paragraf/eksposisi/
https://deepublishstore.com/blog/teks-eksposisi/#Pola_Pengembangan_Teks_Eksposisi

Sekian jawaban yang dapat saya sampaikan, semoga menjawab semua pertanyaan saudari Rica.

In reply to Siska Meirita, S.Pd., M.Pd.

Re: FORUM TANYA JAWAB BERDASARKAN VIDEO PRESENTASI

by Ruben Pandega Aditama -
Izin memperkenalkan diri, saya Ruben Pandega Aditama dengan NPM 2217051085. Berdasarkan video presentasi dari kelompok 7 terdapat 5 unsur paragraf yang baik. Apakah penentuan baik atau tidaknya sebuah paragraf hanya terbatas pada 5 unsur tersebut? Terima kasih
In reply to Ruben Pandega Aditama

Re: FORUM TANYA JAWAB BERDASARKAN VIDEO PRESENTASI

by Indah Kusuma Ningrum -
Baik, perkenalkan saya Indah Kusuma Ningrum dengan NPM 2217051139 izin menjawab pertanyaan dari Saudara Ruben yaitu "Apakah penentuan baik atau tidaknya sebuah paragraf hanya terbatas pada 5 unsur (kesatuan, kepaduan, kelengkapan dan ketuntasan, keruntutan, dan konsistensi)?


Tentunya tidak, penentuan baik atau tidaknya sebuah paragraf tidak hanya terbatas pada 5 unsur yang disebutkan, tetapi juga tergantung pada tujuan komunikasi, konteks, dan target pembaca.

Selain kelima unsur tersebut, penentuan kualitas sebuah paragraf juga bergantung pada kemampuan penulis untuk mengkomunikasikan gagasan secara jelas dan efektif, struktur paragraf yang tertata dengan baik, dan penggunaan bahasa dan bahasa yang tepat dapat dipahami oleh pembaca. Selain itu, penulis juga harus memperhatikan gaya penulisan tergantung dari jenis teks atau genre yang digunakan.

Selain itu, penentuan kualitas suatu perikop juga bergantung pada tujuan atau maksud dari penulisan paragraf tersebut. Paragraf yang baik harus dapat memenuhi tujuan komunikasi yang diinginkan, seperti menginformasikan, membujuk pembaca, atau menghibur pembaca. Dengan demikian, penentuan kualitas suatu paragraf mencakup banyak faktor yang saling terkait dan tidak terbatas pada 5 faktor yaitu Kesatuan, Koherensi, Kelengkapan dan Kelengkapan, Koherensi dan Konsistensi. 

Terima kasih.
In reply to Siska Meirita, S.Pd., M.Pd.

Re: FORUM TANYA JAWAB BERDASARKAN VIDEO PRESENTASI

by Adilla Aulia Desriyanti -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, izin memperkenalkan diri
Nama : Adilla Aulia Desriyanti
NPM : 2217051018
Kelas : B

Saya ingin mengajukan pertanyaan terkait materi paragraf dari kelompok 7. Apa strategi yang efektif untuk mengorganisir ide pokok menyebar dalam paragraf agar tetap koheren dan kohesif?

Terima kasih
In reply to Adilla Aulia Desriyanti

Re: FORUM TANYA JAWAB BERDASARKAN VIDEO PRESENTASI

by Indah Kusuma Ningrum -
Wa'alaikumsalam warahmatullahi wabarakaatuh
Sebelumnya, saya Indah Kusuma Ningrum akan memberikan jawaban atas pertanyaan Saudari Adilla mengenai strategi yang efektif untuk mengorganisir ide pokok menyebar dalam paragraf agar tetap koheren dan kohesif.

Strategi yang efektif untuk mengorganisir ide pokok yang tersebar dalam paragraf agar tetap koheren dan kohesif adalah dengan menggunakan teknik penjelasan dan pengembangan ide. Berikut adalah beberapa teknik yang dapat digunakan:

1. Topic Sentence
Gunakan kalimat utama atau topic sentence pada awal paragraf untuk mengungkapkan ide pokok yang akan dibahas. Topic sentence harus jelas dan ringkas, dan sebaiknya terdiri dari satu atau dua kalimat yang dapat merangkum inti dari paragraf.

2. Transisi
Gunakan kata penghubung atau transisi antara ide-ide dalam paragraf agar terhubung secara koheren dan logis. Transisi ini membantu pembaca mengikuti pemikiran penulis dan mengerti hubungan antar ide. Beberapa contoh kata penghubung yang dapat digunakan adalah "selain itu", "sebaliknya", "oleh karena itu", "demikian pula", dan "selanjutnya".

3. Penjelasan dan Pengembangan Ide
Setelah menggunakan topic sentence dan transisi, jelaskan dan kembangkan ide-ide tersebut dengan detail dan contoh. Gunakan kalimat-kalimat pendukung untuk menjelaskan dan mengembangkan ide-ide pokok. Setiap kalimat pendukung harus terhubung dengan kalimat sebelumnya dan sesudahnya sehingga paragraf menjadi kohesif.

4. Penggunaan Paralelisme
Penggunaan paralelisme dapat membantu meningkatkan koherensi dan kohesi dalam paragraf. Paralelisme adalah pengulangan struktur kalimat yang sama pada beberapa kalimat yang berbeda dalam sebuah paragraf. Dengan menggunakan struktur kalimat yang sama, ide-ide dalam paragraf akan terorganisir dengan baik dan mudah dipahami oleh pembaca.

5. Kesimpulan
Simpulkan paragraf dengan merangkum kembali ide-ide yang telah dijelaskan dalam paragraf. Hal ini membantu membantu menegaskan ide-ide pokok dan memberikan kesimpulan yang jelas.

Dengan menggunakan teknik-teknik di atas, ide-ide dalam paragraf akan terorganisir dengan baik dan mudah dipahami oleh pembaca. Selain itu, paragraf tersebut akan terlihat koheren dan kohesif.
In reply to Siska Meirita, S.Pd., M.Pd.

Re: FORUM TANYA JAWAB BERDASARKAN VIDEO PRESENTASI

by Rafli Daffa Pratama -
Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh, izin memperkenalkan diri
Nama : Rafli Daffa Pratama
NPM : 2217051131

Saya izin bertanya terkait materi yang disampaikan oleh kelompok 7 yaitu Paragraf. Dari video tersebut dijelaskan bahwa terdapat beberapa unsur paragraf baik, pertanyaan yang ingin saya ajukan adalah apa peran gaya bahasa dalam pembentukan struktur paragraf yang baik?

Sekian pertanyaan dari saya, terima kasih, wassalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh.
In reply to Rafli Daffa Pratama

Re: FORUM TANYA JAWAB BERDASARKAN VIDEO PRESENTASI

by M. Abdul Adhim -

Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh.
Izin memperkenalkan diri, saya M. Abdul Adhim dengan NPM 2217051030. Izin menjawab pertanyaan dari saudara Rafli Daffa, yaitu apa peran gaya bahasa dalam pembentukan struktur paragraf yang baik.

Gaya bahasa dalam suatu tulisan termasuk paragraf menurut Dwi Budiyanto, merupakan sarana ekspresi bagi penulisnya untuk mengkomunikasikan gagasan setepat-tepatnya dan sepenuh-penuhnya. Oleh sebab itu, gaya bahasa sangat berperan dalam pembentukan struktur paragraf yang baik, karena penulis harus mengetahui kata mana yang cocok digunakan dalam penulisan paragrafnya dan ditempatkannya kata tersebut yang sesuai dan enak untuk dibaca.

Sekiranya jawaban diatas kurang memenuhi pertanyaan yang diajukan, berikut saya lampirkan bahan bacaan yang dapat menjawab pertanyaan tersebut (hal. 4),
http://staffnew.uny.ac.id/upload/132310007/pendidikan/materi-cermat-berbahasa-indonesia-2.pdf

Sekian yang dapat saya sampaikan terkait jawaban saya terhadap pertanyaan dari saudara Rafli, Terima kasih.


In reply to Siska Meirita, S.Pd., M.Pd.

Re: FORUM TANYA JAWAB BERDASARKAN VIDEO PRESENTASI

by Farid sidhiq saputra -
Assalamu'alaikum izin memperkenalkan diri nama :Farid sidhiq saputra
Npm :2257051028

Saya ingin bertanya terkait materi pada kelompok 7,di dalam materi tersebut ada penjelasan tentang struktur paragraf atau yg di sebut kt kpl kpt. Pertanyaan dari saya adalah bagaimana cara menentukan atau membedakan antara kalimat topik(KT), kalimat pengembang langsung (KPL), dan kalimat pengembang tidak langsung (KPT)
Sekian terimakasih.
In reply to Siska Meirita, S.Pd., M.Pd.

Re: FORUM TANYA JAWAB BERDASARKAN VIDEO PRESENTASI

by Ananda Sheva Hidayat -
Assalamualaikum Wr Wb, izin memperkenalkan diri
Nama : Ananda Sheva Hidayat
Npm : 2217051096

Saya ingin bertanya terkait penjelasan video kelompok anda. Pada bagian dampak penggunaan paragraf yang tidak efektif pada poin pertama, apakah kualitas tulisan yang dimaksud juga berpengaruh terhadap isi dan makna dari paragraf itu sendiri?

Terimakasih Wassalamualaikum Wr Wb
In reply to Ananda Sheva Hidayat

Re: FORUM TANYA JAWAB BERDASARKAN VIDEO PRESENTASI

by Muhammad Hafiz Zidane -
Walaikumussalam, izin memperkenalkan diri nama saya Muhammad Hafiz Zidane dengan NPM 2217051036 disini saya akan mencoba menjawab pertanyaan yg anda berikan
Ya, kualitas tulisan juga berpengaruh terhadap isi dan makna dari paragraf itu sendiri. Paragraf yang tidak efektif dapat terjadi karena adanya kelemahan dalam kualitas tulisan seperti ketidakkonsistenan dalam pemilihan kata, struktur kalimat yang tidak tepat, atau penggunaan tata bahasa yang kurang baik. Jika kualitas tulisan tidak baik, maka pesan yang ingin disampaikan dalam paragraf mungkin tidak akan tersampaikan dengan jelas atau bahkan bisa saja salah dimengerti oleh pembaca. Oleh karena itu, selain memperhatikan struktur paragraf, penting juga untuk memperhatikan kualitas tulisan secara keseluruhan untuk menciptakan paragraf yang efektif.
In reply to Siska Meirita, S.Pd., M.Pd.

Re: FORUM TANYA JAWAB BERDASARKAN VIDEO PRESENTASI

by Audhia Safitri -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, izin memperkenalkan diri,
Nama : Audhia Safitri
NPM : 2217051105

Setelah menonton video prestasi terkait materi "Paragraf" yang disampaikan oleh kelompok 7. Saya ingin mengajukan pertanyaan, kira-kira bagaimanakah cara untuk menentukan topik kalimat dan kalimat utama dalam sebuah paragraf? Lalu, apakah terdapat pengaruh penggunaan kalimat topik dalam sebuah paragraf?

Terima kasih.
In reply to Siska Meirita, S.Pd., M.Pd.

Re: FORUM TANYA JAWAB BERDASARKAN VIDEO PRESENTASI

by Rimba Jati Dwi Djatmiko -
Izin memperkenalkan diri, nama saya Rimba Jati Dwi Djatmiko dengan NPM 2217051069. Pada PPT kelompok 7 terdapat jenis paragraf berdasarkan letak gagasan utama, yaitu paragraf ineratif. Pertanyaan saya adalah berikan contoh dari paragraf ineratif tersebut! terima kasih.
In reply to Rimba Jati Dwi Djatmiko

Re: FORUM TANYA JAWAB BERDASARKAN VIDEO PRESENTASI

by Indah Kusuma Ningrum -
Saya Indah Kusuma Ningrum dengan NPM 2217051139 akan menjawab pertanyaan dari Saudara Rimba mengenai contoh paragraf ineratif.

Berikut merupakan salah satu contoh paragraf yang termasuk ke dalam jenis paragraf ineratif.

Gunung Sinabung di Sumatera Utara meletus. Belum reda letusan Gunung Sinabung, Gunung Kelud di Jawa Timur juga meletus. Selain gunung berapi yang meletus itu, banjir terjadi di beberapa daerah. Ibu kota Jakarta, seperti tahun-tahun sebelumnya, dilanda banjir. NTT yang sering mengalami kekeringan juga dilanda banjir. Indonesia memang sedang ditimpa banyak musibah dan bencana. Bencana-bencana tersebut menelan korban, baik harta maupun jiwa. Padi di sawah-sawah yang siap panen menjadi gagal panen. Sayur mayur yang banyak ditanam dan dihasilkan di lereng-lereng gunung juga hancur sehingga harga di pasar menjadi melambung. (Sumber : Buku Seri Penyuluhan Bahasa Indonesia: PARAGRAF, 2014:57)


Gagasan utama paragraf di atas terdapat pada kalimat "Indonesia memang sedang ditimpa banyak musibah dan bencana."
In reply to Siska Meirita, S.Pd., M.Pd.

Re: FORUM TANYA JAWAB BERDASARKAN VIDEO PRESENTASI

by Firman Bintang Partogi Situmorang -
Selamat pagi, izin memperkenalkan diri
Nama : Firman Bintang Partogi Situmorang
NPM : 2217051080

Saya ingin bertanya terkait materi paragraf yg telah di presentasikan oleh kelompok 7. Berikut adalah pertanyaan saya :
Apa saja jenis paragraf, jelaskan setiap jenis paragraf tersebut dan berikan satu contoh dari jenis paragraf tersebut misalnya kalian berikan contoh ( kalimat deduktif nah kenapa kalimat ini disebut kalimat deduktif)
In reply to Firman Bintang Partogi Situmorang

Re: FORUM TANYA JAWAB BERDASARKAN VIDEO PRESENTASI

by Muhammad Hafiz Zidane -
Walaikumussalam, izin memperkenalkan diri nama saya Muhammad Hafiz Zidane dengan NPM 2217051036 disini saya akan mencoba menjawab pertanyaan yg anda berikan
Ada beberapa jenis paragraf yang umum digunakan dalam penulisan, di antaranya:

1. Paragraf Narasi
Paragraf narasi bertujuan untuk menceritakan atau menjelaskan suatu kejadian atau cerita secara kronologis. Paragraf ini seringkali digunakan dalam penulisan cerpen, novel, atau memoar. Contoh paragraf narasi: "Pada hari Minggu pagi, saya pergi ke pasar tradisional untuk membeli sayur dan buah-buahan segar. Ketika sedang memilih-milih tomat, tiba-tiba ada seorang wanita yang menabrak saya dari belakang dan membuat keranjang belanja saya jatuh."

2. Paragraf Deskripsi
Paragraf deskripsi digunakan untuk memberikan gambaran atau menggambarkan suatu objek, tempat, atau orang secara rinci dan detail. Paragraf deskripsi seringkali digunakan dalam deskripsi produk, laporan perjalanan, atau deskripsi karakter dalam sebuah cerita. Contoh paragraf deskripsi: "Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan ombak yang tenang. Di sepanjang pantai terdapat pohon kelapa yang tumbuh rapi, memberikan kesan tropis yang menenangkan. Di ujung pantai terdapat sebuah rumah kayu dengan teras yang menghadap ke laut."

3. Paragraf Eksposisi
Paragraf eksposisi bertujuan untuk memberikan penjelasan, informasi, atau fakta mengenai suatu topik tertentu. Paragraf ini sering digunakan dalam artikel ilmiah, esai, atau laporan. Contoh paragraf eksposisi: "Matahari adalah bintang yang terletak di pusat tata surya kita. Matahari memiliki diameter sekitar 1,39 juta kilometer dan massa 1,989 x 10^30 kilogram. Matahari menghasilkan energi melalui reaksi nuklir di intinya."

4. Paragraf Argumentasi
Paragraf argumentasi bertujuan untuk mempengaruhi pembaca atau pendengar dengan menyajikan pendapat atau argumen yang di dukung oleh alasan yang kuat. Paragraf ini sering digunakan dalam opini, pidato, atau esai argumentatif. Contoh paragraf argumentasi: "Pemerintah harus memberikan insentif bagi perusahaan-perusahaan yang memproduksi barang-barang ramah lingkungan. Hal ini tidak hanya baik untuk lingkungan, tetapi juga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pengurangan biaya perawatan kesehatan akibat polusi."

Dalam penulisan paragraf, penting untuk menciptakan alur yang baik untuk memperkuat pesan yang ingin disampaikan. Alur yang baik dapat mencakup penggunaan kata penghubung yang tepat untuk mengaitkan setiap kalimat dalam paragraf, memperhatikan urutan kronologis atau hierarki dalam penyampaian informasi, serta memperhatikan konsistensi gaya penulisan. Dengan memiliki struktur yang teratur dan alur yang baik, paragraf dapat lebih mudah dipahami dan memberikan pesan yang lebih kuat kepada pembaca.
In reply to Siska Meirita, S.Pd., M.Pd.

Re: FORUM TANYA JAWAB BERDASARKAN VIDEO PRESENTASI

by Dede Juniar Putra -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, izin memperkenalkan diri
NAMA: Dede Juniar putra
npm:2217051015

Setelah saya menonton video presentasi dari kelompok 7 dengan materi paragraf, saya ingin mengajukan pertanyaan, berikut pertanyaannya:
Mengapa penting untuk memiliki struktur yang teratur dalam sebuah paragraf dan bagaimana cara menciptakan alur yang baik untuk memperkuat pesan yang ingin disampaikan?

sekian terima kasih
In reply to Dede Juniar Putra

Re: FORUM TANYA JAWAB BERDASARKAN VIDEO PRESENTASI

by Muhammad Hafiz Zidane -
Walaikumussalam, izin memperkenalkan diri nama saya Muhammad Hafiz Zidane dengan NPM 2217051036 disini saya akan mencoba menjawab pertanyaan yg anda berikan
Struktur yang teratur dalam sebuah paragraf penting karena membantu membentuk kesan yang jelas dan mudah dipahami bagi pembaca. Tanpa struktur yang teratur, pesan yang ingin disampaikan bisa menjadi tidak jelas atau terlalu sulit dipahami.

Salah satu cara untuk menciptakan alur yang baik dalam sebuah paragraf adalah dengan menggunakan pendekatan yang sistematis. Pendekatan ini bisa mencakup beberapa langkah seperti:

1. Menentukan tujuan komunikasi: Sebelum menulis sebuah paragraf, pastikan tujuan dari pesan yang ingin disampaikan sudah jelas. Hal ini akan membantu dalam menentukan struktur dan fokus tulisan.

2. Membuat outline: Buatlah outline atau rangkaian pikiran yang akan disampaikan dalam sebuah paragraf. Ini akan membantu dalam membuat struktur yang teratur dan fokus dalam menuliskan pesan.

3. Memulai dengan kalimat pembuka yang kuat: Kalimat pembuka yang kuat akan membantu menarik perhatian pembaca dan memperkuat alur tulisan. Kalimat ini harus jelas dan langsung menyampaikan pesan inti yang ingin disampaikan.

4. Menjaga alur tulisan: Pastikan setiap kalimat dalam paragraf saling terkait dan membantu dalam menyampaikan pesan yang ingin disampaikan. Hindari menggunakan kalimat atau informasi yang tidak relevan dengan pesan inti.

5. Mengakhiri dengan kalimat penutup yang kuat: Kalimat penutup yang kuat akan membantu memperkuat pesan yang ingin disampaikan dan memberikan kesan yang kuat pada pembaca.

Dalam menulis paragraf, penting juga untuk menghindari kesalahan seperti pengulangan kata atau informasi yang tidak relevan, serta menghindari penggunaan kalimat yang terlalu panjang atau kompleks. Dengan struktur yang teratur dan alur yang baik, pesan yang ingin disampaikan akan lebih mudah dipahami dan memberikan dampak yang lebih kuat pada pembaca.
In reply to Siska Meirita, S.Pd., M.Pd.

Re: FORUM TANYA JAWAB BERDASARKAN VIDEO PRESENTASI

by Leo Nardo -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, izin memperkenalkan diri
nama: leo nardo
NPM: 2217051142

Saya ingin mengajukan pertanyaan terkait materi paragraf dari presentasi kelompok 7, Apa yang harus dipertimbangkan saat membuat paragraf yang efektif?