setelah menyimak paparan presentasi dari kelompok-4, silahkan diskusikan materi yang telah disampaikan melalui kolom diskusi di bawah ini!
Forum Diskusi Pertemuan-9
Elni arrahma (2113053035)
Dalam ppt terdapat salah satu media pembelajaran yaitu fun thinkers dengan karakteristik nya, bagaimana penerapan media pembelajaran tersebut dan berikan contoh pada satu mata pelajaran
Dalam ppt terdapat salah satu media pembelajaran yaitu fun thinkers dengan karakteristik nya, bagaimana penerapan media pembelajaran tersebut dan berikan contoh pada satu mata pelajaran
Nama : Nafisa Khira
NPM : 2113053172
Izin bertanya, Media pembelajaran seharusnya digunakan dengan perencanaan secara sistematis, jelaskan apa saja yang harus dilakukan saat menggunakan media pembelajaran agar dapat mendukung dalam tercapai tujuan intruksional nya!
NPM : 2113053172
Izin bertanya, Media pembelajaran seharusnya digunakan dengan perencanaan secara sistematis, jelaskan apa saja yang harus dilakukan saat menggunakan media pembelajaran agar dapat mendukung dalam tercapai tujuan intruksional nya!
Nama : Destia Rusmiati
Npm : 2113053068
Izin menjawab pertanyaan dari Nafisa Khira,
Media yang telah dipilih dan digunakan secara efektif dan efisien perlu menempuh langkah-langkah yang secara sistematis agar dapat mendukung tercapai tujuan instruksionalnya adapun tiga langkah pokok yang dapat dilakukan yaitu sebagai berikut :
1. Persiapan sebelum menggunakan media
Yaitu dapat dilakukan dengan 1). membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) sebagaimana bila akan mengajar seperti biasanya. 2). Mempelajari buku petunjuk atau bahan penyerta yang telah disediakan. 3). Menyiapkan dan mengatur peralatan yang mendukung media tersebut.
2. Pelaksanaan/penyajian
Pada saat melakukan proses pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran beberapa hal yang perlu dipertimbangkan yaitu pertama, yakinkan bahwa semua media dan peralatan telah lengkap dan siap untuk digunakan. yang kedua jelaskan tujuan yang akan dicapai. yang ketiga jelaskan apa saja yang harus dilakukan oleh peserta didik selama proses pembelajaran dan hindari kejadian-kejadian yang sekiranya dapat mengganggu perhatian atau konsentrasi dan ketenangan peserta didik.
3. Kegiatan tindak lanjut
Kegiatan ini perlu dilakukan untuk memantapkan pemahaman peserta didik tentang materi intruksional yang telah disampaikan. Kegiatan tindak lanjut yang bisa dilakukan yaitu diskusi, percobaan, observasi,latihan dan tes.
Npm : 2113053068
Izin menjawab pertanyaan dari Nafisa Khira,
Media yang telah dipilih dan digunakan secara efektif dan efisien perlu menempuh langkah-langkah yang secara sistematis agar dapat mendukung tercapai tujuan instruksionalnya adapun tiga langkah pokok yang dapat dilakukan yaitu sebagai berikut :
1. Persiapan sebelum menggunakan media
Yaitu dapat dilakukan dengan 1). membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) sebagaimana bila akan mengajar seperti biasanya. 2). Mempelajari buku petunjuk atau bahan penyerta yang telah disediakan. 3). Menyiapkan dan mengatur peralatan yang mendukung media tersebut.
2. Pelaksanaan/penyajian
Pada saat melakukan proses pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran beberapa hal yang perlu dipertimbangkan yaitu pertama, yakinkan bahwa semua media dan peralatan telah lengkap dan siap untuk digunakan. yang kedua jelaskan tujuan yang akan dicapai. yang ketiga jelaskan apa saja yang harus dilakukan oleh peserta didik selama proses pembelajaran dan hindari kejadian-kejadian yang sekiranya dapat mengganggu perhatian atau konsentrasi dan ketenangan peserta didik.
3. Kegiatan tindak lanjut
Kegiatan ini perlu dilakukan untuk memantapkan pemahaman peserta didik tentang materi intruksional yang telah disampaikan. Kegiatan tindak lanjut yang bisa dilakukan yaitu diskusi, percobaan, observasi,latihan dan tes.
Nadia Ivana Agustin
2113053245
Bagaimana cara memilih media pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan gaya belajar peserta didik?
2113053245
Bagaimana cara memilih media pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan gaya belajar peserta didik?
Nama : Hartati Mukti
Npm : 2113053131
Pembelajaran yang efektif tentunya memerlukan perencanaan yang baik. Begitu juga dengan pemilihan media yang akan digunakan dalam pembelajaran akan membutuhkan perencanaan yang baik pula. Media yang beraneka ragam jenisnya tentunya tidak akan digunakan semuanya secara serentak dalam kegiatan pembelajaran, namun hanya beberapa saja. Untuk itu perlu di lakukan pemilihan media tersebut. Agar pemilihan media pembelajaran tersebut tepat, maka perlu dipertimbangkan faktor/kriteria-kriteria dan langkah-langkah pemilihan media. Kriteria yang perlu dipertimbangkan guru atau tenaga pendidik dalam memilih media pembelajaran yaitu
1) Ketepatan media dengan tujuan pengajaran;
2) Dukungan terhadap isi bahan pelajaran;
3) Kemudahan memperoleh media;
4) Keterampilan guru dalam menggunakannya;
5) Tersedia waktu untuk menggunakannya; dan
6) Sesuai dengan taraf berpikir anak.
Arsyad (2011) mengemukakan kriteria–kriteria dalam pemilihan media pembelajaran sebagai berikut:
- Sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Media pembelajaran yang harus sesuai dengan tujuan pembelajaran. Tujuan ini dapat diperlihatkan dalam bentuk tugas yang harus dikerjakan/diperuntukkan oleh siswa.
- Tepat untuk mendukung isi pelajaran yang sifatnya fakta, konsep, prinsip, atau generalisasi.
- Media pembelajaran harus praktis, luwes, dan bertahan.
- Guru terampil menggunakannya. Sebaiknya media yang dikembangkan harus dapat digunakan bagi fasilitator yaitu guru. Media pembelajaran dibuat dengan penyesuaian kemampuan guru.
- Media pembelajaran dibuat dengan menyesuaikan kelompok sasaran. karena media untuk kelompok besar belum tentu cocok digunakan untuk kelompok kecil.
- Mutu teknis. Kualitas visual dari media harus jelas dan rapi, tidak boleh terganggu oleh elemen lainnya misalnya layout atau latar belakang slide.
Npm : 2113053131
Pembelajaran yang efektif tentunya memerlukan perencanaan yang baik. Begitu juga dengan pemilihan media yang akan digunakan dalam pembelajaran akan membutuhkan perencanaan yang baik pula. Media yang beraneka ragam jenisnya tentunya tidak akan digunakan semuanya secara serentak dalam kegiatan pembelajaran, namun hanya beberapa saja. Untuk itu perlu di lakukan pemilihan media tersebut. Agar pemilihan media pembelajaran tersebut tepat, maka perlu dipertimbangkan faktor/kriteria-kriteria dan langkah-langkah pemilihan media. Kriteria yang perlu dipertimbangkan guru atau tenaga pendidik dalam memilih media pembelajaran yaitu
1) Ketepatan media dengan tujuan pengajaran;
2) Dukungan terhadap isi bahan pelajaran;
3) Kemudahan memperoleh media;
4) Keterampilan guru dalam menggunakannya;
5) Tersedia waktu untuk menggunakannya; dan
6) Sesuai dengan taraf berpikir anak.
Arsyad (2011) mengemukakan kriteria–kriteria dalam pemilihan media pembelajaran sebagai berikut:
- Sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Media pembelajaran yang harus sesuai dengan tujuan pembelajaran. Tujuan ini dapat diperlihatkan dalam bentuk tugas yang harus dikerjakan/diperuntukkan oleh siswa.
- Tepat untuk mendukung isi pelajaran yang sifatnya fakta, konsep, prinsip, atau generalisasi.
- Media pembelajaran harus praktis, luwes, dan bertahan.
- Guru terampil menggunakannya. Sebaiknya media yang dikembangkan harus dapat digunakan bagi fasilitator yaitu guru. Media pembelajaran dibuat dengan penyesuaian kemampuan guru.
- Media pembelajaran dibuat dengan menyesuaikan kelompok sasaran. karena media untuk kelompok besar belum tentu cocok digunakan untuk kelompok kecil.
- Mutu teknis. Kualitas visual dari media harus jelas dan rapi, tidak boleh terganggu oleh elemen lainnya misalnya layout atau latar belakang slide.
Nama : Dwi Susanti
NPM : 2113053062
Didalam ppt sudah dijelaskan mengenai klasifikasi media dalam pembelajaran. Pertanyaan menurut kelompok kalian media pembelajaran apa yang efektif digunakan untuk anak SD kelas rendah?
NPM : 2113053062
Didalam ppt sudah dijelaskan mengenai klasifikasi media dalam pembelajaran. Pertanyaan menurut kelompok kalian media pembelajaran apa yang efektif digunakan untuk anak SD kelas rendah?
NAMA : IIN KURNIAWATI
NPM : 2113053086
Izin menjawab Menurut kelompok kami dari beberapa media pembelajaran yang sudah dijelaskan media pembelajaran yang efektif untuk anak SD kelas rendah yaitu media pembelajaran audio visual. Karena melalui media pembelajaran audio visual ini
1. Bahan pengajaran akan lebih jelas maknanya sehingga dapat lebih dipahami oleh para peserta didik, dan memungkinkan peserta didik akan lebih menguasai tujuan pengajaran lebih baik.
2. Mengajar akan lebih bervariasi, tidak sematamata komunikasi verbal melalui penuturan katakata oleh pendidik. Sehingga peserta didik tidak bosan dan pendidik juga tidak banyak menghabiskan tenaga.
3. Siswa juga lebih banyak melakukan kegiatan belajar, karena tidak hanya mendengarkan uraian pedidik saja, tetapi juga peserta didik melakukan aktifitas mengamati, melakukan, mendemonstrasikan, dan lain-lain.
4. Pengajaran akan lebih menarik perhatian peserta didik sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar yang tinggi dalam diri peserta didik.
NPM : 2113053086
Izin menjawab Menurut kelompok kami dari beberapa media pembelajaran yang sudah dijelaskan media pembelajaran yang efektif untuk anak SD kelas rendah yaitu media pembelajaran audio visual. Karena melalui media pembelajaran audio visual ini
1. Bahan pengajaran akan lebih jelas maknanya sehingga dapat lebih dipahami oleh para peserta didik, dan memungkinkan peserta didik akan lebih menguasai tujuan pengajaran lebih baik.
2. Mengajar akan lebih bervariasi, tidak sematamata komunikasi verbal melalui penuturan katakata oleh pendidik. Sehingga peserta didik tidak bosan dan pendidik juga tidak banyak menghabiskan tenaga.
3. Siswa juga lebih banyak melakukan kegiatan belajar, karena tidak hanya mendengarkan uraian pedidik saja, tetapi juga peserta didik melakukan aktifitas mengamati, melakukan, mendemonstrasikan, dan lain-lain.
4. Pengajaran akan lebih menarik perhatian peserta didik sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar yang tinggi dalam diri peserta didik.
Nama : Karina Cahya Utami
Npm : 2113053217
Izin bertanya, Kendala apa yang sering terjadi saat menentukan suatu media pembelajaran
Npm : 2113053217
Izin bertanya, Kendala apa yang sering terjadi saat menentukan suatu media pembelajaran
Gustira Febri Sazita (2113053081)
Izin bertanya faktor Apa saja yang harus diperhatikan oleh guru dalam memilih atau membuat media pembelajaran yang menarik sehingga tercapai tujuan dari pembelajaran?
In reply to Gustira febri Sazita 2113053081
Re: Forum Diskusi Pertemuan-9
Nama: Galatia Galuh Ivanka
NPM:2113053039
Kelas:4H
Izin menjawab pertanyaan dari Gustira Febri Sazita 2113053081
Beberapa faktor yang harus dipertimbangkan guru dalam memilih dan menggunakan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar diantarannya,yaitu, faktor tujuan, faktor efektifitas, faktor ketersediaan dan faktor kemampuan guru dan siswa. Yaitu:
1. Tujuan pembelajaran, Media hendaknya dipilih yang dapat menunjang pencapaian tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan sebelumnya, mungkin ada sejumlah alternatif yang dianggap cocok untuk tujuan-tujuan itu. Sedapat mungkin pilihlah yang paling cocok. Kecocokan banyak ditentukan oleh kesesuaian karakteristik tujuan yang akan dicapai dengan karakteristik media yang akan digunakan.
2. Keefektifan. Dari beberapa alternatif media yang sudah dipilih, mana yang dianggap paling efektif untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
3. Ketersediaan. Apakah media yang diperlukan itu sudah tersedia? Kalu belum, apakah media itu dapat diperoleh dengan mudah? Untuk tersedianya media ada beberapa alternatif yang dapat diambil yaitu membuat sendiri, membuat bersama-sama dengan peserta didik, meminjam menyewa, membeli dan mungkin bantuan.
4. Kemampuan guru dan siswa dalam menggunakan media pembelajaran. Betapapun tingginya nilai kegunaan media, tidak akan memberi manfaat yang banyak bagi peserta didik maupun pendidik yang tidak mampu menggunakannya.
NPM:2113053039
Kelas:4H
Izin menjawab pertanyaan dari Gustira Febri Sazita 2113053081
Beberapa faktor yang harus dipertimbangkan guru dalam memilih dan menggunakan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar diantarannya,yaitu, faktor tujuan, faktor efektifitas, faktor ketersediaan dan faktor kemampuan guru dan siswa. Yaitu:
1. Tujuan pembelajaran, Media hendaknya dipilih yang dapat menunjang pencapaian tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan sebelumnya, mungkin ada sejumlah alternatif yang dianggap cocok untuk tujuan-tujuan itu. Sedapat mungkin pilihlah yang paling cocok. Kecocokan banyak ditentukan oleh kesesuaian karakteristik tujuan yang akan dicapai dengan karakteristik media yang akan digunakan.
2. Keefektifan. Dari beberapa alternatif media yang sudah dipilih, mana yang dianggap paling efektif untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
3. Ketersediaan. Apakah media yang diperlukan itu sudah tersedia? Kalu belum, apakah media itu dapat diperoleh dengan mudah? Untuk tersedianya media ada beberapa alternatif yang dapat diambil yaitu membuat sendiri, membuat bersama-sama dengan peserta didik, meminjam menyewa, membeli dan mungkin bantuan.
4. Kemampuan guru dan siswa dalam menggunakan media pembelajaran. Betapapun tingginya nilai kegunaan media, tidak akan memberi manfaat yang banyak bagi peserta didik maupun pendidik yang tidak mampu menggunakannya.