Berikut aktivitas belajar dengan pendekatan pemecahan masalah :
1. Define Problem : Setelah dikelompokkan secara heterogen guru membagikan LKS kepada setiap kelompok.
2. Merencanakan Penyelesaian Masalah (solusi yang mungkin) : Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk berdiskusi dengan kelompoknya masing-masing mengenai masalah yang diberikan dalam LKS.
3. Melaksanakan Rencana : Setelah guru berkeliling mengamati jalannya diskusi dan menjadi fasilitator, guru meminta siswa untuk mengerjakan soal yang ada di LKS dan menuliskannya di papan tulis.
4. Verifikasi (peninjauan kembali) dan Evaluasi : Guru memberikan kesempatan kelompok lain untuk menanggapi hasil diskusi kelompok yang maju ke depan. Setelah memberikan kesempatan kelompok lain untuk menanggapi hasil kelompok lain yang maju guru meminta perwakilan kelompok lain untuk mempresentasikan nomor selanjutnya, setelah meminta perwakilan untuk mempresentasikan nomor selanjutnya guru memberikan kesempatan untuk kelompok lain menanggapi hasil diskusi kelompok yang maju.
5. Menyimpulkan : Guru menyimpulkan materi tentang volume kubus dan balok.
1. Define Problem : Setelah dikelompokkan secara heterogen guru membagikan LKS kepada setiap kelompok.
2. Merencanakan Penyelesaian Masalah (solusi yang mungkin) : Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk berdiskusi dengan kelompoknya masing-masing mengenai masalah yang diberikan dalam LKS.
3. Melaksanakan Rencana : Setelah guru berkeliling mengamati jalannya diskusi dan menjadi fasilitator, guru meminta siswa untuk mengerjakan soal yang ada di LKS dan menuliskannya di papan tulis.
4. Verifikasi (peninjauan kembali) dan Evaluasi : Guru memberikan kesempatan kelompok lain untuk menanggapi hasil diskusi kelompok yang maju ke depan. Setelah memberikan kesempatan kelompok lain untuk menanggapi hasil kelompok lain yang maju guru meminta perwakilan kelompok lain untuk mempresentasikan nomor selanjutnya, setelah meminta perwakilan untuk mempresentasikan nomor selanjutnya guru memberikan kesempatan untuk kelompok lain menanggapi hasil diskusi kelompok yang maju.
5. Menyimpulkan : Guru menyimpulkan materi tentang volume kubus dan balok.