Selamat pagi class, silahkan berdiskusi disini ya kelompok 7
assalamualaikum temen-temen
waalaikumsalamm naa
Wa'alaikumussalam oke terimakasih na
Wa'alaikumussalam terimakasih hanaa
Maaf teman teman ada perubahan
ini video yang akan kita analisis
okee hanaa
Mungkin sebelum kita menganalisis vidio pembelajaran menggunakan pendekatan open ended, kita terlebih dahulu membahas mengenai apa itu pendekatan open ended, gimana dari temen temen?
Sebagai balasan Aldelia Destiana Putri 2113021043
Re: Kelompok 7
pendekatan open ended itu pendekatan yang biasanya dimulai dengan memberikan problem kepada siswa dan problem itu memiliki beragam penyelasaian sehinggga bisa membuat siswa lebih paham konsep.
pendekatan open ended ini bertujuan untuk membantu mengembangkan kegiatan kreatif dan pola pikir matematis siswa melalui problem solving yang simultan. (Sri Hastuti Noer, 2017)
nahh setuju nih sama muthi, pendekatan ini bisa mengembangkan pola pikir matematis siswa dari problem yang disediakan oleh guru
Betull banget, setuju . Pembelajaran dengan menggunakan pendekatan openended ini dilakukan agar kemampuan berfikir siswa dapat berkembang secara maksimal dan pada saat yang sama kegiatan-kegiatan kreatif duri setiap siswa terkomunikasi melalui proses belajar mengajar.
kalian ada yang tau langkah-langkah pendekatan open ended ini ga?
• Sajikan permasalahan melalui situasi fisik yang nyata dimana konsep-konsep matematika dapat diamati dan dikaji oleh siswa.
• Soal-soal pembuktian dapat diubah sedemikian rupa sehingga siswa dapat menemukan hubungan dan sifat-sifat dari variabel dalam persoalan ini.
• Sajikan bentuk-bentuk atau bangun-bangun (geometri) sehingga siswa dapat membuat suatu konjektur (dugaan).
• Sajikan urutan bilangan atau tabel sehingga siswa dapat menemukan aturan matematika.
• Berikan beberapa contoh konkrit dalam beberapa kategori sehingga siswa bisa mengelaborasi sifat-sifat dari contoh itu untuk menemukan sifat-sifat yang umum.
• Berikan beberapa latihan serupa sehingga siswa dapat mengeneralisasi dari pekerjaannya.
• Soal-soal pembuktian dapat diubah sedemikian rupa sehingga siswa dapat menemukan hubungan dan sifat-sifat dari variabel dalam persoalan ini.
• Sajikan bentuk-bentuk atau bangun-bangun (geometri) sehingga siswa dapat membuat suatu konjektur (dugaan).
• Sajikan urutan bilangan atau tabel sehingga siswa dapat menemukan aturan matematika.
• Berikan beberapa contoh konkrit dalam beberapa kategori sehingga siswa bisa mengelaborasi sifat-sifat dari contoh itu untuk menemukan sifat-sifat yang umum.
• Berikan beberapa latihan serupa sehingga siswa dapat mengeneralisasi dari pekerjaannya.
kalau dari jurnal yg aku baca, langkah-langkah pendekatan open ended meliputi pemberian masalah, memahami masalah, pemecahan masalah, membandingkan dan mediskusikan, menyimpulkan dan opsinal.
mau tanya gess, kalo menurut kalian apa aja sih kelebihan dan kelemahan pendekatan open ended ini?
ada beberapa kelebihan pada pendekatan ini, diantaranya:
• Siswa memiliki kesempatan untuk berpartisipasi secara lebih aktif serta memungkinkan untuk mengekspresikan idenya
• Siswa memiliki kesempatan lebih banyak menerapkan pengetahuan serta ketrampilan matematika secara komprehensif
• Siswa dari kelompok lemah sekalipun tetap memiliki kesempatan untuk mengekspresikan penyelesaian masalah yang diberikan denga cara mereka sendiri Siswa terdorong untuk membiasakan diri memberikan bukti atas jawaban yang mereka berikan
• Siswa memiliki banyak pengalaman, baik melalui temuan mereka sendiri maupun dari temannya dalam menjawab permasalahan
• Siswa memiliki kesempatan untuk berpartisipasi secara lebih aktif serta memungkinkan untuk mengekspresikan idenya
• Siswa memiliki kesempatan lebih banyak menerapkan pengetahuan serta ketrampilan matematika secara komprehensif
• Siswa dari kelompok lemah sekalipun tetap memiliki kesempatan untuk mengekspresikan penyelesaian masalah yang diberikan denga cara mereka sendiri Siswa terdorong untuk membiasakan diri memberikan bukti atas jawaban yang mereka berikan
• Siswa memiliki banyak pengalaman, baik melalui temuan mereka sendiri maupun dari temannya dalam menjawab permasalahan
Bagaimana dengan kelemahan pada pembelajaran ini ya?