Forum Diskusi Kelompok

Kelompok 7

Kelompok 7

oleh Hafid Alzain 2013021001 -
Jumlah balasan: 18

Selamat pagi class, silahkan berdiskusi disini ya kelompok 7

Sebagai balasan Hafid Alzain 2013021001

Re: Kelompok 7

oleh Hana Sajidah 2113021031 -
assalamualaikum temen-temen
Sebagai balasan Hana Sajidah 2113021031

Re: Kelompok 7

oleh Hana Sajidah 2113021031 -

ini video pembelajaran yang akan kita analisis ya teman-teman


Sebagai balasan Hafid Alzain 2013021001

Re: Kelompok 7

oleh Aldelia Destiana Putri 2113021043 -
Mungkin sebelum kita menganalisis vidio pembelajaran menggunakan pendekatan open ended, kita terlebih dahulu membahas mengenai apa itu pendekatan open ended, gimana dari temen temen?
Sebagai balasan Aldelia Destiana Putri 2113021043

Re: Kelompok 7

oleh REMALIA AYU SEPTINA 2113021023 -
pendekatan open ended itu pendekatan yang biasanya dimulai dengan memberikan problem kepada siswa dan problem itu memiliki beragam penyelasaian sehinggga bisa membuat siswa lebih paham konsep.
Sebagai balasan Aldelia Destiana Putri 2113021043

Re: Kelompok 7

oleh MUTHIAH QONITA 2153021001 -
pendekatan open ended ini bertujuan untuk membantu mengembangkan kegiatan kreatif dan pola pikir matematis siswa melalui problem solving yang simultan. (Sri Hastuti Noer, 2017)
Sebagai balasan MUTHIAH QONITA 2153021001

Re: Kelompok 7

oleh Aldelia Destiana Putri 2113021043 -
Betull banget, setuju . Pembelajaran dengan menggunakan pendekatan openended ini dilakukan agar kemampuan berfikir siswa dapat berkembang secara maksimal dan pada saat yang sama kegiatan-kegiatan kreatif duri setiap siswa terkomunikasi melalui proses belajar mengajar.
Sebagai balasan Hafid Alzain 2013021001

Re: Kelompok 7

oleh MUTHIAH QONITA 2153021001 -
kalian ada yang tau langkah-langkah pendekatan open ended ini ga?
Sebagai balasan MUTHIAH QONITA 2153021001

Re: Kelompok 7

oleh Aldelia Destiana Putri 2113021043 -
• Sajikan permasalahan melalui situasi fisik yang nyata dimana konsep-konsep matematika dapat diamati dan dikaji oleh siswa.
• Soal-soal pembuktian dapat diubah sedemikian rupa sehingga siswa dapat menemukan hubungan dan sifat-sifat dari variabel dalam persoalan ini.
• Sajikan bentuk-bentuk atau bangun-bangun (geometri) sehingga siswa dapat membuat suatu konjektur (dugaan).
• Sajikan urutan bilangan atau tabel sehingga siswa dapat menemukan aturan matematika.
• Berikan beberapa contoh konkrit dalam beberapa kategori sehingga siswa bisa mengelaborasi sifat-sifat dari contoh itu untuk menemukan sifat-sifat yang umum.
• Berikan beberapa latihan serupa sehingga siswa dapat mengeneralisasi dari pekerjaannya.
Sebagai balasan MUTHIAH QONITA 2153021001

Re: Kelompok 7

oleh REMALIA AYU SEPTINA 2113021023 -
kalau dari jurnal yg aku baca, langkah-langkah pendekatan open ended meliputi pemberian masalah, memahami masalah, pemecahan masalah, membandingkan dan mediskusikan, menyimpulkan dan opsinal.
Sebagai balasan Hafid Alzain 2013021001

Re: Kelompok 7

oleh REMALIA AYU SEPTINA 2113021023 -
mau tanya gess, kalo menurut kalian apa aja sih kelebihan dan kelemahan pendekatan open ended ini?
Sebagai balasan REMALIA AYU SEPTINA 2113021023

Re: Kelompok 7

oleh MUTHIAH QONITA 2153021001 -
ada beberapa kelebihan pada pendekatan ini, diantaranya:
• Siswa memiliki kesempatan untuk berpartisipasi secara lebih aktif serta memungkinkan untuk mengekspresikan idenya
• Siswa memiliki kesempatan lebih banyak menerapkan pengetahuan serta ketrampilan matematika secara komprehensif
• Siswa dari kelompok lemah sekalipun tetap memiliki kesempatan untuk mengekspresikan penyelesaian masalah yang diberikan denga cara mereka sendiri Siswa terdorong untuk membiasakan diri memberikan bukti atas jawaban yang mereka berikan
• Siswa memiliki banyak pengalaman, baik melalui temuan mereka sendiri maupun dari temannya dalam menjawab permasalahan