Forum Diskusi Kelompok

Kelompok 9

Kelompok 9

oleh Hafid Alzain 2013021001 -
Jumlah balasan: 16

Selamat pagi class, silahkan berdiskusi disini ya kelompok 9

Sebagai balasan Hafid Alzain 2013021001

Re: Kelompok 9

oleh AISYAH INAYATULLAH ATNAR 2113021071 -
Selamat pagi teman-teman kelompok 9! Hari ini kita akan diskusi mengenai penerapan pendekatan open ended pada video pembelajaran yang telah kita amati sebelumnya yaa. Sebelum menganalisis video, yuk kita ulas lagi mengenai pendekatan open ended. Apa yang kalian ketahui tentang pendekatan ini?
Sebagai balasan AISYAH INAYATULLAH ATNAR 2113021071

Re: Kelompok 9

oleh Lutfiyah Hasna Sulistia_2113021001 -
Selamat pagii Aisyah.

Menurut aku, Pendekatan Open-Ended pada pembelajaran merujuk pada pendekatan yang mengharuskan siswa untuk memberikan jawaban yang tidak hanya satu-satunya benar atau salah, tetapi memerlukan pemikiran dan analisis yang lebih dalam. Pendekatan ini didasarkan pada gagasan bahwa pembelajaran seharusnya tidak hanya tentang penerimaan informasi, tetapi juga tentang pemahaman, refleksi, dan aplikasi pengetahuan dalam situasi yang berbeda-beda. Dalam pendekatan Open-Ended, siswa diharapkan untuk berpikir kritis, kreatif, dan mandiri dalam menyelesaikan masalah, sehingga dapat meningkatkan kemampuan mereka dalam memecahkan masalah dan memahami konsep yang lebih kompleks.
Sebagai balasan Lutfiyah Hasna Sulistia_2113021001

Re: Kelompok 9

oleh AISYAH INAYATULLAH ATNAR 2113021071 -
waah setuju nih sama pendapat lutfiyah. Dari sumber yang aku baca, pendekatan open ended ini memungkinkan siswa untuk mengembangkan pola pikirnya, karena pada pendekatan open ended formulasi masalah yang digunakan adalah masalah terbuka. Nah masalah terbuka ini memiliki multi jawaban atau banyak penyelesaian yang benar. Jadi pada pendekatan open ended siswa tidak hanya dituntut menemukan solusi dari masalah yang diberikan, tetapi juga memberikan argumentasi tentang jawabannya serta menjelaskan bagaimana siswa bisa sampai kepada suatu jawaban.
Sebagai balasan Lutfiyah Hasna Sulistia_2113021001

Re: Kelompok 9

oleh Hawa Prihatiningsih 2113021021 -

Setuju dengan pendapat Lutfiyah 

Dalam jurnal yg ditulis Ayu Naili dan Himmatul Ulya tahun 2021

Model pembelajaran open-ended termasuk model yang menyelesaikan persoalan sehingga siswa dapat berpikir kritis. Dalam model pembelajaran injsiswa dapat mengembangkan pemahaman mengenai konsep matematika dalam kemampuan nya sehingga dapat menyelesaikan permasalah dengan tepat.

Sebagai balasan Hawa Prihatiningsih 2113021021

Re: Kelompok 9

oleh Hawa Prihatiningsih 2113021021 -

Tersedia di http://jurnalUnipasby.ac.id/index.php/buana_matematika

Sebagai balasan Hawa Prihatiningsih 2113021021

Re: Kelompok 9

oleh AISYAH INAYATULLAH ATNAR 2113021071 -
setuju nih waa, berarti pendekatan open ended ini dapat diterapkan dalam pembelajaran matematika yaa agar siswa dapat mengembangkan pemahaman konsep atau model matematika dari suatu permasalahan
Sebagai balasan AISYAH INAYATULLAH ATNAR 2113021071

Re: Kelompok 9

oleh ALDO.ERNANDA21 2113021047 -
pagi aisyahhh,
kalau menurut ku pendekatan open ended ini juga salah satu pendekatan pada proses pembelajaran yang dimulai dengan meberikan suatu masalah
Sebagai balasan ALDO.ERNANDA21 2113021047

Re: Kelompok 9

oleh AISYAH INAYATULLAH ATNAR 2113021071 -
betul nih doo dimulai dengan memberikan suatu masalah yang kemudian akan dipecahkan siswa melalui pengembangan ide-idenya. Nah kalo gitu berarti dalam pembelajaran guru berperan sebagai fasilitator dalam pembelajaran sehingga siswa diharapkan aktif dalam pembelajaran ini yaa
Sebagai balasan Hafid Alzain 2013021001

Re: Kelompok 9

oleh AISYAH INAYATULLAH ATNAR 2113021071 -
Nah udah pada inget lagi yaa mengenai pendekatan open ended. Selanjutnya yuk kita diskusi mengenai video pembelajaran yang udah diamati minggu lalu, apakah video ini sudah menerapkan pendekatan open ended? 
Sebagai balasan AISYAH INAYATULLAH ATNAR 2113021071

Re: Kelompok 9

oleh AISYAH INAYATULLAH ATNAR 2113021071 -
Kalo menurut aku, video ini telah menerapkan pendekatan open ended dalam aktivitas pembelajarannya. Guru dalam video ini membuka pembelajaran dengan memberi salam, kemudian memberi pertanyaan kepada siswa mengenai materi yang akan dibahas. Setelah itu guru memberikan sedikit arahan dan penjelasan mengenai materi tersebut. Kemudian siswa diminta mengerjakan LKS secara berkelompok. Nah pada kegiatan ini, siswa diberikan masalah pada LKS yang harus mereka pecahkan dengan mengembangkan idenya sendiri. Kemudian siswa mempresentasikan hasilnya, nah pada tahap ini mereka tidak hanya mempresentasikan jawaban, namun juga mempresentasikan cara mereka menemukan penyelesaian tersebut. Jadi menurut aku pada video ini pembelajaran telah menerapkan pendekatan open ended.
Sebagai balasan AISYAH INAYATULLAH ATNAR 2113021071

Re: Kelompok 9

oleh Hawa Prihatiningsih 2113021021 -

Dalam mengkonstruksi masalah open-ended terdapat beberapa acuan salah satunya ialah menyajikan permasalahan melalui situasi fisik yang nyata. Pembelajaran tersebut akan merumuskan kubus dan balok.

Dalam video tersebut tidak terlihat situasi fisik yang nyata, guru hanya memberikan LKS. Situasi fisik yang nyata sebaiknya guru menampilkan barang atau kerangka dalam bentuk kubus dan balok sehingga siswa terbantu dalam membuat rumus kubus dan balok.