FORUM DISKUSI

RUANG DISKUSI

RUANG DISKUSI

by Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr. -
Number of replies: 31

Mhs bernomor urut genap mengajukan pertanyaan

Mhs bernomor urut ganjil menjawab salah satu pertanyaan

Pertanyaan yg sudah dijawab, tidak perlu dijawab lagi


In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by Putri Nadia Sari -
Assalamualaikum wr.wb
Nama: putri nadia sari
Npm: 2213022048
No. Urut: 18

Izin bertanya
Apa saja karakteristik yang membedakan Model pembelajaran berbasis masalah dengan model pembelajaran lainnya?

Terimakasih
Wassalamualaikum wr.wb
In reply to Putri Nadia Sari

Re: RUANG DISKUSI

by Wayan Sinta Dewi Saputri -
Izin memperkenalkan diri
Nama: wayan sinta dewi saputri
Npm: 2213022054
Kelas: B
No urut: 03

Izin menjawab pertanyaan dari putri Nadia sari, bahwa Karakteristik pembelajaran menunjukkan bahwa proses pembelajaran pada model Problem Based Learning memiliki tiga untusur esensial yaitu; 1) Adanya permasalahan, 2) Pembelajaran berpusat pada siswa, dan 3) Belajar dalam kelompok kecil berkolaborasi dengan teman lainnya.
Sekian terimakasih.
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by Amar Firdaus -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Amar Firdaus
NPM : 2213022040
No : 12

Izin bertanya
David Johnson dan Johnson mengemukakan 5 langkah strategi PBL, salah satunya adalah mendiagnosis masalah. jelaskan apa jtu mendiagnosis masalah!

Terimakasih
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
In reply to Amar Firdaus

Re: RUANG DISKUSI

by Indah Indah Sukma Melati -
Wa'alaikumsalam warahmatullahi wabarrokatuh

Nama :Indah Sukma Melati
Npm:2213022047
No urut:17

Izin menjawab pertanyaan amar firdaus no urut 12
Mendiagnosis masalah, yaitu menentukan sebab-sebab terjadinya
masalah, serta menganalisis berbagai factor baik factor yang bisa
menghambat maupun factor yang dapat mendukung dalam penyelesaian
masalah. Kegiatan ini bisa dilakukan dalam diskusi kelompok kecil, hingga
akhirnya peserta didik dapat mengurutkan tindakan-tindakan prioritas yang
dapat dilakukan sesuai dengan jenis penghambat yang diperkirakan.
Terimakasih
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by Ariyanti Dwi Wahyuningsih -
assalamualaikum wr wb
Nama : Ariyanti dwi wahyuningsih
Npm:2213022062

izin bertanya
Bagaimana menerapkan pembelajaran berbasis masalah?

wassalamualaikum wr wb
In reply to Ariyanti Dwi Wahyuningsih

Re: RUANG DISKUSI

by silfia herlina -
assalamualaikum wr wb
Nama : silfia herlina
Npm:2213022039

izin menjawab pertanyaan dari
Ariyanti dwi wahyuningsih

Sintak atau langkah-langkah pembelajaran berbasis masalah/PBL adalah; 1) orientasi siswa pada masalah, 2) mengorganisasi siswa untuk belajar, 3) membimbing penyelidikan individual maupun kelompok, 4) mengembangkan dan menyajikan hasil, 5) menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah.
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by Mahmudatul Khoiriyah -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Mahmudatul Khoiriyah
Npm : 2213022042
No. urut : 16
Izin bertanya, Bagaimana teknologi dapat digunakan untuk mendukung implementasi PBL di kelas?

sekian terima kasih
In reply to Mahmudatul Khoiriyah

Re: RUANG DISKUSI

by Rana Zayyan -
assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
nama : Rana Zayyan
npm : 2213022038
no absen : 31

izin menjawab pertanyaan dari Mahmudatul Khoiriyah

Teknologi dapat digunakan untuk mendukung implementasi PBL di kelas dengan platform pembelajaran online, aplikasi kolaborasi, video conference, dan perangkat lunak pembuat presentasi atau desain grafis. Hal ini dapat meningkatkan keterlibatan siswa dan mempermudah kolaborasi dalam proses pembelajaran.
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by Reza Santia -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Izin memperkenalkan diri
Nama : Reza Santia
Npm : 2213022060
No urut : 26

Izin bertanya
Model problem based learning diterapkan untuk pembelajaran apa dalam pembelajaran berbasis masalah?

Sekian terimakasih
In reply to Reza Santia

Re: RUANG DISKUSI

by Amelia Amelia Choirunnisa -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Izin memperkenalkan diri
Nama : Amelia choirunnisa
NPM : 2213022045
No : 9

Izin menjawab pertanyaan Reza Santia,

Problem Based Learning diartikan sebagai Pembelajaran Berbasis Masalah yaitu jenis model pembelajaran yang melibatkan siswa dalam suatu kegiatan (proyek) untuk menghasilkan suatu produk. Keterlibatan siswa dimulai dari kegiatan merencanakan, membuat rancangan, melaksanakan, dan melaporkan hasil kegiatan berupa produk dan laporan pelaksanaanya. Model Pembelajaran ini lebih menekankan pada proses pembelajaran jangka panjang, siswa terlibat secara langsung dengan berbagai isu dan persoalan kehidupan sehari-hari, belajar bagaimana memahami dan menyelesaikan persoalan nyata, bersifat interdisipliner, dan melibatkan siswa sebagai pelaku utama dalam merancang, melaksanakan dan melaporkan hasil kegiatan (student centered). PBL dapat digunakan untuk pembelajaran di tingkat matapelajaran, unit matapelajaran, atau keseluruhan kurikulum.

Sekian, terimakasih.
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by Angel angelina shinta augustin salsabela -
Selamat pagi
Izin memperkenalkan diri
Nama: angelina shinta augustin salsabela
Npm: 22130222055
No. Urut: 28

Izin bertanya
Bagaimana peran guru dalam pembelajaran berbasis masalah?

Terimakasih
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by Rain Rizky Maritza -
Assalamu'alaikum wr.wb
Izin memperkenalkan diri
Nama : Rain Rizky Maritza
No urut : 4 (genap)
NPM   : 2213022063

izin bertanya
Apa bedanya Problem Based Learning dan Problem Solving ? lalu apa kaitannya Problem Based Learning dengan berfikir kritis ?

Terimakasih
Wassalamualaikum Wr,Wb
In reply to Rain Rizky Maritza

Re: RUANG DISKUSI

by Indah Indah Dwi Jayanti -
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatuh , sebelumnya izin memperkenalkan diri

Nama : Indah Dwi Jayanti
Npm : 2213022049
No urut : 11

Izin menjawab pertanyaan dari Rain Rizky Maritza " Apa bedanya problem based learning dan problem solving "

Persamaan :
a. sama-sama pembelajaran berbasis masalah
b. peran guru sebagai fasilitator
c. durasi dengan pembelajaran mudah

Perbedaan :
a. problem based learning adalah permasalahan autentik
b. problem solving yaitu , langkah siswa : mengidentifikasi masalah , menguji teori , mengambil keputusan , masalah tidak nyata, hanya dengan diskusi

Kaitan PBL dengan berfikir kritis adalah strategi PBL ini merupakan strategi yang berpusat pada peserta didik membangun keterampilan berfikir kritis dan penalaran . sehingga peserta didik mulai mengembangkan keterampilan seperti teknik penelitian , menganalisis data , dan bekerja kelompok.

Sekian terimakasih wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatuh
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by Ikha Aryanti -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Izin memperkenalkan diri
Nama : Ikha Aryanti
Npm : 2213022050
No urut : 6

Izin bertanya Apabila seorang guru mau menerapkan pembelajaran berbasis masalah Langkah pertama yang harus dilakukan adalah?


Sekian terimakasih
In reply to Ikha Aryanti

Re: RUANG DISKUSI

by MALIKA MALIKA GHIFARINA -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

nama: Malika Ghifarina
NPM: 2213022041
NO: 13

izin menjawab Ikha aryanti
Langkah pertama yang harus dilakukan oleh seorang guru yang ingin menerapkan pembelajaran berbasis masalah adalah menentukan topik atau masalah yang akan dijadikan fokus pembelajaran. Pemilihan topik atau masalah ini sebaiknya didasarkan pada kebutuhan dan minat siswa, serta dapat diintegrasikan dengan kurikulum yang telah ditetapkan.

Setelah topik atau masalah telah ditentukan, guru perlu merumuskan pertanyaan atau masalah yang spesifik dan dapat memicu siswa untuk melakukan investigasi dan pemecahan masalah. Pertanyaan atau masalah ini harus menantang dan relevan dengan kehidupan siswa sehingga mereka merasa termotivasi untuk belajar.

Selanjutnya, guru perlu merencanakan kegiatan pembelajaran yang mendukung pembelajaran berbasis masalah, seperti menentukan sumber daya yang dibutuhkan, menentukan cara evaluasi hasil belajar siswa, dan menentukan strategi pembimbingan yang akan digunakan selama proses pembelajaran.

Dengan langkah-langkah tersebut, seorang guru dapat memulai implementasi pembelajaran berbasis masalah dan memberikan pengalaman belajar yang lebih menarik dan bermakna bagi siswa.

terimakasi
wasslamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by Saniya Saniya Putri Ayu Febiolantika -
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
Izin memperkenalkan diri
Nama : Saniya Putri Ayu F
Npm : 2213022056
No. Urut : 22

Izin bertanya, Apabila seorang guru mau menerapkan pembelajaran berbasis masalah, langkah pertama yang harus dilakukan adalah?

Sekian terimakasih,
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
In reply to Saniya Saniya Putri Ayu Febiolantika

Re: RUANG DISKUSI

by Kharinta Oxana Ferodova -
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
Izin memperkenalkan diri
Nama : Kharinta Oxana Ferodova
Npm : 2213022058
No. Urut : 21

Izin menjawab pertanyaan dari saniya
Sintak atau langkah-langkah pembelajaran berbasis masalah/PBL adalah; 1) orientasi siswa pada masalah, 2) mengorganisasi siswa untuk belajar, 3) membimbing penyelidikan individual maupun kelompok, 4) mengembangkan dan menyajikan hasil, 5) menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah.

Sekian terimakasih,
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by niken novia wenty -
Assalamualaikum wr.wb

Izin memperkenalkan diri
Nama: Niken Novia Wenty
Npm: 2213022059
No urut: 20

Izin bertanya

Apa masalah yang terjadi dalam strategi pembelajaran berbasis masalah?
In reply to niken novia wenty

Re: RUANG DISKUSI

by Lintang Nimas k -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh

Nama: Lintang Nimas k
NPM: 2213022057
No: 19

Izin menjawab pertanyaan dari
Nama: Niken Novia Wenty
Npm: 2213022059
No urut: 20

Apa masalah yang terjadi dalam strategi pembelajaran berbasis masalah?

Hakikat masalah dalam Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (SPBM) adalah gap atau kesenjangan antara situasi nyata dan kondisi yang diharapkan, atau antara kenyataaan dan yang terjadi dengan apa yang diharapkan. Kesenjangan tersebut bisa dirasakan dari adanya keresahan, keluhan, kerisauan, atau kecemasan.

Terimakasih
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by Dini Rismawati -
Assalamualaikum wr.wb
Nama: Dini Rismawati
Npm: 2213022043
No. Urut: 24

Izin bertanya
Sebutkan apa saja tujuan pembelajaran berbasis masalah?

Terimakasih
Wassalamualaikum wr.wb
In reply to Dini Rismawati

Re: RUANG DISKUSI

by Ratna Arianty Sutrisno -
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Nama : Ratna Arianty Sutrisno
NPM : 2213022034
No urut : 29

Izin menjawab

Tujuan pembelajaran berdasarkan masalah ada tiga, yaitu membantu siswa mengembangkan keterampilan-keterampilan penyelidikan dan pemecahan masalah, memberi kesempatan kepada siswa mempelajari pengalaman-pengalaman dan peranperan orang dewasa, dan memungkinkan siswa meningkatkan
sendiri kemampuan berpikir mereka dan menjadi siswa mandiri.

Terimakasih
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by SALSABILA PUTRI AZAHRA KESUMA 2213022044 -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh
Izin memperkenalkan diri
Nama : Salsabila Putri Azahra Kesuma
Npm : 2213022044
No.urut : 2

Izin bertanya
Apa muatan dalam problem based learning yang menunjang kemampuan berfikir kritis?
Terimakasih
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatuh
In reply to SALSABILA PUTRI AZAHRA KESUMA 2213022044

Re: RUANG DISKUSI

by Firda Amaliya -
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Nama: Firda Amaliya
NPM : 2213022061
NO URUT: 5
Izin menjawab pertanyaan dari Salsabilla Putri Azahra Kesuma Apa muatan dalam problem based learning yang menunjang kemampuan berfikir kritis?
Jawab:
kemampuan berpikir kritis dapat berkembang, karena pada kemampuan berpikir kritis yang diamati dalam penelitian ini berupa kemampuan mengidentifikasi, menganalisis, memecahkan masalah, berpikir logis dan membuat keputusan dengan tepat serta dapat menarik kesimpulan.
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by Meilani Wulandari -
Assalamualaikum wr.wb
izin memeperkenalkan diri
Nama : Meilani Wulandari
Npm : 2213022035
No urut : 30

izin bertanya
Jelaskan mengenai definisi Problem Based Learning menurut Menurut Arends.

terimakasih
wassalamualaikum wr.wb
In reply to Meilani Wulandari

Re: RUANG DISKUSI

by Rizka Agustin -
Assalamualikum wr wb
Izin memperkenalkan diri
Nama : Rizka Agustin
Npm. : 2213022037
No.urut : 25

Izin menjawab pertanyaan dari meilani wulandari

Menurut Arends, Problem Based Learning (PBL) merupakan suatu pendekatan pembelajaran di mana siswa dihadapkan pada masalah autentik (nyata) sehingga diharapkan mereka dapat menyusun pengetahuannya sendiri, menumbuh kembangkan keterampilan tingkat tinggi dan inkuiri, memandirikan siswa, dan meningkatkan kepercayaan dirinya. Model pembelajaran terdiri dari model pembelajaran langsung (direct instruction), model pembelajaran kooperatif (cooperative learning), model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning), model pembelajaran diskusi (discussion), model pembelajaran strategi (learning strategy).

sekian,terimakasih.
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by ASMARADANA ASMARADANA RIZKI AZIZ PRIABODO -
Assalamu'alaikum wr. wb
Nama: Asmaradana Rizki Aziz Priabodo
Npm: 2213022066
No. Urut: 08

Izin bertanya
Sebutkan beberapa alasan yg konkrit mengapa pembelajaran berbasis masalah masih diterapkan dalam proses pembelajaran sekarang ini!

Sekian,
Wassalamu'alaikum wr. wb
In reply to ASMARADANA ASMARADANA RIZKI AZIZ PRIABODO

Re: RUANG DISKUSI

by Leony Leony Laili Nafisah Sholekhah -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarrokatuh
Izin memperkenalkan diri
Nama: Leony Laili Nafisah Sholekhah
NPM:2213022065
No urut: 27

Izin menjawab pertanyaan dari Asmaradana
Penerapan model pembelajaran yang sesuai yaitu Problem Based Learning (PBL) karena dengan model pembelajaran ini akan lebih mampu memancing rasa ingin tahu, keaktifan dan perhatian peserta didik dalam mengikuti pembelajaran karena peserta didik lebih dominan keaktifannya selama proses pembelajaran ketimbang guru.
Sekian terimakasih
Waalaikumsalam warahmatullahi wabarrokatuh
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by Firda Amalia Hanifah -
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Nama : Firda Amalia Hanifah
Npm ; 2213022053
No.urut : 14

Izin bertanya
Apakah Penerapan pada strategi pembelajaran berbasis masalah dapat dilakukan melalui kegiatan kelompok?
Berikan alasanmu

Sekian terimakasih
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
In reply to Firda Amalia Hanifah

Re: RUANG DISKUSI

by Andia Nur Afifah -
Wa'alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh

Nama: Andia Nur Afifah
NPM: 2213022036
Nomor Urut: 1

Izin menjawab,
Menurut saya, sudah sangat jelas bahwa strategi pembelajaran berbasis masalah dapat dilakukan melalui kegiatan kelompok, dikarenakan dengan belajar secara berkelompok maka siswa akan lebih mudah untuk mencari solusi dari permasalahan yang ada
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by Fadila Aulia Ibnu -
Assalamualaikum wr.wb
Nama: Fadila Aulia Ibnu
Npm:2213022052
No urut: 7
Izin menjawab pertanyaan dari Angelina Sinta
Peran guru dalam pembelajaran berbasis masalah adalah menyodorkan masalah – masalah, mengajukan pertanyaan – pertanyaan, dan memfasilitasi penyelidikan dan dialog. Guru juga berperan untuk menciptakan lingkungan kelas yang di dalamnya terjadi suatu pertukaran dan berbagi ide secara terbuka, tulus, dan jujur
Sekian terimakasih
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by Alfina Ramadani -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Izin memperkenalkan diri
Nama : Alfina Ramadani
NPM : 2213022051
No : 23

Izin menjawab pertanyaan Ikha Aryanti,

Berikut ini langkah-langkah untuk menerapkan problem based learning.
1. Orientasi Siswa pada Masalah
2. Mengorganisasi Siswa untuk Belajar.
3. Membimbing Penyelidikan Individual dan Kelompok.
Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya.
Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah.

Sekian, terimakasih