Selamat pagi rekan-rekan mahasiswa yang berbahagia. Setelah mengamati video pembelajaran yang kalian amati pertemuan sebelumnya, silahkan kaliam berdiskusi di kelompok masing-masing membahas hasil analisis video yang kalian amati. Selamat berdiskusi
Re: Kelompok 9
Pagii, okee terima kasih aisyah
Re: Kelompok 9
Re: Kelompok 9
Dengan pendekatan saintifik mendorong Siswa untuk menemukan sendiri pengetahuan terhadap materi yang disaji, yang artinya siswa tidak menerima secara langsung materi pembelajaran dari guru. Nah berarti pendekatan saintifik ini informasi atau pembelajaran bisa berasal dari mana saja, asal telah melalui proses proses saintifik.dan pendekatan ini juga tidak bergantung pada informasi serah dari guru (berarti siswa diharapkan dapat bereksplorasi)
Re: Kelompok 9
Menurut teman" pendekatan ini lebih baik diterapkan dengan cara berkelompok atau individu?
Terkadang tuh kalau yang saintifik ini enaknya individu, menurut teman-teman gimana?
kalau diterapkan secara individu nantinya apabila terjadi kesalahan atau miskonsepsi ya siswa tersebut beranggapan pendapatnya benar saja.
Re: Kelompok 9
Re: Kelompok 9
Re: Kelompok 9
Saya setuju dengan Aisyah, langkah-langkah pendekatan saintifik, terdapat beberapa langkah yaitu:
1. Observing ( mengamati): mengamati dengan Indra, seperti siswa mendengarkan dan mengamati penjelasan guru.
2. Questioning (menanya): siswa bertanya mengenai informasi atau materi yang kurang dipahami.
3. Experimenting (mengumpulkan informasi): siswa menganalisis data, seperti mendiskusikan materi yang telah diberikan.
4. Assosiating (menalar/ mengasosiasi): mengolah informasi yang telah dikumpulkan.
5. Comunicating (mengkomunikasikan): mempresentasikan laporan.
Izin bertanya yaa teman-teman, saya masih sedikit bingung penerapan langkah pendekatan saintifik pada pembelajaran pada bagian mengumpulkan informasi dan menalar. Bagaimana contoh nyata pada pembelajaran dengan berkelompok pada kedua pendekatan tersebut?
Terimakasih.
nah mungkin itu contoh nyata nya
Okee aku udah paham, terima teman teman
Dan untuk yang bernalar, setelah kita berdiskusi pasti ada suatu informasi baru yang kita dapet, nah dari yang kita dh punya informasi yang udah tau ditambah informasi yang baru didapat nanti dinalar (dicari, dihubungkan, terus dari menghubungkan tadi diharapkan siswa peserta didik nanti nyimpulin apa yang dia dapet dari informasi tadi)
Re: Kelompok 9
Re: Kelompok 9
Itu pendapat aku
Re: Kelompok 9
Analisis video tersebut pada langkah-langkah pembelajaran:
1. Observasi atau Mengamati
dalam video guru
menjelaskan terlebih dahulu mengenai materi yaitu volume kubus dan balok dan memberi contoh yaitu akuarium. Tetapi agar siswa dapat mengamati atau melakukan observasi, sebaiknya diberikan benda konkret sehingga siswa dapat mengamati sendiri mengenai volume kubus dan balok.
2. Menanya
Pada tahap ini tidak terlihat ada siswa yang bertanya pada guru, namun siswa melakukan diskusi dengan kelompoknya.
3. Mengumpulkan informasi
Siswa mengumpulkan informasi dari pengamatan dan diskusi yang telah dilakukan.
4. Menalar
Guru memberikan lks pada siswa, sehingga pada tahap ini siswa menalar informasi yang diterima untuk mengerjakan atau menjawab pertanyaan pada LKS
5. Mempresentasikan
Pada tahap ini siswa telah mempresentasikan hasil kerja kelompoknya.
Setuju dengan Aisyah, video pembelajaran tersebut telah menerapkan pendekatan saintifik
Izin menambahkan sedikit, pada langkah menanya, siswa bertanya saat guru berkeliling memeriksa setiap kelompok diskusi, nah disitu terjadi proses tanya jawab antara guru dan siswa.