Forum diskusi kelompok

Kelompok 9

Kelompok 9

by Hafid Alzain 2013021001 -
Number of replies: 30

Selamat pagi rekan-rekan mahasiswa yang berbahagia. Setelah mengamati video pembelajaran yang kalian amati pertemuan sebelumnya, silahkan kaliam berdiskusi di kelompok masing-masing membahas hasil analisis video yang kalian amati. Selamat berdiskusi

In reply to Hafid Alzain 2013021001

Re: Kelompok 9

by AISYAH INAYATULLAH ATNAR 2113021071 -
Halo selamat pagi teman-teman kelompok 9! Hari ini kita bakal diskusi mengenai pendekatan scientific dari video pembelajaran yang udah kita cari minggu lalu nih. Bisa ditonton ulang disini yaa 
In reply to AISYAH INAYATULLAH ATNAR 2113021071

Re: Kelompok 9

by AISYAH INAYATULLAH ATNAR 2113021071 -
Sebelum bahas penerapannya pada video tersebut, aku mau ngasih pendapat dulu mengenai pendekatan scientific. Pendekatan scientific atau saintifik ini merupakan model pembelajaran yang diterapkan pada kurikulum 2013. Menurut kemendikbud, Pendekatan saintifik adalah model pembelajaran yang dimulai dari pengumpulan data melalui pengamatan, melakukan eksperimen, menanyakan, mengolah informasi atau data, hingga mengomunikasikannya dalam proses penerapan prinsip-prinsip keilmuan. Dalam model ini, dirancang agar peserta didik diberikan ruang untuk bereksplorasi terhadap materi pembelajaran. Mereka pun secara aktif dapat membangun konsep, prinsip serta hukum dengan melalui kegiatan 5M, yaitu mengamati, menanya, mengajukan (hipotesis), menghimpun data dengan beberapa cara dan teknik, menganalisa, serta membuat kesimpulan dan mengomunikasikan konsep atau prinsip yang telah ditemukan. Nah dari kalian apakah ada pendapat lain mengenai pendekatan saintifik?
In reply to AISYAH INAYATULLAH ATNAR 2113021071

Re: Kelompok 9

by Lutfiyah Hasna Sulistia_2113021001 -
Iyaa aku setuju dengan Ais, aku izin menambahkan
Dengan pendekatan saintifik mendorong Siswa untuk menemukan sendiri pengetahuan terhadap materi yang disaji, yang artinya siswa tidak menerima secara langsung materi pembelajaran dari guru. Nah berarti pendekatan saintifik ini informasi atau pembelajaran bisa berasal dari mana saja, asal telah melalui proses proses saintifik.dan pendekatan ini juga tidak bergantung pada informasi serah dari guru (berarti siswa diharapkan dapat bereksplorasi)
In reply to Lutfiyah Hasna Sulistia_2113021001

Re: Kelompok 9

by Lutfiyah Hasna Sulistia_2113021001 -
Oh iyaa aku mau nanya deh, sekalian kita diskusi yaa.
Menurut teman" pendekatan ini lebih baik diterapkan dengan cara berkelompok atau individu?
Terkadang tuh kalau yang saintifik ini enaknya individu, menurut teman-teman gimana?
In reply to Lutfiyah Hasna Sulistia_2113021001

Re: Kelompok 9

by ALDO.ERNANDA21 2113021047 -
okee lut, menurut ku ya pendekatan saintifik ini lebih disarankan dengan cara berkelompok sih lut. mengapa? karena apabila kita berkelompok dan diantara kita terdapat kesalahan dalam memahami suatu hal, teman yang lainnya akan membantu mengingatkan dan menjelaskan mana yang menjadi kesalahan. dan juga kan sifat pendekatan saintifik ini kan siswa dapat mengeksplor pengetahuannya ya, nah jadi bisa dapat ilmu dari mana saja.
kalau diterapkan secara individu nantinya apabila terjadi kesalahan atau miskonsepsi ya siswa tersebut beranggapan pendapatnya benar saja.
In reply to Lutfiyah Hasna Sulistia_2113021001

Re: Kelompok 9

by AISYAH INAYATULLAH ATNAR 2113021071 -
Kalo menurut aku lebih baik secara berkelompok, karena siswa dapat mendiskusikan materi bersama sama dengan kelompoknya, jadi mereka bisa saling bertanya pada satu sama lain
In reply to Lutfiyah Hasna Sulistia_2113021001

Re: Kelompok 9

by AISYAH INAYATULLAH ATNAR 2113021071 -
setuju dengan lutfiyah, artinya dalam pendekatan ini guru berperan sebagai manager, pemberi umpan balik, pemberi penguatan, pemberi penjelasan/informasi lebih luas dan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menunjukkan atau menyajikan hasil diskusinya.
In reply to AISYAH INAYATULLAH ATNAR 2113021071

Re: Kelompok 9

by Hawa Prihatiningsih 2113021021 -

Saya setuju dengan Aisyah, langkah-langkah pendekatan saintifik, terdapat beberapa langkah yaitu:

1. Observing ( mengamati): mengamati dengan Indra, seperti siswa mendengarkan dan mengamati penjelasan guru.

2. Questioning (menanya): siswa bertanya mengenai informasi atau materi yang kurang dipahami.

3. Experimenting (mengumpulkan informasi): siswa menganalisis data, seperti mendiskusikan materi yang telah diberikan.

4. Assosiating (menalar/ mengasosiasi): mengolah informasi yang telah dikumpulkan.

5. Comunicating (mengkomunikasikan): mempresentasikan laporan. 

In reply to Hawa Prihatiningsih 2113021021

Re: Kelompok 9

by ALDO.ERNANDA21 2113021047 -
aku juga mau tanya yaa sekalian diskusi, kalo menurut kalian apakah langkah-langkah pendekatan saintifik ini harus sesuai urutan kah? dan apabila dalam suatu pembelajaran ada satu langkah yang tidak terlaksana, misalnya tahap kedua questioning, dimana siswa tidak ada yang bertanya mengenai materi yang sedang di pelajari, apakah dapat dikatakan bahwa pendekatan saintifiknya berhasil?
In reply to ALDO.ERNANDA21 2113021047

Re: Kelompok 9

by AISYAH INAYATULLAH ATNAR 2113021071 -
kalo menurut aku iya do langkah-langkahnya harus terlaksana, karena dalam tujuan pembelajaran model ini dirancang agar siswa dapat aktif mengeksplorasi pengetahuan dengan komunikasi. Jadi jika salah satu langkahnya tidak terlaksana maka tujuannya juga belum tercapai
In reply to AISYAH INAYATULLAH ATNAR 2113021071

Re: Kelompok 9

by Hawa Prihatiningsih 2113021021 -

Izin bertanya yaa teman-teman, saya masih sedikit bingung penerapan langkah pendekatan saintifik pada pembelajaran pada bagian mengumpulkan informasi dan menalar. Bagaimana contoh nyata pada pembelajaran dengan berkelompok pada kedua pendekatan tersebut?

Terimakasih.

In reply to Hawa Prihatiningsih 2113021021

Re: Kelompok 9

by ALDO.ERNANDA21 2113021047 -
izin berpendapat ya hawa, contoh nyata dalam pembelajaran dengan pendekatan tersebut mengenai mengumpulkan informasi dan menalar itu berada pada video yang kita amati, yakni pada soal no 2. dimana siswa elah mengetahui atau mencari informasi mengenai volume suatu ruang, nah setelah mereka mengetahui volume suatu ruang mereka dihadapi dengan soal no 2, yang mana jika dilihat gambar tersebut ialah bangun balok dengan ukuran berbeda yang ditumpuk, nah karena mereka telah mengetahui konsep dari suatu volume daan bangun ruang, maka mereka berhasil dalam menyelesaikan permasalahan tersebut.
nah mungkin itu contoh nyata nya
In reply to Hawa Prihatiningsih 2113021021

Re: Kelompok 9

by Rahma Diana Lutfi -
menuru aku , untuk penerapan pada bagian mengumpukan informasi itu dilakukan pada saat berdiskusi, dimana siswa bisa saling bertukar informasi dengan siswa yang lain juga bisa melakukan tanya jawab dengan guru. kalau untuk proses menalar, itu ketika siswa dapat menyimpulkan sesuatu dari suatu info yang didapat. contohnya siswa dapat menyimpulkan bahwa bangun datar terdiri atas beberapa jenis dan tidak sama dengan bangun ruang meskipun sama sama memiliki sisi.
In reply to Hawa Prihatiningsih 2113021021

Re: Kelompok 9

by AISYAH INAYATULLAH ATNAR 2113021071 -
Izin menjawab, menurut aku pada langkah tersebut siswa perlu mengasosiasi atau menalar informasi yang telah dikumpulkan, jadi pada penerapannya informasi dikumpulkan melalui observasi atau eksperimen. Misalnya pada pembelajaran mengenai skala, pada tahap mengumpulkan informasi, guru meminta siswa untuk mengamati ukuran meja pada foto dan ukuran meja yang sebenarnya. Nah disinilah siswa mengumpulkan informasi. Kemudian pada tahap menalar, dari informasi yang telah dikumpulkan tadi, siswa membandingkan ukuran tersebut kemudian dapat menyimpulkan apa itu skala dan perbandingannya
In reply to Hawa Prihatiningsih 2113021021

Re: Kelompok 9

by Lutfiyah Hasna Sulistia_2113021001 -
Kalau kata aku yaa, kalau mengumpulkan informasi itu kayak misalnya dia berdiskusi tuh, kan kalau berdiskusi tuh banyak pendapat ya dari temen" kelompok nya, nah nanti kan guru kan bisa jugaa ngasih informasi pas kita lagi diskusi (pas dateng-dateng ke kelompok).

Dan untuk yang bernalar, setelah kita berdiskusi pasti ada suatu informasi baru yang kita dapet, nah dari yang kita dh punya informasi yang udah tau ditambah informasi yang baru didapat nanti dinalar (dicari, dihubungkan, terus dari menghubungkan tadi diharapkan siswa peserta didik nanti nyimpulin apa yang dia dapet dari informasi tadi)
In reply to AISYAH INAYATULLAH ATNAR 2113021071

Re: Kelompok 9

by AISYAH INAYATULLAH ATNAR 2113021071 -
Nah setelah diskusi mengenai pendekatan saintifik tadi, jadi gimana nihh menurut kalian apakah video pembelajaran tersebut sudah menerapkan pendekatan saintifik?
In reply to AISYAH INAYATULLAH ATNAR 2113021071

Re: Kelompok 9

by ALDO.ERNANDA21 2113021047 -
menurut ku video tersebut sudah menerapkan pendekatan saintifik. dimana dalam video tersebut guru berusaha agar peserta didik nya mengekspor pemahaman terlebih dahulu terhadap suatu materi sebelum pembelajaran di sekolah dilakukan. dan berdasarkan video tersebut ketika siswa dihadapkan dengan suatu permasalahan (soal-soal) siswa tersebut berhasil menyelesaikannya.
In reply to AISYAH INAYATULLAH ATNAR 2113021071

Re: Kelompok 9

by Lutfiyah Hasna Sulistia_2113021001 -
Menurut aku video itu sudah menerapkan pembelajaran saintifik, diawal siswa nya dikasih LKPD (disini diharapkan siswa nya membaca, mengamati (observing)), selanjutnya pastinya didalam kelompok itu pasti saling bertanya, bertukar pendapat, yang sudah paham akan bangun temen" nya yng belum paham (questioning), selanjutnya dari pertanyaan" itu mereka berdiskusi saling bertukar pendapat, memberi informasi dan membenarkan atau pun menyanggah pendapat yang kurang sesuai (experimenting), selanjutnya setelah mengumpulkan informasi mareka bakal menemukan hubungan antar informasi tadi (misal hubungan sisa dengan bidang pada balok, dll) (associating). dan selanjutnya mereka menarik kesimpulan menyanjikan hasil diskusi kelompok di depan teman-temannya (communicating)

Itu pendapat aku
In reply to AISYAH INAYATULLAH ATNAR 2113021071

Re: Kelompok 9

by AISYAH INAYATULLAH ATNAR 2113021071 -
Setuju nih sama pendapat teman-teman, izin nambahin juga, kalo menurut aku pada video tersebut telah menerapkan pendekatan saintifik, namun pada tahap observasi masih kurang maksimal karena sebaiknya ada benda konkret untuk melakukan observasi. Tetapi secara keseluruhan tujuan pembelajaran menurut pendekatan saintifik ini sudah tercapai, yaitu siswa mengeksplorasi pengetahuannya dan mengkomunikasikannya.

Analisis video tersebut pada langkah-langkah pembelajaran:

1. Observasi atau Mengamati
dalam video guru
menjelaskan terlebih dahulu mengenai materi yaitu volume kubus dan balok dan memberi contoh yaitu akuarium. Tetapi agar siswa dapat mengamati atau melakukan observasi, sebaiknya diberikan benda konkret sehingga siswa dapat mengamati sendiri mengenai volume kubus dan balok.

2. Menanya
Pada tahap ini tidak terlihat ada siswa yang bertanya pada guru, namun siswa melakukan diskusi dengan kelompoknya.

3. Mengumpulkan informasi
Siswa mengumpulkan informasi dari pengamatan dan diskusi yang telah dilakukan.

4. Menalar
Guru memberikan lks pada siswa, sehingga pada tahap ini siswa menalar informasi yang diterima untuk mengerjakan atau menjawab pertanyaan pada LKS

5. Mempresentasikan
Pada tahap ini siswa telah mempresentasikan hasil kerja kelompoknya.
In reply to AISYAH INAYATULLAH ATNAR 2113021071

Re: Kelompok 9

by Hawa Prihatiningsih 2113021021 -

Setuju dengan Aisyah, video pembelajaran tersebut telah menerapkan pendekatan saintifik

Izin menambahkan sedikit, pada langkah menanya, siswa bertanya saat guru berkeliling memeriksa setiap kelompok diskusi, nah disitu terjadi proses tanya jawab antara guru dan siswa.

In reply to Hafid Alzain 2013021001

Re: Kelompok 9

by AISYAH INAYATULLAH ATNAR 2113021071 -
Oke terimakasih teman-teman kelompok 9 telah berdiskusi hari ini, karena jam mata kuliahnya sudah habis, selanjutnya kita diskusikan melalui grup WA ya mengenai penyusunan laporan hasil analisisnya. Semangat!