Selamat pagi rekan-rekan mahasiswa yang berbahagia. Setelah mengamati video pembelajaran yang kalian amati di pertemuan sebelumnya, silahkan kalian berdiskusi di kelompok masing-masing membahas hasil analisis video yang kalian amati. Selamat berdiskusi
waalaikumsalam, oke makasi na
Wa'alaikumussalam oke hana, ini berdasarkan pendekatan scientific ya, sebelumnya pendekatan scientific dalam pembelajaran ini yang bagaimana ya teman teman?
yang pernah aku baca di jurnal Dr. I Wayan Suja M.Si (2019) dan Imam Ghozali (2017) mereka sama sama bilang kalo pembelajaran scientific ini adalah pembelajaran yang mengedepankan perkembangan ilmiah. jadi siswa dibiarkan belajar sesuai dengan indra pikir mereka sehingga dapatin ilmunya itu didapat secara kangsung oleh mereka
Menurut Fadhilaturrahmi, 2017 pembelajaran scientific ini adalah pendekatan yang menempatkan peserta didik sebagai subjek belajar (student centered) yang memberikan pengalaman belajar lewat serangkaian aktivitas dengan langkah- langkah kerja ilmiah untuk semua mata pelajaran.
Kalau dari jurnal yang aku baca, menurut Ranti (2019) berpendapat bahwa Pendekatan saintifik mengembangkan proses pembelajaran supaya siswa dapat mengembangkan pengetahuan, kemampuan berpikir dan keterampilan psikomotor melalui interaksi langsung dengan sumber belajar yang dirancang.
Sebagai balasan Aldelia Destiana Putri 2113021043
Re: Kelompok 7
Oalah bener si, tadi aku juga baca disalah satu jurnal yaitu Novia Diah Ekawati dan Wagino (2016) mengatakan bahwa,Pendekatan saintifik menekankan pada pembelajaran secara langsung, karena siswa tidak hanya mendapatkan informasi dari pengetahuan yang diberikan oleh guru saja atau ceramah, melainkan siswa juga mencari tahu baik melalui observasi, eksperimen dan lain sebagainya. Secara konseptual, pendekatan saintifik dianggap lebih unggul daripada konsep eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi (EEK) karena pendekatan saintifik mendorong siswa untuk aktif mengamati, menanya, mencari data melalui eksperimen, menyimpulkan menggunakan penalaran, dan mengkomunikasikan hasil temuannya.
sangat setuju. jika dikaitkan dalam video pembelajaran diatas, menurut saya guru sudah melakukan pendekatan scientific. karena proses pembelajaran yang dilakukan siswa secara langsung menemukan konsep materi, buka guru yang menjadi pusat informasi seperti pada pembelajaran konvensional.
menurut Shafa (2014) pendekatan scientific dalam pembelajaran itu meliputi mengamati (observing), menanya (questioning), menalar (associating), mencoba (eksperimenting), membentuk jejaring (networking)
Waalaikumussalam, okee hanaa
oiya, teman teman ada yang udah tau blm step-step untuk menerapkan pendekatan scientific ini?
Aku tau, menurut Dr. I Wayan Suja, M.Si.(2019) Kegiatan peserta didik diarahkan untuk mengonstruksi konsep, pengetahuan, pemahaman, serta keterampilan dengan bantuan tenaga pendidik melalui langkah langkah pembelajaran scientific yaitu kegiatan mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan mengkomunikasikan.
oh iya, aku dpt juga nih jurnal penelitian pendekatan scientific oleh guru antara lain: (1) mengondisikan peserta didik untuk siap belajar, suasananya yaitu
membuka pelajaran dengan salam dan melakukan presensi untuk menanyakan kabar (2) mendiskusikan kompetensi yang sudah
dan akan dipelajari, (3) menyampaikan garis besar materi dan manfaatnya dalam kehidupan sehari- hari, (4) menginformasikan
teknik penilaian yang akan digunakan, meskipun dalam kegiatan ini jarang disampaikan oleh guru
membuka pelajaran dengan salam dan melakukan presensi untuk menanyakan kabar (2) mendiskusikan kompetensi yang sudah
dan akan dipelajari, (3) menyampaikan garis besar materi dan manfaatnya dalam kehidupan sehari- hari, (4) menginformasikan
teknik penilaian yang akan digunakan, meskipun dalam kegiatan ini jarang disampaikan oleh guru
ohiya, ini jurnalnya bisa diakses di sini http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/ incase temen temen mau baca lebih lanjut
Sebagai balasan Aldelia Destiana Putri 2113021043
Re: Kelompok 7
Nah setujuu, kalau dari jurnal yang aku baca, Sesuai dengan Permendikbud No. 65 tahun 2013 tentang Standar Proses, pendekatan saintifik dilaksanakan dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) mengamati, (2) menanya, (3) mencoba, (4) mengasosiasi, dan (5) mengomunikasikan serta dapat ditambahkan (6) mencipta (Ranti, 2019).
Oke temen temen, secara garis besar kita sudah tau apa itu pendekatan pembelajaran scientific, nah sekarang mari kita kaitkan dengan vidio pembelajaran yang ada
menurut saya guru sudah melakukan pendekatan scientific. karena proses pembelajaran yang dilakukan siswa secara langsung menemukan konsep materi, buka guru yang menjadi pusat informasi seperti pada pembelajaran konvensional.
iyaa benar, trus awal untuk memulai pembelajaran guru juga mengondisikan siswa biar semangat dan fokus lebih dulu di dalam kelas. setelah itu guru bertanya dan siswa menjawab. lalu setelah mulai belajar berkelompok, mereka menemukan pemahaman-pemahaman dengan pemikirannya sendiri. yaa istilahnya pemahaman yang di dapat bukan hasil dari di suapin deh hehehe... meskipun pemahaman dengan pemikiran siswa sendiri, guru tersebut juga ikut mengarahkan konsep-konsepnya biar tidak ada miskonsepsi
tambahan dari saya,
dalam video pembelajaran tersebut guru sudah melakukan pendekatan scientific. kriterianya adalah
1. materi yang diberikan guru sesuai dengan fenomena sehari-hari yang bisa dijelaskan dengan logika. sehingga siswa bisa bernalar memecahkan masalah yang diberikan
2. guru memberikan penjelasan membuat siswa menjadi memahami materi pembelajaran. interaksi antara siswa dan guru terbebas dari pemikiran subjektif, dan berdasarkan alur berpikir logis
3. guru juga mampu memberikan inspirasi dan mendorong siswa untuk berpikir secara kritis, analitis dan tepat dalam memecahkan masalah, serta mengaplikasikan materi pelajaran
4. guru juga menerapkan metode diskusi dalam menyelesaikan masalah, hal ini dapat mendorong siswa mampu berpikir hipotetik dengan melihat perbedaan, kesamaan, serta tautan pendapat satu sama lain
5. video pembelajaran tersebut juga mampu menginspirasi siswa mampu memahami dan menerapkan pola pikir yang rasional dan objektif dalam merespon materi
6. konsep, teori dan fakta empiris dalam pembelajaran tersebut juga dapat dipertanggung jawabkan
7. perumusan tujuan secara sederhana dan jelas serta menarik sistem penyajiannya
hal ini sejalan dengan kriteria pendeatan ilmiah menurut Lusiana (2014)
dalam video pembelajaran tersebut guru sudah melakukan pendekatan scientific. kriterianya adalah
1. materi yang diberikan guru sesuai dengan fenomena sehari-hari yang bisa dijelaskan dengan logika. sehingga siswa bisa bernalar memecahkan masalah yang diberikan
2. guru memberikan penjelasan membuat siswa menjadi memahami materi pembelajaran. interaksi antara siswa dan guru terbebas dari pemikiran subjektif, dan berdasarkan alur berpikir logis
3. guru juga mampu memberikan inspirasi dan mendorong siswa untuk berpikir secara kritis, analitis dan tepat dalam memecahkan masalah, serta mengaplikasikan materi pelajaran
4. guru juga menerapkan metode diskusi dalam menyelesaikan masalah, hal ini dapat mendorong siswa mampu berpikir hipotetik dengan melihat perbedaan, kesamaan, serta tautan pendapat satu sama lain
5. video pembelajaran tersebut juga mampu menginspirasi siswa mampu memahami dan menerapkan pola pikir yang rasional dan objektif dalam merespon materi
6. konsep, teori dan fakta empiris dalam pembelajaran tersebut juga dapat dipertanggung jawabkan
7. perumusan tujuan secara sederhana dan jelas serta menarik sistem penyajiannya
hal ini sejalan dengan kriteria pendeatan ilmiah menurut Lusiana (2014)
Nahh setuju sama pendapat hana, jadi pendekatan scientific ini sudah diterapkan guru pada video pembelajaran tersebut
Sebagai balasan Aldelia Destiana Putri 2113021043
Re: Kelompok 7
Betul setuju, guru sudah termasuk menerapkan pendekatan pembelajaran scientific dalam proses belajar kelas tersebut. Pendekatan saintifik cocok digunakan pada pembelajaran matematika disemua materi, salah satunya materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel,dalam rangka meningkatkan proses belajar peserta didik, karena pendekatan ini menuntut keterlibatan aktif peserta didik dalam pembelajaran dan pengembangan karakter. Peserta didik dituntut untuk memahami materi pelajaran SPLTV, karena kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasikan, dan mengkomunikasikan yang terdapat dalam pendekatan ini akan dipertanggungjawabkan pada hasil akhir pembelajaran, yaitu presentasi. Dengan pendekatan ini,peserta didik akan terlatih untuk berpikir aktif, responsif, dan analitis.
Sebagai balasan Aldelia Destiana Putri 2113021043
Re: Kelompok 7
Nah setujuu nih sama penjelasan Hana dan aldel, guru tersebut telah menerapkan pendekatan scientific dimana langkah-langkah pendekatan nya sudah diterapkan, mulai dari siswa mengamati materi terkait SPLTV kemudian mereka menanyakan hal-hal yang belum di pahami pada materi tersebut. Selanjutnya dilanjutkan dengan diskusi kelompok yang menerapkan langkah-langkah pendekatan scientific yaitu bagian mengumpulkan informasi dan mengkomunikasikan materi.