Selamat pagi rekan-rekan mahasiswa yang berbahagia. Setelah mengamati video pembelajaran yang kalian amati di pertemuan sebelumnya, silahkan kalian berdiskusi di kelompok masing-masing membahas hasil analisis video yang kalian amati. Selamat berdiskusi
Assalamualaikum, selamat pagii teman-teman kelompok 6. Pagi ini kita bahas soal pendekatan scientific yuk melalui video yang kita cari di pertemuan kemarin https://youtu.be/BEWvnaRd2Xo.
Sebagai balasan VIRA HIDAYATUNNISA 2113021033
Re: Kelompok 6
Waalaikumsalam selamat pagii viraa, maaf baru nimbrung gaada sinyall soalnya
waalaikumussalam, pagi viraa
Wa'alaikumsalam, pagiii viraa
Waalaikumusalam ,pagi viraa, hayyuk
oiyaa temen-temen sebelumnya aku mau nanya dong, pendekatan scientific itu pendekatan yang seperti apa sih?
Dari sumber yang aku baca di internet, menurut Hosnan pendekatan scientific adalah suatu proses pembelajaran yang dirancang supaya siswa secara aktif mampu mengkonstruksi konsep, hukum, atau prinsip melalui kegiatan mengamati, merumuskan masalah, mengajukan/merumuskan hipotesis, mengumpulkan data dengan berbagai teknik, menganalisis data, menarik kesimpulan, dan mengkomunikasikan.
Sebagai balasan Deswina Fitria Galuh 2113021081
Re: Kelompok 6
Tapi jujur di sini aku masih bingung pada video yang kita amati minggu lalu apakah video tersebut menggunakan pendekatan scientific atau tidak
Iya mell, aku sependapat sama sumber yang diambil deswina, dan dengan berlangsungnya atau tercapainya rancangan tersebut dapat mendukung aktivitas
kreatif dalam berinovasi atau berkarya siswa.
kreatif dalam berinovasi atau berkarya siswa.
Menurut lampiran permendikbud nomor 103 thn 2014. Langkah pendekatan saintifik meliputi:
1. Observing(mengamati)
2. Questioning (menanya)
3. Experimenting (mengumpulkan informasi)
4. Associating (menalar)
5. Communicating (mengkomunikasikan)
Baik berdasarkan analisis saya pada video kita tersebut guru tidak menampilkan langkah experimenting, pendapat saya mungkin dikarenakan teknik pembelajaran dan konsep pada satuan panjang itu pada umumnya hanya menerapkan kepada siswa bahwa cara kita mengetahui perpindahan dari satuan panjang ke satuan panjang yg lain menggunakan teknik turun tangga dan naik tangga, walaupun saya tidak tahu teknik yg baiknya seperti apa, tetapi saya dapat mengatakan bahwa pada pembelajaran tersebut tidak adanya langkah eksplorasi atau mendemonstrasikan gaya belajar mereka masing-masing. Maka kesimpulan yang dapat saya ambil bahwa video tersebut tidak menerapkan pendekatan saintifik.
1. Observing(mengamati)
2. Questioning (menanya)
3. Experimenting (mengumpulkan informasi)
4. Associating (menalar)
5. Communicating (mengkomunikasikan)
Baik berdasarkan analisis saya pada video kita tersebut guru tidak menampilkan langkah experimenting, pendapat saya mungkin dikarenakan teknik pembelajaran dan konsep pada satuan panjang itu pada umumnya hanya menerapkan kepada siswa bahwa cara kita mengetahui perpindahan dari satuan panjang ke satuan panjang yg lain menggunakan teknik turun tangga dan naik tangga, walaupun saya tidak tahu teknik yg baiknya seperti apa, tetapi saya dapat mengatakan bahwa pada pembelajaran tersebut tidak adanya langkah eksplorasi atau mendemonstrasikan gaya belajar mereka masing-masing. Maka kesimpulan yang dapat saya ambil bahwa video tersebut tidak menerapkan pendekatan saintifik.
Tapi mungkin teman-teman terdapat pandangan yg berbeda dengan saya.
Mungkin kalian bisa jelaskan sedikit pandangan kalian menurut pendapat atau sumber yang kalian pelajari, dipersilahkan.