Forum diskusi kelompok

Kelompok 6

Kelompok 6

by Hafid Alzain 2013021001 -
Number of replies: 13

Selamat pagi rekan-rekan mahasiswa yang berbahagia. Setelah mengamati video pembelajaran yang kalian amati di pertemuan sebelumnya, silahkan kalian berdiskusi di kelompok masing-masing membahas hasil analisis video yang kalian amati. Selamat berdiskusi

In reply to Hafid Alzain 2013021001

Re: Kelompok 6

by VIRA HIDAYATUNNISA 2113021033 -
Assalamualaikum, selamat pagii teman-teman kelompok 6. Pagi ini kita bahas soal pendekatan scientific yuk melalui video yang kita cari di pertemuan kemarin https://youtu.be/BEWvnaRd2Xo.
In reply to VIRA HIDAYATUNNISA 2113021033

Re: Kelompok 6

by Amelia Wulan Sari 2113021063 -
oiyaa temen-temen sebelumnya aku mau nanya dong, pendekatan scientific itu pendekatan yang seperti apa sih?
In reply to Amelia Wulan Sari 2113021063

Re: Kelompok 6

by Deswina Fitria Galuh 2113021081 -
Dari sumber yang aku baca di internet, menurut Hosnan pendekatan scientific adalah suatu proses pembelajaran yang dirancang supaya siswa secara aktif mampu mengkonstruksi konsep, hukum, atau prinsip melalui kegiatan mengamati, merumuskan masalah, mengajukan/merumuskan hipotesis, mengumpulkan data dengan berbagai teknik, menganalisis data, menarik kesimpulan, dan mengkomunikasikan.
In reply to Deswina Fitria Galuh 2113021081

Re: Kelompok 6

by Deswina Fitria Galuh 2113021081 -
Tapi jujur di sini aku masih bingung pada video yang kita amati minggu lalu apakah video tersebut menggunakan pendekatan scientific atau tidak
In reply to Deswina Fitria Galuh 2113021081

Re: Kelompok 6

by Amanda Bela A P 2113021065 -
Iya mell, aku sependapat sama sumber yang diambil deswina, dan dengan berlangsungnya atau tercapainya rancangan tersebut dapat mendukung aktivitas
kreatif dalam berinovasi atau berkarya siswa.
In reply to Amanda Bela A P 2113021065

Re: Kelompok 6

by VIRA HIDAYATUNNISA 2113021033 -
Menurut lampiran permendikbud nomor 103 thn 2014. Langkah pendekatan saintifik meliputi:
1. Observing(mengamati)
2. Questioning (menanya)
3. Experimenting (mengumpulkan informasi)
4. Associating (menalar)
5. Communicating (mengkomunikasikan)
Baik berdasarkan analisis saya pada video kita tersebut guru tidak menampilkan langkah experimenting, pendapat saya mungkin dikarenakan teknik pembelajaran dan konsep pada satuan panjang itu pada umumnya hanya menerapkan kepada siswa bahwa cara kita mengetahui perpindahan dari satuan panjang ke satuan panjang yg lain menggunakan teknik turun tangga dan naik tangga, walaupun saya tidak tahu teknik yg baiknya seperti apa, tetapi saya dapat mengatakan bahwa pada pembelajaran tersebut tidak adanya langkah eksplorasi atau mendemonstrasikan gaya belajar mereka masing-masing. Maka kesimpulan yang dapat saya ambil bahwa video tersebut tidak menerapkan pendekatan saintifik.