Selamat pagi rekan-rekan mahasiswa yang berbahagia. Setelah mengamati video pembelajaran yang kalian amati di pertemuan sebelumnya, silahkan kalian berdiskusi di kelompok masing-masing membahas hasil analisis video yang kalian amati. Selamat berdiskusi
Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh,
Mohon izin membuka diskusi pada pertemuan 7
Sebelum kita mengamati Vidio pada pertemuan sebelumnya, apakah dalam Vidio pembelajaran tersebut menerapkan pendekatan sientific kita terlebih dahulu harus mengetahui apa itu pendekatan sientific
Saya setuju dengan rahmi
Ini ya jurnalnya teman-teman
Di saya tidak bisa nisa
Dari sumber yang saya baca (buku strategi pembelajaran matematika) yang ditulis oleh ibu Dr. Sri Hastuti Noer, M.Pd. pendekatan saintifik adalah kegiatan pembelajaran yang dirancang agar siswa secara aktif mengontruksi konsep melalui tahapan-tahapan mengamati, mengumpulkan data, menganalisis data, menarik kesimpulan, serta mengimunisasikan konsep yang telah ditemukan
Ada tahapan belajar dalam pendekatan saintifik berdasarkan Permendikbud nomor 103 tahun 2014.
Kita bisa gunakan ini sebagai acuan dalam menganalisis vidio
Tahapannya :
1. Observing (mengamati)
2. Questioning (menanya)
3. Eksperimenting (mengumpulkan Informasi)
4. Associating (menalar/mengasosiasi)
5. Communicating (mengkomunikasikan)
ini link videonya ya temen-temen
Oh iya, ini refrensi dari sri, teman-teman. Yang dikirim melalui grup WA. Karena sri terkendala laptop.
temen temen ini vidio yang kita amati pada pertemuan minggu lalu
1. Observing (megamati)
2. Questioning (menanya)
3. Experimenting (mengumpulkan informasi)
4. Associating (menalar/mengasosiasi)
5. Communicating (mengkomunikasikan)
1. Mengamati
Mengamati dalam video sudah terpenuhi karena siswa mengamati penjelasan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang disampaikan oleh guru.
2. Menanya
Dalam konteks menanya, Dalam video siswa tidak terlihat mengajukan pertanyaan atas pembelajaran atau materi yang dipaparkan oleh guru. Tetapi guru tersebut memgajukan pertanyaan yang kemudian dijawab oleh siswanya berdasarkan materi pada pecan lalu.
3. Mencoba
guru mencoba memberikan lkpd kepada siswa supaya mereka menyelesaikan soal atau permasalahan dalam kelompok. Peran guru dalam tahap ini adalah sebagai fasilisator untuk m embantu siswa yangm mungkin mengalami kesulitan dalam mengerjakan LKPD.
4. Menalar
Dalam proses ini guru memperhatikan hasil diskusi siswa yang akan dipresentasikan. supaya dapat ditarik kesimpulan dari hasil diskusi dan presentasi yang dilakukan oleh siswa terkait materi yang dipelajari. Dalam video tersebut, sudah memenuhi pada tahap ini, dimana guru mrmperhatikan hasil kerja siswa yang kemudian di presentasikan
5. mempresentasikan
Dalam video , tahap ini sudah terpenuhi. Dari bagaimana siswa mempresentasikan hasil kerjanya di depan kelas, sedangkan siswa yang lain mengamati, bertanya, menyanggah. siswa mengkomunikasikan hasil kerja kelompok yang telah diolah dan disimpulkan. Peran guru dalam tahapan ini adalah memberikan penghargaan(pujian) serta memperkuat jawaban sesuai konsep/rumus yang telah dikemukakan siswa dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk berdiskusi dan berpendapat kemudian guru membenarkan.
Pada akhir video pun guru sudah menyimpulkan tentang materi yang telah dipelajari hari ini, kemudian dicatat oleh siswanya.