Forum diskusi kelompok

Kelompok 1

Kelompok 1

Hafid Alzain 2013021001 གིས-
Number of replies: 29

Selamat pagi rekan-rekan mahasiswa yang berbahagia. Setelah mengamati video pembelajaran yang kalian amati di pertemuan sebelumnya, silahkan kalian berdiskusi di kelompok masing-masing membahas hasil analisis video yang kalian amati. Selamat berdiskusi

In reply to Hafid Alzain 2013021001

Re: Kelompok 1

Sri Mulyani 2113021055 གིས-

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh, 

Mohon izin membuka diskusi pada pertemuan 7

In reply to Hafid Alzain 2013021001

Re: Kelompok 1

Sri Mulyani 2113021055 གིས-

Sebelum kita mengamati Vidio pada pertemuan sebelumnya, apakah dalam Vidio pembelajaran tersebut menerapkan pendekatan sientific kita terlebih dahulu harus mengetahui apa itu pendekatan sientific 

In reply to Sri Mulyani 2113021055

Re: Kelompok 1

RAHMI JULIANI 2113021005 གིས-
Dari yang saya baca bahwa model pendekatan saintifik dirancang agar peserta didik diberikan ruang untuk bereksplorasi terhadap materi pembelajaran. Mereka pun secara aktif dapat membangun konsep, prinsip serta hukum dengan melalui kegiatan 5M, yaitu mengamati, menanya, mengajukan (hipotesis), menghimpun data dengan beberapa cara dan teknik, menganalisa, serta membuat kesimpulan dan mengomunikasikan konsep atau prinsip yang telah ditemukan.
In reply to Sri Mulyani 2113021055

Re: Kelompok 1

Annisa Aryani 2113021077 གིས-
Izin berpendapat sri, Menurut jurnal yang aku baca pendekatan scientifik (scientific learning) memiliki beberapa tahap yaitu : (1) Mengamati, (2) Menanya, (3) Mengumpulkan informasi, (4) Menganalisis, (5) Mengkomunikasikan. Dengan pendekatan tersebut diharapkan prestasi belajar siswa bisa meningkat sehingga mampu mencapai kriteria capaian tujuan pendidikan.
In reply to Annisa Aryani 2113021077

Re: Kelompok 1

Hafid Alzain 2013021001 གིས-
In reply to Hafid Alzain 2013021001

Re: Kelompok 1

Annisa Aryani 2113021077 གིས-
https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/pedagogik/article/download/5/5#:~:text=Pendekatan%20scientific%20learning%20memiliki%20beberapa,mencapai%20kriteria%20capaian%20tujuan%20pendidikan.

Ini ya jurnalnya teman-teman
In reply to Annisa Aryani 2113021077

Re: Kelompok 1

Annisa Aryani 2113021077 གིས-
In reply to Annisa Aryani 2113021077

Re: Kelompok 1

PURIDAFA ARIANI_ 2113021059 གིས-
Saya setuju dengan pendapat annisa, dari jurnal yang saya baca juga dijelaskan bahwa untuk tahap pertama dan kedua boleh tidak berurutan tapi untuk tahap ketiga sampai kelima harus berurutan. Kelima tahapan tersebut diterapkan untuk memberikan ruang pada siswa dalam mengembangkan kemandirian belajar dan mengoptimalkan potensi yang ada dlam diri mereka.

In reply to Hafid Alzain 2013021001

Re: Kelompok 1

Sri Mulyani 2113021055 གིས-

Dari sumber yang saya baca (buku strategi pembelajaran matematika) yang ditulis oleh ibu Dr. Sri Hastuti Noer, M.Pd. pendekatan saintifik adalah kegiatan pembelajaran yang dirancang agar siswa secara aktif mengontruksi konsep melalui tahapan-tahapan mengamati, mengumpulkan data, menganalisis data, menarik kesimpulan, serta mengimunisasikan konsep yang telah ditemukan

In reply to Hafid Alzain 2013021001

Re: Kelompok 1

Sri Mulyani 2113021055 གིས-

Ada tahapan belajar dalam pendekatan saintifik berdasarkan Permendikbud nomor 103 tahun 2014.

Kita bisa gunakan ini sebagai acuan dalam menganalisis vidio

In reply to Sri Mulyani 2113021055

Re: Kelompok 1

Sri Mulyani 2113021055 གིས-

Tahapannya :

1. Observing (mengamati)

2. Questioning (menanya)

3. Eksperimenting (mengumpulkan Informasi)

4. Associating (menalar/mengasosiasi)

5. Communicating (mengkomunikasikan)

In reply to Sri Mulyani 2113021055

Re: Kelompok 1

PURIDAFA ARIANI_ 2113021059 གིས-
In reply to PURIDAFA ARIANI_ 2113021059

Re: Kelompok 1

RAHMI JULIANI 2113021005 གིས-
Dari video tersebut pembelajaran tersebut sudah menggunakan pendekatan sqintifik dimana pada tahap pengamatan guru menunjukan kerangka kubus dan balok ke pada peserta. Kemudian guru bertanya tentang unsur unsur dari balok dan kubus tersebut sehingga peserta didik dapat mengumpulkan informasi dan menganalisis tentang susunan balok dan kubus seperti diagonal ruang, sudut, sisi dan lain sebagainya. Lau pada tahap komunikasi guru memberikan kesempatan peserta didik untuk berdiskusi tentang soal yang diberikan setelah itu mengapresiasikan jawabannya kedepan.
In reply to Hafid Alzain 2013021001

Re: Kelompok 1

Annisa Aryani 2113021077 གིས-

Oh iya, ini refrensi dari sri, teman-teman. Yang dikirim melalui grup WA. Karena sri terkendala laptop. 

In reply to Annisa Aryani 2113021077

Re: Kelompok 1

Sri Mulyani 2113021055 གིས-
In reply to Sri Mulyani 2113021055

Re: Kelompok 1

Sri Mulyani 2113021055 གིས-
temen-temen bisa amati vidio ini apakah menerapkan pendekatan saintifik atau tidak
In reply to Sri Mulyani 2113021055

Re: Kelompok 1

Sri Mulyani 2113021055 གིས-
pada tahap pendekatan saintifik tahap yang pertama adalah observasi (mengamati), pada vidio tersebut materi pembelajarannya adalah lingkaran. di vidio tersebut guru bertanya "apakah ada yang tahu rumus luas lingkaran?" pertanyaan yang dilontarkan guru ini tidak didukung dengan alat peraga untuk siswa mengamati objek yang dibicarakan, pada pendekatan saintifik seharusnya ada objek untuk diamati
In reply to Sri Mulyani 2113021055

Re: Kelompok 1

PURIDAFA ARIANI_ 2113021059 གིས-
Menurut saya, dalam video tersebut guru belum menerapkan pendekatan saintifik. Didalam pendekatan saintifik terdapat beberapa tahap dimulai dari pendahuluan dimana guru menyampaikan tentang pentingnya materi yang akan dipelajari sehingga siswa tertarik untuk mengetahui materi tersebut secara lebih lanjut. Kemudian kegiatan inti (5M), nah dalam video pembelajaran tersebut tahap 5M ini belum terpenuhi, lalu yang terakhir adalah penutup.
In reply to PURIDAFA ARIANI_ 2113021059

Re: Kelompok 1

Annisa Aryani 2113021077 གིས-
Menurut pendapat saya, terkait dari video yang ada dibawah:

1. Observing (megamati)
2. Questioning (menanya)
3. Experimenting (mengumpulkan informasi)
4. Associating (menalar/mengasosiasi)
5. Communicating (mengkomunikasikan)
1. Mengamati
Mengamati dalam video sudah terpenuhi karena siswa mengamati penjelasan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang disampaikan oleh guru.

2. Menanya
Dalam konteks menanya, Dalam video siswa tidak terlihat mengajukan pertanyaan atas pembelajaran atau materi yang dipaparkan oleh guru. Tetapi guru tersebut memgajukan pertanyaan yang kemudian dijawab oleh siswanya berdasarkan materi pada pecan lalu.

3. Mencoba
guru mencoba memberikan lkpd kepada siswa supaya mereka menyelesaikan soal atau permasalahan dalam kelompok. Peran guru dalam tahap ini adalah sebagai fasilisator untuk m embantu siswa yangm mungkin mengalami kesulitan dalam mengerjakan LKPD.

4. Menalar
Dalam proses ini guru memperhatikan hasil diskusi siswa yang akan dipresentasikan. supaya dapat ditarik kesimpulan dari hasil diskusi dan presentasi yang dilakukan oleh siswa terkait materi yang dipelajari. Dalam video tersebut, sudah memenuhi pada tahap ini, dimana guru mrmperhatikan hasil kerja siswa yang kemudian di presentasikan

5. mempresentasikan
Dalam video , tahap ini sudah terpenuhi. Dari bagaimana siswa mempresentasikan hasil kerjanya di depan kelas, sedangkan siswa yang lain mengamati, bertanya, menyanggah. siswa mengkomunikasikan hasil kerja kelompok yang telah diolah dan disimpulkan. Peran guru dalam tahapan ini adalah memberikan penghargaan(pujian) serta memperkuat jawaban sesuai konsep/rumus yang telah dikemukakan siswa dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk berdiskusi dan berpendapat kemudian guru membenarkan.
Pada akhir video pun guru sudah menyimpulkan tentang materi yang telah dipelajari hari ini, kemudian dicatat oleh siswanya.