Mahasiswa berikut forum diskusi pada pertemuan hari ini, setelah membaca artikel setiap mahasiswa wajib memberikan pendapat terkait isi materi yang telah ditulis atau pun yang telah dijelaskan. berikan penjelasaan berdasarkan kaitan perfektif global pada pembelajaran sekolah dasar.
Forum Diskusi
NPM : 2053053024
Izin memberikan tanggapan pak
Perkembangan teknologi membuat dunia seolaholah semakin sempit. Para generasi muda harus memiliki kepekaan dan perspektif yang luas selain itu juga menekankan beberapa hal antara lain: nilai-nilai budaya, dari masing-masing individu, perbedaan dalam sistem politik, sosial, ekonomi,tantangan masalah-masalah dunia internasional seperti: masalah-masalah perdamaian, keamanan dunia, hak asasi manusia dan aspek-aspek sejarah yang menekankan pada hubungan antara manusia yang berbeda tempat dan budaya. merupakan suatu pendekatan menyeluruh yang mencoba memahami keterkaitan guru dan siswa dalam memahami hubungan antara mereka dengan masyarakat dunia, yang dapat mendorong guru untuk mempelajari lebih banyak tentang materi dan masalah yang berkaitan dengan masalah global Dalam kehidupan yang makin terbuka dewasa ini, kesadaran global dan wawasan telah menjadi bagian kehidupan tiap bangsa. Oleh karena itu pendidikan global menjadi bagian yang dapat dijadikan alternatif pendekatan dalam pembelajaran IPS di SD. Dalam merancang model pembelajaran IPS dengan konteks di tingkat Global education
Sekian tanggapan dari saya terimakasih
Nama : Regita tri astuti
Npm : 2053053016
Izin menanggapi artikel mengenai “Peran global education dalam pembelajaran ips Sd”
pendidikan global adalah pendidikan yang diarahkan pada pengembangan wawasan global yang mempersiapkan anak didik menjadi manusiawi, rasional, sebagai warga yang mampu berpartisipasi dengan kehidupan dunia yang makin menunjukkan ketergantungan. Secara dini wawasan global perlu dibina pada generasi muda melalui pendidikan global, dengan harapan mereka kelak menjadi sumber daya manusia handal sesuai tuntutan konteks kehidupan hari esok.
Dari uraian di atas bahwa pendidikan global dapat dijadikan suatu pendekatan pembelajaran IPS, untuk membangun atau menumbuhkan pemikiran siswa agar tidak berpandangan sempit yang hanya memandang sesuatu, keadaan, gejala, bahkan hanya dengan sudut pandang yang sempit. Dengan demikian perlu dilakukan upaya-upaya pendidikan dalam meningkatkan kehati - hatian, kewaspadaan khususnya generasi muda dalam menghadapi arus globalisasi yang merambah dunia termasuk Indonesia.
Mengajar dengan memasukkan pendidikan global dalam pembelajaran IPS, dapat dilakukan melalui pengalaman sehari- hari anak dalam hal, musik, seni, ilmu pengetahuan, sebagai contoh, ketika peserta didik di SD belajar IPS dengan topik rumah dan keluarga.
Sekian, terimakasih
NPM : 2053053026
Izin memberikan tanggapan terkait artikel mengenai peran Global Education dalam pembelajaran IPS SD.
Global Education atau pendidikan global adalah suatu pendidikan yang berusaha untuk meningkatkan kesadaran peserta didik, bahwa mereka hidup dan berada pada satu area global yang saling berkaitan. Dalam kehidupan yang makin berkembang ini, kesadaran global dan wawasan telah menjadi bagian kehidupan tiap bangsa. Oleh karena itu, pendidikan global menjadi bagian yang dapat dijadikan alternatif pendekatan dalam pembelajaran IPS di SD. Dalam pembelajaran IPS dengan konteks di tingkat SD, pendidik harus bertanggung jawab untuk memberikan bekal pengetahuan kepada peserta didik tentang pentingnya pengetahuan global dalam memahami masalah-masalah dunia. Oleh karena itu, pendidikan harus diarahkan untuk memperluas wawasan dan persepsi peserta didik yang berkaitan dengan permasalahan global, meningkatkan kesadaran peserta didik bahwa mereka bukan saja sebagai warga negara Indonesia tetapi juga warga dunia, memberi wawasan untuk mengkaji ulang nilai dan budaya yang ada.
Pada kenyataannya, pembelajaran IPS masih berorientasi pada hanya menghafal fakta-fakta tanpa mau mengkaitkan dengan pesoalan yang sedang dihadapi masyarakat pada umumnya dan individu pada khususnya, apalagi mengkaitkan dengan masalah-masalah global yang sesungguhnya juga dapat mempengaruhi kehidupan individu dan masyarakat luas. Jadi, peserta didik tidak terlatih untuk berpikir kritis dan berusaha mengatasi tantangan dalam kehidupan ini, sehingga pembelajaran tidak menjadi bermakna, karena hanya berlalu begitu saja. Dalam hal ini, pembelajaran IPS di SD dapat memberikan sumbangan yang berharga dalam rangka mendidik peserta didik menjadi warga masyarakat yang mampu bermasyarakat, mampu bekerja sama dengan orang lain, dan mampu memecahkan masalah-masalah sosial, ekonomi, politik yang dihadapinya di masyarakat. Belajar IPS tidak hanya belajar tentang masyarakat, tetapi belajar bagaimana cara bermasyarakat, baik secara lokal maupun global.
Izin memberikan tanggapan terkait artikel yang berjudul "Peran Global Education Dalam Pembelajaran IPS". Artikel ini menjelaskan arti dan pentingnya global pendidikan bagi siswa SD, dan pelaksanaan pendidikan global di bidang sosial mempelajari pelajaran untuk sekolah dasar. IPS di sekolah dasar yang bersangkutan dengan orang-orang dan interaksi mereka dengan lingkungan sosial dan fisik mereka. Ide ini menyarankan perlunya pengajaran IPS yang menuntut kaum muda untuk berkembang sikap dan keterampilan yang akan memungkinkan mereka untuk beradaptasi dan membangun berbagai pengetahuan baru yang diperlukan untuk menghadapi masa depan yang mungkin sangat berbeda dari dunia saat ini. Pendidikan global mengakui saling ketergantungan orang yang tinggal di tempat lain dan budaya, dan menggambarkan kegiatan kelas untuk membantu peserta didik meningkatkan kepekaan terhadap perspektif orang-orang di tempat dan budaya lain.
Kaitan perspektif global dengan pembelajaran SD pada materi PKn maupun pembelajran IPS.
Perspektif global dalam pembelajaran PKn dan IPS pada sekolah dasar sangat penting karena membantu siswa memahami dunia secara lebih luas dan memperluas wawasan mereka tentang masalah sosial, politik, dan ekonomi global. Dalam konteks pembelajaran IPS, perspektif global memungkinkan siswa untuk mempelajari cara berpikir global tentang isu-isu seperti perdagangan internasional, hubungan antarbangsa, dan lingkungan global. Siswa belajar tentang cara-cara berkomunikasi dengan orang dari budaya dan latar belakang yang berbeda, dan memahami dampak dari keputusan dan tindakan mereka terhadap orang lain di seluruh dunia. Dalam konteks pembelajaran PKn, perspektif global dapat membantu siswa memahami hak asasi manusia dan demokrasi yang diakui secara internasional, dan bagaimana prinsip-prinsip ini berlaku di dalam dan di luar negeri. Siswa belajar tentang hubungan antarbangsa dan mengembangkan kemampuan untuk memahami perbedaan budaya dan keyakinan yang ada di seluruh dunia. Hal ini dapat membantu mereka menjadi warga negara yang bertanggung jawab, terbuka, dan toleran terhadap perbedaan. Dalam kedua konteks pembelajaran, perspektif global juga dapat membantu siswa mengembangkan keterampilan kritis dan analitis mereka dengan mempertimbangkan berbagai sudut pandang dan perspektif dalam memahami isu-isu global. Dengan cara ini, perspektif global dapat membantu siswa menjadi lebih terbuka dan toleran, serta mempersiapkan mereka untuk berpartisipasi dalam masyarakat global yang semakin terhubung dan saling bergantung.
Terimakasih
NPM : 2053053019
Cara pandang tiap orang berbeda-beda, namun bagi anak sekolah dasar tentu cara pandang mereka masih sederhana dan bisa dikatakan terbatas atau sempit, untuk itu dengan adanya prefektif global ini pendidik harus mampu memasukkan global education ke dalam pembelajaran yang ada di sekolah dasar. Hal ini penting bagi peserta didik agar peserta didik mampu melihat dunia dengan sudut pandang yang berbeda dan luas. Sebagai pendidik, kita memerlukan pendekatan yang akan menolong peserta didik untuk mengarahkannya kekehidupan yang sangat kompleks dan menjauhi pengertian yang sempit tentang: ruang, ras, agama, suku, sejarah dan kebudayaan. Sebagai pendidik diharapkan memiliki wawasan dan pandangan yang luas tentang dunia secara keseluruhan beserta isinya. Pandangan yang demikian disebut perspektif global, yaitu suatu pandangan yang timbul akibat suatu kesadaran bahwa hidup dan kehidupan ini adalah untuk kepentingan global.
Nama : Diva Syafira Rahmadani
NPM : 2053053001
Jadi, artikel di atas membahas mengenai Peran Global Education dalam pembelajaran SD.
Sering kali kita dihadapkan dengan masalah global seperti peperangan, kemiskinan, penindasan antaretnis dan sebagainya. Dalam menghadapi hal tersebut di atas guru bertanggung jawab kepada para peserta didik untuk mengembangkan atau memberi bekal keahlian, kemampuan percaya diri untuk menghadapi tantangan kehidupan yang semakin berat. Dengan demikian cara pandang yang mungkin sempit selama ini harus berubah menjadi cara pandang yang luas dan global Artinya, segala sesuatu peristiwa dan masalah harus dipandang dari sudut kepentingan global. Pendidikan global mempersiapkan siswa untuk memahami dan mengatasi adanya ketergantungan global dan keragaman budaya yang mencakup hubungan dan kekuatan yang tidak dapat diisikan ke dalam batas-batas negara dan budaya. Pendidikan global merupakan upaya sistematis untuk membentuk wawasan dan perspektif para siswa, karena para siswa dibekali materi yang bersifat utuh dan menyeluruh yang berkaitan dengan masalah global.
Mengajar IPS dengan memasukkan pendidikan global dalam proses pembelajaran adalah mencari suatu kesempatan (strategi) untuk memperjelas kondisi manusia sebagai makhluk individu maupun sosial dalam kurikulum, supaya peserta didik dapat mengenal kualitas manusia yang unik dan merupakan makhluk yang berharga. Ketika guru berinisiatif dengan pendidikan global, maka harus mempersiapkan mengembangkan bahan-bahan atau materimateri pokok (dasar) tentang unsur-unsur pendidikan global seperti:(1) nilai-nilai, (2) multikultural, (3) ekonomi global, (4) isuisu global, (5) interaksi pertukaran budaya. Guru juga membutuhkan pengetahuan global tentang dunia pada umumnya sesuai dengan mata pelajaran yang akan diajarkan
Sekian, terima kasih
npm: 2053053003
izin menanggapi pak,Dalam menghadapi hal tersebut di atas guru bertanggung jawab kepada para peserta didik untuk mengembangkan atau memberi bekal keahlian, kemampuan percaya diri untuk menghadapi tantangan kehidupan yang semakin berat.Agar mereka dapat bersikap positip untuk hidup secara efektif di dunia (ruang) dengan sumbersumber alam yang terbatas, perbedaan kebudayaan dan interdependensi yang semakin meningkat
Dengan demikian cara pandang yang mungkin sempit selama ini harus berubah menjadi cara pandang yang luas dan global Artinya, segala sesuatu peristiwa dan masalah harus dipandang dari sudut kepentingan global.Dengan demikian perlu dilakukan upaya-upaya pendidikan dalam meningkatkan kehatihatian, kewaspadaan khususnya generasi muda dalam menghadapi arus globalisasi yang merambah dunia termasuk Indonesia.Pada kenyataan di lapangan pembelajaran IPS masih berorientasi pada hanya menghafal fakta-fakta tanpa mau mengkaitkan dengan pesoalan yang sedang dihadapi masyarakat pada umumnya dan individu pada khususnya, apalagi mengkaitkan dengan masalah-masalah global yang sesungguhnya juga dapat mempengaruhi kehidupan individu dan masyarakat luas. maka dari pada generasi muda terutama pada tingkat sekolah dasar merupakan cocok penerapan tersebut karena hal tersebut memungkinkan pola fikir yang masih bersih untuk menerima masukan yang telah diberikan seperti contoh penerapan membuang sampah pada tempatnya hal ini memungkinkan peserta didik mengikuti hal tersebut
Npm : 2053053015
Izin memberikan pendapat pak. Kaitan Pendidikan Persepktif Global pada pembelajaran sekolah dasar dapat mengubah pemikiran sempit yang memandang perbedaan agama, ras, suku budaya dan bangsa menjadi pemikiran terbuka, humanis dan memperluas pemikiran dan keterlibatan diri di era globalisasi.
Saya sebagai calon pendidik harus mampu menumbuhkan konsep pemahaman dan kesadaran peserta didik berikir bahwa hidup ini untuk kepentingan global yang luas, melalui mengarahkan peserta didik untuk tolong menolong demi kepentingan bersama dengan tidak memihak kepentingan suku, ras dan golongan tertentu. Kehidupan kita ini adalah bagian dari kepentingan dunia. Maksudnya adalah kita tidak dapat berkembang tanpa adanya hubungan dari komunikasi dengan dunia luar, karena hidup itu saling ketergantungan dan perlu adanya salang kerja sama demi kepentingan bersama hingga kepentingan dunia dan secara bersama-sama mengembangkan wawasan dan ketrampilan untuk menyelidiki isu global. Isu global tersebut antara lain isu lingkungan, hak asasi manusia, keadilan studi tentang dunia dan pengembangan pendidikan.
Sekian tanggapan dari saya pak. Terimakasih
NPM : 2053053020
Artikel pertemuan 6 ini membahas mengenai PERAN GLOBAL EDUCATION DALAM PEMBELAJARAN IPS SD yang ditulis oleh Jenny I.S. Poerwanti bahwasanya pendidikan hanya akan dianggap bermakna apabila ditujukan sebagai persiapan siswa dalam menghadapi tugas hidupnya kelak di masyarakat. Dalam hal ini pembelajaran IPS di SD dapat memberikan sumbangan yang berharga dalam rangka mendidik siswa menjadi warga masyarakat yang mampu bermasyarakat, mampu bekerjasama dengan orang lain, dan mampu memecahkan masalah-masalah sosial, ekonomi, politik yang dihadapinya di masyarakat. Belajar IPS tidak hanya belajar tentang masyarakat, tetapi belajar bagaimana cara bermasyarakat, baik secara lokal maupun global. idikan global dalam proses pembelajaran adalah mencari suatu kesempatan (strategi) untuk memperjelas kondisi manusia sebagai makhluk individu maupun sosial dalam kurikulum, supaya peserta didik dapat mengenal kualitas manusia yang unik dan merupakan makhluk yang berharga. Hal ini dimaksudkan untuk memberi kekuatan hidup supaya mereka mempunyai harapan besar terhadap masa depan dan mampu berperan aktif dalam memberi kontribusi terhadap persoalan-persoalan global.
NPM : 2053053027
izin menanggapi, Dalam menghadapi hal tersebut di atas guru bertanggung jawab kepada para peserta didik untuk mengembangkan atau memberi bekal keahlian, kemampuan percaya diri untuk menghadapi tantangan kehidupan yang semakin berat.Agar mereka dapat bersikap positip untuk hidup secara efektif di dunia (ruang dengan sumbersumber alam yang terbatas, perbedaan kebudayaan dan interdependensi yang semakin meningkat. Kita bukan saja sebagai warga negara Indonesia, akan tetapi juga warga dunia. Sebagai warga dunia mau tidak mau harus membekali diri melalui pendidikan, mengingat bahwa kita sudah memasuki era globalisasi dan keterbukaan, tanpa memahami dunia ini kita akan terseret oleh arus globalisasi yang begitu deras. Agar mampu memanfaatkan dunia ini bagi kesejahteraan manusia maka kita harus memahami dunia. Dengan demikian cara pandang yang mungkin sempit selama ini harus berubah menjadi cara pandang yang luas dan global Artinya, segala sesuatu peristiwa dan masalah harus dipandang dari sudut kepentingan global.
NPM: 2053053031
Izin memberikan pendapat pak,
Pendidikan global adalah suatu pendidikan yang dimana peserta didik diminta untuk membentuk wawasan dan perspektif dalam mempersiapkan diri mengatasi adanya ketergantungan global dan keragaman budaya secara global, karena peserta didik telah dibekali materi yang bersifat utuh dan menyeluruh yang berkaitan dengan masalah global.
Tujuan dari pendidikan global itu sendiri ialah:
1. Memberikan pengalaman yang mengurangi rasa kedaerahan dan kesukuan.Tujuan ini dapat dicapai melalui mengajarkan bahan dan menggunakan metode yang mem- (think globally and act locally Global education 50 Inovasi Pendidikan Jilid 10, Nomor 1, Mei 2009, halaman 49 - 56 berikan relativisme budaya.
2. Memberikan pengalaman yang mempersiapkan peserta didik untuk mendekatkan diri dengan keragaman global.
3. Memberikan pengalaman tentang mengajar peserta didik untuk berpikir tentang mereka sendiri sebagai individu, sebagai warganegara suatu negara, dan sebagai anggota masyarakat manusia secara keseluruhan.
Pada pembelajaran IPS di SD peserta didik didik untuk dapat memberikan sumbangan kepada masyarakat yang mampu bermasyarakat, mampu bekerjasama dengan orang lain, dan mampu memecahkan masalah-masalah sosial, ekonomi, politik yang dihadapinya di masyarakat.
NPM: 2053053005
Izin menanggapi
Seperti yang kita ketahui bahwa perspektif global merupakan suatu pandangan yang timbul akibat suatu kesadaran bahwa hidup ini adalah untuk kepentingan global. Menurut saya, materi yang dijelaskan dalam artikel ini memberikan pengetahuan baru sebab di dalamnya dijelaskan mengenai pengertian global education, pentingnya global education, dan penerapannya dalam pembelajaran IPS SD. Hal ini tentunya sangat berkaitan dengan perfektif global pada pembelajaran sekolah dasar terutama pada pembelajaran IPS. Pendidikan global dapat dijadikan suatu pendekatan dalam pembelajaran IPS untuk menumbuhkan pemikiran peserta didik supaya tidak berpandangan sempit. Mengintegrasikan pendidikan global ke dalam pembelajaran IPS dapat dilakukan mulai dari mengaitkan pengalaman sehari-hari peserta didik seperti pada hal musik, seni, dan pengetahuan lainnya. Contohnya, ketika sedang dalam pembelajaran yang membahas mengenai rumah dan keluarga, pendidik dapat memberikan pengertian bahwa semua orang diseluruh dunia memerlukan rumah. Mereka akan membangun rumah dengan variasi dan cara yang berbeda-beda untuk menunjukan identitas mereka. Dengan begitu pendidik sudah mengawali pembelajaran dengan pendidikan global dengan menjelaskan bahwa ada perbedaan dan persamaan dari setiap bangsa di dunia.
Npm : 2053053040
Izin memberikan tanggapan pak, mengenai artikel "Peran global education dalam pembelajaran ips Sd"
Sekian tanggapan dari saya
terimakasih
Npm : 2053053013
Berkaitan dengan pembelajaran IPS SD karena pengertian tentang cara-cara manusia hidup, tentang kebutuhan-kebutuhan dasar manusia, dan tentang lembaga-lembaga yang dikembangkan sehubungan dengan hal tersebut. Uraian tersebut menjelaskan bahwa IPS erat pertaliannya dengan manusia sebagai anggota masyarakat dan interaksinya dengan dunia sekitarnya. Jadi, dapat dikatakan bahwa sumber IPS sesungguhnya terletak pada pusat-pusat kegiatan itu sendiri.
Ada pendapat yang mengatakan bah- wa IPS sebagai suatu mata pelajaran yang bertujuan mengantarkan siswa untuk me- ngetahui, mengenal dunia, maka tekanan yang diberikan adalah tentang fakta-fakta. Berbeda jika IPS sebagai pengetahuan yang bertalian dengan hubungan manusia satu sama lain dan hubungannya dengan dunia sekitarnya, yang diajarkan dengan tujuan membantu peserta didik untuk memahami, berpartisipasi, dan membina masyarakat, maka tekanannya pada pemecahan perso- alan-persoalan kehidupan nyata. Pendapat terakhirlah yang sesungguhnya yang diha- rapkan dalam pembelajaran IPS.
Pada kenyataan di lapangan pembel- ajaran IPS masih berorientasi pada hanya menghafal fakta-fakta tanpa mau mengkait- kan dengan pesoalan yang sedang dihadapi masyarakat pada umumnya dan individu pada khususnya, apalagi mengkaitkan de- ngan masalah-masalah global yang sesung- guhnya juga dapat mempengaruhi kehi- dupan individu dan masyarakat luas. Jadi, peserta didik tidak terlatih untuk berpikir kritis dan berusaha mengatasi tantangan da- lam kehidupan ini, sehingga pembelajaran tidak menjadi bermakna, karena hanya ber- lalu begitu saja (Sumantri, 1995).
Pendidikan hanya akan dianggap bermakna apabila ditujukan sebagai persi- apan siswa dalam menghadapi tugas hidup- nya kelak di masyarakat. Dalam hal ini pembelajaran IPS di SD dapat memberikan sumbangan yang berharga dalam rangka mendidik siswa menjadi warga masyarakat yang mampu bermasyarakat, mampu beker- jasama dengan orang lain, dan mampu memecahkan masalah-masalah sosial, ekonomi, politik yang dihadapinya di masyarakat. Belajar IPS tidak hanya belajar tentang masyarakat, tetapi belajar bagaimana cara bermasyarakat, baik secara lokal maupun global.
Mengingat kehidupan yang makin lama makin penuh dengan tantangan, pem- belajaran IPS di SD hendaknya memasukkan pendidikan global dalam pembelajarannya.
contoh, ketika peserta didik di SD belajar IPS dengan topik rumah dan keluarga. Saatnya pendidik memulai mengembangkan pengertian, bahwa orang- orang di seluruh dunia membutuhkan rumah dan mereka membangun rumahnya dengan cara yang berbeda-beda dan memiliki variasi berbeda-beda yang dapat menunjuk- kan identitas dari suatu bangsa.
Npm : 2013053061
izin menanggapi pak ,
Globalisasi memiliki kaitan dengan mata kuliah perspektif global.Mata kuliah perspektif global mengkaji mengenai cara pandang terhadap masalah global atau mengkaji mengenai isu-isu yang berkaitan dengan politik, ekonomi, sosial budaya, pendidikan dan lain sebagainya dalam lingkup global atau dunia yang masih berkaitan dengan pembelajaran di sekolah dasar. Mata kuliah perspektif global bertujuan agar mahasiswa mampu berwawasan global dan dapat berpikir secara global tetapi tetap bertindak secara lokal. Hal ini tentunya memiliki kaitan dengan globalisasi karena yang dikaji dalam mata kuliah perspektif global merupakan masalah-masalah atau isu yang terjadi secara global atau mendunia. Sehingga sebagai calon pendidik dapat menjadi pendidik yang berkualitas dengan wawasan yang luar pada saat pembelajaran berlangsung.
sekian terimakasih.
NPM : 2053053006
pembelajaran IPS di era globalisasi ini hendaknya terintegrasi dengan pendidikan global dalam proses pembelajaran. Hal ini dimaksudkan untuk membangun atau menumbuhkan pemikiran peserta didik agar berpikiran terbuka sehingga tidak hanya memandang sesuatu, keadaan, gejala atau persoalan hanya dengan sudut pandang yang sempit agar mereka mempunyai harapan besar terhadap masa depan dan mampu berkontribusi dalam menuntaskan persoalan-persoalan secara global. Pendidikan hanya akan dianggap bermakna apabila ditujukan sebagai persiapan peserta didik dalam menghadapi tugas hidupnya kelak di masyarakat. Dalam hal ini pembelajaran IPS di SD yang terintegrasi dengan pendidikan global dapat memberikan sumbangan yang berharga dalam rangka mendidik peserta didik menjadi warga masyarakat yang mampu bermasyarakat, mampu bekerjasama dengan orang lain, dan mampu memecahkan masalah-masalah sosial, ekonomi, politik yang dihadapinya di masyarakat. sehingga diharapkan pengalaman belajar yang dialami peserta didik pada pembelajaran IPS saat ini tidak hanya belajar tentang masyarakat, tetapi belajar bagaimana cara bermasyarakat, baik secara lokal maupun global.
npm: 2053053022
izin menanggapi mengenai hal tersebut pak,bahwa dalam menghadapi hal seorang pendidik harus mampu bertanggung jawab kepada para peserta didik untuk mengembangkan atau memberi bekal keahlian, kemampuan yang di maksut yaitu kemampuan percaya diri untuk menghadapi tantangan kehidupan yang semakin berat.Agar mereka dapat bersikap positip untuk hidup secara efektif di dunia (ruang) dengan sumbersumber alam yang terbatas, perbedaan kebudayaan dan interdependensi yang semakin meningkat
Dengan demikian cara pandang yang mungkin sempit selama ini harus berubah menjadi cara pandang yang luas dan global Artinya, segala sesuatu peristiwa dan masalah harus dipandang dari sudut kepentingan global.Dengan demikian perlu dilakukan upaya-upaya pendidikan dalam meningkatkan kehatihatian, kewaspadaan khususnya generasi muda dalam menghadapi arus globalisasi yang merambah dunia termasuk Indonesia.Pada kenyataan di lapangan pembelajaran IPS masih berorientasi pada hanya menghafal fakta-fakta tanpa mau mengkaitkan dengan pesoalan yang sedang dihadapi masyarakat pada umumnya dan individu pada khususnya, apalagi mengkaitkan dengan masalah-masalah global yang sesungguhnya juga dapat mempengaruhi kehidupan individu dan masyarakat luas.