Forum diskusi kelompok

Kelompok 5

Kelompok 5

by Hafid Alzain 2013021001 -
Number of replies: 27

Silahkan kelompok 5 berdiskusi disini

In reply to Hafid Alzain 2013021001

Re: Kelompok 5

by Jihan Tama Farasiska 2113021027 -
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Selamat pagi teman-teman....
Hari ini kita diskusi tentang pendekatan konstruktivisme ya. Untuk yang sudah menemukan video pembelajaran nya bisa langsung di share disini ya
In reply to Jihan Tama Farasiska 2113021027

Re: Kelompok 5

by Ulfiyana 2113021025 -
wa'alaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh, pagiii jihan.
Ini video pembelajaran yang aku dapet. Mungkin bisa ditonton dulu, kalau udah sesuai nanti kita analisis sama-sama. 
In reply to Ulfiyana 2113021025

Re: Kelompok 5

by Salsabila 2113021051 -
Kalau aku setuju juga sama seperti yang lainnya, guru pada video tersebut telah menerapkan pendekatan konstruktivisme. Dilihat pada saat siswa berdiskusi guru tersebut menjadikan dirinya sebagai fasilitator sedangkan siswa yang aktif dalam proses diskusi tersebut kemudian siswa juga mempresentasikan serta menjelaskan dihadapan teman-temannya.

Hanya saja suara guru di dalam video tersebut tidak terdengar lebih jelas dan terdapat kesalahan siswa dalam penulisan di papan tulis, mungkin guru tersebut tidak melihatnya atau kurang teliti. Pada no 2b seharusnya itu dikali bukan ditambah tapi hasilnya benar hanya salah penulisan simbolnya saja yang salah.
In reply to Salsabila 2113021051

Re: Kelompok 5

by Salsabila 2113021051 -
Menurut saya, guru tersebut masih kurang dalam mengkondisikan suasana kelas sehingga masih ada siswa yang mengobrol, bercanda
In reply to Salsabila 2113021051

Re: Kelompok 5

by Asri Anjani 2113021073 -
saya setuju dengan saudari salsabila, guru telah menerapkan pendekatan konstruktivisme tetapi belum maksimal dikarenakan keadaan dalam kelas sehingga kemungkinan pengaruh pembelajaran konstruktivisme yang sudah guru terapkan hanya berlaku kepada beberapa siswa yang aktif dan memperhatikan saat proses pembelajaran berlangsung
In reply to Ulfiyana 2113021025

Re: Kelompok 5

by Asri Anjani 2113021073 -
Menurut saya guru telah menerapkan psmbelajaran konstruktivisme, terlihat pada video guru terlihat lebih banyak berinteraksi dengan siswa untuk lebih memahami apa yang mereka ketahui dan pikirkan seperti menanyakan manfaat dari belajar volume agar tidak terpaku pada konsep saja, guru juga memberikan rangsangan dengan upaya meningkatkan rasa ingin tahu siswa dan membantu mereka dalam mengekspresikan gagasannya melalui sistem kelompok dan pemberian lkpd, guru menyampaikan tujuan pembelajaran, guru memahami cara belajar yang mungkin lebih mudah dipahami oleh siswa dengan menjelaskan dengan contoh benda² konkret bervolume dalam kehidupan (seperti akuarim) sehingga dengan sistem tanya jawab, diskusi berkelompok, pemberian lkpd dan interaksi penuh oleh siswa, pembelajaran dapat menjadi lebih aktif
In reply to Jihan Tama Farasiska 2113021027

Re: Kelompok 5

by Jihan Tama Farasiska 2113021027 -
Oke, jadi guru pada video tersebut sudah menerapkan pendekatan konstruktivisme. Bisa dilihat di mana siswa yang berusaha untuk memecahkan soal yang diberikan dengan melakukan diskusi dan interaksi dengan teman kelompoknya. Guru tidak memberikan jawaban ke pada siswa. Saat siswa maju untuk mempresentasikan jawabannya, guru juga memberikan kesempatan kepada kelompok lain untuk menanggapi jawaban tersebut sebelum guru mengatakan jawaban siswa benar atau salah
In reply to Jihan Tama Farasiska 2113021027

Re: Kelompok 5

by MUHAMMAD ZAINAL ABIDIN 2113021049 -
Setujuu mba jihan, pada video di atas siswa sangat berperan aktif pada kegiatan belajarnya, metode yang digunakan gurunya pun sangatt cocok dan membuat siswanya tidak terlalu terbebani, di mulai dengan penjelasan singkat terlebih dahulu, kemudian siswa di biarkan diskusi mengenai soal yang di berikan agar siswa diberi kesempatan mengungkapkan jawaban, kemudian guru membiarkan siswa presentasi jawabannya dan membiarkan kelompok lain menanggapi, setelah itu guru memberi penjelasan yang lengkap mengenai materinya, menurut saya metode pendekatan ini cocok disebut konstruktivisme dan cocok jika para guru ingin mencoba menerapkannya dalam kegiatan belajar mengajar.
In reply to Jihan Tama Farasiska 2113021027

Re: Kelompok 5

by Asri Anjani 2113021073 -
saya setuju dengan saudari jihan, guru telah menggunakan pendekatan konstruktivisme, jadi guru dapat terlehih dahulu mengukur kemampuan peserta didik dalam memahami materi, dengan begitu guru dapat mengevaluasi serta memberbaiki hal hal yang belum dipahami oleh peserta didik melalui diskusi dan interaksi berkelompok antar peserta didik yang telah dilakukan, serta dapat memanvcing kegiatan siswa menjadi lebihh aktif karena siswa diberikan untuk menyampaikan gagasan dan hasil kerjanya
In reply to Jihan Tama Farasiska 2113021027

Re: Kelompok 5

by Ulfiyana 2113021025 -
Dari video pembelajaran di atas, terlihat guru telah menerapkan pembelajaran konstruktivisme.
Seperti namanya, teori belajar ini kan mengharapkan siswa untuk mengkonstruksikan konsep melalui pendekatan-pendekatan yang mendukung.
Nah pada video tersebut, setelah menyampaikan tujuan pembelajaran, beliau tidak serta merta menyampaikan konsep. tapi dipancing dulu dengan pertanyaan "kalian tau ga manfaat kita belajar volume tuh apa?" dan diarahkan diskusinya ke benda konkret yg dalam video disebutkan akuarium. lalu pendekatan lainnya adalah melalui metode berkelompok dan penggunaan lembar kerja siswa. dengan berkelompok, siswa jadi lebih banyak berinteraksi dan bertukar pikiran dengan teman sebayanya sebelum menentukan kesimpulan serta lembar kerja yang membantu mengarahkan diskusi mereka.
In reply to Jihan Tama Farasiska 2113021027

Re: Kelompok 5

by Salsabila 2113021051 -
Izin bertanya teman-teman, dari beberapa video pembelajaran yang telah saya tonton kenapa guru kebanyakan menggunakan LKPD? Apakah itu lebih mempermudah guru dan siswa? Apa boleh memakai media pembelajaran lain? Terima kasih
In reply to Salsabila 2113021051

Re: Kelompok 5

by Jihan Tama Farasiska 2113021027 -
Izin menjawab. Menurut saya, penggunaan LKPD adalah pilihan dari guru tersebut disesuaikan juga dengan materi yang akan diajarkan dan disesuaikan pula dengan pendekatan yang akan digunakan. Khusus untuk pendekatan konstruktivisme ini, guru harus dapat membuat siswa dapat mengkonstruksi pemahamannya sendiri. Dan di dalam LKPD, siswa akan diarahkan secara terstruktur untuk dapat memahami konsep dengan baik, tetapi perlu diingat bahwa pemberian LKPD tersebut tetap harus didampingi oleh guru agar tidak terjadi miskonsepsi dan kesalahan dalam konstruksi siswa
In reply to Jihan Tama Farasiska 2113021027

Re: Kelompok 5

by Salsabila 2113021051 -
Oalah seperti itu ya Jihan, jadi penggunaan LKPD itu tetap harus menyesuaikan dgn isi materi yg akan disampaikan dan juga pada pendekatan konstruktivisme ini akan lebih cocok jika menggunakan LKPD, oke terima kasih yaa atas jawabannya Jihan
In reply to Jihan Tama Farasiska 2113021027

Re: Kelompok 5

by Asri Anjani 2113021073 -
saya setuju dengan saudari jihan bahwa pengunaan lkpd ini disesuaikan dengan materi yang diajarkan, dan menurut saya juga lkpd cocok digunakan dalam pendekatan konstruktivisme, mengapa? karena pada dasarnya pendekatan konstruktivisme bertujuan berkaitain dengan manfaat dari lkpd yaitu untuk mengaktifkan peserta didik dalam proses pembelajaran (melalui interaksi kelompok saat pengerjaan maupun penyampaian gagasan setelah pengerjaan lkpd), membantu mengembangkan konsep (karena pada dasarnya pada lkpd disuguhi terlebih dahulu materi sebelum siswa menjawab soal), melatih menemukan dan mengembangkan keterampilan proses (proses berpikir dalam berdiskusi kelompok), sebagai pedoman bagi pendidik dan peserta didik dalam melaksanakan proses pembelajaran matematika yang terurut (penjelasan dasar materi kemudian penyuguhan soal-soal yang sesuai dengan materi yang diberikan).

saya juga setuju bahwa dalam pemberian lkpd tetap harus didampingi oleh guru agar tidak terjadi miskonsepsi dan kesalahan dalam konstruksi siswa

Dalam hal ini bukan berarti media pembelajaran yang digunakan harus selalu LKPD, boleh menggunakan model pembelajaran lain yang mungkin menurut guru akan lebih membuat siswa lebih interaktif, hanya saja perlu penyesuaian dengan materi yang akan dibahas

dan perlu diingat bahwa tujuan pemberian lkpd bukan untuk menggantikan tanggung jawab guru dalam proses belajar, melainkan dengan harapan dapat menumbuhkan minat peserta didik terhadap pembelajaran melalui diskusi dan pelaksanaan langkah kerja.
In reply to Salsabila 2113021051

Re: Kelompok 5

by Ulfiyana 2113021025 -
banyak ya keunggulan menggunakan LKPD, di antaranya kalau di LKPD itu biasanya dicantumkan KD nya jadi siswa bisa mengetahui apa yg akan mereka pelajari. lalu dengan mengerjakan LKPD secara tidak langsung siswa juga dituntut untuk menuliskan apa yang mereka pelajari. jadi belajarnya tidak hanya membaca saja.
Boleh ngga menggunakan media pembelajaran yg lain? boleh dongg, kan banyak tuh media yg lain selain lkpd. jadi sekreatifnya guru menerapkan yg paling efektif itu bagaimana. lebih bagus kalau beberapa media pembelajaran bisa dikolaborasikan.
In reply to Hafid Alzain 2013021001

Re: Kelompok 5

by Jihan Tama Farasiska 2113021027 -
Baiklah, dikarenakan waktu kuliah telah berakhir, mari kita akhiri diskusi kita pada vclass ini dan dapat dilanjutkan diskusi untuk penyusunan laporan lebih lanjut melalui grup WA.

Mohon maaf apabila terdapat kesalahan dalam memandu jalannya diskusi pada hari ini, saya akhiri Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh...