Silahkan kelompok 2 berdiskusi disini
Assalamualaikum, selamat pagi!
Semoga sehat selalu ya rekan2 kelompok 2!
Pada kesempatan kali ini kita akan menganalisis sebuh video pembelajaran yg menggunakan teori pendekatan konstruktivisme yang sudah kita cari sebelumnya, yaitu terdapat pada link berikut:
Terima kasih!
Waalaikumsalam Warrahmatullahi Wabarakatuh, iya terima kasih sena.
Hai Jen! Gimana nih menurutrmu mengenai penerapan pembelajaran konstruktivisme yang ada dlm video ini?
Menurut saya, pembelajaran pada video tersebut menunjukkan gurunya telah menerapkan pembelajaran dengan pendekatan konstruktivisme yang baik dengan menggunakan beberapa tahapannya, yaitu seperti tahap
persepsi (mengungkap konsepsi awal dan membangkitkan motivasi belajar siswa), tahap eksplorasi (siswa diberi kesempatan untuk menyelidiki dan menemukan konsep),
dan tahap diskusi dan penjelasan konsep (siswa diminta membuat kelompok dan diberi kajian materi serta lkpd untuk diselesaikan). Sehingga siswa akan lebih aktif dan dapat meningkatkan rasa penasarannya terhadap materi yang diberikan.
persepsi (mengungkap konsepsi awal dan membangkitkan motivasi belajar siswa), tahap eksplorasi (siswa diberi kesempatan untuk menyelidiki dan menemukan konsep),
dan tahap diskusi dan penjelasan konsep (siswa diminta membuat kelompok dan diberi kajian materi serta lkpd untuk diselesaikan). Sehingga siswa akan lebih aktif dan dapat meningkatkan rasa penasarannya terhadap materi yang diberikan.
Setuju Jen! Sehingga pembelajaran terkesan menyenangkan dan siswa dapat memahami konsep dengan baik kan ya
Iya benar sekali sena, sehingga siwa tidak bosan dalam mengikuti pembelajaran.
Waalaikumsalam, selamat pagi, Sen!
Izin menanggapi, menurut saya video tersebut sudah menggunakan teroi pendekatan konstruktivisme, seperti yang tertuang dalam jurnal yang kita dapatkan pada minggu lalu, yang mengatakan "Dengan kata lain, siswa belajar dengan memasukkan informasi baru bersama dengan apa yang sudah mereka ketahui".
Jadi menurut saya, kita bisa menggunakan video tersebut untuk mengkaji materi dan menganalisis video pembelajaran.
Izin menanggapi, menurut saya video tersebut sudah menggunakan teroi pendekatan konstruktivisme, seperti yang tertuang dalam jurnal yang kita dapatkan pada minggu lalu, yang mengatakan "Dengan kata lain, siswa belajar dengan memasukkan informasi baru bersama dengan apa yang sudah mereka ketahui".
Jadi menurut saya, kita bisa menggunakan video tersebut untuk mengkaji materi dan menganalisis video pembelajaran.
Setuju banget, menurut sy juga ini udah sejalan dengan ciri-ciri belajar konstruktivisme yg dikemukakan oleh Driver dan Oldhan (1994) dimana video tersebut sudah menerapkan apa itu yang dimaksud dengan pembelajaran konstruktivisme. Yaitu:
1. Orientasi, siswa diberikan kesempatan untuk mengembangkan motivasi dengan pemberian kesempatan melakukan observasi mengenai bangun datar secara berkelompok.
2. Elitasi, siswa mengembangkan idenya melalui diskusi secara berkelompok.
3. Rekontruksasi, yaitu klarifikasi serta evaluasi ide oleh guru.
4. Penggunaan ide baru, dimana tampak siswanya menentukan luas permukaan dan juga volume menggunakan bantuan alat bantu belajar yang konkret dan juga seperti kata mu dimana siswa belajar dengan memasukkan informasi baru bersama dengan apa yang sudah mereka ketahui.
5. Review, pada akhir pembelajaran guru memberikan kesimpulan untuk mengulas ulang materi yang dipelajari.
Menurutmu gimana? Setujukah?
1. Orientasi, siswa diberikan kesempatan untuk mengembangkan motivasi dengan pemberian kesempatan melakukan observasi mengenai bangun datar secara berkelompok.
2. Elitasi, siswa mengembangkan idenya melalui diskusi secara berkelompok.
3. Rekontruksasi, yaitu klarifikasi serta evaluasi ide oleh guru.
4. Penggunaan ide baru, dimana tampak siswanya menentukan luas permukaan dan juga volume menggunakan bantuan alat bantu belajar yang konkret dan juga seperti kata mu dimana siswa belajar dengan memasukkan informasi baru bersama dengan apa yang sudah mereka ketahui.
5. Review, pada akhir pembelajaran guru memberikan kesimpulan untuk mengulas ulang materi yang dipelajari.
Menurutmu gimana? Setujukah?
Setuju bangett Sennn.
Guru di video tersebut sudah melaksanakan kelima hal itu dengan benar sesuai dengan urutannya jugaa.
Guru di video tersebut sudah melaksanakan kelima hal itu dengan benar sesuai dengan urutannya jugaa.
Coba disebutkan di menit ke berapa saja guru menerapkan ciri-ciri belajar kontruktivisme
1. Orientasi 04.10
2. Elitasi 05.20
3. Rekontruksasi 07.00 , selain ada dalam menit ke-7 ciri ini juga dilakukan oleh guru sembari siswa berdikusi(elitasi) dan penggunaan ide baru, di video tampak guru membimbing siswanya dalam penggunaan ide baru tersebut kak.
4. Penggunaan ide baru 07.50
5. Review 12.33 sampai selesai
2. Elitasi 05.20
3. Rekontruksasi 07.00 , selain ada dalam menit ke-7 ciri ini juga dilakukan oleh guru sembari siswa berdikusi(elitasi) dan penggunaan ide baru, di video tampak guru membimbing siswanya dalam penggunaan ide baru tersebut kak.
4. Penggunaan ide baru 07.50
5. Review 12.33 sampai selesai
Bener banget Sen, jadi untuk rekontruksi tu guru menerapkan dari mulai menit ke 7.00 sampai diskusi kelompok tersebut selesai.
Eh iya juga ya, gurunya selalu mengevaluasi ide-ide supaya tidak kelujar topik, sy setuju sama pendapatmu!
Saya juga setuju dengan sena bahwa pada video tersebut guru telah menerapkan kelima hal tersebut.
Fathiyah sm Mikael ayoo muncull hehe
Waalaikumsalam, Selamat pagiii
Izin menanggapi, saya setuju dengan pendapat jenita, sena dan namira, bahwasanya vidio tersebut sudah menerapkan pembelajaran dengan pendekatan teori konstruktivisme dimana guru telah menjelaskan konsep awal pembelajaran dan juga membangkitkan motivasi semangat belajar siswa, yang kemudian siswa diberikan lembar lkpd dengan tujuan agar siswa bisa mengeksplorasi (kesempatan untuk menyelidiki dan menemukan konsep) secara diskusi berkelompok. Di akhir pembelajaran juga, guru menjelaskan kesimpulan2 yg telah di pelajari siswa dengan tujuan untuk pengiaran konsep pembelajaran.
Izin menanggapi, saya setuju dengan pendapat jenita, sena dan namira, bahwasanya vidio tersebut sudah menerapkan pembelajaran dengan pendekatan teori konstruktivisme dimana guru telah menjelaskan konsep awal pembelajaran dan juga membangkitkan motivasi semangat belajar siswa, yang kemudian siswa diberikan lembar lkpd dengan tujuan agar siswa bisa mengeksplorasi (kesempatan untuk menyelidiki dan menemukan konsep) secara diskusi berkelompok. Di akhir pembelajaran juga, guru menjelaskan kesimpulan2 yg telah di pelajari siswa dengan tujuan untuk pengiaran konsep pembelajaran.
Waalaikumsalam Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Izin menyampaikan pendapat, saya sangat setuju dengan pendapat teman teman semua. Dari video pembelajaran di atas guru sudah menerapkan dengan baik, dan siswanya pun sudah dapat mengexplor kemampuan mereka lewat lkpd
Izin menyampaikan pendapat, saya sangat setuju dengan pendapat teman teman semua. Dari video pembelajaran di atas guru sudah menerapkan dengan baik, dan siswanya pun sudah dapat mengexplor kemampuan mereka lewat lkpd