Forum Diskusi Kelompok

Forum Diskusi Kelompok

Forum Diskusi Kelompok

Jumlah balasan: 62

Ini adalah forum diskusi kelompok untuk mendiskusikan laporan hasil analisis video dan materi untuk di kelas teori yaitu Pendekatan Konstruktivisme. setiap kelompok membuka forum diskusi masing-masing kelompoknya dan berdiskusi dalam kelompok tersebut hingga perkuliahan berakhir dipimpin oleh ketua kelompok. Terimakasih


Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Diskusi Kelompok

oleh Jihan Tama Farasiska 2113021027 -
Sebagai balasan Jihan Tama Farasiska 2113021027

Re: Forum Diskusi Kelompok

oleh Jihan Tama Farasiska 2113021027 -
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Untuk kelompok 5 kita diskusi mengenai laporan analisis video terlebih dahulu ya. Nah, menurut saya seperti ini:
Guru pada video tersebut sudah menerapkan teori belajar humanistik dan sibernetik. Meskipun penerapan teori tersebut tidak terlalu terlihat, akan tetapi beberapa aktivitas yang terjadi selama proses pembelajaran menunjukkan adanya penerapan dari kedua teori tersebut. Contohnya di saat guru bertaya mengenai bentuk grafik fungsi dan siswa menjawab bahwa mereka tidak tahu. Guru tersebut memberikan tampilan langsung dengan memanfaatkan geogebra. Setelah itu, tampilan tersebut akan membantu siswa dalam menyelesaikan soal-soal yang sudah diberikan. Disini terlihat bagaimana guru mampu memahami bahwa sebuah informasi untuk dapat diterima oleh siswa itu membutuhkan proses. Sehingga diperlukan langkah-langkah dan pendekatan yang tepat untuk membuat siswa memahami apa yang ingin disampaikannya. Ini adalah salah satu bentuk dari penerapan teori sibernetik.

Selain itu pula, bagaimana guru melibatkan siswa selama proses pembelajaran. Dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk mencoba langsung cara menggunakan geogebra untuk membantu mereka agar lebih paham dengan materi yang diajarkan. Pada video juga terlihat bahwa guru dengan ramah membantu siswa, disinilah terlihat bagaimana peran guru sebagai fasilitator yang menjadi kunci dari teori belajar humanistik. Yaitu bagaimana guru tersebut mampu menghargai berbagai ide dan pendapat dari siswa. Karena guru yang baik dalam teori belajar humanistik ini adalah guru yang mampu menyediakan berbagai sumber informasi untuk siswanya dengan melihat penting kondisi emosional siswa.

Untuk yang punya tambahan pendapat bisa langsung reply. Atau kalau menurut kalian ada yang salah atau tidak sesuai bisa langsung bilang ya
Sebagai balasan Jihan Tama Farasiska 2113021027

Re: Forum Diskusi Kelompok

oleh Salsabila 2113021051 -
Sebelumnya terima kasih kepada saudari Jihan yang telah memimpin diskusi kelompok 5 pada hari ini.

Saya sependapat dengan pendapat saudari Jihan, dimana peran guru sebagai fasilitator yang memberikan perhatian mulai dari suasana awal, situasi kelompok hingga pengalaman kelas. Kemudian dia mencoba mengatur dan menyediakan sumber-sumber yang paling luas dan mudah dimanfaatkan oleh siswa dalam membantu mencapai tujuan mereka, salah satunya pengaplikasian geogebra secara langsung terhadap siswanya.
Sebagai balasan Salsabila 2113021051

Re: Forum Diskusi Kelompok

oleh Jihan Tama Farasiska 2113021027 -
Menurut kamu, apakah memberikan perhatian pada suasana awal yang dimaksud itu dengan salam dan berdo'a atau yang bagimana ya?
Sebagai balasan Jihan Tama Farasiska 2113021027

Re: Forum Diskusi Kelompok

oleh MUHAMMAD ZAINAL ABIDIN 2113021049 -
Sebelumnya terimakasih kepada jihan, yang telah memimpin diskusi kelompok 5 pada pagi hari ini.
Disini saya izin berpendapat.

Saya sangat setuju dengan apa yang di sampaikan jihan, peran guru memang sangat penting terhadap perkembangan siswa, dimana guru harus sangat paham mengenai apa yang di sampaikannya dan juga harus paham mengenai siswanya bahwa siswa menerima suatu informasi baru akan membutuhkan proses untuk diterima di otak maka peran guru disini sangat penting untuk membuat pemahaman siswa terbentuk, peran guru pun sebagai fasilitator siswa dalam memberukan perhatian dan memahami emosional siswanya.
Sebagai balasan Jihan Tama Farasiska 2113021027

Re: Forum Diskusi Kelompok

oleh Asri Anjani 2113021073 -
waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh terimakasih kepada saudari jihan yang telah memulai diskusi kelompok 5
saya setuju dengan saudari jihan, guru sebagai fasilitator memberikan penjelasan materi serta memberikan kesempatan kepada siswa untuk berdiskusi serta dan berproses (dari yang belum paham menjadi lebih paham) dengan mengerjakan soal serta geogebra dalam pemaparannya

hal inilah yang membuat pembelajaran yang dilakukan menjadi lebih interaktif
Sebagai balasan Asri Anjani 2113021073

Re: Forum Diskusi Kelompok

oleh Asri Anjani 2113021073 -
izin menambahkan kembali

Berikut adalah proses pembelajaran yang dilalui pada video tersebut secara singkat :

-guru melakukan persiapan sebelum mengajar
-guru melakukan tanya jawab terkait pembelajaran sebelumnya
-guru melakukan pembelajaran menggunakan tayangan power point serta menyampaikan tujuan pembelajaran
-peserta didik melakukan kegiatan berkelompok (sesi tanya jawab) untuk mendiskusikan soal fungsi kuadrat kemudian guru memastikan apakah peserta didik sudah mengetahui bentuk grafik di salah satu soal yang diberikan saat kegiatan kerja kelompok, kemudian ketika peserta didik belum mengerti, guru pun menjelaskan (menggambarkan fungsi kuadrat) menggunakan aplikasi geogebra
-lalu, kegiatan berkelompok dilanjutkan dengan mengerjakan lembar kerja/soal,
-peserta didik melakukan presentasi untuk memaparkan hasil diskusinya dengan membacakan hasil pengerjaan soal serta melakukan presentasi menggunakan geogebra
kemudian di sesi terakhir guru menyimpulkan hasil pembelajaran dengan menjelaskan kembali apa yang sudah dipelajari serta menanyakan kembali kepada peserta didik untuk memastikan apakah mereka sudah memahami materi persamaan kuadrat yang sudah dipelajari.

Jadi menurut saya dilihat dari proses pembelajarannya, pada video tersebut salah satu contoh teori sibernetik adalah guru memastikan apakah siswa sudah memahami materi yang disampaikan selama proses belajar kemudian jika dirasa siswa belum paham guru menjelaskan ulang setelah itu baru guru menyakan kembali untuk memastikan lagi apakah siswa sudah memahami materi, kemudian contoh penerapan teori sibernetiknya adalah guru menggunakan geogebra untuk menjelaskan(menggambarkan grafik) serta siswa diberikan kesempatan untuk menggunakan geogebra saat presentasi.
Sebagai balasan Jihan Tama Farasiska 2113021027

Re: Forum Diskusi Kelompok

oleh Ulfiyana 2113021025 -
menurutku pengaplikasian geogebra bagus sih. soalnya sekalian mengenalkan bahan belajar interaktif dan berbasis teknologi yang menurutku masi jarang diterapkan kepada siswa menengah
Sebagai balasan Jihan Tama Farasiska 2113021027

Re: Forum Diskusi Kelompok

oleh Jihan Tama Farasiska 2113021027 -
Baiklah, dikarenakan waktu kuliah sudah lewat. Kita akan lanjutkan diskusi via grup saja.
Sebelumnya saya memohon maaf apabila terdapat kesalahan. Saya akhiri, waalssalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Diskusi Kelompok

oleh AULIA SENAWATI 2113021009 -
Sebagai balasan AULIA SENAWATI 2113021009

Re: Forum Diskusi Kelompok

oleh AULIA NAMIRA SYAHPUTRI 2113021045 -
Sebagai balasan AULIA NAMIRA SYAHPUTRI 2113021045

Re: Forum Diskusi Kelompok

oleh AULIA SENAWATI 2113021009 -
Hai putri!

Menurut pendapat saya kegiatan belajar mengajar oleh guru dalam video yang telah disajikan sudah menerapkan teori belajar humanistik dan sibernetik.

Pada pembelajaran tersebut guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan diri melalui diskusi kelompok yang kemudian mempresentasikan hasil diskusinya dan juga guru tersebut memfasilitasi peserta didik dengan sumber belajar yang beragam yaitu LKPD dan geogebra. Fakta ini menunjukkan bahwasannya guru tersebut telah menerapkan teori humanistik (memanusiakan manusia).

Guru dalam video tersebut juga membimbing peserta didik memahami informasi yang cocok, membantu siswa memahami konsep dari fungsi kuadrat, yang pada dasarnya mengedepankan suatu proses yang diharapkan pembelajaran tersebut tidak hanya tersimpan di short-term (working) memory tetapi tersimpan selamanya di long-term memory. Sehingga dapat disimpulkan guru tersebut telah menerapkan teori sibernetik dalam pembelajaran.

Bagaimana menurutmu? setujukah?
Sebagai balasan AULIA SENAWATI 2113021009

Re: Forum Diskusi Kelompok

oleh AULIA NAMIRA SYAHPUTRI 2113021045 -
Setuju banget sen, guru dalam video juga memiliki pembawaan diri yang baik dan hangat, sehingga terlihat bahwa siswa merasa nyaman dalam pembelajaran matematika tersebut. Cara mengajar guru dalam video juga melibatkan reaksi emosional (simpati dan empati) terhadap hasil kerja kelompok-kelompok tersebut. Terakhir tambahan dari saya, guru tersebut sangat menghargai akan pendapat kelompok yang maju dan hal ini membuat siswa kelompok yang maju merasa percaya diri.
Sebagai balasan AULIA NAMIRA SYAHPUTRI 2113021045

Re: Forum Diskusi Kelompok

oleh AULIA SENAWATI 2113021009 -
Iyaa put betul sekali! Saya setuju sama pendapatmu! Bagaimana nih pendapat anggota kelompok 2 yang lain? (Jenita, Mikael, Fathiyah)

Oiya put, apa pendapatmu tentang pembelajaran matematika yang menerapkan teori Pendekatan Konstruktivisme?
Sebagai balasan AULIA SENAWATI 2113021009

Re: Forum Diskusi Kelompok

oleh AULIA NAMIRA SYAHPUTRI 2113021045 -
Untuk pendekatan konstruktivisme, tadi saya sudah mencari jurnal di google scholar sen, ini salah satu dapusnya. untuk pdf jurnalnya, nanti sya kirim via WA Grup yaa.

Dhani, Muh Ilham, Tian Abdul Aziz, and Lukman El Hakim. (2022). "Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Konstruktivisme." JURNAL PENDIDIKAN MIPA Vol.12 No.4 .
Sebagai balasan AULIA NAMIRA SYAHPUTRI 2113021045

Re: Forum Diskusi Kelompok

oleh AULIA SENAWATI 2113021009 -
Oke putri! Terima kasih atas pendapatnya! Nanti saya baca ya jurnalnya di wa group!

Baiklah sepertinya waktu berdiskusi di fordis ini sudah berakhir, kalau begitu nanti kita lanjutkan pembahasannya di wa group ya temen-temen kelompok 2!

Saya selaku ketua kelompok mohon maaf atas segala kekurangan dan kesalahan saya ya! Sampai jumpa!
Sebagai balasan AULIA SENAWATI 2113021009

Re: Forum Diskusi Kelompok

oleh Jenita Eka Lishani_2113021039 -
Mengenai teori pendekatan konstruktivisme sendiri sebagai teori belajar menurut saya sangat diperlukan untuk membantu guru matematika berubah dari pengajaran tradisional ke pembelajaran di mana siswa dan guru bekerja bersama memecahkan masalah, menemukan dan membangun pengetahuan.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Diskusi Kelompok

oleh Reni Auliana Amri 2113021007 -
Sebagai balasan Reni Auliana Amri 2113021007

Re: Forum Diskusi Kelompok

oleh Reni Auliana Amri 2113021007 -
Anggota Kelompok 4 yuk kita diskusi. Kalo mnrt aku ginii, kl misal kalian punya pendapat yang berbeda atau ada tambahan silakan reply ini aja yaa, atau kalau misal pendapatku ada yang kurang sesuai bisa tolong koreksi yaa temen2

Hasil analisis saya terhadap video pembelajaran tersebut. Pada teori humanistik tujuan pembelajaran lebih kepada proses belajarnya daripada hasil belajar. Dan pada video pembelajaran tersebut, guru telah melakukan proses pembelajaran sebagai tujuan pembelajaran teori humanistik yaitu merumuskan tujuan belajar yang jelas, siswa didorong untuk bebas mengemukakan pendapat (hal ini telah diterapkan pada video pemelajaran dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk menjawab pertanyaan yang diajukan), guru menerima siswa apa adanya (dibuktikan dengan guru bersikap tidak mengintimidasi siswa yang belum tahu dan guru menghargai jawaban yang dikemukakan oleh siswa). Kemudian prinsip belajar teori humanistik adalah belajar yang bermakna diperoleh jika siswa melakukannya, belajar lancar jika siswa dilibatkan dalam proses belajar dan belajar yang melibatkan siswa seutuhnya dapat memberi hasil yang mendalam (prinsip ini telah diterapkan oleh guru dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk mempresentasikan diskusi kelompok dan diberikan kesempatan untuk turut menggunakan geogerba).

Dalam video pembelajaran tersebut juga telah menerapkan teori sibernetik ditunjukkan dengan saat guru bertanya apakah siswa mengetahui bentuk kurva y=x^2-4x dan siswa menjawab belum tahu, guru tersebut menunjukkan kurva dengan bantuan geogebra, dan dengan bantuan gambar yang guru berikan siswa diminta mengerjakan LKPD yang telah disediakan. Ini berarti guru memahami bahwa sebuah informasi untuk dapat diterima oleh siswa itu membutuhkan proses. Dan pada proses pembelajaran, guru bertanya apakah siswa memahami materi yang dijelaskan dan siswa menjawab, ini merupakan sebuah feedback yang diharapkan pada teori sibernetik.
Sebagai balasan Reni Auliana Amri 2113021007

Re: Forum Diskusi Kelompok

oleh Retno Wulandari 2113021087 -
Saya sependapat dengan saudara Reni Auliana Amri. Selain itu, dalam teori humanistik memandang kalau belajar adalah proses menemukan potensi diri sebagai upaya untuk memanusiakan manusia. Dengan kata lain, individu menggali sendiri kemampuannya untuk kemudian diterapkan dalam lingkungannya. Penerapan terori humanistik terjadi saat guru mampu memahami siswa, bertindak ramah dan berusaha untuk membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran. Peran guru tersebut juga mampu menjadi fasilitator dalam tujuan pembelajaran untuk peserta didik agar potensi yang dimilikinya dapat berkembang dengan baik secara positif dapat dilihat juga pada awal pembelajaran dilakukan doa bersama sebelum belajar, guru menanyakan kabar siswa, kemudian memberikan penjelasan konsep diikuti dengan keterlibatan siswa, mengerjakan tugas secara berkelompok, dan melakukan tahap kesimpulan, diakhiri dengan doa kembali.

Kemudian, berdasarkan video tersebut dalam menerapkan teori sibernetik dilakukan langkah-langkah yang diterapkan oleh guru dalam mencapai proses pembelajaran yang baik, yaitu memanfaatkan aplikasi Geogebra, siswa berperan pada saat mencoba membuat grafik fungsi secara langsung di aplikasi geogebra. Akan tetapi, lebih baik lagi jika guru menjelaskan pula bagaimana cara membuat grafik secara manual, agar siswa paham dalam menggambar grafik yang tepat, konsep yang tertanam kepada siswa itu akan lebih baik dan tidak terus menerus mengandalkan aplikasi geogebra dalam pembelajaran, yang mana nantinya dapat membuat siswa itu malas berfikir.
Sebagai balasan Retno Wulandari 2113021087

Re: Forum Diskusi Kelompok

oleh INTAN SULY CIWING 2113021015 -
Izin menanggapi yaa, saya sangat setuju dengan pendapat teman-teman kelompok 4. menurut saya pembelajaran yang dilakukan guru tersebut sudah menerapkan teori belajar humanistik dan sibernetik. Seperti berdoa sebelum belajar dan menanyakan materi yang sebelumnya sudah disampaikan sebagai bentuk mempersiapkan siswa dalam proses belajar mengajar. Selain itu guru juga menunjukan grafik menggunakan geogebra saat siswa ketika siswa belum tau tentang materi yang disampaikan.
Pembagian kelompok dan mengerjakan LKPD, mengikutsertakan siswa dalam mencoba langsung penggunaan geogebra, dan menghargai pendapat siswa dengan ramah menjadi salah satu penerapan pembelajaran sibernetik dan humanistik
Sebagai balasan Reni Auliana Amri 2113021007

Re: Forum Diskusi Kelompok

oleh HESTI NUROHMAH 2113021019 -
Saya setuju dengan pendapat Reni, Tetapi saran saya guru harus menjelaskan pula membuat grafik secara manual (step by step) agar siswa paham bagaimana cara menggambar grafik yang tepat dan tertanam konsep yang benar.
Menurut kalian bagaimana?
Sebagai balasan HESTI NUROHMAH 2113021019

Re: Forum Diskusi Kelompok

oleh Retno Wulandari 2113021087 -
Iya, saya setuju dengan pendapat mba Hesti Nurohmah. Karena dengan membuat grafik secara manual, selain akan membuat siswa lebih tertanam konsep pembelajaran yang benar juga dapat melatih siswa untuk mengembangkan proses berfikirnya, karena jika hanya mengandalkan aplikasi geogebra atau aplikasi sejenis apapun itu dalam pembelajaran, dapat membuat siswa itu malas berfikir.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Diskusi Kelompok

oleh Azzahra Nurmala Zellin 2053021004 -
Sebagai balasan Azzahra Nurmala Zellin 2053021004

Re: Forum Diskusi Kelompok

oleh Azzahra Nurmala Zellin 2053021004 -
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Selamat pagi teman-teman Kelompok 3

1. Azzahra Nurmala Zellin 2053021004
2. Annisa Nur Efanti 2053021002
3. Puja Rosfarita 2113021041
4. Monalisa Masyiakh 2153021005
5. Faris Suci Senaila 2113021069

Hari ini kita akan mendiskusikan terkait video pembelajaran yang telah kita saksikan. Kita akan menganalisis laporan hasil video. Kita juga membahas materi pada teori belajar humanistik dan sibernetik.
Silahkan kepada rekan-rekan semua untuk berpendapat, disilahkan
Sebagai balasan Azzahra Nurmala Zellin 2053021004

Re: Forum Diskusi Kelompok

oleh Azzahra Nurmala Zellin 2053021004 -
Jika menurut pendapat saya sendiri Pada video pembelajaran tersebut terlihat bahwa Guru sudah menerapkan aplikasi Teori Pembelajaran Humanistik yaitu
• sebelum guru memulai pembelajaran inti, guru terlebih dahulu merumuskan “Tujuan Belajar” supaya siswa mengeathui capaian belajar yang harus dicapai siswa dalam pembelajaran tersebut.
• kemudian guru mengusahakan partispasi aktif dari sswa melalui diskusi kelompok yang sudah dibentuk sebelumnya.
• Setelah itu Guru mendorong siswa untuk mengembangkan kesangguoan siswa untuk belajar atas inisiatif sendiri. yaitu dengan mempresentasikan hasil diskusi
mereka terhadap kelompoknya. serta mendorong siswa untuk berfikir kritis, memaknai proses pembelajaran secara mandiri. Dalam video tersebut terlihat ketika siswa
mendiskusikan soal yang diberika oleh guru bersama dengan kelompoknya. Siswa dituntut untuk belajar mandiri untuk memecahkan soal tersebut.
• Siswa didorong untuk bebas mengemukakan pendapat hal itu terlhat ketika guru menanyakan pendapat dari salah satu siswa pada kelompok 1 dan kelompok terakhir mengenai bentuk kurva.

Kemudian untuk Penerapan Teori Sibernetik pada video tersebut yaitu:
• Teori sibernetik pada video pembelajaran tersebut terlhat ketika Guru melakukan tindakan untuk menarik perhatian siswa , hal itu dilakukan ketika Guru memberikan
pertanyaan secara individu kepada siswa dan siswa memberikan feedback dengan menjawab pertanyaan guru.
• kemudian sebelum memulai pembelajaran inti guru memberitahu mengenai tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
• Menyampaikan isi pembelajaran yang dibahas sesuai dengan topic yang telah ditetapkan yaitu pada video pembelajaran tersebut mengenai materi Fungsi Kuadrat.
Guru menyampaikan ulasan materi dan kemudian memberikan rangsangan kepada siswa sehingga siswa bisa memberikan feedback atas rangsangan tersebut.

Jika dari teman-teman ada yang ingin menambahkan pendapatnya dipersilakan
Sebagai balasan Azzahra Nurmala Zellin 2053021004

Re: Forum Diskusi Kelompok

oleh Annisa Nur Efanti 2053021002 -
Saya setuju dengan pendapat rara Pada video pembelajaran tersebut terlihat bahwa Guru sudah menerapkan aplikasi Teori Pembelajaran Humanistik Dan Sibernetik

Pada teori humanistik, pada awal pembelajaran guru memberitahukan tujuan pembelajaran terlebih dahulu sebelum menjelaskan materi pada pertemuan tersebut.
Setelah itu guru mendorong siswa agar lebih aktif dalam merespon pembelajaran agar suasana kelas menjadi aktif.
Kemudian guru mendorong kesanggupan siswa untuk belajar mandiri/inisiatif sendiri seperti memecahkan permasalahan soal yang telah diberikan guru untuk dikerjakan secara berkelompok tanpa bantuan guru. Siswa juga mempresentasikan hasil diskusi yang telah diperoleh dari kelompoknya masing masing.
Dalam hal siswa menyelesaikan soal secara berkelompok, akan membuat siswa berfikir kritis terhadap permasalahan soal dsn berdiskusi dengan teman kelompoknya masing-masing.
Kemudian guru menanyakan pendapat dari perwakilan kelompok mengenai bentuk kurva. Hal ini menandakan bahwa siswa didorong untuk bebas mengemukakan pendapat di dalam pembelajaran.

Pada teori Sibernetik, guru memberitahukan tujuan pembelajaran pada pertemuan tersebut. Guru juga menentukan materi pembelajaran dan menjelaskan mengenai materi tersebut. Setelah itu guru mengkaji sistem informasi yang terkandung dalam materi pelajaran tersebut. Maksudnya adalah guru menjelaskan materi umum yang akan dijelaskan secara langsung dengan siswa. Kemudian guru menentukan pendekatan belajar secara berkelompok dengan membuat sbeberapa kelompok untuk menyelesaikan permasalahan soal yang telah diberikan oleh guru. Guru juga membimbing siswa dalam menerapkan proses pembelajaran berkelompok dan menjelaskan beberapa hal tentang kurva.
Sebagai balasan Azzahra Nurmala Zellin 2053021004

Re: Forum Diskusi Kelompok

oleh Puja Rosfarita 2113021041 -
Terimakasih kepada moderator kak Azzahra yang sudah membuka diskusi.

Menurut saya dari video tersebut sudah menerapkan teori belajar humanistik dan teori belajar sibernetik. Contoh penerapan nya pada awal pembelajaran guru memulai dengan berdoa dan menanyakan kabar siswa untuk membangun keakraban dengan siswa tersebut. Kemudian guru memberikan informasi terkait materi yang akan diajarkan serta mengajarkan penggunaan aplikasi geogebra untuk menunjang penjelasan materi tersebut. Selain itu guru membangun rasa kepercayaan diri siswa dengan melakukan presentasi dan tanya jawab terkait hasil diskusi kelompok mengenai LKPD yang telah diberikan.
Terimakasih.
Sebagai balasan Azzahra Nurmala Zellin 2053021004

Re: Forum Diskusi Kelompok

oleh Azzahra Nurmala Zellin 2053021004 -
Baiklah karena jam perkuliahan ini sudah habis, dan teman-teman kelompok 3 sudah menanggapi saya selaku moderator mengajak teman-teman untuk melajutkan diskusinya di grub WA terkait penulisan laporannya. apabila ada salah kata saya mohon maaf. terima kasih

Mohon koreksinya bu
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Diskusi Kelompok

oleh SALSABILA TORISA 2113021037 -
KELOMPOK 7
1. Salsabila Torisa 2113021037
2. Remalia Ayu Septina 2113021023
3. Hana Sajidah 2113021031
4. Aldelia Destiana Putri 2113021043
5. Muthiah Qonita 2153021001
Sebagai balasan SALSABILA TORISA 2113021037

Re: Forum Diskusi Kelompok

oleh SALSABILA TORISA 2113021037 -
okeee. jadi kalo menurut saya pada pembelajaran yang telah diberikan ibu Irawati Fahmi, M.Pd tersebut telah menerapkan metode pembelajaran sibernetik dan humanistik. karena guru telah memberikan materi lalu memperkuat materinya dengan memberikan contoh menggunakan media belajar sehingga siswa dapat memberikan kesimpulan-kesimpulan bagi pembelajaran mereka saat itu. lalu, siswa membuat kelompok dan guru membiarkan siswa untuk bekerja sama dengan temannya sehingga semua siswa terlibat dalam penyelesaian masalah serta soal di LKPD. selain itu, guru memantapkan pemahaman siswa dengan menggunakan media Geogebra. sehingga pembelejaran saat itu efektif karena setelah diberikan materi siswa dapat membuat kesimpulannya sendiri diikuti dengan meluruskan kesimpulan tersebut oleh guru jika dirasa masih belum sempurna. gimana temen-temen? ada tanggapan lain gaa?
Sebagai balasan SALSABILA TORISA 2113021037

Re: Forum Diskusi Kelompok

oleh MUTHIAH QONITA 2153021001 -
saya setuju dengan pendapat mba torisa, guru telah menerapkan sesuai dengan teori humanistik yang beranggapan bahwa proses belajar dinilai lebih penting daripada hasil belajar itu sendiri. di dalam vidio, guru selalu melibatkan siswa dalam proses pembelajaran.
dan juga sesuai dengan teori sibernetik dimana belajar adalah pengolahan informasi.
Sebagai balasan SALSABILA TORISA 2113021037

Re: Forum Diskusi Kelompok

oleh REMALIA AYU SEPTINA 2113021023 -
Izin berpendapat, kalau di bagian teori belajar Sibernetik salah satu contoh penerapan yang dilakukan oleh ibu Irawati Fahmi, M.Pd adalah menjelaskan apa saja tujuan pembelajaran pada materi fungsi kuadrat sebelum dimulai nya pembelajaran tersebut. Pada kenyataannya tujuan pembelajaran merupakan hal yang penting dalam proses pembelajaran dikelas.
Sebagai balasan SALSABILA TORISA 2113021037

Re: Forum Diskusi Kelompok

oleh Hana Sajidah 2113021031 -
Hana Sajidah
2113021031

Berdasarkan video pembelajaran matematika SMP Kurikulum 2013 yang sudah saya amati, terlihat bahwa guru sudah mengaplikasikan teori humanistik dan teori sibernetik. Guru mampu memahami lingkungan sekitar dengan cara menjelaskan tujuan pembelajaran, agar siswa lebih paham tujuan pembelajaran yang akan dicapai pada pertemuan ini. Di video tersebut guru sebagai fasilitator melakukan model pembelajaran cooperative learning yang mana model pembelajaran ini dapat memfasilitasi siswa untuk mempermudah memahami konsep materi, hal ini tentu saja sejalan dengan teori belajar Humanistik. Dalam video tersebut guru mampu mengaplikasikan teori belajar Sibernetik dalam kegiatan pembelajaran, ditandai dengan kegiatan tanya jawab yang dilakukan guru dan siswa. Umpan balik yang dilakukan untuk mengetahui bahwa materi yang disampaikan telah dipahami. Di akhir video juga guru mengajak siswa untuk menarik kesimpulan tentang pembelajaran yang telah dilakukan, hal ini sangat sejalan dengan teori belajar Sibernetik bahwa guru telah memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengingat dan menggunakan hasil pembelajaran.
Sebagai balasan Hana Sajidah 2113021031

Re: Forum Diskusi Kelompok

oleh Aldelia Destiana Putri 2113021043 -
Saya setuju dengan pendapat mba hana
Guru tersebut sudah menerapkan teori belajar humanistik.
berdasarkan dari vidio yang telah saya amati sebelumnya
Model pembelajaran yang diterapkan oleh guru tersebut sudah baik dan terstruktur mulai dari mengulas materi yang telah di pelajari, kemudian melakukan tanya jawab dan berdiskusi kelompok. Dan saat proses diskusi guru tersebut melibatkan langsung siswanya. Sehingga hal tersebut membuat siswa bergerak untuk memahami dan mencoba aplikasi geogebra secara langsung. Dalam vidio dapat kita lihat bahwa guru tersebut sudah menerapkan teori belajar humanistik yaitu melibatkan siswanya secara langsung, memberikan ruang untuk berdiskusi dan menjelaskan secara rinci mengenai materi yang akan diajarkan.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Diskusi Kelompok

oleh VIRA HIDAYATUNNISA 2113021033 -
Menurut saya sendiri dalam video pembelajaran tersebut sudah bisa dikatakan video pembelajaran humanistik, karena siswa diajarkan untuk percaya diri akan kemampuannya. Contohnya seperti mereka mengerjakan LKPD yang diberikan oleh gurunya, disitu salah satu kelompok akan maju mempresentasikan hasil kerjanya dengan gaya pikir mereka sendiri. Itu merupakan salah satu contohnya, lalu bagaimana tanggapan lain kalian?
Sebagai balasan VIRA HIDAYATUNNISA 2113021033

Re: Forum Diskusi Kelompok

oleh Deswina Fitria Galuh 2113021081 -
Menurut saya video pembelajaran itu telah menerapkan teori belajar humanistik dan sibernetik. Contoh lain dari mengerjakan lkpd yaitu siswa dapat menggunakan aplikasi geogebra untuk membantu menggambar grafik fungsi, dilihat dari pembelajaran tersebut bahwa siswa sudah dapat mengolah informasi dengan apa yang mereka dapat.
Itu menurut saya, apa dari kel 6 ada yg punya tanggapan lain ?
Sebagai balasan Deswina Fitria Galuh 2113021081

Re: Forum Diskusi Kelompok

oleh VIRA HIDAYATUNNISA 2113021033 -
ya saya setuju, dan tidak hanya melihat dari aplikasi geogebra tetapi siswa dibantu oleh gurunya untuk mengambil kesimpulan yang akan membantu mereka mengingat seperti, contoh dua persamaan yang dapat menghasilkan bentuk kurva berbeda-beda dan akan memotong sumbu x atau y
Sebagai balasan Deswina Fitria Galuh 2113021081

Re: Forum Diskusi Kelompok

oleh Amelia Wulan Sari 2113021063 -
saya setuju dengan pendapat vira dan deswina, setelah mengerjakan lkpd secara berkelompok dan menggunakan aplikasi geogebra, siswa dapat mengemukakan pendapatnya masing-masing. Dalam video tersebut guru juga melibatkan kelompok lain dalam tanya jawab tidak hanya kelompok yang presentasi saja, sehingga guru bisa lebih mengetahui apakah siswa sudah dapat memahami materi pada proses pembelajaran yang telah berlangsung. Dengan begitu, proses pembelajaran dapat terjadi secara umpan balik antara guru dengan semua siswa
Sebagai balasan VIRA HIDAYATUNNISA 2113021033

Re: Forum Diskusi Kelompok

oleh Anggun Desti Fitriani 2113021013 -
Baik terimakasih kepada vira yang telah membuka diskusi kelompok pada kali ini, sebelumnya izin menanggapi yaa

Menurut saya, guru pada video tersebut sudah menerapkan teori belajar humanistik dan sibernetik.

Dimana teori belajar humanistik berupa
guru melibatkan siswa selama proses pembelajaran. Dengan cara memberikan kesempatan kepada siswa untuk mencoba langsung cara menggunakan aplikasi geogebra untuk membantu mereka agar lebih paham dengan materi yang diajarkan. Pada video juga terlihat bahwa guru membantu siswa disaat siswa mendapati kesulitan kesulitan, disinilah terlihat bagaimana peran guru sebagai fasilitator.

Sedangkan teori belajar sibernetik yang diberikan oleh guru dan diterapkan oleh siswa berupa pemberian materi oleh guru yaitu sebuah informasi untuk dapat diterima oleh siswa itu membutuhkan proses. Sehingga diperlukan langkah-langkah dan pendekatan yang tepat untuk membuat siswa memahami apa yang ingin disampaikannya(encoding), lalu siswa menyimak (storage) serta siswa menyampaikan materi yang telah di simak tersebut melalui presentasi (retrieval)
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Diskusi Kelompok

oleh NADYA EL-SODJA 2113021011 -
Sebagai balasan NADYA EL-SODJA 2113021011

Re: Forum Diskusi Kelompok

oleh NADYA EL-SODJA 2113021011 -
Kelompok 8
-Jendhiya Reviantri 2113021067
-Hasna Mufidah 2113021057
-Nadya El-Sodja 2113021011
-Ani Aprilia Putri 2153021003
-Dian Marsalia 2113021003
Sebagai balasan NADYA EL-SODJA 2113021011

Re: Forum Diskusi Kelompok

oleh NADYA EL-SODJA 2113021011 -
hai kelompok 8!
diskusi video pembelajaran hari ini yuk
Kalau menurut akuu berdasarkan video tersebut, strategi pembelajaran tersebut telah menerapkan teori belajar humanistik dan sibernetik dengan cukup baik.
Kenapa?
nih, pertama dilihat dari teori humanistik, teori humanistik memandang kalau belajar adalah proses menemukan potensi diri sebagai upaya untuk memanusiakan manusia. Dengan kata lain, individu menggali sendiri kemampuannya untuk kemudian diterapkan dalam lingkungannya. Berdasarkan video tersebut, dalam proses belajarnya, siswa berusaha agar lambatlaun ia mampu mencapai aktualisasi diri dengan sebaik- baiknya dibuktikan dengan ada beberapa siswa yang sudah memberanikan dirinya untuk ikut terlibat dalam proses pembelajaran atas kemauannya sendiri. Peran guru tersebut juga mampu menjadi fasilitator dalam tujuan pembelajaran untuk peserta didik agar potensi yang dimilikinya dapat berkembang dengan baik secara positif dilihat pada awal pembelajaran dilakukan doa bersama sebelum belajar, guru menanyakan kabar siswa, kemudian memberikan penjelasan konsep diikuti dengan keterlibatan siswa, mengerjakan tugas secara berkelompok, dan melakukan tahap kesimpulan, diakhiri dengan doa kembali.

Kemudian, kalau teori sibernetik secara sederhana dapat dikatakan sebagai teori belajar yang menekankan pada penyimpanan informasi. berdasarkan video tersebut dalam menerapkan teori sibernetik dilakukan langkah-langkah yang diterapkan oleh guru dalam mencapai proses pembelajaran yang baik, yaitu.
1. Menentukan tujuan-tujuan pembelajaran;
2. Menentukan materi pembelajaran yaitu fungsi kuadrat;
3. Mengkaji sistem informasi yang terkandung dalam materi pembelajaran yaitu mengenai bentuk umum dari fungsi kuadrat dan grafiknya, dan menggunakan media pembelajaran berupa geogebra.

pada strategi pembelajaran yang dilakukan guru tersebut juga menerapkan komponen yang terdapat dalam teori sibernetik, yaitu:
1. Sensory memory
dimana informasi-informasi mengenai fungsi kuadrat yang diberikan pertama kali diterima oleh sel informasi siswa dan akan tersimpan secara singkat mengenai materi tersebut.
2. Working Memory dan short term memory
dimana Informasi fungsi kuadrat yang diterima oleh siswa dan mendapat perhatian akan dikirimkan ke dalam sistem short term memory, pada tahap ini dilakukan proses pembelajaran yaitu mengerjakan latihan lkpd secara berkelompok sehingga akan menjaga ingatan mengenai fungsi kuadrat lebih lama
3. Long Term Memory
dimana jika sekali informasi disimpan di dalam long term memory maka tidak akan permah terhapus atau hilang. Artinya jika informasi ditata dengan baik maka akan memudahkan proses penelusuran dan pemunculan kembali informasi yang diperlukan. Berdasarkan video tersebut, dilakukan recalling materi fungsi kuadrat pada tahap kesimpulan dan melakukan konfirmasi serta validasi materi tersebut. Pada awal pembelajaran pun kembali mengulas sedikit pada materi sebelumnya sehingga itu merupakan suatu bentuk dalam membantu siswa untuk tetap memiliki dan mengingat materi yang telah dipelajari.
Sebagai balasan NADYA EL-SODJA 2113021011

Re: Forum Diskusi Kelompok

oleh Jendhiya Reviantri 2113021067 -
Saya sangat setuju dengan pendapat nadya dan izin menambahkan pendapat saya, berdasarkan video pembelajaran, guru tersebut telah mengaplikasikan teori belajar humanistik dan teori belajar sibernatik dengan sangat baik. Dapat dilihat dalam video tersebut, guru telah mempersiapkan pembelajaran dengan sangat baik dan terstruktur seperti mengulang kembali materi, menjelaskan tujuan belajar, menggunakan metode pembelajaran. Kemudian keterampilan komunikasi dengan siswa yang begitu baik sehingga dapat menciptakan keaktifan dalam pembelajaran.
Sebagai balasan Jendhiya Reviantri 2113021067

Re: Forum Diskusi Kelompok

oleh DIAN MARSALIA 2113021003 -
saya setuju dengan Nadya dan Jendhiya, guru pada video pembelajaraan tersebut sudah menerapkan teori belajar sibernatik dan humanistik yang baik. selain itu terlihat dari awal juga bagaimana guru melakukannya secara step by step menunjukan bahwa kesiapan guru dalam mengajar dan mempersiapkan proses belajar agar sesuai seperti yang diharapkan.
Sebagai balasan NADYA EL-SODJA 2113021011

Re: Forum Diskusi Kelompok

oleh ANI APRILIA PUTRI 2153021003 -
Setuju dengan pendapat nadrl, jadi teori humanistik menekankan kemapuan siswa sesuai dengan kemampuannya dan guri sebagai fasilitaor dalam untuk memebru kemudahan belajat dan kualitas fasilitaor. Nah fasilitaornya yang diberika guru apda video tersebut berupa mencoba dan menyediakan aumber belajar berupa geogebra untuk membanfu mencai tujuan pembelajaran.
Begiti juga dengan teori sibernetik guru memberikan komunikasi dan akan mendapatkan umpan balik terkait materi yang disampaikan
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Diskusi Kelompok

oleh AISYAH INAYATULLAH ATNAR 2113021071 -
Sebagai balasan AISYAH INAYATULLAH ATNAR 2113021071

Re: Forum Diskusi Kelompok

oleh AISYAH INAYATULLAH ATNAR 2113021071 -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Saya Aisyah Inayatullah Atnar dengan NPM 2113021071 akan memulai diskusi oleh kelompok 9 mengenai video pembelajaran dan teori belajar konstruktivisme. Kelompok 9 ynag beranggotakan :
Lutfiyah Hasna Sulistia 2113021001
Hawa Prihatiningsih 2113021021
Aldo Ernanda 2113021047
Aisyah Inayatullah Atnar 2113021071
Rahma Diana Lutfi 2113021083
Sebagai balasan AISYAH INAYATULLAH ATNAR 2113021071

Re: Forum Diskusi Kelompok

oleh AISYAH INAYATULLAH ATNAR 2113021071 -
Mengenai video pembelajaran, menurut aku, pembelajaran tersebut sudah menerapkan teori sibernetik dan juga teori humanistik. Seperti yang telah kita ketahui, menurut teori sibernetik belajar adalah pengolahan informasi. Pada pembelajaran ini siswa diberikan materi atau informasi, kemudian diminta untuk mengolah informasi tersebut secara berkelompok melalui pengerjaan lkpd. Pada pembelajaran ini juga sudah diterapkan pemanfaatan teknologi yaitu penggunaan geogebra untuk mengetahui grafik fungsi. Pembelajaran ini juga sudah menerapkan teori humanistik dengan memprioritaskan proses pembelajaran, bukan hanya hasil pembelajarannya saja. Nah kalo temen temen kelompok 9 punya pendapat lain, boleh disampaikan disini yaa
Sebagai balasan AISYAH INAYATULLAH ATNAR 2113021071

Re: Forum Diskusi Kelompok

oleh Hawa Prihatiningsih 2113021021 -

Saya setuju pendapat saudari Aisyah 

Menurut saya, dalam video pembelajaran tersebut guru telah menerapkan teori belajar Humanistik, yaitu:

• Guru sebagai fasilitator dalam pemahaman materi.

• Kejelasan dalam tugas kelompok dalam pembelajaran.

• Guru mempunyai keterampilan komunikasi yang baik.

• Melibatkan siswa dalam proses belajar sehingga proses belajar lancar.

Guru juga telah menerapkan teori belajar Sibernetik:

• Sebelum masuk ke kelas guru mempersiapkan materi pembelajaran, menyusun materi pembelajaran dalam urutan yang sesuai dan mengulas kembali materi sebelumnya, serta menyajikan materi dan membimbing siswa belajar.

• Memberikan informasi kepada siswa tentang tujuan pengajaran dan topik yang akan dibahas.

• Merangsang siswa untuk memulai aktivitas pembelajaran dengan menggunakan lembar kerja atau LKPD.

• Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengungkapkan kesimpulan diakhir pembelajaran.

Terima kasih.

Sebagai balasan AISYAH INAYATULLAH ATNAR 2113021071

Re: Forum Diskusi Kelompok

oleh AISYAH INAYATULLAH ATNAR 2113021071 -
Selanjutnya mengenai teori belajar konstruktivistik nihh, teori ini mengakui bahwa peserta didik akan dapat menginterpretasi-kan informasi ke dalam pikirannya, hanya pada konteks pengalaman dan pengetahuan mereka sendiri, pada kebutuhan, latar belakang dan minatnya. Nah kalo dari kalian apa sih yang kalian ketahui dari teori ini?
Sebagai balasan AISYAH INAYATULLAH ATNAR 2113021071

Re: Forum Diskusi Kelompok

oleh Hawa Prihatiningsih 2113021021 -
Saya setuju dengan aisyah, bahwa konstruktivisme merupakan aliran filsafat pengetahuan yang menekankan bahwa pengetahuan kita merupakan hasil konstruksi kita sendiri. Pandangan konstruktivis dalam pembelajaran mengatakan bahwa anak-anak diberi kesempatan supaya menggunakan strateginya sendiri dalam belajar secara sadar, sedangkan guru yang membimbing siswa pada tingkat pengetahuan yang lebih tinggi.