FORUM DISKUSI

RUANG DISKUSI

RUANG DISKUSI

by Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr. -
Number of replies: 30

Mhs bernomor urut genap mengajukan pertanyaan

Mhs bernomor urut ganjil menjawab salah satu pertanyaan

Pertanyaan yg sudah dijawab, tidak perlu dijawab lagi


In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by Rain Rizky Maritza -
Assalamu'alaikum wr.wb
izin memperkenalkan diri
Nama : Rain Rizky Maritza
No urut : 4
NPM   : 2213022063

izin bertanya
Apa yang harus dilakukan seorang pendidik agar berhasil dalam menerapkan teori belajar humanistik?

terimakasih
wassalamualaikum wr.wb
In reply to Rain Rizky Maritza

Re: RUANG DISKUSI

by Andia Nur Afifah -
Wa'alaikumussalam
Nama: Andia Nur Afifah
NPM: 2213022036
No. Urut: 1

Izin menjawab, yang harus dilakukan oleh seorang pendidik agar berhasil dalam menerapkan teori belajar humanistik adalah
1. Pendidik harus memiliki rasa humor
2. Pendidik harus bersikap adil dan demokratis
3. Pendidik mampu membawa suasana menarik
4. Pendidik mampu berinteraksi dengan mudah dan wajar kepada siswa
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by Putri Nadia Sari -
Assalamualaikum wr.wb
Izin memperkenalkan diri
Nama: Putri nadia sari
Npm: 2213022048
No. Urut: 18

Izin bertanya
Dalam situasi apa teori humanistik digunakan?

Terimakasih
Wassalamualaikum wr.wb
In reply to Putri Nadia Sari

Re: RUANG DISKUSI

by Rizka Agustin -
Assalamualaikum wr.wb
izin memperkenalkan diri
Nama : Rizka Agustin
NPM : 2213022037
No.urut :25

Izin menjawab pertanyaan dari putri nadia sari
Teori belajar humanistik paling cocok digunakan dalam materi pembelajaran yang bersifat pembentukan pribadi, hati nurani, perubahan sikap, analisis terhadap fenomena sosial.

terimakasih
wassalamualaikum wr wb
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by Angel angelina shinta augustin salsabela -
Selamat pagi
Izin memperkenalkan diri
Nama: angelina shinta augustin salsabela
Kelas: B
Npm:2213022055
No. Urut: 28

Izin bertanya
Apa kelemahan dari teori humanistik?

Terimakasih
In reply to Angel angelina shinta augustin salsabela

Re: RUANG DISKUSI

by Ratna Arianty Sutrisno -
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Nama : Ratna Arianty Sutrisno
NPM : 2213022034
No urut : 29

Izin menjawab

1) Peserta didik yang tidak ada keinginan untuk memahami potensi dirinya akan tertinggal dalam proses belajar
2) Peserta didik terlalu diberi kebebasan
3) Teori humanisme sangat percaya diri secara alamiah dan tidak berhasil memberikan pengetahuan pada bagian buruk dari sifat asli manusia
4) Teori humanisme tidak dapat diuji dengan mudah
5) Dalam psikologi humanisme terdapat banyak konsep yang masih buram dan subjektif seperti pada aktualisasi diri
6) Beberapa kritikus menolak bahwa konsep ini menggambarkan idealisme dan nilai dari Maslow.
7) Psikologi humanisme mendapati adanya penyimpangan terhadap nilai individualistis
8) Teori humanisme dikritik karena jarang dipakai dalam konteks yang lebih mudah. Sehingga teori ini dapat diibaratkan lebih akrab dengan dunia filsafat melainkan dunia pendidikan.
9) Pendidik lebih membimbing peserta didik untuk berpikir induktif, mengutamakan pengalaman serta memerlukan keikutsertaan peserta didik untuk aktif dalam proses pembelajaran dengan teori humanism.
10) Teori humanisme masih sulit dimaknai ke dalam kegiatan yang mudah dan dapat diterapkan.


Terimakasih
In reply to Angel angelina shinta augustin salsabela

Re: RUANG DISKUSI

by MALIKA MALIKA GHIFARINA -
assalamualakum warahmatullahi wabarakatuh
nama: malika ghifarina
NPM: 2213022041
NO 13
IZIN MENJAWAB PERTANYAAN anggelina
kelemahan teori humanistik
1) Peserta didik yang tidak ada keinginan untuk memahami potensi dirinya akan tertinggal dalam proses belajar
2) Peserta didik terlalu diberi kebebasan
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by Saniya Saniya Putri Ayu Febiolantika -
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Izin Memperkenalkan Diri
Nama : Saniya Putri Ayu Febiolantika
Npm : 2213022056
No. Urut : 22

Izin Bertanya, Apa yang menjadi kriteria keberhasilan dalam menerapkan teori belajar humanistik ini?
In reply to Saniya Saniya Putri Ayu Febiolantika

Re: RUANG DISKUSI

by Kharinta Oxana Ferodova -
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, izin memperkenalkan diri

Nama : Kharinta Oxana Ferodova
Npm : 2213022058
No : 21

Izin menjawab pertanyaan dari Saniya
Adapun keberhasilan penerapan teori ini yaitu siswa senang, memiliki semangat, memiliki inisiatif dalam belajar, mengalami perubahan pola pikir, serta meningkatnya kepercayaan diri.

Terimakasih
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by Leony Leony Laili Nafisah Sholekhah -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarrokatuh
Izin memperkenalkan diri
Nama: Leony Laili Nafisah Sholekhah
NPM:2213022065
No urut: genap

Izin bertanya
Menurut Kolb tahap tahap belajar menjadi 4 tahap yaitu apa saja dan jelaskan tahap tahap tersebut!
In reply to Leony Leony Laili Nafisah Sholekhah

Re: RUANG DISKUSI

by Wayan Sinta Dewi Saputri -
Nama: wayan sinta dewi saputri
Npm: 2213022054
No urut: 3

Izin menjawab pertanyaan dari Leoni Laili N.S
Kolb (Rene: 1996) seorang ahli penganut aliran humanistik membagi tahap-tahap belajar menjadi empat tahap, yaitu: (1) tahap pengalaman konkret, (2) tahap pengamatan aktif dan reflektif, (3) tahap konseptualisasi, dan (4) tahap eksperimentasi aktif.
Sekian terimakasih.
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by Dini Rismawati -
Assalamu'alaikum wr.wb
izin memperkenalkan diri
Nama : Dini Rismawati
No urut : 24
NPM : 2213022043

izin bertanya apa saja manfaat dari belajar teori humanistik
In reply to Dini Rismawati

Re: RUANG DISKUSI

by Indah Indah Dwi Jayanti -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh , sebelumnya izin memperkenalkan diri :

Nama : Indah Dwi Jayanti
Npm : 2213022049
No urut : 11

Izin menjawab pertanyaan dari Dini Rismawati " Apa saja manfaat dari belajar teori humanistik "

Jawab : Manfaat dari belajar teori humanistik adalah Membiasakan individu untuk berlaku secara demokratis, partisipatif, dan humanis. Menjadikan individu agar mudah menghargai perbedaan, kebebasan berpendapat, dan kebebasan dalam menyatakan ide/gagasan. Meningkatkan keinginan belajar individu.

Sekian terimakasih , wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatuh
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by SALSABILA PUTRI AZAHRA KESUMA 2213022044 -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh
Izin memperkenalkan diri
Nama : Salsabila Putri Azahra Kesuma
Npm : 2213022044
No.urut : 2

Izin bertanya
Apa yang harus dilakukan oleh guru jika hendak menerapkan teori humanistik dalam proses pembelajaran?

Terimakasih
In reply to SALSABILA PUTRI AZAHRA KESUMA 2213022044

Re: RUANG DISKUSI

by Firda Amaliya -
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Nama :Firda Amaliya
NPM : 2231022061
no urut: 5

Izin menjawab Pertanyaan Salsabila Putri Azahra Kesuma

Izin bertanya
Apa yang harus dilakukan oleh guru jika hendak menerapkan teori humanistik dalam proses pembelajaran?

jawab:
Mengajarkan keterampilan belajar
Di teori belajar humanistik, siswa bertanggung jawab atas pilihan pembelajaran. Jadi, tugas guru adalah membantu mereka memahami cara belajar yang terbaik agar mereka berhasil memahami materi pelajaran.

Membantu siswa mengembangkan dirinya
Bantu siswa untuk mengenal diri mereka sendiri sebagai manusia yang unik agar nantinya bisa mengembangkan potensi yang ada dalam diri mereka.

Memberikan kegiatan yang menarik
Pembelajaran humanistik berfokus pada keterlibatan siswa, sehingga guru perlu menyediakan kegiatan pembelajaran yang menarik untuk meningkatkan semangat dan keterlibatan mereka dalam belajar.

Memberikan motivasi
Berikan motivasi dan kesadaran mengenai makna belajar dalam kehidupan siswa. Dengan begitu, mereka bisa mengarahkan diri sekaligus memotivasi dirinya untuk belajar daripada sekadar menjadi penerima pasif dalam proses pembelajaran.

Memberikan pilihan ke siswa
Tersedianya berbagai pilihan adalah pusat pembelajaran humanistik. Di sini, guru berperan untuk membantu siswa membuat pilihan tentang apa yang harus mereka pelajari, contohnya dengan menawarkan opsi atau mengevaluasi hal yang mereka sukai.

Menciptakan peluang untuk kerjasama
Sebagai fasilitator, guru perlu menciptakan kelompok belajar untuk siswa mengeksplorasi, mengamati, dan mengevaluasi diri.
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by Ikha Aryanti -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Izin memperkenalkan diri
Nama : Ikha Aryanti
Npm : 2213022050
No urut : 6

Izin bertanya
Apa saja yang menjadi kesulitan atau kendala dalam penerapan teori humanistik pada proses pembelajaran?

Terimakasih
In reply to Ikha Aryanti

Re: RUANG DISKUSI

by MALIKA MALIKA GHIFARINA -
assalamualakum warahmatullahi wabarakatuh
nama: malika ghifarina
NPM: 2213022041
NO 13
IZIN MENJAWAB PERTANYAAN ikha
beberapa hambatan terkait implementasi teori belajar humanistik yaitu kurangnya pemahaman sebagian guru tentang konsep pendidikan humanistik, keterbatasan penguasaan IT, terbatasnya interaksi antara guru dan murid disekolah serta perhatian orang tua yang kurang. Serta sarana dan prasarana yang belum memadai.
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by Mahmudatul Khoiriyah -
Assalamualaikum wr.wb
Izin memperkenalkan diri
Nama : Mahmudatul Khoiriyah
Npm : 2213022042
No : 16

Izin bertanya,
mengapa dalam pelaksanaannya teori humanistik menganggap faktor motivasi dan pengalaman emosional sangat penting dalam belajar?

terimakasih
wassalamualaikum wr.wb
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by niken novia wenty -
Assalamualaikum wr.wb

Izin memperkenalkan diri
Nama: Niken Novia Wenty
Npm: 2213022059
No urut: 20

Izin bertanya,

Pertanyaan:
Bagaimana aplikasi teori humanistik dalam proses pembelajaran?
In reply to niken novia wenty

Re: RUANG DISKUSI

by Indah Indah Sukma Melati -
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarrokatuh,
Izin memperkenalkan diri
Nama: Indah Sukma Melati
Npm:2223022047
No urut: 17

Izin menjawab pertanyaan dari niken: Guru dapat memberikan reward kepada peserta didik yang telah berhasil melakukan suatu hal, agar peserta didik tersebut semakin semangat dan termotivasi dalam pembelajaran
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by Ariyanti Dwi Wahyuningsih -
Assalamualaikum wr.wb
izin memperkenalkan diri
Nama : ariyanti dwi wahyuningsih
npm:2213022062
no urut:10

izin bertanya
mengapa di dalam sebuah pembelajaran kita harus memahami teori humanistik?

terimakasi
In reply to Ariyanti Dwi Wahyuningsih

Re: RUANG DISKUSI

by silfia herlina -
waalaikumsalam wr.wb
izin menjawab pertanyaan dari ariyanti dwi wahyuningsih

sebelumnya izin memperkenalkan diri
nama : silfia herlina
npm : 2213022039
no urut : 15

teori pembelajaran humanistik ini juga memiliki tujuan yang jelas. Yakni bertujuan menjadi seorang yang lebih manusiawi dengan harapan agar bisa menjadi lebih peka terhadap lingkungan sekitar, mampu memahami diri sendiri untuk mampu meraih aktualisasi diri. agar aik murid maupun gurunya fokus terhadap proses pembelajaran, dengan murid yang mencari cara dan sistem belajar mereka sendiri. Sedangkan guru menjadi fasilitator yang dapat mengarahkan murid dalam menemukan sistem belajar mereka tanpa ikut campur lebih jauh ke dalam pembelajaran.

Dengan adanya pendekatan pembelajaran humanistik ini, murid dapat terbiasa mengembangakan pemikiran mereka, dan menganilisis apa yang tidak baik dan apa yang baik bagi proses pembelajaran mereka.
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by Reza Santia -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Izin bertanya
Nama : Reza Santia
Npm : 2213022060
No urut : 26

Sebutkan manfaat teori belajar humanistik dalam kehidupan sehari-hari?

Terimakasih
In reply to Reza Santia

Re: RUANG DISKUSI

by Amelia Amelia Choirunnisa -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Izin memperkenalkan diri :
Nama : Amelia choirunnisa
NPM : 2213022045
No urut : 9

Izin menjawab pertanyaan Reza Santia,

Adapun manfaat dari teori belajar humanistik adalah sebagai berikut.

1. Mengubah sikap atau perilaku siswa atau individu, dari yang semula tidak baik karena belum mengetahui, kemudian menjadi baik.

2. Membiasakan individu untuk berlaku secara demokratis, partisipatif, dan humanis.

3. Menjadikan individu agar mudah menghargai perbedaan, kebebasan berpendapat, dan kebebasan dalam menyatakan ide/gagasan.

4. Meningkatkan keinginan belajar individu.

Sekian, terimakasih.
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by Amar Firdaus -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Izin bertanya

Nama : Amar Firdaus
NPM : 2213022040
No Urut : 12

Apa definisi teori belajar humanistik secara luas dan secara sempit?

Terimakasih wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by Lintang Nimas k -
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, izin memperkenalkan diri

Nama : Lintang Nimas k
Npm : 2213022057
No : 19
Izin menjawab pertanyaan dari Mahmudatul Khairiyah

Mengapa dalam pelaksanaannya teori humanistik menganggap faktor motivasi dan pengalaman emosional sangat penting dalam peristiwa belajar?

Faktor motivasi dan pengalaman emosional sangat penting dalam peristiwa belajar, sebab tanpa motivasi dan keinginan dari pihak si belajar, maka tidak akan terjadi asimilasi pengetahuan baru ke dalam struktur kognitif yang telah dimilikinya.



Terimakasih
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by ASMARADANA ASMARADANA RIZKI AZIZ PRIABODO -
Assalamualaikum wr.wb
Izin memperkenalakan diri
Nama: Asmaradana Rizki AP
NPM: 2213022066
No urut: 8

Izin bertanya
Apa saja langkah-langkah pem belajaran dengan pendekatan humanistik?

Terimakasih
Wassalamualaikum wr.wb
In reply to ASMARADANA ASMARADANA RIZKI AZIZ PRIABODO

Re: RUANG DISKUSI

by Firda Amalia Hanifah -
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Izin memperkenalkan diri
Nama : Firda Amalia Hanifah
Npm : 2213022053
No. Urut : 17
Izin menjawab pertanyaan Asmaradana Rizki
Merumuskan materi pembelajaran sesuai dengan tujuan pembelajaran. Melakukan identifikasi awal terhadap kemampuan setiap siswa. Menganalisis topik untuk mengidentifikasi kemungkinan keikutsertaan peserta didik pada pembelajaran tersebut.
Sekian terimakasih
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by Meilani Wulandari -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

izin memperkenalkan
nama : Meilani Wulandari
npm : 2213022035
no urut : 30

izin bertanya
Sebutkan tokoh–tokoh yang mempelopori psikologi humanistik yang digunakan sebagai teori belajar humanisme!

terimakasih
wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by Fadila Aulia Ibnu -
Assalamualaikum wr.wb
Izin memperkenalkan diri
Nama: Fadila Aulia Ibnu
Npm:2213022052
No urut:7
Izin menjawab pertanyaan dari Dini Rismawati
Membiasakan individu untuk berlaku secara demokratis, partisipatif, dan humanis. Menjadikan individu agar mudah menghargai perbedaan, kebebasan berpendapat, dan kebebasan dalam menyatakan ide/gagasan. Meningkatkan keinginan belajar individu.