FORUM DISKUSI

RUANG DISKUSI

RUANG DISKUSI

oleh Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr. -
Jumlah balasan: 27

Mhs bernomor urut ganjil mengajukan pertanyaan

Mhs bernomor urut genap menjawab salah satu pertanyaan

Pertanyaan yg sudah dijawab, tidak perlu dijawab lagi


Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Agi Melianse -
Nama: Agi Melianse 
Npm: 2213022076
No Absen: 11
Izin bertanya:
Strategi apakah yang disarankan oleh konstruktivitas agar belajar lebih efektif?
Sebagai balasan Agi Melianse

Re: RUANG DISKUSI

oleh Azosila _ -

Nama:Azosila 

No urut: 24

Menjawab pertanyaan agi Melianse

Beberapa hal yang perlu menjadi acuan dalam pembelajaran dengan strategi konstruktivistik, yaitu mengutamakan pembelajaran yang bersifat nyata dalam konteks yang relevan, mengutamakan proses, menanamkan pembelajaran dalam konteks pengalaman sosial, dan pembelajaran dilakukan dalam upaya mengkonstruksi pengalaman. 

Sebagai balasan Agi Melianse

Re: RUANG DISKUSI

oleh Ririn Elysa -
Nama: Ririn Elysa
Npm: 2213022095
No.absen: 7
Izin bertanya, Strategi apakah yang disarankan oleh konstruktivistik agar belajar lebih efektif jelaskan?
Sebagai balasan Ririn Elysa

Re: RUANG DISKUSI

oleh Risnawati Hutapea -
Nama:Risnawati Hutapea
Npm: 2213022079
No urut:8

Izin menjawab pertanyaan dari ririn
Beberapa hal yang perlu menjadi acuan dalam pembelajaran dengan strategi konstruktivistik, yaitu mengutamakan pembelajaran yang bersifat nyata dalam konteks yang relevan, mengutamakan proses, menanamkan pembelajaran dalam konteks pengalaman sosial, dan pembelajaran dilakukan dalam upaya mengkonstruksi pengalaman.
Sebagai balasan Agi Melianse

Re: RUANG DISKUSI

oleh Mega Miftahul Jannah -
Nama : Mega Miftahul Jannah
NPM : 2213022098
No Urut : 12
Izin menjawab pertanyaan dari Agi Melianse :
Beberapa hal yang perlu menjadi acuan dalam pembelajaran dengan strategi konstruktivistik atau konstruktivitas , yaitu mengutamakan pembelajaran yang bersifat nyata dalam konteks yang relevan, mengutamakan proses, menanamkan pembelajaran dalam konteks pengalaman sosial, dan pembelajaran dilakukan dalam upaya mengkonstruksi pengalaman.
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Melda Adinda Putri -
Nama : Melda Adinda Putri
NPM : 2213022072
No absen : 3 (ganjil)

Izin bertanya pak,
Bagaimanakah penerapan pembelajaran yang berorientasi pada teori konstruktivistik agar menyenangkan bagi siswa?
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Jennita Yuliana -
Nama : jennita yuliana
npm: 2213022075
no urut :29
pertanyaanya
Apa yang harus dilakukan oleh guru jika hendak menerapkan teori konstrutivistik dalam proses pembelajaran?
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Novia Mita Safitri -
NAMA : NOVIA MITA SAFITRI
NPM : 2213022081
NO ABSEN : 21

Bagaimana cara pembelajaran anak yg di harapkan oleh pendekatan pembelajaran konstruktivitas?
Sebagai balasan Novia Mita Safitri

Re: RUANG DISKUSI

oleh YAYANG SAFITRI -
Nama: Yayang Safitri
Npm : 2213022089
No absen : 22

Izin menjawab pertanyaan dari saudari mita, Cara pembelajaran konstruktivisme adalah suatu pendekatan yang lebih berfokus kepada siswa sebagai pusat dalam proses pembelajaran, jadi pendekatan yang diharapkan adalah siswa menjadi center utama dalam proses pembelajaran, dimana siswa memiliki ketertarikan yang kuat dalam belajar sehingga membuat siswa lebih aktif di dalam pembelajaran

Berikut jawaban saya dari pertanyaan saudari mita, terimakasih sudah bertanya
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh PUPUT PUPUT RAHAYU -
Nama : PUPUT RAHAYU
Npm : 2253022001
No Urut : 19
Izin bertanya : Salah satu faktor yang mempengaruhi proses mengkonstruksi pengetahuan adalah domain pengalaman.Apakah maksud dari domain pengalaman itu sendiri?
Sebagai balasan PUPUT PUPUT RAHAYU

Re: RUANG DISKUSI

oleh Isna Zakiyah Solehah -
Nama : Isna Zakiyah Solehah
Npm : 2213022067
No Urut : 25
Izin bertanya :

Berikan contoh pernyataan yang menunjukkan kelebihan pendekatan konstruktivisme dalam proses pembelajaran dilihat dari peran seorang guru !
Sebagai balasan Isna Zakiyah Solehah

Re: RUANG DISKUSI

oleh Ananda Suci Ariefiana -

Nama: ananda suci Ariefiana

Npm : 2213022090

No urut : 26

Izin menjawab

Seorang guru hanya menunjukkan cara bagaimana siswa dapat memperoleh data melalui internet.

Sebagai balasan Isna Zakiyah Solehah

Re: RUANG DISKUSI

oleh Ananda Suci Ariefiana -

Nama : ananda suci Ariefiana

Npm :2213022090

No urut :26

Izin menjawab

Seoramg guru hanya menunjukkan cara bagaimana siswa dapat memperoleh data melalui internet.

Sebagai balasan PUPUT PUPUT RAHAYU

Re: RUANG DISKUSI

oleh Mila Rosalia Putri -
Nama : Mila Rosalia Putri
Npm : 2213022099
No Urut : 20
Izin Menjawab pertanyaan dari no urut 19 :
Domain adalah pengelolaan meliputi pengelolaan proyek, pengelolaan sumber belajar, pengelolaan sistem penyampaian, dan pengelolaan informasi. Guru dan tenaga kependidikan yang terkait perlu mendapatkan pengetahuan dan ketrampilan yang memadai dalam mengelola proyek, mengelola sumber belajar, mengelola sistem penyampaian dan mengelola informasi.
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Ulfa Siti Ulfa Nur Annisa -
Nama : Siti Ulfa Nur Annisa
NPM : 2213022088
No Urut : 13 (Ganjil)

Apa sajakah prinsip prinsip pembelajaran yang harus diperhatikan menurut teori belajar konstruktivitis ?
Sebagai balasan Ulfa Siti Ulfa Nur Annisa

Re: RUANG DISKUSI

oleh Yuli Yani Permata Sakti -
Nama : Yuli Yani Permata Sakti
Npm : 2213022068
No urut 14
Izin menjawab

1) Pengetahuan adalah konstruksi manusia;
2) Pengetahuan merupakan konstruksi sosial; dan
3) Pengetahuan bersifat tentatif.
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Adinda Putri purnamasari -
Nama: adinda putri purnamasari
No. urut : 17
NPM: 2213022092
izin bertanya apakah alasan tut wuri handayani dipilih menjadi semboyan pendidikan indonesia?
Sebagai balasan Adinda Putri purnamasari

Re: RUANG DISKUSI

oleh Dwi Rahayu -
Nama : Dwi Rahayu
NPM: 2213022071
No. Urut : 18
izin menjawab pertanyaan dari saudari adinda, Dari arti kata Tut Wuri Handayani menyiratkan prinsip kemandirian , dari arti kata Tut Wuri mempunyai arti harus mengikuti dari belakang dan bukan bersifat mendikte orang . Sehingga Prinsip kemandirian ini merupakan cerminan dari kemapanan seseorang dalam menjalankan aktivitasnya , dari sinilah tiap orang diharapkan dapat memandirikan orang lain dengan memberinya dorongan baik semangat maupun secara finansial.

Bila makna ini dibawa ke ranah Pendidikan , maka fungsi dari pendidikan itu sebagai alat untuk membuat orang menjadi pribadi Mandiri . Maka dari itu salah satu alasan mengapa Tut Wuri Handayani menjadi semboyan dunia Pendidikan Indonesia .
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Isma Salwa -
Nama: Isma Salwa
Npm: 2213022096
No urut: 23

Apakah ada faktor penghambat dari pendekatan konstruktivisme dalam pembelajaran?
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Risyania Az zuhruf -
Nama: Risyania az zuhruf
Npm: 2213022093
No absen: 5
Izin Bertanya,
Bagaimana implementasi konsep belajar konstruktivisme dalam pembelajaran masa kini?
Sebagai balasan Risyania Az zuhruf

Re: RUANG DISKUSI

oleh Mutia Azizah -
Nama : Mutia azizah
Npm : 2213022069
No absen : 6
Izin menjawab
kembangkan kegiatan inkuiri di semua topik pembelajaran.memunculkan rasa keingintahuan peserta didik terhadap suatu permasalahan melalui bertanya, membentuk masyarakat belajar atau belajar dengan kelompok kelompok tertentu.
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Nindi Putri Indah Sari -
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama: Nindi Putri Indah Sari
Npm: 2213022083
No urut absen: 9(Ganjil)
Izin bertanya
Bagaimana penerapan teori belajar konstrutivistik di dalam proses pembelajaran di dalam kelas?
Sebelumnya terimakasih
Sebagai balasan Nindi Putri Indah Sari

Re: RUANG DISKUSI

oleh Lutfiah Mazidah -
Nama: Lutfiah Mazidah
Npm: 2213022086
No urut: 10
Izin menjawab pertanyaan dari nindi,Yaitu dengan cara memunculkan rasa keingintahuan peserta didik terhadap suatu permasalahan melalui bertanya..
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Nisa Ulfa Dila -
Nama: Nisa Ulfa Dila
NPM : 2213022085
No Absen: 27
Izin bertanya:
Seperti apakah ciri-ciri dari teori belajar Behavioristik?
Sebagai balasan Nisa Ulfa Dila

Re: RUANG DISKUSI

oleh Bella Wahyuni -
Nama : Bella Wahyuni
Npm : 2213022080
No absen : 28
Izin menjawab pertanyaan no urut 27. Teori belajar ini sangat mengutamakan pengaruh lingkungan. Pada teori ini berpendapat bahwa hasil pembelajaran berfokus pada terbentuknya perilaku yang ingin dibentuk. Teori ini juga lebih mementingkan pembentukan reaksi atau respon. Terlihat dengan jelas teori ini bersifat mekanis, salah satu contohnya adalah jika melakukan kesalahan maka harus meminta maaf. Dan menganggap latihan itu adalah hal yang penting dalam proses pembelajaran.
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Rabiatul Adawwiah -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarokaatuh
Nama : Rabiatul Adawwiah
Npm : 2213022073
No. Urut : 2
Izin menjawab pertanyaan dari no. Urut 1 Rizka Diah Nuariyanti
Jawab : yang dimaksud dengan penerapan pembelajaran adalah
Secara sederhana implementasi atau penerapan pembelajaran dapat diartikan sebagai pelaksanaan atau penerapan dalam pembelajaran, secara garis besar implementasi pembelajaran merupakan suatu tindakan atau pelaksanaan dari sebuah rencana yang disusun secara matang dan terperinci dalam melakukan proses pembelajaran.
Terimakasih
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarokaatuh