FORUM DISKUSI

RUANG DISKUSI

RUANG DISKUSI

by Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr. -
Number of replies: 27

Mhs bernomor urut ganjil mengajukan pertanyaan

Mhs bernomor urut genap menjawab salah satu pertanyaan

Pertanyaan yg sudah dijawab, tidak perlu dijawab lagi


In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by Agi Melianse -
Nama: Agi Melianse 
Npm: 2213022076
No Absen: 11
Izin bertanya:
Strategi apakah yang disarankan oleh konstruktivitas agar belajar lebih efektif?
In reply to Agi Melianse

Re: RUANG DISKUSI

by Azosila _ -

Nama:Azosila 

No urut: 24

Menjawab pertanyaan agi Melianse

Beberapa hal yang perlu menjadi acuan dalam pembelajaran dengan strategi konstruktivistik, yaitu mengutamakan pembelajaran yang bersifat nyata dalam konteks yang relevan, mengutamakan proses, menanamkan pembelajaran dalam konteks pengalaman sosial, dan pembelajaran dilakukan dalam upaya mengkonstruksi pengalaman. 

In reply to Agi Melianse

Re: RUANG DISKUSI

by Ririn Elysa -
Nama: Ririn Elysa
Npm: 2213022095
No.absen: 7
Izin bertanya, Strategi apakah yang disarankan oleh konstruktivistik agar belajar lebih efektif jelaskan?
In reply to Ririn Elysa

Re: RUANG DISKUSI

by Risnawati Hutapea -
Nama:Risnawati Hutapea
Npm: 2213022079
No urut:8

Izin menjawab pertanyaan dari ririn
Beberapa hal yang perlu menjadi acuan dalam pembelajaran dengan strategi konstruktivistik, yaitu mengutamakan pembelajaran yang bersifat nyata dalam konteks yang relevan, mengutamakan proses, menanamkan pembelajaran dalam konteks pengalaman sosial, dan pembelajaran dilakukan dalam upaya mengkonstruksi pengalaman.
In reply to Agi Melianse

Re: RUANG DISKUSI

by Mega Miftahul Jannah -
Nama : Mega Miftahul Jannah
NPM : 2213022098
No Urut : 12
Izin menjawab pertanyaan dari Agi Melianse :
Beberapa hal yang perlu menjadi acuan dalam pembelajaran dengan strategi konstruktivistik atau konstruktivitas , yaitu mengutamakan pembelajaran yang bersifat nyata dalam konteks yang relevan, mengutamakan proses, menanamkan pembelajaran dalam konteks pengalaman sosial, dan pembelajaran dilakukan dalam upaya mengkonstruksi pengalaman.
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by Melda Adinda Putri -
Nama : Melda Adinda Putri
NPM : 2213022072
No absen : 3 (ganjil)

Izin bertanya pak,
Bagaimanakah penerapan pembelajaran yang berorientasi pada teori konstruktivistik agar menyenangkan bagi siswa?
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by Jennita Yuliana -
Nama : jennita yuliana
npm: 2213022075
no urut :29
pertanyaanya
Apa yang harus dilakukan oleh guru jika hendak menerapkan teori konstrutivistik dalam proses pembelajaran?
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by Novia Mita Safitri -
NAMA : NOVIA MITA SAFITRI
NPM : 2213022081
NO ABSEN : 21

Bagaimana cara pembelajaran anak yg di harapkan oleh pendekatan pembelajaran konstruktivitas?
In reply to Novia Mita Safitri

Re: RUANG DISKUSI

by YAYANG SAFITRI -
Nama: Yayang Safitri
Npm : 2213022089
No absen : 22

Izin menjawab pertanyaan dari saudari mita, Cara pembelajaran konstruktivisme adalah suatu pendekatan yang lebih berfokus kepada siswa sebagai pusat dalam proses pembelajaran, jadi pendekatan yang diharapkan adalah siswa menjadi center utama dalam proses pembelajaran, dimana siswa memiliki ketertarikan yang kuat dalam belajar sehingga membuat siswa lebih aktif di dalam pembelajaran

Berikut jawaban saya dari pertanyaan saudari mita, terimakasih sudah bertanya
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by PUPUT PUPUT RAHAYU -
Nama : PUPUT RAHAYU
Npm : 2253022001
No Urut : 19
Izin bertanya : Salah satu faktor yang mempengaruhi proses mengkonstruksi pengetahuan adalah domain pengalaman.Apakah maksud dari domain pengalaman itu sendiri?
In reply to PUPUT PUPUT RAHAYU

Re: RUANG DISKUSI

by Isna Zakiyah Solehah -
Nama : Isna Zakiyah Solehah
Npm : 2213022067
No Urut : 25
Izin bertanya :

Berikan contoh pernyataan yang menunjukkan kelebihan pendekatan konstruktivisme dalam proses pembelajaran dilihat dari peran seorang guru !
In reply to Isna Zakiyah Solehah

Re: RUANG DISKUSI

by Ananda Suci Ariefiana -

Nama: ananda suci Ariefiana

Npm : 2213022090

No urut : 26

Izin menjawab

Seorang guru hanya menunjukkan cara bagaimana siswa dapat memperoleh data melalui internet.

In reply to Isna Zakiyah Solehah

Re: RUANG DISKUSI

by Ananda Suci Ariefiana -

Nama : ananda suci Ariefiana

Npm :2213022090

No urut :26

Izin menjawab

Seoramg guru hanya menunjukkan cara bagaimana siswa dapat memperoleh data melalui internet.

In reply to PUPUT PUPUT RAHAYU

Re: RUANG DISKUSI

by Mila Rosalia Putri -
Nama : Mila Rosalia Putri
Npm : 2213022099
No Urut : 20
Izin Menjawab pertanyaan dari no urut 19 :
Domain adalah pengelolaan meliputi pengelolaan proyek, pengelolaan sumber belajar, pengelolaan sistem penyampaian, dan pengelolaan informasi. Guru dan tenaga kependidikan yang terkait perlu mendapatkan pengetahuan dan ketrampilan yang memadai dalam mengelola proyek, mengelola sumber belajar, mengelola sistem penyampaian dan mengelola informasi.
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by Ulfa Siti Ulfa Nur Annisa -
Nama : Siti Ulfa Nur Annisa
NPM : 2213022088
No Urut : 13 (Ganjil)

Apa sajakah prinsip prinsip pembelajaran yang harus diperhatikan menurut teori belajar konstruktivitis ?
In reply to Ulfa Siti Ulfa Nur Annisa

Re: RUANG DISKUSI

by Yuli Yani Permata Sakti -
Nama : Yuli Yani Permata Sakti
Npm : 2213022068
No urut 14
Izin menjawab

1) Pengetahuan adalah konstruksi manusia;
2) Pengetahuan merupakan konstruksi sosial; dan
3) Pengetahuan bersifat tentatif.
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by Adinda Putri purnamasari -
Nama: adinda putri purnamasari
No. urut : 17
NPM: 2213022092
izin bertanya apakah alasan tut wuri handayani dipilih menjadi semboyan pendidikan indonesia?
In reply to Adinda Putri purnamasari

Re: RUANG DISKUSI

by Dwi Rahayu -
Nama : Dwi Rahayu
NPM: 2213022071
No. Urut : 18
izin menjawab pertanyaan dari saudari adinda, Dari arti kata Tut Wuri Handayani menyiratkan prinsip kemandirian , dari arti kata Tut Wuri mempunyai arti harus mengikuti dari belakang dan bukan bersifat mendikte orang . Sehingga Prinsip kemandirian ini merupakan cerminan dari kemapanan seseorang dalam menjalankan aktivitasnya , dari sinilah tiap orang diharapkan dapat memandirikan orang lain dengan memberinya dorongan baik semangat maupun secara finansial.

Bila makna ini dibawa ke ranah Pendidikan , maka fungsi dari pendidikan itu sebagai alat untuk membuat orang menjadi pribadi Mandiri . Maka dari itu salah satu alasan mengapa Tut Wuri Handayani menjadi semboyan dunia Pendidikan Indonesia .
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by Isma Salwa -
Nama: Isma Salwa
Npm: 2213022096
No urut: 23

Apakah ada faktor penghambat dari pendekatan konstruktivisme dalam pembelajaran?
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by Risyania Az zuhruf -
Nama: Risyania az zuhruf
Npm: 2213022093
No absen: 5
Izin Bertanya,
Bagaimana implementasi konsep belajar konstruktivisme dalam pembelajaran masa kini?
In reply to Risyania Az zuhruf

Re: RUANG DISKUSI

by Mutia Azizah -
Nama : Mutia azizah
Npm : 2213022069
No absen : 6
Izin menjawab
kembangkan kegiatan inkuiri di semua topik pembelajaran.memunculkan rasa keingintahuan peserta didik terhadap suatu permasalahan melalui bertanya, membentuk masyarakat belajar atau belajar dengan kelompok kelompok tertentu.
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by Nindi Putri Indah Sari -
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama: Nindi Putri Indah Sari
Npm: 2213022083
No urut absen: 9(Ganjil)
Izin bertanya
Bagaimana penerapan teori belajar konstrutivistik di dalam proses pembelajaran di dalam kelas?
Sebelumnya terimakasih
In reply to Nindi Putri Indah Sari

Re: RUANG DISKUSI

by Lutfiah Mazidah -
Nama: Lutfiah Mazidah
Npm: 2213022086
No urut: 10
Izin menjawab pertanyaan dari nindi,Yaitu dengan cara memunculkan rasa keingintahuan peserta didik terhadap suatu permasalahan melalui bertanya..
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by Nisa Ulfa Dila -
Nama: Nisa Ulfa Dila
NPM : 2213022085
No Absen: 27
Izin bertanya:
Seperti apakah ciri-ciri dari teori belajar Behavioristik?
In reply to Nisa Ulfa Dila

Re: RUANG DISKUSI

by Bella Wahyuni -
Nama : Bella Wahyuni
Npm : 2213022080
No absen : 28
Izin menjawab pertanyaan no urut 27. Teori belajar ini sangat mengutamakan pengaruh lingkungan. Pada teori ini berpendapat bahwa hasil pembelajaran berfokus pada terbentuknya perilaku yang ingin dibentuk. Teori ini juga lebih mementingkan pembentukan reaksi atau respon. Terlihat dengan jelas teori ini bersifat mekanis, salah satu contohnya adalah jika melakukan kesalahan maka harus meminta maaf. Dan menganggap latihan itu adalah hal yang penting dalam proses pembelajaran.
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by Rizka Diah Nuariyanti 2213022078 -
Nama : Rizka Diah Nuariyanti
Npm : 2213022078
No urut : 01
Izin bertanya, Apa yang di maksud dengan penerapan pembelajaran?
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by Rabiatul Adawwiah -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarokaatuh
Nama : Rabiatul Adawwiah
Npm : 2213022073
No. Urut : 2
Izin menjawab pertanyaan dari no. Urut 1 Rizka Diah Nuariyanti
Jawab : yang dimaksud dengan penerapan pembelajaran adalah
Secara sederhana implementasi atau penerapan pembelajaran dapat diartikan sebagai pelaksanaan atau penerapan dalam pembelajaran, secara garis besar implementasi pembelajaran merupakan suatu tindakan atau pelaksanaan dari sebuah rencana yang disusun secara matang dan terperinci dalam melakukan proses pembelajaran.
Terimakasih
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarokaatuh