FORUM DISKUSI

RUANG DISKUSI

RUANG DISKUSI

by Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr. -
Number of replies: 29

Mhs bernomor urut ganjil mengajukan pertanyaan

Mhs bernomor urut genap menjawab salah satu pertanyaan

Pertanyaan yg sudah dijawab, tidak perlu dijawab lagi

In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by Rizka Agustin -
nama : Rizka Agustin
NPM : 2213022037
No.absen : 25
izin mengajukan pertanyaan

jelaskan 3 aspek karakteristik manusia masa depan yang diharapkan?
In reply to Rizka Agustin

Re: RUANG DISKUSI

by Meilani Wulandari -
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, izin memperkenalkan diri

Nama : Meilani Wulandari
Npm : 2213022035
No : 30

Izin menjawab pertanyaan dari Rizka Agustin

Karakteristik manusia masa depan yang diharapkan adalah menusia-manusia yang memiliki kepekaan, kemandirian, tanggung jawab terhadap resiko dalam mengambil keputusan, mengembangkan segenap aspek potensi melalui proses belajar yang terus menerus untuk menemukan diri sendiri dan menjadi diri sendiri yaitu suatu proses pembelajaran.

Terimakasih
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by Indah Indah Dwi Jayanti -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh , sebelumnya izin memperkenalkan diri

Nama : Indah Dwi Jayanti
Npm : 2213022049
No urut : 11

Izin bertanya , bagaimana cara kita sebagai seorang tenaga pendidik dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yang terkadang semangat belajar nya itu kadang menurun dan kadang meningkat?

Terimakasih , wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatuh
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by Ratna Arianty Sutrisno -
Assalamu'alaikum wr.wb

Nama : Ratna Arianty Sutrisno
No urut : 29
NPM   : 2213022034

Izin bertanya

Mengapa pengetahuan merupakan suatu proses pembentukan? Bukan sesuatu yang sudah ditentukan.

Terimakasih
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by Andia Nur Afifah -
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama: Andia Nur Afifah
NPM: 2213022036/B
Nomor Urut: 1

Izin bertanya, menurutku mana yang lebih baik teori pembelajaran behavioristik (tradisional) atau teori pembelajaran Konstruktivistik? Berikan alasan nya
In reply to Andia Nur Afifah

Re: RUANG DISKUSI

by Putri Nadia Sari -
nama: putri nadia sari
npm: 2213022048/B
no.urut: 18

izin enjawab pertanyaan dari Andia Nur Afifah
jawabannya: teori konstruktivistik, karena Siswa dalam pembelajaran konstruktivistik di abad 21 (ISTE dalam smaldino, dkk, 2010) dituntut untuk memiliki kreativitas dan inovasi,  dapat berkomunikasi dan bekerja sama dengan orang lain, menggunakan kemampuannya untuk mencari informasi dan menganalisis informasi yang dia dapatkan, berpikir kritis dalam memecahkan masalah ataupun dalam membuat keputusan, memahami konsep-konsep dalam perkembangan teknologi dan mampu mengoperasikannya. Pembelajaran kontruktivistik meyakini bahwa setiap siswa adalah istimewa, setiap siswa adalah unik, dan setiap siswa adalah pribadi yang istimewa dengan karakteristik yang berbeda-beda.
terimakasih
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by Wayan Sinta Dewi Saputri -

Izin memperkenalkan diri

Nama: Wayan sinta dewi saputri

Npm: 2213022054

Kelas: b

No urut: 3

Izin bertanya, Ciri-ciri belajar konstruktivisme yang dikemukakan oleh Driver dan Oldhan (1994) adalah?

Sekian terimakasih.

In reply to Wayan Sinta Dewi Saputri

Re: RUANG DISKUSI

by Ikha Aryanti -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Izin memperkenalkan diri
Nama: Ikha Aryanti
Npm : 2213022050
No urut : 6
Kelas : B

Izin menjawab pertanyaan dari Wayan Sinta
Ciri-ciri belajar konstruktivisme yang dikemukakan oleh Driver dan Oldhan (1994) yaitu :
1. Orientasi, yaitu siswa diberi kesempatan untuk mengembangkan motivasi dalam mempelajari suatu topic dengan memberi kesempatan melakukan observasi.
2. Elastisitas, yaitu siswa mengungkapkan idenya dengan jalan berdiskusi, menulis, membuat poster dan lain-lain.
3. Restrukturisasi ide, yaitu klarifikasi ide dengan ide orang lain, membangun ide baru, mengevaluasi ide baru.
4. Penggunaan ide baru dalam berbagai situasi, yaitu ide atau pengetahuan yang telah terbentuk perlu diaplikasikan pada bermacam-macam situasi.
5. Review, yaitu dalam mengaplikasikan pengetahuan, gagasan yang ada perlu direvisi dengan menambahkan atau mengubah.

Sekian Terimakasih

In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by Kharinta Oxana Ferodova -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh , sebelumnya izin memperkenalkan diri

Nama : Kharinta Oxana Ferodova
Npm : 2213022058
No urut : 21

Izin bertanya , mengapa kepekaan termasuk karakteristik manusia masa depan yang dikehendaki?

Terimakasih , wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatuh
In reply to Kharinta Oxana Ferodova

Re: RUANG DISKUSI

by Saniya Saniya Putri Ayu Febiolantika -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Izin Memperkenalkan Diri
Nama : Saniya Putri Ayu F
Npm : 2213022056
No. Urut : 22

Izin Menjawab Dari Pertanyaan Kharinta Oxana Ferodova
- Karakteristik manusia masa depan yang diharapkan
Karakteristik manusia masa depan yang dikehendaki tersebut adalah manusia-manusia yang memiliki kepekaan, kemandirian, tanggung jawab terhadap resiko dalam mengambil keputusan, mengembangkan segenap aspek potensi melalui proses belajar yang terus menerus untuk menemukan diri sendiri dan menjadi diri sendiri yaitu suatu proses … (to) learn to be.
- Konstruksi Pengetahuan
Untuk memperbaiki pendidikan terlebih dahulu harus mengetahui bagaimana manusia belajar dan bagaimana cara mengajarnya. Kedua kegiatan tersebut dalam rangka memahami cara manusia mengkonstruksi pengetahuannya tentang objek-objek dan peristiwa-peristiwa yang dijumpai selama kehidupannya. Manusia akan mencari dan menggunakan hal-hal atau peralatan yang dapat membantu memahami pengalamannya.
- Von Galserfeld (dalam Paul, S., 1996) mengemukakan bahwa ada beberapa kemampuan yang diperlukan dalam proses mengkonstruksi pengetahuan, yaitu;
a. Kemampuan mengingat dan mengungkapkan kembali pengalaman
b. Kemampuan membandingkan dan mengambil keputusan akan kesamaan dan perbedaan
c. Kemampuan untuk lebih menyukai suatu pengalaman yang satu dari pada lainnya.
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by Firda Amaliya -
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Nama :Firda Amaliya
NPM : 2213022061
No urut : 5
Kelas :22B

Izin bertanyaa:
Apa keunggulan teori belajar konstruktivistik dibandingkan dengan teori belajar lainnya?
In reply to Firda Amaliya

Re: RUANG DISKUSI

by SALSABILA PUTRI AZAHRA KESUMA 2213022044 -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh
Izin memperkenalkan diri
Nama : Salsabila Putri Azahra Kesuma
Npm : 2213022044
No.urut : 2

Izin menjawab pertanyaan dari
Nama :Firda Amaliya
NPM : 2213022061
No urut : 5
Keunggulan teori belajar konstruktivistik diantaranya :
1. Melatih siswa supaya menjadi pribadi yang mandiri dan mampu memecahkan masalah.
2. Menciptakan kreativitas dalam belajar sehingga tercipta suasana kelas yang lebih nyaman dan kreatif.
3. Melatih siswa untuk bekerja sama dan terlibat langsung dalam melakukan kegiatan.
4. Menciptakan pembelajaran yang lebih bermakna dan menumbuhkan kepercayaan diri pada siswa karena memiliki kebanggaan dapat menemukan sendiri konsep yang sedang dipelajari dan siswa juga merasa bangga dengan hasil temuannya.
5. Melatih siswa berpikir kritis dan kreatif.
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by Lintang Nimas k -
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama: Lintang Nimas k
NPM: 2213022057/B
Nomor Urut: 19

Izin bertanya

Berapa bentuk dari pembelajaran konstruktivisme?

Terimakasih
In reply to Lintang Nimas k

Re: RUANG DISKUSI

by Rain Rizky Maritza -
Assalamu'alaikum wr.wb

Nama : Rain Rizky Maritza
No urut : 4
NPM   : 2213022063 (B)

Izin menjawab pertanyaan dari Nama: Lintang Nimas k
NPM: 2213022057/B
Nomor Urut: 19

Berapa bentuk dari pembelajaran konstruktivisme?


Terdapat beberapa strategi pembelajaran konstruktivisme yaitu belajar aktif, belajar mandiri, belajar kooperatif, generative learning, dan model pembelajaran kognitif yang kesemuanya ini dapat diterapkan pada setiap mata kuliah.

Terimakasih
Waalaikumsalam wr.wb
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by Indah Indah Sukma Melati -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarrokatuh
Nama : Indah Sukma Melati
Npm: 2213022047
No urut:17
Izin bertanya, apa saja faktor yang mempengaruhi kontruksi pengetahuan?
Terimakasih
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarrokatuh
In reply to Indah Indah Sukma Melati

Re: RUANG DISKUSI

by Amar Firdaus -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarrokatuh

Nama : Amar Firdaus
Npm: 2213022040
No urut: 12

Izin menjawab pertanyaan dari Indah Sukma Melati, apa saja faktor yang mempengaruhi kontruksi pengetahuan?

Jawab : Faktor yang juga mempengaruhi proses perolehan pengetahuan adalah konstruksi pengetahuan yang ada, domain pengalaman, dan jaringan struktur kognitif.

Terimakasih
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by MALIKA MALIKA GHIFARINA -
assalamalaikum warahmatullahi wabarokatuh
izin memperkenalkan diri
nama: Malika Ghifarina
NPM: 2213022041
no: 13 (ganjil)
Kelas: b

izin bertanya
apa perbedaan antara pemebelajaran tradisional dan pembelajaran modern? manakah yang lebih baik?

terimakasih wassalamalaikum warahmatullahi wabarakatuh
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by silfia herlina -
nama : silfia herlina
npm : 2213022039
no urut 15

izin bertanya

Bagaimana implikasi teori belajar konstruktivistik dalam pembelajaran?
Implikasi Teori Konstruktivisme
In reply to silfia herlina

Re: RUANG DISKUSI

by Ariyanti Dwi Wahyuningsih -
Assalamu'alaikum wr.wb

Nama : Ariyanti dwi wahyuningsih
No urut : 10
NPM : 2213022062 (B)

izin menjawab pertanyaan dari silfia

Aliran ini lebih menekankan bagaimana siswa belajar bukan bagaimana guru mengajar. Sebagai fasilitator guru bertanggung jawab terhadap kegiatan pembelajaran di kelas. Diantara tanggung jawab guru dalam pembelajaran adalah menstimulasi dan memotivasi siswa.
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by Alfina Ramadani -
Assalamualaikum wr.wb
Izin memperkenalkan diri
Nama: Alfina Ramadani
Npm: 2213022051
No urut: 23

Izin bertanya,
Jelaskan apa yang dimaksud dengan teori belajar konstruktiviktif!

Terimakasih
In reply to Alfina Ramadani

Re: RUANG DISKUSI

by Angel angelina shinta augustin salsabela -
selamat pagi
izin memperkenalkan diri
nama: angelina shinta augustin salsabela
npm: 2213022055
no.urut: 28
izin menjawab pertanyaan dari alfina ramadani
Teori belajar konstruktivistik adalah mengakui bahwa peserta didik akan dapat menginterpretasi-kan informasi ke dalam pikirannya, hanya pada konteks pengalaman dan pengetahuan mereka sendiri, pada kebutuhan, latar belakang dan minatnya.
terimakasih.
In reply to Alfina Ramadani

Re: RUANG DISKUSI

by niken novia wenty -
Assalamualaikum wr.wb

Izin memperkenalkan diri
Nama: Niken Novia Wenty
Npm: 2213022059
No urut: 20

Izin menjawab pertanyaan dari
Nama: Alfina Ramadani
Npm: 2213022051
No urut: 23

Pertanyaan:
Jelaskan apa yang dimaksud dengan teori belajar konstruktiviktif!

Jawab:
Teori belajar konstruktivistik adalah teori belajar yang dipelopori oleh Lev Vygotsky. Teori belajar konstruktivistik atau yang sering disebut teori belajar sosiokultural adalah teori belajar yang menitikberatkan pada bagaimana seseorang belajar dengan bantuan orang lain dalam zona pembatasan diri yaitu zona perkembangan proksimal (ZPD) atau zona pengembangan dan mediasi yang erat. Pada tahap perkembangan apa anak membutuhkan orang lain untuk memahami sesuatu dan memecahkan masalah yang dihadapinya.
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by Dini Rismawati -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Sebelumnya izin memperkenalkan diri
Nama: Dini Rismawati
Npm: 2213022043
No absen : 10

Izin menjawab pertanyaan dari fadila Aulia Ibnu
Jelaskan Apa saja yang menjadi kelemahan dari teori belajar konstruktiviktif!?

Jawaban:
Kekurangannya
- Teori ini menanamkan supaya siswa membangun pengetahuannya sendiri, hal ini pasti membutuhkan waktu yang lama. Apalagi untuk siswa yang malas
- Kondisi disetiap sekolah pun mempengaruhi keaktifan siswa dalam membangun pengetahuan yang baru dan keaktifan siswa.
- Siswa membuat pengetahuan dengan ide mereka masing-masing, oleh karena itu pendapat siswa berbeda dengan pendapat para ahli

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by Rana Zayyan -
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Izin memperkenalkan diri
Nama : Rana Zayyan
NPM : 22130220238
No absen : 31

Izin bertanya Apa yang harus di perhatikan dalam teori belajar konstruktivistik?

Sekian terimakasih
In reply to Rana Zayyan

Re: RUANG DISKUSI

by Mahmudatul Khoiriyah -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
izin memperkenalkan diri
Nama : Mahmudatul Khoiriyah
Npm : 2213022042
No : 16
izin menjawab pertanyaan Rana zayyan
Teori belajar Konstruktivisme ini lebih menekankan perkembangan konsep dan pengertian yang mendalam, pengetahuan sebagai konstruksi aktif yang dibuat siswa. Jika seseorang tidak aktif membangun pengetahuannya, meskipun usianya tua tetap saja tidak akan berkembang pengetahuannya.
Terimakasih
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by Firda Amalia Hanifah -
Nama : Firda Amalia Hanifah
Npm : 2213022053
No :17
Izin bertanya
Strategi apakah yang disarankan oleh konstruktivistik agar belajar lebih efektif?
sekian terima kasih
In reply to Firda Amalia Hanifah

Re: RUANG DISKUSI

by ASMARADANA ASMARADANA RIZKI AZIZ PRIABODO -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Izin memperkenalkan diri
Nama: Asmaradana Rizki AP
NPM: 2213022066
No: 8
Izin menjawab pertanyaan firda
Beberapa hal yang perlu menjadi acuan dalam pembelajaran dengan strategi konstruktivistik, yaitu mengutamakan pembelajaran yang bersifat nyata dalam konteks yang relevan, mengutamakan proses, menanamkan pembelajaran dalam konteks pengalaman sosial, dan pembelajaran dilakukan dalam upaya mengkonstruksi pengalaman.
Terima kasih
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by Amelia Amelia Choirunnisa -
Assalamualaikum wr.wb, izin memperkenalkan diri

Nama : Amelia choirunnisa
NPM : 2213022045
No.absen : 9

Izin mengajukan pertanyaan, Apa saja tujuan dari teori belajar konstruktivistik dan sebagai calon tenaga pendidik bagaimana cara kita merealisasikan teori tersebut di lingkungan belajar?

Sekian, terimakasih
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by Reza Santia -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Izin menjawab pertanyaan Amelia Choirunnisa

Izin memperkenalkan diri
Nama : Reza Santia
Npm : 2213022060
No absen : 26

Tujuan teori belajar konstruktivistik:
1. Menumbuhkan motivasi siswa bahwa belajar merupakan tanggung jawab sendiri

2. Pengembangan kemampuan siswa untuk mengajukan pertanyaan dengan mencari sendiri pertanyaannya

3. Mengembangkan kemampuan siswa untuk menjadi pemikir yang mandiri.

Sebagai seorang calon pengajar yang dapat dilakukan yaitu dengan menumbuhkan motivasi pada siswa dan lebih diarahkan pada tujuan belajar