Diskusi Kelas

Diskusi Kelas

Diskusi Kelas

Number of replies: 40

Diskusikan dalam diskusi kelas mengenai video pembelajaran yang sudah kalian amati di forum diskusi kelas..

In reply to First post

Re: Diskusi Kelas

by ALDO.ERNANDA21 2113021047 -
Aldo Ernanda_2113021047
Berdasarkan video yang saya amati mengenai video pembelajaran matematika SMP kurikulum 2013, di dapatkan bahwasanya pembelajaran yg dilakukan oleh seorang guru tersebut menggunakan cara belajar teori humanistik dan juga sibernetik, dimana seorang guru mampu memahami lingkungan diri dan lingkungan sekitar nya dan juga dalam video ini seorang guru juga sangat berusaha untuk membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran. Contoh nya seperti berdoa sebelum belajar, menanyakan materi sebelum masuk pada pokok pembahasan, menjelaskan materi, membagi kelompok belajar dan sebagainya.
terima kasih...
In reply to ALDO.ERNANDA21 2113021047

Re: Diskusi Kelas

by Hafid Alzain 2013021001 -
Bisa dijelaskan dari kegiatan mana guru terlihat memahami lingkungan diri dan lingkungan sekitar?
In reply to Hafid Alzain 2013021001

Re: Diskusi Kelas

by ALDO.ERNANDA21 2113021047 -
yang dimaksud memahami lingkungan diri dan lingkungan sekitar ialah seorang guru dapat memposisikan diri nya sebagai guru dan dapat mengontrol diri nya dihadapan peserta didik nya, lalu untuk memahami lingkungan sekitar seorang guru dapat memahami peserta didik nya.
In reply to First post

Re: Diskusi Kelas

by Jihan Tama Farasiska 2113021027 -
Jihan Tama Farasiska
2113021027
Menurut saya, guru pada video tersebut sudah menerapkan teori belajar humanistik dan sibernetik. Meskipun penerapan teori tersebut tidak terlalu terlihat, akan tetapi beberapa aktivitas yang terjadi selama proses pembelajaran menunjukkan adanya penerapan dari kedua teori tersebut. Contohnya di saat guru bertaya mengenai bentuk grafik fungsi dan siswa menjawab bahwa mereka tidak tahu. Guru tersebut memberikan tampilan langsung dengan memanfaatkan geogebra. Setelah itu, tampilan tersebut akan membantu siswa dalam menyelesaikan soal-soal yang sudah diberikan. Disini terlihat bagaimana guru mampu memahami bahwa sebuah informasi untuk dapat diterima oleh siswa itu membutuhkan proses. Sehingga diperlukan langkah-langkah dan pendekatan yang tepat untuk membuat siswa memahami apa yang ingin disampaikannya. Ini adalah salah satu bentuk dari penerapan teori sibernetik.

Selain itu pula, bagaimana guru melibatkan siswa selama proses pembelajaran. Dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk mencoba langsung cara menggunakan geogebra untuk membantu mereka agar lebih paham dengan materi yang diajarkan. Pada video juga terlihat bahwa guru dengan ramah membantu siswa, disinilah terlihat bagaimana peran guru sebagai fasilitator yang menjadi kunci dari teori belajar humanistik. Yaitu bagaimana guru tersebut mampu menghargai berbagai ide dan pendapat dari siswa. Karena guru yang baik dalam teori belajar humanistik ini adalah guru yang mampu menyediakan berbagai sumber informasi untuk siswanya dengan melihat penting kondisi emosional siswa.
In reply to First post

Re: Diskusi Kelas

by ANI APRILIA PUTRI 2153021003 -
Ani Aprilia Putri
2153021003


Dari video pembelajaran di atas , dapat disimpulkan bahwa guru telah menerapakan teori belajar humanistik dan sibernetik. Dimana sudah dijelaskan pada pertemuaan sebelumnya teori humanistik proses yang umumnya dilalui yaitu merumuskan tujuan belajar, mengusahakan partisipasi aktif, siswa di dorong untuk bebas mengemukakan pendapat, memberikan kesempatan siswa untuk maju sesuai dengan kecepatannya. Pada teori sibernetik model pembelajaran dengan umpan balik atau feedback dalam konteks pendidikan umpan balik sangat penting bagi keberhasilan belajar dan pembelajaran, dengan adanya umpan balij guru akan mengetahui apakah materi yang disampaikan telah dipahamu dan apa kesulitan siswa dalam memahami. Proses itu semua sudah dilaksanaakan oleh guru yang bersangkutan pada video tersebut.

Terimakasih.
In reply to First post

Re: Diskusi Kelas

by SALSABILA TORISA 2113021037 -
menurut saya pada pembelajaran yang telah diberikan ibu Irawati Fahmi, M.Pd tersebut telah menerapkan metode pembelajaran sibernetik dan humanistik. karena guru telah memberikan materi lalu memperkuat materinya dengan memberikan contoh menggunakan media belajar sehingga siswa dapat memberikan kesimpulan-kesimpulan bagi pembelajaran mereka saat itu. lalu, siswa membuat kelompok dan guru membiarkan siswa untuk bekerja sama dengan temannya sehingga semua siswa terlibat dalam penyelesaian masalah serta soal di LKPD. selain itu, guru memantapkan pemahaman siswa dengan menggunakan media Geogebra. sehingga pembelejaran saat itu efektif karena setelah diberikan materi siswa dapat membuat kesimpulannya sendiri diikuti dengan meluruskan kesimpulan tersebut oleh guru jika dirasa masih belum sempurna.
In reply to First post

Re: Diskusi Kelas

by AISYAH INAYATULLAH ATNAR 2113021071 -
Aisyah Inayatullah Atnar 2113021071

Menurut saya, pembelajaran tersebut sudah menerapkan teori sibernetik dan juga teori humanistik. Seperti yang telah kita ketahui, menurut teori sibernetik belajar adalah pengolahan informasi. Pada pembelajaran ini siswa diberikan materi atau informasi, kemudian diminta untuk mengolah informasi tersebut secara berkelompok melalui pengerjaan lkpd. Pada pembelajaran ini juga sudah diterapkan pemanfaatan teknologi yaitu penggunaan geogebra untuk mengetahui grafik fungsi. Pembelajaran ini juga sudah menerapkan teori humanistik dengan memprioritaskan proses pembelajaran, bukan hanya hasil pembelajarannya saja.
In reply to First post

Re: Diskusi Kelas

by NADYA EL-SODJA 2113021011 -
Nadya El-Sodja
2113021011

berdasarkan video pembelajaran yang telah saya amati, strategi pembelajaran yang dilakukan telah menerapkan teori belajar humanistik dan sibernetik dengan cukup baik.

Teori humanistik memandang kalau belajar adalah proses menemukan potensi diri sebagai upaya untuk memanusiakan manusia. Dengan kata lain, individu menggali sendiri kemampuannya untuk kemudian diterapkan dalam lingkungannya. Berdasarkan video tersebut, dalam proses belajarnya, siswa berusaha agar lambatlaun ia mampu mencapai aktualisasi diri dengan sebaik- baiknya dibuktikan dengan ada beberapa siswa yang sudah memberanikan dirinya untuk ikut terlibat dalam proses pembelajaran atas kemauannya sendiri. Peran guru tersebut juga mampu menjadi fasilitator dalam tujuan pembelajaran untuk peserta didik agar potensi yang dimilikinya dapat berkembang dengan baik secara positif dilihat pada awal pembelajaran dilakukan doa bersama sebelum belajar, guru menanyakan kabar siswa, kemudian memberikan penjelasan konsep diikuti dengan keterlibatan siswa, mengerjakan tugas secara berkelompok, dan melakukan tahap kesimpulan, diakhiri dengan doa kembali.

Kemudian, secara sederhana, teori sibernetik dapat dikatakan sebagai teori belajar yang menekankan pada penyimpanan informasi. Berdasarkan video tersebut dalam menerapkan teori sibernetik dilakukan langkah-langkah yang diterapkan oleh guru dalam mencapai proses pembelajaran yang baik, yaitu.
1. Menentukan tujuan-tujuan pembelajaran;
2. Menentukan materi pembelajaran yaitu fungsi kuadrat;
3. Mengkaji sistem informasi yang terkandung dalam materi pembelajaran yaitu mengenai bentuk umum dari fungsi kuadrat dan grafiknya disertai dengan menggunakan media pembelajaran berupa geogebra.

Pada strategi pembelajaran yang dilakukan guru tersebut juga menerapkan komponen yang terdapat dalam teori sibernetik, yaitu:
1. Sensory memory
dimana informasi-informasi mengenai fungsi kuadrat yang diberikan pertama kali diterima oleh sel informasi siswa dan akan tersimpan secara singkat mengenai materi tersebut.
2. Working Memory dan short term memory
dimana Informasi fungsi kuadrat yang diterima oleh siswa dan mendapat perhatian akan dikirimkan ke dalam sistem short term memory, pada tahap ini dilakukan proses pembelajaran yaitu mengerjakan latihan lkpd secara berkelompok sehingga akan menjaga ingatan mengenai fungsi kuadrat lebih lama
3. Long Term Memory
dimana jika sekali informasi disimpan di dalam long term memory maka tidak akan permah terhapus atau hilang. Artinya jika informasi ditata dengan baik maka akan memudahkan proses penelusuran dan pemunculan kembali informasi yang diperlukan. Berdasarkan video tersebut, dilakukan recalling materi fungsi kuadrat pada tahap kesimpulan dan melakukan konfirmasi serta validasi materi tersebut. Pada awal pembelajaran pun kembali mengulas sedikit pada materi sebelumnya sehingga itu merupakan suatu bentuk dalam membantu siswa untuk tetap memiliki dan mengingat materi yang telah dipelajari.
In reply to First post

Re: Diskusi Kelas

by Asri Anjani 2113021073 -
ASRI ANJANI 2113021073

Berikut adalah proses pembelajaran yang dilalui pada video tersebut secara singkat :

-guru melakukan persiapan sebelum mengajar
-guru melakukan tanya jawab terkait pembelajaran sebelumnya
-guru melakukan pembelajaran menggunakan tayangan power point serta menyampaikan tujuan pembelajaran
-peserta didik melakukan kegiatan berkelompok (sesi tanya jawab) untuk mendiskusikan soal fungsi kuadrat kemudian guru memastikan apakah peserta didik sudah mengetahui bentuk grafik di salah satu soal yang diberikan saat kegiatan kerja kelompok, kemudian ketika peserta didik belum mengerti, guru pun menjelaskan (menggambarkan fungsi kuadrat) menggunakan aplikasi geogebra
-lalu, kegiatan berkelompok dilanjutkan dengan mengerjakan lembar kerja/soal,
-peserta didik melakukan presentasi untuk memaparkan hasil diskusinya dengan membacakan hasil pengerjaan soal serta melakukan presentasi menggunakan geogebra
kemudian di sesi terakhir guru menyimpulkan hasil pembelajaran dengan menjelaskan kembali apa yang sudah dipelajari serta menanyakan kembali kepada peserta didik untuk memastikan apakah mereka sudah memahami materi persamaan kuadrat yang sudah dipelajari.

Jadi menurut saya dilihat dari proses pembelajarannya, pada video tersebut salah satu contoh teori sibernetik adalah guru memastikan apakah siswa sudah memahami materi yang disampaikan selama proses belajar kemudian jika dirasa siswa belum paham guru menjelaskan ulang setelah itu baru guru menyakan kembali untuk memastikan lagi apakah siswa sudah memahami materi, kemudian contoh penerapan teori sibernetiknya adalah guru menggunakan geogebra untuk menjelaskan(menggambarkan grafik) serta siswa diberikan kesempatan untuk menggunakan geogebra saat presentasi.
In reply to First post

Re: Diskusi Kelas

by HESTI NUROHMAH 2113021019 -
Hesti Nurohmah_2113021019

Menurut saya proses pembelajaran pada video tersebut sudah menerapkan teori belajar humanistik dan sibernetik. Penerapan terori humanistik terjadi saat guru mampu memahami siswa, bertindak ramah dan berusaha untuk membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran. Implementasi teori sibernetik dalam proses pembelajaran pada video ialah dengan memanfaatkan aplikasi Geogebra, siswa berperan pada saat mencoba membuat grafik fungsi secara langsung di aplikasi geogebra. Tetapi saran saya guru harus menjelaskan pula membuat grafik secara manual (step by step) agar siswa paham bagaimana cara menggambar grafik yang tepat dan tertanam konsep yang benar.
In reply to First post

Re: Diskusi Kelas

by Aldelia Destiana Putri 2113021043 -
Aldelia Destiana Putri
2113021043

Izin memberikan tanggapan pak/bu, berdasarkan dari vidio yang telah saya amati sebelumnya
Model pembelajaran yang diterapkan oleh guru tersebut sudah baik dan terstruktur mulai dari mengulas materi yang telah di pelajari, kemudian melakukan tanya jawab dan berdiskusi kelompok. Dan saat proses diskusi guru tersebut melibatkan langsung siswanya. Sehingga hal tersebut membuat siswa bergerak untuk memahami dan mencoba aplikasi geogebra secara langsung. Dalam vidio dapat kita lihat bahwa guru tersebut sudah menerapkan teori belajar humanistik yaitu melibatkan siswanya secara langsung, memberikan ruang untuk berdiskusi dan menjelaskan secara rinci mengenai materi yang akan diajarkan.
In reply to First post

Re: Diskusi Kelas

by REMALIA AYU SEPTINA 2113021023 -
Remalia Ayu Septina
2113021023

Berdasarkan video yang telah saya tonton, menurut saya guru tersebut telah menerapkan teori belajar humanistik karena telah membantu siswa dalam memperoleh kejelasan tugas LKPD sehingga guru menjadi fasilitator yang mengarahkan, guru tersebut sangat mudah beradaptasi dengan siswa dan mempunyai keterampilan komunikasi yang baik untuk berbaur dengan siswanya.
Selain teori belajar humanistik, teori belajar Sibernetik juga telah diterapkan oleh guru tersebut karena pada awal pembelajaran telah ditentukan mengenai tujuan dan materi pembelajaran, menyajikan materi dan membimbing siswa belajar dengan pola yang sesuai urutan pembelajaran. Sebagai contoh saat siswa tidak mengetahui bentuk grafik fungsi, nah disitu beliau menjelaskan menggunakan bantuan geogebra agar siswa mudah memahami bentuk grafik tersebut. Terima kasih
In reply to First post

Re: Diskusi Kelas

by Hawa Prihatiningsih 2113021021 -

Hawa Prihatiningsih

2113021021

Dalam video pembelajaran tersebut guru telah menerapkan teori belajar humanistik, yaitu

• Guru sebagai fasilitator dalam pemahaman materi.

• Kejelasan dalam tugas kelompok dalam pembelajaran.

• Guru mempunyai keterampilan komunikasi yang baik.

• Melibatkan siswa dalam proses belajar sehingga proses belajar lancar

Guru juga telah menerapkan teori belajar Sibernetik

• Sebelum masuk ke kelas guru mempersiapkan materi pembelajaran, menyusun materi pembelajaran dalam urutan yang sesuai dan mengulas kembali materi sebelumnya, serta menyajikan materi dan membimbing siswa belajar.

• Memberikan informasi kepada siswa tentang tujuan pengajaran dan topik yang akan dibahas.

• Merangsang siswa untuk memulai aktivitas pembelajaran dengan menggunakan lembar kerja.

• Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengungkapkan kesimpulan. 


Mohon maaf jika terdapat kesalahan.

Terima kasih.

In reply to First post

Re: Diskusi Kelas

by Azzahra Nurmala Zellin 2053021004 -
Azzahra Nurmala Zellin 2053021004
Izin menyampaikan pendapat bu
Pada video pembelajaran tersebut terlihat bahwa Guru sudah menerapkan aplikasi Teori Pembelajaran Humanistik yaitu
• sebelum guru memulai pembelajaran inti, guru terlebih dahulu merumuskan “Tujuan Belajar” supaya siswa mengeathui capaian belajar yang harus dicapai siswa dalam pembelajaran tersebut.
• kemudian guru mengusahakan partispasi aktif dari sswa melalui diskusi kelompok yang sudah dibentuk sebelumnya.
• Setelah itu Guru mendorong siswa untuk mengembangkan kesangguoan siswa untuk belajar atas inisiatif sendiri. yaitu dengan mempresentasikan hasil diskusi
mereka terhadap kelompoknya. serta mendorong siswa untuk berfikir kritis, memaknai proses pembelajaran secara mandiri. Dalam video tersebut terlihat ketika siswa
mendiskusikan soal yang diberika oleh guru bersama dengan kelompoknya. Siswa dituntut untuk belajar mandiri untuk memecahkan soal tersebut.
• Siswa didorong untuk bebas mengemukakan pendapat hal itu terlhat ketika guru menanyakan pendapat dari salah satu siswa pada kelompok 1 dan kelompok terakhir mengenai bentuk kurva.

Kemudian untuk Penerapan Teori Sibernetik pada video tersebut yaitu:
• Teori sibernetik pada video pembelajaran tersebut terlhat ketika Guru melakukan tindakan untuk menarik perhatian siswa , hal itu dilakukan ketika Guru memberikan
pertanyaan secara individu kepada siswa dan siswa memberikan feedback dengan menjawab pertanyaan guru.
• kemudian sebelum memulai pembelajaran inti guru memberitahu mengenai tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
• Menyampaikan isi pembelajaran yang dibahas sesuai dengan topic yang telah ditetapkan yaitu pada video pembelajaran tersebut mengenai materi Fungsi Kuadrat.
Guru menyampaikan ulasan materi dan kemudian memberikan rangsangan kepada siswa sehingga siswa bisa memberikan feedback atas rangsangan tersebut.

Mohon koreksinya bu, Terima kasih
In reply to First post

Re: Diskusi Kelas

by Annisa Nur Efanti 2053021002 -
Annisa Nur Efanti_2053021002
Izin menjawab bu, menurut saya pada video pembelajaran tersebut menerapkan teori belajar Humanistik dan Sibernetik.

Pada teori humanistik, pada awal pembelajaran guru memberitahukan tujuan pembelajaran terlebih dahulu sebelum menjelaskan materi pada pertemuan tersebut.
Setelah itu guru mendorong siswa agar lebih aktif dalam merespon pembelajaran agar suasana kelas menjadi aktif.
Kemudian guru mendorong kesanggupan siswa untuk belajar mandiri/inisiatif sendiri seperti memecahkan permasalahan soal yang telah diberikan guru untuk dikerjakan secara berkelompok tanpa bantuan guru. Siswa juga mempresentasikan hasil diskusi yang telah diperoleh dari kelompoknya masing masing.
Dalam hal siswa menyelesaikan soal secara berkelompok, akan membuat siswa berfikir kritis terhadap permasalahan soal dsn berdiskusi dengan teman kelompoknya masing-masing.
Kemudian guru menanyakan pendapat dari perwakilan kelompok mengenai bentuk kurva. Hal ini menandakan bahwa siswa didorong untuk bebas mengemukakan pendapat di dalam pembelajaran.

Pada teori Sibernetik, guru memberitahukan tujuan pembelajaran pada pertemuan tersebut. Guru juga menentukan materi pembelajaran dan menjelaskan mengenai materi tersebut. Setelah itu guru mengkaji sistem informasi yang terkandung dalam materi pelajaran tersebut. Maksudnya adalah guru menjelaskan materi umum yang akan dijelaskan secara langsung dengan siswa. Kemudian guru menentukan pendekatan belajar secara berkelompok dengan membuat sbeberapa kelompok untuk menyelesaikan permasalahan soal yang telah diberikan oleh guru. Guru juga membimbing siswa dalam menerapkan proses pembelajaran berkelompok dan menjelaskan beberapa hal tentang kurva.

Terima kasih
In reply to First post

Re: Diskusi Kelas

by RAHMI JULIANI 2113021005 -
Rahmi juliani
2113021005
Menurut saya, Dalam video pembelajaran tersebut sudah menerapkan pendekatan humanistik dimana pada awal pembelajaran guru menanyakan tentang materi fungsi kuadrat yang telah diajarkan sebelumnya kepada peserta didik sehingga guru mampu menyesuaikan kemampuan siswa. Selain itu video ini juga sudah menerapkan pendekatan siberik dimana guru menampilkan tayangan atau gambaran tentang fungsi kuadrat seperti grafiknya di layar lcd.
In reply to First post

Re: Diskusi Kelas

by MUTHIAH QONITA 2153021001 -
Muthiah Qonita
2153021001

berdasarkan vidio pembelajaran, guru sudah menerapkan teori belajar humanistik dan sibernetik dengan baik, dimana guru melibatkan siswa dalam proses pembelajaran. dapat dilihat pada awal pembelajaran guru menanyakan materi pada siswa, setelah itu guru menjelaskan apa tujuan dari materi yang akan mereka pelajari.
guru melibatkan siswa dengan memberikan LKPD kepada siswa untuk dikerjakan secara berkelompok dan meminta siswa untuk mempresentasikan hasil dari diskusi kelompok.
guru juga memantapkan materi dengan pengaplikasian geogebra dan memberi kesimpulan pada pembelajaran
In reply to First post

Re: Diskusi Kelas

by Salsabila 2113021051 -
Salsabila
2113021051

Dalam video pembelajaran tersebut, guru telah menggunakan teori humanistik dan teori sibernetik dengan baik karena guru tersebut telah menunjukkan kemampuannya dalam mengkomunikasikan atau membaur kepada siswanya. Selain itu guru tersebut juga menjadikan dirinya sebagai fasilitator yang memberikan perhatian mulai dari suasana awal, situasi kelompok hingga pengalaman kelas. Kemudian dia mencoba mengatur dan menyediakan sumber-sumber yang paling luas dan mudah dimanfaatkan oleh siswa dalam membantu mencapai tujuan mereka, salah satunya pengaplikasian geogebra. Dimana tidak semua sekolah dapat menerapkan pengaplikasian geogebra ke dalam pembelajaran matematika.

Terima kasih
In reply to First post

Re: Diskusi Kelas

by VIRA HIDAYATUNNISA 2113021033 -
Vira Hidayatunnisa 2113021033
Pada video yang telah ditayangkan tersebut, saya mengamati dan menilai menurut pandangan saya apakah pembelajaran tersebut sudah dapat dikatakan sebagai teori belajar humanistik maupun sibernetik. Dan pandangan saya mengatakan bahwa pada video pembelajaran tersebut guru sudah dapat dikatakan memenuhi teori pembelajaran keduanya. Mengapa demikian? Karena pada teori humanistik sendiri siswa dilatih untuk percaya diri dalam belajar, kemudian guru tersebut mampu berkomunikasi dengan baik kepada siswanya. Disitu siswa belajar mengaktualisasi kemampuannya dengan menjawab pertanyaan gurunya dan berani menyimpulkan hasil belajar nya sendiri. Dari awal hingga akhir proses pembelajaran diliputi bagian bagian pendahuluan, pembahasan, serta kesimpulan. Lalu dalam penerapan teori belajar sibernetik sendiri, guru membuat jembatan penghubung agar siswa mengingat kembali materi sebelumnya yang sudah sempat dibahas yaitu fungsi kuadrat, dan disitulah menandakan bahwa ingatan siswa terhadap materi pembelajaran tidak hanya tersimpan pada working memori tetapi bisa diletakkan ke dalam long term memory.
In reply to First post

Re: Diskusi Kelas

by FARIS SUCI SENAILA 2113021069 -
Faris Suci Senaila_2113021069
Persiapan guru sebelum mengajar yaitu guru harus menyiapkan materi pembelajaran seperti lkpd. Lalu sebelum kegiatan pembelajaran dimulai diawali dengan salam pembuka serta doa kemudian penyampaian materi oleh guru dan guru terlebih dahulu menanyakan kepada peserta didik terkait materi sebelumnya setelah itu guru menyampaikan tujuan pembelajaran tersebut kemudian pada kegiatan inti guru mempersilahkan peserta didik membentuk kelompok untuk mengerjakan lkpd dan jika selesai mengerjakan,guru meminta siswa untuk mempresentasikan hasil kerja kelompok mereka. Sebelum itu guru melakukan tanya jawab kepada siswa terkait gambar dari soal fungsi kuadrat dan guru menampilkan terkait gambaran fungsi kuadrat menggunakan aplikasi geogebra. Selanjutnya siswa mengerjakan lkpd secara berkelompok serta mempresentasikan nya, dan untuk kegiatan penutup yaitu kesimpulan, guru meminta peserta didik untuk menyimpulkan dari pembelajaran tersebut dan guru ikut menambahkan . Lalu guru menyampaikan topik pembelajaran yang akan dibahas berikutnya serta mengakhiri pembelajaran dengan bedroa dan salam.
Teori ini telah menerapkan teori belajar humanistik dimana siswa harus mengetahui tujuan belajar dengan jelas, mengusahakan partisipasi aktif siswa, mendorong siswa untuk mengemukakan pendapat. Dalam video tersebut juga sudah menerapkan teori belajar sibernetik dimana adanya umpan balik atau feedback yang berperan penting dalam keberhasilan belajar serta adanya keterarahan seluruh kegiatan belajar kepada tujuan yang ingin dicapai.
In reply to First post

Re: Diskusi Kelas

by Hasna Mufidah 2113021057 -
Menurut saya pada pembelajaran tersebut sudah menerapkan metode pembeajaran sibernetik dan humanistik. Pada metode pembelajaran ini guru memberikan materi lalu membuat kelompok-kelompok untuk berdiskusi soal lalu dipresentasikan yang membuat siswa dapat menyimpulkan. Metode pembelajaran ini memprioritaskan proses pembelajaran, bukan hanya hasil pembelajarannya. Jadi pembelajaran ini sangatlah efektif
In reply to First post

Re: Diskusi Kelas

by Deswina Fitria Galuh 2113021081 -

Deswina Fitria Galuh 2113021081 

Izin berpendapat mengenai video pembelajaran tersebut, menurut saya model pembelajaran yang ada di video tersebut , telah menerapkan teori belajar humanistik dan sibernetik dengan baik. Tujuan belajar teori humanistik adalah untuk memanusiakan manusia. Proses belajar dianggap berhasil jika si pelajar memahami lingkungannya dan dirinya sendiri. Kemudian teori sibernetik adalah bahwa belajar adalah pemrosesan informasi. Teori ini lebih mementingkan system informasi dari pesan atau materi yang dipelajari. Seperti yang telah kita ketahui,  teori sibernetik  adalah pengolahan informasi. Pada pembelajaran ini siswa diberikan materi , kemudian diminta untuk mengolah materi dan dapat mempresentasikan hasil kerja mereka tersebut secara berkelompok melalui pengerjaan lkpd. Pada proses pembelajaran juga telah menggunakan aplikasi geogebra untuk mengetahui grafik fungsi. Sehingga dapat membantu pemahaman siswa tentang materi grafik fungsi kuadrat.

In reply to First post

Re: Diskusi Kelas

by Reni Auliana Amri 2113021007 -
Reni Auliana Amri
2113021007

Izin menyampaikan hasil analisis saya terhadap video pembelajaran tersebut. Pada teori humanistik tujuan pembelajaran lebih kepada proses belajarnya daripada hasil belajar. Dan pada video pembelajaran tersebut, guru telah melakukan proses pembelajaran sebagai tujuan pembelajaran teori humanistik yaitu merumuskan tujuan belajar yang jelas, siswa didorong untuk bebas mengemukakan pendapat (hal ini telah diterapkan pada video pemelajaran dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk menjawab pertanyaan yang diajukan), guru menerima siswa apa adanya (dibuktikan dengan guru bersikap tidak mengintimidasi siswa yang belum tahu dan guru menghargai jawaban yang dikemukakan oleh siswa). Kemudian prinsip belajar teori humanistik adalah belajar yang bermakna diperoleh jika siswa melakukannya, belajar lancar jika siswa dilibatkan dalam proses belajar dan belajar yang melibatkan siswa seutuhnya dapat memberi hasil yang mendalam (prinsip ini telah diterapkan oleh guru dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk mempresentasikan diskusi kelompok dan diberikan kesempatan untuk turut menggunakan geogerba).

Dalam video pembelajaran tersebut juga telah menerapkan teori sibernetik ditunjukkan dengan saat guru bertanya apakah siswa mengetahui bentuk kurva y=x^2-4x dan siswa menjawab belum tahu, guru tersebut menunjukkan kurva dengan bantuan geogebra, dan dengan bantuan gambar yang guru berikan siswa diminta mengerjakan LKPD yang telah disediakan. Ini berarti guru memahami bahwa sebuah informasi untuk dapat diterima oleh siswa itu membutuhkan proses. Dan pada proses pembelajaran, guru bertanya apakah siswa memahami materi yang dijelaskan dan siswa menjawab, ini merupakan sebuah feedback yang diharapkan pada teori sibernetik.

Terimakasih
In reply to First post

Re: Diskusi Kelas

by Amelia Wulan Sari 2113021063 -
Amelia Wulan Sari
2113021063

Menurut saya dalam video tersebut guru sudah menerapkan teori belajar humanistik dan sibernetik. Terlihat dari guru tersebut memulai awal pembelajaran dengan salam pembuka, berdoa, tanya jawab materi pada pertemuan sebelumnya, dan membagi kelompok belajar. Selain itu, pada proses pembelajaran yang berlangsung guru melibatkan siswa untuk aktif dalam pembelajaran dan guru juga menyediakan sumber-sumber untuk belajar, misalnya mengerjakan soal lkpd secara berkelompok. Terlihat jelas bagaimana peran guru sebagai fasilitator menjadi kunci dalam teori belajar humanistik.

Selain itu, pada penerapan teori belajar sibernetik terlihat bahwa adanya umpan balik antara siswa dengan guru, contohnya yaitu guru bertanya mengenai bentuk grafik fungsi dan siswa menjawab mereka tidak tahu. Guru tersebut memberikan tampilan langsung dengan memanfaatkan geogebra. Selain itu, guru juga memberikan kesempatan siswa untuk presentasi dan juga mengaplikasikan secara langsung untuk menggunakan aplikasi tersebut. Selain itu diakhir pembelajaran guru juga melakukan tanya jawab, sehingga guru bisa lebih tahu apakah selama proses pembelajaran siswa sudah memahami materi-materi yang telah disampaikan atau belum
In reply to First post

Re: Diskusi Kelas

by Hana Sajidah 2113021031 -
Hana Sajidah
2113021031

Berdasarkan video pembelajaran matematika SMP Kurikulum 2013 yang sudah saya amati, terlihat bahwa guru sudah mengaplikasikan teori humanistik dan teori sibernetik. Guru mampu memahami lingkungan sekitar dengan cara menjelaskan tujuan pembelajaran, agar siswa lebih paham tujuan pembelajaran yang akan dicapai pada pertemuan ini. Di video tersebut guru sebagai fasilitator melakukan model pembelajaran cooperative learning yang mana model pembelajaran ini dapat memfasilitasi siswa untuk mempermudah memahami konsep materi, hal ini tentu saja sejalan dengan teori belajar Humanistik. Dalam video tersebut guru mampu mengaplikasikan teori belajar Sibernetik dalam kegiatan pembelajaran, ditandai dengan kegiatan tanya jawab yang dilakukan guru dan siswa. Umpan balik yang dilakukan untuk mengetahui bahwa materi yang disampaikan telah dipahami. Di akhir video juga guru mengajak siswa untuk menarik kesimpulan tentang pembelajaran yang telah dilakukan, hal ini sangat sejalan dengan teori belajar Sibernetik bahwa guru telah memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengingat dan menggunakan hasil pembelajaran.
In reply to First post

Re: Diskusi Kelas

by Lutfiyah Hasna Sulistia_2113021001 -
Menurut saya pada video sudah menerapkan teori belajar humanistik dan sibernatik, teori sibernatik dilihat dari proses belajar yang sudah dikemas sesuai dengan alur pembelajaran. dan untuk teori belajar humanistik guru sudah menyesuaikan sistem pembelajaran sesuai dengan kemampuan siswa dan membantu siswa dalam proses pembelajaran
In reply to First post

Re: Diskusi Kelas

by INTAN SULY CIWING 2113021015 -
Intan Suly Ciwing 2113021015 Menurut saya pembelajaran yang dilakukan guru tersebut sudah menerapkan teori belajar humanistik dan sibernetik. Seperti berdoa sebelum belajar dan menanyakan materi yang sebelumnya sudah disampaikan sebagai bentuk mempersiapkan siswa dalam proses belajar mengajar. Selain itu guru juga menunjukan grafik menggunakan geogebra saat siswa ketika siswa belum tau tentang materi yang disampaikan. Pembagian kelompok dan mengerjakan LKPD, mengikutsertakan siswa dalam mencoba langsung penggunaan geogebra, dan menghargai pendapat siswa dengan ramah menjadi salah satu penerapan pembelajaran sibernetik dan humanistik.
In reply to First post

Re: Diskusi Kelas

by AULIA NAMIRA SYAHPUTRI 2113021045 -
Aulia Namira Syahputri
2113021045

Izin menyampaikan pendapat mengenai video pembelajaran yang telah di sediakan. Menurut saya, guru tersebut telah menerapkan teori sibernetik dan humansitik. Hal ini dapat terlihat dengan cara guru tersebut menanyakan rumus dengan maksud mengingat kembali materi yang telah lalu, menyampaikan tujuan pembelajaran, menjelaskan mengenai materi yang akan dibahas secara umum, dan sebagainya.

Begitu pula dengan teori humanistik yang tergambar jelas pada video tersebut dengan perlakuan berupa berdoa di awal pembelajaran, mengajar dengan reaksi emosional (simpati dan empati) terhadap hasil kerja kelompok-kelompok tersebut. Guru tersebut sangat menghargai akan pendapat kelompok yang maju dan hal ini membuat siswa kelompok yang maju merasa percaya diri. Guru pun menjadi fasilitator yang baik ketika siswa mengalami kesulitan dalam mengerjakan LKPD yang diberikan.

Terima kasih.
In reply to First post

Re: Diskusi Kelas

by RENDY.ANDREAN21 Npm 2113021079 -
Rendy Andrean
2113021069

Dari Vidio yang saya amati bahwasanya model pembelajaran matematika SMP diatas ialah termasuk model pembelajaran Sibernatik dan humanistik,diawal ibunya memberika tujuan pembelajaran serta menjelaskan materi sebelumnya dan ada tanya jawab dari guru dengan siswa lalu guru memberikan tugas yaitu LKPD kepada muridnya secara kelompok..terima kasih
In reply to First post

Re: Diskusi Kelas

by Puja Rosfarita 2113021041 -
Nama: Puja Rosfarita
NPM: 2113021041

Izin menanggapi mengenai video pembelajaran, menurut saya video pembelajaran tersebut telah menerapkan aplikasi teori pembelajaran humanistik dan teori pembelajaran sibernetik.
Dari video tersebut dapat dilihat pengaplikasian teori humanistik yaitu
- sebelum guru memulai pembelajaran guru menanyakan kabar peserta didik untuk membangun keakraban.
- kemudian sebelum masuk ke pembelajaran inti guru menanyakan materi sebelumnya untuk membantu siswa mengingat materi
-setelahnya guru merumuskan "Tujuan Belajar" supaya siswa mengetahui capaian pembelajaran tersebut.
- guru membentuk kelompok agar siswa berpartisipasi aktif dalam pembelajaran
- setelah itu guru mendorong dan memfasilitasi siswa dengan LKPD untuk mengembangkan kemampuan belajar, berpikir kritis dan menyampaikan inisiatif sendiri serta siswa bebas berpendapat dalam presentasi mengenai hasil belajar.

Untuk penerapan teori belajar sibernetik pada video yaitu guru menyampaikan isi pembelajaran yang dibahas sesuai dengan topik yang telah ditetapkan yaitu pembelajaran mengenai materi fungsi kuadrat dan guru memberi rangsangan kepada siswa sehingga siswa bisa menanggapi rangsangan tersebut.
Mohon maaf jika terdapat kesalahan, terimakasih.
In reply to First post

Re: Diskusi Kelas

by AULIA SENAWATI 2113021009 -
Aulia Senawati
2113021009

Menurut pendapat saya kegiatan belajar mengajar oleh guru dalam video yang telah disajikan sudah menerapkan teori belajar humanistik dan sibernetik.
Pada pembelajaran tersebut guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan diri melalui diskusi kelompok yang kemudian mempresentasikan hasil diskusinya dan juga guru tersebut memfasilitasi peserta didik dengan sumber belajar yang beragam yaitu geogebra. Fakta ini menunjukkan bahwasannya guru tersebut telah menerapkan teori humanistik (memanusiakan manusia).
Guru dalam video tersebut juga membimbing peserta didik memahami informasi yang cocok, membantu siswa memahami konsep dari fungsi kuadrat, yang pada dasarnya mengedepankan suatu proses yang diharapkan pembelajaran tersebut tidak hanya tersimpan di short-term (working) memory tetapi tersimpan selamanya di long-term memory. Sehingga dapat disimpulkan guru tersebut telah menerapkan teori sibernetik dalam pembelajaran.
In reply to First post

Re: Diskusi Kelas

by PURIDAFA ARIANI_ 2113021059 -
Puri Dafa Ariani (2113021059)

Pada video terlihat bahwa guru mengajak siswa untuk mengingat kembali materi yang telah dipelajari sebelumnya, menjelaskan tujuan pembelajaran yang harus dicapai, memberikan lkpd pada siswa, dan menggunakan media pembelajaran berupa geogebra. Selain itu siswa juga aktif dalam pembelajaran, guru menjadi fasilitator yang baik bagi siswa. Jadi, menurut saya guru dalam video tersebut telah menerapkan teori humanistik dan teori sibernetik.
In reply to First post

Re: Diskusi Kelas

by Ulfiyana 2113021025 -

Ulfiyana 2113021025 

Izin berpendapat, berdasarkan pengamatan saya, video pembelajaran tersebut memuat teori belajar sibernetik dan humanistik. Di awal pembelajaran, guru menjelaskan tujuan pembelajaran. Selanjutnya guru juga menerapkan metode diskusi supaya mereka lebih aktif dalam pembelajaran sebab guru hanya sebagai fasilitator. Setelah berdiskusi, guru menginstruksikan siswa untuk mempresentasikan hasil diskusinya. 

In reply to First post

Re: Diskusi Kelas

by Amanda Bela A P 2113021065 -
Menurut saya berdasarkan video pembelajaran tersebut, yang telah diberika ibu irawati fahmi, M.Pd telah menerapkan teori humanistik dan sibernetik . Pada video tersebut terdapat 3 aksi yang mana mengulang ( menanyakan materi sebelumnya dengan cara memberikan suatu persoalan), mendiskusikan( membuat kelompok antar siswa agar siswa dapat bertukar pola pikir), dan yang terakhir merepresentasikan ibu ira telah mengenalkan kepada siswa bahwa terdapat aplikasi yang dapat membantu dalam penyelesaian masalah, kemudian siswa terdebut mempresentasikannya terimakasih..
In reply to First post

Re: Diskusi Kelas

by MUHAMMAD ZAINAL ABIDIN 2113021049 -
Muhammad Zainal Abidin
2113021049
Menurut saya, pembelajaran tersebut sudah menerapkan teori sibernetik dan juga teori humanistik. Seperti yang telah kita ketahui, menurut teori sibernetik belajar adalah pengolahan informasi. Pada pembelajaran ini siswa diberikan materi atau informasi, kemudian diminta untuk mengolah informasi tersebut secara berkelompok melalui pengerjaan lkpd. Pada pembelajaran ini juga sudah diterapkan pemanfaatan teknologi yaitu penggunaan geogebra untuk mengetahui grafik fungsi. Pembelajaran ini juga sudah menerapkan teori humanistik dengan memprioritaskan proses pembelajaran, bukan hanya hasil pembelajarannya saja.
In reply to First post

Re: Diskusi Kelas

by Retno Wulandari 2113021087 -
Retno Wulandari
2113021087

Sebelumnya, saya mohon izin Pak/Bu untuk memberikan tanggapan terhadap video pembelajaran tersebut.
Menurut saya, strategi pembelajaran yang dilakukan pada video tersebut telah menerapkan teori belajar humanistik dan sibernetik karena dalam teori humanistik memandang kalau belajar adalah proses menemukan potensi diri sebagai upaya untuk memanusiakan manusia. Dengan kata lain, individu menggali sendiri kemampuannya untuk kemudian diterapkan dalam lingkungannya. Penerapan terori humanistik terjadi saat guru mampu memahami siswa, bertindak ramah dan berusaha untuk membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran. Peran guru tersebut juga mampu menjadi fasilitator dalam tujuan pembelajaran untuk peserta didik agar potensi yang dimilikinya dapat berkembang dengan baik secara positif dapat dilihat juga pada awal pembelajaran dilakukan doa bersama sebelum belajar, guru menanyakan kabar siswa, kemudian memberikan penjelasan konsep diikuti dengan keterlibatan siswa, mengerjakan tugas secara berkelompok, dan melakukan tahap kesimpulan, diakhiri dengan doa kembali.
Kemudian, berdasarkan video tersebut dalam menerapkan teori sibernetik dilakukan langkah-langkah yang diterapkan oleh guru dalam mencapai proses pembelajaran yang baik, yaitu dengan memanfaatkan aplikasi Geogebra, siswa berperan pada saat mencoba membuat grafik fungsi secara langsung di aplikasi geogebra. Tetapi lebih baik lagi jika guru harus menjelaskan pula membuat grafik secara manual, agar siswa paham bagaimana cara menggambar grafik yang tepat dan tertanam konsep yang benar.
In reply to First post

Re: Diskusi Kelas

by Jendhiya Reviantri 2113021067 -
Jendhiya Reviantri 2113021067

Berdasarkan video pembelajaran, guru tersebut telah mengaplikasikan teori belajar humanistik dan teori belajar sibernatik dengan sangat baik. Dapat dilihat dalam video tersebut, guru telah mempersiapkan pembelajaran dengan sangat baik dan terstruktur seperti mengulang kembali materi, menjelaskan tujuan belajar, menggunakan metode pembelajaran. Kemudian keterampilan komunikasi dengan siswa yang begitu baik sehingga dapat menciptakan keaktifan dalam pembelajaran.
In reply to First post

Re: Diskusi Kelas

by Fathiyah Mujahidah Arrohmah 2163021001 -
Fathiyah Mujahidah Arrohmah
2163021001

Menurut saya, guru sudah menerapkan teori humanistik dan sibernetik. Dengan di awal guru mengulang materi sebelumnya, lalu menerapkan pembelajaran berkelompok untuk melatih ke aktifkan siswa dan penalaran siswa dalam pembelajaran. Siswa juga di bebaskan untuk berfikir dalam memecahkan sebuah masalah. Peran guru juga sudah sesuai dengan penerapan teori tersebut, guru menjelaskan dan mengambil kesimpulan di akhir agar pemahaman siswa tidak miskonsepsi.
In reply to First post

Re: Diskusi Kelas

by DIAN MARSALIA 2113021003 -
Menurut saya proses pembelajaran pada video tersebut sudah menerapkan teori belajar humanistik dan sibernetik. Beberapa aktivitas yang terjadi selama proses pembelajaran menunjukkan adanya penerapan dari kedua teori tersebut.

Penerapan terori humanistik terjadi saat guru mampu memahami siswa, bertindak ramah dan berusaha untuk membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran. Pada pembelajaran tersebut guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan diri melalui diskusi kelompok yang kemudian mempresentasikan hasil diskusinya dan juga guru tersebut memfasilitasi peserta didik dengan sumber belajar yang beragam yaitu geogebra.

Implementasi teori sibernetik dalam proses pembelajaran pada video ialah dengan memanfaatkan aplikasi Geogebra, siswa berperan pada saat mencoba membuat grafik fungsi secara langsung di aplikasi geogebra. Ketika guru bertanya mengenai bentuk grafik fungsi dan siswa menjawab bahwa mereka tidak tahu. Guru juga memberikan tampilan langsung dengan geogebra. Setelah itu, tampilan tersebut akan membantu siswa dalam menyelesaikan soal-soal yang sudah diberikan. Terlihat bagaimana guru mampu memahami bahwa sebuah informasi untuk dapat diterima oleh siswa itu membutuhkan proses. Sehingga diperlukan langkah-langkah dan pendekatan yang tepat untuk membuat siswa memahami apa yang ingin disampaikannya.
In reply to First post

Re: Diskusi Kelas

by Anggun Desti Fitriani 2113021013 -

Anggun Desti Fitriani_2113021013

Menurut saya, guru pada video tersebut sudah menerapkan teori belajar humanistik dan sibernetik. 


Dimana teori belajar humanistik berupa

guru melibatkan siswa selama proses pembelajaran. Dengan cara memberikan kesempatan kepada siswa untuk mencoba langsung cara menggunakan aplikasi geogebra untuk membantu mereka agar lebih paham dengan materi yang diajarkan. Pada video juga terlihat bahwa guru  membantu siswa disaat siswa mendapati kesulitan kesulitan, disinilah terlihat bagaimana peran guru sebagai fasilitator.


Sedangkan teori belajar sibernetik yang diberikan oleh guru dan diterapkan oleh siswa berupa pemberian materi oleh guru yaitu sebuah informasi untuk dapat diterima oleh siswa itu membutuhkan proses. Sehingga diperlukan langkah-langkah dan pendekatan yang tepat untuk membuat siswa memahami apa yang ingin disampaikannya(encoding), lalu siswa menyimak (storage) serta siswa menyampaikan materi yang telah di simak tersebut melalui presentasi (retrieval)