Forum tanggapan Artikel

Forum tanggapan Artikel

Forum tanggapan Artikel

Number of replies: 14

Mahasiswa berikan tanggapan terkait artikel pada pertemuan hari ini

In reply to First post

Re: Forum tanggapan Artikel

by Ira nursanti 2053053024 -
Tanggapan mengenai artikel yang saya baca adalah Kemampuan intelektual, kemampuan sosial, dan kemampuan kepribadian, merupakan kemampuan modal yang
sangat berguna dalam mempersiapkan diri dan membekali peserta untuk terjun ke masyarakat, mengarungi dunia nyata yang penuh
dengan tantangan. Terlebih di era globalisasi saat ini, tantangan semakin berat, kompetisi semakin ketat, dan mutu menjadi ukuran
dalam keberhasilan menduduki tempat. Untuk itu tujuan Pendidikan IPS yang berorientasi pada kemampuan intelektual, kemampuan sosial dan kepribadian, dalam
konteks globalisasi, semakin relevan dalam menyiapkan siswa menjadi warga negara global. Hal ini berarti seorang warga negara global adalah seorang warga negara dunia yang memiliki kesadaran, kepedulian, dan tanggung jawab, serta berpartisipasi dalam masyarakat pada semua tingkatan mulai dari lokal hingga global. Namun satu hal yang menjadi warning dalam pencapaian orientasi tujuan utama Pendidikan IPS dalam konteks global, adalah jangan sampai anak didik sebagai anak bangsa tercerabut dari akarnya, kehilangan jati diri, dan lari dari Tuhan-Nya.
In reply to First post

Re: Forum tanggapan Artikel

by Vinsensius Asto Adi Pranata 2053053017 -
Izin menanggapi, dari artikel yg sudah dibagikan dan sudah saya telaah. Artikel tersebut memaparkan tentang potensi output yg unggul dan siap berkecimpung secara global atau internasional. Indonesia menduduki peringkat paling akhir dari 10 negara asia tenggara, yg artinya kualitas pendidikan di indonesia masih jauh dari kata baik, namun itu menurut riset 15 tahun lalu. Di era sekarang ini pendidikan di Indonesia semakin bagus kualitasnya. Untuk mencetak anak didik yg berkualitas dan siap ikut andil dalam kancah internasional tentunya membutuhkan sosok pendidik yg berkualitas pula. Sebagai pendidik yg harus dapat berinovasi, berkreasi, memiliki daya fikir yg out of the box guna mencetak sumber daya manusia atau agen of change yg kompetitif dan fleksibel dalam berbangsa dan bernegara.
In reply to First post

Re: Forum tanggapan Artikel

by Diva syafira rahmadani 2053053001 -
Tanggapan mengenai artikel yang disajikan yaitu artikel tersebut membahas mengenai Reorientasi tujuan, Pendidikan IPS, dan Perspektif Global. Pendidikan IPS dianggap penting dan bermanfaat manakala memperhatikan kecenderung dunia, perkembangan sains dan teknologi namun tetap dilandasi dengan keimanan dan ketaqwaan serta berpegang teguh kepada Pancasila dan UUD 1945. Kemampuan intelektual, kemampuan sosial, dan kemampuan kepribadian, merupakan kemampuan modal yang sangat berguna dalam mempersiapkan diri dan membekali peserta untuk terjun ke masyarakat, mengarungi dunia nyata yang penuh dengan tantangan. Terlebih di era globalisasi saat ini; tantangan semakin berat, kompetisi semakin ketat, dan mutu menjadi ukuran dalam keberhasilan menduduki tempat. Hal ini berarti seorang warga negara global adalah seorang warga negara dunia yang memiliki kesadaran, kepedulian, dan tanggung jawab, serta berpartisipasi dalam masyarakat pada semua tingkatan mulai dari lokal hingga global. Pandangan di atas, sejalan dengan prinsip kurikulum 2013 yang menganut prinsip berimbang, bahwa arah dari setiap mata pelajaran diorientasikan pada kemampuan peserta didik secara utuh untuk memiliki kompetensi pengetahuan, sikap dan keterampilan.
In reply to First post

Re: Forum tanggapan Artikel

by Intan Bestika Putri 2053053026 -
Tanggapan mengenai artikel yang saya baca yaitu terkait tujuan utama pendidikan IPS dalam perspektif global, jadi pendidikan IPS dalam melakukan reorientasi tujuan harus disesuaikan dengan tuntutan perkembangan zaman. Bahkan di era globalisasi saat ini, masyarakat saling berkompetisi dalam mencapai keberhasilannya. Pendidikan IPS harus dapat membekali peserta didik dengan kompetensi yang berimbang yaitu melalui pengembangan kemampuan intelektual (pengetahuan), kemampuan kepribadian (sikap), dan pengembangan kemampuan sosial (keterampilan). Dengan begitu, diharapkan pendidikan IPS di era global ini bukan lagi sekadar membentuk warga negara yang baik, tetapi menjadi warga negara yang berwawasan lebih luas sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan zaman baik secara nasional maupun global.
In reply to First post

Re: Forum tanggapan Artikel

by Komang Cittan Larasati Suradnya 2053053005 -
Izin menanggapi, pak
Dari artikel tersebut dapat saya tanggapai bahwa artikel tersebut mengulas prespektif global melalui mata pelajaran ips, dijelaskan betapa pentingnya pengintegrasian perspektif global ke dalam sebuah mata pelajaran. Pendidikan ips merupakan salah satu mata pelajaran yang memperhatikan kecenderung dunia, perkembangan sains dan teknologi namun tetap dilandasi dengan keimanan dan ketaqwaan serta berpegang teguh kepada Pancasila dan UUD 1945. Melalui pengintegrasian perspektif global, diharapkan nantinya mereka memiliki Kemampuan intelektual, kemampuan sosial, dan kemampuan kepribadian yang merupakan kemampuan modal yang sangat berguna dalam mempersiapkan diri dan membekali peserta didik untuk terjun ke masyarakat, mengarungi dunia nyata yang penuh dengan tantangan dan menyelesaikannya melalui sudut pandang global.
In reply to First post

Re: Forum tanggapan Artikel

by Regita Tri Astuti 2053053016 -
izin menanggapi pak
Didalam artikel tersebut membahas tentang mata pelajaran IPS yang berorientasi dengan prespektif global, jadi untuk melakukan reorientasi tujuan yang disesuaikan dengan tuntutan perkembangan jaman Pendidikan IPS dianggap penting dan bermanfaat manakala memperhatikan kecenderung dunia, perkembangan sains dan teknologi. namun tetap dilandasi dengan keimanan dan ketaqwaan serta berpegang teguh kepada Pancasila dan UUD 1945. Sumber belajar Pendidikan IPS perlu memasukan bahan dari kehidupan masyarakat yang sebenarnya (contextual learning). Bukan hanya berkenaan dengan fakta yang ada di masyarakat, melainkan juga berkenaan dengan dampak sains dan teknologi yang berpengaruh terhadap tatanan kehidupan masyarakat setempat (lokal), nasional dan internasional.
In reply to First post

Re: Forum tanggapan Artikel

by Reni Dwi yulianti 2053053013 -
Didalam artikel tersebut membahas tentang mata pelajaran IPS yang berorientasi dengan prespektif global, jadi untuk melakukan reorientasi tujuan yang disesuaikan dengan tuntutan perkembangan jaman Pendidikan IPS dianggap penting dan bermanfaat manakala memperhatikan kecenderung dunia, perkembangan sains dan teknologi. Melalui pengintegrasian perspektif global, diharapkan nantinya mereka memiliki Kemampuan intelektual, kemampuan sosial, dan kemampuan kepribadian yang merupakan kemampuan modal yang sangat berguna dalam mempersiapkan diri dan membekali peserta didik untuk terjun ke masyarakat, mengarungi dunia nyata yang penuh dengan tantangan dan menyelesaikannya melalui sudut pandang global.
In reply to First post

Re: Forum tanggapan Artikel

by MUKTI SETIAWAN 2053053003 -

izin menanggapi pak,

pada hal Ini membahas tentang tujuan utama Pendidikan Ilmu pengetahuan sosial dalam perspektif global yang di mana perkembangan sains dan teknologi semakin cepat hal ini telah dijelaskan oleh giddens (1990:64) secara ringkas menyebutkan globalisasi sebagai intersifikasi hubungan sosial sejagat yang menghubungkan tempat-tempat yang berjauhan sedemikian rupa sehingga peristiwa lokal bisa terjadi disebabkan oleh kejadian di tempat lain yang sekian mil sejauhnya dan sebaliknya hal ini membuktikan berarti perkembangan zaman harus diikuti dengan perkembangan sains dan teknologi hal ini sangat berkaitan dengan kehidupan perspektif global yang semakin cepat.

In reply to First post

Re: Forum tanggapan Artikel

by Nur Meitiana Zalianti 2053053027 -
izin menanggapi pak, Tanggapan mengenai artikel yang saya baca dan saya dapatkan yaitu Kemampuan intelektual, kemampuan sosial, dan kemampuan kepribadian, merupakan kemampuan modal yang sangat berguna dalam mempersiapkan diri dan membekali peserta untuk terjun ke masyarakat, mengarungi dunia nyata yang penuh
dengan tantangan. Terlebih di era globalisasi saat ini, tantangan semakin berat, kompetisi semakin ketat, dan mutu menjadi ukuran
dalam keberhasilan menduduki tempat. Untuk itu tujuan Pendidikan IPS yang berorientasi pada kemampuan intelektual, kemampuan sosial dan kepribadian, dalam
konteks globalisasi, semakin relevan dalam menyiapkan siswa menjadi warga negara global. Hal ini berarti seorang warga negara global adalah seorang warga negara dunia yang memiliki kesadaran, kepedulian, dan tanggung jawab, serta berpartisipasi dalam masyarakat pada semua tingkatan mulai dari lokal hingga global.
In reply to First post

Re: Forum tanggapan Artikel

by Novia purnamasari 2053053028 -
Izin menanggapi artikel yang sudah di sajikan pak

artikel tersebut membahas mengenai Reorientasi tujuan, Pendidikan IPS, dan Perspektif Global. Pendidikan IPS dianggap penting dan bermanfaat manakala memperhatikan kecenderung dunia, perkembangan sains dan teknologi namun tetap dilandasi dengan keimanan dan ketaqwaan serta berpegang teguh kepada Pancasila dan UUD 1945.

Untuk itu tujuan Pendidikan IPS yang berorientasi pada kemampuan intelektual, kemampuan sosial dan kepribadian, dalam
konteks globalisasi, semakin relevan dalam menyiapkan siswa menjadi warga negara global.
In reply to First post

Re: Forum tanggapan Artikel

by Laras Putria -
Izin menanggapi pak
Artikel tersebut berkaitan dengan prespektif global, jadi untuk melakukan tujuan yang disesuaikan dengan tuntutan perkembangan jaman Pendidikan IPS dianggap penting dan bermanfaat ,namun dilandasi dengan keimanan dan ketaqwaan serta kepada Pancasila dan UUD 1945. Sumber belajar Pendidikan IPS perlu memasukan bahan dari kehidupan masyarakat yang sebenarnya. Selain itujuga berkenaan dengan sains dan teknologi yang berpengaruh global
In reply to First post

Re: Forum tanggapan Artikel

by FUJI BESTARI 2053053019 -
Izin memberikan tanggapan bapak terkait dengan artikel yg sudah dibagikan dan sudah saya telaah. Artikel tersebut memaparkan tentang potensi output yg unggul dan siap berkecimpung secara global atau internasional. Indonesia menduduki peringkat paling akhir dari 10 negara asia tenggara, yg artinya kualitas pendidikan di indonesia masih jauh dari kata baik, namun itu menurut riset 15 tahun lalu.
In reply to First post

Re: Forum tanggapan Artikel

by M. Dicky Kurniawan 2053053031 -
Izin menanggapi pak,
Berdasar artiker yang sudah dipaparkan tentang perspektif global melalu pelajaran IPS yang didalamnya membahas unggulnya potensi output serta siap berkecimpung secara global atau internasional dan juga dilandasi dengan keimanan dan ketaqwaan serta kepada Pancasila dan UUD 1945.
In reply to First post

Re: Forum tanggapan Artikel

by Rafiq Nur Fadillah 2053053004 -
Nama : RAFIQ NUR FADILLAH
NPM : 2053053004
Mohon izin menanggapi bapak, mengenai artikel tentang reorientasi tujuan utama pendidikan ilmu pengetahuan sosial dalam perspektif global. Dari apa yang sudah saya baca dalam artikel tersebut menjelaskan pemahaman pembelajaran ilmu pengetahuan sosial dengan sudut pandang secara luas dalam perspektif global. Reorientasi tujuan perkembangan zaman pendidikan ilmu pengetahuan sosial dianggap sangat penting dalam pengintegrasian perspektif global. Pendidikan ilmu pengetahuan sosial memperhatikan kecenderung dunia, perkembangan sains dan teknologi, namun tetap dilandasi dengan keimanan dan ketaqwaan serta berpegang teguh kepada Pancasila dan UUD 1945. Dari pernyataan tersebut diharapkan kemampuan intelektual, kemampuan sosial, dan kemampuan kepribadian dapat menjadi bekal untuk bermasyarakat.