Forum Diskusi

Forum Diskusi

Forum Diskusi

Number of replies: 28

Menurut pendapat kalian bagaimanakah cara menanamkan civic partisipan dalam lingkungan SD ? Berikan analisa mu disertai contoh.

In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Farhan Iqbal Pratama -
Nama : Farhan Iqbal Pratama
NPM : 2113053196
Kelas : 4C

Assalamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh. Selamat Pagi Bapak Hariyanto selaku dosen pengampu mata kuliah Pembelajaran PKN SD Kelas 4C. Saya Farhan Iqbal Pratama dengan NPM 211305396 izin memberikan tanggapan mengenai pertanyaan berikut.

Menurut pendapat kalian bagaimanakah cara menanamkan civic participation dalam lingkungan SD? Berikan analisamu disertai contoh!

Jawaban:
Civic participation merupakan bentuk partisipasi kewarganegaraan yang dilakukan oleh warga negara secara sadar dan bertanggung jawab untuk mewujudkan generasi yang demokratis dan merupakan tujuan dari adanya pembelajaran PKn, artinya pembelajaran PKn mampu mewadahi peserta didik untuk mengembangkan sikap yang dapat dilakukan untuk berpartisipasi dalam kehidupan bernegara. Cara yang dapat dilakukan untuk menanamkan civic participation di lingkungan SD adalah sebagai berikut.
  1. Dilakukan melalui pembelajaran PKn di SD. Melalui pembelajaran PKn, peserta didik akan diarahkan untuk mengembangkan kemampuan partisipasinya karena memang tujuan dari PKn salah satunya adalah civic participation.
  2. Melalui adanya partisipasi yang dikembangkan secara nyata seperti pemilihan ketua kelas dan lainnya sehingga dapat menumbuhkan semangat demokratis dalam berpendapat, bermusyawarah dan bermufakat siapa yang cocok untuk menjadi ketua kelas.
  3. Melalui diskusi kelompok. Pembelajaran yang dilakukan secara berkelompok dapat membangun civic participation peserta didik sekolah dasar dalam bersosial dan kebebasan dalam berpendapat.
  4. Membiasakan peserta didik dengan berdoa sebelum dan setelah memulai belajar, mengerjakan tugas dan ulangan dengan berdoa terlebih dahulu, menghargai perbedaan/toleransi dengan mengajarkan kepada peserta didik untuk berteman tanpa membeda-bedakan.
  5. Bersama peserta didik ikut serta dalam menjaga kebersihan, keindahan dan kenyamanan kelas sehingga mampu membentuk sikap peduli peserta didik.
  6. Setiap pembelajaran hendaknya disisipkan sikap yang mencerminkan semangat nasionalisme dengan menyanyikan lagu wajib nasional.
  7. Mengajarkan dan memberikan contoh yang baik kepada peserta didik tentang patuh terhadap aturan yang sudah dibuat sekolah. Dengan adanya ini akan memungkinkan peserta didik akan patuh juga terhadap norma di masyarakat karena sudah terbiasa dalam mematuhi aturan yang jelas.

Sumber analisis:
Rejeki, S., & Pagasan, A. S. (2019). Civic Paticipation Siswa dan Permasalahannya. CIVICUS: Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 7(2), 10-18.

Sekian analisis dari saya.
Terima kasih.
Wassalamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by SHERLITA NUR AZIZAH -
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh, sebelumnya izin memperkenalkan diri,
Nama: Sherlita Nur Azizah
NPM: 2113053232
Kelas: 4C

Izin menyampaikan hasil analisis,
Menurut pendapat saya, cara menanamkan civic partisipan dalam lingkungan sd yaitu dimulai dengan membiasakan anak untuk memiliki rasa nasionalisme yang kuat. Memberikan kesadaran dan komitmen yang tinggi kepada mereka bahwa sebagai warga negara Indonesia kita harus terlibat dan mampu memberikan partisipasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Contohnya seperti mengajak anak untuk bersama-sama melakukan kegiatan kerja bakti atau gotong royong di sekolah. Dengan begitu akan tertanam rasa kebersamaan, persatuan dan kesatuan antar warga sekolah. Hal ini merupakan salah satu penanaman civic partisipan dalam bidang partisipasi sosial yang akan melatih kepekaan sosial pada anak. Jadi, diharapkan nantinya anak dapat tumbuh menjadi individu yang mudah dan cepat bereaksi terhadap masalah-masalah sosial kemasyarakatan, sehingga dapat menjadi warga negara yang partisipatif.

Sekian analisis dari saya, terimakasih. Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by IRMANDA FRAHANI -
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Sebelumnya izin memperkenalkan diri
Nama : Irmanda Frahani
Npm : 2113053124

Izin memberikan jawaban mengenai soal diatas yaitu

Jawaban:
Civic participation merupakan partisipasi kewarganegaraan yang merupakan tujuan dari PPKn dalam mewujudkan generasi yang demokratis. civic participation ini dapat didiartikan menjadi kemampuan berpartisipasi sebagai warga negara yang dilakukan secara sadar dan tanggung jawab. Partisipasi dalam hal ini adalah mampu memberikan peran dan kontribusi terhadap perubahan sosial ke arah masyarakat yang lebih baik.

Berdasarkan pemaparan di atas bahwasanya civic participation ini harus diterapkan sejak di di sekolah dasar dengan cara melatih anak untuk percaya diri dalam mengemukakan pendapat nya, Melatih anak untuk bersikap menerima pendapat orang lain, melatih anak mengikuti organisasi di sekolah serta ikut berpartisipasi apabila sekolah mengadakan suatu acara yang diadakan sekolah.

Contohnya :
Di sekolah Ani sedang melakukan pemilihan ketua kelas. Kemudian Ani memilih Dodo, sedangkan Rio memilih Toni. Nah dengan perbedaan pendapat seperti itu Ani tidak boleh menghakimi Rio atau memarahi Rio atas perbedaan pendapat tersebut. Dengan pembelajaran civic participation ini diajarkan bahwa mereka ikut berpartisipasi dalam melakukan pemilihan ketua kelas serta dilatih untuk memiliki sikap yang demokratis.

Dengan adanya pembelajaran civic participation akan sangat membantu siswa untuk aktif dalam pembelajaran sekolah maupun diluar sekolah.

Sumber:
Asrori, B. (2016). Strategi Pemasaran Sekolah dalam Upaya Meningkatkan Partisipasi Masyarakat di SMA Islam Nurul Amanah Kecamatan Tragah Kabupaten Bangkalan. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 4(1).

Fauzi, I. (2016). PERAN KEPEMIMPINAN ORGANISASI UNIT KEGIATAN MAHASISWA (UKM) UPI DALAM MENINGKATKAN CIVIC PARTICIPATION MAHASISWA (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).



Terima kasih
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by DWI OKTAVIANINGSIH -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh izin memperkenalkan diri,
Nama : Dwi Oktavianingsih
Npm : 2113053208
Kelas : 4C

Izin menyampaikan hasil analisa saya mengenai bagaimana cara menambahkan Civic partisipan dalam lingkungan SD.
Menurut pendapat saya cara yang dapat digunakan dalam menanamkan Civic partisipan dalam lingkungan SD yaitu membiasakan peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran dan kegiatan lainnya yg ada disekolah. Seperti meminta peserta didik kelas 5 SD untuk mengamati dan mencatat Berita terbaru yang tayang di televisi. Kemudian melaporkan apa saja berita yang telah mereka lihat atau informasi apa saja yang telah mereka dapatkan dari tayangan berita tersebut. Kemudian peserta didik bisa melakukan diskusi dan tanya jawab mengenai permasalahan dari berita tersebut. Dalam sesi diskusi ini peserta didik bebas menyuarakan pendapat nya terkait permasalahan yang di paparkan.

Serta membiasakan peserta didik untuk ikut dalam pemilihan perangkat kelas dengan partisipasi tersebut peserta didik diharapkan mampu dan terbiasa dalam kegiatan partisipasi baik dilingkungan sekolah dan masyarakat.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Annisa Salsabina Rahmadhani -
Assalamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh. Selamat Pagi Bapak Hariyanto selaku dosen pengampu mata kuliah Pembelajaran PKN SD Kelas 4C.

Nama : Annisa Salsabina Rahmadhani
NPM : 2113053014
Kelas : 4C

Izin memberikan tanggapan atas pertanyaan di atas, yakni bagaimanakah cara menanamkan civic partisipan dalam lingkungan SD ? Berikan analisa mu disertai contoh.

Baik Civic participation adalah partisipasi kewarganegaraan yang merupakan tujuan dari PPKn dalam mewujudkan generasi yang demokratis. Hakikat dari PPKn adalah memantapkan pengembangan peserta didik dalam dimensi kesadaran sebagai warga negara (civic literacy), komunikasi sosial kultural kewarganegaraan (civic engagement), kemampuan berpartisipasi sebagai warga negara (civic skill and participation), penalaran kewarganegaraan (civic knowledge), dan partisipasi kewarganegaraan secara bertanggung jawab (civic participation and civic responsibility)

1. Baik menurut saya cara menanamkan civic partisipan dalam lingkungan SD, dimulai dari pembelajaran Pkn sd yang dimana pada pembelajaran sd dipelajari nasionalisme yang tinggi, saling membantu sesama lain.
2. Kemudian bisa mengikutsertakan peserta didik dalam partisipasi pembelajaran kelompok yang aktif, yang dimana pasti peserta didik akan turut andil dalam hal tersebut.
3. Serta mengajari dan membiasakan peserta didik dan berpartisipasi menjaga lingkungan nya seperti di dalam kelas maupun di luar kelas.

Sumber analisis 

Sri Rejeki, Asmi Sutamiati Pagasan. Civic Paticipation Siswa dan Permasalahannya. Journal.ummat. 

Sekian terima kasih, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by WIRANTO OKTAVIAN -
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Nama : Wiranto Oktavian
NPM : 2153053012

Izin menjawab pertanyaan diatas terkait bagaimana cara menanamkan civic partisipan dalam lingkungan di SD?

Cara saya untuk menanamkan civic partisipan kepada anak SD yaitu kita sebagai calon pendidik atau guru nantinya mestinya harus memberikan dorongan atau dukungan terhadap anak agar anak tersebut mau berpartisipasi di lingkungan sekolahnya, misalnya memberikan dorongan atau dukungan untuk beberkontribusi di ruang kelas seseperti mengikuti atau mentaati peraturan didalam kelas maupun diluar kelas,mengikuti kegiatan pemilihan ketua kelas, mengikuti lomba-lomba yang di selenggarakan di sekolahsekolah, dll. Jika guru tidak melakukan dukungan atau dorongan terhadap anak maka anak tersebut menjadi bermalas-malasan terhadap lingkungan dan tidak peduli.

Sekian terimakasih.
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by ADELBERTUS GADING ANANTA PUTRA -
Nama: Adelbertus Gading Ananta Putra
Npm: 2113053023

Izin memberikan analisis mengenai "Bagaimanakah cara menanamkan civic partisipan dalam lingkungan SD ? Berikan analisa mu disertai contoh."

Civic participation adalah partisipasi kewarganegaraan yang merupakan tujuan dari PPKn dalam mewujudkan
generasi yang demokratis. Hakikat dari PPKn adalah memantapkan pengembangan peserta didik dalam dimensi kesadaran sebagai warga negara (civic literacy), komunikasi sosial kultural kewarganegaraan (civic
engagement), kemampuan berpartisipasi sebagai warga negara (civic skill and participation), penalaran kewarganegaraan (civic knowledge), kecerdasan warga Negara (civic inteligence) dan partisipasi kewarganegaraan secara bertanggung jawab (civic participation and civic responsibility). Untuk melihat perkembangan aspek kompetensi siswa, terutama dalam aspek psikomotorik guru PPKn berupaya membentuk civic participation dari peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini ditunjukkan dengan adanya bagaimana partisipasi dari peserta didik dalam pembelajaran PPKn dan diimplementasikan dalam kegiatan sekolah. Salah satu contoh lain yang bisa dilakukan oleh guru adalah membentuk kelompok diskusi saat pembelajaran dimana siswa akan diminta untuk aktif dalam berdiskusi, menyampaikan pendapat nya, serta mempresentasikan hasil diskusi nya bersama-sama.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by miftahu rahman -
Nama : Miftahu Rahman
NPM : 2113053092
Kelas : 4C
izin menyampaikan hasil analisis saya
civic partisipan adalah partisipasi kewarganegaraan yang merupakan tujuan dari pembelajaran ppkn dalam mewujudkan generasi yang demokratis. sekolah dasar sebagai tempat untuk mendidik generasi penerus bangsa,cara menanamkan civic partisipan pada lingkungan sekolah dasar yaitu
1. religius, dengan memberikan senyuman, sapaan, sopan santun; setiap mengawali dan mengakhiri kegiatan belajar mengajar, melaksanakan ibadah sesuai dengan agama yang di anutnya, tidak berbohong, dan melakukan pekerjaan sesuai dengan kewenangannya.
2. kecerdasan, melakukan segala tindakan dengan bener, menerapkan pengetahuan terhadap sesuatu yang baru.
3. ketangguhan, menanamkan sikap dan tindakan untuk pantang menyerah dalam situasi tertentu dan tidak mudah menyerah, mampu menyelesaikan permasalahan dan kesulitan sehingga mendaptakan hasil yang memuaskan.
4. kepedulian, siswa diarahkan untuk memelihara kebersihan, keindahan, dan kelestarian alam, siswa juga dapat memberikan bantuan kepada orang yang membutuhkan, siswa secara tidak pasif (tidak merasa masa bodoh) tetapi proaktif dengan adanya perubahan keadaan lingkungan.
5. demokratis. tidak memaksa kehendak orang lain, melaksanakan musyawarah.
6. nasionalis, menggunakan bahasa indonesia yang baik dan beneran dimana pun kita berapa
7. kepatuhan aturan sosial, mematuhi segala aturan yang berlaku dimasyarakat, mematuhi nilai dan norma yang berlaku.
8. menghargai keberagaman, menghargai hasil karya orang lain, tidak membeda-bedakan temen.
9. kesadaran akan hak dan kewajiban diri dan orang lain, melakukan tindakan dengan adil, membagi tugas piket dengan adil dan disiplin, tekun, melaksanakan apa yang sudah menjadi kewajibannya.
10.bertanggung jawab, berani menanggung resiko atas apa yang dikerjakan, meminta maaf jika telah melakukan kesalahan kepada orang lain.
11. berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif memberikan kritik dan saran yang bersifat membangun, memberikan ide yang baik untuk kepentingan umum.
12. kemandirian, melaksanakan kegiatan atas dasar kemampuan sendiri, tidak bergantung kepada orang lain atau temen.

sumber analisis
pagasan, s. r. (2019). civic participation siswa dalam permasalahan. pendidikan penelitian pengabdian pendidikan pancasila dan kewarganegaraan, 7.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by WAHANA TRI ADHASARI -
Nama : Wahana Tri Adhasari
NPM : 2113053209
Kelas : 4C

bagaimanakah cara menanamkan civic partisipan dalam lingkungan SD ? Berikan analisa mu disertai contoh.

Jawaban
Civic participation merupakan kemampuan berpartisipasi sebagai warga negara yang dilakukan secara sadar dan tanggung jawab. Partisipasi dalam hal ini adalah mampu memberikan peran dan kontribusi terhadap perubahan sosial kearah masyarakat yang lebih baik.

Upaya yang dapat dilakukan dalam meningkatkan civic participation siswa
yaitu dengan cara menanamkan pada diri siswa akan pentingnya civic partisipan, misalnya saja dengan menanamkan, mencontohkan, mengajarkan, dan menegur apabila siswa melanggarnya. Adapun sifat yang harus diperhatikan yaitu sebagai berikut.
1. Religius
Yaitu dengan selalu bersikap religius, agar nantinya dapat dicontoh misalnya memberikan senyum, sapa, salam, sopan dan santun; setiap mengawali dan mengakhiri kegiatan maupun mengerjakan tugas-tugas pelajaran berdoa terlebih dahulu, mengembangkan toleransi beragama dalam keberagaman.
2. Kejujuran.
Menepati janji, berkata dan bertindak dengan benar sesuai dengan fakta yang ada/tidak berbohong, melakukan pekerjaan berdasarkan kewenangan yang dimiliki; memiliki komitmen dalam menjaga dan mengekspresikan kebenaran.
3. Kepedulian
Siswa dapat memelihara kebersihan, keindahan, dan kelestarian alam; siswa dapat berbagi dengan berpartisipasi memberikan bantuan sesuai dengan kemampuan terhadap orang lain yang dilanda musibah atau kurang beruntung dalam kehidupannya.
4. Demokratis
karakter demokratis di antaranya ialah siswa menghormati pendapat dan hak orang lain; tidak memaksakan kehendak kepada orang lain, melaksanakan musyawarah dalam mengambil keputusan; mengusahakan musyawarah untuk mencapai mufakat.
5. Nasionalis
Siswa mampu berbahasa Indonesia secara baik dan benar; menghormati pahlawan, berpartisipasi dalam perayaan hari-hari besar nasional, mampu menyanyikan lagu-lagu kebangsaan; melakukan kegiatan pelestarian lingkungan hidup.
6. Kepatuhan pada aturan sosial
Siswa mampu mematuhi tata tertib yang berlaku di sekolah, mematuhi nilai, norma, kebiasaan, adat dan peraturan yang berlaku di sekolah maupun masyarakat.
7. Menghargai keberagaman
Siswa memiliki sikap saling menghormati menghargai dalam membangun sikap gotong royong; tidak membeda-bedakan teman dengan latar belakang apapun.
8. Menanamkan Kesadaran akan hak dan kewajiban diri dan orang lain
Siswa harus memiliki kesadaran
untuk bersikap dan bertindak secara adil, mau bekerja keras untuk belajar dengan tekun dan disiplin, memelihara keseimbangan dalam memenuhi hak dan melakasanakan kewajiban, menghargai hak-hak orang lain, melaksanakan apa yang telah menjadi suatu kewajiban bagi dirinya.
9. Bertanggung jawab
Siswa mempunyai sikap seperti mengerjakan tugas dengan baik dan tepat waktu, berani menanggung resiko atas apa yang telah dilakukan, mengerjakan tugas dan kewajibannya sesuai dengan waktu yang ditetapkan; memiliki kesediaan untuk bersedia meminta maaf jika melakukan kesalahan terhadap orang lain dan berjanji tidak mengulangi.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by HASNI SEPTIANI -
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Nama : Hasni Septiani
NPM : 2113053097
Kelas : 4C
Izin memberikan pendapat mengenai cara menanamkan civi partisipan dalam lingkungan Sd.
Civic participation adalah partisipasi kewarganegaraan yang merupakan tujuan dari PPKn dalam mewujudkan generasi yang demokratis. cara menanamkan civic partisipan dalam lingkungan SD adalah dengan memberikan motivasi kepada siswa untuk meningkatkan civic participation, adapun beberapa upaya yang dilakukan guru dalam memotivasi siswa adalah terlaksananya beberapa kegiatan pengembangan bakat siswa yaitu kegiatan olahraga, pramuka yang dilaksanakan dalam waktu sekali dalam seminggu yaitu hari jum’at sore, kegiatan ekstrakurikuler seperti imtak, upacara berdera, juga dalam proses pembelajaran guru PPKn menanamkan nilai-nilai demokratis dengan membiasakan siswa berdiskusi dan bekerja sama, memberikan nasihat, bimbingan, arahan, memberikan suport bagi siswa untuk belajar tentang betapa pentingnya pendidikan,serta penggunaan metode secara bervariasi.
Sekian dan Terimakasih.
Wassaalamualaikum, Warahmatullahi Wabarakatuh
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Dhea Ajeng Pradana -
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Selamat pagi Bapak
sebelumnya izin memperkenalkan diri,
Nama : Dhea Ajeng Pradana
NPM : 2113053277

Izin memberikan hasil analisis saya terkait dengan bagaimana cara menanamkan civic partisipan dalam lingkungan SD.
Seperti yang kita ketahui bahwa Civic Participation ini adalah sebuah partisipasi kewarganegaraan yang merupakan tujuan dari PPKN dalam mewujudkan generasi yang demokratis. Hakikat dari PPKn sendiri adalah untuk memantapkan pengembangan peserta didik dalam dimensi kesadaran sebagai warga negara, kemampuan berkomunikasi sosial yang baik, dan kemampuan berpartisipasi sebagai warga negara yang baik. Penanaman civic partisipan kepada peserta didik ini bertujuan untuk membentuk karakter peserta didik untuk mampu memberikan pendapatnya secara baik dan benar kemudian melatih peserta didik untuk mampu berkomunikasi dan bersosialisasi dengan baik dilingkungan sekitar.

Kemudian cara menanamkan civic partisipan dalam lingkungan sekolah dasar yaitu dapat dilakukan dengan menyanyikan lagu-lagu nasional pada saat sebelum pembelajaran dimulai, melaksanakan upacara bendera untuk melatih sikap patriotisme peserta didik, melaksanakan kegiatan-kegiatan yang berbau unsur budaya contohnya seperti mengikuti kegiatan pentas seni yang di adakan di sekolah, kemudian ikut berpartipasi aktif dalam pemilihan sesuatu contohnya seperti pemilihan ketua kelas, sekretaris maupun bendara. Disini peserta didik diminta untuk ikut menyuarakan suara dan pendapatnya tanpa adanya unsur paksaan.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Farida Julia Saputri -
Assalamualaikum warahamatullahi wabarakatuh,
Nama : Farida Julia Saputri
NPM : 2113053073
Kelas : 4C
Izin menjawab soal diatas mengenai bagaimanakah cara menanamkan civic partisipan dalam lingkungan SD ? Berikan analisa mu disertai contoh.

Jawabannya: Civic participation adalah partisipasi kewarganegaraan yang merupakan tujuan dari PPKn dalam mewujudkan generasi yang demokratis. Artinya kemampuan berpartisipasi sebagai warga negara yang dilakukan secara sadar dan tanggung jawab. Partisipasi dalam hal ini adalah mampu memberikan peran dan kontribusi terhadap perubahan sosial kearah masyarakat yang lebih baik.

cara menanamkan civic partisipan dalam lingkungan SD ? Yaitu dengan cara seperti memberikan motivasi kepada siswa untuk meningkatkan civic participation, adapun beberapa upaya yang dilakukan guru PPKn dalam memotivasi siswa adalah terlaksananya beberapa kegiatan pengembangan bakat siswa yaitu kegiatan olahraga, pramuka yang dilaksanakan dalam waktu sekali dalam seminggu yaitu hari jum’at sore, kegiatan ekstrakurikuler seperti imtak, upacara berdera, juga dalam proses pembelajaran guru PPKn menanamkan nilai-nilai demokratis dengan membiasakan siswa berdiskusi dan bekerja sama, memberikan nasihat, bimbingan, arahan, memberikan suport bagi siswa untuk belajar tentang betapa pentingnya pendidikan, penggunaan metode secara bervariasi.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by WAHYU RINGGIT KUNCORO -
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Nama : Wahyu Ringgit Kuncoro
NPM : 2113053254
Kelas : 4C

Civic participation merupakan partisipasi kewarganegaraan yang merupakan tujuan dari PPKn dalam mewujudkan generasi yang demokratis. Dalam menanamkan civic participan di lingkungan SD menurut saya guru PPKn sebaiknya dapat meningkatkan dan mengembangkan terus program pembentukan civic participation terhadap peserta didik baik dalam pembelajaran maupun dalam kegiatan sekolah kemudian guru PPKn sebaiknya terus menanamkan nilai demokrasi agar civic participation peserta didik dapat terwujud dengan tanggung jawab serta sekolah sebaiknya terus meningkatkan kegiatan sekolah yang kreatif dan inovatif untuk mendukung adanya partisipasi dari peserta didik contohnya seperti kegiatan pemilihan ketua kelas ataupun kegiatan partisipasi lainnya

Sumber
Handayani, Iin Puji (2016) Pembentukan civic participation peserta didik dalam pembelajaran PPKn di SMPN 2 Malang / Iin Puji Handayani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Sekian Terima kasih
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Niken Azzahra -
Assalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh sebelumnya izin memperkenalkan diri
Nama : Niken Azzahra
Npm : 2153053032
Kelas : 4C

Disini saya akan menyampaikan pendapat saya tentang bagaimanakah cara menanamkan civic partisipan dalam lingkungan SD ? Berikan analisa mu disertai contoh.

Jawab :
Civic participation yakni partisipasi kewarganegaraan yang merupakan tujuan dari Mata pelajaran PPKn dalam mewujudkan generasi yang demokratis. Civic participation merupakan kemampuan berpartisipasi sebagai warga negara yang dilakukan secara sadar dan tanggung jawab. Partisipasi dalam hal ini adalah mampu memberikan peran dan kontribusi terhadap perubahan sosial kearah masyarakat yang lebih baik.

Contohnya: seperti Mahasiswa sebagai generasi muda penerus bangsa sekaligus calon pemimpin di masa mendatang wajib memiliki kemampuan civic participation karena bisa berperan dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara, selain itu Mahasiswa sebagai kaum terpelajar yang merupakan aset paling berharga yang dimiliki oleh negara harus senantiasa dibina dan dikembangkan potensi dan kemampuannya dengan baik, karena mahasiswa sebagai penentu kondisi sosial dimasa mendatang. Kepemimpinan sangat penting dimiliki dalam diri seorang mahasiswa, sikap kepemimpinan yang dimiliki mahasiswa akan menentukan sikap dan perilaku mahasiswa itu sendiri serta mampu mengambil peran sebagai warga negara yang baik, selain berdampak kepada diri sendiri kepemimpinan akan berdampak pula terhadap lingkungan sekitar dan juga orang yang berada dilingkungannya.

A. Sebagai calon guru di tuntut untuk bisa mengarahkan siswa mampu membuat kebijakan untuk mendorong siswanya
untuk aktif mengikuti organisasi kesiswaan dalam pembentukan karakter kepemimpinan serta civic participation siswa.
B. Pihak sekolah dalam hal ini kepala sekolah dapat memberikan dukungan secara langsung baik berupa moril maupun materil untuk mendukung kegiatan organisasi siswanya,

Sekian jawaban dari saya
Assalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Winda.l eriska -
nama : winda eriska
npm : 2113053079
kelas : 4C

Pendidikan yang diselenggarakan secara efektif dapat membangun gagasan dan emosi secara terus-menerus (Malatuny dan Rahmat, 2017: 57).peningkatan civic knowledge dalam proses belajar mengajar, maka guru sebagai pendidik mesti melaksanakan tanggung jawab secara optimal. Proses belajar mengajar menjadi terkesan bermakna bagi kehidupan setiap peserta didik jika ditopang oleh model pembelajaran yang bisa memicu mereka untuk semangat menyerap ilmu. Model pembelajaran yang dimaksudkan ialah project citizen.
Project citizen memberikan kesempatan kepada para siswa untuk ambil bagian dalam pemerintahan dan masyarakat sipil sambil mempraktikkan berpikir kritis, dialog, debat, negoyasi, kerja sama, kesantunan, toleransi, membuat keputusan, dan aksi warganegara (civic action) yakni melaksanakan kewajibanya sebagai warga negara
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by REZA FITRIYANI -
Nama : Reza Fitriyani Sari
NPM : 2113053094

Izin menyampaikan hasil analisa saya bapak terkait "bagaimanakah cara menanamkan Civic participation dalam lingkungan SD ? berikan analisamu disertai contoh!"

Civic participation adalah partisipasi kewarganegaraan yang merupakan tujuan dari PKN dalam mewujudkan generasi yang demokratis. Adapun cara yang dapat dilakukan untuk menanamkan Civic participation dalam lingkungan SD yaitu :

1. Menanamkan sikap religius
sikap religius dapat ditanamkan lebih dulu pada siswa seperti memberikan contoh untuk memberi salam, sapa, senyum, sopan dan santun agar siswa memiliki karakter yang baik.

2. Menanamkan kepedulian
siswa diajarkan untuk peduli pada lingkungannya misalnya menjaga kebersihan, keindahan dan kelestarian alam.

3. Menanamkan kejujuran
siswa diajarkan untuk memiliki karakter jujur, menepati janji, berkata dan bertindak dengan benar dan tidak berbohong.

4. Demokratis
menanamkan sikap demokratis pada siswa dapat dilakukan dengan mengikutsertakan mereka dalam pemilihan ketua kelas atau perangkat keras.

5. Menanamkan sikap nasionalis
siswa diajarkan untuk menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar pada lingkungan sekolah, siswa juga diajarkan untuk menjunjung persatuan dan tidak berkelahi dengan sesama teman.

Civic participation juga dapat ditanamkan pada siswa SD atau lingkungan SD melalui kegiatan yang dapat mengembangkan minat bakatnya yaitu dengan mengikuti kegiatan luar kelas atau ekstrakurikuler misalnya seperti kegiatan olahraga, kesenian, pramuka dan sebagainya.

Terima Kasih
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by IKA SAEFITRI -
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh..

Nama: Ika Saefitri
Npm : 2113053099
Kelas: 4 C


Izin menyampaikan analisis pak,
Menurut pendapat saya Civic participation atau civic partisipsn adalah partisipasi kewarganegaraan yang merupakan tujuan dari PPKn dalam mewujudkan generasi yang demokratis. Hakikat dari PPKn adalah memantapkan pengembangan peserta didik dalam dimensi kesadaran sebagai warga negara (civic literacy), komunikasi sosial kultural kewarganegaraan (civic engagement), kemampuan berpartisipasi sebagai warga negara (civic skill and participation), penalaran kewarganegaraan (civic knowledge), dan partisipasi kewarganegaraan secara bertanggung jawab (civic participation and civic responsibility.

Contoh:
Penerapan model project citizen
untuk meningkatkan civic
participation siswa kelas V dalam
pembelajaran Pendidikan
Kewarganegaraan (PKN ) di
Sekolah Dasar sangat tepat, hal ini
terlihat dari langkah-langkah
pembelajaran yang diterapkan oleh
peneliti yang mampu meningkatkan
civic participation siswa yakni siswa
mengidentifikasi masalah, memilih
masalah, mengumpulkan informasi,
mengembangkan portofolio dan
menyajikan portofolio. Kegiatan-kegiatan tersebutlah yang mampu
menjadikan siswa dapat
berinteraksi dengan baik, memantau
dengan baik serta memengaruhi
dengan baik. Dengan itu siswa
mudah dapat menjadi warga negara
yang terampil sesuai dengan
indikator civic participation.
Melalui penerapan model Project
Citizen, pada siklus I dengan
masalah tata tertib berpakaian di
sekolah, civic participation siswa
masih kurang terlihat karena belum
terbentuknya pembiasaan siswa
dengan model ini dan belum bisa
beradaptasi dengan model project
citizen. Pada siklus II upaya
meningkatkan civic participation
siwa dengan pemberian media
gambar-gambar serta adanya
reward untuk kelompok terbaik.
Pada siklus III sudah mulai terbiasa
dengan model project citizen dan
civic participation siswa sudah
dikatakan baik karenakan
pengubahan media gambar menjadi
video serta strategi dalam
mengumpulkan informasi lebih
bervariasi.

2. Peningkatan Civic Participation
dengan menggunakan model Project
Citizen pada pembelajaran PKn di
kelas V Sekolah Dasar Negeri Cinunuk 04 mengalami peningkatan
setiap siklusnya dengan rata-rata
pada siklus I sebesar 31.60%
kemudian siklus II sebesar 54.38%
dan selanjutnya siklus III sebesar
76.53%. Hal ini ditandai dengan
meningkatnya perolehan hasil skor
pada indikator civic participation
siswa. Sehingga pembelajaran PKn
dengan penggunan model project
citizen dapat meningkatkan civic
participation siswa kelas V.

Nurhalimah¹.Solihan ichas². (2017) .
"PENERAPAN MODEL PROJECT CITIZEN UNTUK MENINGKATKAN CIVIC PARTICIPATION PADA PEMBELAJARAN
PKN DI SD" (Antologi Universitas Indonesia. Volume. 5. Edisi No. 1)
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Diah Widianingsih -
Nama: Diah Widianingsih
NPM: 2113053171
Kelas: 4C

Cara menanamkan civic partisipan dalam lingkungan SD ? Berikan analisa mu disertai contoh.

Civic participation merupakan partisipasi kewarganegaraan yang merupakan tujuan dari PPKn dalam mewujudkan generasi yang demokratis.
Melihat realita generasi muda di era sekarang ini sangatlah mengkhawatirkan. Mereka sebagai generasi yang seharusnya menjadi agen of change malah terlihat acuh. Untuk itu upaya seorang guru dalam meningkatkan civic partisipan dapat dilakukan dengan:
1. Melalui pembelajaran PPKn yang artinya guru berupaya membentuk civic participation dari peserta didik dalam sebuah pembelajaran dengan cara menanamkan nilai nilai demokratis.

2. Guru memberikan contoh dan membiasakan peserta didiknya untuk memberikan senyum, sapa, salam, sopan dan santun kepada semua masyarakat di sekolah.

3. Guru memberikan kebebasan bagi setiap peserta didiknya untuk melakukan diskusi hal ini dapat meningkatkan civic participation karena peserta diidk diberikan kebebasan dalam berpendapat.

4. Peserta didik dapat memelihara kebersihan, keindahan, dan kelestarian alam. peserta didik juga di ajarkan untuk dapat berbagi dan berpartisipasi memberikan bantuan sesuai dengan kemampuannya.

5. Guru memberikan kebebebasan kepada peserta didik ikut berpartipasi dalam pemilihan ketua kelas, dimana peserta didik harus ikut menyuarakan pilihannya dan pendapatnya tanpa adanya unsur paksaan.

6. Guru juga harus membiasakn kepada peserta didiknya untuk selalu berdoa terlebih dahulu sebelum atau sesudah pembelajaran, dan bertoleransi antar umat beragama
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by RAFITRI PRIHATINI -
Nama: Rafitri Prihatini
Npm: 2113053133
Kelas: 4C

Izin menyampaikan hasil analisis saya mengenai civic partisipan

Civic partisipan adalah kemampuan seseorang untuk berpartisipasi sebagai warga negara yang dilakukan secara sadar dan bertanggung jawab. Civic partisipan ini merupakan tujuan dari PPKn dalam mewujudkan generasi yang demokratis. Partisipasi dalam hal ini mampu memberikan peran dan konstribusi terhadap perubahan sosial kearah yang lebih baik. Komponen esensi dari PKn dalam masyarakat demokratis adalah keterampilan atau kecakapan warga negara dalam berpartisipasi terhadap politik. Adapun cara menanamkan civic partisipan dalam lingkungan SD yaitu sebagai berikut:
1. Menanamkan rasa nasionalisme kepada peserta didik, seperti mengajak peserta didik untuk mengikuti upacara bendera setiap hari senin, saling menghargai perbedaan yang ada dalam kelas, dan mengedrpankan semboyan bhineka tunggal ika.
2. Mengajak peserta didik untuk selalu ikut berpartisipasi dalam acara-acara yang diadakan sekolah. Contohnya pada saat pemilihan perangkat kelas, semua peserta didik harus ikut serta dalam proses pemilihan. Dengan begitu siswa akan belajar bagaimana cara menghargai pendapat dan pilihan orang lain, dan ikut serta dalam kegiatan musyawarah untuk mencapai mufakat.
3. Mendorong peserta didik untuk mentaati peraturan sekolah, disiplin, bertanggung jawab, serta berperilaku sopan dan santun.

Sumber: Rejeki, S & Pagasan, A.S. 2019. Civic Participation Siswa dan Permasalahannya. CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan. Vol. 7 No. 2 September 2019, hal. 10-18
.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by ANNISA NATHANIA -
Annisa Nathania
2153053040

Izin berdiksusi,
menurut saya, cara menanamkan civic participan; Cinta pada tanah air dapat terpancar dari bagaimana perilaku kita dalam menjaga serta membela negara sampai titik darah penghabisan, rela berkorban dan mengutamakan kepentingan bersama diatas kepetingan pribadi. Selain itu mampu menghargai setiap perbedaan yang ada terlebih di Indonesia sangat banyak sekali perbedaan seperti halnya suku, ras, agama, bahasa daerah, warna kulit dan lain sebagainya, maka dari itu semboyannya adalah berbeda-beda tetapi tetap satu jua merupakan semboyan yang sangat cocok untuk melambangkan negara Indonesia tercinta ini.

Cinta tanah air juga merupakan wujud dari lahirnya pancasila tepatnya sila ke-3 Persatuan Indonesia. Oleh karena itu sangat penting bagi kita semua menumbuhkan rasa cinta pada tanah air sejak dini lebih tepatnya diterapkan siswa SD sebagai warga negara agar tujuan dari bangsa juga dapat tercapai menjadikan bangsa yang mampu menyatukan segala perbedaan serta mampu menjadi contoh dari bangsa lain.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Resti Umi Melinda -
Nama : Resti Umi Melinda
NPM : 2113053058
kelas: 4C

Assalamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh. Selamat Pagi Bapak Hariyanto selaku dosen pengampu mata kuliah Pembelajaran PKN SD Kelas 4C.

Menurut pendapat kalian bagaimanakah cara menanamkan civic participation dalam lingkungan SD? Berikan analisamu disertai contoh!

Civic participation adalah partisipasi kewarganegaraan yang merupakan tujuan dari PPKn dalam mewujudkan generasi yang demokratis. Hakikat dari PPKn adalah memantapkan pengembangan peserta didik dalam dimensi kesadaran sebagai warga negara (civic literacy), komunikasi sosial kultural kewarganegaraan (civic engagement), kemampuan berpartisipasi sebagai warga negara (civic skill and participation), penalaran kewarganegaraan (civic knowledge), dan partisipasi kewarganegaraan secara bertanggung jawab (civic participation and civic responsibility). adapun beberapa paya:

(a) menyanyikan lagu-lagu nasional (b) melaksanakan upacara bendera (c) melaksanakan kegiatan atau gerakan mentaati tata tertib sekolah (d) berpartisipasi dalam pentas budaya (e) berpartisipasi dalam kegiatan sekolah (f) ikut berpartisipasi dalam kegiatan pemilu ketiga kendala dalam pelaksanaan program pembentukan civic participation peserta didik dalam pembelajaran PPKn adalah (a) dalam hal mengatur kondisi kelas peserta didik (b)dalam hal mengatasi peserta didik yang memiliki karakter pendiam dan keempat 

upaya mengatasi kendala dalam pelaksanaan program pembentukan civic participation peserta didik dalam pembelajaran PPKn adalah (a) memperingatkan peserta didik yang tidak tertib dan kurang memperhatikan (b) mencoba berinteraksi dengan peserta didik terhadap permasalahan yang terjadi (c) menggunakan model pembelajaran yang menarik dan (d) memberikan pertanyaan atau tugas tambahan bagi peserta didik yang ramai. Saran yang diberikan peneliti oleh guru PPKn dan sekolah sebagai berikut (a) guru PPKn sebaiknya meningkatkan dan mengembangkan terus program pembentukan civic participation terhadap peserta didik baik dalam pembelajaran maupun dalam kegiatan sekolah (b) guru PPKn sebaiknya terus menanamkan nilai demokrasi agar civic participation peserta didik dapat terwujud dengan tanggung jawab (c) sekolah sebaiknya terus meningkatkan kegiatan sekolah yang kreatif dan inovatif untuk mendukung adanya partisipasi dari peserta didik seperti kegiatan pemilihan ketua OSIS ataupun kegiatan partisipasi lain.

In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Yuninda Putri -
Yuninda Putri
2113053045

Civic participation adalah partisipasi kewarganegaraan yang merupakan tujuan dari PKN dalam mewujudkan generasi yang demokratis. Contoh dari Civic partisipan yang dapat ditanamkan dalam lingkungan SD yaitu
- Demokratis, tidak memaksa kehendak orang lain, melaksanakan musyawarah.
- Nasionalis, menggunakan bahasa indonesia yang baik dan beneran dimana pun kita berapa
- Kepatuhan aturan sosial, mematuhi segala aturan yang berlaku dimasyarakat, mematuhi nilai dan norma yang berlaku.
- Menghargai keberagaman, menghargai hasil karya orang lain, tidak membeda-bedakan temen.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by ICHA KURNIA PUTRI -
Nama : Icha Kurnia Putri
NPM : 2113053052
Kelas : 4C
bagaimana cara menanamkan civic partisipan di SD
Civic participation adalah partisipasi kewarganegaraan yang merupakan tujuan dari PPKn dalam mewujudkan generasi yang demokratis.
Upaya guru PPKn dalam meningkatkan civic participation siswa dapat digambarkan sebagai berikut:
1. Religius
Indikator seorang siswa dapat dikatakan memiliki karakter religius di antaranya ialah memberikan senyum, sapa, salam, sopan dan santun.
2. Kecerdasan
Indikator seorang siswa dapat dikatakan memiliki karakter cerdas di antaranya ialah siswa berkata dan bertindak secara benar, cepat, dan akurat
3. Ketangguhan
Indikator seorang siswa dapat dikatakan memiliki karakter tangguh di antaranya ialah memiliki sikap dan tindakan untuk pantang menyerah dalam situasi tertentu/tidak mudah berputus asa
4. Kepedulian
Indikator seorang siswa dapat dikatakan memiliki karakter kepedulian di antaranya ialah siswa dapat memelihara kebersihan, keindahan, dan kelestarian alam.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by NEGI TITIN WIDYANINGTIUS -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Sebelumnya izin memperkenalkan diri
Nama : Negi Titin widyaningtius
Npm : 2113053167
Kelas : 4C

Izin memberikan tanggapan dari pertanyaan menurut pendapat kalian bagaimanakah cara menanamkan civic partisipan dalam lingkungan SD ?

Civic participation merupakan partisipasi dari kewarganegaraan yang merupakan tujuan dari PPKn dalam mewujudkan generasi yang demokratis. Pada hakikatnya pembangunan karakter bangsa
mengarah pada penciptaan suatu masyarakat Indonesia
yang menempatkan demokrasi dalam kehidupan
berbangsa dan bernegara sebagai titik sentral. Dengan adanya Civic partisipan ini dapat memberikan anak sebuah kesadaran bahwa mereka harus ikut berpartisipasi dalam demokrasi.

Cara menanamkan civic partisipan sendiri di SD yaitu dapat kita lakukan melalui kegiatan di dalam kelas seperti memberikan anak ruang untuk berpendapat, serta menerima pendapat orang lain , diskusi dalam kelompok, diskusi dalam pemilihan ketua kelas serta dapat juga anak ikut terlibat dalam kegiatan atau acara yang di adakan sekolah. Contoh Civic partisipan yaitu misalnya melibatkan peserta didik dalam melakukan pemilihan ketua kelas atau partisipasi lainya.

Terimakasih
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by LAELA NUR VAZRIYAH -
Nama : Laela nur vazriyah
NPM : 2113053186
Kelas : 4C
bagaimanakah cara menanamkan civic partisipan dalam lingkungan SD ? Berikan analisa mu disertai contoh.

Jawaban
Civic participation adalah partisipasi kewarganegaraan yang merupakan tujuan dari PPKn dalam mewujudkan generasi yang demokratis. Partisipasi berasal dari bahasa inggris yaitu Participation yang artinya mengikutsertakan, ikut mengambil bagian. Sumardi (dalam Andreeyan, 2014, hlm. 1940) mengatakan bahwa partisipasi merupakan peran serta baik individu maupun kelompok, baik dalam bentuk pernyataan maupun dalam bentuk kegiatan dengan memberi masukan pikiran, tenaga, waktu, keahlian,modal dan atau materi. Hal ini dapat dikatakan bahwa civic participation siswa meliputi keterampilan berinteraksi, memantau dan memengaruhi.

Cara untuk menanamkan civic participation di lingkungan SD adalah sebagai berikut.
1. Menanamkan sikap religius, seperti memberikan senyuman, sapaan, sopan santun, pada setiap mengawali dan mengakhiri kegiatan belajar mengajar.
2. Menanamkan sikap kepedulian, siswa diarahkan untuk memelihara kebersihan, keindahan, dan kelestarian alam, siswa juga dapat memberikan bantuan kepada orang yang membutuhkan.
3. Menanamkan sikap demokratis yaitu tidak memaksa kehendak orang lain, dan setiap mengambil keputusan dengan melaksanakan musyawarah.
4. Menanamkan rasa nasionalis yaitu menggunakan bahasa indonesia yang baik dan beneran dimana pun kita berada, mengajak peserta didik untuk selalu mengikuti upacara bendera setiap hari senin, saling menghargai perbedaan yang ada didalam kelas.

Sumber
Nurhalimah, N., & Hamid, S. I. (2019). Implementation of Project Citizen Model to Increase Civic Participation on Civic Education for Elementary School (Doctoral dissertation, Indonesia University of Education).

Rejeki, S., & Pagasan, A. S. (2019). Civic Paticipation Siswa dan Permasalahannya. CIVICUS: Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 7(2), 10-18.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Fitri Cahya Karnain -
Nama :Fitri Cahya Karnain
Npm : 2153053034

Civic knowledge atau pengetahuan kewarganegaraan berkaitan dengan kandungan atau isi apa saja yang seharusnya diketahui oleh warga negara. Civic knowledge berkenaan dengan apa -apa yang perlu diketahui dan dipahami secara layak oleh warga negara.

Guru melalui penerapan model pembelajaran controversial issues dapat meningkatan civic knowledge siswa. Perencanaan model pembelajaran controversial issues pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by MUTIA RAHMA AULIA -
Nama: Mutia Rahma Aulia
NPM: 2113053136
Kelas: 4C

Memberitahu agar sebagai manusia kita harus menghormati hak dan pendapat orang lain, melaksanakan musyawarah dalam mengambil
keputusan, mengusahakan musyawarah untuk mencapai mufakat.
Contoh: mengajak siswa untuk mendiskusikan sebuah masalah, setiap siswa pasti memiliki pendapat yang berbeda-beda, dan memberitahu siapa yang setuju dengan pendapat siswa lain angkat tangan. Dengan begitu, walaupun siswa yang pendapatnya tidak terpilih harus menerimanya, karena ini merupakan hasil voting
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Zahara Ameliani Putri -
Nama: Zahara Ameliani Putri
Npm: 2113053197
Kelas: 4C
Civic participation merupakan partisipasi kewarganegaraan yang merupakan tujuan dari PPKn dalam mewujudkan generasi yang demokratis. civic participation ini dapat didiartikan menjadi kemampuan berpartisipasi sebagai warga negara yang dilakukan secara sadar dan tanggung jawab. Partisipasi dalam hal ini adalah mampu memberikan peran dan kontribusi terhadap perubahan sosial ke arah masyarakat yang lebih baik.

Berdasarkan pemaparan di atas bahwasanya civic participation ini harus diterapkan sejak di di sekolah dasar dengan cara melatih anak untuk percaya diri dalam mengemukakan pendapat nya, Melatih anak untuk bersikap menerima pendapat orang lain, melatih anak mengikuti organisasi di sekolah serta ikut berpartisipasi apabila sekolah mengadakan suatu acara yang diadakan sekolah.