1. apakah yang dimaksud dengan model pembelajaran tematik?
2. apa sajakah macam macam model pembelajaran tematik?
3. tujuan dari model pembelajaran tematik adalah?
1. apakah yang dimaksud dengan model pembelajaran tematik?
2. apa sajakah macam macam model pembelajaran tematik?
3. tujuan dari model pembelajaran tematik adalah?
Nama : Eka Pramesti Putri
NPM 2113053071
Izin Menjawab
1. Pembelajaran tematik merupakan pembelajaran yang didasarkan dari sebuah temay yangdigunakan untuk mengaitkan beberapa konsep mata pelajaran, sehingga anak akan lebih mudah memahami sebuah konsep, karena hanya berdasarkan dari satu tema untuk beberapa pelajaran yang diajarkan.
2. Model Pembelajaran tematik meliputi Model Pembelajaran Fragmented, Model Pembelajaran Connected, Model Pembelajaran Nested, Model Pembelajaran Sequenced, Model Pembelajaran Shared, Model Pembelajaran Webbed, Model Pembelajaran Threaded, Model Pembelajaran Integrated, Model Pembelajaran Immersed dan Model Pembelajaran Networked.
3. Tujuan pembelajaran tematik yaitu peserta didik lebih mudah memusatkan perhatian pada satu tema atau topic tertentu, Mempelajari pengetahuan dan mengembangkan berbagai kompetensi mata pelajaran dalam tema yang sama, Memiliki pemahaman terhadap materi pelajaran lebih mendalam dan berkesan.
Nama : Ismul Nurul Khasanah
NPM : 2113053204
Izin menjawab,
1. Model pembelajaan tematik adalah model pembelajaran tepadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna kepada siswa.
2. Macam - macam model pembelajaran tematik yaitu antara lain :
a. Model Fragmented
Model ini menerapkan bahwa pengajaran bidang studi terpisah dari bidang studi lain. Dikenal juga sebagai model tradisional.
b. Model Connected
Aspek-aspek pembelajaran dalam satu bidang studi dihubungkan dari suatu topik, konsep, dan keterampilan melalui gagasan yang terhubung secara eksplisit.
c. Model Nested
Model ini merupakan pengajaran suatu bidang studi dengan target berbagai keterampilan sosial, berpikir, dan keterampilan tentang substansi khusus.
d. Model Sequenced
Model ini menerapkan pembelajaran suatu topik atau unit yang didata ulang dan diurutkan antara satu bidang dengan bidang lainnya. Satu aktivitas atau pembelajaran mempertinggi aktivitas sebelumnya.
e. Model Shared
Pembelajaran ini bertolak dari dua disiplin yang berbeda tapi memiliki konsep yang tumpang tindih sehingga memungkinkan keterpaduan pembelajaran.
f. Model Webbed
Pembelajaran ini merepresentasikan pendekatan tematik untuk memadukan beberapa bidang studi yang berbeda.
g. Model Threaded
Model ini menekankan pada penyajian suatu keterampilan melalui berbagai bidang studi. Model threaded berfokus pada perilaku metakognitif sehingga siswa dapat belajar tentang hubungan sebab-akibat.
h. Model Integrated
Pembelajaran ini berangkat dari tumpang tindihnya konsep keterampilan dan sikap pada semua bidang studi.
i. Model Immersed
Model ini menekankan bahwa pembelajaran semua bidang studi berangkat dari sudut pandang, keahlian, dan pengalaman anak didik. Cara ini memungkinkan peserta didik memahami cara pandang dan kemampuannya sendiri.
j. Model Networked
Pembelajaran model ini berangkat dari kaca mata seluruh peserta didik dan para ahli dari berbagai bidang studi terkait. Pembelajaran networked membutuhkan input dari luar sehingga peserta didik mendapatkan perspektif yang lebih luas.
3. Tujuan model pembelajaran tematik adalah menghilangkan atau mengurangi terjadinya tumpah tindih materi, memudahkan peserta didik untuk melihat hubungan-hubungan yang bermakna, memudahkan peserta didik untuk memahami materi atau konsep secara utuh.