kuis apersepsi

kuis apersepsi

kuis apersepsi

Number of replies: 37

1. apakah yang dimaksud dengan model pembelajaran tematik?

2. apa sajakah macam macam model pembelajaran tematik?

3. tujuan dari model pembelajaran tematik adalah?


In reply to First post

Re: kuis apersepsi

by UNING HAFIFAH -
Nama : Uning Hafifah
NPM : 2113053006

Izin menjawab,
1. Model pembelajaran tematik ialah salah satu model pembelajaran terpadu atau terintegrasi yang melibatkan beberapa mata pelajaran yang diikat dalam tema-tema tertentu.
2. Macam-macam model pembelajaran tematik diantaranya model fragmented, connected, nested, sequenced, shared, webbed, threaded, integrated, immersed, dan networked.
3. Tujuan dari model pembelajaran tematik diantaranya ialah untuk menghilangkan atau mengurangi terjadinya tumpah tindih materi, memudahkan peserta didik untuk melihat hubungan-hubungan yang bermakna, memudahkan peserta didik untuk memahami materi/konsep secara utuh .

Terimakasih
In reply to First post

Re: kuis apersepsi

by AMANDA NONISA PUTRI -
Nama: Amanda Nonisa Putri
Npm:2113053066
Izin menjawab
1.model Pembelajaran tematik merupakan salah satu model pembelajaran terpadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna bagi peserta didik.Pembelajaran terpadu didefinisikan sebagai pembelajaran yang menghubungkan berbagai gagasan, konsep, keterampilan, sikap, dan nilai, baik antar mata pelajaran maupun dalam satu mata pelajaran.Pembelajaran tematik memberi penekanan pada pemilihan suatu tema yang spesifik yang sesuai dengan materi pelajaran, untuk mengajar satu atau beberapakonsep yang memadukan berbagai informasi.

2.macam-macam model pembelajaran tematik yaitu:
1. Model Fragmented
Model ini menerapkan bahwa pengajaran bidang studi terpisah dari bidang studi lain. Dikenal juga sebagai model tradisional.

2. Model Connected
Dalam model ini, aspek-aspek pembelajaran dalam satu bidang studi dihubungkan dari suatu topik, konsep, dan keterampilan melalui gagasan yang terhubung secara eksplisit.

3. Model Nested
Model ini merupakan pengajaran suatu bidang studi dengan target berbagai keterampilan sosial, berpikir, dan keterampilan tentang substansi khusus.

4. Model Sequenced
Model ini menerapkan pembelajaran suatu topik atau unit yang didata ulang dan diurutkan antara satu bidang dengan bidang lainnya. Satu aktivitas atau pembelajaran mempertinggi aktivitas sebelumnya.

5. Model Shared
Pembelajaran ini bertolak dari dua disiplin yang berbeda tapi memiliki konsep yang tumpang tindih sehingga memungkinkan keterpaduan pembelajaran.

6. Model Webbed
Pembelajaran ini merepresentasikan pendekatan tematik untuk memadukan beberapa bidang studi yang berbeda. Suatu tema dikembangkan seperti jaring laba-laba.

7. Model Threaded
Model ini menekankan pada penyajian suatu keterampilan melalui berbagai bidang studi. Model threaded berfokus pada perilaku metakognitif sehingga siswa dapat belajar tentang hubungan sebab-akibat.

8. Model Integrated
Pembelajaran ini berangkat dari tumpang tindihnya konsep keterampilan dan sikap pada semua bidang studi.

9. Model Immersed
Model ini menekankan bahwa pembelajaran semua bidang studi berangkat dari sudut pandang, keahlian, dan pengalaman anak didik. Cara ini memungkinkan peserta didik memahami cara pandang dan kemampuannya sendiri.

10. Model Networked
Pembelajaran model ini berangkat dari kaca mata seluruh peserta didik dan para ahli dari berbagai bidang studi terkait. Pembelajaran networked membutuhkan input dari luar sehingga peserta didik mendapatkan perspektif yang lebih luas.

3.Tujuan pembelajaran tematik adalah menghilangkan atau mengurangi terjadinya tumpah tindih materi, memudahkan peserta didik untuk melihat hubungan-hubungan yang bermakna, memudahkan peserta didik untuk memahami materi/konsep secara utuh

Terimakasih
In reply to First post

Re: kuis apersepsi

by Himawan Dwi Caksono Algibran ALGIBRAN -
Nama : Himawan Dwi Caksono Algibran
Npm : 2113053304

1.Pembelajaran tematik adalah salah satu model pembelajaran terpadu atau terintegrasi yang melibatkan beberapa mata pelajaran yang diikat dalam tema-tema tertentu.

2.Model pembelajaran tematik:
1. Model Fragmented
2. Model Connected
3. Model Nested
4. Model Sequenced
5. Model Shared
6. Model Webbed
7. Model Threaded
8. Model Integrated
9. Model Immersed
10. Model Networked

3.Tujuan dari pembelajaran tematik adalah untuk memberikan kemudahan bagi siswa dalam memahami dan mendalami konsep materi yang tergabung dalam tema yang saling berkaitan sehingga memberikan pengalaman bermaka kepada siswa. Dengan pembelajaran tematik, akan menambah semangat belajar karena siswa mudah memusatkan perhatian pada suatu tema tertentu yang seling berkaitan dan materi yang dipelajari merupakan materi yang nyata dan bermakna bagi siswa.
In reply to First post

Re: kuis apersepsi

by RIVA. SYAFA21 -
Nama : Riva Syafa Azzahra
NPM : 2113053210

Izin menjawab
1. pembelajaran tematik adalah bentuk model pembelajaran terpadu yang menggabungkan suatu konsep dalam beberapa materi, pelajaran atau bidang studi menjadi satu tema atau topik pembahasan tertentu sehingga terjadi integrasi antara pengetahuan, keterampilan dan nilai yang memungkinkan siswa aktif menemukan konsep serta prinsip keilmuan secara holistik, bermakna dan otentik.
Pembelajaran tematik merupakan pembelajaran terpadu yang menekankan keterlibatan siswa dalam pembelajaran.
2. Macam-macam model pembelajaran tematik Model Fragmented, Model Connected, Model Nested, Model Sequenced, Model Shared, Model Webbed, Model Threaded, Model Integrated.
3. Tujuan dari model pembelajaran tematik yaitu menghilangkan atau mengurangi terjadinya tumpah tindih materi, memudahkan peserta didik untuk melihat hubungan-hubungan yang bermakna, memudahkan peserta didik untuk memahami materi/konsep secara utuh .

Terimakasih
In reply to First post

Re: kuis apersepsi

by Shita El Qolby -
Nama: Shita El Qolby
Npm:2113053165

Izin menjawab,
1. Pembelajaran tematik merupakan salah satu model pembelajaran terpadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna bagi peserta didik. Pembelajaran terpadu didefinisikan sebagai pembelajaran yang menghubungkan berbagai gagasan, konsep, keterampilan, sikap, dan nilai, baik antar mata pelajaran maupun dalam satu mata pelajaran.Pembelajaran tematik memberi penekanan pada pemilihan suatu tema yang spesifik yang sesuai dengan materi pelajaran, untuk mengajar satu atau beberapa konsep yang memadukan berbagai informasi.

2.Model pembelajaran tematik terpadu menekankan pada keterkaitan (linkages) dan keterhubungan (relationship) antar berbagai disiplin. Model Pembelajaran Tematik Terpadu itu sendiri setidaknya ada sepuluh macam model, yaitu;
1. Model Terhubung (The Connected Model),
2. Model Jaring Laba-Laba (The Webbed Model),
3. Model Tematik Terpadu (The Integrated Model),
4. Model Sarang (The Nested Model),
5. Model Penggalan (The Fragmented Model),
6. Model Terurut (The Sequenced Model),
7. Model Irisan (The Shared Model),
8. Model Galur (The Threaded Model),
9. Model Celupan (The Immersed Model). Dan
10. Model Jaringan Kerja (The Networked model).
Dalam Model Tematik Terpadu, hanya ada tiga model yang dikembangkan atau dikenalkan di sekolah maupun lembaga pendidikan tenaga keguruan (LPTK) di Indonesia. Ketiga model tersebut adalah (1) model keterhubungan (connected), (2) model jaring laba-laba (webbed) dan (3) model kerpaduan (integrated).

3.Tujuan Pembelajaran Tematik Terpadu
Pembelajaran Tematik Terpadu dikembangkan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan, dengan tujuan siswa dapat;
1. Meningkatkan pemahaman konsep yang dipelajarinya secara lebih bermakna.
2. Mengembangkan keterampilan menemukan, mengolah, dan memanfaatkan informasi
3. Menumbuhkembangkan sikap positif, kebiasaan baik, dan nilai-nilai luhur yang diperlukan dalam kehidupan.
4. Menumbuhkembangkan keterampilan sosial seperti kerja sama, toleransi, komunikasi, serta menghargai pendapat orang lain.
5. Meningkatkan gairah dalam belajar; dan
6. Memilih kegiatan yang sesuai dengan minat dan kebutuhannya.

Sekian Terimakasih
In reply to First post

Re: kuis apersepsi

by NANDITA YOSI ERISCA -
Nama : Nandita Yosi Erisca
Npm : 2153053023

Izin menjawab
1. Pembelajaran tematik adalah bentuk model pembelajaran terpadu yang menggabungkan suatu konsep dalam beberapa materi, pelajaran atau bidang studi menjadi satu tema atau topik pembahasan tertentu sehingga terjadi integrasi antara pengetahuan, keterampilan dan nilai yang memungkinkan siswa aktif menemukan konsep serta prinsip keilmuan secara holistik, bermakna dan otentik.

2. Pembelajaran tematik dapat dilaksanakan dengan menggunakan model pembelajaran. Forgaty (1991, 61) menyebut sepuluh model, yaitu : 
- fragmented
- connected
- nested 
- sequenced
- shared
- webbed
- threaded
- integrated
- immersed
- networked

3. Tujuannya adalah menghilangkan atau mengurangi terjadinya tumpah tindih materi, memudahkan peserta didik untuk melihat hubungan-hubungan yang bermakna, memudahkan peserta didik untuk memahami materi/konsep secara utuh .
In reply to First post

Re: kuis apersepsi

by Riza Nafisah Salsabila Wijaya -
Nama : Riza Nafisah Salsabila Wijaya
Npm : 2113053048

izin menjawab
1. Model pembelajaran tematik adalah sebuah metode pembelajaran yang terorganisir di sekitar suatu tema atau topik tertentu yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari siswa. Dalam model pembelajaran tematik, siswa belajar dengan cara mengintegrasikan berbagai mata pelajaran.

2. Macam-macam model pembelajaran tematik diantaranya, model pembelajaran tematik terpadu, Tematik Terpisah, Problem based learning, Problem Project learning, Model pembelajaran berproses.

3. Model pembelajaran tematik memiliki tujuan untuk membuat pembelajaran lebih menyenangkan dan bermakna bagi siswa, karena siswa belajar dengan cara yang lebih relevan dengan kehidupan sehari-hari mereka. Dalam model ini, siswa diajak untuk berpikir secara kreatif, inovatif, dan kritis, serta berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran.
In reply to First post

Re: kuis apersepsi

by LULUK FAUZIAH -
Nama : Luluk Fauziah
Npm : 2113053159

Izin menjawab
1. Pembelajaran tematik adalah bentuk model pembelajaran terpadu yang menggabungkan suatu konsep dalam beberapa materi, pelajaran atau bidang studi menjadi satu tema atau topik pembahasan tertentu sehingga terjadi integrasi antara pengetahuan, keterampilan dan nilai yang memungkinkan siswa aktif menemukan konsep serta prinsip keilmuan secara holistik, bermakna dan otentik.

2. Macam-macam model pembelajaran tematik
1. Model Fragmented
Model ini menerapkan bahwa pengajaran bidang studi terpisah dari bidang studi lain. Dikenal juga sebagai model tradisional.

2. Model Connected
Dalam model ini, aspek-aspek pembelajaran dalam satu bidang studi dihubungkan dari suatu topik, konsep, dan keterampilan melalui gagasan yang terhubung secara eksplisit.

3. Model Nested
Model ini merupakan pengajaran suatu bidang studi dengan target berbagai keterampilan sosial, berpikir, dan keterampilan tentang substansi khusus.

4. Model Sequenced
Model ini menerapkan pembelajaran suatu topik atau unit yang didata ulang dan diurutkan antara satu bidang dengan bidang lainnya. Satu aktivitas atau pembelajaran mempertinggi aktivitas sebelumnya.

5. Model Shared
Pembelajaran ini bertolak dari dua disiplin yang berbeda tapi memiliki konsep yang tumpang tindih sehingga memungkinkan keterpaduan pembelajaran.

6. Model Webbed
Pembelajaran ini merepresentasikan pendekatan tematik untuk memadukan beberapa bidang studi yang berbeda. Suatu tema dikembangkan seperti jaring laba-laba.

7. Model Threaded
Model ini menekankan pada penyajian suatu keterampilan melalui berbagai bidang studi. Model threaded berfokus pada perilaku metakognitif sehingga siswa dapat belajar tentang hubungan sebab-akibat.

8. Model Integrated
Pembelajaran ini berangkat dari tumpang tindihnya konsep keterampilan dan sikap pada semua bidang studi.

9. Model Immersed
Model ini menekankan bahwa pembelajaran semua bidang studi berangkat dari sudut pandang, keahlian, dan pengalaman anak didik. Cara ini memungkinkan peserta didik memahami cara pandang dan kemampuannya sendiri.

10. Model Networked
Pembelajaran model ini berangkat dari kaca mata seluruh peserta didik dan para ahli dari berbagai bidang studi terkait. Pembelajaran networked membutuhkan input dari luar sehingga peserta didik mendapatkan perspektif yang lebih luas.

3. Tujuan model pembelajaran tematik
Tujuan dari pembelajaran tematik adalah untuk memberikan kemudahan bagi siswa dalam memahami dan mendalami konsep materi yang tergabung dalam tema yang saling berkaitan sehingga memberikan pengalaman bermaka kepada siswa. Dengan pembelajaran tematik, akan menambah semangat belajar karena siswa mudah memusatkan perhatian pada suatu tema tertentu yang berkaitan dan materi yang dipelajari merupakan materi yang nyata dan bermakna bagi siswa.

Terimakasih.
In reply to First post

Re: kuis apersepsi

by ANNISA NUR HIDAYAH -
Nama : Annisa Nur Hidayah
NPM : 2113053056

Izin menjawab
1. Apakah yang dimaksud dengan model pembelajaran tematik?
Jawab : Model pembelajaran tematik adalah model pembelajaran yang pada pengembangannya diawali dengan proses menentukan tema atau topic yang ditetapkan, yang dapat ditentukan dari mata pelajaran hari itu sebagai sentral atau berdasarkan fungsional, kemudian ditentukan sub-sub tema dari bidang studi lain atau keterampilan lainnya. embelajaran tematik adalah salah satu model pembelajaran terpadu atau terintegrasi yang melibatkan beberapa mata pelajaran yang diikat dalam tema-tema tertentu.

2. Apa sajakah macam macam model pembelajaran tematik?
Jawab : macam – macam model pembelajaran tematik antara lain :
1. Model Fragmented
2. Model Connected
3. Model Nested
4. Model Sequenced
5. Model Shared
6. Model Webbed
7. Model Threaded
8. Model Integrated
9. Model Immersed
10. Model Networked

3. Tujuan dari model pembelajaran tematik adalah?
Jawab : tujuan dari adanya model pembelajaran tematik ialah menghilangkan atau mengurangi terjadinya tumpah tindih materi, memudahkan peserta didik untuk melihat hubungan-hubungan yang bermakna, memudahkan peserta didik untuk memahami materi/konsep secara utuh .

Terimakasih
In reply to First post

Re: kuis apersepsi

by ANISA 21 -
Nama : Anisa
NPM : 2113053246
1. Pembelajaran tematik merupakan salah satu model yang pembelajaran terpadu menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna bagi peserta didik. Pembelajaran terpadu didefinisikan sebagai pembelajaran yang menghubungkan berbagai gagasan, konsep, keterampilan, sikap, dan nilai, baik antar mata pelajaran maupun dalam satu tematik memberi penekanan pada pemilihan suatu tema yang spesifik yang sesuai dengan materi pelajaran, untuk mengajar satu atau beberapa konsep yang memadukan berbagai informasi mata pelajaran.

2. Ada sepuluh model terpadu menurut Fogarty (199), yaitu fragmented, connected, nested, sequenced, shared, webbed, threaded, integrated, immersed, dan networked.

3. Tujuan utama dari pembelajaran tematik adalah untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Pembelajaran tematik telah dikembangkan sehingga mempunyai beberapa tujuan lain, yaitu :
1. Agar para siswa mudah memusatkan perhatian pada suatu tema tertentu karena materi disajikan dalam konteks tema yang jelas.
2.Supaya peserta didik mmapu mempelajari pengetahuan dan mengembangkan berbagai kompetensi dasar antar bagian dalam satu tema.
3. Agar pemahaman peserta didik terhadap aspek Pendidikan Agama Islam lebih mendalam dan berkesan.
4. Agar kompetensi dasar dapat dikembangkan menjadi lebih baik karena mengaitkan berbagai topik/bagian dengan pengalaman pribadi dalam situasi nyata yang dirangkaikan dalam tema tertentu.
5. Agar guru Pendidikan Agama Islam bisa menghemat waktu karena mata pelajaran yang disajikan secara tematik dapat dipersiapkan sekaligus dan diberikan dalam dua atau tiga pertemuan, sehingga waktu yang tersisa bisa digunakan untuk pendalaman.
In reply to First post

Re: kuis apersepsi

by Deta Shadiqah -
Nama : Deta Shadiqah
Npm : 2113053034

Izin menjawab
1. Pembelajaran tematik adalah salah satu model pembelajaran terpadu atau terintegrasi yang melibatkan beberapa mata pelajaran yang diikat dalam tema-tema tertentu.
2. Model pembelajaran tematik ada 10 : Model Fragmented, Model Connected, Model Nested, Model Sequenced, Model Shared, Model Webbed, Model Threaded, Model Integrated, Model Immersed, Model Networked.
3. Tujuannya yaitu menghilangkan atau mengurangi terjadinya tumpah tindih materi, memudahkan peserta didik untuk melihat hubungan-hubungan yang bermakna, memudahkan peserta didik untuk memahami materi/konsep secara utuh .
In reply to First post

Re: kuis apersepsi

by AYU RAHMAWATI -
Nama :Ayu Rahmawati
Npm : 2113053064

1. Pembelajaran tematik merupakan pembelajaran terpadu yang menekankan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Pembelajaran tematik adalah bentuk model pembelajaran terpadu yang menggabungkan suatu konsep dalam beberapa materi, pelajaran atau bidang studi menjadi satu tema atau topik pembahasan tertentu sehingga terjadi integrasi antara pengetahuan, keterampilan dan nilai yang memungkinkan siswa aktif menemukan konsep serta prinsip keilmuan secara holistik, bermakna dan otentik.

2. -Model sequenced ( urutan/rangkaian)
- model jaring laba-laba
- model shared
- model threaded
-model keterpaduan (integrated)
-model networked

3.Banyak materi-materi yang tertuang dalam beberapa mata pelajaran mempunyai keterkaitan konsep, sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna dan utuh.
Peserta didik mudah memusatkan perhatian karena beberapa mata pelajaran dikemas dalam satu tema yang sama.
Peserta didik dapat mempelajari pengetahuan dan mengembangkan berbagai kompetensi beberapa mata pelajaran dalam tema yang sama.
Pembelajaran tematik melatih peserta didik untuk semakin banyak membuat hubungan beberapa mata pelajaran, sehingga mampu memproses informasi dengan cara yang sesuai daya pikirnya, dan memungkinkan
In reply to First post

Re: kuis apersepsi

by Rida Sandi -
Nama : Rida Sandi Perdana
NPM : 2113053109

Izin menjawab,
1. Model pembelajaran tematik merupakan pengembangan yang diawali dengan menentukan tema yang ditetapkan, yang dapat ditentukan dari mata pelajaran hari itu sebagai sentral atau berdasarkan fungsional, kemudian ditentukan sub-sub tema dari bidang studi lain atau keterampilan lainnya.

2. Model pembelajaran tematik terpadu menekankan pada keterkaitan (linkages) dan keterhubungan (relationship) antar berbagai disiplin. Model Pembelajaran Tematik Terpadu itu sendiri setidaknya ada sepuluh macam model, yaitu;
1. Model Terhubung (The Connected Model),
2. Model Jaring Laba-Laba (The Webbed Model),
3. Model Tematik Terpadu (The Integrated Model),
4. Model Sarang (The Nested Model),
5. Model Penggalan (The Fragmented Model),
6. Model Terurut (The Sequenced Model),
7. Model Irisan (The Shared Model),
8. Model Galur (The Threaded Model),
9. Model Celupan (The Immersed Model). Dan
10. Model Jaringan Kerja (The Networked model).
Dalam Model Tematik Terpadu, hanya ada tiga model yang dikembangkan atau dikenalkan di sekolah maupun lembaga pendidikan tenaga keguruan (LPTK) di Indonesia. Ketiga model tersebut adalah (1) model keterhubungan (connected), (2) model jaring laba-laba (webbed) dan (3) model kerpaduan (integrated).

3. Tujuan Pembelajaran Tematik Terpadu
Pembelajaran Tematik Terpadu dikembangkan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan, dengan tujuan siswa dapat;
1. Meningkatkan pemahaman konsep yang dipelajarinya secara lebih bermakna.
2. Mengembangkan keterampilan menemukan, mengolah, dan memanfaatkan informasi
3. Menumbuhkembangkan sikap positif, kebiasaan baik, dan nilai-nilai luhur yang diperlukan dalam kehidupan.
4. Menumbuhkembangkan keterampilan sosial seperti kerja sama, toleransi, komunikasi, serta menghargai pendapat orang lain.
5. Meningkatkan gairah dalam belajar; dan
6. Memilih kegiatan yang sesuai dengan minat dan kebutuhannya.
In reply to First post

Re: kuis apersepsi

by SYARIFATUL MUAFIFAH -
Nama : Syarifatul Muafifah
NPM : 2113053164
Izin menjawab
1. Model pembelajaran tematik adalah model pembelajaran terpadu yang menggunakan pendekatan tematik yang melibatkan beberapa mata pelajaran untuk memberikan pengalaman bermakna kepada siswa. Dikatakan bermakna karena dalam pembelajaran tematik, siswa akan memahami konsep-konsep yang mereka pelajari melalui pengalaman langsung dan menghubungkannya dengan konsep lain yang telah dipahaminya.

2. Macam-macam Model Pembelajaran Tematik/Terpadu
a.) Model Pembelajaran Jaring Laba-Laba ( Webbed Model)
Pembelajaran model Webbed adalah pembelajaran yang pengembangannya dimulai dengan menentukan tema tertentu yang menjadi tema sentral bagi keterhubungan berbagai bidang studi.

b.) Pembelajaran Terpadu Tipe Keterkaitan (Connected)
Model pembelajaran terpadu tipe connected atau keterhubungan pada prinsipnya mengupayakan adanya keterkaitan antara konsep, keterampilan, topik, ide, kegiatan dalam suatu bidang studi. Model ini tidak melatih siswa untuk melihat suatu fakta dari berbagai sudut pandang, karena dalam model ini keterkaitan materi hanya terbatas pada satu bidang studi saja. Model ini menghubungkan beberapa materi, atau konsep yang saling berkaitan dalam satu bidang studi. Materi yang terpisah-pisah akan tetapi mempunyai kaitan, dengan sengaja dihubungkan dan dipadukan dalam sebuah topik tertentu.

c.) Pembelajaran Terpadu Model Integrated (Terpadu)
Integrated Model adalah model pengembangan kurikulum yang menggunakan pendekatan lintas bidang ilmu utama dengan mencari keterampilan, konsep dan sikap yang tumpangtindih. Dalam konteks pembelajaran TK, Integrated Model adalah model pengembangan kurikulum yang menggunakan pendekatan lintas bidang pengembangan. Model ini berusaha memberikan gambaran yang utuh pada anak tentang tujuan melakukan kegiatan-kegiatan yang terdapat dalam bidang-bidang pengembangan.

3. Pembelajaran Tematik Terpadu dikembangkan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan, dengan tujuan siswa dapat;
a.) Meningkatkan pemahaman konsep yang dipelajarinya secara lebih bermakna.
b.) Mengembangkan keterampilan menemukan, mengolah, dan memanfaatkan informasi.
c.) Menumbuhkembangkan sikap positif, kebiasaan baik, dan nilai-nilai luhur yang diperlukan dalam kehidupan.
d.) Menumbuhkembangkan keterampilan sosial seperti kerja sama, toleransi, komunikasi, serta menghargai pendapat orang lain.
e.) Meningkatkan gairah dalam belajar; dan
f.) Memilih kegiatan yang sesuai dengan minat dan kebutuhannya.
In reply to First post

Re: kuis apersepsi

by Eka Pramesti Putri -

Nama : Eka Pramesti Putri

NPM 2113053071

Izin Menjawab

1. Pembelajaran tematik merupakan pembelajaran yang didasarkan dari sebuah temay yangdigunakan untuk mengaitkan beberapa konsep mata pelajaran, sehingga anak akan lebih mudah memahami sebuah konsep, karena hanya berdasarkan dari satu tema untuk beberapa pelajaran yang diajarkan.

2. Model Pembelajaran tematik meliputi Model Pembelajaran Fragmented, Model Pembelajaran Connected, Model Pembelajaran Nested, Model Pembelajaran Sequenced, Model Pembelajaran Shared, Model Pembelajaran Webbed, Model Pembelajaran Threaded, Model Pembelajaran Integrated, Model Pembelajaran Immersed dan Model Pembelajaran Networked.

3. Tujuan pembelajaran tematik yaitu peserta didik lebih mudah memusatkan perhatian pada satu tema atau topic tertentu, Mempelajari pengetahuan dan mengembangkan berbagai kompetensi mata pelajaran dalam tema yang sama, Memiliki pemahaman terhadap materi pelajaran lebih mendalam dan berkesan.

In reply to First post

Re: kuis apersepsi

by Eni Sintia -
Nama: Eni Sintia
Npm:2113053163

Izin menjawab,
1. Pembelajaran tematik merupakan salah satu model pembelajaran terpadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna bagi peserta didik. Pembelajaran terpadu didefinisikan sebagai pembelajaran yang menghubungkan berbagai gagasan, konsep, keterampilan, sikap, dan nilai, baik antar mata pelajaran maupun dalam satu mata pelajaran.Pembelajaran tematik memberi penekanan pada pemilihan suatu tema yang spesifik yang sesuai dengan materi pelajaran, untuk mengajar satu atau beberapa konsep yang memadukan berbagai informasi.

2.Model pembelajaran tematik terpadu menekankan pada keterkaitan (linkages) dan keterhubungan (relationship) antar berbagai disiplin. Model Pembelajaran Tematik Terpadu itu sendiri setidaknya ada sepuluh macam model, yaitu;
1. Model Terhubung (The Connected Model),
2. Model Jaring Laba-Laba (The Webbed Model),
3. Model Tematik Terpadu (The Integrated Model),
4. Model Sarang (The Nested Model),
5. Model Penggalan (The Fragmented Model),
6. Model Terurut (The Sequenced Model),
7. Model Irisan (The Shared Model),
8. Model Galur (The Threaded Model),
9. Model Celupan (The Immersed Model). Dan
10. Model Jaringan Kerja (The Networked model).
Dalam Model Tematik Terpadu, hanya ada tiga model yang dikembangkan atau dikenalkan di sekolah maupun lembaga pendidikan tenaga keguruan (LPTK) di Indonesia. Ketiga model tersebut adalah (1) model keterhubungan (connected), (2) model jaring laba-laba (webbed) dan (3) model kerpaduan (integrated).

3.Tujuan Pembelajaran Tematik Terpadu
Pembelajaran Tematik Terpadu dikembangkan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan, dengan tujuan siswa dapat;
1. Meningkatkan pemahaman konsep yang dipelajarinya secara lebih bermakna.
2. Mengembangkan keterampilan menemukan, mengolah, dan memanfaatkan informasi
3. Menumbuhkembangkan sikap positif, kebiasaan baik, dan nilai-nilai luhur yang diperlukan dalam kehidupan.
4. Menumbuhkembangkan keterampilan sosial seperti kerja sama, toleransi, komunikasi, serta menghargai pendapat orang lain.
5. Meningkatkan gairah dalam belajar; dan
6. Memilih kegiatan yang sesuai dengan minat dan kebutuhannya.
In reply to First post

Re: kuis apersepsi

by BERLYANA AMANDA -
Nama : Berlyana Amanda
Npm : 2113053100
Izin menjawab

1. Yang dimaksud Model pembelajaran tematik ialah model pembelajaran yang pengembangannya diawali dengan menentukan tema atau topik yang ditetapkan, yang dapat ditentukan dari mata pelajaran hari itu sebagai sentral atau berdasarkan fungsional, kemudian ditentukan sub-sub tema dari bidang studi lain atau keterampilan lainnya.

2. Macam-macam model pembelajaran tematik antara lain :
-Fragmented (Penggalan)
-Connected (Keterhubungan)
-Nested (Sarang)
-Sequenced (Pengurutan)
-Shared (Irisan)
-Webbed (Jaring Laba-laba)
-Threaded (Bergalur)
- Integrated (Keterpaduan)
-Immersed (Terbenam)
-Networked (Jaringan Kerja)

3. Tujuannya adalah menghilangkan atau mengurangi terjadinya tumpah tindih materi, memudahkan peserta didik untuk melihat hubungan-hubungan yang bermakna, memudahkan peserta didik untuk memahami materi/konsep secara utuh .

Terima kasih
In reply to First post

Re: kuis apersepsi

by SITI. RANISSA -
Nama: Siti Ranissa
Npm:2113053104

Izin menjawab,
1. Pembelajaran tematik merupakan salah satu model pembelajaran terpadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna bagi peserta didik. Pembelajaran terpadu didefinisikan sebagai pembelajaran yang menghubungkan berbagai gagasan, konsep, keterampilan, sikap, dan nilai, baik antar mata pelajaran maupun dalam satu mata pelajaran.Pembelajaran tematik memberi penekanan pada pemilihan suatu tema yang spesifik yang sesuai dengan materi pelajaran, untuk mengajar satu atau beberapa konsep yang memadukan berbagai informasi.

2.Model pembelajaran tematik terpadu menekankan pada keterkaitan (linkages) dan keterhubungan (relationship) antar berbagai disiplin. Model Pembelajaran Tematik Terpadu itu sendiri setidaknya ada sepuluh macam model, yaitu;
1. Model Terhubung (The Connected Model),
2. Model Jaring Laba-Laba (The Webbed Model),
3. Model Tematik Terpadu (The Integrated Model),
4. Model Sarang (The Nested Model),
5. Model Penggalan (The Fragmented Model),
6. Model Terurut (The Sequenced Model),
7. Model Irisan (The Shared Model),
8. Model Galur (The Threaded Model),
9. Model Celupan (The Immersed Model). Dan
10. Model Jaringan Kerja (The Networked model).
Dalam Model Tematik Terpadu, hanya ada tiga model yang dikembangkan atau dikenalkan di sekolah maupun lembaga pendidikan tenaga keguruan (LPTK) di Indonesia. Ketiga model tersebut adalah (1) model keterhubungan (connected), (2) model jaring laba-laba (webbed) dan (3) model kerpaduan (integrated).

3.Tujuan Pembelajaran Tematik Terpadu
Pembelajaran Tematik Terpadu dikembangkan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan, dengan tujuan siswa dapat;
1. Meningkatkan pemahaman konsep yang dipelajarinya secara lebih bermakna.
2. Mengembangkan keterampilan menemukan, mengolah, dan memanfaatkan informasi
3. Menumbuhkembangkan sikap positif, kebiasaan baik, dan nilai-nilai luhur yang diperlukan dalam kehidupan.
4. Menumbuhkembangkan keterampilan sosial seperti kerja sama, toleransi, komunikasi, serta menghargai pendapat orang lain.
5. Meningkatkan gairah dalam belajar; dan
6. Memilih kegiatan yang sesuai dengan minat dan kebutuhannya.
In reply to First post

Re: kuis apersepsi

by darista darista -
Nama:Darista
Nom:2113053303

Izin menjawab,
1.) Model pembelajaran tematik merupakan model kegiatan pembelajaran dengan memadukan materi antar mata pelajaran (menggabungkan beberapa mata pelajaran dalam satu tema tertentu). Pembelajaran tematik menekankan pada keterlibatan peserta didik secara aktif dalam proses pembelajaran, sehingga peserta didik dapat memperoleh pengalaman langsung dan terlatih untuk dapat menemukan sendiri berbagai pengetahuan yang dipelajarinya.

2.) 1.Model Fragmented. Model ini menerapkan bahwa pengajaran bidang studi terpisah dari bidang studi lain.
2.Model Connected.
3.Model Nested.
4. Model Sequenced.
5.Model Shared.
6. Model Webbed.
7. Model Threaded.
8.Model Integrated.

3.) Tujuannya untuk menghilangkan atau mengurangi terjadinya tumpah tindih materi, memudahkan peserta didik untuk melihat hubungan-hubungan yang bermakna, memudahkan peserta didik untuk memahami materi/konsep secara utuh.
In reply to First post

Re: kuis apersepsi

by Riska Zulkarnaen -
Nama : Riska Zulkarnaen
Npm : 2113053295

Izin menjawab,

1. Model Pembelajaran Tematik adalah pembelajaran tepadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna kepada siswa. Selain itu model pembelajaran tematik juga melibatkan beberapa mata pelajaran yang di ikat dalam tema-tema tertentu.

2. Macam-macam Modelodel Pembelajaran Tematik diantaranya :
a). Model Fragmented (Model ini menerapkan bahwa pengajaran bidang studi terpisah dari bidang studi lain.)

b). Model Connected (Dalam model ini, aspek-aspek pembelajaran dalam satu bidang studi dihubungkan dari suatu topik, konsep, dan keterampilan melalui gagasan yang terhubung secara eksplisit.)

c). Model Nested (Model ini merupakan pengajaran suatu bidang studi dengan target berbagai keterampilan sosial, berpikir, dan keterampilan tentang substansi khusus.)

d). Model Sequenced (Model ini menerapkan pembelajaran suatu topik atau unit yang didata ulang dan diurutkan antara satu bidang dengan bidang lainnya.)

e). Model Shared (Pembelajaran ini bertolak dari dua disiplin yang berbeda tapi memiliki konsep yang tumpang tindih)

f). Model Webbed (Pembelajaran ini merepresentasikan pendekatan tematik untuk memadukan beberapa bidang studi yang berbeda.)
g). Model Threaded (Model ini menekankan pada penyajian suatu keterampilan melalui berbagai bidang studi.)

h). Model Integrated (Pembelajaran ini berangkat dari tumpang tindihnya konsep keterampilan dan sikap pada semua bidang studi.)

i). Model Immersed (Model ini menekankan bahwa pembelajaran semua bidang studi berangkat dari sudut pandang, keahlian, dan pengalaman anak didik)

j). Model Networked (Pembelajaran model ini berangkat dari kaca mata seluruh peserta didik dan para ahli dari berbagai bidang studi terkait.)

3. Tujuan pembelajaran tematik yaitu :
a). Untuk menghilangkan atau mengurangi terjadinya tumpah tindih materi.
b). Untuk memudahkan peserta didik untuk melihat hubungan-hubungan yang bermakna.
c). Untuk memudahkan peserta didik dalam memahami materi/konsep secara utuh.
d). Untuk mudah memusatkan perhatian pada satu tema atau topic tertentu,
In reply to First post

Re: kuis apersepsi

by NOVIA DWI RAMADHANI -
Nama : Novia Dwi Ramadhani
NPM : 2113053141
Izin menjawab

1. yang dimaksud pembelajaran tematik adalah salah satu model pembelajaran terpadu atau terintegrasi yang melibatkan beberapa mata pelajaran yang diikat dalam tema-tema tertentu. Model pembelajaran ini menggunakan pendekatan tematik yang melibatkan beberapa mata pelajaran untuk memberikan pengalaman lebih bermakna kepada siswa.

2. model pembelajaran tematik
1. Model Fragmented
Model ini menerapkan bahwa pengajaran bidang studi terpisah dari bidang studi lain.

2. Model Connected
Dalam model ini, aspek-aspek pembelajaran dalam satu bidang studi dihubungkan dari suatu topik, konsep, dan keterampilan melalui gagasan yang terhubung secara eksplisit.

3. Model Nested
Model ini merupakan pengajaran suatu bidang studi dengan target berbagai keterampilan sosial, berpikir, dan keterampilan tentang substansi khusus.

4. Model Sequenced
Model ini menerapkan pembelajaran suatu topik atau unit yang didata ulang dan diurutkan antara satu bidang dengan bidang lainnya.

5. Model Shared
Pembelajaran ini bertolak dari dua disiplin yang berbeda tapi memiliki konsep yang tumpang tindih sehingga memungkinkan keterpaduan pembelajaran.

6. Model Webbed
Pembelajaran ini merepresentasikan pendekatan tematik untuk memadukan beberapa bidang studi yang berbeda. Suatu tema dikembangkan seperti jaring laba-laba.

7. Model Threaded
Model ini menekankan pada penyajian suatu keterampilan melalui berbagai bidang studi. Model threaded berfokus pada perilaku metakognitif sehingga siswa dapat belajar tentang hubungan sebab-akibat.

8. Model Integrated
Pembelajaran ini berangkat dari tumpang tindihnya konsep keterampilan dan sikap pada semua bidang studi.

9. Model Immersed
Model ini menekankan bahwa pembelajaran semua bidang studi berangkat dari sudut pandang, keahlian, dan pengalaman anak didik.

10. Model Networked
Pembelajaran model ini berangkat dari kaca mata seluruh peserta didik dan para ahli dari berbagai bidang studi terkait.

3. tujuan pembelajaran tematik adalah
-menghilangkan atau mengurangi terjadinya tumpah tindih materi
-memudahkan peserta didik untuk melihat hubungan-hubungan yang bermakna
-memudahkan peserta didik untuk memahami materi/konsep secara utuh
In reply to First post

Re: kuis apersepsi

by RIZKI ANA SAPUTRI -
Nama : Rizki Ana Saputri
NPM : 2113053194

Izin menjawab :

1. Model pembelajaran tematik merupakan model pembelajaran yang pengembangannya diawali dengan menentukan tema atau topik yang ditetapkan, yang dapat ditentukan dari mata pelajaran hari itu sebagai sentral atau berdasarkan fungsional, kemudian ditentukan sub-sub tema dari mata pelajaran lain atau keterampilan lainnya.

2. Macam-macam model pembelajaran tematik diantaranya
- model fragmented,
- connected, nested,
- sequenced, shared,
- webbed, threaded,
- integrated, immersed, dan
- networked.

3. Dengan pembelajaran tematik anak didik diharapkan mendapatkan hasil
belajar yang optimal dan maksimal dan menghindari kegagalan pembelajaran
yang masih banyak terjadi dengan model pembelajaran lain.
In reply to First post

Re: kuis apersepsi

by FITA FATIMAH -
Nama : Fita Fatimah
NPM : 2113053148

1. Pembelajaran tematik adalah suatu pendekatan dalam pembelajaran yang secara sengaja mengaitkan atau memadukan beberapa Kompetensi Dasar (KD) dan indikator dari kurikulum/Standar Isi (SI) dari beberapa mata pelajaran menjadi satu kesatuan untuk dikemas dalam satu tema.

2. Model squenced, model shared, model jaring laba-laba, model threaded, model keterpaduan, dan model networked.

3. Tujuan model pembelajaran tematik yaitu :
a. Agar para siswa mudah memusatkan perhatian pada suatu tema tertentu karena materi disajikan dalam konteks tema yang jelas.

b. Supaya peserta didik mampu mempelajari pengetahuan dan mengembangkan berbagai kompetensi dasar antar bagian dalam satu tema.

c. Agar pemahaman peserta didik terhadap aspek Pendidikan Agama Islam lebih mendalam dan berkesan.

d. Agar kompetensi dasar dapat dikembangkan menjadi lebih baik karena mengaitkan berbagai topik/bagian dengan pengalaman pribadi dalam situasi nyata yang dirangkaikan dalam tema tertentu.

e. Agar guru Pendidikan Agama Islam bisa menghemat waktu karena mata pelajaran yang disajikan secara tematik dapat dipersiapkan sekaligus dan diberikan dalam dua atau tiga pertemuan, sehingga waktu yang tersisa bisa digunakan untuk pendalaman.
In reply to First post

Re: kuis apersepsi

by Mutiah Izatun Nisa -
Nama :Mutiah Izatun Nisa
Npm :2113053233
Izin menjawab
1.Model Pembelajaran tematik adalah bentuk model pembelajaran terpadu yang menggabungkan suatu konsep dalam beberapa materi, pelajaran atau bidang studi menjadi satu tema atau topik pembahasan tertentu sehingga terjadi integrasi antara pengetahuan, keterampilan dan nilai yang memungkinkan siswa aktif menemukan konsep serta prinsip keilmuan secara holistik, bermakna dan otentik.

2. -Model jaring laba-laba atau webbed adalah model pembelajaran terpadu yang menggunakan pendekatan tematik. Pertama-tama harus menentukan tema terlebih dahulu, kemudian dikembangkan menjadi subtema dengan memperhatikan keterkaitan antar tema dengan mata pelajaran yang terkait.Model ini lebih menekankan pada keterlibatan siswa dalam pembelajaran sehingga siswa dapat memperoleh pengalaman secara langsung.

-Model keterhubungan atau connected adalah model pembelajaran terpadu yang secara sengaja diusahakan untuk menghubungkan satu konsep dengan konsep lain, satu topik dengan topik lain, satu keterampilan dengan keterampilan lain yang dipelajari dalam satu bidang studi. Guru mengkaitkan pelajaran yang satu dengn yang lainnya sehingga pengalaman belajar peserta didik lebih luas dan menyeluruh.

-Model keterpaduan atau integrated adalah model pembelajaran terpadu yang menggunakan pendekatan antar mata pelajaran. Menurut fogarty model keterpaduan pembelajaran yang menggabungkan bidang studi yang tumpang tindih dengan topik, konsep, sikap yang saling berhubungan di dalam beberapa matapelajaran.

3.Model Pembelajaran tematik bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep secara bermakna pada siswa. Pada pembelajaran tematik ini peseta didik dituntut untuk lebih aktif, dan berfikir kritis serta dalam proses pembelajaranya berpusat pada siswa.
In reply to First post

Re: kuis apersepsi

by Yola Fatika Zikas -
Nama: Yola Fatika Zikas
NPM: 2113053271

1. Pembelajaran tematik adalah pembelajaran yang menggunakan tema dalam mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna kepada siswa. Dalam pembelajaran tematik terpadu ini hanya berfokus pada tema alam dan kehidupan manusia seperti Matematikan, Bahasa Indonesia, PPkn, Seni Budaya, Penjasorkes (Pendidikan Jasamani, Olahraga dan Kesehatan), IPA, dan IPS.

2. Macam-macam Model Pembelajaran Tematik yaitu, Model Fragmented, Model Connected, Model Nested, Model Sequenced, Model Shared, Model Webbed, Model Threaded, Model Integrated, Model Immersed, Model Networked.

3. Pembelajaran tematik bertujuan untuk menghilangkan atau mengurangi terjadinya tumpah tindih materi, memudahkan peserta didik untuk melihat hubungan-hubungan yang bermakna, memudahkan peserta didik untuk memahami materi/konsep secara utuh.
In reply to First post

Re: kuis apersepsi

by Pandu Adithia R 2113053298 -
Nama: Pandu Adithia. R
Npm : 2113053298

1. Model pembelajaran tematik merupakan model pembelajaran terpadu atau terintegrasi yang mencakup beberapa mata pelajaran yang berkaitan dengan mata pelajaran tertentu.

2. 2.Model pembelajaran tematik:
1. Model Fragmented
2. Model Connected
3. Model Nested
4. Model Sequenced
5. Model Shared
6. Model Webbed
7. Model Threaded
8. Model Integrated
9. Model Immersed
10. Model Networked

3. Tujuannya untuk menghilangkan atau mengurangi duplikasi materi, memudahkan siswa melihat keterkaitan yang bermakna, memudahkan siswa memahami materi/konsep secara keseluruhan.
In reply to First post

Re: kuis apersepsi

by AINUN AINUN RAZELLA DAMA PUTRI -
Nama : Ainun Razella Dama Putri
Npm : 2113053093

izin menjawab,
1. Model pembelajaran tematik adalah suatu model pembelajaran yang menggunanakan tema-tema dimana mengaitkan beberapa mata pelajaran di dalamnya sehingga dengan itu dapat memeberikan pengalaman bermakna bagi peserta didik karena peserta didik akan memahami konsep-konsep yang mereka pelajari dengan pengalaman langsung dan juga menghubungkan konsep lainnya.

2. a. Model sequenced ( urutan/rangkaian)
b. Model jaring laba-laba
c. Model Shared
d. Model Threaded
c. Model keterpaduan (integrated)
d. Model networked

3.Tujuan dari model pembelajaran tematik ini yaitu tentunya menjadikan pembelajaran lebih bermakna bagi peserta didik, Lalu memusatkan perhatian peserta didik dengan beberapa mata pelajaran yang dikemas menjadi satu, dengan tematik peserta didik dapat mempelajari ataupun mengembangkan berbagai kompetensi beberapa mata pelajaran dengan tema yang sama.
In reply to First post

Re: kuis apersepsi

by CHRISTINA DINI ANGGRAINI_2113053036 -
Nama : Christina Dini Anggraini
NPM : 2113053036

Izin menjawab:
1. Model pembelajaran tematik adalah salah satu pendekatan dalam pembelajaran di sekolah yang mengintegrasikan beberapa mata pelajaran dalam satu tema atau topik tertentu. Dalam model pembelajaran tematik, suatu topik atau tema tertentu dijadikan pusat pembelajaran yang memadukan beberapa mata pelajaran, sehingga siswa dapat mengaitkan dan menghubungkan materi pembelajaran dari berbagai mata pelajaran secara holistik.

2. Macam-macam model pembelajaran tematik adalah: Model Fragmented, Model Connected, Model Nested, Model Sequenced, Model Shared, Model Webbed, Model Threaded, Model Integrated, Model Immersed, Model Networke.

3. Tujuan dari model pembelajaran tematik adalah untuk meningkatkan keterampilan peserta didik dalam memcahkan masalah secara kreatid dan mengembangkan keterampilan berfikir kritis. Selain itu, membantuk meningkatkan motivasu dan minat belajar siswa karena materi pembelajaran lebih bermakna dan terkait dengan kehidupan mereka.
In reply to First post

Re: kuis apersepsi

by Khusnul Ramdhani Rianata -
Nama : Khusnul Ramdhani Rianata
Npm : 2153053029

Izin menjawab

1. pembelajaran tematik adalah salah satu model pembelajaran terpadu atau terintegrasi yang melibatkan beberapa mata pelajaran yang diikat dalam tema-tema tertentu.

2.  Macam-macam model pembelajaran tematik 
a. Model Fragmented.
b. Model Connected.
c. Model Nested.
d. Model Sequenced.
e. Model Shared. 
f. Model Webbed.
g. Model Threaded.
h. Model Integrated.

3. Tujuan pembelajaran tematik adalah menghilangkan atau mengurangi terjadinya tumpah tindih materi, memudahkan peserta didik untuk melihat hubungan-hubungan yang bermakna, memudahkan peserta didik untuk memahami materi/konsep secara utuh

In reply to First post

Re: kuis apersepsi

by Rahma Citra Dewi -
Nama : Rahma Citra Dewi
Npm : 2113053031
Izin mengumpulkan kuis

1.Model pembelajaran tematik merupakan model pembelajaran yang pengembangannya diawali dengan menentukan tema atau topik yang ditetapkan, yang dapat ditentukan dari mata pelajaran hari itu sebagai sentral atau berdasarkan fungsional, kemudian ditentukan sub-sub tema dari bidang studi lain atau keterampilan lainnya.


2. Model Fragmented. Model ini menerapkan bahwa pengajaran bidang studi terpisah dari bidang studi lain
2.Model Connected
3.Model Nested
4. Model Sequenced
5.Model Shared
6. Model Webbed
7. Model Threaded
8.Model Integrated

3. Tujuan nya yaitu menghilangkan atau mengurangi terjadinya tumpah tindih materi, memudahkan peserta didik untuk melihat hubungan-hubungan yang bermakna, memudahkan peserta didik untuk memahami materi/konsep secara utuh .
In reply to First post

Re: kuis apersepsi

by Ismul Nurul Khasanah -

Nama : Ismul Nurul Khasanah

NPM : 2113053204

Izin menjawab,

1. Model pembelajaan tematik adalah model pembelajaran tepadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna kepada siswa.


2. Macam - macam model pembelajaran tematik yaitu antara lain :


a. Model Fragmented

Model ini menerapkan bahwa pengajaran bidang studi terpisah dari bidang studi lain. Dikenal juga sebagai model tradisional.


b. Model Connected

Aspek-aspek pembelajaran dalam satu bidang studi dihubungkan dari suatu topik, konsep, dan keterampilan melalui gagasan yang terhubung secara eksplisit.


c. Model Nested

Model ini merupakan pengajaran suatu bidang studi dengan target berbagai keterampilan sosial, berpikir, dan keterampilan tentang substansi khusus.


d. Model Sequenced

Model ini menerapkan pembelajaran suatu topik atau unit yang didata ulang dan diurutkan antara satu bidang dengan bidang lainnya. Satu aktivitas atau pembelajaran mempertinggi aktivitas sebelumnya.


e. Model Shared

Pembelajaran ini bertolak dari dua disiplin yang berbeda tapi memiliki konsep yang tumpang tindih sehingga memungkinkan keterpaduan pembelajaran.


f. Model Webbed

Pembelajaran ini merepresentasikan pendekatan tematik untuk memadukan beberapa bidang studi yang berbeda.


g. Model Threaded

Model ini menekankan pada penyajian suatu keterampilan melalui berbagai bidang studi. Model threaded berfokus pada perilaku metakognitif sehingga siswa dapat belajar tentang hubungan sebab-akibat.


h. Model Integrated

Pembelajaran ini berangkat dari tumpang tindihnya konsep keterampilan dan sikap pada semua bidang studi.


i. Model Immersed

Model ini menekankan bahwa pembelajaran semua bidang studi berangkat dari sudut pandang, keahlian, dan pengalaman anak didik. Cara ini memungkinkan peserta didik memahami cara pandang dan kemampuannya sendiri.


j. Model Networked

Pembelajaran model ini berangkat dari kaca mata seluruh peserta didik dan para ahli dari berbagai bidang studi terkait. Pembelajaran networked membutuhkan input dari luar sehingga peserta didik mendapatkan perspektif yang lebih luas.


3. Tujuan model pembelajaran tematik adalah menghilangkan atau mengurangi terjadinya tumpah tindih materi, memudahkan peserta didik untuk melihat hubungan-hubungan yang bermakna, memudahkan peserta didik untuk memahami materi atau konsep secara utuh.


In reply to First post

Re: kuis apersepsi

by Febriyanti Tambunan -
Nama : Febriyanti Tambunan
NPM : 2153053024

Izin menjawab,
1. Pembelajaran tematik adalah bentuk model pembelajaran terpadu yang menggabungkan suatu konsep dalam beberapa materi, pelajaran atau bidang studi menjadi satu tema atau topik pembahasan tertentu sehingga terjadi integrasi antara pengetahuan, keterampilan dan nilai yang memungkinkan siswa aktif menemukan konsep serta prinsip keilmuan secara holistik, bermakna dan otentik.

2. Ada sepuluh model pembelajaran tematik, yaitu :
a. Model fragmented
b. Model connected
c. Model nested
d. Model sequenced
e. Model shared
f. Model webbed
g. Model threaded
h. Model integrated
i. Model immersed
j. Model networked

3. Pembelajaran tematik merupakan pembelajaran yang bertujuan untuk memudahkan siswa dalam memahami materi pelajaran dan mengembangkan berbagai kemampuan siswa dalam tema tertentu.

Terimakasih
In reply to First post

Re: kuis apersepsi

by JULIA QOIRINA PUTRI -
Nama : Julia Qoirina Putri
NPM : 2113053043

Izin menjawab,
1. Model pembelajaran tematik adalah pendekatan tematik yang melibatkan beberapa mata pelajaran untuk memberikan pengalaman lebih bermakna kepada siswa. Yang melibatkan beberapa mata pelajaran yang diikat dalam tema-tema tertentu. Dengan harapan tenaga pendidik dapat mengaitkan hubungan mapel tersebut menjadi kesimpulan yang dapat dipahami dengan baik oleh peserta didik.
2. Macam-macam model pembelajaran tematik yaitu fragmented, connected, nested, sequenced, shared, webbed, threaded, integrated, immersed, dan networked.
3. Tujuannya yaitu menghilangkan atau mengurangi terjadinya tumpah tindih materi, memudahkan peserta didik untuk melihat hubungan-hubungan yang bermakna, memudahkan peserta didik untuk memahami materi/konsep secara utuh .

Sekian, terima kasih
In reply to First post

Re: kuis apersepsi

by INTAR KHOERUNISA -
Nama: Intar Khoerunisa
NPM: 2113053160

Izin menjawab
1. Model pembelajaran tematik yaitu pembelajaran yang dikembangkan dengan tema serta subtema yang dipadu dalam mata pelajaran.
2. Macam-macam model pembelajaran tematik yaitu Model Fragmented, Model Connected, Model Nested, Model Sequenced, Model Shared, Model Webbed, Model Threaded, Model Integrated, Model Immersed, Model Networked.
3. Tujuan model pembelajaran tematik yaitu memepermudah peserta didik dalam proses pembelajaran karena materinya tersusun dengan tema dan subtema jadi memudahkan pendidik untuk memberikan materi kepada peserta didik.
In reply to First post

Re: kuis apersepsi

by Miftahul Ulum -
Nama : Miftahul Ulum
NPM : 2113053177

Izin menjawab,
1. Pembelajaran tematik merupakan salah satu model pembelajaran terpadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna bagi peserta didik. Pembelajaran terpadu didefinisikan sebagai pembelajaran yang menghubungkan berbagai gagasan, konsep, keterampilan, sikap, dan nilai, baik antar mata pelajaran maupun dalam satu mata pelajaran.Pembelajaran tematik memberi penekanan pada pemilihan suatu tema yang spesifik yang sesuai dengan materi pelajaran, untuk mengajar satu atau beberapa konsep yang memadukan berbagai informasi.

2.Model pembelajaran tematik terpadu menekankan pada keterkaitan (linkages) dan keterhubungan (relationship) antar berbagai disiplin. Model Pembelajaran Tematik Terpadu itu sendiri setidaknya ada sepuluh macam model, yaitu;
1. Model Terhubung (The Connected Model),
2. Model Jaring Laba-Laba (The Webbed Model),
3. Model Tematik Terpadu (The Integrated Model),
4. Model Sarang (The Nested Model),
5. Model Penggalan (The Fragmented Model),
6. Model Terurut (The Sequenced Model),
7. Model Irisan (The Shared Model),
8. Model Galur (The Threaded Model),
9. Model Celupan (The Immersed Model). Dan
10. Model Jaringan Kerja (The Networked model).

Dalam Model Tematik Terpadu, hanya ada tiga model yang dikembangkan atau dikenalkan di sekolah maupun lembaga pendidikan tenaga keguruan (LPTK) di Indonesia. Ketiga model tersebut adalah (1) model keterhubungan (connected), (2) model jaring laba-laba (webbed) dan (3) model kerpaduan (integrated).

3.Tujuan Pembelajaran Tematik Terpadu
Tujuan dari pembelajaran tematik adalah untuk memberikan kemudahan bagi siswa dalam memahami dan mendalami konsep materi yang tergabung dalam tema yang saling berkaitan sehingga memberikan pengalaman bermaka kepada siswa. Dengan pembelajaran tematik, akan menambah semangat belajar karena siswa mudah memusatkan perhatian pada suatu tema tertentu yang berkaitan dan materi yang dipelajari merupakan materi yang nyata dan bermakna bagi siswa.

Terimakasih
In reply to First post

Re: kuis apersepsi

by MUHAMMAD YOGYA ANDIKA -
Nama : Muhammad Yogya Andika
Npm : 2113053144

Izin menjawab
1. Model pembelajaran tematik yaitu pembelajaran yang dikembangkan dengan tema serta subtema yang dipadu dalam mata pelajaran.
2. Macam-macam model pembelajaran tematik yaitu Model Fragmented, Model Connected, Model Nested, Model Sequenced, Model Shared, Model Webbed, Model Threaded, Model Integrated, Model Immersed, Model Networked.
3.Tujuan pembelajaran tematik adalah menghilangkan atau mengurangi terjadinya tumpah tindih materi, memudahkan peserta didik untuk melihat hubungan-hubungan yang bermakna, memudahkan peserta didik untuk memahami materi/konsep secara utuh
In reply to First post

Re: kuis apersepsi

by KHUSNUL BUKHARY FANALDY -
Nama : Khusnul Bukhary Fanaldy
Npm : 2113053231

Izin menjawab
1. bentuk model pembelajaran terpadu yang menggabungkan suatu konsep dalam beberapa materi, pelajaran atau bidang studi menjadi satu tema atau topik pembahasan tertentu sehingga terjadi integrasi antara pengetahuan, keterampilan dan nilai yang memungkinkan siswa aktif menemukan konsep serta prinsip keilmuan secara holistik, bermakna dan otentik.

2.Fragmented (Penggalan)
-Connected (Keterhubungan)
-Nested (Sarang)
-Sequenced (Pengurutan)
-Shared (Irisan)
-Webbed (Jaring Laba-laba)
-Threaded (Bergalur)
- Integrated (Keterpaduan)
-Immersed (Terbenam)
-Networked (Jaringan Kerja)

3.Dengan pembelajaran tematik anak didik diharapkan mendapatkan hasil belajar yang optimal dan maksimal dan menghindari kegagalan pembelajaran yang masih banyak terjadi dengan model pembelajaran lain.