latihan

latihan

latihan

Number of replies: 33

berdasarkan materi tersebut silahkan anda menjelaskan menggunakan bahasa sendiri tentang pengertian Rencana pelaksanaan pembelajaran dan tuliskan prinsip prinsip pembuatan RPP menurut bahasa mu sendiri....?

In reply to First post

Re: latihan

by NUR ANISA -
Nama : Nur Anisa
NPM : 2153053018

Izin menjawab Bu,
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah dokumen yang disusun oleh pendidik sebagai panduan dalam melaksanakan proses pembelajaran di kelas. RPP mencakup semua informasi yang diperlukan untuk mengajar suatu mata pelajaran, seperti tujuan pembelajaran, materi yang akan diajarkan, metode pembelajaran yang akan digunakan, serta penilaian dan evaluasi pembelajaran.

Berikut adalah prinsip-prinsip pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP):
1.Berbasis Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD)
RPP harus dikembangkan berdasarkan SK dan KD yang telah ditetapkan. Hal ini akan memastikan bahwa RPP memuat materi yang relevan dengan standar yang telah ditetapkan.

2.Berorientasi pada Tujuan Pembelajaran
RPP harus mengacu pada tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Hal ini akan memastikan bahwa materi yang diajarkan relevan dengan tujuan yang ingin dicapai.

3.Mengacu pada Karakteristik Peserta Dididk
RPP harus mempertimbangkan karakteristik peserta didik, seperti usia, kecerdasan, dan minat belajar. Hal ini akan membantu guru dalam memilih metode dan strategi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik.

4.Memperhatikan Keterkaitan Materi Pembelajaran
RPP harus memperhatikan keterkaitan antara materi yang akan diajarkan dengan materi yang telah diajarkan sebelumnya. Hal ini akan memastikan bahwa materi yang diajarkan secara terintegrasi dan berkelanjutan.

5.Fleksibel dan Responsif terhadap Perubahan
RPP harus fleksibel dan responsif terhadap perubahan yang terjadi selama proses pembelajaran. Hal ini akan memungkinkan pendidik untuk menyesuaikan rencana pembelajaran jika diperlukan.

6.Berorientasi pada Hasil Pembelajaran
RPP harus dirancang dengan mempertimbangkan hasil pembelajaran yang ingin dicapai. Hal ini akan memastikan bahwa materi yang diajarkan relevan dengan kebutuhan peserta didik dan mengarah pada pencapaian hasil pembelajaran yang diharapkan.

7.Menggunakan Pendekatan Pembelajaran yang Beragam
RPP harus menggunakan pendekatan pembelajaran yang beragam, seperti pembelajaran aktif, kolaboratif, dan kreatif. Hal ini akan memastikan bahwa peserta didik terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran dan memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang materi yang diajarkan.

Sekian, terima kasih.
In reply to First post

Re: latihan

by I wayan Suberata -
Nama : I Wayan Suberata
NPM : 2153053007

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah sebuah dokumen yang dibuat oleh seorang guru untuk merencanakan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan di kelas. RPP berisi informasi tentang tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran.

Ada beberapa prinsip dalam pembuatan RPP, yaitu:

1. Konsistensi: RPP harus konsisten dengan standar kurikulum dan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.

2. Keterpaduan: RPP harus keterpaduan antara materi pembelajaran, metode pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran sehingga tercipta pembelajaran yang efektif.

3. Kreativitas: RPP harus mencakup inovasi dan kreativitas dalam penyampaian materi pembelajaran sehingga siswa dapat lebih tertarik dan termotivasi untuk belajar.

4. Fleksibilitas: RPP harus fleksibel dalam merespon situasi dan kondisi yang berbeda di kelas.

5. Partisipasi siswa: RPP harus memberi ruang bagi partisipasi siswa dalam proses pembelajaran sehingga dapat menciptakan pembelajaran yang interaktif.

6. Penilaian: RPP harus mencakup metode penilaian yang tepat dan sesuai dengan tujuan pembelajaran.

7. Kontinuitas: RPP harus mencakup pengembangan pembelajaran yang kontinu sehingga dapat membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran secara bertahap.

Dengan memperhatikan prinsip-prinsip tersebut, seorang guru dapat membuat RPP yang efektif untuk mendukung proses pembelajaran di kelas. RPP yang baik dapat membantu guru untuk mengorganisir kegiatan pembelajaran dan mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.
In reply to First post

Re: latihan

by HANA JANATAN SALSABIELA -
Nama: Hana Janatan Salsabiela
NPM: 2113053120

Izin menjawab pertanyaan di atas bu.

Menurut saya Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah dokumen yang disusun oleh seorang guru sebagai panduan dalam melaksanakan proses pembelajaran di kelas. RPP berisi perencanaan rinci mengenai tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pengajaran, strategi evaluasi, dan langkah-langkah yang akan diambil selama proses pembelajaran berlangsung. RPP merupakan alat penting bagi guru untuk mengorganisir dan mengarahkan kegiatan pembelajaran agar mencapai hasil yang diharapkan.

Pada kurikulum 2013 (Kurtilas) seorang pendidik dalam penyusunan RPP hendaknya memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut; 1) perbedaan individual peserta didik, 2) partisipasi aktif peserta didik, 3) berpusat pada peserta didik, 4) pengembangan budaya membaca dan menulis, 5) pemberian umpan balik dan tindak lanjut, 6) penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar, 7) mengakomodasi pembelajaran tematik terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya, serta 8) penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.

Sekian jawaban dari saya, terima kasih.
In reply to First post

Re: latihan

by Yugi Utami -
Nama: Yugi Utami
NPM: 2113053132

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah suatu dokumen perencanaan yang dibuat oleh guru sebagai pedoman dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas. RPP ini berisi tentang tujuan pembelajaran, kompetensi dasar, indikator, materi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, evaluasi pembelajaran, serta alokasi waktu dan sumber daya yang dibutuhkan dalam pelaksanaan pembelajaran. RPP dibuat dengan tujuan agar kegiatan pembelajaran dapat berjalan terstruktur, efektif, efisien, dan dapat mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. RPP juga menjadi dasar bagi guru dalam memilih dan menentukan materi, metode, dan evaluasi pembelajaran yang tepat.

Prinsip-prinsip penyusunan RPP
1. RPP terjelahan dari ide kurikulum dan berdasarkan silabus
2. RPP di kembangkan dengan menyesuaikan silabus dengan kondisi disatuan pendidikan
3. RPP mendirong partisipasi aktif peserta didik
4. RPP dikembangkan dengan berpusat pada peserta didik agar tercapainya tujuan pendidikan
5. RPP disusun dengan mengakomodasi bernagaimacam pembelajaran
6. RPP disusun dengan mempertimbangkan penerapan teknologi informasi dan komunikasi
7. RPP mengembangkan budaya menulis, membaca dan menghitung
8. RPP disusun dengan memperhatikan keterkaitan antara KI dan KD
In reply to First post

Re: latihan

by Syifa Azzahra Riyadi -
Nama : Syifa Azzahra Riyadi
Npm : 2113053003

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau RPP adalah sebuah dokumen yang berisi gambaran atau rencana pembelajaran yang akan dilakukan selama satu kali pertemuan, satu semester, atau lebih. RPP juga bisa diartikan sebagai pedoman dalam pelaksanaan pembelajaran. RPP ini disusun langsung oleh guru pengampu mata pelajaran sebelum memulai kegiatan belajar-mengajar. Dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran ini, guru harus memperhatikan setiap komponen penting yang harus terdapat dalam RPP. Rpp juga memiliki prinsip-prinsip sebagai berikut:
1) perbedaan individual peserta didik,
2) partisipasi aktif peserta didik,
3) berpusat pada peserta didik,
4) pengembangan budaya membaca dan menulis,
5) pemberian umpan balik dan tindak lanjut.

Sekian jawaban saya terimakasih
In reply to First post

Re: latihan

by Siti Nadya Nur Amaliya -
Nama : Siti Nadya Nur amaliya
NPM : 2113053118

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran adalah sebuah pedoman bagi pendidik untuk melaksanakan pembelajaran secara penuh. RPP berisikian idenstitas sekolah dan tematik, KI, KD, Indikator, tujuan pembelajaran, model pembelajaran yang digunakan, metode, teknik,, langkah,-langkah pembelajaran hingga tahap evaluasi pembelajaran dan penilaian baik itu secara afektif, kognitif dan psikomotorik guna mencapai tujuan yang diharapkan dari proses pembelajaran.

prinsip-prinsip pembuatan rpp adalah 1) RPP harus memeprhatikan karakteristik setiap peserta didik, 2) mendorong partisipasi aktif peserta didik dalam pembelajaran, 3) mengembangkan budaya membaca dan menulis, 4) memberikan umpan balik dan tindak lanjut, 5) menerapkan penggunaan TIK dalam pembeljaran, dan 6) keterkaitan dan keterpaduan.

Sekian jawaban saya
terimakasih
In reply to First post

Re: latihan

by MASITA PUTRI KIRANA -
Nama : Masita Putri Kirana
NPM : 2113053182

Izin menjawab ibu,
Jadi rencana pelaksanaan pembelajaran merupakan hal penting yang perlu seorang pendidik siapkan dalam memulai pembelajaran. Rencana pelaksanaan pembelajaran berisi gambaran bagaimana suatu pembelajaran akan dilakukan selama satu kali pertemuan, satu semester, atau lebih. RPP juga bisa diartikan sebagai pedoman dalam pelaksanaan pembelajaran. RPP yang bermutu sangat berpengaruh terhadap pelaksanaan pembelajaran dan pencapaian tujuan pembelajaran yang telah ditentukan dalam kerangka dasar kurikulum.

tuliskan prinsip prinsip pembuatan RPP ?
1. Mempertimbangkan perbedaan individual siswa, seperti kemampuan awal, tingkat intelektual, bakat, potensi, minat, motivasi belajar, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, latar belakang budaya, norma, nilai, dan lingkungan siswa.

2. Memperhatikan partisipasi aktif siswa. Dalam menyusun RPP, guru perlu memperhatikan bagaimana partisipasi aktif siswa.

3. Penyusunan RPP pada langka-langkah pembelajaran harus berpusat pada siswa. Supaya mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inspirasi, inovasi, dan kemandirian.

4. Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.

5. Pemberian umpan balik dan tindak lanjut, memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remidi. Dalam hal ini, penyusunan RPP memuat bagaimana asesmen atau penilaian terhadap hasil belajar siswa.

6. Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara Kompetensi Dasar (KD), materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar. Maksudnya adalah penyusunan RPP harus sinkron dari satu bagian ke bagian lainnya dan saling berkaitan.

7. Mengakomodasi pembelajaran tematik terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya. Penyusunan RPP jenis ini biasanya ditemui dalam jenjang PAUD dan SD, yang menggunakan pendekatan tematik. Jika guru akan menggunakan tematik, guru harus dapat mengaitkan dan memadukan isi dari mata pelajaran lain dengan lainnya.

8. Penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi. Dalam penyusunan RPP memuat penggunaan teknologi, sederhananya seperti menampilkan video dari Youtube, PPT, penggunaan Zoom lainnya.

Terimakasih.
In reply to First post

Re: latihan

by Friska Aprilya Saputri -
Nama : Friska Aprilya Saputri
Npm : 2113053072

Izin menjawab pertanyaan dari Bu Dayu Rika Perdana, yaitu tentang berdasarkan materi tersebut silahkan anda menjelaskan menggunakan bahasa sendiri tentang pengertian Rencana pelaksanaan pembelajaran dan tuliskan prinsip prinsip pembuatan RPP menurut bahasa mu sendiri....?
Jawab:
Menurut saya, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah suatu rencana pelaksanaan pembelajaran yang disusun oleh pendidik sehingga nantinya dapat memudahkan pendidik dalam mengimplementasikan pada kegiatan pembelajaran. Di dalam rencana pelaksanaan pembelajaran ini memuat tema yang saling berkaitan yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu kali pertemuan atau lebih.
Adapun prinsip-prinsip dalam membuat rpp, yaitu:
1. Dalam penyusunan rpp harus memuat kompetensi dasar sikap spirtual, sosial, pengetahuan, dan keterampilan.
2. Rpp yang disusun dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih.
3. Pendidik harus memperhatikan perbedaan yang dimiliki masing-masing peserta didik.
4. Proses pembelajaran yang dilakukan berpusat pada peserta didik.
5. Pembelajaran yang dilakukan harus konteks.
6. Pembelajaran harus berorientasi kekinian yang berhubungan dengan kehidupan masa kini.
7. Dapat mengembangkan kemandirian belajar peserta didik.
8. Memberikan umpan balik yang positif, berupa penguatan, pengayaan, dan remedial.
9. Adanya keterkaitan antara KI, KD, Indikator pencapaian kompetensi, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, dan sumber belajar.
10. Dapat memanfaatkan teknologi dalam menerapkan RPP.

Sekian, Terima kasih.
In reply to First post

Re: latihan

by DAFFA SYIFAA NABIILAH -
Nama : Daffa Syifaa Nabiiah
NPM : 2153053016

Izin menjawab pertanyaan yang telah diberikan bu,
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah dokumen yang dibuat oleh seorang guru sebagai panduan dalam melaksanakan proses pembelajaran di kelas. RPP berisi rincian tentang materi pembelajaran yang akan diajarkan, strategi pembelajaran yang akan digunakan, serta evaluasi pembelajaran yang akan dilakukan. RPP sangat penting dalam menjamin kualitas pembelajaran, karena RPP membantu guru merencanakan dan mengorganisir pembelajaran secara sistematis.

Beberapa prinsip pembuatan RPP yang penting untuk diperhatikan adalah:
1. Relevansi: RPP harus relevan dengan kurikulum dan standar kompetensi yang telah ditetapkan.
2. Fleksibilitas: RPP harus fleksibel untuk memungkinkan adaptasi terhadap situasi dan kondisi pembalajaran yang berbeda.
3. Realistis: RPP harus realistis dan sesuai dengan kondisi kelas dan siswa yang diajarkan.
4. Berorientasi pada siswa: RPP harus berorientasi pada siswa dan memperhatikan kebutuhan dan karakteristik siswa.
5. Terukur: RPP harus memuat tujuan pembelajaran yang jelas dan terukur, sehingga pembelajaran dapat dievaluasi dengan tepat.
6. Keterpaduan: RPP harus memperhatikan keterpaduan antara materi pembelajaran, strategi pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran.
7. Kolaboratif: RPP sebaiknya dibuat secara kolaboratif dengan melibatkan guru-guru lain dan mengambil masukan dari siswa.

Dengan memperhatikan prinsip-prinsip tersebut, seorang guru dapat membuat RPP yang efektif dan efisien dalam mendukung proses pembelajaran di kelas.

Sekian, Terima Kasih.
In reply to First post

Re: latihan

by Andriyani Merkuri -
Nama: Andriyani Merkuri
NPM: 2113053247
Kelas: 4E

Izin menjawab Bu.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan gambaran bagaimana suatu pembelajaran akan dilakukan selama satu kali pertemuan, satu semester, atau lebih. RPP biasanya disiapkan oleh pendidik sebelum memulai kegiatan pembelajaran di sekolah.

Prinsip- prinsip pembuatan RPP yaitu:
1) Perbedaan individu siswa
2) Partisipasi aktif siswa
3) Menginspirasi semangat yang berpusat pada siswa untuk belajar,
Motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, inovasi dan mandiri
4) Pengembangan budaya membaca dan menulis
5) Berikan umpan balik dan tindak lanjut
6) Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara KD dan materi
Pembelajaran, kegiatan pembelajaran dan indikator kinerja keterampilan, penilaian dan sumber belajar secara keseluruhan pengalaman belajar.
7) Menerima pembelajaran terpadu per mata pelajaran
8) penerapan teknologi informasi dan komunikasi yang terintegrasi;
Sistematis dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.

Sekian, terima kasih.
In reply to First post

Re: latihan

by Andini Putri Oktaviana -
Nama : Andini Putri Oktaviana
NPM : 2113053016

RPP atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran merupakan suatu dokumen yang berisi tentang rancangan pembelajaran yang sudah disiapkan oleh seorang guru sebelum melakukan kegiatan mengajar dengan tujuan agar pembelajaran berjalan dengan baik sesuai dengan rencana yang telah disiapkan. RPP dibuat oleh guru untuk membantunya dalam mengajar agar sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar juga menentukan metode, model, serta media dan menyesuaikan mata pelajaran.

Prinsip-prinsip dalam Pembuatan RPP adalah sebagai berikut.
1. RPP harus disusun secara utuh dan teratur yang memuat kompetesi dasar sikap (KD dan KI-1), Sosial (KD dan KI-2), pengetahuan (KD dan KI-3), dan Keterampilan (KD dan KI-4)
2. Kompetensi yang direncanakan harus jelas, konkret, dan mudah dipahami
3. RPP harus menyesuaikan dengan peserta didik, terutama dalam pemilihan model, metode dan media pembelajaran
4. RPP harus sederhana dan fleksibel
5. RPP harus sudah berkoordinasi dengan komponen pelaksana program sekolah

Sekian. Terimakasih.
In reply to First post

Re: latihan

by Irma Tri Susanti -
Nama : Irma Tri Susanti
Npm : 2113053069

Berdasarkan materi, pengertian dari RPP adalah suatu rencana pembelajaran yang disusun secara rinci dari suatu materi pokok atau tema dan mengacu pada silabus (Kemdikbud, 2013 : 37). Menurut saya, RPP adalah suatu rencana yang disiapkan oleh pendidik untuk melakukan pembelajaran dalam satu pertemuan atau lebih terkait materi yang akan dibahas. Didalamnya terdapat informasi sekolah, model pembelajaran yang digunakan pendidik, metode, media, langkah langkah pembelajaran, hingga penilaian. Selain itu, prinsip prinsip dari RPP yaitu antara lain :
1. RPP disusun oleh pendidik sebagai rancangan pembelajaran yang mengacu pada silabus.
2. RPP dirancang sesuai dengan silabus.
3. RPP dirancang juga supaya dapat mendorong partisipasi aktif peserta didik.
4. Sesuai dengan tujuan kurikulum 2013 RPP dirancang oleh pendidik menggunakan student center supaya dapat mengembangkan motivasi, minat, rasa ingin tahu, kreativitas, inisiatif, inspirasi, kemandirian, semangat belajar, keterampilan belajar, dan kebiasaan belajar peserta didik.
5. RPP dirancang untuk mengembangkan budaya membaca, menulis, dan berhitung peserta didik.
6. Selain itu proses pembelajaran dalam rpp juga dirancang untuk memberikan umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remidi kepada peserta didik.
7. RPP disusun dengan memperhatikan KI dan KD yang ditentukan.
8. RPP disusun dengan mengakomodasi pembelajaran tematik, keterpaduan lintas mata pelajaran untuk sikap dan keterampilan, dan keberagaman budaya.
9. RPP disusun juga dengan melibatkan penggunaan teknologi didalamnya.

Sekian, terima kasih.
In reply to First post

Re: latihan

by SEPTIANA 21 -
Nama : Septiana
NPM : 2113053139

Izin menjawab,
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan kegiatan perencanaan kegiatan pembelajaran untuk satu pertemuan atau lebih. RPP merupakan pendoman untuk pendidik mengajar, supaya ketika dalam kelas tidak bingung lagi mau ngapain di kelas. Sudah mempersiapkan media dan materinya yang ingin disampaikan.

Prinsip-Prinsip Penyusunan RPP yang perlu diperhatikan dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah sebagai berikut.

1. Mempertimbangkan perbedaan individual siswa, seperti kemampuan awal, tingkat intelektual, bakat, potensi, minat, motivasi belajar, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, latar belakang budaya, norma, nilai, dan lingkungan siswa.

2. Memperhatikan partisipasi aktif siswa. Dalam menyusun RPP, guru perlu memperhatikan bagaimana partisipasi aktif siswa.

Apakah keaktifan siswa dalam pembelajaran di satu kelas sangat kurang atau cenderung pasif? Jika demikian, guru perlu memperhatikan bagaimana strategi pembelajaran yang meningkatkan keaktifan siswa dan kemandirian siswa.

3. Penyusunan RPP pada langka-langkah pembelajaran harus berpusat pada siswa. Supaya mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inspirasi, inovasi, dan kemandirian.

4. Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan. Penyusunan RPP perlu memasukan budaya literasi, terlebih adanya program Asesmen Kompetensi Umum (AKM) yang menjadi salah satu bagian dari Asesmen Nasional.

5. Pemberian umpan balik dan tindak lanjut, memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remidi. Dalam hal ini, penyusunan RPP memuat bagaimana asesmen atau penilaian terhadap hasil belajar siswa.

6. Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara Kompetensi Dasar (KD), materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar. Maksudnya adalah penyusunan RPP harus sinkron dari satu bagian ke bagian lainnya dan saling berkaitan.

7. Mengakomodasi pembelajaran tematik terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya. Penyusunan RPP jenis ini biasanya ditemui dalam jenjang PAUD dan SD, yang menggunakan pendekatan tematik. Jika guru akan menggunakan tematik, guru harus dapat mengaitkan dan memadukan isi dari mata pelajaran lain dengan lainnya.

8. Penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi. Dalam penyusunan RPP memuat penggunaan teknologi, sederhananya seperti menampilkan video dari Youtube, PPT, penggunaan Zoom lainnya.

Sekian, terimakasih.
In reply to First post

Re: latihan

by Ida Wahyuni -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Ida Wahyuni
Npm : 2113053193

Izin menjawab bu,

Menurut saya rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) ialah suatu rancangan pelaksanaan kegiatan belajar-mengajar yang akan direalisasikan di dalam kelas dan merupakan penjabaran lebih rinci dari silabus (penjabaran skenario pembelajaran, wujud media, wujud alat penilaian yang sudah siap digunakan oleh pendidik). Beberapa prinsip yang harus kita ketahui dalam menyusun RPP yaitu :

1. Setiap RPP harus terdiri dari kompetensi dasar sikap (KD dan KI-1), Sosial (KD dan KI-2), Pengetahuan (KD dan KI-3), dan Keterampilan (KD dan KI-4)

2. Satu RPP dapat dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih.

3. Memperhatikan perbedaan individu peserta didik (kesenjangan jenis kelamin, kemampuan awal, tingkat intelektual, minat, motivasi belajar, bakat, potensi, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan atau lingkungan peserta didik.

4. Proses pembelajaran yang direncanakan harus berorientasi pada siswa untuk mendorong motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, kemandirian dan semangat belajar.

5. Proses pembelajaran dirancang untuk mengembangkan kecintaan membaca, pemahaman yang beragam terhadap bacaan, dan ekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.

6. RPP memuat rencana program pemberian stimulus positif, penguatan, dan perbaikan.

7. RPP disusun dengan memperhatikan keterkaitan dan keterpaduan antara SK, KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar dalam satu kesatuan pengalaman belajar.

8. RPP disusun dengan mempertimbangkan penerapan teknologi informasi secara terpadu, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.

Sekian, terima kasih
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
In reply to First post

Re: latihan

by Zahra Dika Ramadhona -
Nama: Zahra Dika Ramadhona
Npm: 2113053156

Izin menjawab Buu
Rencana perencanaan pembelajaran (RPP) berisi tentang tema, subtema, pembelajaran, kompetensi inti, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran hingga langkah langkah pembelajaran yang disusun untuk kegiatan belajar mengajar dikelas supaya lebih efektif dan efisien. RPP juga berisi tentang metode atau model apa yang akan diterapkan dalam kegiatan pembelajaran.

Adapun prinsip - prinsip dalam membuat RPP. Kompetensi inti harus sesuai dengan tema, subtema, dan pembelajaran yang dipilih, kompetensi dasar berkesinambungan dengan indikator, harus bersifat efektif dan efisien, metode dan model yang dipakai harus sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan berorientasi kepada peserta didik.
In reply to First post

Re: latihan

by Fauriza Agustina -
Nama : Fauriza Agustina
NPM : 2153053004

RPP adalah rencana kegiatan guru yang berisi skenario pembelajaran tahap demi tahap mengenai aktivitas yang akan dilakukan peserta didik bersama guru terkait materi yang akan dipelajari peserta didik untuk mencapai kompetensi dasar yang telah ditentukan. RPP ini dipersiapkan oleh guru sebelum melaksanakan pembelajaran.

Prinsip - prinsip penyusunan RPP yaitu :
1. Memperhatikan perbedaan individu peserta didik
2. Berpusat pada peserta didik
3. Berbasis konteks
4. Berorientasi kekinian
5. Memiliki keterkaitan dan keterpaduan antarkompetensi dan atau antarmuatan
6. Memiliki keterkaitan dan keterpaduan antarkompetensi dan atau antarmuatan

Sekian, terima kasih.
In reply to First post

Re: latihan

by EMA NOFITA SARI -
Nama : Ema Nofita Sari
NPM : 2113053108

RPP ( Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) merupakan suatu dokumen yang dibuat oleh pendidik sebagai panduam dalam melaksanakan proses pembelajaran yang didalamnya mencakup informasi tentang tujuan pembelajaran, materi, metode, kegiatan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran.

Prinsip-prinsip pembuatan RPP

1) perbedaan individual
peserta didik
2) partisipasi aktif peserta didik
3) berpusat pada peserta didik
4) pengembangan budaya membaca dan
menulis
5) pemberian umpan balik dan tindak lanjut
6) penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian,
dan sumber belajar dalam satu keutuhan
pengalaman belajar
7) mengakomodasi
pembelajaran tematik terpadu, keterpaduan
lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya, serta
8) penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara
terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.

Sekian terima kasih
In reply to First post

Re: latihan

by Khusnul Khotimah -
Nama : Khusnul Khotimah
NPM : 2113053122

Izin menjawab Bu, Berdasarkan materi diatas RPP merupakan kepanjangan dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang dikembangkan secara rinci dari suatu materi pokok atau tema tertentu yang mengacu pada silabus untuk satu pertemuan atau lebih sebagai pedoman pendidik untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upacara mencapai Kompetensi Dasar (KD)

Sedangkan prinsip-prinsip penyusunan RPP adalah sebagai berikut.
1. RPP disusun berdasarkan silabus kedalam bentuk rancangan proses pembelajaran sesuai dengan kurikulum.

2. RPP dikembangkan sesuai silabus sesuai dengan kondisi sekolah atau satuan Pendidikan.

3. RPP dibuat untuk mendorong partisipasi aktif peserta didik.

4. RPP disusun sesuai tujuan dari kurikulum yang berlaku.

5. RPP dirancang untuk mengembangkan budaya membaca, menulis dan berhitung.

6. Rpp memuat rancangan program umpan balik, seperti penguatan, pengayaan dan remedial.

7. RPP disusun dengan memperhatikan keterkaitan dan keterpaduan antara KI dan KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, dan sumber belajar.

8. RPP disusun dengan mengakomodasi pembelajaran tematik, keterpaduan mata pelajaran, dan keragaman budaya.

9. RPP disusun dengan mempertimbangkan penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara integrasi, sistematis, dan afektif sesuai dengan situasi dan kondisi.

Sekian terimakasih.
In reply to First post

Re: latihan

by Sekar Tyas Ayu Ningrum -
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Sebelumnya izin memperkenalkan diri,

Nama : Sekar Tyas Ayu Ningrum
NPM : 2113053011
Kelas : 4E
Prodi : PGSD

pengertian Rencana pelaksanaan pembelajaran dan tuliskan prinsip prinsip pembuatan RPP

~Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah RPP merupakan rencana dari kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu atau beberapa kali pertemuan tatap muka.

~Prinsip-Prinsip Pembuatan RPP
1. Memperhatikan Perbedaan Individu Peserta Didik, 2. Berpusat Pada Peserta Didik, 3. Berbasis konteks (memanfaatkan berbagai sumber belajar lokal), 4.Berorientasi kekinian (beroreantasi pada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi), 5. Mengembangkan Kemandirian Belajar, 6. Memberi Umpan Balik dan Tindak Lanjut Pembelajaran, 7.Memiliki Keterkaitan dan Keterpaduan Antar Kompetensi dan/atau Antar Muatan, 8. Memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Baik Terima kasih
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
In reply to First post

Re: latihan

by Debi Elisa Prasasti -
Nama : Debi Elisa Prasasti
NPM : 2113053158

1. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau RPP adalah sebuah dokumen yang disusun langsung oleh seorang pendidik untuk melakukan pembelajaran yang berisi rencana pembelajaran yang akan dilakukan selama satu pertemuan. RPP juga bisa diartikan sebagai pedoman dalam pelaksanaan pembelajaran.

2. Adapun prinsip-prinsip dalam pembuatan rpp
a. Memperhatikan Perbedaan Individu Peserta Didik, RPP disusun dengan memperhatikan perbedaan kemampuan awal, tingkat intelektual, minat, motivasi belajar, bakat, potensi, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan peserta didik.

b. Berpusat Pada Peserta Didik, pendidik bertindak sebagai pembimbing, pendamping, fasilitator, sahabat, atau abang/kakak bagi peserta didik terutama dalam mencapai tujuan pembelajaran yakni kompetensi peserta didik. Oleh karena itu pendidik harus merancang proses pembelajaran yang mampu mendorong, memotivasi, menumbuhkan minat dan kreativitas peserta didik.

c. Berbasis Konteks, pembelajaran berbasis konteks dapat terwujud apabila pendidik mampu mengidentifikasi dan memanfaatkan berbagai sumber belajar lokal (setempat), pendidik mengenal situasi dan kondisi sosial ekonomi peserta didik, mengenal dan mengedepankan budaya atau nilai-nilai kearifan lokal, tanpa kehilangan wawasan global.

d. Berorientasi Kekinian, pendidik yang berorientasi kekinian adalah pendidik yang “gaul”, tidak “gaptek”, “melek informasi”, bahkan sebaiknya well informed, selalu meng-update dan meng-up grade ilmu pengetahuan yang menjadi bidangnya, termasuk teori-teori dan praktik baik di bidang pendidikan/pembelajaran.

e. Mengembangkan Kemandirian Belajar, pendidik yang mengembangkan kemandirian belajar peserta didik, mereka akan selalu berusaha agar pada akhirnya peserta didik berani mengemukakan pendapat atau inisiatif dengan penuh percaya diri

f. Memberi Umpan Balik dan Tindak Lanjut Pembelajaran, RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.

g. Memiliki Keterkaitan dan Keterpaduan Antar Kompetensi, RPP disusun dengan memperhatikan keterkaitan dan keterpaduan antara KI, KD, indikator pencapaian kompetensi, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar.

h. Memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi ( TIK ), dalam pembelajaran dalam RPP disusun dengan mempertimbangkan penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi sesuai dengan perkembangan zaman.
In reply to First post

Re: latihan

by Valentina Setiyawati 2113053024 -
nama : Valentina Setiyawati
NPM : 2113053024

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah perencanaan yang dibuat oleh pendidik untuk pedoman atau mengorganisir kegiatan pembelajaran di kelas maupun di luar kelas. RPP berisi rencana pembelajaran yang terperinci, mulai dari tujuan pembelajaran, metode pembelajaran, materi yang akan diajarkan, waktu pembelajaran, strategi evaluasi, hingga langkah-langkah tindakan yang akan dilakukan oleh pendidik.

prinsip - prinsip pembuatan RPP
1. Berbasis Kompetensi
RPP harus didasarkan pada kompetensi yang harus dikuasai oleh siswa.
2. Relevan dengan Kurikulum
Pendidik harus memahami kurikulum dan standar kompetensi yang berlaku, sehingga RPP dapat dikembangkan secara relevan dan efektif.
3. Mengacu pada Kebutuhan Siswa
RPP harus disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik siswa
4. Menggunakan Metode Pembelajaran yang Variatif
RPP harus menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi dan sesuai dengan tujuan pembelajaran
5. Menyediakan Materi yang Relevan dan Aktual
Materi yang diberikan harus dapat mengembangkan kemampuan siswa dan memberikan pengalaman belajar yang bermakna
6. Menggunakan Evaluasi yang Menyeluruh dan Berkelanjutan
RPP harus mencakup strategi evaluasi yang menyeluruh dan berkelanjutan, mulai dari evaluasi formatif hingga evaluasi sumatif. Evaluasi harus mencakup semua aspek pembelajaran, seperti pengetahuan, keterampilan, dan sikap
7. Fleksibel dan Responsif Terhadap Perkembangan Siswa
RPP harus fleksibel dan responsif terhadap perkembangan siswa. Pendidik harus siap untuk menyesuaikan rencana pembelajaran jika ada perubahan dalam kebutuhan atau kemampuan siswa

terima kasih Bu
In reply to First post

Re: latihan

by Niki Sasi Kirani -
Nama: Niki Sasi Kirani
NPM: 2113053027

Izin menjawab bu,
Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah dibuat oleh pendidik sebagai pegangan dalam mengajar di dalam kelas agar sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar pada hari tersebut.

Prinsip-prinsip pembuatan RPP yang paling utama adalah efisien, efektif, dan berorientasi pada peserta didik.
1. Penyusunan RPP harus efisien, berarti penulisan RPP harus dilakukan dengan tepat dan tidak banyak menghabiskan waktu dan tenaga.
2. Penyusunan RPP harus efektif agar tujuan pembelajaran tercapai. Disini pendidik perlu memperhatikan bagaimana strategi pembelajaran yang meningkatkan keaktifan dan kemandirian peserta didik.

3. Penyusunan RPP harus berorientasi pada peserta didik, dengan mempertimbangkan kesiapan, ketertarikan, dan kebutuhan belajar peserta didik di kelas, sehingga minat belajar peserta didik dapat meningkat. Selain itu, dapat mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inspirasi, inovasi, dan kemandirian peserta didik.

Sekian, terima kasih
In reply to First post

Re: latihan

by ADELLA SHALSABILA -
Nama : Adella Shalsabila
NPM : 2113053259
Kelas : 4E

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran adalah rencana yang menggambarkan proses dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai suatu kompetensi dasar. Prinsip-prinsip penyusunan RPP yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut.
1. Mempertimbangkan perbedaan individu siswa seperti kemampuan awal, tingkat intelektual, bakat, potensi, minat, motivasi belajar, keterampilan sosial, emosi, gaya belajar.
2. Menjamin seberapa aktif siswa berpartisipasi. Guru harus mencari strategi pembelajaran yang meningkatkan kinerja dan kemandirian siswa.
3. Pembuatan RPP untuk tahapan pembelajaran harus berpusat pada siswa. Menumbuhkan semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inspirasi, inovasi dan kemandirian.
4. Mengembangkan budaya membaca dan menulis yang bertujuan untuk mengembangkan kecintaan membaca, pemahaman tentang berbagai cara membaca, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan. Penyusunan RPP harus mencakup budaya literasi, khususnya dengan Program Asesmen Kompetensi Umum (AKM) yang merupakan bagian dari asesmen nasional.
5. Memberikan umpan balik dan pemantauan, termasuk rencana program untuk memberikan, memperkuat, memperkaya dan mengoreksi umpan balik positif. Dalam hal ini penyusunan RPP meliputi bagaimana hasil belajar siswa akan dinilai atau dievaluasi.
6. Menekankan keterkaitan dan keterpaduan antara kompetensi dasar (KD), materi pembelajaran, aset pembelajaran, indikator kompetensi, penilaian dan materi pembelajaran. Intinya penyusunan RPP harus sinkron antara satu bagian dengan bagian yang lain dan berhubungan satu sama lain.
7. Menggunakan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis dan efektif sebagaimana mestinya.
In reply to First post

Re: latihan

by NOVITA ANGGARWATI -
Nama : Novita Anggarwati
NPM : 2113053200

menjelaskan menggunakan bahasa sendiri tentang pengertian Rencana pelaksanaan pembelajaran dan tuliskan prinsip prinsip pembuatan RPP menurut bahasa mu sendiri....?

RPP merupakan rencana kegiatan pembelajaran yang memuat bebrapa pertemuan dalam jangka waktu yang telah telah ditentukan. RPP memuat KI, KD, tujuan pembelajaran, materi, langkah-langkah pembelajaran, sumber dan bahan ajar, metode dan model pembelajaran, dan lain sebagainya.
Prinsip penyusunan RPP, sebagai berikut:
1. Memahami perbedaan peserta didik.
2. Memusatkan pada peserta didik serta memberikan dorongan kepada peserta didik.
3. Memberikan umpan balik dan tindak lanjut pada peserta didik.
4. Menekankan pada keterkaitan dan keterpaduan antara Kompetensi Dasar (KD), materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar.
5. Penyusunan RPP disusun secara sederhana dan fleksibel.
6. RPP disusun mempertimbangkan penerapan teknologi informasi dan komikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dangan situasi dan kondisi.
In reply to First post

Re: latihan

by ADILLA DWI PUTRI LESTARI -
Nama : Adilla Dwi Putri Lestari
NPM : 2113053255

Izin menjawab bu, mengenai pertanyaan diatas yakni berdasarkan materi tersebut silahkan anda menjelaskan menggunakan bahasa sendiri tentang pengertian Rencana pelaksanaan pembelajaran dan tuliskan prinsip prinsip pembuatan RPP menurut bahasa mu sendiri....?

Jawab :
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah dokumen perencanaan yang dibuat oleh seorang guru untuk mengorganisir dan mengatur proses pembelajaran di kelas. RPP berisi gambaran rinci tentang tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, dan penilaian pembelajaran yang akan dilakukan dalam suatu periode pembelajaran.

Beberapa prinsip-prinsip penting dalam pembuatan RPP adalah:
1. Berbasis Standar Kompetensi
RPP harus didasarkan pada standar kompetensi yang telah ditetapkan oleh kurikulum, sehingga siswa dapat mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.
2. Mengacu pada Kompetensi Inti
RPP harus mengacu pada kompetensi inti yang harus dikuasai siswa, seperti kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan berkomunikasi.
3. Adaptif dan Fleksibel
RPP harus mampu disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan siswa, serta faktor-faktor lain yang mempengaruhi pembelajaran, seperti kondisi kelas dan lingkungan.
4. Terintegrasi dan Terkoordinasi
RPP harus terintegrasi dengan materi pembelajaran lainnya dan terkoordinasi dengan rencana pembelajaran yang lebih luas, seperti rencana pembelajaran tahunan atau semesteran.
5. Menggunakan Metode Pembelajaran yang Beragam
RPP harus mengintegrasikan berbagai metode pembelajaran yang beragam, seperti ceramah, diskusi, simulasi, dan praktikum, untuk memfasilitasi proses pembelajaran yang efektif dan menyenangkan.
6. Menekankan pada Aspek Penilaian
RPP harus menekankan pada aspek penilaian, sehingga guru dapat mengevaluasi kemampuan siswa dan memperbaiki proses pembelajaran di masa depan.

Dalam keseluruhan, RPP harus dirancang dengan baik agar dapat mengoptimalkan proses pembelajaran dan membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan oleh kurikulum.

Sekian, terimakasih
In reply to First post

Re: latihan

by MIFTAHUL ZANNAH RAHARJO PUTRI -
Nama : Miftahul Zannah Raharjo Putri
NPM : 2113053174

Izin menjawab bu.

Menurut saya Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau yang biasa disebut RPP, merupakan rancangan langkah-langkah pembelajaran yang dibuat secara runtun yang dibuat untuk satu kali tatap muka atau pembelajaran. Tentunya dalam membuat RPP harus memperhatikan banyak hal, seperti karakteristik peserta didik, fasilitas yang ada, serta muatan apa yang ingin di sampaikan.

Pada kurikulum 2013 (Kurtilas) seorang pendidik dalam penyusunan RPP hendaknya memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut;
1) Perbedaan individual peserta didik,
2) Partisipasi aktif peserta didik,
3) Berpusat pada peserta didik,
4) Pengembangan budaya membaca dan menulis,
5) Pemberian umpan balik dan tindak lanjut,
6) Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar,
7) Mengakomodasi pembelajaran tematik terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya,
8) Penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.

Sekian, terima kasih bu.
In reply to First post

Re: latihan

by Ella septiani 2113053054 -
Nama: Ella Septiani
NPM: 2113053054

Sebelumnya izin menjawab terkait tentang pengertian Rencana pelaksanaan pembelajaran dan tuliskan prinsip prinsip pembuatan RPP .
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu kali pertemuan atau lebih.Rencana pelaksanaan pembelajaran, atau disingkat RPP, adalah pegangan seorang guru dalam mengajar di dalam kelas. RPP dibuat oleh guru untuk membantunya dalam mengajar agar sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar pada hari tersebut.
Prinsip Umum Penyusunan RPP
Prinsip-Prinsip Penyusunan RPP yang perlu diperhatikan dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah sebagai berikut.

1. Mempertimbangkan perbedaan individual siswa, seperti kemampuan awal, tingkat intelektual, bakat, potensi, minat, motivasi belajar, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, latar belakang budaya, norma, nilai, dan lingkungan siswa.

2. Memperhatikan partisipasi aktif siswa. Dalam menyusun RPP, guru perlu memperhatikan bagaimana partisipasi aktif siswa.

Apakah keaktifan siswa dalam pembelajaran di satu kelas sangat kurang atau cenderung pasif? Jika demikian, guru perlu memperhatikan bagaimana strategi pembelajaran yang meningkatkan keaktifan siswa dan kemandirian siswa.

3. Penyusunan RPP pada langka-langkah pembelajaran harus berpusat pada siswa. Supaya mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inspirasi, inovasi, dan kemandirian.

4. Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan. Penyusunan RPP perlu memasukan budaya literasi, terlebih adanya program Asesmen Kompetensi Umum (AKM) yang menjadi salah satu bagian dari Asesmen Nasional.

5. Pemberian umpan balik dan tindak lanjut, memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remidi. Dalam hal ini, penyusunan RPP memuat bagaimana asesmen atau penilaian terhadap hasil belajar siswa.

6. Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara Kompetensi Dasar (KD), materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar. Maksudnya adalah penyusunan RPP harus sinkron dari satu bagian ke bagian lainnya dan saling berkaitan.

7. Mengakomodasi pembelajaran tematik terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya. Penyusunan RPP jenis ini biasanya ditemui dalam jenjang PAUD dan SD, yang menggunakan pendekatan tematik. Jika guru akan menggunakan tematik, guru harus dapat mengaitkan dan memadukan isi dari mata pelajaran lain dengan lainnya.

8. Penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi. Dalam penyusunan RPP memuat penggunaan teknologi, sederhananya seperti menampilkan video dari Youtube, PPT, penggunaan Zoom lainnya.

Sekian terimakasih
In reply to First post

Re: latihan

by IRHAN ADITYA -
Nama: Irhan Aditya
Npm: 2113053183

Izin untuk memberikan jawaban bu
Rencana Perencanaan Pembelajaran atau sering di singkat dengan RPP, merupakan rancangan atau rencana yang akan di lakukan ketika pembelajaran di kelas, tujuan utamanya adalah agar pembelajaran dapat di laksanakan dengan maksimal dan terstruktur dengan baik, RPP ini terdiri dari tema, subtema, pembelajaran, kompetensi inti, kompetensi dasar, model, metode, tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran.

Dalam menyusun RPP terdapat Prinsip-prinsip, diantaranya dalam Kompetensi dasar harus memperhatikan Kesesuaiannya dengan tema, subtema, pembelajaran ke berapa, dan yang paling penting adalah KD atau Kompetensi dasar tersebut dalam menentukan indikator harus berkesinambungan serta efektif, begitupun dengan model pembelajaran dan metode pembelajaran yang di gunakan harus memperhatikan kondisi, kebutuhan dan pasti di usahakan berpusat kepada peserta didik.
In reply to First post

Re: latihan

by Aminata Zuhriyah -
Nama: Aminata Zuhriyah
NPM: 2113053067

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan sebuah dokumen yang penting yang disusun oleh pendidik sebagai panduan atau acuan dalam melaksanakan proses pembelajaran di kelas. RPP didalamnya menggambarkan langkah-langkah atau strategi yang akan dilakukan oleh pendidik untuk mencapai tujuan pembelajaran dan mencakup beberapa aspek, seperti tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, evaluasi, dan indikator keberhasilan. RPP biasanya disusun berdasarkan standar kompetensi dan kompetensi dasar yang diatur oleh kurikulum. Sebagai seorang pendidik harus memiliki acuan atau panduan dalam proses pembelajaran dikelas. Jika tidak memiliki RPP sebagai pegangan pendidik, pendidik tidak akan memperoleh tujuan pembelajaran yang sebenarnya.

Adapun prinsip-prinsip pembuatan RPP adalah sebagai berikut:

Memperhatikan standar kompetensi dan kompetensi dasar: RPP harus disusun berdasarkan standar kompetensi dan kompetensi dasar yang telah ditetapkan dalam kurikulum. Jadi RPP tidak disusun secara asal-asalan, tetapi ada prosedur yang harus diikuti langkah-langkahnua sehingga memperoleh hasil RPP yang bagus untuk diterapkan.

Menentukan tujuan pembelajaran yang jelas: Tujuan pembelajaran harus spesifik, terukur, dan terkait dengan standar kompetensi yang diharapkan.

Memilih materi pembelajaran yang sesuai: Materi pembelajaran harus relevan dengan standar kompetensi dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik. Materi ini bisa disesuaikan dengan buku pegangan pendidik. Materi pun harus disesuaikan dengan tingkat kelas dan cara memahami mereka.

Memilih metode pembelajaran yang tepat: Metode pembelajaran harus dipilih dengan memperhatikan karakteristik peserta didik dan materi pembelajaran yang disampaikan. Metode ini harus bisa diterapkan ke semua peserta didik, tidak hanya satu peserta didik saja.

Menyusun evaluasi yang sesuai: Evaluasi harus disusun dengan memperhatikan tujuan pembelajaran dan dapat memperlihatkan tingkat pencapaian kompetensi peserta didik.

Mengadopsi pendekatan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik: RPP harus dapat memperhatikan kebutuhan dan karakteristik peserta didik sebagai pusat pembelajaran.

Dengan mengikuti prinsip-prinsip tersebut, pendidik dapat menyusun RPP yang efektif dan dapat mendukung tercapainya tujuan pembelajaran yang diinginkan. RPP juga dapat menjadi alat bantu yang berguna bagi pendidik dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi proses pembelajaran di kelas.

Terima kasih.
In reply to First post

Re: latihan

by Ririn Dwiyanti -
Nama : Ririn Dwiyanti
Npm : 2153053044

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu kali pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dalam silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai kompetensi dasar (KD).
prinsip prinsip RPP :
1. Memperhatikan Perbedaan Individu Peserta Didik
RPP disusun dengan memperhatikan perbedaan kemampuan awal, tingkat intelektual, minat, motivasi belajar, bakat, potensi, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan peserta didik.
2. Berpusat Pada Peserta Didik
Guru yang menerapkan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik pertama-tama memperlakukan siswa sebagai subyek didik atau pembelajar.
3. Berbasis Konteks
Pembelajaran berbasis konteks dapat terwujud apabila guru mampu mengidentifikasi dan memanfaatkan berbagai sumber belajar lokal (setempat), guru mengenal situasi dan kondisi sosial ekonomi peserta didik, mengenal dan mengedepankan budaya atau nilai-nilai kearifan lokal, tanpa kehilangan wawasan global.
4. Berorientasi Kekinian
Ini adalah pembelajaran yang berorientasi pada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dan nilai-nilai kehidupan masa kini.
5. Mengembangkan Kemandirian Belajar
Guru yang mengembangkan kemandirian belajar (siswa) selalu akan berusaha agar pada akhirnya siswa berani mengemukakan pendapat atau inisiatif dengan penuh percaya diri.
6. Memberi Umpan Balik dan Tindak Lanjut Pembelajaran
RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.

sekian, Terimakasih bu
In reply to First post

Re: latihan

by MUHAMMAD SYEKI RABIANSYAH -
Nama :Muhammad Syeki Rabiansyah
NPM : 2113053252

RPP adalah dokumen yang digunakan oleh guru sebagai panduan dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran di kelas. Isinya mencakup tujuan pembelajaran, materi, metode, media, penilaian, dan langkah-langkah yang akan diambil oleh guru.

Beberapa prinsip pembuatan RPP meliputi:

1. Keterpaduan: RPP harus mengintegrasikan tujuan, materi, metode, dan penilaian agar saling mendukung dalam mencapai tujuan pembelajaran.

2. Berpusat pada peserta didik: RPP harus memperhatikan kebutuhan dan karakteristik peserta didik. Guru harus memilih strategi pembelajaran yang sesuai untuk memfasilitasi pemahaman dan perkembangan mereka.

3. Relevansi: RPP harus relevan dengan kehidupan peserta didik. Guru perlu menghubungkan materi pembelajaran dengan konteks kehidupan sehari-hari agar peserta didik melihat nilai dan relevansinya.

4. Fleksibilitas: RPP harus memungkinkan fleksibilitas dalam penyampaian materi pembelajaran. Guru harus mempertimbangkan gaya belajar yang berbeda dan siap untuk menyesuaikan pendekatan pembelajaran jika diperlukan.

5. Progresivitas: RPP harus memperhatikan progresivitas pembelajaran dengan tingkat kesulitan yang disesuaikan dengan kemampuan peserta didik. Materi pembelajaran disusun secara bertahap, dari yang mudah ke kompleks, agar peserta didik dapat mengembangkan pemahaman yang mendalam.

6. Evaluasi yang berkelanjutan: RPP harus mencakup strategi penilaian yang berkelanjutan dan komprehensif. Guru perlu memilih metode penilaian yang relevan dan memberikan umpan balik yang konstruktif kepada peserta didik.

7. Kolaborasi dan partisipasi: RPP dapat melibatkan kolaborasi dan partisipasi peserta didik dalam proses pembelajaran. Guru harus mendorong partisipasi aktif, memfasilitasi diskusi dan kerja kelompok, serta memberikan ruang bagi peserta didik untuk berbagi ide dan pengalaman.

Prinsip-prinsip ini membantu guru dalam menyusun RPP yang efektif dan relevan, sehingga dapat mendukung pencapaian tujuan pembelajaran dan perkembangan optimal peserta didik.

Sekian dari saya terimakasih
In reply to First post

Re: latihan

by MUTHIAH MUALIMAH -
Nama : Muthiah Mualimah
Npm : 2113053284

izin menjawab bu,

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah dokumen yang dibuat oleh seorang guru sebagai panduan untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas. RPP menggambarkan secara rinci langkah-langkah yang akan diambil oleh guru dalam mengajar agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan efektif.

Prinsip-prinsip pembuatan RPP mencakup beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penyusunan dokumen tersebut. Berikut adalah penjelasan prinsip-prinsip tersebut:

Tujuan Pembelajaran: RPP harus memuat tujuan pembelajaran yang jelas dan spesifik. Tujuan pembelajaran menjelaskan hasil yang diharapkan dari kegiatan pembelajaran tersebut, baik dari segi pengetahuan, keterampilan, sikap, maupun nilai-nilai yang ingin dicapai oleh siswa.

Pendekatan Pembelajaran: RPP harus memuat pendekatan pembelajaran yang akan digunakan oleh guru. Pendekatan ini mencakup strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang akan diterapkan untuk memfasilitasi pemahaman dan pencapaian tujuan pembelajaran oleh siswa.

Materi Pembelajaran: RPP harus mencakup materi pembelajaran yang akan disampaikan kepada siswa. Materi ini harus relevan dengan tujuan pembelajaran dan disusun secara sistematis agar mudah dipahami oleh siswa.

Sumber Belajar: RPP harus mencantumkan sumber belajar yang akan digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Sumber belajar dapat berupa buku teks, referensi, media pembelajaran, atau sumber belajar lainnya yang mendukung proses pembelajaran.

Penilaian Pembelajaran: RPP harus mencakup metode penilaian yang akan digunakan untuk mengevaluasi pencapaian tujuan pembelajaran oleh siswa. Metode penilaian dapat berupa tes, tugas, proyek, atau instrumen penilaian lainnya yang sesuai dengan konteks pembelajaran.

Langkah Pembelajaran: RPP harus merinci langkah-langkah pembelajaran yang akan dilakukan oleh guru. Langkah-langkah ini mencakup kegiatan awal, inti, dan penutup pembelajaran serta strategi pengelolaan kelas yang akan diterapkan oleh guru.

Adaptasi dan Diferensiasi: RPP harus mencerminkan upaya adaptasi dan diferensiasi pembelajaran untuk memenuhi kebutuhan dan karakteristik siswa secara individual. Guru perlu mempertimbangkan perbedaan kemampuan, minat, dan gaya belajar siswa dalam menyusun RPP.

Waktu Pembelajaran: RPP harus memuat estimasi waktu yang diperlukan untuk setiap kegiatan pembelajaran. Waktu ini harus disesuaikan dengan alokasi waktu yang tersedia dalam jadwal pembelajaran.

Penggunaan Teknologi: RPP dapat mencakup penggunaan teknologi dalam pembelajaran, jika relevan. Penggunaan teknologi dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan mengaktifkan partisipasi siswa.

Prinsip-prinsip tersebut harus menjadi panduan bagi guru dalam menyusun RPP agar pembelajaran dapat dilaksanakan dengan baik, efektif, dan efisien.

sekian terimakasih bu
In reply to First post

Re: latihan

by Ditya Aslamiyah Ditya Aslamiyah -
Nama : Ditya Aslamiyah
NPM : 2113053291
Izin menjawab, bu
Rencana pelaksanaan pembelajaran adalah rencana atau rancangan kegiatan pembelajaran yang dilakukan secara tatap muka atau pun melalui daring dalam 1 kali pertemuan. Adapun prinsip-prinsip RPP, yaitu:
1. Mempertimbangkan perbedaan individual siswa, seperti kemampuan awal, tingkat intelektual, bakat, potensi, minat, motivasi belajar, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, latar belakang budaya, norma, nilai, dan lingkungan siswa.
2. Memperhatikan partisipasi aktif siswa. Dalam menyusun RPP, guru perlu memperhatikan bagaimana partisipasi aktif siswa
3. Penyusunan RPP pada langka-langkah pembelajaran harus berpusat pada siswa. Supaya mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inspirasi, inovasi, dan kemandirian.
4. Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan. Penyusunan RPP perlu memasukan budaya literasi, terlebih adanya program Asesmen Kompetensi Umum (AKM) yang menjadi salah satu bagian dari Asesmen Nasional.
5. Pemberian umpan balik dan tindak lanjut, memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remidi. Dalam hal ini, penyusunan RPP memuat bagaimana asesmen atau penilaian terhadap hasil belajar siswa.
6. Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara Kompetensi Dasar (KD), materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar. Maksudnya adalah penyusunan RPP harus sinkron dari satu bagian ke bagian lainnya dan saling berkaitan.
7. Mengakomodasi pembelajaran tematik terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya. Penyusunan RPP jenis ini biasanya ditemui dalam jenjang PAUD dan SD, yang menggunakan pendekatan tematik. Jika guru akan menggunakan tematik, guru harus dapat mengaitkan dan memadukan isi dari mata pelajaran lain dengan lainnya.
8. Penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi. Dalam penyusunan RPP memuat penggunaan teknologi, sederhananya seperti menampilkan video dari Youtube, PPT, penggunaan Zoom lainnya.
9. Penyusunan RPP harus efisien. Ini berarti penulisan RPP harus dilakukan dengan tepat dan tidak banyak menghabiskan waktu dan tenaga.
10. Penyususan RPP harus efektif. Maksudnya penulisan RPP dilakukan untuk mencapai tujuan pembelajaran.
11. Penyusunan RPP harus berorientasi pada peserta didik, yang berarti penulisan RPP dilakukan dengan mempertimbangkan kesiapan, ketertarikan, dan kebutuhan belajar pesertadidik di kelas, sehingga nantinya dapat meningkatkan minat belajar peserta didik.