Hasil penelitian menyimpulkan ada interaksi antara format buku dengan gaya belajar siswa. Diskusikan konsekuensi dari temuan tersebut terhadap proses pembelajaran.
Izin berdiskusi Prof, jika hasil penelitian menyimpulkan ada interaksi antara format buku dengan gaya belajar siswa dilihat dari tabel hasil uji two way anova dan juga grafik Estimated marginal means. Hasil penelitian tersebut memberikan indikasi bahwa gaya belajar siswa dapat pula ditingkatkan jika terjadi hubungan timbal balik antara penggunaan format buku yang dapat memfasilitasi ketiga gaya belajar tersebut. Konsekuensi dari temuan tersebut terhadap proses pembelajaran adalah pendidik perlu memperhatikan bagaimana interaksi tersebut terjadi sehingga pendidik perlu melakukan pemanfaatan format buku yang sifatnya kompleks baik dari visual, audio maupun penggabungan keduanya.Maka dapat disimpulkan bahwa, dalam penggunaan format buku sebaiknya seorang pendidik memperhatikan jenis gaya belajar siswa.
Saya setuju dengan pendapat Delis. Selain itu, diharapkan pendidik dapat berinovasi menggunakan berbagai media pembelajaran yang disesuaikan dengan memperhatikan berbagai macam gaya belajar peserta didik untuk menunjang kegiatan belajar peserta didik, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar. Jika terdapat adanya perbedaan gaya belajar peserta didik dikelas, maka solusi yang diberikan yaitu pendidik harus dapat menerapkan media pembelajaran yang digunakan diselaraskan dengan kebutuhan peserta didik, karna setiap peserta didik memiliki keragaman gaya belajarnya masing-masing dan peran pendidik harus peka dan menyadari hal tersebut.
Izin berdiskusi prof. Berdasarkan hasil yang kami peroleh dapat disimpulkan bahwa terdapat interaksi antar variabel. Peserta didik yang memiliki gaya belajar kinestetik memiliki hasil belajar yang lebih tinggi dari gaya belajar auditory dan visual dengan menggunakan buku digital interaktif. Sedangkan peserta didik yang memiliki gaya belajar visual memiliki hasil belajar yang lebih tinggi dari gaya belajar auditory dan kinestetik. Konsekuensi dari temuan tersebut terhadap proses pembelajaran bahwa format buku dengan gaya belajar yang berbeda memberikan pemahaman yang berbeda pula dan berdampak pada hasil belajar. Oleh karena itu, pendidik menggunakan format buku dalam proses pembelajaran harus memperhatikan gaya belajar dari peserta didiknya.
Sebagai balasan Agus Suyatna
Re: DISKUSI KASUS INTERAKSI
Izin berdiskusi
Jika hasil penelitian menyimpulkan ada interaksi antara format buku dengan gaya belajar siswa, maka guru harus memperhatikan format buku yang mana yang cocok dan dapat memfasilitasi belajar siswa dengan macam-macam gaya belajarnya yang berbeda baik siswa yang memiliki gaya belajar audiovisual, kinestetik, maupun visual.
Jika hasil penelitian menyimpulkan ada interaksi antara format buku dengan gaya belajar siswa, maka guru harus memperhatikan format buku yang mana yang cocok dan dapat memfasilitasi belajar siswa dengan macam-macam gaya belajarnya yang berbeda baik siswa yang memiliki gaya belajar audiovisual, kinestetik, maupun visual.
Izin berdiskusi Prof. Saya sependapat dengan mbak Nanda Wiguna, jika hasil penelitian menyimpulkan adanya interaksi antara format buku dengan gaya belajar siswa, maka guru harus memperhatikan format buku yang mana yang cocok dan dapat memfasilitasi belajar siswa dengan macam-macam gaya belajarnya yang berbeda baik siswa yang memiliki gaya belajar audiovisual, kinestetik, maupun visual. Dengan begini diharapkan tujuan dalam pembelajaran dapat tercapai dengan baik.
Izin berdiskusi prof. Berdasarkan hasil yang kami peroleh dapat disimpulkan bahwa terdapat interaksi antara format buku dan gaya belajar terhadap hasil belajar. Peserta didik yang mempunyai gaya belajar kinestetik memiliki hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan peserta didik yang mempunyai gaya belajar auditory dan visual dengan menggunakan buku digital interaktif. Sedangkan peserta didik yang mempunyai gaya belajar visual memiliki hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan peserta didik yang mempunyai gaya belajar auditory dan kinestetik. Konsekuensi dari temuan ini terhadap proses pembelajaran adalah format buku dan gaya belajar yang berbeda dapat memberikan pemahaman yang berbeda dan berdampak pada hasil belajar. Oleh karena itu, ketika pendidik ingin menggunakan format buku dalam proses pembelajaran harus memperhatikan gaya belajar dari peserta didiknya.
jika hasil penelitian menyimpulkan ada interaksi antara format buku dengan gaya belajar siswa maka akan terjadi hubungan timbal balik antara penggunaan format buku yang dapat memfasilitasi ketiga gaya belajar, maka hasil penelitian tersebut memberikan indikasi bahwa gaya belajar siswa juga dapat ditingkatkan. Konsekuensi dari temuan tersebut adalah bahwa format buku dengan gaya belajar yang berbeda memberikan pemahaman yang berbeda pada hasil belajar siswa. Oleh karena itu, pendidik yang menggunakan format buku dalam proses pembelajaran harus memperhatikan gaya belajar dari peserta didiknya.
Izin mengikuti diskusi prof dan teman teman semua. Jika hasil penelitian menyimpulkan ada interaksi antara format buku dengan gaya belajar siswa memberikan indikasi bahwa gaya belajar siswa dapat ditingkatkan jika terjadi hubungan timbal balik antara penggunaan format buku yang dapat memfasilitasi ketiga gaya belajar tersebut. Sehingga konsekuensi dari temuan tersebut terhadap proses pembelajaran adalah pendidik perlu memperhatikan bagaimana interaksi tersebut terjadi sehingga pendidik perlu melakukan pemanfaatan format buku yang sifatnya kompleks baik dari visual, audio maupun penggabungan keduanya. Artinya, dalam penggunaan format buku seorang pendidik perlu memperhatikan perbedaan gaya belajar siswa.
Assalamualaikum, izin mengikuti diskusi Prof
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, ada interaksi antara bentuk media pembelajaran dengan gaya belajar siswa. Hal ini dapat disimpulkan dari hasil analisis data dengan uji ANOVA jika menunjukkan Fhitung > Ftabel dengan taraf signifikansi 0,05.
Konsekuensi dari temuan tersebut terhadap pelaksanaan atau praktek pembelajaran di kelas, sebagai berikut:
Terdapat interaksi antara media pembelajaran dengan gaya belajar siswa dilihat dari hasil belajar. Penerapan media belajar memberikan dampak yang berbeda bagi siswa dengan gaya belajar visual dan siswa dengan gaya belajar auditori. Temuan ini memberikan gambaran yang jelas pada dampak antara faktor-faktor utama yang turut mendukung perolehan hasil belajar peserta didik. Penerapan media belajar yang seharusnya menjadi pilihan bagi para guru di era digital ini hendaklah juga mempertimbangkan varian gaya belajar siswa. Sebab siswa dengan gaya belajar visual memiliki cara yang berbeda dengan siswa dengan gaya belajar auditori. Kondisi hereditas ini harus menjadi pertimbangan bagi guru sehingga proses pembelajaran yang dilaksanakannya di sekolah berjalan efektif dan efisien. Jika memungkinkan dalam pembagian kelas di sekolah jangan hanya berdasarkan prestasi atau perengkingan semata, tetapi pembagian kelas dapat juga didasarkan pada jenis gaya belajar siswa. Hal tersebut disarankan agar guru dapat memilih beberapa media pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar yang disesuaikan dengan jenis gaya belajar siswa dalam kelas, karena dengan pemanfaatan media pembelajaran yang tepat sesuai dengan kebutuhan siswa maka dapat dipastikan tercipta suasana belajar yang kondusif, dengan demikian hasil yang akan diperoleh siswa akan memuaskan semua pihak.
Terimakasih
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, ada interaksi antara bentuk media pembelajaran dengan gaya belajar siswa. Hal ini dapat disimpulkan dari hasil analisis data dengan uji ANOVA jika menunjukkan Fhitung > Ftabel dengan taraf signifikansi 0,05.
Konsekuensi dari temuan tersebut terhadap pelaksanaan atau praktek pembelajaran di kelas, sebagai berikut:
Terdapat interaksi antara media pembelajaran dengan gaya belajar siswa dilihat dari hasil belajar. Penerapan media belajar memberikan dampak yang berbeda bagi siswa dengan gaya belajar visual dan siswa dengan gaya belajar auditori. Temuan ini memberikan gambaran yang jelas pada dampak antara faktor-faktor utama yang turut mendukung perolehan hasil belajar peserta didik. Penerapan media belajar yang seharusnya menjadi pilihan bagi para guru di era digital ini hendaklah juga mempertimbangkan varian gaya belajar siswa. Sebab siswa dengan gaya belajar visual memiliki cara yang berbeda dengan siswa dengan gaya belajar auditori. Kondisi hereditas ini harus menjadi pertimbangan bagi guru sehingga proses pembelajaran yang dilaksanakannya di sekolah berjalan efektif dan efisien. Jika memungkinkan dalam pembagian kelas di sekolah jangan hanya berdasarkan prestasi atau perengkingan semata, tetapi pembagian kelas dapat juga didasarkan pada jenis gaya belajar siswa. Hal tersebut disarankan agar guru dapat memilih beberapa media pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar yang disesuaikan dengan jenis gaya belajar siswa dalam kelas, karena dengan pemanfaatan media pembelajaran yang tepat sesuai dengan kebutuhan siswa maka dapat dipastikan tercipta suasana belajar yang kondusif, dengan demikian hasil yang akan diperoleh siswa akan memuaskan semua pihak.
Terimakasih