Forum Analisis Soal

Forum Analisis Soal

Forum Analisis Soal

Jumlah balasan: 7

Tujuan Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi, Ketahui 4 Landasannya

Liputan6.com, Jakarta Tujuan pendidikan Pancasila dipelajari oleh mahasiswa di seluruh Indonesia. Pendidikan Pancasila merupakan salah satu mata kuliah wajib yang selalu ada di universitas. Ketentuan ini berdasarkan Pasal 35 Ayat 5 Undang-undang No.12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.

Pasal tersebut menyatakan bahwa kurikulum pendidikan tinggi wajib memuat mata kuliah pendidikan agama, pendidikan Pancasila, pendidikan kewarganegaraan, dan bahasa Indonesia. Dengan kata lain, pendidikan Pancasila adalah pendidikan ideologi di Indonesia.

Tujuan pendidikan Pancasila dapat membentuk warga negara yang baik dan paham akan hak dan kewajibannya sebagai warga negara serta memiliki rasa cinta dan nasionalisme terhadap negara Indonesia.

Berikut Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber tujuan pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi disertai dengan landasan pendidikan Pancasila, Jumat (19/3/2021).

Untuk mengetahui tujuan pendidikan Pancasila, perlu pahami dulu landasan pendidikan Pancasila. Terdapat empat landasan pendidikan Pancasila yaitu landasan historis, landasan kultural, landasan yuridis, dan landasan filosofis. Berikut penjelasannya:

1. Landasan Historis

Landasan Historis adalah fakta-fakta sejarah yang dijadikan dasar bagi pengembangan pendidikan Pancasila, baik menyangkut formulasi tujuan, pengembangan materi, rancangan model pembelajaran, dan evaluasinya.

Berdasarkan landasan historis, pancasila dirumuskan dan memiliki tujuan yang dipakai sebagai dasar Negara Indonesia. Proses perumusannya diambil dari nilai-nilai pandangan hidup masyarakat.

Fakta historis tersebut membentang mulai dari kehidupan prasejarah, sejarah Indonesia lama, masa kejayaan nasional, perjuangan bangsa Indonesia melawan sistem penjajahan, proklamasi kemerdekaan, hingga perjuangan mempertahankan dan mengisi kemerdekaan Indonesia.

2. Landasan Kultural

Landasan kultural adalah pengembangan pendidikan Pancasila didasarkan atas nilai-nilai yang diagungkan, dan karenanya disepakati dalam kehidupan nasional. Pancasila merupakan salah satu pencerminan budaya bangsa, sehingga harus diwariskan ke generasi penerus.

Secara kultural unsur-unsur Pancasila terdapat pada adat istiadat, tulisan, bahasa, slogan, kesenian, kepercayaan, agama, dan kebudayaan Indonesia secara umum. Pendidikan Pancasila memelihara dan mengembangkan nilai-nilai Pancasila yang telah dan terus disepakati tersebut.

3. Landasan Yuridis

Landasan Yuridis menyangkut aturan perundang-undangan yang mendasari pelaksanaan Pendidikan Pancasila. Pancasila secara yuridis konstitusional telah secara formal menjadi dasar negara sejak dituangkannya rumusan Pancasila dalam pembukaan UUD 1945.

Secara hierarkis, landasan yuridis dapat ditelusuri dari UUD 1945, Ketetapan MPR, Undang-undang, Peraturan Pemerintah, Keputusan Menteri, Keputusan Direktur Jenderal, dan lain-lain.

4. Landasan Filosofis

Landasan filosofis adalah penggunaan hasil-hasil pemikiran filsafat Pancasila untuk mengembangkan Pendidikan Pancasila. Secara praktis nilai-nilai tersebut berupa pandangan hidup (filsafat hidup) berbangsa.

Pancasila yang merupakan filsafat negara harus menjadi sumber bagi segala tindakan para penyelenggara negara, menjadi jiwa dari perundang-undangan yang berlaku bagi kehidupan berbangsa dan bernegara.

Tujuan pendidikan Pancasila menurut UU No. 2 Tahun 1989 tentang sistem Pendidikan Nasional yang juga tercantum di dalam SK Dirjen Dikti. No.38/DIKTI/Kep/2003, ialah guna menunjukan arah tujuan pada moral dan diharapkan dapat terealisasi di kehidupan bermasyarakat setiap hari.

Yakni tingkah laku yang memperlihatkan iman serta taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa (keyakinannya masing-masing), bertingkah-laku kerakyatan dengan selalu mendahulukan kepentingan umum. Tujuan pendidikan Pancasila menjadi sebuah sarana dalam mengerti, memahami, serta mendalami makna Pancasila sebagai kepribadian bangsa Indonesia.

Mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dalam bermasyarakat amat penting. Hal ini sesuai dengan cita-cita serta tujuan nasional yang tercantum dalam Pembukaan UUD 1945. Tujuan pendidikan Pancasila secara umum diantaranya:

1. Memiliki keimanan serta ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

2. Memiliki sikap kemanusiaan yang adil juga beradab kepada orang lain dengan selalu memiliki sikap tenggang rasa di tengah kemajemukan bangsa.

3. Menciptakan persatuan bangsa dengan tidak bertindak anarkis yang dapat menjadi penyebab lunturnya Bhinneka Tunggal Ika di tengah masyarakat yang memiliki keberagaman kebudayaan.

4. Menciptakan sikap kerakyatan yang mendahulukan kepentingan umum dan mengutamakan musyawarah untuk mencapai keadaan yang mufakat.

5. Memberikan dukungan sebagai cara menciptakan keadaan yang berkeadilan sosial dalam masyarakat.

Tujuan pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi adalah untuk:

1. Memperkuat Pancasila sebagai dasar falsafah negara dan ideologi bangsa melalui revitalisasi nilai-nilai dasar Pancasila sebagai norma dasar kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

2. Agar mahasiswa dapat mengembangkan karakter manusia Pancasilais dalam pemikiran, sikap, dan tindakan. 

3. Memberikan pemahaman dan penghayatan atas jiwa dan nilai-nilai dasar Pancasila kepada mahasiswa sebagai warga negara Republik Indonesia, serta membimbing untuk dapat menerapkannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

4. Mempersiapkan mahasiswa agar mampu menganalisis dan mencari solusi terhadap berbagai persoalan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara melalui sistem pemikiran yang berdasarkan nilai-nilai Pancasila dan UUD RI Tahun 1945.

5. Membentuk sikap mental mahasiswa yang mampu mengapresiasi nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan, kecintaan pada tanah air dan kesatuan bangsa, serta penguatan masyarakat madani yang demokratis, berkeadilan, dan bermartabat berlandaskan Pancasila, untuk mampu berinteraksi dengan dinamika internal dan eksternal masyarakat bangsa Indonesia. (Derektorat, 2013)

https://hot.liputan6.com/read/4510238/tujuan-pendidikan-pancasila-di-perguruan-tinggi-ketahui-4-landasannya

Analisis soal

1. Apakah hubungannya Pendidikan Pancasila dengan kehidupan berbangsa dan bernegara dan bagaimana urgensinya bagi mahasiswa atau generasi muda?

2. Apakah hal yang paling pokok untuk dipelajari dari pendidikan Pancasila dalam menghadapi perubahan dan manfaatnya dalam menghadapi masa depan?

3. Jelaskan apa sajakah yang menjadi  faktor penghambat dan penunjang diberlakukannya pendidikan Pancasila di perguruan tinggi!

4. Bagaimanakah yang dimaksud dengan relasi antara pendidikan Pancasila dengan program studi/jurusan anda dan tujuan negara mencerdaskan kehidupan bangsa?



Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Soal

oleh Faisal amri -
1. Pancasila merupakan ideologi yang menjadi pendoman hidup dalam berbangsa dan bernegara. Sedangkan Pendidikan Pancasila penjabaran dari nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila. Dengan adanya Pendidikan Pancasila diharapkan mahasiswa atau generasi muda untuk mempelajari, memahami, dan mengamalkannya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Dengan begitu pendidikan pancasila sangat penting supaya dapat membantu tatanan sosial negara yang mencerminkan nilai-nilai pancasila.
2. Hal yang paling pokok yang dipelajari dari pendidikan pancasila ialah
A. Iman dan taqwa kepada Yang Maha Esa
B. Bersikap adil dan menyamaratakan derajat sesama manusia
C. Tidak egois dalam suatu kelompok sehingga mampu menghargai pendapat orang lain
D. Memiliki perilaku yang bermoral dan hormat kepada siapapun.
Adapun manfaat pancasila dalam menghadapi masa depan ialah untuk menanamkan karakter pancasila dalam diri, mempererat kesatuan berbangsa dan bernegara, serta sebagai warga negara memiliki hak dan kewajiban untuk memiliki rasa cinta tanah air terhadap negara Indonesia.
3. Faktornya ialah pemuda zaman sekarang sering kali menganggap enteng pendidikan pancasila, sehingga melupakan nilai-nilai yang terkandung di dalam pancasila. Padahal pancasila menjadi ideologi negara, dasar negara, sumber dari segala hukum dan perundang-undangan yang menjadi nafas eksistensi bagi bangsa Indonesia.
4. Relasi antara pendidikan pancasila dengan progam studi ialah menjadikan generasi muda yang memiliki rasa nasionalisme, dan mendidik menjadi generasi yang cerdas namun mempunyai jiwa pancasila dan bermoral yang baik.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Soal

oleh M. Faiz Althoriq Gasyari 2255031002 -
1. Pancasila merupakan ideologi yang menjadi pendoman hidup dalam berbangsa dan bernegara. Dengan adanya Pendidikan Pancasila diharapkan mahasiswa atau generasi muda untuk mempelajari, memahami, dan mengamalkannya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Dengan begitu pendidikan pancasila sangat penting supaya dapat membantu tatanan sosial negara yang mencerminkan nilai-nilai pancasila.
2. Hal yang paling pokok yang dipelajari dari pendidikan pancasila ialah
A. Iman dan taqwa kepada Yang Maha Esa
B. Bersikap adil dan menyamaratakan derajat sesama manusia
C. Tidak egois dalam suatu kelompok sehingga mampu menghargai pendapat orang lain
D. Memiliki perilaku yang bermoral dan hormat kepada siapapun.
Adapun manfaat pancasila dalam menghadapi masa depan ialah untuk menanamkan karakter pancasila dalam diri, mempererat kesatuan berbangsa dan bernegara, serta sebagai warga negara memiliki hak dan kewajiban untuk memiliki rasa cinta tanah air terhadap negara Indonesia.
3. Faktornya ialah pemuda zaman sekarang sering kali menganggap enteng pendidikan pancasila, sehingga melupakan nilai-nilai yang terkandung di dalam pancasila. Padahal pancasila menjadi ideologi negara, dasar negara, sumber dari segala hukum dan perundang-undangan yang menjadi nafas eksistensi bagi bangsa Indonesia dan bernegara
4. Relasi antara pendidikan pancasila dengan progam studi ialah menjadikan generasi muda yang memiliki rasa nasionalisme, dan mendidik menjadi generasi yang cerdas namun mempunyai jiwa pancasila dan bermoral yang baik pancasila juga berpedoman ketuhanan yang dimana kita harus memiliki keyakinan dan akhlak
Sebagai balasan M. Faiz Althoriq Gasyari 2255031002

Re: Forum Analisis Soal

oleh JOKO PRAMONO RAMADHANI 2215031007 -

NAMA : JOKO PRAMONO RAMADHANI

NPM : 2215031007

TE D

1. Bagaimanakah menurut pendapatmu mengenai kasus penolakan jenazah korban covid-19 yang terjadi di Jawa Tengah tersebut dan bagaimakah korelasinya dengan implementasi nilai Pancasila?

jawab : menurut saya hal seperti itu tudak seharusnya terjadi karena pada proses pengurusan jenazah sendiri sudah sesuai SOP danpasti si jenazah sudah diketahui identitasnya dan hal ini tidak sesuai dengan salah satu sila pancasila yaitu.

 berperikemanusiaan

2. Berikanlah saran dan solusi mu sebagai mahasiswa mengenai kejadian tersebut supaya tidak terulang lagi di kemudian hari!

jawab : Solusi yang bisa saya berikan ialah dengan melakukan inspeksi terlebih dahulu antara tim pengurus jenazah dan pihak warga agar tidak tetjadi hal serupa.

3. Apakah penolakan jenazah korban covid-19 termasuk pelanggaran sila Pancasila terutama sila ke-2? Bukankah jenazah tersebut sudah tidak bernyawa? Jelaskan dengan argumentasimu secara jelas!

jawab : sekalipun dia mati, dia pernah hidup sebagai manusia.

dan mati pula sebagai manusia.

Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Soal

oleh Mairani Listri Eka Putri 2215031016 -
Nama : Mairani Listri Eka Putri
Npm : 2215031016
Kelas : TE D
1. Pancasila sebagai ideologi negara dimana yang menjadi pedoman hidup berbangsa dan
Dan bernegara.dengan dipelajarinya pendidikan pancasila oleh mahasiswa maka dapat mengamalkan serta nilai nilai dasar dari pancasila tersebut

2.hal yang perlu dipelajari dari pendidikan pancasila ialah
A. Iman dan taqwa kepada tuhan yang maha esa
B. Menyetarakan kedudukan ,derajat sesama manusia ,serta bersikap adil
C. Tidak egois dan menghargai pendapat orang lain
D. Memiliki perilaku bermoral dan hormat kepada siapapun

3.Faktornya karena pemuda pemuda zaman sekarang menganggap pancasila sebagai suatu simbol negara dan mulai melupakan nilai nilai yang terkandung didalamnya .Padahal pancasila yang menjadi dasar negara dan sumber dari segala hukum dan perundang undangan adalah nafas bagi eksitensi bangsa Indonesia.

4.Relasi antara tujuan negaramencerdaskan kehidupan bangsa dan tujuan pendidikan pancasila adalah tidak lain untukmendidik generasi muda agar menjadi generasi muda yang cerdas , namun memiliki jiwapancasila ,dan memiliki moral yang baik.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Soal

oleh Bagus Bimantara -
Nama : BAGUS BIMANTARA
Npm : 2215031039
Kelas : TE D

1. Pancasila adalah ideologi yang menjadi pedoman seluruh warga Indonesia untuk berbangsa dan bernegara, Pendidikan Pancasila merupakan penjabaran dari nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila. Melalui pendidikan Pancasila, negara ingin membentuk tatanan sosial yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila.Urgensi pendidikan Pancasila di perguruan tinggi, yaitu agar mahasiswa tidak tercerabut dari akar budayanya sendiri dan agar mahasiswa memiliki pedoman atau kaidah penuntun dalam berpikir dan bertindak dalam kehidupan sehari-hari dengan berlandaskan nilai-nilai Pancasila.

2. Hal yang paling pokok yang dipelajari dari pendidikan pancasila ialah
A. Iman dan taqwa kepada Yang Maha Esa
B. Bersikap adil dan menyamaratakan derajat sesama manusia
C. Tidak egois dalam suatu kelompok sehingga mampu menghargai pendapat orang lain
D. Memiliki perilaku yang bermoral dan hormat kepada siapapun.
Adapun manfaat pancasila dalam menghadapi masa depan ialah untuk menanamkan karakter pancasila dalam diri, mempererat kesatuan berbangsa dan bernegara, serta sebagai warga negara memiliki hak dan kewajiban untuk memiliki rasa cinta tanah air terhadap negara Indonesia.

3.Faktornya karena pemuda pemuda zaman sekarang menganggap pancasila sebagai suatu simbol negara dan mulai melupakan nilai nilai yang terkandung didalamnya. Padahal pancasila yang menjadi dasar negara dan sumber dari segala hukum dan perundang undangan adalah nafas bagi eksitensi bangsa Indonesia.

4. Relasi antara pendidikan Pancasila dan program studi saya adalah Pendidikan Pancasila menjadikan saya untuk bertanggung jawab terhadap pengelolaan dan pemerdayaan listrik. Adapun pengaruhnya terhadap masa depan terkait perkembangan, teknologi akan semakin canggih akibat semakin cerdasnya kehidupan bangsa.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Soal

oleh ST.Krisna Nugroho 2215031071 -
Jawab:
1. Hubungan antara pendidikan Pancasila dengan kehidupan berbangsa dan bernegara adalah,
menciptakan warga negara yang berbudi luhur dan berakhlak mulia sesuai dengan sila-sila
dalam Pancasila. Serta menjadikan warga negara paham dengan hak dan kewajiban yang
dimilikinya. Peran pendidikan Pancasila sangatlah penting bagi generasi muda sekarang ini,
karena dengan adanya pendidikan Pancasila baik di sekolah maupun di perguruan tinggi, akan
menanamkan sikap cinta tanah air, patriotisme, dan jiwa nasionalis yang tinggi di zaman
sekarang ini dengan teknologi yang semakin canggih. Dengan begitu, generasi muda tidak
mudah terpengaruh dengan budaya luar. Dengan adanya pendidikan Pancasila, diharapkan
generasi muda dapat mengimplementasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dengan
kehidupan sehari-hari.
2. Hal yang paling pokok yang dapat dipelajari dari pendidikan Pancasila yaitu, ada 5 hal pokok yang
harus dipelajari dalam pendidikan Pancasila yang pertama, kita harus taat kepada Tuhan Yang
Maha Esa. Kedua, kita harus mengakui harkat, derajat, dan martabat manusia. Yang ketiga,
menanamkan sikap cinta tanah air, rela berkorban, toleransi, dan patriotisme. Yang keempat,
menghargai pendapat dari orang lain dan mampu menyelesaikan masalah dengan bermusyawarah. Yang kelima, mengembangkan sikap gotong-royong, tolong menolong antar
sesama, mempunyai perilaku yang adil, dan menghargai hak dari orang lain. Dengan kelima
pokok penting tersebut, kita dapat menjadikan pedoman nilai-nilai dari Pancasila untuk
mengahadapi perkembangan zaman yang semakin maju agar nilai-nilai dari Pancasila tidak
luntur dan tergerus oleh zaman.
3. Faktor penghambat dari pendidikan Pancasila di perguruan tinggi, adanya pendidikan Pancasila
di perguruan tinggi membuat mahasiswa akan cenderung menyepelekan mata kuliah tersebut.
Karena mereka akan berpikir bahwa selama kurang lebih 12 tahun, mereka sudah mempelajari
pendidikan Pancasila jadi apa gunanya untuk mempelajarinya lagi. Pikiran seperti itu adalah
perspektif yang salah, bukan hal berapa lama kita mempelajari pendidikan Pancasila tetapi
bagaimana kita menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan kita. Hal ini tidak terlepas dari
kesadaran mahasiswa akan pentingnya pendidikan Pancasila bagi dirinya. Faktor penunjang
pendidikan Pancasila di perguruan tinggi, adanya ketentuan yang mengatur bahwa kurikulum
pendidikan tinggi wajib memuat mata kuliah pendidikan agama, pendidikan Pancasila,
pendidikan kewarganegaraan, dan bahasa Indonesia. Ketentuan ini berdasarkan Pasal 35 Ayat 5
Undang-undang No.12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. Selain itu, adanya sarana dan
prasarana yang mendukung tentang pendidikan Pancasila di perguruan tinggi.
4. Relasi antara pendidikan Pancasila dengan jurusan Teknik Elektro, sesuai dengan
pengimplementasiannya pendidikan Pancasila dengan sila-sila Pancasila sesuai dengan
pekerjaan dari jurusan Teknik Elektro yaitu, kita harus bekerja dengan jujur, dapat dipercaya,
sepenuh hati dalam memberikan pelayanan, baik jasa maupun barang kepada masyarakat.
Selain Itu kita harus mempunyai sikap tolong menolong dan keadilan dalam menyuplai aliran
listrik ke daerah-daerah pelosok negeri. Sehingga masyarakat dapat merasakan energi listrik
untuk kehidupan yang lebih baik. Relasi pancasila dalam mencerdaskan kehidupan bangsa
adalah dengan menjadikan generasi muda yang mempunyai wawasan dan pengetahuan yang
luas, cerdas, kreatif, inovatif, dan kritis namun, mengedepankan jiwa nasionalisme dan budi
pekerti yang luhur untuk menjadikan generasi muda Indonesia yang bermoral dan beretika.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Soal

oleh Mohammad Aryo Widandi 2215031008 -
Nama : Mohammad Aryo Widandi
NPM : 2215031008
Kelas : PSTE-D

1. Pendidikan Pancasila sangat berhubungan erat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara karena tujuan dari Pendidikan Pancasila, yaitu dapat membentuk warga negara yang baik dan paham akan hak dan kewajibannya sebagai warga negara serta memiliki rasa cinta dan nasionalisme terhadap negara Indonesia.

Selain itu, urgensi Pendidikan Pancasila bagi mahasiswa atau generasi muda yang notabenya penerus bangsa adalah untuk memperkokoh jiwa kebangsaan dan cinta tanah air dalam diri generasi muda, sehingga tidak mudah terpengaruh dengan budaya asing yang tidak sejalan dengan Pancasila. Jadi, dengan adanya Pendidikan Pancasila ini, para generasi muda dapat menjadi penerus berjiwa ke-Indonesia-an dan dapat menyelesaikan permasalahan bangsa dengan asas Pancasila.

2. Menurut saya, hal yang paling pokok untuk dipelajari dari pendidikan Pancasila dalam menghadapi perubahan adalah konsep dan urgensi Pancasila sebagai ideologi
dan dasar negara. Manfaat nya dalam menghadapi masa depan adalah agar para generasi muda dapat menjadi penerus bangsa yang menjadikan Pancasila sebagai
pedoman atas segala permasalahan yang ada di Indonesia. Selain itu, manfaat mempelajari konsep dan urgensi Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara adalah untuk melekatkan Pancasila kepada generasi agar Pancasila dapat tetap lestari dan tidak pudar ditelan perkembangan zaman.

3. Faktor Penghambat
• Substansi pendidikan pancasila dianggap terlalu idealis dan utopis, bahkan kadang terlihat tidak jelas. Pancasila dalam tataran itu sulit untuk diintegrasikan dalam kehidupan kebangsaan dan kenegaraan Indonesia.
• Peserta didik kurang tertarik, bahkan sudah opriori, terhadap pendidikan Pancasila karena selama ini diajar secara indokrinatif, monoton, dan statis sebagai syarat formalitas semata untuk dijadikan mata pelajaran
• Hasil pendidikan Pancasila hanya melahirkan orang-orang yang pandai menghafal dan berhenti pada titik kognisi saja. Sedangkan pada kondisi psikomotorik dan afektif, belum ada penggarapan yang ideal dan optimal.

Faktor Penunjang
• Pendidikan Pancasila mendidik para generasi muda untuk mempunyai pemikiran yang demokratis dan bermusyarah
• Menjadikan mahasiswa sebagai pribadi yang berjiwa Pancasila, nasionalisme dan patriotisme, serta cinta tanah air
• Adanya dukungan dan ketetapan dari pemerintah mengenai Pendidikan Pancasila sebagai pelajaran wajib untuk setiap jenjang pendidikan untuk membentuk generasi
muda yang bermoral dan berkualitas

4. Hubungan Pendidikan Pancasila dengan program studi teknik elektro adalah menjadikan mahasiswa teknik elektro sebagai pribadi yang mempunyai jiwa patriotisme dan nasionalisme serta cinta tanah air. Selain itu, Pendidikan Pancasila juga bertujuan untuk mengajarkan nilai – nilai yang ada dalam Pancasila kepada mahasiswa, agar para mahasiswa dapa mengamalkan nilai – nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Oleh karena itu, lulusan dari teknik elektro diharapkan dapat bekerja dengan jujur, bertanggung jawab, adil, kreatif , dan dengan teguh mengabdi kepada Bangsa Indonesia sehingga masyarakat Indonesia dapat
merasakan manfaat dari energi listrik dan kemajuan teknologi secara merata.

Hubungan Pendidikan Pancasila dengan mencerdaskan kehidupan bangsa adalah dengan adanya Pendidikan Pancasila, diharapkan para generasi muda yang merupakan penerus bangsa memiliki sifat dan moral khas Pancasila, berpengetahuan luas, serta bersikap jujur dan bertanggung jawab. Hal ini bertujuan untuk mewujudkan Indonesia yang ber-etika dan bermoral, serta mewujukan Indonesia yang maju dan sejahtera di masa depan.