Tugas Kasus 2: Uji Beda Rata-rata Lebih dari Dua Sampel dan Uji Lanjutnya

Selesaikan kasus 2  berikut ini

Deskripsi Kasus:

Suatu penelitian dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar fisika ranah higher order thinking skill (HOTS) yang menerapkan model pembelajaran Inquiry Based Learning (IBL), Problem Based Learning (PBL) , dan Project Based Learning (PjBL). Kalau terdapat perbedaan, model mana yang berbeda. Peneliti juga ingin mengetahui model pembelajaran yang paling baik ditinjau dari hasil belajar HOTS

Tahapan penyelesaian kasus:

Melalui diskusi dan kerja kelompok:

  1. Buat 2 alternatif desain kuasi eksperimen untuk menguji hasil belajar HOTS yang berbeda
  2. Rumuskan hipotesis untuk masing-masing alternatif kuasi eksperimen
  3. Tuliskan prosedur untuk menguji masing-masing hipotesis tersebut
  4. Buat data fiktif hasil belajar siswa untuk masing-masing alternatif desain kuasi eksperimen
  5. Lakukan analisis data masing-masing
  6. Susun interprestasi masing-masing hasil analisis data dan uji hipotesis
  7. Buat pembahasan untuk memilih alternatif solusi yang paling tepat
  8. Presentasikan temuan Anda di depan kelas

Untuk menyelesaikan kasus ini Anda dapat menggunakan Uji Beda Rata-rata Lebih dari Dua Sample Bebas atau Anova Satu Jalur (One Way Anova) dan Uji Post Hock atau Uji Multiple Comparison (apabila diperlukan)