Tugas Kasus 2: Uji Beda Rata-rata Lebih dari Dua Sampel dan Uji Lanjutnya
Selesaikan kasus 2 berikut ini
Deskripsi Kasus:
Suatu penelitian dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar fisika ranah higher order thinking skill (HOTS) yang menerapkan model pembelajaran Inquiry Based Learning (IBL), Problem Based Learning (PBL) , dan Project Based Learning (PjBL). Kalau terdapat perbedaan, model mana yang berbeda. Peneliti juga ingin mengetahui model pembelajaran yang paling baik ditinjau dari hasil belajar HOTS
Tahapan penyelesaian kasus:
Melalui diskusi dan kerja kelompok:
- Buat 2 alternatif desain kuasi eksperimen untuk menguji hasil belajar HOTS yang berbeda
- Rumuskan hipotesis untuk masing-masing alternatif kuasi eksperimen
- Tuliskan prosedur untuk menguji masing-masing hipotesis tersebut
- Buat data fiktif hasil belajar siswa untuk masing-masing alternatif desain kuasi eksperimen
- Lakukan analisis data masing-masing
- Susun interprestasi masing-masing hasil analisis data dan uji hipotesis
- Buat pembahasan untuk memilih alternatif solusi yang paling tepat
- Presentasikan temuan Anda di depan kelas