Weekly outline
PEMBELAJARAN PKN SD KELAS 4E PGSD
Mata kuliah pembelajaran PKn SD termasuk dalam kelompok Mata Kuliah Bidang Keahlian (MKBK). Mata kuliah ini menyajikan kajian-kajian secara teori dan praktek yang berhubungan dengan pengembangan pembelajaran PKn SD dan pengaplikasiannya dalam proses belajar mengajar. Tujuan akhir dari mata kuliah ini adalah mahasiswa diharapkan mampu menguasai dan mengembangkan pembelajaran PKn. Selain itu, Mata kuliah PPKn SD merupakan mata kuliah teori yang menyajikan tentang konsep, asas, prinsip-prinsip dan pendekatan terkait dengan pembelajaran PPKn SD. Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar kurikulum, berbagai strategi pembelajaran PKn di sekolah dasar baik untuk pengembangan aspek kognitif, afektif, maupun spikomotor, media pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran PPKn di SD sesuai dengan karakteristik materi dan karakteristik siswa di SD.
Pertemuan 1
Tulis nama dan npm
Silahkan disaksikan.
Silahkan dibaca untuk RPS
Silahkan di baca sebagai buku panduan pembelajaran dalam satu semseter kedepan, mudah mudahan dapat menambah wawasan bagi kalian semua. materi yang ada didalam buku akan dipakai selain dalam proses perkuliahan juga dalam pelaksanaan evaluasi perkuliahan kita.
terimakasih telah mengikuti rangkaian perkuliahan hari ini.wasallam.
Topik 2 Paradigma Baru PKn SD
Silahkan dipelajari.
Silahkan dibaca untuk materi bab 1
Simaklah penjelasan dari dosen Universitas Kanjuruhan Malang berikut ini.
Menurut pendapat kalian bagaimanakah cara menanamkan civic partisipan dalam lingkungan SD ? Berikan analisa mu disertai contoh.
terimakasih telah mengikuti rangkaian perkuliahan hari ini.wasallam.
Pertemuan 2
Assalamuallaikum wr.wb.
Selamat datang diperkuliahan online dengan ibu, hari ini rangkaian perkuliahan adalah mengisi absensi perkuliahan, membaca materi tentang paradigma baru pembelajaran PKN SD yang ibu berikan dan jika ada hal yang ingin ditanyakan silahkan ajukan di forum yang telah ibu sediakan. terimakasih selamat mengikuti perkuliahan, jika ada soal atau tugas di dalam ppt atau video maka tidak perlu dikerjakan terimakasih.
TOPIK 3 : PENGERTIAN NILAI, MORAL DAN NORMA DALAM PEMBELAJARAN PKN SD
Tulis nama, npm, dan kota tempat kalian mengakses perkuliahan.
Silahkan dibaca
Terimakasih telah mengikuti rangkaian perkuliahan dengan ibu hari ini, sampai bertemu minggu depan, tetap jaga kesehatan. terimakasih, wassalam.
TOPIK 4: ANALISIS MATERI PKN SD
Silahkan dipahami
Berikan analisis mu mengenai materi hari ini yaitu tentang analisis materi PKN SD. dan menurut pendapat kalian materi yang tepat untuk kelas rendah seperti apa dan untuk materi PKN SD kelas tinggi yang seperti apa, berikan penjelasan mu dan berikan contohnya.
Terimakasih telah mengikuti rangkaian perkuliahan dengan ibu hari ini, sampai bertemu minggu depan, tetap jaga kesehatan. terimakasih, wassalam.
TATA TERBIT PRETEST
1. Bacalah baik-baik materi diatas
2. Jawablah soal dengan benar menggunakan bahasa anda sendiri
3. Waktu pengerjaan paling lambat maksimal 2 minggu setelah tugas ini diberikan yaitu pada (28 Februari 2021 Pukul 08.00)
4. Tugas ini bersifat kelompok
5. 1 orang perwakilan kelas bertugas mengumpulkan menggunakan google drive dan mengirim ke email dayurikaperdana090787@gmail.com
6. Masing masing perwakilan kelas tersebut menginfokan kepada ibu jika sudah kirim email ke ibu.
TOPIK PILIHAN
1. paradigma PKN SD
2. nilai, norma, moral pembelajaran PKN SD
3. TEORI BELAJAR dan pembelajaran PKN SD
4. Strategi, metode, dan model pembelajaran PKN SD
5. Model pembelajaran tematik
6. Media pembelajaran PKN SD
7. Model pembelajaran pada kelas rendah dan pada kelas tinggi
8. Penilaian pembelajaran PKN SD.
1. Membuat PPT dengan menggunakan aplikasi canva
2. Membuat video pembelajaran dimana kalian wajib oncame menjelaskan/memaparkan materi di PPT yang telah kalian buat tersebut.
TATA TERBIT POST TEST
1. Bacalah baik-baik materi diatas
2. Jawablah soal dengan benar menggunakan bahasa anda sendiri
3. Waktu pengerjaan paling lambat maksimal 2 jam setelah tugas ini diberikan
4. Tugas ini bersifat individu
1. Berikan analisis mu mengenai materi hari ini yaitu tentang analisis materi PKN SD
2. Menurut pendapat kalian materi yang tepat untuk kelas rendah seperti apa dan untuk materi PKN SD kelas tinggi yang seperti apa, berikan penjelasan mu dan berikan contohnya.
Pertemuan 3
ASSALAMUALLAIKUM WR.WB
Salam sehat dan salam jumpa kembali anak anakku dimanapun kalian berada, hari ini ibu akan melanjutkan materi ke 3 untuk pertemuan kita yang ke 3 ini, seperti telah anda baca sebelumnya di kontrak perkuliahan bahwasannya materi kita pada minggu lalu yaituNILAI, MORAL DAN NORMA Dalam PKN SD. maka hari ini ibu akan melanjutkan tentang teori belajar dalam pembalajaran PKN SD serta . Selamat mengikuti perkuliahan hari ini, terimakasih.
TOPIK 5: PKN SEBAGAI PENDIDIKAN NILAI DAN MORAL
tulis nama, npm, dan kota tempat kalian mengakses perkuliahan.
contoh: nuraini1234 bandar lampung
Terimakasih telah mengikuti rangkaian perkuliahan dengan ibu hari ini, sampai bertemu minggu depan, tetap jaga kesehatan. terimakasih, wassalam.
TOPIK KE 6: TEORI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN PKN SD
TATA TERBIT POST TEST
1. Bacalah baik-baik materi diatas
2. Jawablah soal dengan benar menggunakan bahasa anda sendiri
3. Waktu pengerjaan paling lambat maksimal tgl 11 maret 2022 pkl 08.00
4. Tugas ini bersifat individu
5. Dikumpulkan dalam bentuk word/PDF
1. Berikan analisa mu mengenai mengapa seorang guru harus memahami perbedaan antara teori belajar dan pembelajaran
2. Berikan analisa mu mengenai perbedaan antar teori belajar dan teori pembelajaran..3. Menurut kalian teori belajar manakah yang paling tepat dalam pembelajaran nilai dan moral PKN SD, jelaskan.kumpulkan dalam bentuk file word/PDF kapasitas maksimum 50MB.
Terimakasih telah mengikuti rangkaian perkuliahan dengan ibu hari ini, sampai bertemu minggu depan, tetap jaga kesehatan. terimakasih, wassalam.
pertemuan empat
assalamuallaikum wr.wb
tabik pun....
senang sekali hari ini kita dapat bertemu lagi dalam perkuliahan daring kita di pertemuan ke 4 topik ke tujuh ini, mudah mudahan kalian tetap sehat dan diberi semnagat dalam mengikuti perkuliahan walaupun tugas buanyaaakkk tapi harus tetap dihadapi ya... tantangan perkuliahan semakin tinggi semester maka akan semakin kencang ujiannya...
baikalh,, kita akan melanjutkan topik ketujuh ini, silahkan diikuti dengan serius dan fokus...
TOPIK 8: METODE PEMBELAJARAN PKN SD
assalamuallaikum wr.wb
tabik pun...
selamat datang di perkuliahan topik 8 hari ini. tetap semangat dan lanjutkan perkuliahan hari ini...
silahkan tulis nama dan npm mu
pertemuan 5
Assalamuallaikum wr.wb
tabik pun....
senang sekali ibu dapat kembali berjumpa dengan kalian semua dalam virtula class hari ini, semoga kalian senantiasa dalam keadaan sehat walafiat.. tabik pun...
anak anakku hari ini ibu akan melanjutkan materi kita masih dengan jusul materi tentang model dalam pembelajaran PKN SD. , selamat mengikuti rangkaian perkuliahan hari ini. pelajari dengan sungguh sungguh dan kerjakan lah tugas dengan sebaik baiknya. terimakasih....
TOPIK 9: Model pembelajaran
pertemuan enam
topik 11. model pembelajaran tematik
assalamuallaikum wr.wb
tabik pun...
anak anakku hari ini kita akan melajutkan perkuliahan dengan materi selanjutnya yaitu model pembelajaran tematik. selamat mengikuti perkuliahan hari ini. terimakasih.
PERTEMUAN TUJUH
topik 13: model pembelajaran tematik kelas tinggi
Assalamuallaikum wr.wb
tabik pun...
senang sekali hari ini ibu dapat kembali bertemu dengan kalian melalui perkuliahan daring vclass kita, kita akan melanjutkan perkuliahan silahkan ikuti rangkaian perkuliahan dengan baik dan penuh tanggung jawab. yok semngat yok...pasti kuat hehehe...
topik 14: media pembelajaran PKN SD
Assalamuallaikum wr.wb
tabik pun...
apakabar mahasiswaku sekalian.. yok semangat kita melanjutkan perkuliahan hari ini dengan materi yang berbeda yaitu media pembelajaran PKN SD. selamat melaksanakan perkuliahan.
dari materi yang telah diberikan sekiranya kalian sudah memiliki gambaran apa sajakah jenis media yang tepat bagi anak sekolah dasar. Oleh sebab itu hari ini ibu akan memberi tugas yaitu: silahkan klasifikasikan mana kah jenis media yang tepat bagi anak kelas rendah, mana yang tepat untk anak kelas tinggi, berikan alasannya serta kekurangan dan kelebihan dari masing masing media tersebut.
diketik di word, dikirimkan dalam betuk PDF paling lambat 3 jam setelah pembelajaran selesai. di forum pengumpulan tugas. terimakasih.
silahkan kumpulkan tugas maksimal 50 MB.
terimakasih atas perhatiannya sampai bertemu lagi minggu depan selamat belajar dan tetap jaga kesehatan, wassalam.
pertemuan delapan
topik 15: jenis jenis media pembelajaran SD
assalamuallaikum wr.wb
Tabik pun....
apakabar mahasiswaku sekalian, semoga kalian dalam keadaan sehat semua, hari ini kita masihg akan melanjutkan materi masih berkaitan tentang media. silahkan mengikuti rangkaian perkuliahan hari ini, terimakasih.
topik 16: PELAKSANAAN UJIAN TENGAH SEMESTER
Assalamuallaikum wr.wb
tabik pun....
apakabar mahasiswaku sekalian, senang rasanya hari ini kita dapat melanjutkan kegiatan pembelajaran, tentu saja hari ini sedikit berbeda yaitu pemberian ujian kepada kalian semua, selamat mengikuti kegitan hari ini, baca doa terlebih dahulu terimakasih....
Bismillah...
silahkan kalian menjawab pertanyaan saya berikut ini, dan dikerjakan dengan tata cara yang telah saya siapkan.
TATA TERTIB
1. kerjakan dengan sungguh sungguh dan sejujurnya
2. dalam menjawab tidak usah bertele tele
3. waktu pengerjaan Kuis susulan hingga 15.00
4. jika kalian sakit maka kirimkan bukti surat sakit ke wa ibu dan akan saya berikan waktu susulan, terimakasih.
SOAL
1. Mnurut kalian mengapa dalam paradigma baru PKN jusrtu berfungsi sebagai pendidikan demokrasi, padahal diperuntukan untk anak sekolah dasar?
2. Menurut kalian mengapa pembelajaran PKN SD lebih menekan kan pembelajaran pada nilai, moral dan norma?
3. Apa yang kalian ketahui tentang teori belajar?
4. Apa yang dimaksud dengan:
a. strategi pembelajaran
b. model pembelajaran
c. metode pembelajaran
d. media pembelajaran
dan mengapa mereka saling berhubungan satu dengan yang lainnya?
5. Berikan pendapat mu tentang:
metode, media dan model yang paling tepat untuk kelas rendah dan kelas tinggi, berikan alasannya,
selamat mengerjakan dengan penuh kejujuran. terimakasih... gunakan bahasa mu sendiri dalam proses pengerjaan ujian. terimakasih.
alhamdulillah kita telah melaksanakan ujian tengah semeter hari ini dengan baik, sampai bertemu lagi minggu depan.wassalam.
Silahkan submit semuatugas susulan disini
Di ketik word lalu PDF
PERTEMUAN SEMBILAN
topik 17: lanjutan materi tentang media pembelajaran (lembar kerja berbasis digital)
Assalamuallaikum wr.wb
tabik pun...
hari ini kita akan melanjutkan perkuliahan masih tentang media pembelajaran tetapi ini adalah sebagai media kreatifitas guru. dan seorang guru wajib membuat media ini. untuk lebih lengkapnya silahkan kalian pelajari materi berikut ini , terimakasih.
PERTEMUAN SEPULUH
Assalamuallaikum wr.wb
selamat datang kembali di perkuliahan daring kita hari ini, silahkan ikuti perkuliahan dengan baik,jangan lupa untuk absensi dan ikuti perkuliahan dengan baik, terimakasih.
Topik 19. media pembelajaran kelas tinggi
setelah kalian membaca materi tersebut, ibu mempersilahkan kalian untuk mencari media media (lebih dari 2) apa sajakah yang tepat untuk anak kelas tinggi. di ketik dikumpulkan di forum yang telah ibu sediakan. dikumpulkan paling lambat 3 jjam setelah perkuliahan selesai.
silahkan dikumpulkan paling lambat 3 jam setelah pelajaran selesai