Tugas Kelompok : PENGEMBANGAN PRODUK DAN JASA BERDASARKAN BUSINESS MODEL CANVAS (BMC)

Tujuan:
Mahasiswa mampu mengembangkan dan mematangkan ide produk atau jasa yang telah dianalisis dalam Business Model Canvas (BMC), dengan menekankan pada aspek inovasi, desain, dan strategi peluncuran.


Petunjuk Tugas:

  1. Gunakan Business Model Canvas (BMC) kelompok yang telah kalian buat sebelumnya.
  2. Kembangkan ide produk atau jasa tersebut dengan menjawab pertanyaan:
    • Apa inovasi atau perbaikan yang bisa dilakukan terhadap produk/jasa kalian?
    • Bagaimana fitur, desain, atau layanan dapat dibuat lebih menarik dan sesuai kebutuhan pelanggan?
    • Strategi apa yang akan digunakan untuk mengembangkan, menguji, dan meluncurkan produk/jasa tersebut ke pasar?
  3. Sajikan hasil pengembangan dalam bentuk laporan atau presentasi yang mencakup:
    • Gambaran produk/jasa setelah dikembangkan (desain, keunggulan, target pengguna)
    • Strategi pengujian atau prototype testing
    • Strategi peluncuran dan promosi awal
    • Potensi risiko dan cara mengatasinya
  4. Sertakan visualisasi produk/jasa (gambar, sketsa, video pendek, atau mock-up).
  5. Submit video tugas di link google drive dan link YouTube (unlisted)
  6. Max video 2-3 menit
  7. Perwakilan Kelompok submit jawaban dibawah ini link YouTube saja. 

Kriteria Penilaian:

  • Inovasi dan Kreativitas (30%)
  • Relevansi dengan hasil BMC (25%)
  • Kelayakan Pengembangan dan Strategi Peluncuran (25%)
  • Kualitas Visualisasi & Presentasi (20%)

Deadline: Rabu 13.00 WIB.