Tugas Kelompok : PENGEMBANGAN PRODUK DAN JASA BERDASARKAN BUSINESS MODEL CANVAS (BMC)
Tujuan:
Mahasiswa mampu mengembangkan dan mematangkan ide produk atau jasa yang telah dianalisis dalam Business Model Canvas (BMC), dengan menekankan pada aspek inovasi, desain, dan strategi peluncuran.
Petunjuk Tugas:
- Gunakan Business Model Canvas (BMC) kelompok yang telah kalian buat sebelumnya.
- Kembangkan ide produk atau jasa tersebut dengan menjawab pertanyaan:
- Apa inovasi atau perbaikan yang bisa dilakukan terhadap produk/jasa kalian?
- Bagaimana fitur, desain, atau layanan dapat dibuat lebih menarik dan sesuai kebutuhan pelanggan?
- Strategi apa yang akan digunakan untuk mengembangkan, menguji, dan meluncurkan produk/jasa tersebut ke pasar?
- Sajikan hasil pengembangan dalam bentuk laporan atau presentasi yang mencakup:
- Gambaran produk/jasa setelah dikembangkan (desain, keunggulan, target pengguna)
- Strategi pengujian atau prototype testing
- Strategi peluncuran dan promosi awal
- Potensi risiko dan cara mengatasinya
- Sertakan visualisasi produk/jasa (gambar, sketsa, video pendek, atau mock-up).
- Submit video tugas di link google drive dan link YouTube (unlisted)
- Max video 2-3 menit
- Perwakilan Kelompok submit jawaban dibawah ini link YouTube saja.
Kriteria Penilaian:
- Inovasi dan Kreativitas (30%)
- Relevansi dengan hasil BMC (25%)
- Kelayakan Pengembangan dan Strategi Peluncuran (25%)
- Kualitas Visualisasi & Presentasi (20%)
Deadline: Rabu 13.00 WIB.