Tugas Analisis Pengisi Kategori Predikat dan Urutan Fungsi Kalimat
Setelah Anda menyimak penyajian materi dan diskusi topik klasifikasi kalimat dilihat dari kategori pengisi predikat dan urutan fungsi dalam kalimat, Anda diminta menerapkan teori tersebut dengan menganalisis kalimat dalam teks berikut. Adapun tugasnya ialah sebagai berikut.
1. Tentukan kalimat apa saja yang ada dalam teks berikut, dilihat dari pengisi kategori predikatnya.
2. Tentukan kalimat apa saja yang ada daam teks berikut dilihat dari urutan fungsinya.
3. Analisis atau uraikan setiap fungsi dan kategori kalimat dalam teks tersebut.
4.Jawaban tugas ini dikumpulkan secara kelompok. Artinya, satu kelompok satu jawaban. Silakan diunggah dalam vclass. Terima kasih.
Perkembangan dunia abad 21 ditandai dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses pembelajaran. Dunia kerja menuntut perubahan kompetensi. Kemampuan berpikir kritis, memecahkan masalah, dan berkolaborasi menjadi kompetensi penting dalam memasuki kehidupan abad 21. Sekolah dituntut mampu menyiapkan siswa memasuki abad 21. Dimensi pengetahuan dan proses kognitif menjadi landasan dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran sehingga tersusun strategi pembelajaran abad 21.
Perkembangan teknologi menjadikan perubahan kualifikasi dan kompetensi tenaga kerja. Perubahan standar menuntut penyesuaian dunia pendidikan dalam menyiapkan peserta didik. Siswa abad 21 perlu dibekali dengan kemampuan TIK. Proses pembelajaran harus mengakomodasi hal tersebut. Kesuksesan seorang siswa bergantung pada kecakapan abad 21 yang dimilikinya. Kecakapan abad 21 meliputi berpikir kritis, pemecahan masalah, komunikasi dan kolaborasi. Untuk mencapai sukses dan mampu bersaing di masyarakat global, siswa harus memiliki kecakapan sebagai komunikator, kreator, pemikir kritis, dan kolaborator. Menyikapi fenomena perubahan kebutuhan tenaga kerja dan kemajuan, sekolah perlu menyiapkan diri dalam menghadapi tantangan abad 21.