ཐོ་བཀོད་ཀྱི་གདམ་ཁ།
|
INSTITUT TEKNOLOGI SUMATERA FAKULTAS TEKNOLOGI INFRASTRUKTUR DAN KEWILAYAHAN PROGRAM STUDI PERENCANAAN WILAYAH DAN KOTA |
|||||||||||||||
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER |
||||||||||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
Rumpun MK |
Bobot (sks) |
SEMESTER |
Tgl Penyusunan |
|||||||||||
Pengantar Perencanaan Kepariwisataan |
PL3112 |
MK Pilihan |
2 |
5 |
6 Juli 2022 |
|||||||||||
OTORISASI |
Dosen Pengembang RPS |
Koordinator RMK |
Ka PRODI |
|||||||||||||
|
Rahmattullah Harianja,ST.Par.,MM(Par) |
Yudha Rahman, S.T., M.T |
|
|||||||||||||
Capaian Pembelajaran (CP)/ Learning Outcomes (LO) |
CPL-PRODI |
|
||||||||||||||
P1 |
Menguasai konsep teoritis yang relevan digunakan dalam bidang perencanaan wilayah dan kota; |
|||||||||||||||
KK2 |
Mampu menerapkan konsep umum maupun teoretis untuk menyelesaikan masalah dalam bidang perencanaan wilayah dan kota; |
|||||||||||||||
KK4 |
Mampu menganalisis potensi dan permasalahan konteks keruangan maupun non keruangan dalam permasalahan perencanaan wilayah dan kota |
|||||||||||||||
KK7 |
Mampu memformulasikan alternatif solusi dalam perencanaan wilayah dan kota; |
|||||||||||||||
CP-MK |
|
|||||||||||||||
|
CPMK1 |
Mahasiswa mampu menjelaskan sistem kepariwisataan dan mengkritisi kasus-kasus seputar kepariwisataan. |
||||||||||||||
|
CPMK2 |
Mahasiswa mampu membuat produk draft rencana pengembangan pariwisata |
||||||||||||||
Deskripsi Singkat MK |
Matakuliah ini memberikan para siswa pemahaman tentang perencanaan pariwisata dan perannya dalam pembangunan sosial-ekonomi lokal, nasional, dan global; dengan menekankan pada penerapan teknik perencanaan dan pemasaran, teori-teori ilmu sosial, ekonomi, dan lingkungan; serta metode perencanaan dan pengembangan sumber daya pariwisata. |
|||||||||||||||
Materi Pembelajaran/Pokok Bahasan |
Matakuliah ini memberikan para siswa pemahaman tentang perencanaan pariwisata dan perannya dalam pembangunan sosial-ekonomi lokal, nasional, dan global; dengan menekankan pada penerapan teknik perencanaan dan pemasaran, teori-teori ilmu sosial, ekonomi, dan lingkungan; serta metode perencanaan dan pengembangan sumber daya pariwisata. |
|||||||||||||||
Pustaka |
1. C. Goeldner & McIntosh, R.W. Tourism; Principles, Practices, Philosophies (11th edition). John Wiley and Sons, Inc. 2009. 2. Mason, Peter. Tourism Impacts, Planning and Management. Butterworth-Heinemann. Oxford. 2003 3. Reid, Donald G. Tourism. Globalization And Development: Responsible Tourism Planning. Pluto Press. London.2003 4. Sr., David L. Edgell, Maria DelMastro Allen, Jason Swanson, Ginger Smith. Tourism Policy and Planning: Yesterday, Today and Tomorrow. Elsevier Inc. UK. 2008 |
|||||||||||||||
Media Pembelajaran |
Slide Perkuliahan, Papan Tulis, dan Alat Tulis |
|||||||||||||||
Team Teaching |
Yudha Rahman, S.T., M.T.; Rahmattullah Harianja,ST.Par.,MM(Par).;Mentari Pratami,S.Si.,M.Si |
|||||||||||||||
Matakuliah Syarat |
• Aspek Kependudukan dalam Perencanaan • Ekonomika Wilayah dan Kota • Lingkungan dan Sumberdaya Alam • Studio Proses Perencanaan |
|||||||||||||||
Mg Ke- |
Kemampuan Akhir yang Diharapkan (sub-CPMK) |
Indikator |
Bahan Kajian (materi ajar) |
Kriteria Penilaian Dan Indikator |
Metode Pembelajaran |
Waktu |
Pengalaman Belajar Mahasiswa |
Bobot Nilai (%) |
|
|||||||
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
(9) |
|
|||||||
I |
Mahasiswa mampu menjelaskan berbagai pengertian yang terkait dengan kepariwisataan (CPMK-1.1) |
1. Dapat menjelaskan definisi berbagai pengertian pariwisata dari berbagai sumber |
a. Definisi/istilah berdasarkan UU 10/2009 tentang Kepariwisataan |
Kriteria: ketepatan menjelaskan |
Ceramah, Diskusi |
TM:1x (2x50’) |
Diskusi |
5% |
|
|||||||
2. Dapat menjelaskan perbedaan dasar apa itu wisata, pariwisata, usaha pariwisata, industri pariwisata |
b. Definisi/istilah (the latest) berdasarkan WTO |
|
||||||||||||||
3. Dapat menjelaskan berbagai tipe wisatawan dan perbedaannya berdasarkan berbagai sumber |
Jenis-jenis wisatawan |
|
||||||||||||||
4. Dapat menyebutkan unsur-unsur pariwisata |
Konsep Destinasi Wisatawan |
|
||||||||||||||
5. Dapat menjelaskan konsep destinasi wisata dan komponen dasar pembentuk produk pariwisata |
Komponen dasar pembentuk produk pariwisata |
|
||||||||||||||
6. Dapat memaparkan faktor-faktor pendukung pariwisata konsep destinasi wisata |
Faktor-faktor pendukung pariwisata |
|
||||||||||||||
II |
Mahasiswa mampu menjelaskan jenis-jenis pariwisata (CPMK-1.2) |
1. Mahasiswa mampu menjelaskan Historical Insight dari pariwisata |
Historical Insight |
Kriteria: ketepatan menjelaskan |
Ceramah, Diskusi, Peer feedback round |
TM:1x (2x50’) |
Diskusi |
5% |
|
|||||||
2. Dapat menjelaskan jenis-jenis pariwisata |
Jenis-jenis pariwisata |
|
||||||||||||||
III |
Mahasiswa mampu menjelaskan keterkaitan dan peranan pariwisata dengan bidang lainnya (CPMK-1.3) |
1. Dapat menjelaskan pentingnya perencanaan dalam pariwisata |
Perlunya perencanaan dalam pariwisata. |
Kriteria: ketepatan menjelaskan |
Ceramah, Diskusi |
TM:1x (2x50’) |
Diskusi |
5% |
|
|||||||
2. Dapat mendeskripsikan tantangan-tantangan dalam pariwisata |
Keterkaitan perencanaan pariwisata dengan Perencanaan Wilayah dan Kota |
|
||||||||||||||
3. Dapat menganalisis keterkaitan perencanaan pariwisata dengan Perencanaan Wilayah dan Kota |
Teori Buttler |
|
||||||||||||||
4. Dapat menganalisis perkembangan destinasi-destinasi wisata di wilayah studi |
Evolusi Daerah Tujuan Wisata: |
|
||||||||||||||
IV |
Mahasiswa dapat menjelaskan berbagai konsep dalam sistem kepariwisataan (CPMK-1.4) |
1. Dapat mendeskripsikan berbagai komponen dalam sistem pariwisata |
Definisi sistem kepariwisataan |
Kriteria: ketepatan menjelaskan |
Ceramah, Diskusi. |
TM:1x (2x50’) |
Diskusi |
5% |
|
|||||||
2. Dapat membedakan berbagai konsep pariwisata |
Konsep sistem kepariwisataan berdasarkan Teori Mill & Morison |
|
||||||||||||||
3. Dapat menjelaskan kegunaan yang tepat dari tiap konsep sistem pariwisata
|
Konsep sistem kepariwisataan berdasarkan Teori Gunn |
|
||||||||||||||
Konsep sistem kepariwisataan berdasarkan Teori Leiper (Whole Tourism System) |
|
|||||||||||||||
V |
Mahasiswa mampu menjelaskan komponen dalam sediaan (CPMK-1.5) |
1. Dapat memaparkan dengan baik komponen utama dalam penawaran yang harus dimiliki tourist area |
Komponen Penawaran-supply
a.Obyek Wisata |
Kriteria: ketepatan menjelaskan |
Presentasi mahasiswa, Ceramah, Diskusi.
|
TM:1x (2x50’) |
Presentasi, Diskusi |
5% |
|
|||||||
2. Membangun kemampuan dalam menganalisis hubungan komponen penawaran dengan antisipasi permintaan |
Memasangkan sisi penawaran dengan permintaan |
|
||||||||||||||
3. Mampu menemukan metode yang tepat untuk menyesuaikan komponen supply dengan level permintaan yang berfluktuasi. |
Dua strategi berkenaan dengan "Peak & Valley Season" |
|
||||||||||||||
VI
|
Mahasiswa mampu menjelaskan komponen dalam permintaan (CPMK-1.5) |
1. Dapat memaparkan dengan baik mengapa data permintaan menjadi sangat penting untuk dimiliki |
Peran penting menganalisis komponen permintaan pariwisata |
Kriteria: ketepatan menjelaskan |
Ceramah, Diskusi.
|
TM:1x (2x50’) |
Diskusi |
5% |
|
|||||||
2. Dapat menjelaskan faktor faktor yang mempengaruhi permintaan dalam pariwisata |
Faktor-faktor utama yang mempengaruhi perjalanan wisata |
|
||||||||||||||
3. Dapat menganalisis faktor-faktor yang menentukan keinginan orang untuk berwisata |
D = f (Propensity dan Resistance) |
|
||||||||||||||
4. Dapat menganalisis tingkat permintaan dengan menggunakan tiga rumus perhitungan permintaan |
Mengukur Permintaan Aktual Wisatawan: Visitor arrivals, Visitor-days or Visitor-nights, dan Amount spent |
|
||||||||||||||
VII |
Mahasiswa mampu menganalisis dampak pengembangan pariwisata terhadap berbagai aspek wilayah dan kota (CPMK-1.6) |
1. Dapat menjelaskan dampak ekonomi yang paling penting dari pariwisata |
Dampak positif dan negatif Parwisata terhadap Ekonomi |
Kriteria: ketepatan menjelaskan |
Ceramah, Diskusi.
|
TM:1x (2x50’) |
Diskusi |
5% |
|
|||||||
2. Dapat menganalisis dampak-dampak positif dan negatif dari aktivitas pariwisata dalam aspek ekonomi |
Dampak Ekonomi Pariwisata di negara maju dan negara berkembang |
|
||||||||||||||
3. Dapat membandingkan dampak ekonomi dari pariwisata di Negara Maju dan Negara Berkembang |
Dampak Ekonomi Pariwisata terhadap sektor industri |
|
||||||||||||||
4. Dapat menganalisis implikasi dampak ekonomi dari pariwisata untuk managemen industri pariwisata itu sendiri |
Dampak positif pariwisata terhadap perekonomian suatu negara |
|
||||||||||||||
5. Dapat menganalisis implikasi dampak lingkungan dan budaya dari pariwisata
|
a. Dampak negatif pariwisata terhadap perekonomian suatu negara |
|
||||||||||||||
b. Dampak positif pariwisata terhadap budaya suatu negara |
|
|||||||||||||||
c. Dampak positif pariwisata terhadap sosial-budaya suatu negara |
|
|||||||||||||||
d. Dampak negatif pariwisata terhadap sosial-budaya suatu negara |
|
|||||||||||||||
e. Konsep daya dukung |
|
|||||||||||||||
f. Dampak utama pariwisata terhadap alam |
|
|||||||||||||||
g. Dampak positif dan negatif pariwisata terhadap lingkungan |
|
|||||||||||||||
h. Minimalisasi dampak terhadap lingkungan |
|
|||||||||||||||
VIII |
Mahasiswa mampu menjelaskan berbagai pendekatan dalam perencanaan pengembangan pariwisata (CPMK-2.1) |
1. Dapat membedakan berbagai jenis pendekatan perencanaan dalam pariwisata |
Pendekatan Perencanaan Pariwisata: a. Boosterism b. Pendekatan ekonomi/industri c. Pendekatan strategis d. Pendekatan fisik/spasial e. Pendekatan komunitas f. Pendekatan berkelanjutan |
Kriteria: ketepatan menjelaskan |
Ceramah, Diskusi.
|
TM:1x (2x50’) |
Diskusi |
5% |
|
|||||||
2. Dapat menjelaskan lingkup dan skala perencanaan dalam pariwisata |
Skala Perencanaan Pengembangan Pariwisata (Nasional, wilayah, lokal, dan tapak) |
|
||||||||||||||
3. Dapat menganalisis fokus bahasan pada skala perencanaan pariwisata yang berbeda beda |
Fokus masing-masing skala perencanaan pariwisata |
|
||||||||||||||
IX |
Mahasiswa mampu menganalisis dengan baik proses dalam perencanaan pengembangan pariwisata (CPMK-2.2) |
1. Dapat menjelaskan proses dalam perencanaan pengembangan pariwisata. |
Proses Perencanaan Pariwisaa |
Kriteria: ketepatan menjelaskan |
Presentasi, Ceramah, Diskusi. |
TM:1x (2x50’) |
Diskusi |
10% |
|
|||||||
2. Dapat menganalisis tahapan dalam perencanaan pengembangan pariwisata. |
Tahapan dalam perenc. Pengemb. Pariwisata (Persiapan, Survei, Analisis, Kebijakan, Monitoring) |
|
||||||||||||||
X |
Mahasiswa mampu menganalisis serta mengkritisi kasus perencanaan pariwisata (CPMK-2.3)
|
Dapat mengkritisi produk perencanaan pariwisata berdasarkan kasus nyata yang dihadapi industri pariwisata setempat
|
a. Identifikasi produk Rippnas, Rippda, Rencana Lokal/Kab/Kota, Rencana Tapak-Obyek |
Kriteria: ketepatan menjelaskan |
Ceramah, Diskusi. |
TM:1x (2x50’) |
Diskusi |
10% |
|
|||||||
b. Kritisi isi produk Perencanaan Pengembangan Pariwisata |
|
|||||||||||||||
XI |
Mahasiswa mampu menganalisis studi kasus Ecoutourism (CPMK-2.4) |
1. Dapat menjelaskan definisi Ecotourism |
Ecotourism |
Kriteria: ketepatan menganalisis |
Ceramah, Diskusi. |
TM:1x (2x50’) |
Diskusi, mengerjakan tugas kelompok |
10% |
|
|||||||
2. Dapat menjelaskan pentingnya Ecotourism |
Studi kasus |
|
||||||||||||||
XII |
Mahasiswa mampu mempersiapkan kegiatan kuliah lapangan (CPMK-2.5) |
Mahasiswa mampu mempersiapkan kegiatan kuliah lapangan
|
Review berdasarkan materi ajar |
Kriteria: ketepatan menjelaskan, ketersediaan laporan rencana kuliah lapangan |
Diskusi |
TM:2x (4x50’) |
Diskusi, mempersiapkan kuliah lapangan |
10% |
|
|||||||
XIII |
Kuliah tamu |
|
||||||||||||||
XIV |
Mahasiswa mampu menganalisis secara kritis kondisi real dari kasus pariwisata di wilayah studi (CPMK-2.6) |
Mahasiswa mampu mem-followup persiapan kuliah lapangan |
Persiapan kuliah lapangan |
Kriteria: ketepatan menjelaskan |
Kuliah lapangan/ field trip |
TM:1x (2x50’) |
Kuliah lapangan/ field trip |
10% |
|
|||||||
Mahasiswa mampu membuat analisis secara kritis kondisi real dari kasus pariwisata di wilayah studi |
Review berdasarkan materi ajar 1 sampai dengan 7 |
|
||||||||||||||
Dapat membuat produk draft rencana pengembangan pariwisata |
Review berdasarkan materi ajar 8-10 |
|
||||||||||||||
XV-XVI |
Mahasiswa mampu menjelaskan refleksi perkuliahan secara menyeluruh (CPMK-2.7) |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep pengembangan pariwisata |
Tugas kelompok |
Kriteria: ketepatan menjelaskan |
Evaluasi, Presentasi, Diskusi |
TM:2x (4x50’) |
Presentasi, diskusi |
10% |
|
- སློབ་དཔོན: Rahmattullah Harianja, ST.Par,.MM.Par ITERA
- སློབ་ཕྲུག་ཚུ་ཐོ་བཙུགས་འབད་ཡོདཔ: ད་ལྟོ་ སློབ་ཚན་འདི་ནང་སློབ་ཕྲུག་གཅིག་ཡང་ཐོ་བཙུགས་མ་འབད་བས།