Pilihan pendaftaran

Pengantar Perencanaan Kepariwisataan PWK Ganjil 2022-2023

 

 

 

 

INSTITUT TEKNOLOGI SUMATERA

FAKULTAS TEKNOLOGI INFRASTRUKTUR DAN KEWILAYAHAN

PROGRAM STUDI PERENCANAAN WILAYAH DAN KOTA

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER

MATA KULIAH

KODE

Rumpun MK

Bobot (sks)

SEMESTER

Tgl Penyusunan

Pengantar Perencanaan Kepariwisataan

PL3112

MK Pilihan

2

5

6 Juli 2022

OTORISASI

Dosen Pengembang RPS

Koordinator RMK

Ka PRODI

 

 

 

 

 

 

Rahmattullah Harianja,ST.Par.,MM(Par)

Yudha Rahman, S.T., M.T

 

Capaian Pembelajaran (CP)/ Learning Outcomes (LO)

CPL-PRODI

 

P1

Menguasai konsep teoritis yang relevan digunakan dalam bidang perencanaan wilayah dan kota;

KK2

Mampu menerapkan konsep umum maupun teoretis untuk menyelesaikan masalah dalam bidang perencanaan wilayah dan kota;

KK4

Mampu menganalisis potensi dan permasalahan konteks keruangan maupun non keruangan dalam permasalahan perencanaan wilayah dan kota

KK7

Mampu memformulasikan alternatif solusi dalam perencanaan wilayah dan kota;

CP-MK

 

 

CPMK1

Mahasiswa mampu menjelaskan sistem kepariwisataan dan mengkritisi kasus-kasus seputar kepariwisataan.

 

CPMK2

Mahasiswa mampu membuat produk draft rencana pengembangan pariwisata

Deskripsi Singkat MK

Matakuliah ini memberikan para siswa pemahaman tentang perencanaan pariwisata dan perannya dalam pembangunan sosial-ekonomi lokal, nasional, dan global; dengan menekankan pada penerapan teknik perencanaan dan pemasaran, teori-teori ilmu sosial, ekonomi, dan lingkungan; serta metode perencanaan dan pengembangan sumber daya pariwisata.

Materi Pembelajaran/Pokok Bahasan

Matakuliah ini memberikan para siswa pemahaman tentang perencanaan pariwisata dan perannya dalam pembangunan sosial-ekonomi lokal, nasional, dan global; dengan menekankan pada penerapan teknik perencanaan dan pemasaran, teori-teori ilmu sosial, ekonomi, dan lingkungan; serta metode perencanaan dan pengembangan sumber daya pariwisata.

Pustaka

1.    C. Goeldner & McIntosh, R.W. Tourism; Principles, Practices, Philosophies (11th edition). John Wiley and Sons, Inc. 2009.

2.    Mason, Peter. Tourism Impacts, Planning and Management. Butterworth-Heinemann. Oxford. 2003

3.    Reid, Donald G. Tourism. Globalization And Development: Responsible Tourism Planning. Pluto Press. London.2003

4.    Sr., David L. Edgell, Maria DelMastro Allen, Jason Swanson, Ginger Smith. Tourism Policy and Planning: Yesterday, Today and Tomorrow. Elsevier Inc. UK. 2008

Media Pembelajaran

Slide Perkuliahan, Papan Tulis, dan Alat Tulis

Team Teaching

Yudha Rahman, S.T., M.T.; Rahmattullah Harianja,ST.Par.,MM(Par).;Mentari Pratami,S.Si.,M.Si

Matakuliah Syarat

•      Aspek Kependudukan dalam Perencanaan

•      Ekonomika Wilayah dan Kota

•      Lingkungan dan Sumberdaya Alam

•      Studio Proses Perencanaan

Mg Ke-

Kemampuan Akhir yang Diharapkan (sub-CPMK)

Indikator

Bahan Kajian (materi ajar)

Kriteria Penilaian Dan Indikator

Metode Pembelajaran

Waktu

Pengalaman Belajar Mahasiswa

Bobot Nilai (%)

 

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

(9)

 

I

Mahasiswa mampu menjelaskan berbagai pengertian yang terkait dengan kepariwisataan (CPMK-1.1)

1.    Dapat menjelaskan definisi berbagai pengertian pariwisata  dari berbagai sumber

a. Definisi/istilah berdasarkan UU 10/2009 tentang Kepariwisataan

Kriteria: ketepatan menjelaskan

Ceramah, Diskusi

TM:1x

(2x50’)

Diskusi

5%

 

2.    Dapat menjelaskan perbedaan dasar apa itu wisata, pariwisata, usaha pariwisata, industri pariwisata

b. Definisi/istilah (the latest) berdasarkan WTO

 

3.    Dapat menjelaskan berbagai tipe wisatawan dan perbedaannya berdasarkan berbagai sumber

Jenis-jenis wisatawan

 

4.    Dapat menyebutkan unsur-unsur pariwisata

Konsep Destinasi Wisatawan

 

5.    Dapat menjelaskan konsep destinasi wisata dan komponen dasar pembentuk produk pariwisata

Komponen dasar pembentuk produk pariwisata

 

6.    Dapat memaparkan faktor-faktor pendukung pariwisata konsep destinasi wisata

Faktor-faktor pendukung pariwisata

 

II

Mahasiswa mampu menjelaskan jenis-jenis pariwisata (CPMK-1.2)

1.    Mahasiswa mampu menjelaskan Historical Insight

dari pariwisata

Historical Insight

Kriteria: ketepatan menjelaskan

Ceramah, Diskusi, Peer feedback round

TM:1x

(2x50’)

Diskusi

5%

 

2.    Dapat menjelaskan jenis-jenis pariwisata

Jenis-jenis pariwisata

 

III

Mahasiswa mampu menjelaskan keterkaitan dan peranan pariwisata dengan bidang lainnya (CPMK-1.3)

1.    Dapat menjelaskan pentingnya perencanaan dalam pariwisata

Perlunya perencanaan dalam pariwisata.

Kriteria: ketepatan menjelaskan

Ceramah, Diskusi

TM:1x

(2x50’)

Diskusi

5%

 

2.    Dapat mendeskripsikan tantangan-tantangan dalam pariwisata

Keterkaitan perencanaan pariwisata dengan Perencanaan Wilayah dan Kota

 

3.    Dapat menganalisis keterkaitan perencanaan pariwisata dengan Perencanaan Wilayah dan Kota

Teori Buttler

 

4.    Dapat menganalisis perkembangan destinasi-destinasi wisata di wilayah studi

Evolusi Daerah Tujuan Wisata:
Tahapan perkembangan obyek/daerah tujuan wisata

 

IV

Mahasiswa dapat menjelaskan berbagai konsep dalam sistem kepariwisataan (CPMK-1.4)

1.       Dapat mendeskripsikan berbagai komponen dalam sistem pariwisata

Definisi sistem kepariwisataan

Kriteria:  ketepatan menjelaskan

Ceramah, Diskusi.

TM:1x

(2x50’)

Diskusi

5%

 

2.       Dapat membedakan berbagai konsep pariwisata

Konsep sistem kepariwisataan berdasarkan Teori Mill & Morison

 

3.       Dapat menjelaskan  kegunaan yang tepat dari tiap konsep sistem pariwisata 

 

Konsep sistem kepariwisataan berdasarkan Teori Gunn

 

Konsep sistem kepariwisataan berdasarkan Teori Leiper (Whole Tourism System)

 

V

Mahasiswa mampu menjelaskan  komponen dalam sediaan (CPMK-1.5)

1.  Dapat memaparkan dengan baik  komponen utama dalam penawaran yang harus dimiliki tourist area

Komponen Penawaran-supply                                                                                                                                   a.Obyek Wisata
b.Fasilitas
c.Aksesibilitas
d.Utilitas
e.Pendekatan komunitas
f.Akomodasi

Kriteria: ketepatan menjelaskan

Presentasi mahasiswa, Ceramah, Diskusi.

 

TM:1x

(2x50’)

Presentasi, Diskusi

5%

 

2.  Membangun kemampuan dalam menganalisis hubungan komponen penawaran dengan antisipasi permintaan

Memasangkan sisi penawaran dengan permintaan

 

3.  Mampu menemukan metode yang tepat untuk menyesuaikan komponen supply dengan level permintaan yang berfluktuasi.  

Dua strategi berkenaan dengan "Peak & Valley Season"

 

VI

 

Mahasiswa mampu menjelaskan  komponen dalam permintaan (CPMK-1.5)

1. Dapat memaparkan dengan baik mengapa data  permintaan menjadi sangat penting untuk dimiliki

Peran penting menganalisis komponen permintaan pariwisata

Kriteria: ketepatan menjelaskan

Ceramah, Diskusi.

 

TM:1x

(2x50’)

Diskusi

5%

 

2. Dapat menjelaskan faktor faktor yang mempengaruhi permintaan dalam pariwisata

Faktor-faktor utama yang mempengaruhi perjalanan wisata

 

3. Dapat menganalisis faktor-faktor yang menentukan keinginan orang untuk berwisata

D = f (Propensity dan Resistance)

 

4. Dapat menganalisis tingkat permintaan dengan menggunakan tiga rumus perhitungan permintaan

Mengukur Permintaan Aktual Wisatawan: Visitor arrivals, Visitor-days or Visitor-nights, dan Amount spent

 

VII

Mahasiswa mampu menganalisis dampak pengembangan pariwisata terhadap berbagai aspek wilayah dan kota (CPMK-1.6)

1.    Dapat menjelaskan dampak ekonomi yang paling penting dari pariwisata

Dampak positif dan negatif Parwisata terhadap Ekonomi

Kriteria: ketepatan menjelaskan

Ceramah, Diskusi.

 

TM:1x

(2x50’)

Diskusi

5%

 

2.    Dapat menganalisis dampak-dampak positif dan negatif dari aktivitas pariwisata dalam aspek ekonomi

Dampak Ekonomi Pariwisata di negara maju dan negara berkembang

 

3.    Dapat membandingkan dampak ekonomi dari pariwisata di Negara Maju dan Negara Berkembang

Dampak Ekonomi Pariwisata terhadap sektor industri

 

4.    Dapat menganalisis implikasi dampak ekonomi dari pariwisata untuk managemen  industri pariwisata itu sendiri

Dampak positif pariwisata terhadap perekonomian suatu negara

 

5.    Dapat menganalisis implikasi dampak lingkungan dan budaya  dari pariwisata

 

 

 

a.    Dampak negatif pariwisata terhadap perekonomian suatu negara

 

b.   Dampak positif pariwisata terhadap budaya suatu negara

 

c.    Dampak positif pariwisata terhadap sosial-budaya suatu negara

 

d.   Dampak negatif pariwisata terhadap sosial-budaya suatu negara

 

e.    Konsep daya dukung 

 

f.     Dampak utama pariwisata terhadap alam

 

g.    Dampak positif dan negatif pariwisata terhadap lingkungan 

 

h.   Minimalisasi dampak terhadap lingkungan

 

VIII

Mahasiswa mampu menjelaskan berbagai pendekatan dalam perencanaan pengembangan pariwisata (CPMK-2.1)

1.    Dapat membedakan berbagai jenis pendekatan perencanaan dalam pariwisata

Pendekatan Perencanaan Pariwisata:  

a.    Boosterism

b.   Pendekatan ekonomi/industri

c.    Pendekatan strategis

d.   Pendekatan fisik/spasial

e.    Pendekatan komunitas

f.     Pendekatan berkelanjutan

Kriteria: ketepatan menjelaskan

Ceramah,

Diskusi.

 

TM:1x

(2x50’)

Diskusi

5%

 

2.    Dapat menjelaskan lingkup dan skala perencanaan dalam pariwisata

Skala Perencanaan Pengembangan Pariwisata (Nasional, wilayah, lokal, dan tapak)

 

3.    Dapat menganalisis fokus bahasan pada skala perencanaan pariwisata yang berbeda beda

Fokus masing-masing skala perencanaan pariwisata

 

IX

Mahasiswa mampu menganalisis dengan baik proses dalam perencanaan pengembangan pariwisata (CPMK-2.2)

1.    Dapat menjelaskan proses dalam perencanaan pengembangan pariwisata.

Proses Perencanaan Pariwisaa

Kriteria: ketepatan menjelaskan

Presentasi,

Ceramah,

Diskusi.

TM:1x

(2x50’)

Diskusi

10%

 

2.    Dapat menganalisis tahapan dalam perencanaan pengembangan pariwisata.

Tahapan dalam perenc. Pengemb. Pariwisata (Persiapan, Survei, Analisis, Kebijakan, Monitoring)

 

X

Mahasiswa mampu menganalisis serta mengkritisi kasus perencanaan pariwisata (CPMK-2.3)

 

Dapat mengkritisi produk perencanaan pariwisata berdasarkan kasus nyata yang dihadapi industri pariwisata setempat

 

a.    Identifikasi produk Rippnas, Rippda, Rencana Lokal/Kab/Kota, Rencana Tapak-Obyek

Kriteria: ketepatan menjelaskan

Ceramah,

Diskusi.

TM:1x

(2x50’)

Diskusi

10%

 

b.    Kritisi isi produk Perencanaan Pengembangan  Pariwisata

 

XI

Mahasiswa mampu menganalisis studi kasus Ecoutourism (CPMK-2.4)

1.    Dapat menjelaskan definisi Ecotourism

Ecotourism

Kriteria: ketepatan menganalisis

Ceramah,

Diskusi.

TM:1x

(2x50’)

Diskusi, mengerjakan tugas kelompok

10%

 

2.    Dapat menjelaskan pentingnya Ecotourism

Studi kasus

 

XII

Mahasiswa mampu mempersiapkan kegiatan kuliah lapangan (CPMK-2.5)

Mahasiswa mampu mempersiapkan kegiatan kuliah lapangan

 

Review berdasarkan materi ajar

Kriteria: ketepatan menjelaskan, ketersediaan laporan rencana kuliah lapangan

Diskusi

TM:2x

(4x50’)

Diskusi, mempersiapkan kuliah lapangan

10%

 

XIII

Kuliah tamu

 

XIV

Mahasiswa mampu menganalisis secara kritis kondisi real dari kasus pariwisata di wilayah studi (CPMK-2.6)

Mahasiswa mampu mem-followup persiapan kuliah lapangan

Persiapan kuliah lapangan

Kriteria: ketepatan menjelaskan

Kuliah lapangan/ field trip

TM:1x

(2x50’)

Kuliah lapangan/ field trip

10%

 

Mahasiswa mampu membuat analisis secara kritis kondisi real dari kasus pariwisata di wilayah studi

Review berdasarkan materi ajar 1 sampai dengan 7

 

Dapat membuat produk draft rencana pengembangan pariwisata

Review berdasarkan materi ajar 8-10

 

XV-XVI

Mahasiswa mampu menjelaskan refleksi perkuliahan secara menyeluruh (CPMK-2.7)

Mahasiswa mampu menjelaskan konsep pengembangan pariwisata

Tugas kelompok

Kriteria: ketepatan menjelaskan

Evaluasi, Presentasi, Diskusi

TM:2x

(4x50’)

Presentasi, diskusi

10%

 

Tamu tidak dapat mengakses kursus ini, sila masuk dengan akun Anda.