Weekly outline

  • Pertemuan 1 kontrak kuliah

    KONTRAK KULIAH

     

    A.      IDENTITAS

    Nama Mata Kuliah/SKS           : Micro Teaching

    SKS                                              : 3 SKS

    Kode Mata Kuliah                      : KIP612304

    Jurusan/Program Studi            : Ilmu Pendidikan / PGSD

    Dosen Penanggung Jawab      : Dr. Riswandi, M.Pd

     

    B.       DESKRIPSI MATA KULIAH

    Mata kuliah Micro Teaching merupakan salah satu mata kuliah wajib bagi mahasiswa Program S1 PGSD. Mata kuliah ini membahas konsep dasar micro teaching, kemampuan dasar mengajar, kemampuan menyusun RPP tematik dan mata pelajaran, serta kemampuan melaksanakan proses pembelajaran tematik dan mata pelajaran serta kemampuan memperbaiki keterampilan mengajar melalui kegiatan pembelajaran dalam kelompok kecil (peer teaching) agar mahasiswa terampil mengajar.

     

    C.      CAPAIAN MATA KULIAH

    Capaian akhir perkuliahan yang ingin dicapai adalah mahasiswa dapat memahami dengan baik tahapan proses pembelajaran dan memiliki kemampuan untuk melaksanakan pembelajaran dalam kelompok kecil di dalam kelas.

     

    D.      OPERASIONALISASI CAPAIAN PEMBELAJARAN

     

    No

    Capaian Perkuliahan

    Bahan Kajian

    1

    Memahami micro teaching

    ·  Konsep dasar micro teaching

    ·  Tujuan operasional micro teaching

    2

    Menganalisis garis besar pembelajaran micro teaching dalam hal orientasi

    ·  Mekanisme pembelajaran dalam micro teaching

    ·  Pengamatan audio visual program pembelajaran di sekolah

    3

    Menganalisis garis besar pengajaran micro teaching dalam hal observasi

    ·  Perangkat pembelajaran

    ·  Alat dan media pembelajaran

    ·  Aktivitas siswa di dalam/luar kelas

    ·  Proses pembelajaran di kelas atau di luar kelas

    ·  Observasi tentang dinamika pembelajaran

    ·  Video pembelajaran

    4

    Menganalisis dan mengimplementasikan teknik keterampilan dasar mengajar

    ·  Teknik membuka dan menutup pelajaran

    ·  Tujuan prinsip-prinsip keterampilan membuka dan menutup pembelajaran

    ·  Komponen keterampilan membuka dan menutup pembelajaran

    ·  Teknik keterampilan bertanya

    ·  Prinsip-prinsip dan kebiasaan yang harus dihindari dalam bertanya

    ·  Komponen  keterampilan dasar bertanya tingkat dasar

    5

    Menganalisis dan mengimplementasikan teknik keterampilan dasar mengajar

    ·  Memahami penerapan komponen-komponen keterampilan memberi penguatan

    ·  Memahami penggunaan keterampilan dasar mengajar memberi penguatan

    ·  Memahami prinsip-prinsip keterampilan dasar mengajar mengadakan variasi

    ·  Memahami penggunaan keterampilan dasar mengajar mengadakan variasi

    6

    Menganalisis dan mengimplementasikan teknik keterampilan dasar mengajar

    ·  Memahami komponen-komponen keterampilan dasar mengajar menjelaskan

    ·  Memahami penggunaan keterampilan dasar mengajar menjelaskan

    ·  Memahami pengertian mengajar kelompok kecil

    ·  Memahami komponen-komponen keterampilan mengajar membimbing kelompok kecil

    7

    Menganalisis dan mengkaji kasus keterampilan mengelola kelas dan disipin, keterampilan mengajar perorangan

    ·  Memahami pengertian pengelolaan kelas

    ·  Memahami jenis masalah dalam pengelolaan kelas

    ·  Memahami pendekatan-pendekatan dalam pengelolaan kelas

    8

    Menganalisis penyusunan RPP

    ·  Memahami komponen-komponen RPP

    9

    Menganalisis perbaikan pembelajaran

    ·  APKG – merencanakan dan melaksanakan perbaikan pembelajaran

    10

    Praktek mengajar di kelompok kecil

    ·  Pembelajaran tematik kelas rendah

    11

    Praktek mengajar di kelompok kecil

    ·  Pembelajaran tematik kelas rendah

    12

    Praktek mengajar di kelompok kecil

    ·  Pembelajaran tematik kelas rendah

    13

    Praktek mengajar di kelompok kecil

    ·  Pembelajaran tematik kelas tinggi

    14

    Praktek mengajar di kelompok kecil

    ·  Pembelajaran tematik kelas tinggi

    15

    Praktek mengajar di kelompok kecil

    ·  Pembelajaran tematik kelas tinggi

    16

    Praktek mengajar di kelompok kecil

    ·  Pembelajaran Matematika kelas tinggi

     

     

    E.       SISTEM PENILAIAN

    Penilaian ditentukan dari hasil

    a.    Tugas-tugas                             : 15%

    b.    Partisipasi                                : 20%

    c.    UTS                                            : 30%

    d.    UAS (Praktek Mengajar)         : 35%

     

    F.       RENTANG PENILAIAN

    No.

    Nilai

    Rentang Nilai

    Huruf Mutu

    Angka Mutu

    1

    ≥76

    A

    4,0

    2

    71-75

    B+

    3,5

    3

    66-70

    B

    3,0

    4

    61-65

    C+

    2,5

    5

    56-60

    C

    2,0

    6

    50-55

    D

    1,0

    7

    <50

    E

    0,0

     

     

    G.      REFERENSI

    Asril, Zaini. (2010). Micro Teaching; disertai dengan pedoman pengalaman lapangan. Jakarta: Rajawali Pres.

     

  • Pertemuan kedua

    CAPAIAN PEMBELAJARAN


    No.

    Capaiaan Pembelajaran/CLO

    Indikator Capaian Pembelajaran

    Pengalaman Belajar

    Bahan Kajian

    Metode Pembelajaran

    Media

    Evaluasi

    Estimasi Waktu

    Sumber Rujukan

    2.

    ·   Mengidentifikasi pengertian micro teaching.

    ·   Menyebutkan tujuan operasional micro teaching.

    ·           Pengertian micro teaching.

    ·           Tujuan operasional micro teaching.

    Menemukan ide bacaan, berdiskusi, pengecekan diri dan mengomunikasikan hasil diskusi.

    ·      Menjelaskan pengertian micro teaching.

    ·       Menyebutkan tujuan operasional micro teaching.

    Presentasi dan ceramah.

    LCD

    Tertulis dan anekdot

    150 menit

    Hasibuan, dkk. Proses Belajar Mengajar Keterampilan Dasar Pengajaran Micro. CV. Remadja Karya.










  • Pertemuan ke tiga


    No.

    Capaiaan Pembelajaran/CLO

    Indikator Capaian Pembelajaran

    Pengalaman Belajar

    Bahan Kajian

    Metode Pembelajaran

    Media

    Evaluasi

    Estimasi Waktu

    Sumber Rujukan

    3.

    ·   Memahami garis besar pengajaran micro teaching dalam hal orientasi.

    ·           Mekanisme pengajaran micro teaching.

    ·           Pengamatan audio visual program pembelajaran di sekolah.

    Menemukan ide bacaan, berdiskusi, pengecekan diri dan mengomunikasikan hasil diskusi.

    ·       Menjelaskan mekanisme pengajaran micro teaching.

    ·       Menjelaskan pengamatan audio visual program pembelajaran di sekolah.

     

    Presentasi dan ceramah.

    LCD

    Tertulis dan anekdot

    150 menit

    Hasibuan, dkk. Proses Belajar Mengajar Keterampilan Dasar Pengajaran Micro. CV. Remadja Karya.


  • Pertemuan ke empat


    No.

    Capaiaan Pembelajaran/CLO

    Indikator Capaian Pembelajaran

    Pengalaman Belajar

    Bahan Kajian

    Metode Pembelajaran

    Media

    Evaluasi

    Estimasi Waktu

    Sumber Rujukan

    4.

    ·   Memahami garis besar pengajaran micro teaching dalam hal observasi.

    ·  Perangkat pembelajaran.

    ·  Alat dan media pembelajaran.

    ·  Aktivitas siwa di dalam/luar kelas.

    ·  Proses pembelajaran di kelas atau di luar kelas.

    ·  Observasi tentang dinamika.

    Menemukan ide bacaan, berdiskusi, pengecekan diri dan mengomunikasikan hasil diskusi.

    ·       Mengamati perangkat pembelajaran.

    ·       Memahami alat dan media pembelajaran.

    ·       Memahami aktivitas siwa di dalam/luar kelas.

    ·       Memahami proses pembelajaran di kelas atau di luar kelas.

    ·       Mengamati observasi tentang dinamika.

    Presentasi dan ceramah.

    LCD

    Tertulis dan anekdot

    150 menit

    Hasibuan, dkk. Proses Belajar Mengajar Keterampilan Dasar Pengajaran Micro. CV. Remadja Karya.



  • Pertemuan ke-5

    CAPAIAN PEMBELAJARAN

    No.

    Capaiaan Pembelajaran/CLO

    Indikator Capaian Pembelajaran

    Pengalaman Belajar

    Bahan Kajian

    Metode Pembelajaran

    Media

    Evaluasi

    Estimasi Waktu

    Sumber Rujukan

    5.

    ·   Memahami membuka dan menutup pelajaran dan keterampilan bertanya.

    ·  Pengertian membuka dan menutup pelajaran.

    ·  Tujuan prinsip-prinsip keterampilan membuka dan menutup pembelajaran.

    ·  Komponen-komponen keterampilan membuka dan menutup pembelajaran.

    ·  Pengerian, tujuan/manfaat keterampilan bertanya.

    ·  Prinsip-prinsip dan kebiasaan yang harus dihindari dalam bertanya.

    ·  Penerapan komponen-komponen keterampilan dasar bertanya tingkat dasar.

    Menemukan ide bacaan, berdiskusi, pengecekan diri dan mengomunikasikan hasil diskusi.

    ·       Memahami pengertian membuka dan menutup pelajaran.

    ·       Memahami tujuan prinsip-prinsip keterampilan membuka dan menutup pembelajaran.

    ·       Memahami komponen-komponen keterampilan membuka dan menutup pembelajaran.

    ·       Memahami pengerian, tujuan/manfaat keterampilan bertanya.

    ·       Mengidentifikasi prinsip-prinsip dan kebiasaan yang harus dihindari dalam bertanya.

    ·       Memahami penerapan komponen-komponen keterampilan dasar bertanya tingkat dasar.

    Presentasi dan ceramah.

    LCD

    Tertulis dan anekdot

    150 menit

    Hasibuan, dkk. Proses Belajar Mengajar Keterampilan Dasar Pengajaran Micro. CV. Remadja Karya.

  • Pertemuan ke-6

    CAPAIAN PEMBELAJARAN

    No.

    Capaiaan Pembelajaran/CLO

    Indikator Capaian Pembelajaran

    Pengalaman Belajar

    Bahan Kajian

    Metode Pembelajaran

    Media

    Evaluasi

    Estimasi Waktu

    Sumber Rujukan

    6.

    ·   Memahami keterampilan memberi penguatan dan keterampilan mengadakan variasi.

    ·   Penerapan komponen-komponen keteranpilan memberi penguatan.

    ·   Penggunaan keterampilan dasar mengajar memberi penguatan.

    ·   Prinsip-prinsip keterampilan dasar mengajar mengadakan variasi.

    ·   Penggunaan keterampilan dasar mengajar mengadakan variasi.

    Menemukan ide bacaan, berdiskusi, pengecekan diri dan mengomunikasikan hasil diskusi.

    ·      Memahami penerapan komponen-komponen keteranpilan memberi penguatan.

    ·      Memahami penggunaan keterampilan dasar mengajar memberi penguatan.

    ·      Memahami prinsip-prinsip keterampilan dasar mengajar mengadakan variasi.

    ·      Memahami penggunaan keterampilan dasar mengajar mengadakan variasi.

    Presentasi dan ceramah.

    LCD

    Tertulis dan anekdot

    150 menit

    Hasibuan, dkk. Proses Belajar Mengajar Keterampilan Dasar Pengajaran Micro. CV. Remadja Karya.

  • Pertemuan ke-7

    CAPAIAN PEMBELAJARAN

    No.

    Capaiaan Pembelajaran/CLO

    Indikator Capaian Pembelajaran

    Pengalaman Belajar

    Bahan Kajian

    Metode Pembelajaran

    Media

    Evaluasi

    Estimasi Waktu

    Sumber Rujukan

    7.

    ·   Memahami menjelaskan dan keterampilan diskusi kelompok kecil.

    ·   Komponen-komponen keterampilan dasar mengajar menjelaskan.

    ·   Penggunaan keterampilan dasar mengajar menjelaskan.

    ·   Pengertian mengajar kelompok kecil.

    ·   Komponen-komponen keterampilan mengajar membimbing kelompok kecil.

    Menemukan ide bacaan, berdiskusi, pengecekan diri dan mengomunikasikan hasil diskusi.

    ·      Memahami komponen-komponen keterampilan dasar mengajar menjelaskan.

    ·      Memahami penggunaan keterampilan dasar mengajar menjelaskan.

    ·      Memahami pengertian mengajar kelompok kecil.

    ·      Memahami komponen-komponen keterampilan mengajar membimbing kelompok kecil.

    Presentasi dan ceramah.

    LCD

    Tertulis dan anekdot

    150 menit

    Hasibuan, dkk. Proses Belajar Mengajar Keterampilan Dasar Pengajaran Micro. CV. Remadja Karya.

  • Pertemuan ke 9

  • Pertemuan ke 10

  • Pertemuan ke 11

  • Pertemuan ke 12

  • Pertemuan ke 13

  • Pertemuan ke 14

  • Pertemuan ke 15

  • Pertemuan ke 16