Weekly outline
General
Pertemuan 1 kontrak kuliah
A. IDENTITAS
Nama Mata Kuliah/SKS : Micro Teaching
SKS : 3 SKS
Kode Mata Kuliah : KIP612304
Jurusan/Program Studi : Ilmu Pendidikan / PGSD
Dosen Penanggung Jawab : Dr. Riswandi, M.Pd
B. DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah Micro Teaching merupakan salah satu mata kuliah wajib bagi mahasiswa Program S1 PGSD. Mata kuliah ini membahas konsep dasar micro teaching, kemampuan dasar mengajar, kemampuan menyusun RPP tematik dan mata pelajaran, serta kemampuan melaksanakan proses pembelajaran tematik dan mata pelajaran serta kemampuan memperbaiki keterampilan mengajar melalui kegiatan pembelajaran dalam kelompok kecil (peer teaching) agar mahasiswa terampil mengajar.
C. CAPAIAN MATA KULIAH
Capaian akhir perkuliahan yang ingin dicapai adalah mahasiswa dapat memahami dengan baik tahapan proses pembelajaran dan memiliki kemampuan untuk melaksanakan pembelajaran dalam kelompok kecil di dalam kelas.
D. OPERASIONALISASI CAPAIAN PEMBELAJARAN
No
Capaian Perkuliahan
Bahan Kajian
1
Memahami micro teaching
· Konsep dasar micro teaching
· Tujuan operasional micro teaching
2
Menganalisis garis besar pembelajaran micro teaching dalam hal orientasi
· Mekanisme pembelajaran dalam micro teaching
· Pengamatan audio visual program pembelajaran di sekolah
3
Menganalisis garis besar pengajaran micro teaching dalam hal observasi
· Perangkat pembelajaran
· Alat dan media pembelajaran
· Aktivitas siswa di dalam/luar kelas
· Proses pembelajaran di kelas atau di luar kelas
· Observasi tentang dinamika pembelajaran
· Video pembelajaran
4
Menganalisis dan mengimplementasikan teknik keterampilan dasar mengajar
· Teknik membuka dan menutup pelajaran
· Tujuan prinsip-prinsip keterampilan membuka dan menutup pembelajaran
· Komponen keterampilan membuka dan menutup pembelajaran
· Teknik keterampilan bertanya
· Prinsip-prinsip dan kebiasaan yang harus dihindari dalam bertanya
· Komponen keterampilan dasar bertanya tingkat dasar
5
Menganalisis dan mengimplementasikan teknik keterampilan dasar mengajar
· Memahami penerapan komponen-komponen keterampilan memberi penguatan
· Memahami penggunaan keterampilan dasar mengajar memberi penguatan
· Memahami prinsip-prinsip keterampilan dasar mengajar mengadakan variasi
· Memahami penggunaan keterampilan dasar mengajar mengadakan variasi
6
Menganalisis dan mengimplementasikan teknik keterampilan dasar mengajar
· Memahami komponen-komponen keterampilan dasar mengajar menjelaskan
· Memahami penggunaan keterampilan dasar mengajar menjelaskan
· Memahami pengertian mengajar kelompok kecil
· Memahami komponen-komponen keterampilan mengajar membimbing kelompok kecil
7
Menganalisis dan mengkaji kasus keterampilan mengelola kelas dan disipin, keterampilan mengajar perorangan
· Memahami pengertian pengelolaan kelas
· Memahami jenis masalah dalam pengelolaan kelas
· Memahami pendekatan-pendekatan dalam pengelolaan kelas
8
Menganalisis penyusunan RPP
· Memahami komponen-komponen RPP
9
Menganalisis perbaikan pembelajaran
· APKG – merencanakan dan melaksanakan perbaikan pembelajaran
10
Praktek mengajar di kelompok kecil
· Pembelajaran tematik kelas rendah
11
Praktek mengajar di kelompok kecil
· Pembelajaran tematik kelas rendah
12
Praktek mengajar di kelompok kecil
· Pembelajaran tematik kelas rendah
13
Praktek mengajar di kelompok kecil
· Pembelajaran tematik kelas tinggi
14
Praktek mengajar di kelompok kecil
· Pembelajaran tematik kelas tinggi
15
Praktek mengajar di kelompok kecil
· Pembelajaran tematik kelas tinggi
16
Praktek mengajar di kelompok kecil
· Pembelajaran Matematika kelas tinggi
E. SISTEM PENILAIAN
Penilaian ditentukan dari hasil
a. Tugas-tugas : 15%
b. Partisipasi : 20%
c. UTS : 30%
d. UAS (Praktek Mengajar) : 35%
F. RENTANG PENILAIAN
No.
Nilai
Rentang Nilai
Huruf Mutu
Angka Mutu
1
≥76
A
4,0
2
71-75
B+
3,5
3
66-70
B
3,0
4
61-65
C+
2,5
5
56-60
C
2,0
6
50-55
D
1,0
7
<50
E
0,0
G. REFERENSI
Asril, Zaini. (2010). Micro Teaching; disertai dengan pedoman pengalaman lapangan. Jakarta: Rajawali Pres.
Pertemuan kedua
CAPAIAN PEMBELAJARANNo.
Capaiaan Pembelajaran/CLO
Indikator Capaian Pembelajaran
Pengalaman Belajar
Bahan Kajian
Metode Pembelajaran
Media
Evaluasi
Estimasi Waktu
Sumber Rujukan
2.
· Mengidentifikasi pengertian micro teaching.
· Menyebutkan tujuan operasional micro teaching.
· Pengertian micro teaching.
· Tujuan operasional micro teaching.
Menemukan ide bacaan, berdiskusi, pengecekan diri dan mengomunikasikan hasil diskusi.
· Menjelaskan pengertian micro teaching.
· Menyebutkan tujuan operasional micro teaching.
Presentasi dan ceramah.
LCD
Tertulis dan anekdot
150 menit
Hasibuan, dkk. Proses Belajar Mengajar Keterampilan Dasar Pengajaran Micro. CV. Remadja Karya.
layanan ini digunakan sebagai media diskusi untuk memerdalam pemahaman mahasiswa terhadap materi.
link gmeet:
https://meet.google.com/ubv-kbug-nek
Pertemuan ke tiga
No.
Capaiaan Pembelajaran/CLO
Indikator Capaian Pembelajaran
Pengalaman Belajar
Bahan Kajian
Metode Pembelajaran
Media
Evaluasi
Estimasi Waktu
Sumber Rujukan
3.
· Memahami garis besar pengajaran micro teaching dalam hal orientasi.
· Mekanisme pengajaran micro teaching.
· Pengamatan audio visual program pembelajaran di sekolah.
Menemukan ide bacaan, berdiskusi, pengecekan diri dan mengomunikasikan hasil diskusi.
· Menjelaskan mekanisme pengajaran micro teaching.
· Menjelaskan pengamatan audio visual program pembelajaran di sekolah.
Presentasi dan ceramah.
LCD
Tertulis dan anekdot
150 menit
Hasibuan, dkk. Proses Belajar Mengajar Keterampilan Dasar Pengajaran Micro. CV. Remadja Karya.
layanan ini digunakan sebagai media diskusi untuk memerdalam pemahaman mahasiswa terhadap materi.
link gmeet:
https://meet.google.com/wbd-hexv-cri
Pertemuan ke empat
No.
Capaiaan Pembelajaran/CLO
Indikator Capaian Pembelajaran
Pengalaman Belajar
Bahan Kajian
Metode Pembelajaran
Media
Evaluasi
Estimasi Waktu
Sumber Rujukan
4.
· Memahami garis besar pengajaran micro teaching dalam hal observasi.
· Perangkat pembelajaran.
· Alat dan media pembelajaran.
· Aktivitas siwa di dalam/luar kelas.
· Proses pembelajaran di kelas atau di luar kelas.
· Observasi tentang dinamika.
Menemukan ide bacaan, berdiskusi, pengecekan diri dan mengomunikasikan hasil diskusi.
· Mengamati perangkat pembelajaran.
· Memahami alat dan media pembelajaran.
· Memahami aktivitas siwa di dalam/luar kelas.
· Memahami proses pembelajaran di kelas atau di luar kelas.
· Mengamati observasi tentang dinamika.
Presentasi dan ceramah.
LCD
Tertulis dan anekdot
150 menit
Hasibuan, dkk. Proses Belajar Mengajar Keterampilan Dasar Pengajaran Micro. CV. Remadja Karya.
layanan ini digunakan sebagai media diskusi untuk membantu pemahaman materi.
link gmeet :
https://meet.google.com/pbw-cndm-omz
Pertemuan ke-5
No.
Capaiaan Pembelajaran/CLO
Indikator Capaian Pembelajaran
Pengalaman Belajar
Bahan Kajian
Metode Pembelajaran
Media
Evaluasi
Estimasi Waktu
Sumber Rujukan
5.
· Memahami membuka dan menutup pelajaran dan keterampilan bertanya.
· Pengertian membuka dan menutup pelajaran.
· Tujuan prinsip-prinsip keterampilan membuka dan menutup pembelajaran.
· Komponen-komponen keterampilan membuka dan menutup pembelajaran.
· Pengerian, tujuan/manfaat keterampilan bertanya.
· Prinsip-prinsip dan kebiasaan yang harus dihindari dalam bertanya.
· Penerapan komponen-komponen keterampilan dasar bertanya tingkat dasar.
Menemukan ide bacaan, berdiskusi, pengecekan diri dan mengomunikasikan hasil diskusi.
· Memahami pengertian membuka dan menutup pelajaran.
· Memahami tujuan prinsip-prinsip keterampilan membuka dan menutup pembelajaran.
· Memahami komponen-komponen keterampilan membuka dan menutup pembelajaran.
· Memahami pengerian, tujuan/manfaat keterampilan bertanya.
· Mengidentifikasi prinsip-prinsip dan kebiasaan yang harus dihindari dalam bertanya.
· Memahami penerapan komponen-komponen keterampilan dasar bertanya tingkat dasar.
Presentasi dan ceramah.
LCD
Tertulis dan anekdot
150 menit
Hasibuan, dkk. Proses Belajar Mengajar Keterampilan Dasar Pengajaran Micro. CV. Remadja Karya.
layanan ini digunakan untuk membantu mahasiswa dalam memahami materi.
link zoom:
https://us04web.zoom.us/j/71738060267?pwd=T3NscWUxT2g1aVlsRFdZa1hWZ1RWUT09
Pertemuan ke-6
No.
Capaiaan Pembelajaran/CLO
Indikator Capaian Pembelajaran
Pengalaman Belajar
Bahan Kajian
Metode Pembelajaran
Media
Evaluasi
Estimasi Waktu
Sumber Rujukan
6.
· Memahami keterampilan memberi penguatan dan keterampilan mengadakan variasi.
· Penerapan komponen-komponen keteranpilan memberi penguatan.
· Penggunaan keterampilan dasar mengajar memberi penguatan.
· Prinsip-prinsip keterampilan dasar mengajar mengadakan variasi.
· Penggunaan keterampilan dasar mengajar mengadakan variasi.
Menemukan ide bacaan, berdiskusi, pengecekan diri dan mengomunikasikan hasil diskusi.
· Memahami penerapan komponen-komponen keteranpilan memberi penguatan.
· Memahami penggunaan keterampilan dasar mengajar memberi penguatan.
· Memahami prinsip-prinsip keterampilan dasar mengajar mengadakan variasi.
· Memahami penggunaan keterampilan dasar mengajar mengadakan variasi.
Presentasi dan ceramah.
LCD
Tertulis dan anekdot
150 menit
Hasibuan, dkk. Proses Belajar Mengajar Keterampilan Dasar Pengajaran Micro. CV. Remadja Karya.
layanan ini digunakan sebagai media diskusi untuk memerdalam pemahaman materi.
link zoom:
https://us04web.zoom.us/j/8912724979?pwd=RUV2Z2xmbHM1MFZiRVBWMU55TnNBdz09
Pertemuan ke-7
No.
Capaiaan Pembelajaran/CLO
Indikator Capaian Pembelajaran
Pengalaman Belajar
Bahan Kajian
Metode Pembelajaran
Media
Evaluasi
Estimasi Waktu
Sumber Rujukan
7.
· Memahami menjelaskan dan keterampilan diskusi kelompok kecil.
· Komponen-komponen keterampilan dasar mengajar menjelaskan.
· Penggunaan keterampilan dasar mengajar menjelaskan.
· Pengertian mengajar kelompok kecil.
· Komponen-komponen keterampilan mengajar membimbing kelompok kecil.
Menemukan ide bacaan, berdiskusi, pengecekan diri dan mengomunikasikan hasil diskusi.
· Memahami komponen-komponen keterampilan dasar mengajar menjelaskan.
· Memahami penggunaan keterampilan dasar mengajar menjelaskan.
· Memahami pengertian mengajar kelompok kecil.
· Memahami komponen-komponen keterampilan mengajar membimbing kelompok kecil.
Presentasi dan ceramah.
LCD
Tertulis dan anekdot
150 menit
Hasibuan, dkk. Proses Belajar Mengajar Keterampilan Dasar Pengajaran Micro. CV. Remadja Karya.
Pertemuan ke 8
Pertemuan ke 9
No.
Capaiaan Pembelajaran/CLO
Indikator Capaian Pembelajaran
Pengalaman Belajar
Bahan Kajian
Metode Pembelajaran
Media
Evaluasi
Estimasi Waktu
Sumber Rujukan
9.
· Memahami keterampilan mengelola kelas dan disipin, keterampilan mengajar perorangan.
· Pengertian pengelolaan kelas.
· Jenis masalah dalam pengelolaan kelas.
· Pendekatan-pendekatan dalam pengelolaan kelas.
· Komponen-komponen RPP.
Menemukan ide bacaan, berdiskusi, pengecekan diri dan mengomunikasikan hasil diskusi.
· Memahami pengertian pengelolaan kelas.
· Memahami jenis masalah dalam pengelolaan kelas.
· Memahami pendekatan-pendekatan dalam pengelolaan kelas.
· Memahami komponen-komponen RPP.
Presentasi dan ceramah.
LCD
Tertulis dan anekdot
150 menit
Hasibuan, dkk. Proses Belajar Mengajar Keterampilan Dasar Pengajaran Micro. CV. Remadja Karya.
Pertemuan ke 10
No.
Capaiaan Pembelajaran/CLO
Indikator Capaian Pembelajaran
Pengalaman Belajar
Bahan Kajian
Metode Pembelajaran
Media
Evaluasi
Estimasi Waktu
Sumber Rujukan
10.
· Mahasiswa dapat mengajar di kelompok kecil.
· Mahasiswa dapat mengajar tematik di kelas rendah.
Simulasi mengajar tematik di kelas rendah.
· Mahasiswa dapat mengajar tematik di kelas rendah.
Praktik dan demonstrasi.
LCD
Observasi pelaksanaan proses pembelajaran.
150 menit
Hasibuan, dkk. Proses Belajar Mengajar Keterampilan Dasar Pengajaran Micro. CV. Remadja Karya.
Pertemuan ke 11
No.
Capaiaan Pembelajaran/CLO
Indikator Capaian Pembelajaran
Pengalaman Belajar
Bahan Kajian
Metode Pembelajaran
Media
Evaluasi
Estimasi Waktu
Sumber Rujukan
11.
· Mahasiswa dapat mengajar di kelompok kecil.
· Mahasiswa dapat praktik mengajar PPKn
Simulasi mengajar tematik di kelas rendah.
· Mahasiswa dapat praktik mengajar PPKn
Praktik dan demonstrasi.
LCD
Observasi pelaksanaan proses pembelajaran.
150 menit
Hasibuan, dkk. Proses Belajar Mengajar Keterampilan Dasar Pengajaran Micro. CV. Remadja Karya.
Pertemuan ke 12
No.
Capaiaan Pembelajaran/CLO
Indikator Capaian Pembelajaran
Pengalaman Belajar
Bahan Kajian
Metode Pembelajaran
Media
Evaluasi
Estimasi Waktu
Sumber Rujukan
12.
· Mahasiswa dapat mengajar di kelompok kecil.
· Mahasiswa dapat praktik mengajar IPS.
Simulasi mengajar tematik di kelas rendah.
· Mahasiswa dapat praktik mengajar IPS.
Praktik dan demonstrasi.
LCD
Observasi pelaksanaan proses pembelajaran.
150 menit
Hasibuan, dkk. Proses Belajar Mengajar Keterampilan Dasar Pengajaran Micro. CV. Remadja Karya.
Pertemuan ke 13
No.
Capaiaan Pembelajaran/CLO
Indikator Capaian Pembelajaran
Pengalaman Belajar
Bahan Kajian
Metode Pembelajaran
Media
Evaluasi
Estimasi Waktu
Sumber Rujukan
13.
· Mahasiswa dapat mengajar di kelompok kecil.
· Mahasiswa dapat praktik mengajar Bahasa Indonesia.
Simulasi mengajar tematik di kelas rendah.
· Mahasiswa dapat praktik mengajar Bahasa Indonesia.
Praktik dan demonstrasi.
LCD
Observasi pelaksanaan proses pembelajaran.
150 menit
Hasibuan, dkk. Proses Belajar Mengajar Keterampilan Dasar Pengajaran Micro. CV. Remadja Karya.
Pertemuan ke 14
No.
Capaiaan Pembelajaran/CLO
Indikator Capaian Pembelajaran
Pengalaman Belajar
Bahan Kajian
Metode Pembelajaran
Media
Evaluasi
Estimasi Waktu
Sumber Rujukan
14.
· Mahasiswa dapat mengajar di kelompok kecil.
· Mahasiswa dapat praktik mengajar Matematika.
Simulasi mengajar tematik di kelas rendah.
· Mahasiswa dapat praktik mengajar Matematika.
Praktik dan demonstrasi.
LCD
Observasi pelaksanaan proses pembelajaran.
150 menit
Hasibuan, dkk. Proses Belajar Mengajar Keterampilan Dasar Pengajaran Micro. CV. Remadja Karya.
Pertemuan ke 15
No.
Capaiaan Pembelajaran/CLO
Indikator Capaian Pembelajaran
Pengalaman Belajar
Bahan Kajian
Metode Pembelajaran
Media
Evaluasi
Estimasi Waktu
Sumber Rujukan
15.
· Mahasiswa dapat mengajar di kelompok kecil.
· Mahasiswa dapat praktik mengajar IPA.
Simulasi mengajar tematik di kelas rendah.
· Mahasiswa dapat praktik mengajar IPA.
Praktik dan demonstrasi.
LCD
Observasi pelaksanaan proses pembelajaran.
150 menit
Hasibuan, dkk. Proses Belajar Mengajar Keterampilan Dasar Pengajaran Micro. CV. Remadja Karya.
Pertemuan ke 16