Sains Dasar (Basic Science) MIP617101


Profil Mata Kuliah Sains Dasar
- Nama PS/Jurusan : Fisika
- Nama Fakultas : Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
- Nama Universitas : Universitas Lampung
- Nama Mata Kuliah : Sains Dasar (Basic Science )
- Kode Mata Kuliah : MIP617101
- SKS Mata Kuliah : 2(2-0)
- Semester : Ganjil (I)
- Jenjang : S-1


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Tabik Pun ............. (Salam Bahasa Lampung yang artinya "Bolehkan Saya Berbicara"). Salam sejahtera untuk kita semua. Saya ucapkan Selamat datang dan selamat bergabung kepada Generasi Milennial Era Digital 4.0, para peserta didik yang mengambil Mata Kuliah Sains Dasar (Basic Science). Mata kuliah ini merupakan salah satu mata kuliah wajib bagi mahasiswa Semester Ganjil (I) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Lampung baik Jurusan Fisika, Jurusan Matematika, Jurusan Biologi, Jurusan Kimia maupun Jurusan Ilmu Komputer memiliki bobot SKS 2 (2-0) berkode MIP617101. Adapun data pribadi saya selaku dosen pengampu sekaligus penanggung jawab mata kuliah ini adalah

Selamat mengikuti Mata Kuliah Sains Dasar (Basic Science) dengan Happy, Confident, Never Give Up, & Pray agar Skill pada abad 21, yakni Problem Solving, Critical Thinking, Creativity, & Emotional Intelligence dapat dikuasai dengan baik. Mata kuliah Sains Dasar (Basic Science) dirancang dapat mengasah kemampuan Peserta Didik Generasi Milennial Era Digital 4.0 dalam Mengingat (C1), Memahami (C2), Mengaplikasikan (C3), Menganalisis (C4), Mengevaluasi (C5), & Mencipta (C6) menurut Taksonomi Bloom sehingga kemampuan yang dikuasai mampu bersaing dengan universitas lain. God Bless You & Good Luck. Salam Perubahan!!!
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Leni Rumiyanti, S.Pd, M.Sc



(BasicScienceTree1.png (2839×2101) (pro-test-deutschland.de)). Sains Dasar adalah matakuliah yang membekali peserta didik pada Era Digital 4.0 kemampuan atau skill mengembangkan pengetahuan dan pemahaman tentang konsep dan metode ilmiah dalam mengungkap beragam fenomena alam yang mencakup energy dan perubahan-perubahannya, materi dan sifatnya, makhluk hidup dan proses kehidupan, serta bumi dan antariksa, serta peran sains dalam kehidupan sehari-hari.
Adapun topik-topik yang dipelajari pada Mata Kuliah Sains Dasar adalah (1) Sejarah Sains, (2) Ranah Sains, (3) Metode Ilmiah, (4) Materi dan Energi, (5) Makhluk Hidup, (6) Besaran dan Satuan, (7) Pengukuran dan Alat Ukur, (8) Variabel dan Data Penelitian, (9) Sains Kesehatan, (10) Sains Forensik, (11) Sains Pertanian, (12) Sains Kelautan dan Perikanan, (13) Sains Transportasi, (14) Teknik Navigasi, (15) Pemanasan Global dan Perubahan Iklim, dan (16) Sumber Daya Alam dan Energi Terbaharukan.


Setelah mengikuti Mata Kuliah Basic Science peserta didik diharapkan mampu memiliki capaian pembelajaran minimal sebagai berikut:
Sikap peserta didik meliputi :
- bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
- menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, & etika;
- berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
Pengetahuan peserta didik meliputi :
- Mengkaji beragam fakta, konsep, prinsip, hukum dan teori-teori serta metode yang berkembang dalam bidang fisika, kimia, biologi, ilkom, dan matematika (C4).
-
menguasai konsep integritas akademik secara umum dan konsep plagiarisme secara khusus, dalam hal jenis plagiarisme, konsekuensi pelanggaran dan upaya pencegahannya.
Keterampilan umum peserta didik meliputi :
- mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai bidang keahliannya
- mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
- mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
Keterampilan khusus peserta didik meliputi :
- Menyimpulkan keterkaitan konsep, prinsip, hukum, dan teori sains dalam beragam kegiatan dalam kehidupan sehari-hari: kesehatan, pertanian, kelautan, transportasi, dan serta isu-isu lingkungan global kekinian (C5)


Mata Kuliah Basics Science menerapkan Blended Learning , yaitu sistem belajar yang dilakukan dengan menggabungkan pembelajaran face-to-face (kuliah tatap muka) dengan pembelajaran bermediasi teknologi ( technology mediated instruction) untuk meningkatkan hasil belajar (Sandi, 2012; Rizkiyah, 2015); dan penguasaan konsep (Hermanto et al, 2013). Mata Kuliah Basics Science disajikan secara Synchronous, yakni (i) Langsung dengan cara kuliah tatap muka dan (ii) Maya dengan cara kuliah secara online menggunakan Youtube Premier dan Jitsi Meet; sedangkan secara Asynchronous, yakni (i) Mandiri dan (ii) Kolaboratif dengan Virtual Class menggunakan Youtube, PPT & PDF. Mata Kuliah Basic Science juga menerapkan Flipped Classroom, yaitu model pembelajaran yang diawali dengan mahasiswa mempelajari materi di rumah sebelum kuliah dimulai dan kegiatan belajar mengajar di kampus yang dapat meningkatkan motivasi belajar (Susanti dan Hamama, 2019), hasil belajar kognitif dan pemahaman konsep (Pratiwi et al, 2017; Saputra dan Mujib, 2017; Rusdi dan Praharsih, 2016); dan menumbuhkan sikap kreatif, bertanggung jawab, serta keterampilan belajar (Damayanti, 2016). Mata Kuliah Basic Science menggunakan penilaian (assesment) dan evaluasi pembelajaran berupa tes formatif (Tugas dan Kuis) serta Tes sumatif (Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester).

Peta program merupakan petunjuk bagi dosen untuk menunjukkan hubungan antara konsep-konsep penting agar proses pembelajaran lebih terarah dan berjenjang, sehingga dalam pelaksanaan proses belajar mengajar dapat meningkatkan daya serap mahasiswa atau peserta didik terhadap materi yang diajarkan.
Adapun peta program pada mata kuliah ini adalah


Rencana Pelaksanaan Semester berisikan (1) Identitas Mata Kuliah, (2) Dosen Pengampu, (3) Capaian Pembelajaran, (4) Kemampuan Akhir Yang Diharapkan, (5) Bahan Kajian, (6) Bentuk Pembelajaran, (8) Alokasi Waktu, (10) Pengalaman Belajar Mahasiswa, (11) Kriteria Penilaian Dan Indikator yang secara lengkap dijelaskan berikut ini.

Adapun model asesmen Mata Kuliah Basic Science adalah sebagai berikut



Adapun bobot penilaian Mata Kuliah Basic Science adalah Tugas (25 %), Kuis (25%), UTS (25%), dan UAS (25%).

Buku ajar ini adalah salah satu sumber belajar yang digunakan dosen dalam menyusun materi Mata Kuliah Basic Science yang dapat didownload oleh mahasiswa, yakni Buku ajar Kimia, Biologi, dan Fisika.

Youtube Premiere adalah fitur baru di YouTube yang memadukan antara streaming langsung dan video Youtube Tradisional yang digunakan pengajar untuk pertemuan Synchronous. Youtube Premiere memungkingkinkan para viewers (mahasiswa) untuk menonton video yang baru saja dipublikasi oleh pengajar secara bersama-sama, tidak berbeda jauh dengan menonton TV bersama atau menonton bioskop bersama. Ketika video yang dijadwalkan ditetapkan sebagai Tayang Perdana / Premieres, maka: (1) YouTube akan membuat halaman tontonan publik dan nantinya video akan diputar di halaman tersebut; (2) Mahasiswa dapat ikut menonton langsung, berinteraksi di komentar, chat, dan super chat jika diaktifkan; dan (3) Pemberitahuan akan dikirimkan kepada para subscriber yang telah mengaktifkan ikon lonceng sekitar 30 menit sebelum video ditayangkan, notifikasi kedua akan dikirimkan saat video baru dimulai sebagai pemberitahuan kepada subscriber bahwa tayangan perdana video telah dimulai. Tidak ada perbedaan dengan sebelumnya, setelah Premieres selesai maka video akan masuk ke channel tersebut seperti upload reguler. Tentu hitungan mundur dan chat tidak tersedia lagi.



Zoom adalah aplikasi buatan Eric Yuan, yang dirilis pada Januari 2013. Selain aplikasi, Zoom juga dapat diakses melalui website, baik untuk OS Mac, Windows, Linux, iOS, dan Android. Ketika mendaftarkan diri, kamu berada di jenis akun Basic yang memiliki beberapa keuntungan, seperti: (i) Dapat melakukan meeting hingga 100 partisipan, (ii) Gratis 40 menit video conference untuk rapat kelompok, kamu dapat mengulang lagi jika durasi sudah habis, (iii) Kualitas suara dan gambar HD, (iv) Screen-sharing, (v) Akses ke virtual background, (vi) Menjadwalkan hingga merekam keseluruhan meeting, (vii) Membagi partisipan menjadi beberapa “ruangan” dengan fitur Breakout Rooms. Cara akses Zoom, yaitu (i) Klik www.zoom.us, (ii) Masukan Meeting Code, (iii) Masukan Password, dan (iv) Klik Join Meeting.



Google Meet adalah produk dari Google yang merupakan layanan komunikasi video yang dikembangkan oleh Google. Aplikasi ini adalah salah satu dari 2 aplikasi yang merupakan versi baru dari versi terdahulunya yaitu Google Hangouts dan Google Chat. Berikut ini fitur- fitur yang bisa Anda andalkan dari Google Meet : (i) Dapat mengundang hingga 100 peserta per panggilan untuk pengguna G Basic Suite, 150 orang bagi pengguna G Suite Business dan 260 orang per meeting untuk pengguna yang membeli paket G Suite Enterprise.
- Mempunyai kemampuan untuk bergabung dengan rapat dari web atau melalui aplikasi yang di instal oleh pengguna smartphone Android dan iOS.
- Kemampuan untuk melakukan rapat online dengan nomor dial-in.
- Jika pengguna edisi G Suite Enterprise memakai nomor dial-in, maka kata sandi atau password pengguna akan terlindungi.
- Integrasi dengan Google Calendar untuk melakukan panggilan rapat sekali klik.
- Berbagi layar untuk menyajikan dokumen, spreadsheet atau presentasi.
- Panggilan terenkripsi di antara semua penggunanya.
- Teks tertutup yang dihasilkan oleh adanya AI.


Quizizz (ujian berbasis game online) merupakan web tool untuk membuat permainan kuis interaktif yang digunakan dalam pembelajaran di kelas. Quizizz terdiri dari satu soal dan 4 pilihan jawaban termasuk jawaban benar diantara pilihan tersebut. Pada soal maupun pilihan dapat diberikan gambar sehingga dapat menarik perhatian siswa. Bila soal Quizizz sudah jadi dibuat, maka soal tersebut dapat dibagikan kepada siswa dengan menggunakan 6 digit kode dari Quizizz. Kelebihan dari Quizizz adalah (i) siswa satu dengan yang lainnya tidak dapat mencontek karena soal yang diberikan kepada siswa satu dengan yang lainnya telah diacak; (ii) dapat mengetahui rangking yang didapat dari keseluruhan siswa yang mengerjakan soal tersebut; (iii) mengetahui soal dan jawaban yang betul dari soal yang telah dikerjakannya.


Apliakasi mentimeter di masa pembelajaran atau pelatihan dalam jaringan banyak digunakan sebagai solusi untuk membuat Pre Test sederhana secara online sehingga presentasi yang disampaikan lebih interaktif karena bisa langssung menggali pendapat peserta didik Era Digita 4.0 secara langsung. Mentimeter merupakan salah satu alat untuk bekerja jarak jauh. Mentimeter adalah software presentasi yang mudah digunakan. Dengan mentimeter dapat membuat presentasi yang menyenangkan dan interaktif. Mentimeter membantu menjadikan kegiatan pembelajaran, presentasi, ceramah, dan lokakarya menjadi inovatif dan berkesan. Mentimeter dapat digunakan untuk hal berikut (i) Melibatkan dan berinteraksi dengan siswa atau peserta kegiatan menggunakan polling langsung, (ii) Mengumpulkan umpan balik dari respon peserta untuk terus meningkatkan kualitas pembelajaran atau presentasi yang dilakukan, (iii) Memastikan semua orang mengikuti dan berpartisipasi bahkan dalam rapat online. Langkah menggunakan Mentimeter adalah (i) Ketik www.menti.com, (ii) Masukan kode, dan (iiii) Klik Submit.