བདུན་ཕྲག་རེ་བཞིན་གྱི་བཅུད་དོན།
Sains Dasar (Basic Science) MIP617101


Profil Mata Kuliah Sains Dasar
- Nama PS/Jurusan : Fisika
- Nama Fakultas : Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
- Nama Universitas : Universitas Lampung
- Nama Mata Kuliah : Sains Dasar (Basic Science )
- Kode Mata Kuliah : MIP617101
- SKS Mata Kuliah : 2(2-0)
- Semester : Ganjil (I)
- Jenjang : S-1
གྲོས་གནས།: 1ཡིག་སྣོད་ཚུ།: 4ཤོག་ལེབ་ཚུ།: 9ཡུ་ཨར་ཨེལ་: 1Pertemuan Pertama: 1. Sejarah Sains


Selamat datang saya ucapkan kepada peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 pada Pertemuan Pertama Mata Kuliah Basic Science. Semoga peserta didik dalam keadaan baik dan siap mengikuti proses pembelajaran dengan semangat. Gambaran umum Pertemuan Pertama adalah peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 diharapkan menguasai Kemampuan Akhir berupa kemampuan Membandingkan Perkembangan Sains Dari Masa Yunani Purba Hingga Modern. Untuk mencapai kemampuan tersebut, maka pada Pertemuan Pertama Mata Kuliah Basic Science yang membahas topik Sejarah Sains didesain terdiri atas beberapa bagian, yaitu : (i) Tujuan Pembelajaran, (ii) Peta Konsep, (iii) Materi Pembelajaran dalam bentuk PDF, (iv) Video Pembelajaran, (v) Hiburan (Ice Breaking), (vi) Rangkuman, (vii) Forum Diskusi, (viii) Kuis (Quizizz), (ix) Tugas, dan (x) Modul Digital (Scrom).

Mohon dipastikan peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 melaksanakan setiap tahapan dalam Pertemuan Pertama Mata Kuliah Basic Science secara sistematis agar dapat menjawab tantangan berupa soal yang disajikan melalui Quizizz untuk melihat seberapa besar pemahaman peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 terhadap Sejarah Sains. Tantangan didesain terdiri atas 20 soal dengan berbagai tipe soal yang mampu mengasah kemampuan Mengingat (C1), Memahami (C2), Mengaplikasikan (C3), Menganalisis (C4), dan Mengevaluasi (C5) menurut Taksonomi Bloom yang dilengkapi dengan gambar dan musik menarik sehingga peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 dalam mengerjakannya secara optimal. Peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 juga diberikan tugas berupa soal essay yang terdiri atas empat soal agar Skill pada abad 21, yakni Problem Solving, Critical Thinking, Creativity, & Emotional Intelligence dapat dikuasai dengan baik.

Adapun tujuan pembelajaran pada Pertemuan Pertama Mata Kuliah Basic Science adalah sebagai berikut:

Salam Perubahan
Leni Rumiyanti, S.Pd, M.ScGoogle Meet™ for Moodle: 1ཤོག་ལེབ་ཚུ།: 2གྲོས་གནས།: 1ལས་འགུལ།: 1ཡུ་ཨར་ཨེལ་: 1SCORM ཐུམ་སྒྲིལ་: 1Pertemuan Kedua: 2. Ranah Sains


Selamat datang saya ucapkan kepada peserta didik pada Pertemuan Kedua Mata Kuliah Basic Science. Semoga peserta didik dalam keadaan baik dan siap mengikuti proses pembelajaran dengan semangat sehingga Kemampuan Akhir yang diharapkan pada Pertemuan Kedua ini, yakni Membandingkan ranah (bidang) kajian sains murni, sains terapan, dan teknologi dapat tercapai dengan baik. Pertemuan Kedua Mata Kuliah Basic Science ini membahas topik Ranah Sains yang terdiri atas beberapa bagian, yaitu : (i) Tujuan Pembelajaran, (ii) Peta Konsep, (iii) Materi Pembelajaran (PDF dan Video Pembelajaran), (iv) Hiburan (Ice Breaking); (v) Forum Diskusi, (vi) Kuis (Quizizz), dan (vii) Tugas (Virtual Class). Mohon dipastikan peserta didik melaksanakan setiap tahapan dalam Pertemuan Kedua Mata Kuliah Basic Science secara sistematis agar hasil pembelajaran menjadi maksimal.

Mohon dipastikan peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 melaksanakan setiap tahapan dalam Pertemuan Pertama Mata Kuliah Basic Science secara sistematis agar dapat menjawab tantangan berupa soal yang disajikan melalui Quizizz untuk melihat seberapa besar pemahaman peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 terhadap Sejarah Sains. Tantangan didesain terdiri atas 20 soal dengan berbagai tipe soal yang mampu mengasah kemampuan Mengingat (C1), Memahami (C2), Mengaplikasikan (C3), Menganalisis (C4), dan Mengevaluasi (C5) menurut Taksonomi Bloom yang dilengkapi dengan gambar dan musik menarik sehingga peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 dalam mengerjakannya secara optimal. Peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 juga diberikan tugas berupa soal essay yang terdiri atas empat soal agar Skill pada abad 21, yakni Problem Solving, Critical Thinking, Creativity, & Emotional Intelligence dapat dikuasai dengan baik.


Selamat mengikuti Pertemuan Kedua Mata Kuliah Basic Science ini dengan Happy, Confident, Never Give Up, and Pray agar setiap langkah anda dalam belajar dicatat sebagai Ibadah Allah SWT. God Bless You and Good Luck. Salam Perjuangan!!!
ཤོག་ལེབ་ཚུ།: 3ལས་འགུལ།: 1ཡུ་ཨར་ཨེལ་: 1SCORM ཐུམ་སྒྲིལ་: 1Pertemuan Ketiga: 3. Metode Ilmiah


Selamat datang saya ucapkan kepada peserta didik pada Pertemuan Ketiga Mata Kuliah Basic Science. Semoga peserta didik dalam keadaan baik dan siap mengikuti proses pembelajaran dengan semangat sehingga Kemampuan Akhir yang diharapkan pada Pertemuan ketiga ini, yakni Menyimpulkan langkah–langkah pengungkapan fenomena alam menjadi pengetahuan ilmiah dapat tercapai dengan baik. Pertemuan ketiga Mata Kuliah Basic Science ini membahas topik Metode Ilmiah yang terdiri atas beberapa bagian, yaitu : (i) Tujuan Pembelajaran, (ii) Peta Konsep, (iii) Materi Pembelajaran (PDF dan Video Pembelajaran), (iv) Hiburan (Ice Breaking); (v) Forum Diskusi, (vi) Kuis (Quizizz), dan (vii) Tugas (Virtual Class). Mohon dipastikan peserta didik melaksanakan setiap tahapan dalam Pertemuan ketiga Mata Kuliah Basic Science secara sistematis agar hasil pembelajaran menjadi maksimal.
Selamat mengikuti Pertemuan ketiga Mata Kuliah Basic Science ini dengan Happy, Confident, Never Give Up, and Pray agar setiap langkah anda dalam belajar dicatat sebagai Ibadah Allah SWT. God Bless You and Good Luck. Salam Perjuangan!!!
ཤོག་ལེབ།: 1ཡུ་ཨར་ཨེལ་ཚུ་: 3གྲོས་གནས།: 1ལས་འགུལ།: 1SCORM ཐུམ་སྒྲིལ་: 1Pertemuan Keempat: 4. Materi dan Energi


Selamat datang saya ucapkan kepada peserta didik pada Pertemuan Keempat Mata Kuliah Basic Science. Semoga peserta didik dalam keadaan baik dan siap mengikuti proses pembelajaran dengan semangat sehingga Kemampuan Akhir yang diharapkan pada Pertemuan keempat ini, yakni Mengkaji Prinsip dan Klasifikasi Materi dan Energi dapat tercapai dengan baik. Pertemuan keempat Mata Kuliah Basic Science ini membahas topik Materi dan Energi yang terdiri atas beberapa bagian, yaitu : (i) Tujuan Pembelajaran, (ii) Peta Konsep, (iii) Materi Pembelajaran (PDF dan Video Pembelajaran), (iv) Hiburan (Ice Breaking); (v) Forum Diskusi, (vi) Kuis (Quizizz), dan (vii) Tugas (Virtual Class). Mohon dipastikan peserta didik melaksanakan setiap tahapan dalam Pertemuan keempat Mata Kuliah Basic Science secara sistematis agar hasil pembelajaran menjadi maksimal.
Selamat mengikuti Pertemuan keempat Mata Kuliah Basic Science ini dengan Happy, Confident, Never Give Up, and Pray agar setiap langkah anda dalam belajar dicatat sebagai Ibadah Allah SWT. God Bless You and Good Luck. Salam Perjuangan!!!
གདམ་ཁ།: 1ཤོག་ལེབ།: 1གྲོས་གནས།: 1ཡུ་ཨར་ཨེལ་ཚུ་: 2ལས་འགུལ།: 1SCORM ཐུམ་སྒྲིལ་: 1Pertemuan Kelima: 5. Makhluk Hidup


Selamat datang saya ucapkan kepada peserta didik pada Pertemuan Kelima Mata Kuliah Basic Science. Semoga peserta didik dalam keadaan baik dan siap mengikuti proses pembelajaran dengan semangat sehingga Kemampuan Akhir yang diharapkan pada Pertemuan kelima ini, yakni Mengkaji Prinsip dan Klasifikasi Makhluk Hidup dapat tercapai dengan baik. Pertemuan kelima Mata Kuliah Basic Science ini membahas topik Makhluk Hidup yang terdiri atas beberapa bagian, yaitu : (i) Tujuan Pembelajaran, (ii) Peta Konsep, (iii) Materi Pembelajaran (PDF dan Video Pembelajaran), (iv) Hiburan (Ice Breaking); (v) Forum Diskusi, (vi) Kuis (Quizizz), dan (vii) Tugas (Virtual Class). Mohon dipastikan peserta didik melaksanakan setiap tahapan dalam Pertemuan kelima Mata Kuliah Basic Science secara sistematis agar hasil pembelajaran menjadi maksimal.
Selamat mengikuti Pertemuan kelima Mata Kuliah Basic Science ini dengan Happy, Confident, Never Give Up, and Pray agar setiap langkah anda dalam belajar dicatat sebagai Ibadah Allah SWT. God Bless You and Good Luck. Salam Perjuangan!!!
གདམ་ཁ།: 1ཤོག་ལེབ།: 1ཡུ་ཨར་ཨེལ་ཚུ་: 3གྲོས་གནས།: 1ལས་འགུལ།: 1SCORM ཐུམ་སྒྲིལ་: 1Pertemuan Keenam: 6. Besaran dan Satuan


Selamat datang saya ucapkan kepada peserta didik pada Pertemuan Keenam Mata Kuliah Basic Science. Semoga peserta didik dalam keadaan baik dan siap mengikuti proses pembelajaran dengan semangat sehingga Kemampuan Akhir yang diharapkan pada Pertemuan keenam ini, yakni Memecahkan Permasalahan Berkaitan Dengan Besaran dan Satuan Fisika dapat tercapai dengan baik. Pertemuan keenam Mata Kuliah Basic Science ini membahas topik Besaran dan Satuan yang terdiri atas beberapa bagian, yaitu : (i) Tujuan Pembelajaran, (ii) Peta Konsep, (iii) Materi Pembelajaran (PDF dan Video Pembelajaran), (iv) Hiburan (Ice Breaking); (v) Forum Diskusi, (vi) Kuis (Quizizz), dan (vii) Tugas (Virtual Class). Mohon dipastikan peserta didik melaksanakan setiap tahapan dalam Pertemuan keenam Mata Kuliah Basic Science secara sistematis agar hasil pembelajaran menjadi maksimal.
Selamat mengikuti Pertemuan keenam Mata Kuliah Basic Science ini dengan Happy, Confident, Never Give Up, and Pray agar setiap langkah anda dalam belajar dicatat sebagai Ibadah Allah SWT. God Bless You and Good Luck. Salam Perjuangan!!!
ཤོག་ལེབ།: 1ཡུ་ཨར་ཨེལ་ཚུ་: 3གྲོས་གནས།: 1ལས་འགུལ།: 1SCORM ཐུམ་སྒྲིལ་: 1Pertemuan Ketujuh: 7. Pengukuran & Alat Ukur

Selamat datang saya ucapkan kepada peserta didik pada Pertemuan Ketujuh Mata Kuliah Basic Science. Semoga peserta didik dalam keadaan baik dan siap mengikuti proses pembelajaran dengan semangat sehingga Kemampuan Akhir yang diharapkan pada Pertemuan ketujuh ini, yakni Menghitung Tentang Pengukuran Fisika dapat tercapai dengan baik. Pertemuan ketujuh Mata Kuliah Basic Science ini membahas topik Pengukuran dan Alat Ukur yang terdiri atas beberapa bagian, yaitu : (i) Tujuan Pembelajaran, (ii) Peta Konsep, (iii) Materi Pembelajaran (PDF dan Video Pembelajaran), (iv) Hiburan (Ice Breaking); (v) Forum Diskusi, (vi) Kuis (Quizizz), dan (vii) Tugas (Virtual Class). Mohon dipastikan peserta didik melaksanakan setiap tahapan dalam Pertemuan ketujuh Mata Kuliah Basic Science secara sistematis agar hasil pembelajaran menjadi maksimal.
Selamat mengikuti Pertemuan ketujuh Mata Kuliah Basic Science ini dengan Happy, Confident, Never Give Up, and Pray agar setiap langkah anda dalam belajar dicatat sebagai Ibadah Allah SWT. God Bless You and Good Luck. Salam Perjuangan!!!
ཤོག་ལེབ།: 1ཡུ་ཨར་ཨེལ་ཚུ་: 3གྲོས་གནས།: 1ལས་འགུལ།: 1SCORM ཐུམ་སྒྲིལ་: 1Petemuan Kedelapan: 8. Variabel dan Data Hasil Penelitian


Selamat datang saya ucapkan kepada peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 pada Pertemuan Kedelapan Mata Kuliah Basic Science. Semoga peserta didik dalam keadaan baik dan siap mengikuti proses pembelajaran dengan semangat. Gambaran umum Pertemuan Pertama adalah peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 diharapkan menguasai Kemampuan Akhir berupa kemampuan Menafsirkan Variabel dan Data Hasil Penelitian . Untuk mencapai kemampuan tersebut, maka pada Pertemuan kedelapan Mata Kuliah Basic Science yang membahas topik Variabel Dan Data Hasil Penelitian didesain terdiri atas beberapa bagian, yaitu : (i) Tujuan Pembelajaran, (ii) Peta Konsep, (iii) Materi Pembelajaran dalam bentuk PDF, (iv) Video Pembelajaran, (v) Hiburan (Ice Breaking), (vi) Rangkuman, (vii) Forum Diskusi, (viii) Kuis (Quizizz), (ix) Tugas, dan (x) Modul Digital (Scrom).

Mohon dipastikan peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 melaksanakan setiap tahapan dalam Pertemuan kedelapan Quizizz untuk melihat seberapa besar pemahaman peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 terhadap Variabel Dan Data Hasil Penelitian . Tantangan didesain terdiri atas 20 soal dengan berbagai tipe soal yang mampu mengasah kemampuan Mengingat (C1), Memahami (C2), Mengaplikasikan (C3), Menganalisis (C4), dan Mengevaluasi (C5) menurut Taksonomi Bloom yang dilengkapi dengan gambar dan musik menarik sehingga peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 dalam mengerjakannya secara optimal. Peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 juga diberikan tugas berupa soal essay yang terdiri atas empat soal agar Skill pada abad 21, yakni Problem Solving, Critical Thinking, Creativity, & Emotional Intelligence dapat dikuasai dengan baik.

Adapun tujuan pembelajaran pada Pertemuan kedelapan Mata Kuliah Basic Science adalah sebagai berikut:
ཤོག་ལེབ།: 1ཡུ་ཨར་ཨེལ་ཚུ་: 3གྲོས་གནས།: 1ལས་འགུལ།: 1SCORM ཐུམ་སྒྲིལ་: 1Pertemuan Kesembilan: 9. Sains Kesehatan


Selamat datang saya ucapkan kepada peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 pada Pertemuan Kesembilan Mata Kuliah Basic Science. Semoga peserta didik dalam keadaan baik dan siap mengikuti proses pembelajaran dengan semangat. Gambaran umum Pertemuan Kesembilan adalah peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 diharapkan menguasai Kemampuan Akhir berupa kemampuan Mengkaji prinsip dan aplikasi metode-metode sains dalam bidang kesehatan. Untuk mencapai kemampuan tersebut, maka pada Pertemuan Pertama Mata Kuliah Basic Science yang membahas topik Sains Kesehatan didesain terdiri atas beberapa bagian, yaitu : (i) Tujuan Pembelajaran, (ii) Peta Konsep, (iii) Materi Pembelajaran dalam bentuk PDF, (iv) Video Pembelajaran, (v) Hiburan (Ice Breaking), (vi) Rangkuman, (vii) Forum Diskusi, (viii) Kuis (Quizizz), (ix) Tugas, dan (x) Modul Digital (Scrom).

Mohon dipastikan peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 melaksanakan setiap tahapan dalam Pertemuan Kesembilan Mata Kuliah Basic Science secara sistematis agar dapat menjawab tantangan berupa soal yang disajikan melalui Quizizz untuk melihat seberapa besar pemahaman peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 terhadap Sejarah Sains. Tantangan didesain terdiri atas 20 soal dengan berbagai tipe soal yang mampu mengasah kemampuan Mengingat (C1), Memahami (C2), Mengaplikasikan (C3), Menganalisis (C4), dan Mengevaluasi (C5) menurut Taksonomi Bloom yang dilengkapi dengan gambar dan musik menarik sehingga peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 dalam mengerjakannya secara optimal. Peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 juga diberikan tugas berupa soal essay yang terdiri atas empat soal agar Skill pada abad 21, yakni Problem Solving, Critical Thinking, Creativity, & Emotional Intelligence dapat dikuasai dengan baik.

Adapun tujuan pembelajaran pada Pertemuan Kesembilan Mata Kuliah Basic Science adalah sebagai berikut:
Salam Perubahan
Leni Rumiyanti, S.Pd, M.Scཤོག་ལེབ།: 1ཡུ་ཨར་ཨེལ་ཚུ་: 2གྲོས་གནས།: 1ལས་འགུལ།: 1SCORM ཐུམ་སྒྲིལ་: 1Pertemuan Kesepuluh: 10. Sains Forensik


Selamat datang saya ucapkan kepada peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 pada Pertemuan Kesepuluh Mata Kuliah Basic Science. Semoga peserta didik dalam keadaan baik dan siap mengikuti proses pembelajaran dengan semangat. Gambaran umum Pertemuan Kesepuluh adalah peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 diharapkan menguasai Kemampuan Akhir berupa kemampuan Mengkaji Prinsip dan Aplikasi Metode-Metode Sains Dalam Bidang Forensik. Untuk mencapai kemampuan tersebut, maka pada Pertemuan Kesepuluh Mata Kuliah Basic Science yang membahas topik Sains Forensik didesain terdiri atas beberapa bagian, yaitu : (i) Tujuan Pembelajaran, (ii) Peta Konsep, (iii) Materi Pembelajaran dalam bentuk PDF, (iv) Video Pembelajaran, (v) Hiburan (Ice Breaking), (vi) Rangkuman, (vii) Forum Diskusi, (viii) Kuis (Quizizz), (ix) Tugas, dan (x) Modul Digital (Scrom).

Mohon dipastikan peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 melaksanakan setiap tahapan dalam Pertemuan Kesepuluh Mata Kuliah Basic Science secara sistematis agar dapat menjawab tantangan berupa soal yang disajikan melalui Quizizz untuk melihat seberapa besar pemahaman peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 terhadap Sejarah Sains. Tantangan didesain terdiri atas 20 soal dengan berbagai tipe soal yang mampu mengasah kemampuan Mengingat (C1), Memahami (C2), Mengaplikasikan (C3), Menganalisis (C4), dan Mengevaluasi (C5) menurut Taksonomi Bloom yang dilengkapi dengan gambar dan musik menarik sehingga peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 dalam mengerjakannya secara optimal. Peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 juga diberikan tugas berupa soal essay yang terdiri atas empat soal agar Skill pada abad 21, yakni Problem Solving, Critical Thinking, Creativity, & Emotional Intelligence dapat dikuasai dengan baik.

Adapun tujuan pembelajaran pada Pertemuan Kesepuluh Mata Kuliah Basic Science adalah sebagai berikut:
Selamat mengikuti Pertemuan Kesepuluh Mata Kuliah Basic Science ini dengan Happy, Confident, Never Give Up, and Pray agar setiap langkah anda dalam belajar dicatat sebagai Ibadah Allah SWT. God Bless You and Good Luck. Salam Perjuangan!!!
Leni Rumiyanti, S.Pd, M.Sc
ཤོག་ལེབ།: 1ཡུ་ཨར་ཨེལ་ཚུ་: 2གྲོས་གནས།: 1ལས་འགུལ།: 1SCORM ཐུམ་སྒྲིལ་: 1Pertemuan Kesebelas: 11. Sains Pertanian

.

Selamat datang saya ucapkan kepada peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 pada Pertemuan Kesebelas Mata Kuliah Basic Science. Semoga peserta didik dalam keadaan baik dan siap mengikuti proses pembelajaran dengan semangat. Gambaran umum Pertemuan Kesebelas adalah peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 diharapkan menguasai Kemampuan Akhir berupa kemampuan Mengkaji Prinsip dan Aplikasi Metode-Metode Sains Dalam Bidang Pertanian. Untuk mencapai kemampuan tersebut, maka pada Pertemuan Kesebelas Mata Kuliah Basic Science yang membahas topik Sains Pertanian didesain terdiri atas beberapa bagian, yaitu : (i) Tujuan Pembelajaran, (ii) Peta Konsep, (iii) Materi Pembelajaran dalam bentuk PDF, (iv) Video Pembelajaran, (v) Hiburan (Ice Breaking), (vi) Rangkuman, (vii) Forum Diskusi, (viii) Kuis (Quizizz), (ix) Tugas, dan (x) Modul Digital (Scrom).

Mohon dipastikan peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 melaksanakan setiap tahapan dalam Pertemuan Kesebelas Mata Kuliah Basic Science secara sistematis agar dapat menjawab tantangan berupa soal yang disajikan melalui Quizizz untuk melihat seberapa besar pemahaman peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 terhadap Sejarah Sains. Tantangan didesain terdiri atas 20 soal dengan berbagai tipe soal yang mampu mengasah kemampuan Mengingat (C1), Memahami (C2), Mengaplikasikan (C3), Menganalisis (C4), dan Mengevaluasi (C5) menurut Taksonomi Bloom yang dilengkapi dengan gambar dan musik menarik sehingga peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 dalam mengerjakannya secara optimal. Peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 juga diberikan tugas berupa soal essay yang terdiri atas empat soal agar Skill pada abad 21, yakni Problem Solving, Critical Thinking, Creativity, & Emotional Intelligence dapat dikuasai dengan baik.

Adapun tujuan pembelajaran pada Pertemuan Kesebelas Mata Kuliah Basic Science adalah sebagai berikut:
Selamat mengikuti Pertemuan Kesebelas Mata Kuliah Basic Science ini dengan Happy, Confident, Never Give Up, and Pray agar setiap langkah anda dalam belajar dicatat sebagai Ibadah Allah SWT. God Bless You and Good Luck. Salam Perjuangan!!
Leni Rumiyanti, S.Pd, M.Sc
ཤོག་ལེབ།: 1ཡུ་ཨར་ཨེལ་ཚུ་: 2གྲོས་གནས།: 1ལས་འགུལ།: 1SCORM ཐུམ་སྒྲིལ་: 1Pertemuan Kedua belas: 12. Sains Kelautan dan Perikanan


Selamat datang saya ucapkan kepada peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 pada Pertemuan Kedua belas Mata Kuliah Basic Science. Semoga peserta didik dalam keadaan baik dan siap mengikuti proses pembelajaran dengan semangat. Gambaran umum Pertemuan Kedua belas adalah peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 diharapkan menguasai Kemampuan Akhir berupa kemampuan Mengkaji Prinsip dan Aplikasi Metode-Metode Sains Dalam Bidang Kelautan & Perikanan. Untuk mencapai kemampuan tersebut, maka pada Pertemuan Kedua Belas Mata Kuliah Basic Science yang membahas topik Sains Kelautan didesain terdiri atas beberapa bagian, yaitu : (i) Tujuan Pembelajaran, (ii) Peta Konsep, (iii) Materi Pembelajaran dalam bentuk PDF, (iv) Video Pembelajaran, (v) Hiburan (Ice Breaking), (vi) Rangkuman, (vii) Forum Diskusi, (viii) Kuis (Quizizz), (ix) Tugas, dan (x) Modul Digital (Scrom).

Mohon dipastikan peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 melaksanakan setiap tahapan dalam Pertemuan Kedua belas Mata Kuliah Basic Science secara sistematis agar dapat menjawab tantangan berupa soal yang disajikan melalui Quizizz untuk melihat seberapa besar pemahaman peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 terhadap Sejarah Sains. Tantangan didesain terdiri atas 20 soal dengan berbagai tipe soal yang mampu mengasah kemampuan Mengingat (C1), Memahami (C2), Mengaplikasikan (C3), Menganalisis (C4), dan Mengevaluasi (C5) menurut Taksonomi Bloom yang dilengkapi dengan gambar dan musik menarik sehingga peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 dalam mengerjakannya secara optimal. Peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 juga diberikan tugas berupa soal essay yang terdiri atas empat soal agar Skill pada abad 21, yakni Problem Solving, Critical Thinking, Creativity, & Emotional Intelligence dapat dikuasai dengan baik.

Adapun tujuan pembelajaran pada Pertemuan Kedua belas Mata Kuliah Basic Science adalah sebagai berikut:
Selamat mengikuti Pertemuan Kedua belas Mata Kuliah Basic Science ini dengan Happy, Confident, Never Give Up, and Pray agar setiap langkah anda dalam belajar dicatat sebagai Ibadah Allah SWT. God Bless You and Good Luck. Salam Perjuangan!!!
Leni Rumiyanti, S.Pd, M.Sc
ཤོག་ལེབ།: 1ཡུ་ཨར་ཨེལ་ཚུ་: 2གྲོས་གནས།: 1ལས་འགུལ།: 1SCORM ཐུམ་སྒྲིལ་: 1Pertemuan Ketiga Belas: 13. Sains Transportasi


Selamat datang saya ucapkan kepada peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 pada Pertemuan Ketiga belas Mata Kuliah Basic Science. Semoga peserta didik dalam keadaan baik dan siap mengikuti proses pembelajaran dengan semangat. Gambaran umum Pertemuan Ketiga belas adalah peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 diharapkan menguasai Kemampuan Akhir berupa kemampuan Mengkaji Prinsip dan Aplikasi Metode-Metode Sains Dalam Bidang Transportasi. Untuk mencapai kemampuan tersebut, maka pada Pertemuan Ketiga belas Mata Kuliah Basic Science yang membahas topik Sains Transportasi didesain terdiri atas beberapa bagian, yaitu : (i) Tujuan Pembelajaran, (ii) Peta Konsep, (iii) Materi Pembelajaran dalam bentuk PDF, (iv) Video Pembelajaran, (v) Hiburan (Ice Breaking), (vi) Rangkuman, (vii) Forum Diskusi, (viii) Kuis (Quizizz), (ix) Tugas, dan (x) Modul Digital (Scrom).

Mohon dipastikan peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 melaksanakan setiap tahapan dalam Pertemuan Ketiga belas Mata Kuliah Basic Science secara sistematis agar dapat menjawab tantangan berupa soal yang disajikan melalui Quizizz untuk melihat seberapa besar pemahaman peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 terhadap Sejarah Sains. Tantangan didesain terdiri atas 20 soal dengan berbagai tipe soal yang mampu mengasah kemampuan Mengingat (C1), Memahami (C2), Mengaplikasikan (C3), Menganalisis (C4), dan Mengevaluasi (C5) menurut Taksonomi Bloom yang dilengkapi dengan gambar dan musik menarik sehingga peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 dalam mengerjakannya secara optimal. Peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 juga diberikan tugas berupa soal essay yang terdiri atas empat soal agar Skill pada abad 21, yakni Problem Solving, Critical Thinking, Creativity, & Emotional Intelligence dapat dikuasai dengan baik.

Adapun tujuan pembelajaran pada Pertemuan Ketiga belas Mata Kuliah Basic Science adalah sebagai berikut:
Selamat mengikuti Pertemuan Ketiga belas Mata Kuliah Basic Science ini dengan Happy, Confident, Never Give Up, and Pray agar setiap langkah anda dalam belajar dicatat sebagai Ibadah Allah SWT. God Bless You and Good Luck. Salam Perjuangan!!!
Leni Rumiyanti, S.Pd, M.Sc
ཤོག་ལེབ།: 1ཡུ་ཨར་ཨེལ་ཚུ་: 2གྲོས་གནས།: 1ལས་འགུལ།: 1SCORM ཐུམ་སྒྲིལ་: 1Pertemuan Keempat belas: 14. Sains Navigasi


Selamat datang saya ucapkan kepada peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 pada Pertemuan Keempat belas Mata Kuliah Basic Science. Semoga peserta didik dalam keadaan baik dan siap mengikuti proses pembelajaran dengan semangat. Gambaran umum Pertemuan Keempat belas adalah peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 diharapkan menguasai Kemampuan Akhir berupa kemampuan Mengkaji Prinsip Dan Aplikasi Metode-Metode Sains Dalam Bidang Navigasi. Untuk mencapai kemampuan tersebut, maka pada Pertemuan Keempat belas Mata Kuliah Basic Science yang membahas topik Sains Navigasi didesain terdiri atas beberapa bagian, yaitu : (i) Tujuan Pembelajaran, (ii) Peta Konsep, (iii) Materi Pembelajaran dalam bentuk PDF, (iv) Video Pembelajaran, (v) Hiburan (Ice Breaking), (vi) Rangkuman, (vii) Forum Diskusi, (viii) Kuis (Quizizz), (ix) Tugas, dan (x) Modul Digital (Scrom).

Mohon dipastikan peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 melaksanakan setiap tahapan dalam Pertemuan Keempat belas Mata Kuliah Basic Science secara sistematis agar dapat menjawab tantangan berupa soal yang disajikan melalui Quizizz untuk melihat seberapa besar pemahaman peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 terhadap Sejarah Sains. Tantangan didesain terdiri atas 20 soal dengan berbagai tipe soal yang mampu mengasah kemampuan Mengingat (C1), Memahami (C2), Mengaplikasikan (C3), Menganalisis (C4), dan Mengevaluasi (C5) menurut Taksonomi Bloom yang dilengkapi dengan gambar dan musik menarik sehingga peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 dalam mengerjakannya secara optimal. Peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 juga diberikan tugas berupa soal essay yang terdiri atas empat soal agar Skill pada abad 21, yakni Problem Solving, Critical Thinking, Creativity, & Emotional Intelligence dapat dikuasai dengan baik.

Adapun tujuan pembelajaran pada Pertemuan Keempat belas Mata Kuliah Basic Science adalah sebagai berikut:
Selamat mengikuti Pertemuan keempat belas Mata Kuliah Basic Science ini dengan Happy, Confident, Never Give Up, and Pray agar setiap langkah anda dalam belajar dicatat sebagai Ibadah Allah SWT. God Bless You and Good Luck. Salam Perjuangan!!!
Leni Rumiyanti, S.Pd, M.Sc
ཤོག་ལེབ།: 1ཡུ་ཨར་ཨེལ་ཚུ་: 2གྲོས་གནས།: 1ལས་འགུལ།: 1SCORM ཐུམ་སྒྲིལ་: 1Pertemuan Kelima Belas: 15. Pemanasan Global Dan Perubahan Iklim


Selamat datang saya ucapkan kepada peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 pada Pertemuan Kelima belas Mata Kuliah Basic Science. Semoga peserta didik dalam keadaan baik dan siap mengikuti proses pembelajaran dengan semangat. Gambaran umum Pertemuan Kelima belas adalah peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 diharapkan menguasai Kemampuan Akhir berupa kemampuan Menafsirkan Konsep Dan Prinsip Sains Yang Terkait Dengan Pemanasan Global Dan Perubahan Iklim. Untuk mencapai kemampuan tersebut, maka pada Pertemuan Kelima belas Mata Kuliah Basic Science yang membahas topik Pemanasan Global dan Perubahan Iklim didesain terdiri atas beberapa bagian, yaitu : (i) Tujuan Pembelajaran, (ii) Peta Konsep, (iii) Materi Pembelajaran dalam bentuk PDF, (iv) Video Pembelajaran, (v) Hiburan (Ice Breaking), (vi) Rangkuman, (vii) Forum Diskusi, (viii) Kuis (Quizizz), (ix) Tugas, dan (x) Modul Digital (Scrom).

Mohon dipastikan peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 melaksanakan setiap tahapan dalam Pertemuan Kelima belas Mata Kuliah Basic Science secara sistematis agar dapat menjawab tantangan berupa soal yang disajikan melalui Quizizz untuk melihat seberapa besar pemahaman peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 terhadap Sejarah Sains. Tantangan didesain terdiri atas 20 soal dengan berbagai tipe soal yang mampu mengasah kemampuan Mengingat (C1), Memahami (C2), Mengaplikasikan (C3), Menganalisis (C4), dan Mengevaluasi (C5) menurut Taksonomi Bloom yang dilengkapi dengan gambar dan musik menarik sehingga peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 dalam mengerjakannya secara optimal. Peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 juga diberikan tugas berupa soal essay yang terdiri atas empat soal agar Skill pada abad 21, yakni Problem Solving, Critical Thinking, Creativity, & Emotional Intelligence dapat dikuasai dengan baik.

Adapun tujuan pembelajaran pada Pertemuan Kelima belas Mata Kuliah Basic Science adalah sebagai berikut:
Selamat mengikuti Pertemuan Kelima belas Mata Kuliah Basic Science ini dengan Happy, Confident, Never Give Up, and Pray agar setiap langkah anda dalam belajar dicatat sebagai Ibadah Allah SWT. God Bless You and Good Luck. Salam Perjuangan!!!
Leni Rumiyanti, S.Pd, M.Sc
ཤོག་ལེབ།: 1ཡུ་ཨར་ཨེལ་ཚུ་: 2གྲོས་གནས།: 1ལས་འགུལ།: 1SCORM ཐུམ་སྒྲིལ་: 1Pertemuan Keenam Belas: 16. Sumber Daya Alam dan Energi Terbarukan


Selamat datang saya ucapkan kepada peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 pada Pertemuan Keenam belas Mata Kuliah Basic Science. Semoga peserta didik dalam keadaan baik dan siap mengikuti proses pembelajaran dengan semangat. Gambaran umum Pertemuan Keenam belas adalah peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 diharapkan menguasai Kemampuan Akhir berupa kemampuan Menafsirkan Konsep dan Prinsip Sains yang Terkait dengan Sumber Daya Alam dan Energi Terbarukan. Untuk mencapai kemampuan tersebut, maka pada Pertemuan Keenam belas Mata Kuliah Basic Science yang membahas topik Sumber Daya Alam dan Energi Terbarukan didesain terdiri atas beberapa bagian, yaitu : (i) Tujuan Pembelajaran, (ii) Peta Konsep, (iii) Materi Pembelajaran dalam bentuk PDF, (iv) Video Pembelajaran, (v) Hiburan (Ice Breaking), (vi) Rangkuman, (vii) Forum Diskusi, (viii) Kuis (Quizizz), (ix) Tugas, dan (x) Modul Digital (Scrom).

Mohon dipastikan peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 melaksanakan setiap tahapan dalam Pertemuan Keenam belas Mata Kuliah Basic Science secara sistematis agar dapat menjawab tantangan berupa soal yang disajikan melalui Quizizz untuk melihat seberapa besar pemahaman peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 terhadap Sejarah Sains. Tantangan didesain terdiri atas 20 soal dengan berbagai tipe soal yang mampu mengasah kemampuan Mengingat (C1), Memahami (C2), Mengaplikasikan (C3), Menganalisis (C4), dan Mengevaluasi (C5) menurut Taksonomi Bloom yang dilengkapi dengan gambar dan musik menarik sehingga peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 dalam mengerjakannya secara optimal. Peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 juga diberikan tugas berupa soal essay yang terdiri atas empat soal agar Skill pada abad 21, yakni Problem Solving, Critical Thinking, Creativity, & Emotional Intelligence dapat dikuasai dengan baik.

Adapun tujuan pembelajaran pada Pertemuan Keenam belas Mata Kuliah Basic Science adalah sebagai berikut:
Selamat mengikuti Pertemuan Keenam belas Mata Kuliah Basic Science ini dengan Happy, Confident, Never Give Up, and Pray agar setiap langkah anda dalam belajar dicatat sebagai Ibadah Allah SWT. God Bless You and Good Luck. Salam Perjuangan!!!
Leni Rumiyanti, S.Pd, M.Sc.
ཤོག་ལེབ།: 1ཡུ་ཨར་ཨེལ་ཚུ་: 2གྲོས་གནས།: 1ལས་འགུལ།: 1SCORM ཐུམ་སྒྲིལ་: 1Ujian Tengah Semester
གདམ་ཁ།: 1རིག་བསྡུར་ཚུ།: 2Ujian Akhir Semester
རིག་བསྡུར།: 1ཤོག་ལེབ།: 1མིང་ཚིག་ཐོ་ཡིག་: 1བརྟག་ཞིབ།: 1