བདུན་ཕྲག་རེ་བཞིན་གྱི་བཅུད་དོན།

  • ཡོངས་ཁྱབ།

    • Pertemuan 1 (Orientasi Perkuliahan dan Kontrak Belajar)

    • Pertemuan 2 (Hakikat Manusia sebagai Makhluk Multidimensi)

    • Pertemuan 3 (Tujuan Pendidikan Nasional)

    • Pertemuan 4 (Landasan-Landasan Pendidikan)

    • Pertemuan 5 (Unsur-Unsur Pendidikan)

    • Pertemuan 6 (Aliran-Aliran Pendidikan)

    • Pertemuan 7 (Implikasi Aliran Pendidikan dalam Praktik)

    • Pertemuan 8 (Ujian Tengah Semester (UTS))

    • Pertemuan 9 (Konsep Dasar Tri Pusat Pendidikan Ki Hajar Dewantara)

    • Pertemuan 10 (Unsur-Unsur Tri Pusat Pendidikan)

      • Artikel ཡིག་སྣོད། {$a->ཚད་} {$a->དབྱེ་བ་}
    • Pertemuan 11 (Interrelasi dan Interdependensi Unsur Tri Pusat Pendidikan)

    • Pertemuan 12 (Sistem Penyelenggaraan Pendidikan di Indonesia (Bagian 1)

    • Pertemuan 13 (Sistem Penyelenggaraan Pendidikan di Indonesia (Bagian 2)

    • ད་རིས་ཀྱི་བདུན་ཕྲག

      Pertemuan 14 (Studi Kasus Sistem Pendidikan di Indonesia (Bagian 1)

      • Pilih salah satu isu pendidikan di Indonesia (misalnya: kesenjangan pendidikan di daerah terpencil, rendahnya kualitas guru, ketimpangan fasilitas sekolah, masalah kurikulum, atau minimnya peran masyarakat).

      • Lakukan analisis studi kasus dengan struktur sebagai berikut:

        • Pendahuluan: Jelaskan latar belakang masalah dan alasan isu tersebut penting untuk dikaji.

        • Deskripsi kasus: Sajikan fakta atau data singkat (dari artikel, berita, jurnal, atau pengalaman nyata) yang menggambarkan permasalahan.

        • Analisis teori: Kaitkan permasalahan dengan teori Tri Pusat Pendidikan (keluarga, sekolah, masyarakat). Bagaimana ketiganya saling berinterrelasi dan saling bergantung dalam kasus tersebut?

        • Kritik konstruktif: Analisis kelemahan kebijakan atau praktik yang ada, serta apa dampaknya jika salah satu unsur Tri Pusat tidak berfungsi.

        • Solusi dan inovasi: Tawarkan gagasan atau rekomendasi yang realistis dan kreatif untuk memperkuat sinergi keluarga, sekolah, dan masyarakat dalam mengatasi permasalahan.

      • Format penulisan:

        • Panjang minimal 3–4 halaman (A4, spasi 1,5, font Times New Roman 12).

        • Gunakan bahasa akademis yang runtut, jelas, dan kritis.

        • Cantumkan sumber referensi jika menggunakan data sekunder.