Ringkasan Mingguan
Umum
General news and announcements
Bismillaahirrahmaanirrahiim,
Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Shalom, Om Swastiastu, Namo Budaya, Salam Kebajikan.Selamat berjumpa dalam perkuliahan Manajemen Perubahan
Perkuliahan ini untuk mahasiswa reguler S1 Jurusan Manajemen FEB Univ. Lampung
Pengajar dalam perkuliahan ini adalah
Dr. Nova Mardiana, S.E., M.M. dan Lis Andriani, S.E., M.M.Si
Mata kuliah ini dapat mendorong mahasiswa untuk menguasai dan memahami konsep, model dan teori perubahan, bentuk dan strategi perubahan serta bagaimana memimpin perubahan, serta teknik dalam menggambarkan dan mengembangkan organisasi sebagai bagian dari perubahan yang direncanakan agar organisasi dapat mencapai tujuan mereka. Selain itu, mahasiswa diharapkan memiliki bekal yang memadai untuk memiliki keterampilan dan pemahaman tentang perubahan, sehingga dapat digunakan dan dimanfaatkan baik dalam kegiatan selama menjadi mahasiswa maupun setelah memasuki dunia kerja, di organisasi atau perusahaan yang ada atau dibangun sendiri.
KONTRAK KULIAH
Program Studi : S1 Manajemen
Mata Kuliah : Manajemen Perubahan
Kode MK : EBM620336
SKS : 2+1 SKS
Hari/Tanggal : Senin / 13.00 – 15.30
Dosen: Dr. Nova Mardiana, S.E., M.M.
Lis Andriani, S.E., M.Si.
Ruang : Vclass.unila.ac.id, Siakadu n Zoom id 876 820 1513
1. Tujuan Pembelajaran
Mata kuliah ini dapat mendorong mahasiswa untuk menguasai dan memahami konsep, model dan teori perubahan, bentuk dan strategi perubahan serta bagaimana memimpin perubahan, serta teknik dalam menggambarkan dan mengembangkan organisasi sebagai bagian dari perubahan yang direncanakan agar organisasi dapat mencapai tujuan mereka. Selain itu, mahasiswa diharapkan memiliki bekal yang memadai untuk memiliki keterampilan dan pemahaman tentang perubahan, sehingga dapat digunakan dan dimanfaatkan baik dalam kegiatan selama menjadi mahasiswa maupun setelah memasuki dunia kerja, di organisasi atau perusahaan yang ada atau dibangun sendiri.
2. Diskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini membahas tentang pentingnya perubahan manajemen, baik perubahan struktural maupun perubahan budaya ke arah yang lebih baik dan dinamis. Topik yang dipelajari meliputi: filosofi, sejarah dan konsep dasar perubahan, melihat dan meyakini perubahan, menginisiasi perubahan, mengubah budaya perusahaan dan mengelola ekspektasi. Kursus Manajemen Perubahan dirancang untuk membekali siswa dengan pengetahuan dan keahlian dalam memahami dampak perubahan dalam organisasi. Dalam kehidupan nyata, proses perubahan seringkali tidak berjalan seperti yang diharapkan. Mata kuliah ini diharapkan mampu memberikan pengetahuan dasar kepada mahasiswa tentang pentingnya perubahan dalam organisasi, faktor-faktor apa saja dalam organisasi yang perlu diubah, bagaimana perubahan perlu dilaksanakan, siapa saja orang-orang yang terlibat dalam proses perubahan, kapan perubahan tersebut dilakukan. proses perubahan perlu dilakukan, dan aspek terkait lainnya. dengan manajemen perubahan dalam organisasi.
3. Capaian Pembelajaran
Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan, pemahaman, dan kemahiran dalam konsep dasar manajemen perubahan, mampu menjelaskan dan menganalisis peran penting kepemimpinan dalam perubahan, serta mampu mengidentifikasi ruang lingkup utama dan menggambarkan inti utama. langkah-langkah dalam mengendalikan perubahan.
4. Indikator Capaian Pembelajaran
1. Mahasiswa mampu memahami dasar-dasar mengelola perubahan dengan mengidentifikasi tingkat perubahan
2. Siswa mampu memahami sisi kemanusiaan dari perubahan dan mengetahui bagaimana membantu orang menghadapi perubahan secara lebih efektif, mempertahankan komitmen mereka dan membawa mereka berhasil melalui proses perubahan.
3. Siswa mampu memahami berbagai jenis perubahan yang mempengaruhi organisasi, dan mengetahui bagaimana memanfaatkan berbagai pendekatan profesional untuk mendukung penyampaian hasil yang diinginkan organisasi secara efektif dari setiap inisiatif perubahan.
4. Siswa belajar untuk mengidentifikasi dan bekerja dengan para pemangku kepentingan dalam inisiatif perubahan, dan bagaimana merencanakan, melaksanakan dan mengukur komunikasi efektif yang diperlukan untuk membangun dan mempertahankan keterlibatan mereka.
5. Siswa belajar menilai dampak perubahan, mengembangkan tim perubahan yang efektif, dan mengenali serta mengatasi penolakan terhadap perubahan.
6. Mahasiswa mampu memahami proses mempertahankan perubahan dan bagaimana menanamkan inisiatif perubahan sebagai 'bisnis seperti biasa' baru.
5. Strategi Pembelajaran
Pembelajaran akan dilakukan dengan pendekatan “student center learning” yang terakreditasi dengan pembelajaran kolaboratif tipe active learning. Strateginya adalah menugaskan siswa setelah melakukan pertemuan awal dan pemetaan kemampuan, mereka akan difasilitasi oleh dosen untuk aktif berdiskusi dengan model diskusi pembelajaran aktif.
6. Tugas
1. Mahasiswa wajib bertanya dan aktif di kelas dengan mempersiapkan atau membaca terlebih dahulu materi yang akan dibahas di setiap pertemuan.
2. Mahasiswa wajib menjawab pertanyaan dari dosen pengampu.
3. Mahasiswa secara kelompok maupun individu diberikan tugas untuk mempelajari materi-materi yang ada di buku referensi dan menyelesaikan tugas yang ada dibuku maupun soal yag disediakan dosen untuk dikumpulkan dan dibahas dalam kelas.
7. Materi Sumber Pembelajaran
Burnes, Bernard - Managing change-Pearson (2017)
Thomas Lauer - Change Management_ Fundamentals and Success Factors-Springer Berlin Heidelberg_Springer (2021)
Bahan dan sumber belajar langsung dari buku ajar, namun sangat disarankan bagi mahasiswa untuk membaca dan memiliki literatur lain tentang manajemen perubahan yang akan meningkatkan pengetahuan dan kemampuan mahasiswa. Sumber internet juga digunakan untuk memantau pertumbuhan dan pembaruan manajemen perubahan serta peristiwa bisnis yang terjadi.
8. Kriteria Penilaian
Penilaian dilakukan oleh dosen dengan menggunakan kriteria sebagai berikut:
Nilai
Range
A
≥76
B+
71-75
B
66-70
C
61-65
C+
56-60
D
51-55
E
≤50
Nilai akhir menggunakan pembobotan sebagai berikut:
Komponen
Range Nilai
Keaktifan kelas
20 %
Kuis
5 %
Tugas
10 %
Project
35 %
Mid Semester
15 %
Ujian Akhir Semester
15 %
Kriteria Penilaian
Kriteria penilaian mengacu pada bobot penilai berdasarkan PAP yang ditetapkan Unila, dengan ketentuan sebagai berikut:
Ketentuan umum:
a) Mahasiswa tidak dapat mengikuti ujian akhir jika tidak memenuhi 80% kehadiran.
b) Mahasiswa diberi nilai 0 (nol) jika terbukti memiliki tugas yang sama/mencontek dengan mahasiswa lainnya.
9. Jadwal Perkuliahan
Sesi
Materi
I
Pendahuluan
II
Bab 1. Pengantar manajemen perubahan
III
Bab 2. Dari uji coba ke ilmu manajemen
IV
Bab 3. Perkembangan Teori Organisasi
V
Bab 4. Paradigma Pertukaran Budaya
VI
Bab 5. Paradigma alternatif: Manajemen Jepang, pembelajaran organisasi, dan kebutuhan akan keberlanjutan
VII
Bab 6. Perspektif kritis pada teori organisasi dan Bab 7. Budaya, kekuasaan, politik, dan pilihan
VIII
UTS
IX
Bab 8. Pendekatan strategi
X
Bab 9. Perubahan yang direncanakan dan pengembangan organisasi (OD)
XI
Bab 10. Perkembangan dalam manajemen perubahan
XII
Bab 11. Kerangka kerja untuk perubahan
XIII
Bab 12. Perubahan organisasi dan pilihan manajerial
Bagian 1: Proses pilihan dan proses lintasan
XIV
Bab 13. Perubahan organisasi dan pilihan manajerial
Bagian 2: Proses perubahan
XV
Bab 14. Manajemen, kepemimpinan, dan perubahan
XVI
UAS
10. Tata Tertib
a) Mahasiswa wajib mengikuti perkuliahan dan datang tepat waktu (toleransi waktu keterlambatan 5 menit).
b) Apabila dosen tidak hadir, setelah 15-30 menit dari jadwal, mahasiswa menghubungi dosen via telp/hp untuk menanyakan apakah perkuliahan akan berlangsung atau tidak.
c) Presentase kehadiran mahasiswa sebesar 80% dari total pertemuan yang direncanakan sebagai syarat mahasiswa dapat mengikuti ujian akhir.
d) Apabila mahasiswa tidak hadir, harus ada pemberitahuan kepada dosen melalui surat tertulis dan harus diterima dosen pada saat kuliah berlangsung.
e) Mahasiswa wajib mengumpulkan tugas-tugas yang diberikan dosen tepat waktu dan akan ada pengurangan nilai apabila terlambat menyerahkan tugas.
f) Mahasiswa wajib mengikuti ujian tengah semester dan ujian akhir semester, untuk yang berhalangan pada saat ujian, wajib melampirkan surat yang mendukung izin tidak mengikuti ujian.
g) Mahasiswa wajib berpakaian rapi dan sopan sesuai dengan peraturan kampus.
h) Pada saat perkuliahan dimulai dan pada saat perkuliahan selesai mahasiswa telah membereskan perangkat/sarana yang dibutuhkan untuk kelancaran perkuliahan.
Bandar Lampung, 26 Agustus 2024
a.n. Dosen PJ, Mahasiswa,
Dr. Nova Mardiana, S.E., M.M Indira Ghina
NIP.19701106 199802 2 001 NPM. 2211011009
JADWAL PERKULIAHAN
Silahkan posting di sini lembar kerja CBL anda
Sesi 1, Overview, RPS, Kontrak Kuliah, dll
Silahkan menjawab pertanyaan pertanyaan berikut ini..
1. Mengapa organisasi melakukan perubahan?
2. Definisikan efektivitas organisasi dan kaitannya dengan perubahan organisasi!
3. Apa perbedaan antara perubahan individu, kelompok dan sistem?
4. Bagaimana menghargai sifat penolakan terhadap perubahan dan bagaimana kaitannya dengan komitmen dan kesiapan untuk berubah,
5. Bagaimana menyadari peran dan keterampilan agen perubahan?
Sesi 2; Bab 1. Pengantar manajemen perubahan
BAB 1.
Materi: Pengantar Manajemen Perubahan
Tujuan Pembelajaran:
1. Memahami mengapa organisasi melakukan perubahan,
2. Mendefinisikan efektivitas organisasi dan kaitannya dengan perubahan organisasi,
3. Menghargai perbedaan antara perubahan individu, kelompok dan sistem,
4. Menghargai sifat penolakan terhadap perubahan dan bagaimana kaitannya dengan komitmen dan kesiapan untuk berubah,
5. Menyadari peran dan keterampilan agen
perubahan, Dan
6. Membahas frekuensi dan besarnya perubahan
dalam organisasi modern.
Silahkan menjawab pertanyaan berikut ini:
1. Mengapa organisasi melakukan perubahan ?
2. Definisikan efektivitas organisasi dan kaitannya dengan perubahan organisasi !
3. Bagaimana menghargai perbedaan antara perubahan individu, kelompok dan sistem.
4. Bagaimana menghargai sifat penolakan terhadap perubahan dan kaitannya dengan komitmen dan kesiapan terhadap perubahan?
5. Bagaimana peran dan keterampilan agen perubahan ?
Sesi 3; Bab 2. Dari Coba-coba ke Ilmu Manajemen
BAB 2.
Materi : Dari Trial and Error Hingga Ilmu Manajemen Munculnya Teori Organisasi
Tujuan Pembelajaran :
1. Memahami ciri-ciri utama pendekatan Klasik
2. Mendiskusikan perbedaan dan persamaan antara karya Taylor,Fayol dan Weber
3. Membuat daftar keuntungan dan kerugian utama pendekatan Klasik
4. Menjelaskan ciri-ciri utama pendekatan Klasik terhadap perubahan organisasi
5. Memahami perkembangan klasik dan perkembangan organisasi kerja
6. Menghargai alasan hubungan antagonis antara buruh dan
7. Mendiskusikan berbagai peran yang dimainkan oleh teknologi dan manusia
Silahkan menjawab pertanyaan berikut ini
1. Bagaimana ciri-ciri utama pendekatan Klasik ?
2. Apa perbedaan dan persamaan antara karya Taylor,Fayol dan Weber ?
3. Jelaskan ciri-ciri utama pendekatan Klasik terhadap perubahan organisasi !
4. Bagaimana perkembangan klasik dan perkembangan organisasi kerja
Sesi 4; BAB 3. PERKEMBANGAN TEORI ORGANISASI
Tujuan pembelajaran:
Setelah mempelajari bab ini, Anda diharapkan dapat:
1. memahami alasan munculnya pendekatan Hubungan Manusia;
2. mengidentifikasi fitur-fitur utama dan pendukung utama pendekatan Hubungan Manusia;
3. membuat daftar keuntungan dan kerugian dari pendekatan Hubungan Manusia;
4. mendeskripsikan perbedaan antara pendekatan Hubungan Manusia dan pendekatan Klasik terhadap desain organisasi;
5. mendiskusikan alasan kemunculan dan pengaruh Teori Kontinjensi;
6. mengidentifikasi fitur-fitur utama dan pendukung utama Teori Kontingensi;
7. menyatakan keuntungan dan kerugian dari Teori Kontinjensi;
8. menghargai bagaimana Teori Kontinjensi berusaha untuk menggabungkan pendekatan Klasik dan Hubungan Manusia; dan
9. mengenali implikasi dari pendekatan Hubungan Manusia dan Teori Kontinjensi terhadap perubahan organisasi.
jawablah pertanyaan pertanyaan berikut ini..
1. Apa alasan munculnya pendekatan Hubungan antar Manusia?
2. Jelaskan fitur-fitur utama dan pendukung utama pendekatan Hubungan antar Manusia;
3. Deskripsikan perbedaan antara pendekatan Hubungan Manusia dan pendekatan Klasik terhadap desain organisasi;
4. Apakah alasan kemunculan dan pengaruh Teori Kontinjensi;
5. Jelaskan fitur-fitur utama dan pendukung utama pada Teori Kontingensi;
6. Sebutkan keuntungan dan kerugian dari Teori Kontinjensi;
7. Jelaskan implikasi dari pendekatan Hubungan Manusia dan Teori Kontinjensi terhadap perubahan organisasi.
Sesi 5; BAB 4. PARADIGMA KEUNGGULAN BUDAYA
Tujuan Pembelajaran:
* Memahami alasan munculnya paradigma organisasi baru dalam tahun 1980an dan 1990an.
* Menjelaskan fitur utama pendekatan budaya unggul.
* Daftar keuntungan dan kerugian inti dari pendekatan budaya unggul.
* Mengenali mengapa budaya keunggulan menjadi sangat berpengaruh.
* Menghargai implikasi bagi perubahan organisasi dari budaya keunggulan.
PRESENTASI KELOMPOK 4
PPT MNJ Perubahan_Bab 5_PARADIGMA KEUNGGULAN BUDAYA
https://vclass.unila.ac.id/pluginfile.php/2353209/mod_label/intro/4.pdfJawablah pertanyaan pertanyaan berikut ini:
1. Jelaskan alasan munculnya paradigma organisasi baru dalam tahun 1980an dan 1990an.2. Jelaskan fitur utama pendekatan budaya unggul.
3. Jelaskan Daftar keuntungan dan kerugian inti dari pendekatan budaya unggul.
4. Mengapa budaya keunggulan menjadi sangat berpengaruh.
5. Bagaimana menghargai implikasi bagi perubahan organisasi dari budaya keunggulan.
Sesi 6; BAB 5. Paradigma Alternatif- Manajemen Jepang, Pembelajaran Organisasi, dan Kebutuhan Akan Keberlanjutan
TUJUAN PEMBELAJARAN BAB 5
* Menjelaskan elemen utama pendekatan manajemen Jepang.
* Memahami keuntungan dan kerugian utama pendekatan
Jepang.
* Membahas fitur utama pembelajaran organisasi
* Menghargai keuntungan dan kerugian utama dari pembelajaran organisasi.
* Membandingkan persamaan dan perbedaan antara pembelajaran organisasi dan manajemen Jepang.
* Mengenali implikasi dari kedua paradigma ini terhadap perubahan organisasi.
* Menjelaskan apa yang dimaksud dengan keberlanjutan lingkungan.
* Mempertimbangkan implikasi keberlanjutan terhadap paradigma organisasi.
JAWABLAH PERTANYAAN PERTANYAAN BERIKUT INI
1. Jelaskan elemen utama pendekatan manajemen Jepang !
2. Bagaimana keuntungan dan kerugian utama pendekatan Jepang ?.
3. Jelaskan apa yang dimaksud dengan keberlanjutan lingkungan !
Sesi 7; Bab 6. Perspektif kritis pada teori organisasi dan Bab 7. Budaya, kekuasaan, politik, dan pilihan
TUJUAN PEMBELAJARAN BAB 6
* Membahas kontribusi postmodernisme terhadap teori organisasi;
* Memahami daftar kekuatan dan kelemahan postmodernisme terkait dengan desain dan manajemen organisasi;
* Memahami prinsip utama perspektif realis;
* Membahas kekuatan dan kelemahan perspektif realis bagi organisasi;
* Menjelaskan pengaruh teori kompleksitas terhadap pemahaman kita tentang organisasi;
* Menyatakan kelebihan dan kekurangan pendekatan kompleksitas pada organisasi;
* Mengapresiasi keterbatasan pendekatan rasional terhadap organisasi; dan
* Memahami bagaimana postmodernisme, realisme, dan kompleksitas memperluas ruang lingkup pilihan organisasi.
Jawablah pertanyaan pertanyaan berikut ini..
1. Jelaskan kontribusi postmodernisme terhadap teori organisasi !
2. Jelaskan daftar kekuatan dan kelemahan postmodernisme terkait dengan desain dan manajemen organisasi !
3. Bagaimana memahami prinsip utama perspektif realis ?
4. Jelaskan kekuatan dan kelemahan perspektif realis bagi organisasi !
5. Jelaskan pengaruh teori kompleksitas terhadap pemahaman kita tentang organisasi !
6. Apa kelebihan dan kekurangan pendekatan kompleksitas pada organisasi ?
7. Jelaskan keterbatasan pendekatan rasional terhadap organisasi !
8. Bagaimana postmodernisme, realisme, dan kompleksitas dapat memperluas ruang lingkup pilihan organisasi ?
Sesi 8; MID SEMESTER
Sesi 9; Bab 8. Pendekatan Strategi
TUJUAN PEMBELAJARAN
Berdasarkan diskusi dan pembahasan materi Pendekatan Strategi, jawablah pertanyaan-pertanyaan sbb:
1. Jelaskan pengertian dari strategi organisasi menurut pendapat para ahli!
2. Sebutkan dan jelaskan 3 tingkatan Strategi!
3. Apakah strategi organisasi dapat diubah dan dalam kondisi bagaimana perubahan tersebut dapat dilakukan?
DOKUMENTASI Pertemuan Ke-9 : 14 Oktober 2024
- Pekan ini
Sesi 11; Bab 10. Perkembangan dalam manajemen perubahan
Sesi 12; Bab 11. Kerangka kerja untuk perubahan
Sesi 13; Bab 12. Perubahan organisasi dan pilihan manajerial Bagian 1: Proses pilihan dan proses lintasan
Sesi 14; Bab 13. Perubahan organisasi dan pilihan manajerial Bagian 2: Proses perubahan
Sesi 15; Bab 14. Manajemen, kepemimpinan, dan perubahan
Sesi 16; UAS Ujian Akhir Semester
1 December - 7 December