Ringkasan Mingguan
Umum
Salam Pembelajar,
Selamat datang diperkuliahan e Commerce, berbobot 3 sks yang diampu oleh:
Dr. Pujiati, S.Pd., M.Pd. Fanni Rahmawati, S.Pd., M.Pd.

Kemampuan memahami perkembangan teknologi dan transaksi ekonomi di era digital sangatlah penting. Mata kuliah ini memberikan manfaat kepada mahasiswa dalam hal mengaplikasikan konsep-konsep dasar e commerce dalam berbagai kebutuhan media promosi dengan baik dan benar, serta bertanggungjawab.
Mata kuliah ini membahas tentang konsep E-commerce, defenisi dan karakteristik, contoh e commerce, fungsi dan manfaat e commerce, klasifikasi e commerce, peran strategis e commerce dalam meningkatkan perdagangan lokal, nasional, dan internasional, proses dan model bisnis e commerce, search engine marketing, dasar-dasar beriklan di dunia maya serta peluang yang dapat dicapai, proses transaksi di e commerce, transaksi yang aman di e commerce, manajemen supply chain e commerce, membuat perencanaan toko online di e commerce marketplace, merencanakan procurement di project toko online di e commerce, merencanakan strategi pemasaran digital toko online di e commerce marketplace, merancang evaluasi kinerja dan solusi penjualan dan pemasaran toko online di e commerce marketplace.
Setelah menyesaikan mata kuliah ini mahasiswa mampu mengaplikasikan konsep-konsep dasar e commerce dalam berbagai kebutuhan media promosi dengan baik dan benar, serta bertanggungjawab.
Pada akhir perkuliahan, diharapkan mahasiswa mampu:
Ø Mahasiswa mampu mengemukakan definisi dan karakteristik dasar dari E-Commerce.
Ø Mahasiswa mampu memberikan contoh e commerce yang sudah ada saat ini.
Ø Mahasiswa mampu mendeskripsikan fungsi manfaat e commerce.
Ø Mahasiswa mampu menjelaskan Klasifikasi E- Commerce.
Ø Mahasiswa mampu menganalisis peran strategis dari e commerce dalam meningkatkan perdagangan lokasl, nasional, dan global.
Ø Mahasiswa mampu membandingkan proses bisnis dan model bisnis e- commerce berbasis website dan mobile app.
Ø Mahasiswa mengetahui dasar Search Engine Marketing (SEM).
Ø Mahasiswa mampu menjelaskan dasar-dasar beriklan di dunia maya (google ads) serta peluang yang bisa dicapai.
Ø Mahasiswa mampu menjelaskan tentang proses transaksi di e- commerce.
Ø Mahasiswa mampu menjelaskan transaksi e- commerce yang aman.
Ø Mahasiswa mampu menjelaskan manajemen supply chain e-commerce.
Ø Mahasiswa membuat perencanaan toko online di e- commerce marketplace.
Ø Mahasiswa mampu merencanakan e- procurement di project toko online di e-commerce marketplace.
Ø Mahasiswa mampu merencanakan strategi pemasaran digital toko online di e-commerce marketplace.
Ø Mahasiswa mampu mengevaluasi kinerja dan merancang solusi penjualan dan pemasaran toko online di e-commerce marketplace.
Pengalaman belajar pada mata kuliah ini menggunakan pendekatan case methode dan team base project. Pembelajaran pedagogi yang mengapresiasi kegiatan pembelajaran secara interaktif. Pembelajaran diberikan dalam bentuk diskusi interaktif, dan latihan serta penugasan terbimbing maupun penyelesaian kasus dan project baik secara mandiri maupun berkelompok. Tujuan penggunaan metode yang bervariasi dalam pembelajaran untuk mendorong munculnya curiosity, kontribusi, dan partisipasi mahasiswa dalam kegiatan pembelajaran melalui ragam aktivitas belajar baik di kelas maupun di luar kelas. Mahasiswa dituntut berperan aktif untuk memahami topik yang dibahas. Karena itu mahasiswa diwajibkan membaca dan mengkaji materi sebelumnya.
Daftar kegiatan-kegiatan yang harus dilakukan oleh mahasiswa yaitu:
⚫ Memilih dan mengkaji minimal 5 journal nasional & internasional sesuai bidang yang diminati,
⚫ Membuat ringkasan dari minimal 5 journal yang telah dipilih, file ringkasan dipresentasikan via youtube maksimal 10 menit,
⚫ Observasi maya terkait dengan e commerce, dan diskusi penyelesaian kasus
⚫ Merancang toko online di e commerce,
⚫ Menyusun strategi penjualan dan pemasaran online di e commerce,
⚫ Presentasi project
- Schneider, G. P. (2004) Electronic Commerce: The Second Wave. Canada: Thomson Course Technology.
- Alan Afuah dan Christopher L Tucci. (2003). Internet Business Model dan Strategy. McGraw Hill.
- Dave Chaffey. (2015). Digital Business and E-Commerce Management. Pearson.
- Archjat, Didi. 2000. Potensi, Manfaat, dan Problem E Commerce di Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia. Vo. 15 No. 3. Hal 388-395.
- Hayati, Adis Nur. 2021. Analisis Tantangan dan Penegakan Hukum Persaingan Usaha pada Sektor E-Commerce di Indonesia. Jurnal Penelitian Hukum De Jure. Vol 21 No. 1.
- Unggara, et.al. 2021. The Productivity of Indonesian e Commerce Evidence From a Digital Merchant Survey. International Journal of Economic, Business and Accounting Research (IJEBAR). Vo. 5 Issue 4.
- Lain-lain yang relevan
Penilaian dilakukan oleh dosen dengan menggunakan kriteria sebagai berikut:
A
≥ 76
B+
71-75
B
66-70
C+
61-65
C
56-60
D
51-55
E
≤50
Bobot penilaian akhir:
1. Project 30%
2. Activity Partisipatif 20%
3. Tugas 20%
4. UTS 10%
5. UAS 10%
6. Quis 10%
Kriteria penilaian :
- Ketepatan, sistematika, dan relevansi
- Originalitas, Kebenaran isi, Konsistensi;
- Ketepatan tata tulis sesuai dengan ejaan bahasa Indonesia yang benar dan sesuai dengan standar APA dalam penyajian tabel, gambar, penulisan rujukan dan penulisan sitasi;
- Konsistensi dalam penggunaan istilah, warna (jika ada) simbul dan lambang
Terlampir Kontrak Kuliah E Commerce:
Terlampir RPS E Commerce:
Mari kita simak video berikut ini.
Link youtube:
Sumber: Youtube.comSilakan diunggah disini bahan presentasi kelompok yang terdiri dari, paper, slide ppt, soal/kasus dan penyelesaiannya, juga post test ddan rekap hasil post tes.
26 August - 1 September
Salam Pembelajar,
Pada pertemuan ini kita membahas secara umum kontrak perkuliahan sekaligus overview materi tentang Definisi dan karakteristik dasar dari E-Commerce. Selain itu kita juga akan berkenalan satu sama lain, dan pembagian kelompok.
Saksikanlah video pembelajaran berikut.
Link Youtube:
- Tulislah ringkasan video tersebut disini, maksimal 250 kata.
Terlampir slide PPT pertemuan 1.
Silakan dibaca referensi berikut.
Link e book: Introduction to E-Commerce (multiscreensite.com)
Terlampir referensi e book yang bisa Anda kaji.
Link e book: E-Commerce-Ebook-Course-eMarketing-Institute-Ebook-2018-Edition.pdf (emarketinginstitute.org)
Beberapa hal terkait dengan marketplace dapat dibaca disini.
Link e book: WEF_Marketplaces_guidebook_2021.pdf (weforum.org)
Anda juga dapat membaca book chapter berikut untuk menambah wawasan terkait dengan pengenalan e commerce.
Link ebook chapter: 9598_book_item_9598.pdf (sagepub.com)
Kemukakanlah pandangan pribadi Anda tentang e commerce dan perkembangannya hingga saat ini di Indonesia maupun di kancah global?
2 September - 8 September
Salam Pembelajar,
Pada pekan kedua ini kita akan mempelajari tentang contoh e commerce yang sudah ada saat ini.
Adakah diantara kalian yang bisa menyebutkan contoh e commerce yang sudah ada saat ini? atau mungkin sudah biasa berbelanja dengan menggunakan e commerce? Wah....nampaknya kalian sudah familiar ya...sebagai gen Z tentunya Anda sudah tidak asing dengan ragam e commerce yang sudah ada saat ini dan Anda gunakan untuk mempermudah aktivitas dan kebutuhan sehari-hari.
Baiklah untuk menambah wawasan kita, mari kita simak video pembelajaran berikut ini.
Link youtube:
Silakan ditulis disini summary video tersebut, maksimal 250 kata.
Cobalah bersama kelompok Anda mengidentifikasi contoh e commerce yang ada saat ini. Waktu 15 menit. Jika sudah selesai masing-masing bisa menuliskannya disini.
9 September - 15 September
Salam Pembelajar,
Pada pekan ketiga ini kita akan mempelajari tentang fungsi dan manfaat e commerce.
Silakan Anda simak video pembelajaran berikut.
Link youtube:
Berikan simpulan Anda setelah menyimak video tersebut, maksimal 250 kata.
Mengapa kita perlu beradaptasi dengan digital marketing yang saat ini berkembang dengan amat pesat?
Apa sajakah manfaat dapat dirasakan langsung dari kemajuan digital marketing?
Bagaimanakah upaya yang bisa dilakukan sebagai generasi muda dalam mensikapi perkembangan digital marketing tersebut?
16 September - 22 September
Salam Pembelajar,
Pada pekan keempat ini kita akan mempelajari tentang Klasifikasi E- Commerce.
Terlampir e journal tetnang klasifikasi e commerce di Indonesia, silakan dipelajari ya...
Link e journal: bing.com/ck/a?!&&p=484a93fcd005b6ecJmltdHM9MTcyMzU5MzYwMCZpZ3VpZD0zNjlkZWZiYi1jMjVmLTZlOGEtM2IxMC1mZjdmYzM2NzZmYjQmaW5zaWQ9NTIxMA&ptn=3&ver=2&hsh=3&fclid=369defbb-c25f-6e8a-3b10-ff7fc3676fb4&psq=klasifikasi+e+commerce&u=a1aHR0cHM6Ly9qb3VybmFsLnRydW5vam95by5hYy5pZC9uZW8tYmlzL2FydGljbGUvZG93bmxvYWQvMTI3MS8xMDk1&ntb=1
Tuliskan disini simpulan Anda setelah membaca e journal tersebut. Maksimal 250 kata.
23 September - 29 September
Salam Pembelajar,
Apa kabarnya? smeoga sehat-sehat semuanya ya...
Pada pertemuan kali ini kita akan membahas mengkaji tentang peran strategis dari e commerce dalam meningkatkan perdagangan lokal, nasional, dan global. Adakah diantara kalian yang sudah tahu tentang topik kita hari ini?
Berikut link journal terkait dengan pembahasan topik kita hari ini, mohon bisa dipelajari ya...
2) (11) (PDF) PERAN E-COMMERCE DALAM MENGEMBANGKAN BISNIS DI ERA DIGITAL (researchgate.net)
Berikan simpulan Anda setelah membaca 2 artikel tersebut, tuliskan disini maksimal 350 kata.
30 September - 6 October
Salam Pembelajar,
Pada pertemuan keenam ini kita akan mempelajari tentang proses bisnis dan model bisnis e- commerce berbasis website dan mobile app. Apakah beberapa e book yang sudah diupload di pertemuan 1 sudah Anda pelajari khususnya terkait dengan topik hari ini?
Cobalah bersama tim kelompok, Anda eksplor lebih jauh tentang proses bisnis dan model bisnis e- commerce berbasis website dan mobile app. Waktu diskusi dan menyiapkan paparan kelompok 20 menit, dilanjutkan dengan presentasi dan pembahasan bersama di kelas. Masing-masing dapat mengunggah Slide kelompok dan hasil diskusi disini.
7 October - 13 October
Salam Pembelajar,
Pada pertemuan ke-7 ini kita akan mempelajari tentang dasar Search Engine Marketing (SEM).
Mari kita simak dulu video pembelajaran berikut ini.
Link youtube:
Tuliskan simpulan Anda setelah menyimak video di atas. Maksimal 25 kata.
Terlampir e book Search Engine Marketing, silakan dibaca dan dipelajari ya...
Berikut link e journal tentang Konsep Digital Marketing SEO dalam Strategi Pemasaran:
Untuk menambah wawasan, terlampir link e journal tentang perbandingan SEO dan SEM dalam mendongkrak penjualan:
Cobalah Anda bersama kelompok melakukan penelusuran terkait dengan SEM untuk bisnis yang akan dilakukan, waktu penugasan ini 1 pekan. Lalu masing-masing menyajikan hasil penelusuran bisnisnya di kelas dan ditanggapi oleh rekan-rekan. Hasil diskusi silakan diunggah disini. Terimakasih.
14 October - 20 October
Pada pertemuan ke delapan ini akan dilaksanakan Ujian Tengah Semester.
Salam pembelajar,
Terlampir soal Ujian Tengah Semester. Silakan dikerjakan dan diunggah jawaban Anda sesuai petunjuk. Selamat mengerjakan, yakinlah dengan kemampuanmu sendiri. Semoga sukses.
21 October - 27 October
Salam Pembelajar,
Pada pertemuan ke-9 kita akan mempelajari tentang proses transaksi di e- commerce. Diantara Anda pasti sudah pernah ya memiliki pengalaman bertransaksi e commerce, misal berbelanja melalui shopee, tokopedia, lazada, gojek, grap, dan sebagainya. Nah, silakan sharing informasi pengalamannya disini ya....
Selanjutnya, mari kita simak video pembelajaran berikut ini.
Link youtube:
Berikan simpulan Anda, setelah menyimak video tersebut disini. Maksimal summary 300 kata.
Silakan dipelajari juga e journal berikut ini.
Berikan pandangan-pandangan Anda, mengapa bertransaksi online via e commerce lebih diminati saat ini?
28 October - 3 November
Salam Pembelajar,
Pada pekan ini masih ada kaitannya dengan topik pekan lalu. Kita akan mempelajari tentang transaksi e- commerce yang aman.
Siapa ni diantara kalian yang bisa mengemukakan pengalaman bertransaksi aman di e commerce? Silakan diketik disini ya...ada poin plus nich ....
Buatlah video berdasarkan pengalaman Anda terkait dengan topik bertransaksi aman di ecommerce durasi maksimal 3 menit. Silakan diunggah di youtube, jika sudah, link nya bisa diunggah disini.
Silakan dibaca artikel beriktu ini.
Link e journal: Microsoft Word - 58 - Teknik Industri - Andre Wajong - Keamanan dalam E-Commerce - OK - DAFTAR PUSTAKA.doc (neliti.com)
Mohon dibaca juga artikel berikut ini.
Link e journal: (11) (PDF) PERMASALAHAN DALAM TRANSAKSI E-COMMERCE (researchgate.net)
4 November - 10 November
Salam Pembelajar,
Pada pertemuan pekan ini kita akan membahas tentang manajemen supply chain e-commerce.
Mari kita simak video berikut ini.
Link youtube:
Tuliskan disini simpulan Anda setelah menyimak video di atas. Maksimal 250 kata.
Silakan dibaca artikel berikut ini untuk menambah wawasan terkait dengan topik yang kita pelajari.
Link e journal: (11) (PDF) Analysis of Supply Chain Management Implementation on Amazon E-Commerce (researchgate.net)
Buatlah rencana supply chain e-commerce untuk rencana bisnis e commerce Anda.
11 November - 17 November
Salam Pembelajar,
Pada pertemuan ke-12 ini, kita akan mempelajari tentang perencanaan toko online di e- commerce marketplace.
Siapa diantara kalian yang sudah memiliki toko online di e commerce?
Silakan berbagi informasi disini ya...
Mari kita simak sebuat trik bagaimana membuat toko online dari link you tube berikut ini.
Link youtube:
Silakan dipelajari artikel berikut ini, smeoga bermanfaat untuk kita semua.
Link e journal: (11) (PDF) PENGEMBANGAN APLIKASI E-COMMERCE UNTUK PENINGKATAN PENJUALAN ONLINE (researchgate.net)
Cobalah bersama kelompok Anda merancang toko online di e commerce. Waktu 30 menit. Selanjutnya perwakilan kelompok menyajikan hasil diskusinya di kelas untuk mendapat masukan dan tanggapan dari rekan-rekan. Hasil diskusi bersama kelompok silakan diunggah disini. Selamat mengerjakan.

- Pekan ini
18 November - 24 November
Salam Pembelajar,
Pada pekan ke-13 ini kita akan merencanakan e- procurement di project toko online di e-commerce marketplace.
Mari kita simak dahulu video berikut ini.
Link youtube:
Silakan dibaca artikel berikut ini.
Link artikel: (11) (PDF) Analisis Sistem E-Commerce pada Shopee untuk meningkatkan daya saing menggunakan metode S.W.O.T. (researchgate.net)


25 November - 1 December
Salam Pembelajar,
pada pertemuan ke-14 ini kita akan merencanakan strategi pemasaran digital toko online di e-commerce marketplace.
Mari kita simak video berikut ini.
Link youtube:
Silakan dipelajari artikel berikut ini.
Mengacu pada materi pekan ini, cobalah Anda rancang strategi digital marketing yang sudah Anda rancang pada tugas sebelumnya.


2 December - 8 December
Salam Pembelajar,
Pada pertemuan ke-15 ini kita akan mengevaluasi kinerja dan merancang solusi penjualan dan pemasaran toko online di e-commerce marketplace.
Mari kita simak video pembelajaran berikut ini.
Link youtube:
Tulislah simpulan yang bisa diambil dari video tersebut khsususnya yang terkait dengan topik pekan ini. Maksimal 250 kata.
Silakan dibaca artikel berikut
Bersama kelompok Anda, susunlah evaluasi dan solusi atas permasalahan digital marketing yang sudah Anda rancang pada tugas sebelumnya.
9 December - 15 December
Salam Pembelajar,
Pada pekan ke-16 ini akan dilaksanakan Ujian Akhir Semester.