Enrolment options

Kawasan Teknologi Pendidikan

Kawasan Teknologi Pendidikan merujuk pada ruang lingkup atau area kajian yang mencakup teori dan praktik dalam merancang, mengembangkan, memanfaatkan, mengelola, dan mengevaluasi proses dan sumber belajar untuk meningkatkan mutu pembelajaran. Konsep ini mengacu pada definisi dari Association for Educational Communications and Technology (AECT), yang menjadi acuan utama dalam bidang teknologi pendidikan.

Secara umum, kawasan teknologi pendidikan meliputi lima area utama, yaitu:

  1. Desain (Design)
    Proses perencanaan sistematis terhadap pembelajaran, termasuk merancang kurikulum, strategi pembelajaran, serta media dan sumber belajar yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik.

  2. Pengembangan (Development)
    Proses realisasi atau pembuatan produk pembelajaran seperti modul, media digital, video pembelajaran, e-learning, dan alat bantu belajar lainnya.

  3. Pemanfaatan (Utilization)
    Penggunaan sumber belajar dan teknologi secara efektif dan efisien dalam kegiatan pembelajaran. Ini mencakup pemilihan media, metode, serta pendekatan pembelajaran yang tepat.

  4. Pengelolaan (Management)
    Proses pengorganisasian sumber daya, waktu, dan teknologi pembelajaran, termasuk manajemen proyek pengembangan media dan pelatihan guru.

  5. Evaluasi (Evaluation)
    Penilaian terhadap efektivitas proses pembelajaran, media, dan hasil belajar. Evaluasi dilakukan untuk mengetahui pencapaian tujuan dan perbaikan sistem pembelajaran.

Landlubbers can not anchor in this port, try to go aboard.