Weekly outline
General
Salam Pembuka
Selamat datang para mahasiswa yang kami banggakan dimanapun Anda berada, semoga selalu dalam keadaan sehat walafiat dan dalam lindungan Allah SWT. Selamat datang di mata kuliah "Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran di SD Berbasis TPAC" daring Program Studi Magister Keguruan Guru Sekolah Dasar Jurusan IP FKIP Unila. Mata kuliah ini merupakan mata kuliah Pilihan, dan memiliki beban sks sebesar 2 sks(2-0). Selamat mengikuti perkuliahan ini dengan baik, salam hangat dan tetap semangat.
Semoga Anda selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam mengikuti perkuliahan ini. Tetap semangat !
Pertemuan 1 Orientasi Perkuliahan
- Mahasiswa mampu menganalisis dan mengkritisi hasil kajian Urgensi konsep dan prinsip Technologycal Pedagogical Content Knowledge (TPACK) dalam proses pembelajaran di SD secara tepat, menyajikan dalam bentuk lisan dan tulisan, serta mengimplementasikan dalam praktik pembelajaran secara bermakna (C4+P3+A4). CPMK1.
- Menjelaskan bahan kajian mata kuliah, menyampaikan kontrak perkuliahan.
Kontrak Perkuliahan:
RPS Perkuliahan:
Pertemuan 2 (mengkaji konsep 2. Apa, Mengapa dan bagaimana implementasi TPACK dalam pembelajaran)
- Mahasiswa mampu menganalisis dan mengkritisi hasil kajian Urgensi konsep dan prinsip Technologycal Pedagogical Content Knowledge (TPACK) dalam proses pembelajaran di SD secara tepat, menyajikan dalam bentuk lisan dan tulisan, serta mengimplementasikan dalam praktik pembelajaran secara bermakna (C4+P3+A4). CPMK1.
Silakan kumpulkan tugas terstruktur Makalah dan PPT.
Pertemuan 3 Grand Teori Belajar (dasar pelaksanaan pembelajaran berbasis TPACK dalam berbagai perspektif filsafat ilmu dan teori belajar)
Silakan kumpulkan tugas terstruktur Makalah dan PPT.
Pertemuan 4 (Pendekatan, Teknik, Metode dan Pembelajaran Berbasis TPACK di SD dan Model Pembelajaran yang Mendukung TPACK untuk Pembelajaran Abad 21 di SD)
- Silakan saudara upload tugas terstruktur pada kolom pengumpulan berikut. bahan kajian yang dikumpul adalah Makalah dan PPT
Pertemuan 5 (Karakteristik Pembelajaran Abad 21 dan Implementasi TPACK di SD)
Silakan kumpulkan tugas terstruktur Makalah dan PPT.
Pertemuan 6 (Dasar transformasi pembelajaran digital dan sumber-sumber belajar digital)
Silakan kumpulkan tugas terstruktur Makalah dan PPT.
Pertemuan 7 (Tantangan dan Solusi dalam Implementasi TPACK)
Silakan kumpulkan tugas terstruktur Makalah dan PPT.
Ujian Tengah Semester
Silakan Selesaikan soal berikut dengan jujur dan berintegritas.
Pertemuan 9 (Studi Kasus tentang Implementasi pengelolaan pembelajaran berbasis TPACK di SD)
Silakan Saudara kumpulkan hasil Studi kasus yang saudara lakukan di Sekolah Dasar terkait dengan Impelementasi Pengelolaan Pembelajaran berbasis TPACK.
Pertemuan 10 (Merancang Best Practices Implementasi pengelolaan pembelajaran berbasis TPACK di SD)
Silakan saudara upload penugasan studi literatur yang digunakan untuk merancang bast Practices dalam implementasi pengelolaan pembelajaran berbasis TPACK di Sekolah Dasar.
Pertemuan 11 (Best Practices Implementasi pengelolaan pembelajaran berbasis TPACK di SD)
Silakan saudara upload rancangan Best Practices Implementasi pengelolaan pembelajaran berbasis TPACK di SD yang saudara buat (draft prototype awal)
Pertemuan 12 (Pengembangan perencanaan pembelajaran yang inovatif Berbasis TPACK pada dalam Kurikulum Merdeka)
1. Silakan saudara Upload Prototype pembelajaran yang inovatif Berbasis TPACK pada dalam Kurikulum Merdeka (Produk yang akan diimplementasikan)
2. Silakan Saudara Upload Story Board dari Prototype yang saudara Rancang.
Pertemuan 13 (Pengembangan Asesmen pembelajaran yang inovatif Berbasis TPACK pada dalam Kurikulum Merdeka)
Silakan saudara upload Instrumen Asesmen peserta didik yang digunakan dalam pembelajaran Berbasis TPACK
Pertemuan 14 Implementasi Produk.
Silakan Saudara upload bukti Implementasi perencanaan pembelajaran yang inovatif Berbasis TPACK pada dalam Kurikulum Merdeka di SD.
Silakan saudara upload bukti Implementasi Asesmen pembelajaran yang inovatif Berbasis TPACK pada dalam Kurikulum Merdeka di SD.
Pertemuan 15 Laporan hasil Implementasi pengembangan pembelajaran dan asesmen Asesmen pembelajara
Silakan Saudara upload Laporan hasil Implementasi pengembangan pembelajaran dan asesmen Asesmen pembelajaran yang inovatif Berbasis TPACK pada dalam Kurikulum Merdeka di SD dalam bentuk Project Artikel Ilmiah.
Pertemuan 16 UAS (Ujian Akhir Semester)
Acuan Penilaian UAS pada Mata Kuliah Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran di SD Berbasis TPAC adalah sebagai berikut.
1. Project Artikel yang suda disesuaikan penulisannya dengan gaya seingkung rumah jurnal terindeks Sinta yang dituju.
2. Bukti proses Submit pada jurnal yang dituju.
3. Lembar Cek Plagiarisms Pakai Turnitin.
4. LoA dari pengelola jurnal (Bersifat dapat disisipkan dengan rentang waktu yang fleksibel)