Ringkasan Mingguan
MKU Pendidikan Bahasa Indonesia
Assalamualaikum. Selamat datang pada perkuliahan MKU Pendidikan Bahasa Indonesia. Selama satu semester ini, mata kuliah ini akan diampu oleh Eka Sofia Agustina, S.Pd., M.Pd.. dan Khoerotun Nisa Liswati, S.Pd.,M.Hum. Semoga kita semua senantiasa ada dalam lindungan Allah SWT dan selalu dalam keadaan sehat. Semangat mengikuti perkuliahan daring MKU Pendidikan Bahasa Indonesia!!!

- Assalamualaikum Wr.Wb.
Tabik Pun...
Salam sehat semua ...Diinformasikan kepada mahasiswa yang saat ini mengikuti perkuliahan MKU Pendidikan Bahasa Indonesia pada semester genap, pastikan bahwa akun Single Sign On (SSO) Anda bisa digunakan untuk mengakses Learning Management System (LMS) Virtual Class (Vclass) Universitas Lampung.
Tentunya masih ingat semua kaaan??
Berikut Ibu beri informasinya:- akses alamat sso.pengumuman.unila.ac.id
- ketik NPM dan TTL Anda
- aktifasi akun SSO
- Login ke Vclass dengan menggunakan akun SSO Anda masing-masing
- Lengkapi profile (biodata pribadi), beri alamat email aktif, kemudian update profile
- Periksa email Anda lalu klik link aktifasi yang terkonfirmasi di email
- Klik update profile
Jika terdapat kesulitan silahkan kunjungi sistem helpdesktik.unila.ac.id.
(sumber: https://entretuyyo-dss.blogspot.com/2017/11)
Assalamualaikum
Apa kabar Saudara mahasiswa semua?? Semoga selalu dalam nikmat sehat yaa...
Mahasiswa yang berbahagia di mana pun Anda berada. Selamat mengikuti perkuliahan MKU Pendidikan Bahasa Indonesia pada semester genap ini. Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa pendidikan di Indonesia mengalami transformasi yang luar biasa akibat pandemi Covid-19. Hal tersebut memaksa kita beralih dalam melaksanakan perkuliahan, yang biasanya dilakukan secara tatap muka saat ini kita laksanakan perkuliahan secara daring. Tak terkecuali di Universitas Lampung, sudah satu tahun perkuliahan daring dilaksanakan melalui learning management system (LMS) yang dimiliki oleh kampus kita tercinta yaitu vclass.unila.ac.id.
Pada bagian informasi, telah disampaikan kepada seluruh mahasiswa untuk dapat mengisi data diri yang sesuai. Hal ini penting dilakukan agar data dapat terekam dan menjadi acuan bagi dosen untuk mengecek keaktivan dan partisipasi mahasiswa selama perkuliahan.
Adapun tata tertib selama perkuliahan daring (selama 16x pertemuan) adalah sebagai berikut.
- Dalam setiap pertemuan mahasiswa wajib melakukan presensi di tautan yang telah disediakan sebagai bukti kehadiran di tiap pekan.
- Seluruh mahasiswa diwajibkan melakukan diskusi.
- Silakan mengerjakan tugas yang diberikan di tiap pertemuan (tugas ini diberikan sebagai bahan evaluasi dari materi yang disampaikan di setiap pertemuan).
- Kuis biasanya akan diberikan di pertemuan ke-4 dan ke-12. Jika tidak atau terlambat mengikuti kuis maka tidak akan ada nilai.
- UTS dan UAS bersifat wajib diikuti seluruh mahasiswa.
- Nilai akhir mata kuliah ini akan dikunci setelah proses penilaian selesai dan diumumkan di siakadu.
Pada tampilan vclass.unila.ac.id ini, tersedia sejumlah materi yang telah disiapkan untuk kita lakukan bersama di forum. Materi tersebut terbagi menjadi beberapa topik. Namun, ada beberapa topik yang akan dibahas lebih dari satu pertemuan.
Beberapa hal di atas perlu menjadi perhatian seluruh mahasiswa. Semoga seluruh mahasiswa dapat memahami dan mengikuti perkuliahan daring ini dengan penuh tanggung jawab. Salam sehat, kuat, dan bahagia. Jangan lupa pakai masker, jaga jarak aman, kurangi bepergian, dan hindari kerumunan. Semoga kita semua diberikan kekuatan melawati masa pandemi Covid-19 ini. aamiin...
Wassalamualaikum
- Dalam setiap pertemuan mahasiswa wajib melakukan presensi di tautan yang telah disediakan sebagai bukti kehadiran di tiap pekan.
Pertemuan 1: Kontrak Perkuliahan
Assalamualaikum. Saudara Mahasiswa, selamat datang di kelas daring perkuliahan MKU Pendidikan Bahasa Indonesia. Semoga Saudara semuanya selalu dalam keadaan sehat. Selama satu semester ini, kita akan melaksanakan perkuliahan secara daring melalui vclass, GWA, Zoom atau Google Meet.
Perkuliahan ini diampu oleh Eka Sofia Agustina, S.Pd.,M.Pd. dan Khoerotun Nisa Liswati, S.Pd.,M.Hum. Untuk mengawali perkuliahan, kami akan menyampaikan dan mengirimkan file kontrak perkuliahan yang bisa Saudara unduh dan baca sebelum melaksanakan tatap muka virtual melalui zoom meeting.
Sampai bertemu pada perkuliahan virtual. Terima kasih. Wassalamualaikum.
Salam sehat dan sejahtera untuk kita semua..
Tabik pun...
Selamat mengikuti perkuliahan daring MKU Pendidikan Bahasa Indonesia.Mata kuliah ini adalah salah satu mata kuliah wajib yang harus diikuti oleh seluruh mahasiswa baru Universitas Lampung, tak terkecuali di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang memiliki bobot 2 sks (2-0) dengan kode mata kuliah UNI620106.
Mata kuliah ini akan diampu oleh 2 orang dosen yang ditimkan untuk mengajar selama 16 kali pertemuan. Sebelum perkuliahan ini dimulai, izinkan kami mengenalkan diri kepada seluruh mahasiswa.
Penanggung jawab Mata Kuliah
Eka Sofia Agustina, S.Pd.,M.Pd.
Pelaksanaan perkuliahan ini juga akan dipandu oleh tim pengajar
Khoerotun Nisa Liswati, S.Pd.,M.Hum.
Diharapkan seluruh mahasiswa dapat kooperatif dalam berpartisipasi, berinteraksi, bertanya, dan berdiskusi selama perkuliahan bersama kedua dosen, tentunya tetap menggunakan bahasa Indonesia yang santun.
Seluruh mahasiswa yang kami banggakan, berikut merupakan deskripsi mata kuliah ini. Silakan Anda baca dengan saksama deskrispsi yang tampil melalui gambar berikut.

Mahasiswaku sekalian, kami akan menjabarkan sedikit terkait dengan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL). Capaian pembelajaran lulusan adalah sebuah amanat Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Di dalamnya terdapat rumusan sikap (S), pengetahun (P), kompentensi umum (KU), dan kompetensi khusus (KK) yang tertulis dan dititipkan pemerintah saat proses pembelajaran berlangsung.
Silakan mulai dipahami bersama, rumusan CPL berikut ini.

Mahasiswaku sekalian, berikut merupakan capaian pembelajaran mata kuliah (cpmk). Capaian ini menjadi lebih spesifik dibanding capaian sebelumnya. Jika sebelumnya hanya membahas capian lulusan program studi, capaian dalam pembelajaran ini lebih mengarah ke hal apa yang ingin dikuasai mahasiswa setelah mengikuti Mata Kuliah Umum Pendidikan Bahasa Indonesia.
Adapun capaian pembelejaran mata kuliah adalah seperti tertulis dalam tabel di bawah ini.

- Mungkin ada diantara Anda semua bertanya mengapa Bahasa Indonesia masih ada dan dipelajari di perguruan tinggi?
Jangan-jangan Anda pun menduga, akankah materinya sama seperti di sekolah menengah?
Untuk menjawab hal tersebut, tabel di bawah ini akan memberikan literasi bagi ananda mahasiswa saat menjalani perkuliahan selama 16 kali pertemuan. Silakan dipahami bersama.

Mahasiswaku, di bawah ini merupakan organisasi materi yang akan sama-sama kita diskusikan selama satu semester.

Di bawah ini merupakan beberapa daftar referensi yang bisa mahasiswa gunakan selama perkuliahan. Beberapa referensi utama berasal dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia serta buku acuan dari Forum Badan Kerja Sama Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat sudah kami lampirkan di bawah.
Selain itu, mahasiswa juga bisa mencari referensi tambahan/lain di luar acuan, seperti jurnal (10 tahun terakhir) dan banyak literatur lainnya.
- Silakan mahasiswa semua membaca serta mencermati kontrak perkuliahan yang telah Kami berikan. Kontrak perkuliahan ini dapat kita jadikan pedoman dalam melaksanakan perkuliahan di semester ini.
Berikut merupakan sejumlah file materi ajar yang dapat digunakan selama perkuliahan. Silakan mulai Anda unduh, baca lalu pahami.
Sebelum memasuki materi, ada sebuah pertanyaan yang harus Anda jawab secara mandiri sesuai dengan pengetahuan awal Anda terkait bahasa Indonesia.
pertanyaan yang harus Anda jawab adalah ''Mengapa bahasa Indonesia masih kita pelajari di perguruan tinggi? Padahal bahasa Indonesia telah kita pelajari dari taman kanak-kanak sampai sekolah menengah atas''.
Tulisakan jawaban Anda di kertas folio bergaris dengan tulisan tegak bersambung. Lalu unggah jawaban Anda dalam bentuk scan pdf di forum tugas 1.
Pertemuan 2: Pengantar Materi Perkuliahan
(Sumber: https://www.google.com/search?q=sejarah+perkembangan+bahasa+indonesia)
Assalamualaikum Wr. Wb.
Tabik Pun..
Mahasiswaku yang berbahagia, pada pertemuan awal ini Anda akan diajak membahas tentang pondasi awal kebahasaan kita yaitu tentang Sejarah Perkembangan Bahasa Indonesia. Di materi ini Anda akan disuguhkan tentang informasi awal tentang awal mula konsep Bahasa Indonesia muncul, peran Sumpah Pemuda dalam membangkitkan semangat ke-Indonesia-an para pemuda, hingga kebijakan politik yang menyertai eksistensi bahasa nasional hingga saat ini ada di Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Silakan Anda cermati tampilan materi dan video yang ada di bawah. Di bagian akhir terdapat forum diskusi yang dapat Anda ikuti untuk menggali lebih dalam wawasan terkait materi yang telah Ibu berikan, serta tugas sebagai bahan evaluasi.
Wasaalamualaikum Wr. Wb.
Berikut ini adalah referensi yang menjabarkan tentang kebijakan politik yang menyertai eksistensi Bahasa Indonesia hingga saat ini.
Video di bawah ini berisikan materi tentang sejarah bahasa Indonesia. Silakan anda tonton dan simpulkan tentang perkembangan sejarah dari tahun ke tahun di Indonesia.
Pada forum ini, seluruh mahasiswa diharapkan untuk berdiskusi dan melakukan tanya jawab kepada mahasiswa lainnya. Semua berhak menyampaikan pendapatnya.
Mahasiswaku yang berbahagia, dalam materi ejaan yang dilampirkan di atas telah disertakan beberapa soal yang bertujuan sebagai bahan evaluasi. Silakan Anda jawab dan kirim tugas tersebut di halaman ini.
Ini adalah modul digital interaktif yang membahas materi sejarah dan politik bahasa Indonesia. Silakan diakses untuk menambah khazanah pengetahuan Anda.
Halo mahasiswaku semua, berikut adalah kuis ringan berbasis game yang akan menggali pengetahuan tentang materi yang telah diajarkan. Belajar sambil bermain tentu lebih menyenangkan. Silakan mencoba.
Mahasiswaku sekalian, setelah membaca dan memahami materi sejarah dan fungsi bahasa, berikut Kami lampirkan tautan menuju materi evaluasi. Melalui permainan Quizizz, Anda akan diajak mengasah kembali pengetahuan yang dimiliki terkait materi. Silakan klik di sini
Selamat bermain, semoga menyenangkan dan hasilnya maksimal. .
Pertemuan ke-3 : Politik Bahasa Indonesia
(sumber: https://www.google.com/search?q=keragaman+dalam+berdiskusi)
Assalamualaikum Wr. Wb.
Tabik Pun..
Salam sehat untuk semua mahasiswa..
Pada pertemuan kali ini akan disajikan pembahasan tentang (i) pengertian bahasa; (ii) hakikat bahasa; (iii) fungsi bahasa; dan (iv) ragam bahasa.
Pada pertemuan ini, Ibu telah memberikan materi dan video yang dapat Anda akses dan pahami. Pada bagian akhir terdapat forum diskusi yang wajib Anda ikuti untuk menggali lebih dalam wawasan terkait materi yang diberikan, serta tugas sebagai bahan evaluasi.
Ibu berharap, setelah mengikuti materi ini mahasiswa dapat memiliki rasa bangga dan tanggung jawab yang tinggi terhadap penggunaan bahasa Indonesia dengan baik dan benar serta mampu menuangkan ide, gagasan, dan pemikirannya secara lisan dan tertulis dengan menggunakan unsur-unsur kebahasaan dan aturan yang benar dengan terampil, teliti, dan cermat.
Selamat belajar.
Wassalamualaikum Wr. Wb.
Berikut adalah referensi yang membahas tentang hakikat, fungsi, dan ragam bahasa Indonesia.
Ragam bahasa Indonesia memiliki banyak variasi, melalui tampilan di bawah ini diharapkan Anda mampu sedikit mendapatkan pemahaman tentang materi tersebut.
,
Video berikut merupakan sedikit contoh tentang penerapan ragam bahasa Indonesia yang ada di masyarakat. Silakan Anda simak dan pahami paparan tersebut beserta teori yang telah disediakan.
Fungsi bahasa salah satunya adalah sebagai kontrol sosial. Bagaimana fungsi kontrol sosial ini berjalan seharusnya dalam menghadapi fenomena netizen dengan segala kejulidannya, khususnya buzzer dalam hiruk pikuk politik Indonesia.
apakah kontrol sosial berjalan. dan bagaimana seharusnya?
Mahasiswaku semua, dalam materi ejaan yang dilampirkan di atas telah Ibu sertakan beberapa soal yang bertujuan sebagai bahan evaluasi. Silakan Anda jawab dan kirim tugas tersebut di halaman ini.
PERTEMUAN 4: PUEBI I (Huruf Kapital, Huruf Miring, dan Huruf Tebal)
Assalamualaikum Wr. Wb.Tabik Pun..
Salam sehat untuk kita semua. Terima kasih kepada mahasiswa yang masih setia di Mata Kuliah Umum Pendidikan Bahasa Indonesia. Di pertemuan 3 ini kita akan melanjutkan materi yaitu kaidah penggunaan huruf seperti huruf kapital, huruf miring, dan huruf tebal sesuai dengan kaidah di Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI).
Masih sama dengan pertemuan sebelumnya, Ibu telah memberikan materi dan video yang dapat Anda akses serta pahami. Pada bagian akhir terdapat forum diskusi yang wajib Anda ikuti untuk menggali lebih dalam wawasan terkait materi yang diberikan, serta tugas sebagai bahan evaluasi.
Tetap semangat dan terus fokus di perkuliahan ini. Salam sehat, kuat, dan bahagia selalu.
Wassalamualaikum Wr. Wb.
Materi ajar tentang Ejaan Bahasa Indonesia yang dikeluarkan oleh Pusat Pembinaan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
Materi ajar tentang Ejaan Bahasa Indonesia yang dikeluarkan oleh Pusat Pembinaan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Materi yang berisikan tentang pedoman umum ejaan bahasa Indonesia yaitu kaidah penggunaan huruf kapital, huruf miring, dan huruf tebal.
Mahasiswaku semua, video berikut merupakan ringkasan singkat tentang kaidah penggunaan huruf kapital yang ada dalam Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Silakan ditonton dan dipahami, untuk kemudian kita diskusikan di forum yang telah disediakan.
Gunakan forum ini untuk mendiskusikan materi Ejaan Bahasa Indonesia. Anda boleh bertanya sekaligus menanggapi pertanyaan yang kawan Anda kirimkan. Bilamana ada pertanyaan yang tidak dapat terjawab saya akan membantu untuk menjelaskan.
Mahasiswaku semua, berikut adalah evaluasi sederhana dari materi Ejaan I.
SIlakan jawab dengan melampirkan word atau pdf dengan cara menjawab pilihan yang ada. Jangan lupa sertakan analisis jawaban Anda tersebut, misal jawaban itu adalah A, dikatakan A karena A merupakan kalimat yang harus menggunakan huruf kapital dan di dalam bahasa Indonesia tidak boleh dituliskan demikian.
Berikut soalnya
1. Berikut ini penggunaan huruf kapital yang salah terdapat pada kalimat ...
a. “Bapak, ada yang bisa saya bantu?”
b. Siapakah nama Gubernur- gubernur itu?
c. Presiden Jokowi mengunjungi Amerika Serikat.
d. Gubernur Jakarta akan mengunjungi desa-desa kecil
e. “Saya pergi dulu, Dik.”
2. Presiden jokowi mengunjungi amerika bersama gubernur dari jakarta pada desember tahun lalu. Penulisan menggunakan huruf kapital yang tepat sesuai EYD yaitu ...
a. Presiden Jokowi mengunjungi Amerika bersama gubernur dari Jakarta pada desember tahun lalu.
b. Presiden Jokowi mengunjungi Amerika bersama Gubernur dari Jakarta pada Desember tahun lalu.
c. Presiden Jokowi mengunjungi Amerika bersama gubernur dari Jakarta pada Desember tahun lalu.
d. Presiden jokowi mengunjungi amerika bersama Gubernur dari Jakarta pada desember tahun lalu.
e. Presiden jokowi mengunjungi amerika bersama Gubernur dari Jakarta pada desember tahun lalu.
3. Penggunaan huruf miring yang tepat terdapat pada kalimat ...
a. Artikel Andi dimuat di Jawa Pos.
b. Ali menulis artikel di Suara Merdeka.
c. Dia sedang membaca novel Romeo dan Jullie
d. Andi sedang membaca koran sindo.
e. Artikelnya dipuji pihak jawa pos.
4. orang dari bangsa arab itu sedang belajar bahasa jawa
Perbaikan ejaan kalimat di atas adalah ... .
a. Orang dari bangsa Arab itu sedang belajar Bahasa Jawa
b. Orang dari Bangsa Arab itu sedang belajar Bahasa Jawa
c. Orang dari bangsa Arab itu sedang belajar bahasa Jawa
d. Orang dari bangsa Arab itu sedang belajar bahasa jawaSilakan Anda jawab dan kirim tugas tersebut di halaman ini.
Tugas dikerjakan paling lambat tanggal sesuai arahan yang disampaikan di GWA.
Ini adalah modul digital interaktif yang membahas materi huruf kapital, huruf miring, dan huruf tebal. Silakan diakses untuk menambah khazanah pengetahuan Anda dan jangan lupa ikuti evaluasi yang diberikan.
PERTEMUAN 5 PUEBI II (Tata Istilah)
Assalamualaikum Wr. Wb.
Tabik Pun..
Apa kabar mahasiswa yang kami banggakan. Ibu berharap Anda semua masih dalam keadaan sehat dan bahagia. Di perkuliahan kali ini, kita akan memasuki kaidah umum ejaan bahasa Indonesia yang membahas tentang tata istilah dan tanda baca. Seperti yang Anda ketahui, bahasa Indonesia kaya akan kosa kata yang berasal dari bahasa daerah dan asing. Kata-kata tersebut diserap untuk mengisi keksosongan kata yang ada di bahasa Indonesia. Sementara tanda baca merupakan alat bantu yang mempertegas suatu tulisan agar dapat dimaknai seperti kata tersebut diucapkan secara lisan.
Oleh karena itu, di pertemuan kali ini kita akan membahas kaidah-kaidah penulisan unsur serapan, tata istilah, dan penggunaan tanda baca sesuai dengan pedoman umum ejaan bahasa Indonesia dalam tulisan secara benar. Ibu berharap semua mahasiswa dapat menyimak dan memahami paparan materi dan video yang telah disediakan. Selanjutnya, di forum diskusi Anda bisa bertanya sekaligus menyanggah pertanyaan yang telah disediakan.
Selamat belajar. Jaga kesehatan.
Waalaikumussalam Wr. Wb.
Berikut merupakan KUIS 1 dari mata kuliah Pendidikan Bahasa Indonesia.
Kuis akan dibuka pada:
hari/tanggal:
pukul: 07.30 - 10.00
Silakan gunakan enrollment key yaitu .
Saat Anda mulai menjawab, soal tidak dapat dikembalikan.
Materi ajar tentang Tata Istilah yang dikeluarkan oleh Pusat Pembinaan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
Materi ajar tentang Ejaan Bahasa Indonesia yang dikeluarkan oleh Pusat Pembinaan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
Seluruh mahasiswa yang Ibu banggakan. Ada banyak kata dalam bahasa asing dan daerah yang diserap dalam bahasa Indonesia. Proses penyerapan itupun menggunakan kaidah yang telah diatur secara saksama. Video berikut ini Ibu harapkan dapat membantu Anda dalam memahami bagaimana kaidah kata asing dan daerah melesap dalam bahasa Indonesia. Silakan disimak secara baik.
Gunakan forum ini untuk mendiskusikan materi Ejaan Bahasa Indonesia khususnya mengenai Tata Istilah. Anda boleh bertanya sekaligus menanggapi pertanyaan yang kawan Anda kirimkan. Bilamana ada pertanyaan yang tidak dapat terjawab saya akan membantu untuk menjelaskan.
Mahasiswaku, disekitar kita banyak dijumpai penyerapan istilah asing. Silakan Anda cari lima penyerapan istilah asing baik dari iklan video atau gambar, lalu berikan analisis (apakah penggunaan istilah tersebut benar atau salah) merujuk kepada kaidah tata istilah asing (adopsi, adaptasi, terjemahan, kreasi) dan kaidah Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia.
Silakan Anda langsung tulis jawaban Anda di vclass paling lambat ..... pukul 23.55.
PERTEMUAN 5: PUEBI III (Tanda Baca)
Assalamualaikum Wr. Wb.
Mahasiswaku semua, tanda baca merupakan simbol yang berfungsi untuk menunjukan struktur dan tata kata suatu tulisan, dan berfungsi untuk mengatur intonasi, serta jeda ketika membaca. Tanda baca tidak berhubungan dengan fonem (suara) atau kata dan frasa pada suatu bahasa. Aturan tanda baca berbeda antar bahasa, lokasi, waktu, dan terus berkembang.
Pada kesempatan ini, kita akan kembali melanjutkan materi tentang tanda baca dan fungsinya dalam ragam tulisan. Silakan baca dan pahami materi yang ada di dalam buku ejaan dan pedoman umum ejaan bahasa Indonesia yang ada di bawah.
Materi yang berisikan tentang pedoman umum ejaan bahasa Indonesia yaitu kaidah penggunaan huruf kapital, huruf kecil, dan huruf miring.
Materi ajar tentang Ejaan Bahasa Indonesia yang dikeluarkan oleh Pusat Pembinaan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Silakan Anda unggah tugas analisis tanda baca melalui kanal ini.
PERTEMUAN 6: PUEBI VI (Tata Kata)
Assalamualaikum Wr. Wb.
Tabik Pun..
Apa kabar semua mahasiswa yang Ibu banggakan? Bagaimana, masih semangat mengikuti kaidah kebahasaan bahasa Indonesia? Jika sebelumnya kita membahas tentang kaidah unsur serapan dan tata istilah, kali ini kita mencoba masuk ke dalam materi ejaan bahasa Indonesia yang lebih spesifik lagi yaitu tata kata. Di dalam materi ini Ibu akan mengajak kalian untuk memahami kaidah penulisan kata seperti kata dasar, kata turunan, kata ulang, gabung kata, kata ganti, kata depan, kata si dan sang, partikel, singkatan dan akronim, angka, dan lambang bilangan yang sesuai dengan pedoman umum Ejaan Bahasa Indonesia.
Apakah sudah mulai terbayang, mengapa Ibu memulai pembukaan pertemuan ini dengan memasang gambar ilustrasi tersebut? Kaidah sederhana di dalam bahasa Indonesia, kadang kala di masyarakat masih salah penerapannya. Ibu pun berharap seusai perkuliahan ini, semua mahasiswa dapat memahami secara utuh kaidah bahasa Indonesia dan menerapkannya secara maksimal di masyarakat.
Terkait materi bahasan bisa Anda baca di bagian bawah seperti biasanya. Kemudian, jangan lupa untuk berpartisipasi aktif dalam sesi diskusi yang telah disediakan. Tetap semangat dan selalu jaga kesehatan ya...
Wassalamualaikum. Wr. Wb.
Materi yang berisikan tentang pedoman umum ejaan bahasa Indonesia yaitu kaidah penulisan kata (dasar, turunan, ulang, gabung kata, kata ganti, kata depan, kata si dan sang, partikel, singkatan dan akronim, angka, dan lambang bilangan) sesuai dengan pedoman umum Ejaan Bahasa Indonesia.
Berikut adalah referensi yang bisa Mahasiswa gunakan dalam memahami materi Tata Kata dalam Bahasa Indonesia.
Materi ajar tentang Ejaan Bahasa Indonesia yang dikeluarkan oleh Pusat Pembinaan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
Materi ajar tentang Ejaan Bahasa Indonesia yang dikeluarkan oleh Pusat Pembinaan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Seluruh mahasiswa yang Ibu banggakan, dalam materi ejaan yang telah dilampirkan di atas silakan Anda buat resume secara individu. Resume yang dibuat bukan sebatas tulisan di word, tapi sedapat mungkin dalam bentuk power point, infografis (menggunakan aplikasi canva, vizualize, piktochart, visme, atau infogram), boleh juga menggunakan video editing animasi (menggunakan powtoon), dan bentuk lainnya.
Tugas ini merupakan resume dalam bentuk audio video. Silakan berkreasi secara maksimal, kumpulkan tugas di laman ini.
Jangka waktu pengerjaan satu pekan.
Pekan depan perwakilan terpilih akan mempresentasikan tugas ini.
PERTEMUAN 7 :Kalimat Efektif
Assalamualaikum Wr. Wb.
Tabik Pun..
Apa kabar Anda yang saat ini berada di rumah, rebahan di kamar, nongkrong bersama pacar, atau mungkin sedang dalam zona nyaman masing-masing. Di mana pun Anda berada semoga kesehatan dan kebahagiaan selalu menyertai. Sebab, dua hal tersebut sangat Ibu butuhkan agar Anda mampu mengikuti dan memahami materi yang akan dihadirkan selanjutnya.
Tidak terasa, perkuliahan ini telah memasuki materi yang kian kompleks. Jika sebelumnya, rekan-rekan mahasiswa mencoba memahami kaidah ejaan bahasa Indonesia. Saat ini Anda diajak untuk menerapkan pengetahuan itu untuk mencipta kalimat yang efektif. Sebuah tatanan kalimat yang baku dan tentu tidak multitafsir saat dimaknai oleh pembaca.
Maka untuk mewujudkan keinginan tersebut, pada kesempatan kali ini, izinkan Ibu untuk membagi sedikit materi yang berkaitan dengan pengertian kalimat, unsur kalimat, pengertian kalimat efektif dan ciri kalimat efektif. Materi berupa paparan dalam bentuk berkas pdf dan video telah disediakan untuk sama-sama dipahami. Semoga materi tersebut dapat menambah wawasan dan menjadi bekal mahasiswa dalam upaya penulisan karya tulis ilmiah di pendidikan tinggi.
Selamat belajar. Salam sehat dan bahagia selalu.
Wassalamualaikum. Wr. Wb.
Materi yang dapat digunakan mahasiswa dalam memahami tentang kalimat efektif.
Rekan-rekan mahasiswa dapat menggali lebih jauh pengetahuan tentang kalimat efektif melalui Buku Ajar Bersama BKS PTN Barat di bawah ini
Materi ajar tentang kalimat yang dikeluarkan oleh Pusat Pembinaan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
Materi ajar tentang Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang dikeluarkan oleh Pusat Pembinaan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
Semoga ringkasan ini bisa membantu kalian
Mahasiswaku semua, dalam materi ejaan yang dilampirkan di atas telah Ibu sertakan pula beberapa soal yang bertujuan sebagai bahan evaluasi. Silakan Anda jawab dan kirim tugas tersebut di halaman ini.
Materi Scorm ini silakan Anda buka dan pahami apa yang disampaikan dalam materi.
Mahasiswaku semua, silakan ikuti simulasi ujian pada pertemuan kali ini sebelum Anda mengikuti UTS pada waktu yang telah ditentukan.
Waktu Simulasi,
Minggu, ............................
Pukul 07.00 s.d. selesai
Link simulasi
bit.ly/36x3nXwSelamat mengerjakan ...
PERTEMUAN 8: Ujian Tengah Semester
Assalamualaikum Wr. Wb.
Tabik Pun..
Alhamdulillah, tidak terasa pertemuan demi pertemuan telah kita lewati. Sebagian materi telah kita diskusikan bersama sebagai pondasi awal perkuliahan Pendidikan Bahasa Indonesia, diantaranya tentang Sejarah Perkembangan Bahasa Indonesia, hakikat, fungsi, dan kedudukan bahasa, hingga memasuki materi inti yaitu mengenal pedoman umum ejaan bahasa Indonesia hingga pembentukan kalimat efektif.
Tiba saatnya pada pertemuan ke-8 ini momen penentuan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman dan wawasan mahasiswa terhadap materi yang telah diberikan. Pada akhirnya, Ibu mengucapkan selamat menempuh Ujian Tengah Semester. Tetap fokus, karena semua pertanyaan tetap berkaitan dengan materi yang selama ini Anda ikuti.
UTS MKU Pendidikan Bahasa Indonesia ini terdiri dari 40 pertanyaan dari berbagai tipe soal. Soal UTS berpusat kepada materi Sejarah Bahasa Indonesia s.d. Kalimat Efektif.
Waktu ujian dimulai sesuai dengan jadwal ujian.
Setiap mahasiswa, hanya diperbolehkan satu kali ujian dengan batas waktu penyelesaian 90 menit.
Selamat Mengerjakan.
PERTEMUAN 9: Paragraf I
Assalamualaikum Wr. Wb.
Tabik Pun..
Alhamdulillah. Pertemuan lalu kita telah menjalani rangkaian ujian tengah semester, saat ini kita akan mulai memasuki pekan yang lebih menantang. Di pertemuan ini kita akan memasuki materi yang jauh lebih kompleks. Pondasi pengetahuan tentang Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia dan pembuatan kalimat efektif akan kita implementaskan dalam menyusun paragraf.
Sedikitnya ada beberapa materi yang akan kita bahas dalam bahasan paragraf ini, diantaranya jenis tulisan di dalam sebuah paragraf. Seperti biasa, materi berupa paparan dalam bentuk berkas pdf dan video telah disediakan untuk disimak dan dipahami bersama. Semoga materi tersebut dapat menambah wawasan dan menjadi bekal pemahaman mahasiswa dalam upaya penulisan karya tulis ilmiah di pendidikan tinggi.
Selamat belajar. Salam sehat dan bahagia selalu.
Wassalamualaikum. Wr. Wb.Materi ini akan memberikan pemahaman kepada Anda tentang jenis-jenis tulisan yang ada di dalam bahasa Indonesia seperti eksposisi, deskripsi, argumentasi, narasi, dan persuasi.
Semua mahasiswa yang Ibu banggakan, dalam materi ejaan yang dilampirkan di atas telah Ibu sertakan pula beberapa soal yang bertujuan sebagai bahan evaluasi. Silakan Anda jawab dan kirim tugas tersebut di halaman ini.
Di perkuliahan MKU Pendidikan Bahasa Indonesia ini Anda diwajibkan mengisi daftar hadir melalui fitur yang disediakan oleh sistem vclass.unila.ac.id. Di bawah ini adalah tautan yang digunakan tiap pertemuan mata kuliah. Jangan salah klik, pastikan sebelum mengisi daftar hadir untuk cek pertemuan yang akan Anda isi. Kemudian isi daftar hadir dengan cara:
- pilih pertemuan
- Klik Add Entry
- Jika Add Entry tidak muncul, maka pada bagian visible group klik all participants.
- Silakan pilih data kehadiran Anda, apakah hadir, terlambat, sakit atau izin.
- Jika sudah klik save and view
- Ketika perkuliahan berlangsung nanti tiba-tiba Anda mengalami keadaan darurat seperti sakit, ada kerabat yang meninggal dunia dan lainnya (kendati masih bisa mengakses vclass), silakan isi saja dengan sakit atau izin. Agar Anda dapat fokus dengan kesehatan atau kesibukan tersebut.
- Presensi ini dilakukan sesuai dengan jam perkuliahan. Namun ketika Anda mengisi daftar hadir di luar jam kuliah, silakan segera klik terlambat.
- Kendala yang terjadi silakan dikomunikasikan melalui grup Whatsapp yang tersedia.
PERTEMUAN 10: Paragraf II
Assalamualaikum Wr. Wb.
Tabik Pun..
Apa kabar Anda hari ini? Semoga selalu sehat, kuat, dan bahagia dimanapun Anda berada. Menindaklanjuti materi berikutnya, di pertemuan ini kita melanjutkan kembali pemaparan tentang seluk beluk paragraf.
Saat ini Anda diajak untuk memahami pengertian paragraf dengan cermat, menjelaskan macam-macam paragraf, syarat paragraf yang baik, syarat kepaduan bentuk dan kepaduan makna, dan pola pengembangan paragraf dalam bahasa Indonesia. Maka untuk mewujudkan keinginan tersebut, pada kesempatan kali ini, izinkan saya untuk membagi sedikit materi yang berkaitan dengan materi tersebut. Semoga yang dibagikan ini dapat menambah pemahaman dan wawasan Anda sehingga menjadi bekal dalam upaya penulisan karya tulis ilmiah di pendidikan tinggi.
Selamat belajar. Salam sehat dan bahagia selalu.
Wassalamualaikum. Wr. Wb.
Berikut merupakan materi yang menjelaskan tentang apa itu pargraf, syarat pragraf yang baik, dan pola pengembangannya.
Paragraf merupakan gabungan kalimat yang memiliki gagasan pokok sebagai sarana mengungkapkan pikiran berupa pendapat dan lainnya. Bagaimana cara menyusun paragraf yang baik dan mengapa banyak dihadirkan varian pola pengembangan paragraf di dalam bahasa Indonesia?
PERTEMUAN 12 - 15: Karya Tulis Ilmiah
Assalamualaikum Wr. Wb.
Tabik Pun..
Pada akhirnya kita sampai di pembahasan utama yaitu Bahasa pada Karya Tulis Ilmiah (KTI). Pada bahasan ini kita akan membahasa tentang pengertian KTI, ciri dan gaya bahasa KTI, jenis KTI, sistematika KTI, sistem perujukan (pengutipan) dalam KTI, plagiarisme dalam KTI, dan penyusunan daftar pustaka dalam KTI.
Materi yang berkaitan dengan bahasan tersebut sudah Ibu siapkan di bagian bawah. Silakan dibaca dan cermat secara saksama. Semoga yang Ibu bagikan ini dapat menambah pemahaman dan wawasan mahasiswa dalam upaya penulisan karya tulis ilmiah di pendidikan tinggi.
Selamat belajar. Salam sehat dan bahagia selalu.
Wassalamualaikum. Wr. Wb.
Materi berikut menjelaskan tentang penggunaan bahasa dalam karya tulis ilmiah
Silakan Anda isi daftar hadir melalui tautan di bawah.
Rekan-rekan yang saya banggakan. Di perkuliahan MKU Pendidikan Bahasa Indonesia ini Anda diwajibkan mengisi daftar hadir melalui fitur yang disediakan oleh sistem vclass.unila.ac.id. Di bawah ini adalah tautan yang digunakan tiap pertemuan mata kuliah. Jangan salah klik, pastikan sebelum mengisi daftar hadir untuk cek pertemuan yang akan Anda isi. Kemudian isi daftar hadir dengan cara:
- pilih pertemuan
- Klik Add Entry
- Jika Add Entry tidak muncul, maka pada bagian visible group klik all participants.
- Silakan pilih data kehadiran Anda, apakah hadir, terlambat, sakit atau izin.
- Jika sudah klik save and view
- Ketika perkuliahan berlangsung nanti tiba-tiba Anda mengalami keadaan darurat seperti sakit, ada kerabat yang meninggal dunia dan lainnya (kendati masih bisa mengakses vclass), silakan isi saja dengan sakit atau izin. Agar Anda dapat fokus dengan kesehatan atau kesibukan tersebut.
- Absensi dilakukan sesuai dengan jam perkuliahan. Namun ketika Anda mengisi daftar hadir di luar jam kuliah, silakan segera klik terlambat.
- Kendala yang terjadi silakan dikomunikasikan melalui grup Whatsapp yang tersedia
Rekan-rekan yang saya banggakan. Di perkuliahan MKU Pendidikan Bahasa Indonesia ini Anda diwajibkan mengisi daftar hadir melalui fitur yang disediakan oleh sistem vclass.unila.ac.id. Di bawah ini adalah tautan yang digunakan tiap pertemuan mata kuliah. Jangan salah klik, pastikan sebelum mengisi daftar hadir untuk cek pertemuan yang akan Anda isi. Kemudian isi daftar hadir dengan cara:
- pilih pertemuan
- Klik Add Entry
- Jika Add Entry tidak muncul, maka pada bagian visible group klik all participants.
- Silakan pilih data kehadiran Anda, apakah hadir, terlambat, sakit atau izin.
- Jika sudah klik save and view
- Ketika perkuliahan berlangsung nanti tiba-tiba Anda mengalami keadaan darurat seperti sakit, ada kerabat yang meninggal dunia dan lainnya (kendati masih bisa mengakses vclass), silakan isi saja dengan sakit atau izin. Agar Anda dapat fokus dengan kesehatan atau kesibukan tersebut.
- Absensi dilakukan sesuai dengan jam perkuliahan. Namun ketika Anda mengisi daftar hadir di luar jam kuliah, silakan segera klik terlambat.
- Kendala yang terjadi silakan dikomunikasikan melalui grup Whatsapp yang tersedia
Mahasiswa semua, silakan Anda unggah tugas akhir latar belakang masalah yang ditugaskan pada pertemuan lalu ke laman ini.
PERTEMUAN 16: UAS
Assalamualaikum Wr. Wb.
Tabik Pun..
Alhamdulillah, tidak terasa pertemuan demi pertemuan telah kita lewati bersama. Kini, tiba saatnya kita pada pertemuan ke-16. Akhir sebuah perkuliahan. Momen penentuan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman dan wawasan mahasiswa dalam semua materi yang telah diberikan. Pada akhirnya, Ibu mengucapkan selamat menempuh Ujian Akhir Semester. Tetap fokus, karena semua pertanyaan tetap berkaitan dengan materi yang selama ini Anda ikuti.
UAS yang ditujukan kepada mahasiswa
14 May - 20 May
21 May - 27 May
28 May - 3 June