Weekly outline
General
- Teori Belajar dan Pembelajaran berorientasi untuk membangun paradigma berfikir yang melandasi kegiatan penelitian dan pembelajaran. Untuk itu mata kuliah ini membahas teori belajar behaviouristik, kognitif dan konstruktif. Teori belajar behaviouristik mencakup teori belajar Paplov, Skinner, Thorndike. Teori belajar kognitif mencakup teori perkembangan intelektual Piaget, teori belajar Bruner, teori belajar bermakna Ausubel, teori belajar Vygotsky, dan pemrosesan informasi. Teori belajar konstruktif mencakup falsafah makna belajar, kurikulum dan evaluasi belajar, belajar konseptual dan prosedural. Teori belajar merupakan dasar untuk memfasilitasi kegiatan pembelajaran (pendekatan, model, strategi, metode, teknik/taktik) yang mendidik.

Pertemuan 1. Hakikat Belajar dan Pembelajaran
Untuk pengayaan pada materi pertama, silahkan simak video pembelajaran berikut ini.
Silahkan baca file word dibawah ini, kerjakan tugas sesuai dengan yang telah tertera didalamnya, dan dikumpul melalui forum pengumpulan tugas.
Selamat mengerjakan.
Pertemuan 2. Teori Belajar Behavioristic dalam Proses Pembelajaran
Silahkan kumpulkan tugas di forum ini, dalam bentuk link Gdrive, terimakasih.
Pertemuan 3. Teori Belajar Behavioristic dalam Proses Pembelajaran
Silahkan dibaca untuk pengayaan pada materi teori belajar dan pembelajaran.
Silahkan kumpulkan tugas dalam bentuk link Gdrive, terimakasih
Pertemuan 4. Teori Belajar Kognitif dalam Proses Pembelajaran
Silahkan tulis nama dan NPM kalian pada forum ini, terimakasih.
Silahkan kumpulkan tugas pada forum berikut ini melalui link Gdrive, terimakasih
Pertemuan 5. Teori Belajar Kognitif dalam Proses Pembelajaran
Silahkan tulis nama dan NPM kalian pada forum ini, terimakasih.
Silahkan dibaca untuk pengayaan pada materi teori belajar dan pembelajaran.
Silahkan kumpulkan tugas pada forum ini, dalam bentuk link Gdrive, terimakasih.
Pertemuan 6. Teori Belajar Humanistic dalam Proses Pembelajaran
Silahkan tulis nama dan NPM kalian pada forum ini, terimakasih.
Silahkan kepada kelompok yang telah melakukan presentasi pada pertemuan ini, mengumpulkan tugas berupa modul ajar, dan video presentasi (jika online).
Pertemuan 7. Teori Belajar Humanistic dalam Proses Pembelajaran
Silahkan dibaca untuk pengayaan pada materi teori belajar dan pembelajaran.
Silahkan kumpulkan tugas pada forum ini, dalam bentuk Link Gdrive, terimakash.
Silahkan tulis nama dan NPM
Ujian Tengah Semester
Silahkan tulis nama dan NPM
Pertemuan 9. Teori Belajar Konstruktif dalam Proses Pembelajaran
Silahkan kumpulkan tugas pada forum ini, dalam bentuk Link Gdrive, terimakash.
Silahkan tulis nama dan NPM
Silahkan dibaca untuk pengayaan pada materi teori belajar dan pembelajaran.
Pertemuan 10. Teori Belajar Konstruktif dalam Proses Pembelajaran
Silahkan kepada kelompok yang telah melakukan presentasi pada pertemuan ini, mengumpulkan tugas berupa modul ajar, dan video presentasi (jika online).
Silahkan tulis nama dan NPM
Pertemuan 11. Teori Belajar Konstruktif dalam Proses Pembelajaran
Silahkan kumpulkan tugas pada forum ini, dalam bentuk Link Gdrive, terimakash.
Silahkan tulis nama dan NPM
Pertemuan 12. Model Pembelajaran Problem Solving
Tugas Kelompok: Pembuatan Modul Ajar Bahasa Prancis
Deskripsi Tugas: Buatlah modul ajar bahasa Prancis yang akan digunakan untuk pembelajaran di tingkat SMA. Modul ini harus disusun secara berkelompok sesuai dengan kelompok yang telah dibagi pada sesi presentasi mata kuliah Belajar dan Pembelajaran.
Tujuan:
1. Mengembangkan keterampilan mahasiswa dalam menyusun materi pembelajaran.
2. Meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang strategi pengajaran bahasa Prancis di tingkat SMA.
3. Menciptakan bahan ajar yang kreatif dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Instruksi Tugas:
1. Pembagian Kelompok:
Modul ajar ini dikerjakan secara berkelompok sesuai dengan pembagian kelompok yang telah dilakukan pada sesi presentasi mata kuliah.
2. Pilih Topik:
Setiap kelompok harus memilih salah satu topik yang telah dibagikan pada saat presentasi. Topik tersebut mencakup berbagai aspek pembelajaran bahasa Prancis seperti tata bahasa, kosa kata, keterampilan berbicara, keterampilan menulis, keterampilan membaca, dan keterampilan mendengarkan.
3. Struktur Modul:
- Cover Modul: Judul, nama anggota kelompok, nama dosen, dan logo institusi.
- Daftar Isi: Rincian bagian modul beserta nomor halaman.
- Pendahuluan: Tujuan pembelajaran dan gambaran umum tentang topik.
- Materi Pembelajaran: Penjelasan lengkap mengenai topik yang dipilih, termasuk teori dan konsep penting.
- Kegiatan Pembelajaran: Rangkaian aktivitas yang dirancang untuk mengembangkan keterampilan siswa. Sertakan instruksi yang jelas dan bahan yang diperlukan.
- Latihan dan Evaluasi: Soal latihan, tugas, dan metode evaluasi untuk mengukur pemahaman siswa.
- Penutup: Ringkasan dan refleksi tentang topik yang dibahas.
- Daftar Pustaka: Referensi yang digunakan dalam penyusunan modul.
- Lampiran Materi: tambahan, seperti lembar kerja, audio, atau video jika diperlukan.
4. Penulisan dan Format:
- Modul harus ditulis dalam bahasa Indonesia.
- Gunakan font Times New Roman ukuran 12, spasi 1.5, dan margin 1 inci di setiap sisi.
- Panjang modul minimal 20 halaman.
5. Pengumpulan:
- Modul harus dikumpulkan dalam format PDF.
- Unggah modul ke folder Google Drive yang telah disediakan dengan nama file: “Modul_Kelompok[Nomor Kelompok]_BahasaPrancis”.
- Masukkan Link Google Drive pada forum vclass ini
6. Batas Waktu:
Modul harus diunggah paling lambat 7 hari dari tanggal tugas ini diberikan,
Dengan instruksi ini, mahasiswa diharapkan dapat mengembangkan modul ajar yang komprehensif dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran bahasa Prancis di tingkat SMA.
Terimakasih dan semangat selalu rekan-rekan mahasiswa.
Silahkan tulis nama dan NPM
Pertemuan 13. Model Pembelajaran Inkuiri
Silahkan tulis nama dan NPM
Silahkan kepada kelompok yang telah melakukan presentasi pada pertemuan ini, mengumpulkan tugas berupa modul ajar, dan video presentasi (jika online).
Pertemuan 14. Model Pembelajaran Inkuiri
Silahkan kepada kelompok yang telah melakukan presentasi pada pertemuan ini, mengumpulkan tugas berupa modul ajar, dan video presentasi (jika online).
Silahkan tulis nama dan NPM
Pertemuan 15. Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL)
Silahkan tulis nama dan NPM
- Untuk pengayaan silahkan cermati ppt dibawah ini.
Silahkan kepada kelompok yang telah melakukan presentasi pada pertemuan ini, mengumpulkan tugas berupa modul ajar, dan video presentasi (jika online).
Ujian Akhir Semester
Silahkan tulis nama dan NPM