Topic outline

  • SELAMAT DATANG DI MATA KULIAH MENYIMAK (BHS620103)

  • KEGIATAN BELAJAR 2. HAKIKAT BAHASA

    SAPAAN MAHASISWA

    Assalamualaikum wr wb,
    Selamat Pagi, Slam sejahtera bagi kita semua,
    Tabik Puun...

    Para mahasiswa sekalian, tak ada yang memungkiri bahwa bahasa memegang peranan yang sangat penting dalam kehidupan. Tanpa bahasa, manusia tidak dapat berbuat apa-apa atau malahan kalau bahasa itu tidak ada, manusia pun tidak ada. Jadi, bahasa ada karena manusia ada. Pertanyaannya: Apakah bahasa itu? Apakah karakteristik  bahasa  manusia?  Apakah  fungsi  bahasa?  Dalam penggunaannya, apakah suatu bahasa hanya memiliki satu bentuk atau satu wujud?  Pertanyaan-pertanyaan itulah yang akan kita bicarakan pada uraian Kegiatan Belajar 1 ini. Saya berharap, kalian semua terus bersemangat dalam perkuliahan menyimak ini.

    GAMBARAN UMUM MATERI

    Saudara, kata bahasa kerap digunakan dalam berbagai konteks dengan bermacam makna. Kita sering mendengar ungkapan bahasa tubuh, bahasa isyarat, bahasa cinta, bahasa prokem, bahasa bunga, bahasa lisan, bahasa militer, serta berbagai ungkapan lain yang disandingkan dengan kata bahasa. Sebagai guru yang telah cukup lama mengajarkan bahasa Indonesia, menurut Anda apakah yang dimaksud dengan bahasa?  Silakan rumuskan!

    Jawaban Anda dan teman-teman Anda mungkin sangat bervariasi. Mari kita cermati beberapa pengertian bahasa yang telah dirumuskan beberapa ahli.

    1. Bahasa adalah sebuah simbol bunyi yang arbiter yang digunakan untuk komunikasi manusia (Wardhaugh, 1972).
    2. Bahasa adalah sebuah alat untuk mengomunikasikan gagasan atau perasaan  secara  sistematis  melalui  penggunaan  tanda,  suara,  gerak atau tanda-tanda yang disepakati, yang memiliki makna yang dipahami (Webster’s New Collegiate Dictionary, 1981).
    3. Bahasa adalah sistem lambang bunyi yang arbiter, yang dipergunakan oleh para anggota sosial untuk berkomunikasi, bekerja sama, dan mengidentifikasi diri (Kentjono, Ed., 1984:2).
    4. Bahasa adalah salah satu dari sejumlah sistem makna yang secara bersama-sama membentuk budaya manusia (Halliday dan Hasan, 1991).

    RELEVANSI DENGAN PENGETAHUAN MAHASISWA

    Rumusan definisi bahasa di atas mencerminkan minat dan sudut pandang penyusunnya. Ada yang menekankan pada sistem, alat, dan juga pada komunikasi.  Namun, apa pun rumusan yang telah dibuat, pada dasarnya konsep bahasa memiliki beberapa karakteristik

    CAPAIAN PEMBELAJARAN

    Setelah mempelajari kegiatan belajar ini Anda diharapkan dapat:

    1. menjelaskan hakikat bahasa manusia;
    2. memaparkan fungsi bahasa sebagai alat komunikasi; serta
    3. menguraikan macam-macam ragam bahasa Indonesia.

    Bagaimana  sudah  siap?  Baik,  mari  kita  memulai  kajian  kita  tentang konsep bahasa.

    • Pembagian Kelompok Presentasi File 17.4KB Word 2007 document
  • KEGIATAN BELAJAR 3. KONSEP MENYIMAK



    SALAM PEMBUKA

    Assalamualaikum wr wb.
    Tabik Puun...

    Para mahasiswa yang saya banggakan. Telah kalian baca dibagian awal bagaimana salam pembuka dari kami, profil dosen pengampu mata kuliah ini, deskripsi mata kuliah, dan kompetensi yang akan dicapai pada perkuliahan menyimak. Semoga kalian dapat memahami semuanya guna menunjang pembelajaran kita selama satu semester kedepan.

    GAMBARAN UMUM MATERI

    Seperti telah disinggung pada bagian pendahuluan bahwa menyimak merupakan suatu kegiatan berbahasa yang sering kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, pada praktiknya makna menyimak sering tumpang tindih dengan makna mendengar dan mendengarkan.

    Sebelum kita membahas konsep atau pengertian tentang menyimak, terlebih dahulu kita perhatikan perbedaan antarketiga kegiatan tersebut (mendengar, mendengarkan, dan menyimak) melalui contoh/ilustrasi berikut ini.

    1. Bambang  bersama  teman-temannya sedang  asyik  bermain  bola  di lapangan yang letaknya berdekatan dengan jalan raya, tiba-tiba dia mendengar suara letusan. Bambang dan temannya berhenti sejenak mencari asal suara itu. Rupanya suara ban sepeda meletus. Setelah mengetahui apa yang terjadi, Bambang dan teman-temannya kembali melanjutkan permainannya.
    2. Tini menyapu lantai rumah sambil mendengarkan kaset Chrisye yang berisi lagu-lagu kegemarannya. Tini bekerja sambil mengikuti nyanyian tersebut yang sengaja disetelnya.
    3. Qeis dengan serius menonton acara siaran berita di televisi tentang peristiwa tanah longsor di suatu daerah. Qeis tidak hanya melihat gambar/visual yang tampak di layar kaca, tetapi dia mencermati kalimat- kalimat yang diucapkan penyiar sambil sekali-sekali dia memberi komentar.

    RELEVANSI DENGAN PENGETAHUAN MAHASISWA

    Dari ketiga ilustrasi di atas, kita peroleh gambaran tentang peristiwa dan kegiatan yang dilakukan oleh Bambang, Tini, dan Qeis yang berhubungan dengan mendengar, mendengarkan, dan menyimak.

    Pada contoh (1) Bambang dan teman-temannya mendengar letusan tanpa disengaja dan tanpa tujuan. Suara letusan hanya membuat mereka terkejut sebentar, kemudian mereka tidak lagi mempedulikannya. Setelah menoleh sebentar, lalu mereka melanjutkan permainannya kembali.

    Pada contoh (2) Tini memang sengaja menyetel kaset Chrisye untuk mendengarkan  lagu  kegemarannya. Tujuan Tini hanya  sekadar menyenangkan hatinya sambil bekerja, tidak untuk memahami isi lagu-lagu yang didengarnya. Dalam hal ini Tini telah melakukan kegiatan yang bertujuan, tetapi tidak untuk memahami isi lagu. Dengan demikian, Tini telah melakukan kegiatan mendengarkan.

    Pada contoh (3) Qeis dengan sengaja memperhatikan tayangan siaran berita dengan tujuan untuk mengetahui berbagai peristiwa yang terjadi di tanah air. Kegiatan ini dilakukan Qeis dengan serius sambil memberi tanggapan atau komentar. Dalam hal ini, Qeis melakukan kegiatan ini dengan sengaja dan bertujuan sehingga dapat memahami isi berita yang didengar dan dilihatnya. Kegiatan Qeis ini setingkat lebih tinggi dari mendengarkan dan disebut dengan istilah menyimak.

    Dari contoh dan ulasan di atas, semoga Anda memahami perbedaan ketiga istilah tersebut (mendengar, mendengarkan, dan menyimak). Jelasnya ketiga istilah tersebut berbeda secara gradasi walaupun ada titik-titik persamaan dalam makna kata.

    Pada kegiatan mendengar tidak ada unsur kesengajaan apalagi tujuan/rencana, pada kegiatan mendengarkan sudah ada unsur kesengajaan dan tujuan/rencana, tetapi belum ada  unsur pemahaman, sedangkan pada kegiatan menyimak ada unsur kesengajaan, tujuan/rencana, dan juga pemahaman.

    Menyimak didefinisikan oleh Tarigan (1987:28) sebagai suatu proses, yaitu mendengarkan lambang-lambang lisan dengan penuh perhatian, pemahaman apresiasi, serta interpretasi untuk memperoleh informasi, menangkap isi atau pesan serta memahami makna komunikasi yang telah disampaikan oleh pembicara melalui ujaran atau bahasa lisan.

    Di samping pandangan di atas, ada pula pendapat lain yang hanya memilah istilah tersebut menjadi dua, yaitu mendengar dan mendengarkan atau menyimak. Artinya, menyimak memiliki makna yang sama dengan mendengarkan, seperti istilah yang digunakan dalam kurikulum mata pelajaran bahasa Indonesia 2004 atau kurikulum berbasis kompetensi (KBK).

    CAPAIAN PEMBELAJARAN

    Mahasiswa mampu memetakan konsep mendengar, mendengarkan, dan menyimak.

  • KEGIATAN BELAJAR 4 - PENDAHULUAN (H.G Tarigan, 2008)



    SAPAAN MAHASISWA

    Assalamualaikum wr wb.
    Selamat Pagi, Salam sejahtera bagi kita semua,
    Tabim Puun...

    Para mahasiwa sekalian yang saya banggakan. Pada pertemuan keempat ini kita akan memulai dikusi kelompok. Saya berharap kalian dapat memanfaatkan moment ini untuk memperkaya ilmu pengetahuan kalian terhadap materi pendahuluan yang akan disampaiakn oleh kelompok 1. Meskipun materi pendahuluan ini telah kami sampaikan pada 2 pertemuan awal, tetapi kami berharap kalian tetap fokus dan bisa menggali lebih dalam materi yang kelompok 1 sampaikan.

    GAMBARAN UMUM MATERI

    Menyimak merupakan salah satu dari keempat keterampilan berbahasa yang penting. Keterampilan menyimak harus dikuasai terlebih dahulu dibandingkan dengan keterampilan-keterampilan berbahasa yang lain.Kegiatan menyimak dapat terlihat dari kehidupan sehari-hari yang dihadapkan dengan berbagai kesibukan menyimak, misalnya dalam dialog antaranggota keluarga, percakapan antarteman dan aktivitas pendidikan.

    (Tarigan, 2008:2). Dengan menyimak informasi kita dapat mengetahui segala hal yang terjadi di belahan dunia ini, meliputi kasus-kasus yang sedang terjadi di berbagai negara, keanekaragaman suku dan budaya yang terdapat di berbagai negara, beragam keajaiban dunia yang terdapat di dunia dan berbagai jenis makhluk hidup yang terdapat di dunia. Untuk mencapai tujuan pembelajaran dalam materi menyimak teks berita, pengajar harus menggunakan strategi pembelajaran yang aktif, kreatif dan inovatif untuk membangkitkan minat dalam proses pembelajaran.

    RELEVANSI DENGAN PENGETAHUAN MAHASISWA

    Menyimak merupakan proses menangkap pesan atau gagasan yang disajikan melalui ujaran. Keterampilan menyimak merupakan dasar keterampilan dalam komunikasi lisan. Apabila kemampuan seseorang dalam menyimak kurang, dapat dipastikan dia tidak dapat mengungkapkan topik yang didengar dengan baik. Dalam pembelajaran bahasa Indonesia, terdapat satu kompetensi yang harus dicapai siswa yaitu menemukan pokok-pokok berita (apa, siapa, mengapa, dimana, kapan dan bagaimana) yang didengar atau ditonton melalui radio/TV. Hal ini menandakan bahwa pembelajaran menyimak berita merupakan salah satu pembelajaran yang penting untuk dilaksanakan. Pentingnya pembelajaran menyimak yaitu dapat melatih daya piker seseorang terhadap hal-hal yang telah disimaknya. Semakin tinggi daya ingat seseorang dalam menyimak maka semakin tinggi pula kecerdasan orang tersebut. Seperti halnya pada materi pembelajaran menyimak berita televisi, untuk mengetahui informasi dari berita kita tidak sekedar melihat berita di televisi saja, akan tetapi kita juga harus menyimak dengan cermat segala informasi yang telah diberitakan. Konsentrasi penuh dalam menyimak teks berita merupakan hal utama dalam menyimak. Hal tersebut terbukti bahwa seseorang yang menyimak informasi dengan cermat dan penuh konsentrasi maka informasi yang diperoleh juga lengkap, namun sebaliknya yang tidak menyimak informasi dengan cermat maka informasi yang didapat juga tidak akan lengkap.

    CAPAIAN PEMBELAJARAN

    Setelah kegiatan belajar ini, mahasiwa diharapkan mampu;

    1. Mengetahui Pengertian mengenai Kegitan Menyimak
    2. Menjelaskan Maksud dari Keterampilan Bahasa
    3. Memberikan Pengajaran tentang Menyimak
    4. Menjelaskan Bentuk pembelajaran Menyimak serta Langkah langkah dalam Kegiatan Menyimak
    5. Menjelaskan mengenai tugas linguistik murni dan terapan, Membahas mengenai Perhatian Para Pakar Bahasa, Perhatian para Guru Bahasa
  • KEGIATAN BELAJAR 5 - MENYIMAK (H.G. Tarigan, 2008)



    SAPAAN MAHASISWA

    Assalamualaikum wr wb.
    Selamat Pagi, Salam sejahtera bagi kita semua,
    Tabim Puun...

    Para mahasiwa sekalian yang saya banggakan. Pada pertemuan kelima ini kita akan dikusi kelompok. Saya berharap kalian dapat memanfaatkan momen ini untuk memperkaya ilmu pengetahuan kalian terhadap materi menyimak yang akan disampaikan oleh kelompok 2. Meskipun materi menyimak ini telah kami sampaikan pada 2 pertemuan awal, tetapi kami berharap kalian tetap fokus dan bisa menggali lebih dalam materi yang disampaikan oleh kelompok 2.

    GAMBARAN UMUM MATERI

    Manusia merupakan makhluk sosial yang hidup membutuhkan bantuan orang lain dan akan saling melengkapi satu sama lain. Dalam hal itu pentingnya dalam komunikasi sangat ditekankan. Manusia dituntut untuk dapat menghargai apa yang dimaksud si pembicara, salah satunya adalah dengan menyimak.

    Menyimak adalah suatu proses mendengarkan lambang-lambang lisan dengan penuh perhatian, pemahaman, apresiasi, serta interpretasi untuk memperoleh informasi, menangkap isi atau pesan, serta memahami makna informasi yang telah disampaikan sang pembicara melalui ujaran atau bahasa lisan (Tarigan, 2008: 31). Menyimak merupakan proses yang mencakup kegiatan mendengarkan bunyi bahasa, mengidentifikasi, menafsirkan, menilai dan mereaksi terhadap makna yang termuat pada wacana lisan (Puspayanti, dkk, :2012). Menyimak bukan hanya sebatas mendengar (hearing) tetapi memerlukan kegiatan lainnya yakni memahami (understanding) isi pembicaraan yang disampaikan oleh sipembicara (Saddhono dan Slamet, 2014: 47).

    RELEVANSI DENGAN PENGETAHUAN MAHASISWA

    Menyimak bukan hanya sebatas kegiatan tanpa ada teori atau istilah. Cukup banyak masyarakat yang belum mengerti tentang hakikat menyimak dan menganggap menyimak hanya sebuah kata kerja tanpa ada teori yang perlu digali. Selain itu, kerap makna menyimak disamakan dengan makna mendengar, dan mendengarkan. Makalah ini akan membahas tentang menyimak seperti pengertian menyimak, ragam menyimak, tujuan menyimak, proses menyimak, kemampuan menyimak, kemampuan menyimak siswa, serta hal-hal yang perlu disimak.


    CAPAIAN PEMBELAJARAN

    1. Menjelaskan batasan dan pengertian “Menyimak”.
    2. Menjelaskan tahap-tahap “Menyimak”.
    3. Menjelaskan ragam dari “Menyimak”.
    4. Menjelaskan tujuan “Menyimak”.
    5. Menjelaskan proses “Menyimak”.
    6. Menejelaskan kemampuan “Menyimak” siswa Sekolah Dasar.
    7. Menjelaskan hal-hal yang perlu disimak.
  • This topic

    KEGIATAN BELAJAR 6 - SUASANA MENYIMAK

    SAPAAN MAHASISWA

    Assalamualaikum wr wb.
    Selamat Pagi, Salam sejahtera bagi kita semua,
    Tabim Puun...

    Para mahasiwa sekalian yang saya banggakan. Pada pertemuan ke-6 ini kita akan dikusi kelompok. Saya berharap kalian dapat memanfaatkan momen ini untuk memperkaya ilmu pengetahuan kalian terhadap materi suasana menyimak yang akan disampaikan oleh kelompok 4. Meskipun materi menyimak ini telah kami sampaikan pada 2 pertemuan awal, tetapi kami berharap kalian tetap fokus dan bisa menggali lebih dalam materi yang disampaikan oleh kelompok 4.

    GAMBARAN UMUM MATERI

    Keterampilan berbahasa mencakup 4 kegiatan yang meliputi keterampilan menyimak, keterampilan berbicara, keterampilan menulis, dan keterampilan membaca. Salah satu kegiatan yang paling penting namun sering ditinggalkan adalah kegiatan keterampilan menyimak. Menyimak merupakan kegiatan meresepsi, mengolah, serta menginterpretasi suatu permasalahan dengan melibatkan panca indera seseorang.

    Selanjutnya Tarigan (2018) mengemukakan bahwa menyimak adalah suatu proses kegiatan mendengarkan lambang-lambang lisan dengan penuh perhatian, pemahaman, apresiasi, serat interpretasi untuk memperoleh informasi, menangkap isi, serta memahami makna komunikasi yang telah disampaikan oleh para pembicara melalui ujaran atau bahasa lisan.

    RELEVANSI DENGAN PENGETAHUAN MAHASISWA

    Banyak sekali situasi dalam kehidupan ini yang menuntut kita siap untuk bertahan jika tidak mau menemui kegagalan, kekalahan, atau kehancuran. Sifat bertahan ini merupakan salah satu ciri utama insan hidup. Begitu pula halnya dalam keterampilan menyimak.
    Suasana-suasana defensif atau bertahan biasanya dimanipulasikan dalam pesan-pesan lisan yang mengandung maksud yang bersungguh-sungguh dan tersirat. Antara lain pesan- pesan yang bersifat evaliatif, mengawasi, strategis, netral, superior, pasti dan tentu.

    CAPAIAN PEMBELAJARAN

    1. Menjelaskan pengertian dan contoh suasana menyimak defensif.
    2. Menjelaskan pengertian dan contoh suasana menyimak suportif.
  • KEGIATAN BELAJAR 6 - FAKTOR PEMENGARUH MENYIMAK


    SAPAAN MAHASISWA


    Assalamualaikum wr wb.
    Selamat Pagi, Salam sejahtera bagi kita semua,
    Tabim Puun...

    Para mahasiwa sekalian yang saya banggakan. Pada pertemuan kelima ini kita akan dikusi kelompok. Saya berharap kalian dapat memanfaatkan momen ini untuk memperkaya ilmu pengetahuan kalian terhadap materi faktor pemengaruh menyimak yang akan disampaikan oleh kelompok 4. Meskipun materi menyimak ini telah kami sampaikan pada 2 pertemuan awal, tetapi kami berharap kalian tetap fokus dan bisa menggali lebih dalam materi yang disampaikan oleh kelompok 4.

    GAMBARAN UMUM MATERI

    Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) menyimak merupakan kegiatan meresepsi, mengolah, serta menginterpretasi suatu permasalahan dengan melibatkan pancaindera seseorang.  Menyimak berhubungan dengan keterampilan berbahasa yang menyebutkan menyimak di keempat hubungan keterampilan berbahasa, yaitu menyimak dan berbicara, menyimak dan membaca, berbicara dan membaca, serta ekspresi lisan dan ekspresi tulis.

    RELEVANSI DENGAN PENGETAHUAN MAHASISWA

    Selain keterampilan dalam berbahasa, manusia pun dituntut untuk memiliki keterampilan dalam menyimak. Keterampilan menyimak adalah proses kegiatan mendengarkan lambang lisan (ucapan seseorang) dengan penuh perhatian, pemahaman, apresiasi, dan interpretasi untuk memperoleh informasi menangkap isi atau pesan dan memahami makna komunikasi pembicara melalui ujaran lisan. Keterampilan menyimak tidak bisa dilepaskan begitu saja dengan faktor-faktor yang mempengaruhinya oleh karena itu selain perlu mengerti dan memahami apa itu keterampilan menyimak, kita juga harus mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhinya. Terdapat banyak faktor yang dapat memengaruhi menyimak, yang akan dibahas dalam kegiatan belajar ini satu persatu.

    CAPAIAN PEMBELAJARAN

    1. Mengetahui faktor-faktor pemengaruh dalam menyimak.
    2. Mengetahui cara mengatasi faktor pemengaruh dalam menyimak.
  • KEGIATAN BELAJAR 7 - ANEKA SITUASI PELIBAT MENYIMAK

    SAPAAN MAHASISWA

    Assalamualaikum wr wb.
    Selamat Pagi, Salam sejahtera bagi kita semua,
    Tabim Puun...

    Para mahasiwa sekalian yang saya banggakan. Pada pertemuan kelima ini kita akan dikusi kelompok. Saya berharap kalian dapat memanfaatkan momen ini untuk memperkaya ilmu pengetahuan kalian terhadap materi aneka situasi pelibat menyimak yang akan disampaikan oleh kelompok 5. Meskipun materi menyimak ini telah kami sampaikan pada 2 pertemuan awal, tetapi kami berharap kalian tetap fokus dan bisa menggali lebih dalam materi yang disampaikan oleh kelompok 5.

    GAMBARAN UMUM MATERI

    Saudara mahasiswa, secara  implisit Anda tentu sudah melihat adanya proses dalam kegiatan menyimak yang diuraikan dalam kegiatan belajar. Pada kegiatan belajar bagian ini kita akan melihat secara lebih terperinci proses tersebut, tahapan-tahapan apa saja yang dialami seorang penyimak.

    Agar pembahasan menjadi lebih jelas, kita ulas sedikit mengenai komunikasi. Komunikasi memiliki makna hubungan. Komunikasi antarmanusia dapat  diartikan sebagai  hubungan antarsesama dengan cara mengirim dan menerima pesan dengan menggunakan alat berupa bahasa. Di dalam kegiatan komunikasi itu, manusia menyampaikan pikiran dan perasaannya kepada mitra bicaranya. Pengirim atau penyampai pesan, pikiran/ide/gagasan itu disebut komunikator, sedangkan penerima pesan disebut komunikan. Dengan kata lain, penyampai pesan atau pembicara disebut komunikator dan penerima pesan atau penyimak disebut komunikan.


    RELEVANSI DENGAN PENGETAHUAN MAHASISWA

    Perhatikan gambar berikut ini.

     

    Menyimak merupakan suatu kegiatan yang memerlukan proses karena dalam proses menyimak minimal melalui tahapan-tahapan mendengarkan, memahami, dan menafsirkan. Dengan demikian, menyimak dapat dipandang sebagai kegiatan mental. Itulah sebabnya menyimak dikatakan bersifat aktif-reseptif.

    Saudara mahasiswa, sehubungan dengan menyimak sebagai suatu proses, para ahli umumnya sependapat bahwa menyimak adalah suatu kegiatan yang memerlukan proses. Loban dkk., dalam Tarigan (1986) membagi menyimak atas 3 aspek, yaitu comprehending (memahami), interpreting (menginterpretasikan), dan evaluating (menilai atau mengevaluasi).

    Sedangkan Logan, dkk. (1972:39) membagi tahap-tahap menyimak menjadi 4 sebagai berikut.

    1.    Hearing (mendengar).

    2.    Understanding (memahami).

    3.    Evaluating (menilai).

    4.    Responding (mereaksi).


    CAPAIAN PEMBELAJARAN

    1. Apa saja aspek yang di kembangan dalam keterampilan berbahasa di dalam menyimak?
    2. Apa saja aneka situasi pelibat menyimak?
    3. Apa saja aneka alasan dalam menyimak?
    4. Siapa saja orang-orang yang tergolong penyimak jelek(poor listeners)
  • KUIS/TEST SUMATIF

    Assalamualaikum wr wb.
    Selamat pagi, siang, sore, malam.
    Tabik puun...

    Para mahasiswa semua, silahkan kalian kerjakan kuis berikut ini.
    Kuis ini dijadwalkan selama 60 menit. Silahkan join dan mulai mengerjakan. Formulir akan secara otomatis tertutup apabila telah mencapai waktu 60 menit.
    Gunakan email berbasis google. Jangan coba-coba melakukan tindakan kecurangan.

    Selamat bekerja, semoga sukses.
    Aamiin.
    Wassalamualaikum wr wb.

  • KEGIATAN BELAJAR 8 - UJIAN TENGAH SEMESTER

    Assalamualaikum wr wb,
    Tabik puun..

    Para rekan-rekan mahasiswa sekalian,diharpakan kalian semua telah membaca materi dari masing-masing kelompok yang telah presentasi.
    Hal tersebut guna membantu Anda dalam menyelesaikan soal-soal UTS pada tautan di bawah ini.
    Selamat mengerjakan, pastikan semua berjalan baik-baik saja.

    UTS SESI 1 dimulai pukul 07.30 s.d. 09.00 wib

    UTS SESI 2 dimulai pukul 09.05 s.d. 10.00 wib

    Sesi 2 dapat langsung Anda kerjakan tanpa harus menunggu waktunya jika sesi 1 sudah Anda selesaikan.

  • KEGIATAN BELAJAR 9 - MENINGKATKAN DAYA SIMAK

    SAPAAN MAHASISWA

    Assalamualaikum wr wb.
    Selamat Pagi, Salam sejahtera bagi kita semua,
    Tabim Puun...

    Para mahasiwa sekalian yang saya banggakan. Pada pertemuan ke-9 ini kita akan diskusi kelompok. Saya berharap kalian dapat memanfaatkan momen ini untuk memperkaya ilmu pengetahuan kalian terhadap materi meningkatkan daya simak yang akan disampaikan oleh kelompok 6. Meskipun materi menyimak ini telah kami sampaikan pada 2 pertemuan awal, tetapi kami berharap kalian tetap fokus dan bisa menggali lebih dalam materi yang disampaikan oleh kelompok 6.


    GAMBARAN UMUM MATERI

    Menyimak merupakan keterampilan yang cukup mendasar dalam aktivitas berkomunikasi dan suatu proses kegiatan mendengarkan lambang-lambang lisan dengan penuh perhatian, pemahaman, apresiasi, serta interpretasi untuk memperoleh informasi, menangkap isi atau pesan, serta memahami makna komunikasi yang telah disampaikan sang pembicara melalui ujaran atau bahasa lisan. Dalam kehidupan sehari-hari, manusia selalu dituntut untuk menyimak, baik di lingkungan keluarga,sekolah, maupun masyarakat.

    Oleh karena itu, menyimak lebih banyak daripada kegiatan berbahasa lainnya yaitu berbicara, membaca, dan menulis. Hal ini dibuktikan oleh Wilga W. River (Sutari, dkk., 1997: 8) kebanyakan orang dewasa menggunakan 45% waktunya untuk menyimak, 30% untuk berbicara, 16% untuk membaca, dan hanya 9% saja untuk menulis. Berdasarkan kenyataan di atas maka jelas bahwa keterampilan menyimak harus dibina dan ditingkatkan karena sangat penting dalam lingkungan pendidikan.

    RELEVANSI DENGAN PENGETAHUAN MAHASISWA

    Menyimak berasal dari kata simak yang berarti mendengarkan dengan perhatian apa yang dikatakan orang atau apa yang dilihatnya dan menyimpannya dalam hati (Badudu-Zain, 1996: 1323). Selain itu menyimak adalah suatu proses kegiatan mendengarkan lambang-lambang lisan dengan penuh perhatian, pemahaman, apresiasi, serta interpretasi untuk memperoleh informasi, menangkap isi, serta memahami makna komunikasi yang tidak disampaikan oleh si pembicara melalui ujaran atau bahasa lisan (H.G Tarigan, 1986: 19).

    Isi dan bahan juga harus menunjang pada pencapaian tujuan. Untuk mencapai tujuan tersebut, ruang lingkup mata pelajaran bahasa Indonesia juga menyangkut segi penguasaan kebahasaan, keterampilan memahami, mengapresiasi sastra dan keterampilan menggunakan bahasa Indonesia. Sebuah keterampilan akan dikuasai dengan baik jika diajarkan dan dilatihkan. Demikian pula dengan keterampilan menyimak perlu diajarkan dan dilatihkan dengan baik dan kontinu mengingat pentingnya peran dalam kehidupan, baik di sekolah maupun di lingkungan masyarakat.

    CAPAIAN PEMBELAJARAN

    1. Memberikan pemahaman tentang strategi dalam menyimak.
    2. Mempermudah melaksanakan kegiatan menyimak.
    3. Mengetahui pola latihan dalam meningkatkan daya simak.


    RENCANA KEGIATAN

    Rekan-rekan mahasiswa, hari ini kita akan membahas cara meningkatkan daya simak. Perhatikan petunjuk perkuliahan kita hari ini;

    1. Silahkan rekan-rekan mahasiswa sekalian untuk mengakses materi yang telah disediakan.

    2. Silahkan kalian semua memahami materi kelompok 6 untuk kemudian membahasnya dalam forum diskusi.

    3. Rekan-rekan mahasiswa diperbolehkan menanggapi pertanyaan teman dari kelompok lain dalam forum diskusi kelompok lain. (Cth; Anda kelompok satu, Anda boleh menanggapi pertanyaan yang ada di forum kelompok 2, 3, 3, dst.

    4. Ada tugas jurnal yang harus Anda selesaikan hari ini juga. Paling lambat pukul 23.55 wib.

    5. Ada tugas membuat soal yang harus Anda selesaikan paling lambat hari jumat pukul 23.55 wib.

    Rekan-rekan mahasiswa, berdikusilah dengan baik guna menambah nilai harian Anda. Jangan sia-siakan kesempatan ini.

    Selamat belajar, semoga sukses. aamiin.
    Wassalamualaikum wr wb.

  • KEGIATAN BELAJAR 10 - MEMILIH BAHAN SIMAKAN YANG MENARIK PERHATIAN

    SAPAAN MAHASISWA

    Assalamualaikum wr wb.
    Selamat Pagi, Salam sejahtera bagi kita semua,
    Tabim Puun...

    Para mahasiwa sekalian yang saya banggakan. Pada pertemuan ke-10 ini kita akan dikusi kelompok. Saya berharap kalian dapat memanfaatkan momen ini untuk memperkaya ilmu pengetahuan kalian terhadap materi memilih bahan siamakan yang menarik perhatian yang akan disampaikan oleh kelompok 7. Meskipun materi menyimak ini telah kami sampaikan pada 2 pertemuan awal, tetapi kami berharap kalian tetap fokus dan bisa menggali lebih dalam materi yang disampaikan oleh kelompok 7.

    GAMBARAN UMUM MATERI

    Istilah mendengarkan, mendengar dan menyimak sering kita jumpai dalam dunia pengajaran bahasa, lebih-lebih dalam  pengajaran keterampilan  berbahasa. Satu hal yang sudah disepakati bersama ialah bahwa ketiga istilah itu berkaitan dengan  dalam makna. Namun dalam mengartikan makna istilah tersebut satu persatu, mulai muncul perbedaan pendapat. Ada yang menganggap mendengarkan sama dengan menyimak. Kedua duanya dapat dipertukarkan dengan makna yang sama. Ada pula pendapat yang menyatakan bahwa pengertian mendengarkan dan menyimak tidak sama. Artinya masing masing istilah itu berdiri sendiri dengan makna yang berbeda pula.

    RELEVANSI DENGAN PENGETAHUAN MAHASISWA

    Peristiwa mendengar, biasanya, terjadi secara kebetulan, tiba-tiba, dan tidak diduga sebelumnya. Karena itu kegiatan mendengar tidak direncanakan. Apa yang didengar mungkin tidak dimngerti maknanya dan mungkin pula tidak menjadi perhatan sama sekali. Mendengarkan setingkat lebh tinggi tarafnya dari mendengar. Mendengarkan sudah mencakup mendengar. Di antara ketiga istilah, mendengar, mendengarkan, dan menyimak, taraf tertinggi diduduki istilah menyimak. Dalam peristiwa menyimak sudah ada faktor kesengajaan. Faktor pemahaman merupakan unsur utama dalam setiap peristiwa menyimak. Bahkan lebih dari itu faktor perhatian, penilaian pun selalu terdapat dalam peristiwa menyimak. Penyimak  yang baik adalah penyimak yang berencana. Salah satu butir dari perencanaan adalah ada alasan tertentu mengapa yang bersangkutan meyimak. Alasan inilah yang kita sebut sebagai tujuan menyimak.

    CAPAIAN PEMBELAJARAN

    1. Menjelaskan perbedaan antara duolog dan dialog.
    2. Menjelaskan hakikat perhatian.
    3. Menjelakan perhatian dan komunikasi.
    4. Menjelaskan faktor yang dapat mempengauhi menyimak.
    5. Menjelaskan alasan diperlukannya menyimak.
    6. Menjelaskan bahan simakan yang menarik perhatian.


    RENCANA KEGIATAN

    Rekan-rekan mahasiswa, hari ini kita akan membahas cara bahan simakan yang menarik perhatian. Perhatikan petunjuk perkuliahan kita hari ini;

    1. Silahkan rekan-rekan mahasiswa sekalian untuk mengakses materi yang telah disediakan.

    2. Silahkan kalian semua memahami materi kelompok 7 untuk kemudian membahasnya dalam forum diskusi.

    3. Rekan-rekan mahasiswa diperbolehkan menanggapi pertanyaan teman dari kelompok lain dalam forum diskusi kelompok lain. (Cth; Anda kelompok dua, Anda boleh menanggapi pertanyaan yang ada di forum kelompok 3, 4, 5, dst.

    4. Ada tugas jurnal yang harus Anda selesaikan paling lambat Tanggal 22 Desember 2020 pukul 23.55 wib.

    5. Ada tugas membuat soal yang harus Anda selesaikan paling lambat Tanggal 22 Desember 2020 pukul 23.55 wib.

    Rekan-rekan mahasiswa, berdikusilah dengan baik guna menambah nilai harian Anda. Jangan sia-siakan kesempatan ini.

    Selamat belajar, semoga sukses. aamiin.
    Wassalamualaikum wr wb.

  • MATERI PRAKTIK MENYIMAK

    Assalamualaikum wr wb.
    Selamat Pagi, Salam sejahtera bagi kita semua,
    Tabik Puun...

    Para mahasiwa sekalian yang saya banggakan. Pertemuan sisa akan kita manfaatkan untuk praktik menyimak. Selama 5 pertemuan kedepan kita akan fokus pada latihan UKBI (Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia) pada aspek keterampilan menyimak. Latihan ini dilaksanakan untuk memenuhi 1 sks praktik yang tercantum pada kurikulum program studi. Saya sangat berharap agar kalian menjalani ini semua dengan rasa bahagia dan menjaga semangat belajar meskipun kondisi seperti saat ini. Semoga kita semua senantiasa Tuhan berikan kesehatan dan kesuksesan dalam segala hal. Aamiin

    Demikian, selamat belajar dan berlatih.
    Wassalamualaikum wr wb.

    • KEGIATAN BELAJAR 11 - DISKUSI TEKNIK MENYIMAK 1 s.d. 4

      Assalamualaikum wr wb.
      Tabik Puun..

      Para mahasiswa yang saya cintai dan banggakan. Kegiatan perkuliahan hari ini dibagi menjadi tiga, yaitu;
      1. Silahkan kalian menonton video teknik menyimak nomor 1 s.d. 4 yang telah dibuat oleh teman Anda.
      2. Setelah Anda menonton video tersebut, silahkan kalian berdiskusi di forum diskusi yang telah saya sediakan.
      3. Setelah Anda semua berdiskusi, selanjutnya Anda semua akan dibagikan link KUIS. Silahkan kalian kerjakan kuis tersebut dengan baik, semoga hasilnya memuaskan.

      Demikian info perkuliahan pagi ini,
      wassalamualaikum wr wb.

    • KEGIATAN BELAJAR 12 - UJI KEMAHIRAN BERBAHASA INDONESIA (MENYIMAK BAGIAN 1)

      Assalmualaikum wr wb,
      Selamat Pagi, Siang, Sore.
      Tabik puun..

      Para rekan-rekan mahasiswa sekalian. Silahkan kalian simak video berikut ini sebagai bahan rujukan Anda dalam mengerjakan soal Pilihan jamak yang telah saya bagikan via Group Whatsapp.
      Semoga sukses dalam ujian ini.

      Wassalamualaikum wr wb.

    • KEGIATAN BELAJAR 13 - UJI KEMAHIRAN BERBAHASA INDONESIA (MENYIMAK BAGIAN 2)

      Assalmualaikum wr wb,
      Selamat Pagi, Siang, Sore.
      Tabik puun..

      Para rekan-rekan mahasiswa sekalian. Pada ujian sesi dua ini, silahkan kalian simak video berikut ini sebagai bahan rujukan Anda dalam mengerjakan soal Pilihan jamak yang telah saya bagikan via Group Whatsapp. Ingat, jangan lakukan kesalahan dalam menyimak. Semoga hasilnya dapat membantu nilai Anda pada sesi sebelumnya.
      Semoga sukses dalam ujian ini.

      Wassalamualaikum wr wb.

    • KEGIATAN BELAJAR 14 - UJI KEMAHIRAN BERBAHASA INDONESIA (MENYIMAK BAGIAN 3)

      Assalmualaikum wr wb,
      Selamat Pagi, Siang, Sore.
      Tabik puun..

      Para rekan-rekan mahasiswa sekalian. Pada ujian sesi tiga ini, silahkan kalian simak video berikut ini sebagai bahan rujukan Anda dalam mengerjakan soal Pilihan jamak yang telah saya bagikan via Group Whatsapp. Ingat, jangan lakukan kesalahan dalam menyimak. Semoga hasilnya dapat membantu nilai Anda pada sesi sebelumnya.
      Semoga sukses dalam ujian ini.

      Wassalamualaikum wr wb.

    • KEGIATAN BELAJAR 15 - UJI KEMAHIRAN BERBAHASA INDONESIA (MENYIMAK BAGIAN 4)

      Assalmualaikum wr wb,
      Selamat Pagi, Siang, Sore.
      Tabik puun..

      Para rekan-rekan mahasiswa sekalian. Pada ujian sesi empat ini, silahkan kalian simak video berikut ini sebagai bahan rujukan Anda dalam mengerjakan soal Pilihan jamak yang telah saya bagikan via Group Whatsapp. Ingat, jangan lakukan kesalahan dalam menyimak. Semoga hasilnya dapat membantu nilai Anda pada sesi sebelumnya.
      Semoga sukses dalam ujian ini.

      Wassalamualaikum wr wb.

    • KUIS/LATIHAN/TES SUMATIF

      Assalamualaikum wr wb.
      Selamat Pagi, salam sejahtera bagi kita semua.
      Tabik puun...

      Para mahasiswa sekalian, video tes menyimak 5 ini sengaja saya berikan kepada kalian sebagai bentuk latihan. Silahkan kalian lihat link yang saya bagikan pada group whatsapp, dan simak vide berikut ini untuk menjawab pertanyaan yang ada.
      Bagian ini hanya sebagai latihan kalian, bukan merupakan penilain pokok pada pembelajaran menyimak semester ini. Silahkan manfaatkan sebaik-baiknya.

      Wasalamualaikum wr wb.

    • PERSIAPAN UJIAN AKHIR SEMESTER

      Assalamualaikum wr wb.
      Selamat pagi, siang, sore, malam,

      Tabik Puun..

      Rekan-rekan mahasiswa sekalian, demi kelancaraan UAS Anda, maka ada baiknya jika Anda terlebih dahulu memahami kembali hakikat menyimak dan segala sesuatu yang memengaruhinya.
      Untuk itu, saya lampirkan video berikut guna mendukung materi perkuliahan kita.
      Silahkan disimak baik-baik, sebelum UAS kita mulai.

      Terima kasih, wassalamualaikum wr wb.

    • KEGIATAN BELAJAR 16 - UJIAN AKHIR SEMESTER

      Selamat Pagi,
      Tabik Puun...

      Alhamdulillah, tidak terasa pertemuan demi pertemuan telah kita lewati. Kini, tiba saatnya kita pada pertemuan ke-16. Akhir sebuah perkuliahan. Momen penentuan untuk mengetahui sejauh mana wawasan rekan-rekan mahasiswa dalam memahami materi yang diberikan. Pada akhirnya, saya mengucapkan selamat menempuh Ujian Akhir Semester. Tetap fokus, karena semua pertanyaan tetap berkaitan dengan materi yang selama ini Anda ikuti.